Review Suzuki Carry Futura 1997

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by ricz »

halo semuanya..

kali ini gw mau bikin review mobil yang tidak asing, dimana mobil ini selama 25 tahun terakhir sering wara wiri melintasi tanah air, entah itu sebagai mobil angkot, pickup, ataupun mobil keluarga meskipun sudah tak lagi bertaji, dimana sekarang tergerus dengan hegemoni LMPV dan calya-sigra... mobil ini sampai sekarang masih ada versi barunya, entah itu pickup maupun versi minibusnya...

kebetulan seorang teman (yang juga member SM) masih mempunyai mobil ini yang udah dia keep sejak taon 1997... mobil ini adalah :

Suzuki Carry 1.3 Futura 1997 (karoseri Tugaskita)


1. Eksterior

Image

Image

yah, karena ini mobil yang dasarnya adalah mobil niaga, maka tidak ada komentar mengenai eksteriornya. ga perlu cantik, yg penting useful. tidak ada garis yang aneh2 di mobil ini, simpel yet spartan.

mobil ini memakai karoseri tugas kita, yang didominasi oleh tarikan garis tegas. seperti karoseri pada umumnya, finishingnya didominasi oleh banyak dempul, dan panel ketika diketok agak kerasa plasticky karena karoseri pada jaman itu rata2 masih menggunakan dempul yang banyak, dan seperti mobil jebolan karoseri pada umumnya, sudah ada keropos pada bbrp bagian bodi. tapi menurut gw pribadi sih owner mobil ini sangat bagus maintain mobilnya, karena biasanya owner yang lain pasti akan cat duco... :ngacir:

velg menggunakan ring 13 inch alloy, dan dibalut oleh ban Bridgestone TURBO337 di belakang dan GT Radial Champiro di bagian depan.

2. Interior

Image

selaras dengan eksterior, interior juga didominasi warna hitam dan abu abu dengan desain yang juga spartan. jelas sekali mobil ini didevelop sebagai mobil pekerja, faktor estetika diabaikan, yg penting fungsionalisme.

yang gw kagum dari mobil ini adalah material yang digunakan, jelas sekali Tugaskita sangat royal dlm memberikan material di interior, di plafon, doortrim & jok mobil dipake material fabric yang tebal dan halus (ga spt jaman skrg, dimana Innova baru yg dibanderol 300 jutaan joknya ga sehalus mobil ini yg bekasnya skrg sekitar 30 jutaan) dan plastik interior yg dipakai meskipun fit & finishnya masih acak adut, tp materialnya cukup solid.

fitur? literally none. just you, and your car, no electronic nannies, bahkan jika ngebut sekalipun, ingatlah bahwa kaki anda yang akan menyerap benturan :mky_07:

3. Mesin & transmisi

mesin menggunakan g13 dengan karburator, ditemani dengan transmisi manual 5 speed yang disalurkan ke roda belakang.

4. How it rides

-As a driver

pertama membawa mobil ini, gw terasa agak canggung karena posisi drivingnya typical non-bonnet, stirnya agak tinggi & joknya tinggi banget...

Oke, nyalakan mesin dan suaranya khas carry, yakni ngebass...

dan kita jalankan... ternyata kopling (saat dites) udah selip karena kampas kopling sudah mulai tipis (faktor pemakaian, no problem), kita mulai jalankan, dan terasa mobil lumayan kasar gear rationya, terbukti di gigi 1 bentar aja udah mau pindah ke gigi 2... namun disinilah kelebihannya karena meskipun mobil ini dijejalin banyak orang ataupun barang dan masuk ke tanjakan curam, mobil ini adem ayem aja karena torsinya yg sangat besar, meskipun harus mengorbankan speed, tapi tenang saja karena stir mobil ini sdh terasa speelengnya parah saat speed 50 kpj (estimasi) krn speedonya udah ilang dicolong maling :mky_01:

tenaga mobil ini lumayan oke untuk nanjak, tapi napasnya udah habis pas kecepatan tinggi & speeleng stirnya ngeri :mky_01:

handling, apa yang bisa diharapkan dari mobil ini... selain karena ini commercial car, shockbreaker mobil ini disinyalir sudah mati dan yang terpenting adalah....


ban.


ban mobil ini masih (gw tegaskan lg, masih) menggunakan Bridgestone Turbo 337 yg dipake dari awal mobil ini datang yaitu tahun 1997. :big_slap:

tp krn ini mobil dipake didalam kota, maka masih aman :mky_03:

-As a passenger

well, pindah ke row 2 dan surprisingly cukup nyaman row 2nya, jok empuk, headroom gede dan legroom gede. ridenya sih tergolong keras krn ban, dan shock blkg yg udah mati. tapi ini utk ukuran mobil (yang sejatinya) komersil spt ini dan mengingat umur mobil ini, gw rasa ini cukup manusiawi ridenya..



