kali ini gw mau bikin review mobil yang tidak asing, dimana mobil ini selama 25 tahun terakhir sering wara wiri melintasi tanah air, entah itu sebagai mobil angkot, pickup, ataupun mobil keluarga meskipun sudah tak lagi bertaji, dimana sekarang tergerus dengan hegemoni LMPV dan calya-sigra... mobil ini sampai sekarang masih ada versi barunya, entah itu pickup maupun versi minibusnya...
kebetulan seorang teman (yang juga member SM) masih mempunyai mobil ini yang udah dia keep sejak taon 1997... mobil ini adalah :
Suzuki Carry 1.3 Futura 1997 (karoseri Tugaskita)
1. Eksterior


yah, karena ini mobil yang dasarnya adalah mobil niaga, maka tidak ada komentar mengenai eksteriornya. ga perlu cantik, yg penting useful. tidak ada garis yang aneh2 di mobil ini, simpel yet spartan.
mobil ini memakai karoseri tugas kita, yang didominasi oleh tarikan garis tegas. seperti karoseri pada umumnya, finishingnya didominasi oleh banyak dempul, dan panel ketika diketok agak kerasa plasticky karena karoseri pada jaman itu rata2 masih menggunakan dempul yang banyak, dan seperti mobil jebolan karoseri pada umumnya, sudah ada keropos pada bbrp bagian bodi. tapi menurut gw pribadi sih owner mobil ini sangat bagus maintain mobilnya, karena biasanya owner yang lain pasti akan cat duco...

velg menggunakan ring 13 inch alloy, dan dibalut oleh ban Bridgestone TURBO337 di belakang dan GT Radial Champiro di bagian depan.
2. Interior

selaras dengan eksterior, interior juga didominasi warna hitam dan abu abu dengan desain yang juga spartan. jelas sekali mobil ini didevelop sebagai mobil pekerja, faktor estetika diabaikan, yg penting fungsionalisme.
yang gw kagum dari mobil ini adalah material yang digunakan, jelas sekali Tugaskita sangat royal dlm memberikan material di interior, di plafon, doortrim & jok mobil dipake material fabric yang tebal dan halus (ga spt jaman skrg, dimana Innova baru yg dibanderol 300 jutaan joknya ga sehalus mobil ini yg bekasnya skrg sekitar 30 jutaan) dan plastik interior yg dipakai meskipun fit & finishnya masih acak adut, tp materialnya cukup solid.
fitur? literally none. just you, and your car, no electronic nannies, bahkan jika ngebut sekalipun, ingatlah bahwa kaki anda yang akan menyerap benturan

3. Mesin & transmisi
mesin menggunakan g13 dengan karburator, ditemani dengan transmisi manual 5 speed yang disalurkan ke roda belakang.
4. How it rides
-As a driver
pertama membawa mobil ini, gw terasa agak canggung karena posisi drivingnya typical non-bonnet, stirnya agak tinggi & joknya tinggi banget...
Oke, nyalakan mesin dan suaranya khas carry, yakni ngebass...
dan kita jalankan... ternyata kopling (saat dites) udah selip karena kampas kopling sudah mulai tipis (faktor pemakaian, no problem), kita mulai jalankan, dan terasa mobil lumayan kasar gear rationya, terbukti di gigi 1 bentar aja udah mau pindah ke gigi 2... namun disinilah kelebihannya karena meskipun mobil ini dijejalin banyak orang ataupun barang dan masuk ke tanjakan curam, mobil ini adem ayem aja karena torsinya yg sangat besar, meskipun harus mengorbankan speed, tapi tenang saja karena stir mobil ini sdh terasa speelengnya parah saat speed 50 kpj (estimasi) krn speedonya udah ilang dicolong maling

tenaga mobil ini lumayan oke untuk nanjak, tapi napasnya udah habis pas kecepatan tinggi & speeleng stirnya ngeri

handling, apa yang bisa diharapkan dari mobil ini... selain karena ini commercial car, shockbreaker mobil ini disinyalir sudah mati dan yang terpenting adalah....
ban.
ban mobil ini masih (gw tegaskan lg, masih) menggunakan Bridgestone Turbo 337 yg dipake dari awal mobil ini datang yaitu tahun 1997.

tp krn ini mobil dipake didalam kota, maka masih aman

-As a passenger
well, pindah ke row 2 dan surprisingly cukup nyaman row 2nya, jok empuk, headroom gede dan legroom gede. ridenya sih tergolong keras krn ban, dan shock blkg yg udah mati. tapi ini utk ukuran mobil (yang sejatinya) komersil spt ini dan mengingat umur mobil ini, gw rasa ini cukup manusiawi ridenya..
Conclusion
mobil ini sdh dimiliki oleh temen gw dari lahir (beliau lahir 97) dan masih dipake sampe skrg. entah apa yg menyebabkan temen gw miara mobil ini terus (entah krn faktor sentimental, ato krn perawatannya yg terlalu ekonomis)
soal perawatan, berikut ini hal yg mencengangkan yaitu :
-oli gardan, belom ganti sejak 1997 (baru diflush pas bulan lalu)
-oli transmisi masih bawaan pabrik
-ban masih pake BS Turbo 337 sejak 1997
-parts fast moving yg murmer (parts orinya aja murah banget)
dan meskipun belom ganti oli gardan, ttp aja masih jalan smpe skrg... benar-benar mobil yg indestructible. salut ama sijuki yg bisa bikin mobil ekonomis tp reliablenya luar biasa, itulah sebabnya carry masih terus dipercaya oleh pemilik angkot krn ekonomis dan reliable...
menurut gw pribadi, ini mobil yang boleh dibeli sbg mitra usaha ato sbg mobil penumpang murmer karena meski ridenya so-so, tampang yang biasa banget, tetapi menawarkan reliabilitas yg hebat dan ekonomis dalam dirawat.
sekian ripiu acakadut saya, thanks yg udah buang waktu2nya untuk baca
