Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kebetulan saya punya Honda Brio 1.2 A/T (Matic Konvensional, belom CVT) 2014 yang uda jalan 20 ribu KM. Rencana bakal saya ganti oli matic nya pada saat servis tapi karena harga BeRes honda yang lumayan maka saya memutuskan untuk ganti diluaran aja. Saya cek di bengkel deket rumah mereka cuman punya Oli Matic nya Fuchs (Bukan oli yang merk Honda) yang katanya comaptible dengan mobil saya, apakah tidak apa" jika tidak flush cuman ganti oli dengan merk yang berbeda ? Mohon bantuannya karena saya masi awam soal perawatan mobil matic
selama spec nya sama sih harus nya ngga masalah pake merk lain..
tapi sy ngikut om aratha, buat matic biasa nya pake merk pabrikan juga
kalo dirasa beli oli di beres dan kerjain di beres mahal, mungkin bisa coba beli oli nya online (toped/bl, dst) trs kerjain di bengkel umum yg bisa flush matic
beberapa oli matik aftermarket emang lebih enak based on pengalaman saya, namun untuk kesehatan gearbox saya sendiri masih ragu. Paling aman memang pake ATF pabrikan terutama kalo mobil Honda setau saya gearboxnya gak konvensional. Menurut saya lebih baik agak mahal di perawatan tapi minim risiko aneh2 hehe.
Honda saya sekarang pake Eneos udah mau 20rb km (sebelumnya gak flush), kerasa lebih minim selip tapi jadi lebih kasar pergantiannya
next mau flush mau dibalikin lagi ke ATF Z-1 Honda
Kebetulan saya punya Honda Brio 1.2 A/T (Matic Konvensional, belom CVT) 2014 yang uda jalan 20 ribu KM. Rencana bakal saya ganti oli matic nya pada saat servis tapi karena harga BeRes honda yang lumayan maka saya memutuskan untuk ganti diluaran aja. Saya cek di bengkel deket rumah mereka cuman punya Oli Matic nya Fuchs (Bukan oli yang merk Honda) yang katanya comaptible dengan mobil saya, apakah tidak apa" jika tidak flush cuman ganti oli dengan merk yang berbeda ? Mohon bantuannya karena saya masi awam soal perawatan mobil matic
Thanks..
br brp hr yg lalu , ganti oli tranny mbl sikutu brio E AT 2014 jg , odo 30k, pake oli bawaan honda ATF DW-1 (sesuai buku manual), 3 botol @1lt, DC 255k dibengkel cakra..
Kebetulan saya punya Honda Brio 1.2 A/T (Matic Konvensional, belom CVT) 2014 yang uda jalan 20 ribu KM.
Odometer masih 20rb dan usia mobil masih muda sekali (2 tahun). Menurut saya tunggu 2-3 tahun lagi saja Om, ganti ATF + filter transmisi nya sekaligus (filter transmisi sering terabaikan...padahal partikel menumpuk disana).
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Thank you buat saran nya. Memang lebih baik pakai yang bawaan aja kalo gitu. Ada saran buat di Surabaya bengkel mana yang reccomended buat ganti oli matic sesuai merk pabrikan ? Thanks
ripratama wrote:
Quorra wrote:Hello Semua,
Kebetulan saya punya Honda Brio 1.2 A/T (Matic Konvensional, belom CVT) 2014 yang uda jalan 20 ribu KM.
Odometer masih 20rb dan usia mobil masih muda sekali (2 tahun). Menurut saya tunggu 2-3 tahun lagi saja Om, ganti ATF + filter transmisi nya sekaligus (filter transmisi sering terabaikan...padahal partikel menumpuk disana).
Mau tanya om buat filter transmisi itu harus overhaul atau seperti filter oli mesin yang plug and play gitu ? Thanks
Quorra wrote:Thank you buat saran nya. Memang lebih baik pakai yang bawaan aja kalo gitu. Ada saran buat di Surabaya bengkel mana yang reccomended buat ganti oli matic sesuai merk pabrikan ? Thanks
Mau tanya om buat filter transmisi itu harus overhaul atau seperti filter oli mesin yang plug and play gitu ? Thanks
Winst Autostore Mulyosari.... Tapi kayaknya dia gak stock ATF pabrikan...