Conclusion


mobil ini sdh dimiliki oleh temen gw dari lahir (beliau lahir 97) dan masih dipake sampe skrg. entah apa yg menyebabkan temen gw miara mobil ini terus (entah krn faktor sentimental, ato krn perawatannya yg terlalu ekonomis)

soal perawatan, berikut ini hal yg mencengangkan yaitu :

-oli gardan, belom ganti sejak 1997 (baru diflush pas bulan lalu)
-oli transmisi masih bawaan pabrik
-ban masih pake BS Turbo 337 sejak 1997
-parts fast moving yg murmer (parts orinya aja murah banget)

dan meskipun belom ganti oli gardan, ttp aja masih jalan smpe skrg... benar-benar mobil yg indestructible. salut ama sijuki yg bisa bikin mobil ekonomis tp reliablenya luar biasa, itulah sebabnya carry masih terus dipercaya oleh pemilik angkot krn ekonomis dan reliable...

menurut gw pribadi, ini mobil yang boleh dibeli sbg mitra usaha ato sbg mobil penumpang murmer karena meski ridenya so-so, tampang yang biasa banget, tetapi menawarkan reliabilitas yg hebat dan ekonomis dalam dirawat.

sekian ripiu acakadut saya, thanks yg udah buang waktu2nya untuk baca :mky_01: all comments welcome

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by hariy »

Akhirnya... Setelah bertahun-tahun saya berhasil pertamax.... :mrgreen:

Nais ripiu, om Ricz...

Pengen beli suatu saat nanti... :ungg:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by ChZ »

PORSCHE CARRYRA :ngacir:

Ane pernah setir Carry 1.0 th. 2001 punya gereja ane... kebetulan biasanya ane bawa elsapek minibus... tapi karena satu dan lain hal ane harus anter anak-anak pake Carry... dengan AC rusak, interior acakadut.... Cukup mengerikan kondisinya...

Mobil dengan tenaga pas-pasan sekali ... literally powerband cuma sampe 3000 RPM dan sisanya bengek. Ngoper persenelengnya enteng banget beda sama elsapek minibus... setirnya enteng sekali walaupun ga PS setau ane... (atau HPS ya?).

Sekarang mobil nya udah dijual dituker sama grenmek baru...

Itu ban ciyus dari 1997? Ceman sensasinya ? Karetnya khan pasti sudah mengeras semua :big_love: serasa nyetir porsche beneran.

Tiati bisa ngelupas itu... dosen ane pernah kejadian.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by fizrmen »

PORSCHE CARRYRA TURBO GT4RS :ngacir:
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by pernahmiskin »

Review yg bener2 jujur....
Tanpa embel2....
:big_peace:
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by mr_mytplx »

Nice review bro Ricz.

Saya jg pernah pake carry 1.0 tahun 88 karoseri new armada, dan di tahun 2007 dijual karena kl nerabas genangan air mesinnya jd brebet.

Iy bener tuh. doortrim nya ada beludru nya dan plastik2nya lebih tebel daripada lcgc sekarang.

max speed cm 90 km/jam itu aja di jalan turun dan udah melayang bngt rasanya.

kl nyopir santai irit bngt bensinnya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by sintoni »

Di toko ortu masih ada ini Carry Futura pikap, tapi rasanya yang mesin 1500. Ada ga ya? Atau 1300.

Perawatan juga ala kadarnya, ditanbahin per daun 2 biji.

Sampe skrg masih sering bawa barang jualan 1 ton sehari2 untuk rute tanjakan turunan di kota Balikpapan.

Maksimal pernah bawa sampe 1.3 ton tapi takut kenapa2 soalnya kadang gigi 1 ga bisa masuk.

:mrgreen:
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by Yonatanw »

Pelihara mobil ini cukup lama yang versi 1.0 pickup box. Sudah sering saya pakai AKAP, Surabaya - purwokerto, Surabaya - Denpasar, Surabaya - solo.
Suspensi nyaman di kelasnya, mesin pas2an, yang parah spelleng setir banyak sekali, bikin was was kalau mau nyalib di jalur AKAP.
Mesin di bawah jok tapi suaranya masih terasa halus kalau dibanding rivalnya..
Pernah sekali bawa barang full box nanjak di sarangan dan radiator mendidih, didiamin sebentar, nanjak lagi -> hebat nih mobil.
Tiap kali servis selalu ada yang namanya ganti platina dan kondensor.. Bikin tiap kali servis selalu ada belanja di toko spare part.

8 tahun pakai akhirnya dijual karena jajannya uda banyak.
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by newrubble »

local coach builders punya marketing step

kasih luxurious appearance sebanyak mgkn saat suspension comfort n safety tdk bisa mrk upgrade

tapi mmg suzie carry type ini released pd saat suzie masih optimistic meliat indo outlook
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by grandis_GT »

gilee ni mobil , gak mau kalah sama penter , sejak jaman jebot gitu'' aja model n teknologinya tapi sampe detik ini masih ada barunya, entah brapa unit dalam setahun laku :big_biglaugh: , ehh harga otr nya skarang brapa ya, ada yg tau ? :mrgreen:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by Pboyz97 »

