
Mulai dulu deh prologuenya...
Sekitar tahun 2014-an nyokap nyari mobil buat replace GV 2.0 nya, dan beralih mencari small compact hatchback buat doi sehari-hari kerja. Dan pada tahun segitu juga ANY keluar, dan nyokap demen dengan feel "tinggi" yang dia rasain seperti nyokap pake SUV. dan akhirnya SPK trus pake deh....
Sampe akhirnya tahun ini karena bokap dapet rezeki, dibeliinlah nyokap HRV E and she never look back. Dan beberapa minggu kemudian ada obrolan nyokap ke gue:
Nyokap : Ini mobil kamu (Fiesta) mau dijual, kamu pake Yaris aja
Gue:





Gue umpatlah ini Yaris karena, well, selama gue nyetir ini mobil bareng nyokap emang kurang sreg, nanti dijabarin di reviewnya...
sampe akhirnya minggu lalu, gue pengen berangkat kampus, nyalain si Fiesta, loh kok ini engine light nyala... masukin gigi mundur ya mundur, tapi pas di gas... LAH KOK GAK MUNDUR


Exterior
Untuk ukuran sebuah small hatchback, ini mobil panjaaaang banget, 11-12 sama W204 bokap (karena parkirnya sampingan) bagian depannya yang terkenal dengan kumis lele di forum sm tercinta ini masih tolerable buat gue, tapi pantatnya itu errrh bulat dan gendut, gatau maksudnya apa...
and that annoying trd sportipu vinyl didn't look cool at all

karena inilah gue menyayangkan kenapa Yaris disini enggak kayak yang di EUDM/AUSDM yang bodinya lebih asoy bagi gue....
Interior
Dashboard, doortrim plastik semua, khas atoyot



Stir baru ada jaitannya dan balutan leathernya, dan udah ada audio controlnya. Cluster terlihat rame tapi ya oke2 aja di mata gue. kontrol AC udah digital, tapi penempatan untuk ngatur temp/airflow/fanspeed dalam satu dial terkesan malas dan bakal sering salah kalo mau ngerubah salah satu dari itu dengan ngeraba2 saat nyetir imo...
Head unit masih aseli bawaan pabrik, sebuah HU berbasis Android. Kalo diliat orang awam sih pasti wah ini featurenya banyak banget dan lengkap, tapi bagi gue... a big

spiker harman/kartonnya ini, ampun dah

walaopun ini mobil terasa kopongnya, kalo dibandingin sama fiesta gue, ini mobil kabinnya terasa luas, dan lebih banyak penyimpanannya


Driving (dan kenyamanan dalam driving)
Masuk ke mobil, dan nyalakan mesin dengan push to start buttonnya dan langsung disambut dengan engine note khas 1NZ-FE... langsung tancap gas... Karena mobil ini dibuat untuk eco driving, rpm bawahnya gue rasa lambat bagi gue, dan 4ATnya ngejer gigi tinggi dan menyesuaikan agak engine RPM dibawah 2000, tapi tetep aja borosnya sama seperti Fiesta gue yang FCnya 1:8.5... sepertinya karena pengaruh panjang dan penambahan bobot karena panjang inilah yang bikin boros gak kayak Yaris/Vios bakpao
Remnya sekali sentuh langsung gigit, tapi ini bikin gakenak karena langsung ngehentak, berapa kali diomelin nyokap cuma gegara ngehentak mulu

Tapi yang gue suka dari mobil ini adalah ketika pas ngebejek gasnya, dari yang suara enginenya yang kalem langsung galak, naik per km/h jadi terasa cepet. pas hari ke-dua/ke-tiga cruising di cikampek-cawang dengan gaspol tau-tau udah 140km/h+, rekor dengan mobil ini gue dapet 160km/h+ dari dalkot ke interchange cawang pagi-pagi....





Cornering dalam kecepatan menengah gue rasa agak ngangkat, karena panjang kali ya, jadi ngeri kebalik...
Visibility mobil ini buat nyupir gue rasa luas, pilar A nya enggak gemuk2 amat dibanding fiesta, terasa kalo lagi ngelewatin tikungan yang bisa gue lewatin untuk jalur pulang.... Yang bikin repot dari mobil ini adalah sumbu putar setirnya yang gede sekali, kalo mau muter harus two take alias muter, mentok, mundur, baru jalan.... di parkiran (apalagi parkiran yang sempit kayak di kampus) juga terasa susah juga....
Lampu dalam setingan awal, seperti yang om-om disini review, terasa redup dan anehnya settingan awalnya ini ngarah lampunya ke atas


Hari terakhir sebelum si Fiesta selesai rawat inap gue coba untuk jalan jauh alias kerumah pacar (gue di jaktim, pacar di cikupa/tangerang) start isi bensin di tomang isi premium 50rb dan ke cikupa dan abis itu balik lagi ke rumah dan indikator bensin balik ke posisi gue sebelom isi bensin di tomang


Ohiya, FC selama seminggu gue pake 1:8



Keluhan
Keluhan yang dirasa paling bunyi "tuk" setiap ngerem (solved) lampu kurang terang (solved) dan ac yang bau tiap baru nyala (unsolved)
masalah AC ini yang agak bingung karena mobil ini riwayat kabinnya smoke free (karena nyokap gak ngerokok, dan para perokok, gue dan bokap, gaboleh ngerokok selama di itu mobil) dan enggak pake parfum2 yang langsung nempel di lobang ventilasi AC (biasa pake yang gantung bentuk pohon atau yang cairan merek d*rfree...)
sama kalo lagi lampu merah, abis itu lampu ijo, kalo dari netral pindahin ke D dan langsung gas, ini mobil nge-jedug



Penutup
Memakai mobil ini bagi gue guilty pleasure gue: banyak yang gue nggak suka, tapi sekali lagi enak ya enak banget. Buat cruising dalkot pake mobil ini terasa membosankan, tapi pas lagi jalanan lancar atau luar kota baru fun to drivenya keluar....
dengan harga 250jt saat itu dan tanpa diskon menurut gue kurang worthed untuk gimmick yang diberi dan mesin + tranny yang outdated, tapi worthed bagi yang ngincar peace of mind dalam aftersales service, resale value, dan sensasi fun to drive saat ngebut

kalo gue disuruh pilih yaris ini atau fiesta, gue tetep pilih fiesta gue....
Bonus: artikel ini mungkin bisa menjelaskan audio latency yang disebabkan oleh HUDnya yaris, karena basis HUDnya pake Gingerbread (2.3): http://www.androidpolice.com/2015/11/13 ... 5x-and-6p/