Quorra wrote:Thank you buat saran nya. Memang lebih baik pakai yang bawaan aja kalo gitu. Ada saran buat di Surabaya bengkel mana yang reccomended buat ganti oli matic sesuai merk pabrikan ? Thanks
Mau tanya om buat filter transmisi itu harus overhaul atau seperti filter oli mesin yang plug and play gitu ? Thanks
Winst Autostore Mulyosari.... Tapi kayaknya dia gak stock ATF pabrikan...
Barusan saya coba telp kesana bro, mereka bilang ga ada yang ATF pabrikan
Quorra wrote:
Barusan saya coba telp kesana bro, mereka bilang ga ada yang ATF pabrikan
coba ngider di toko2 online om.. kmrn sy nyari buat mobil sy dapet 75rb/L, di beres 99rb/L
tadi tanya di bengkel sekalian spooring, kena 100rb buat ganti nya.. di beres merk mobil sy kena 250rb jasa nya
Mau nanya sebenernya kuras oli matic / ganti oli matic itu mestinya tiap brp km ya?
Gw kuras oli matic baru sekali pas km 50.000 di beres SUZUKi sesuai anjuran SA, utk mbl all new swift (2013), abis Rp 1.500.000
redzdevil wrote:Mau nanya sebenernya kuras oli matic / ganti oli matic itu mestinya tiap brp km ya?
Gw kuras oli matic baru sekali pas km 50.000 di beres SUZUKi sesuai anjuran SA, utk mbl all new swift (2013), abis Rp 1.500.000
Baiknya si dibikin 1/2 periode ganti anjuran pabrik (lihat buku manual). Untuk jenis olinya sendiri better pake merk yg bawaan atpm om.
pengalaman pribadi di ipah bensin metik nubi nyoba kuras pake merk *ast*ol multivehicle compatibel sm T-IV nya toyotah so far smua ok, tp kynya oli ini lifetime nya lebi pendek, diatas 20 rb km udh aga nyentak klo dr N ke D, tp mungkin jg kondisi unit metik nubi udh aga fatigue secara km udh 148 rb
untuk mobil dengan kapasitas mesin kecil dan tenaga yang kecil mungkin harus lebih concern dengan perawatan mesin supaya mesin tetap mengeluarkan performa terbaik karena jika power mesin drop imbasnya transmisi akan bekerja lebih keras dan berumur lebih pendek..
mc2 wrote: Mon Jan 09, 2017 5:49
untuk mobil dengan kapasitas mesin kecil dan tenaga yang kecil mungkin harus lebih concern dengan perawatan mesin supaya mesin tetap mengeluarkan performa terbaik karena jika power mesin drop imbasnya transmisi akan bekerja lebih keras dan berumur lebih pendek..
Kok bisa power mesin drop berimbas ke transmisi bekerja lebih keras ?
Kalau power mesin drop ya drop aja performa, transmisi kerjanya ga ga lebih keras karena juga ga bakalan transmisi kompensasi drop tenaga mesin
singachu wrote: Thu Jan 19, 2017 2:45
Kok bisa power mesin drop berimbas ke transmisi bekerja lebih keras ?
Kalau power mesin drop ya drop aja performa, transmisi kerjanya ga ga lebih keras karena juga ga bakalan transmisi kompensasi drop tenaga mesin
regards,
singachu
Mungkin maksudnya kalo power mesin drop dan kondisi under heavy load otomatis kita harus injek gas lebih dalem buat compensate dengan dropnya tenaga...
Under heavy load pun sebenernya hanya suhu ATF yang akan meningkat dan imbasnya ke pasti mengurangi umur ATF...
Tapi sebenernya mau cc kecil mau cc besar kalo under heavy load juga sama aja konsekuensinya...
Last edited by ChZ on Thu Jan 19, 2017 5:00, edited 1 time in total.
saya ganti atf kelipatan 20 k buka carter aja, kuras di 50 k, untung beres langganan saya kalo beli oli dari luar tetap mau gantiin, jadi selama ini oli mesin (non pabrikan) dan atf (merk pabrikan, beli ol) selalu ganti sekalian service rutin lainnya
mungkin boros, tapi gak papa deh, jadi tetap enak transmisi nya, daripada ikutin manual malah yang diganti bukan oli, tapi transmisi nya sekaligus hehe
Ganti atf interval 30rb km, atau klu kondisi atf masih bening dan ukuran masih pas di dipstick, pakai sampai 50rbkm. Setiap ganti atf langsung kuras aja. Merk dan tipe atf sesuaikan dgn anjuran pabrikan mobil.