Nice review bro Ricz

Emang mobil ini merupakan mobil niaga yg paling reliable kalo menurut saya, cocok digunakan sebagai angkot / mobil pengangkut barang / mobil jemputan anak sekolah, karena kapasitas angkutnya yg lumayan gede + harganya yg cukup terjangkau.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
pathfinder
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Oct 25, 2016 13:32

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by pathfinder »

Nice ripiu om.dlu prnh pnya yg Adventur 1.5 kluran 2002..bandel emng ni mobil.pas pindahan rumah bisa muat 1 motor matic plus prabot2 hehe dlu
Dlu beli 40 lbh dkit bru dipake 5 bulan dah di beli org dg hrga 45 hehe mantap dah sijuki CRV( carri real van) ini
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by ipat »

Sy punya futura versi pick up tahun 2003,beli tahun 2009,sering dipake kerja keras,muatan berat naik daerah perbukitan semarang/bandungan masih ada tenaga,pake gigi 3 bahkan,perawatan ada kadarnya,ganti busi,bersihin karbu,ganti cakram 1 kali,bubut 2 kali,karna temoat tinggal sy deket laut jadi skrg ada karat,dan keropos,tapi udah dilas,dan masih enak buat kerja,..
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by daftar »

mobil ini biar gmn sampe sekarang jadi penopang eksistensi suzuki (dan indomobil) di Indo, tetap aja konsisten laku seperti halnya mitsu L300,
untuk kenyamanan sih masih enak & stabil naik ini ketimbang grenmex
:ngacir:
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by ransyah1234 »

Mid engined rwd...sodaranya cayman ini

Saya pernah di suatu jalur pantura jateng jalan 90 kmh disusul lho sama carry model begini

Ganti velg rally palang 3 atau antera...offset keluar body..so 90s

Turbo337 pengganti turbo70 yg biasa dipake amenity dan starko ayah saya jaman dulu
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by WongZo »

OWNER HAS COMING :big_smoking:
Ralat dikit dri review:
Oli transmisi udh diganti 1 mnggu stelah ganti oli gardan, tp gaad efek di putaran bawah (hanya ada efek di saat quick shift)
Speeleng emng cukup parah, tp wajar untuk mobil non ps apalg untuk mbl taun 90an
Shock belakang kadang mati kdng bagus, jdi 70% msh empuk kyk ori, tp wktu tertentu kerasnya malesin :mky_04: .

Me as Owner:
Exterior walaupun tanpa moncong tapi berani untuk nabrak" (body msh mayan tebel, row 2-3 full dempul khas karoseri, kaca bagus) :big_smoking: .
Interior untuk yg ane mmng msh bahannya bagus (boleh diadu sama mobil skrng yg hrga 150jt++). Kabin legroom headroom lega, posisi jok enak bngt walaupun kyk duduk di kursi biasa (tinggi ane 181cm).
Mobil ini untuk 175cm kebawah agak susah untuk akses kabin row 1 nya karena GC tinggi (32cm boy :big_slap: ). Ga cocok untuk angkut nonik di depan, tapi bsa modus pegangin tangan untuk naik.
Kursi penumpang depan bsa angkut 2 nonik, mayan oper gigi smbil nempel paha :big_grin: .
Setir ga enak posisinya aplg untuk org 170cm kebawah, kayak setir bus, tp untuk tinggi lbh dri itu enak nempel ke pintu ala" supir ancot.
Driving Impresion:
Stel spion rumit karena msh mirror by voice command.
Tp enaknya untuk dalkot, set spion asal liat body enak bngt bwt mepet" motor atau mobil, parkir dgn perfect, karena spionnya mendukung untuk memantau keseluruhan body dri atas smpe bawah. Tapi spionnya ga terlalu bagus untuk high speed kyk tol.
Masuk gigi 1, turunkan rem tangan (ini agak aneh bagi sebagian org, karena posisi rem tangan di depan persneleng). Mobil ini torsi bawahnya besar, mknya untuk driver ancot karbu suka nyendat" karena saking gedenya torsi bawah dan gmpngnya rpm naik ke 3000.
Untuk puteran bawah tenaga besar, tengah sedeng, atas cenderung kosong.
Stir non ps ga berat asal tau tekniknya, yaitu majuin dulu mobilnya lalu baru diputar habis stirnya. Setirnya mmng ngeri untuk yg biasa pake mobil modern, karena kyk ga nempel sama tanah, dan kdng" uncontrolled.
Radius putar mobil ini kecil, hanya 4.4m klw gak salah, sampe ada seorang member sini sampe terkojel-kojel saat saya putar balik.
Salah satu member dsini jg blng feelingnya kyk bawa BMW, karena tiap pedal gas diinjak, pngen nyundul mulu (ga heran supir ancot ugal" an).
Maintenance:
Saya plng mahal keluarin uang untuk CDI 800rb, itu pun karena dimaling, klw tidak dimaling cmn 500rb (tt sama cdi orinya)
Sisanya fast moving dan slow moving sangat murah dan banyak dan RELIABEL BNGT.
Cnth sparepart: FIlter bensin = 15-20rb, Filter Udara = 25-30rb, Kampas rem satu mobil full (4rem) = 180rb.
Saya pernah gila pake mobil ini, 4 tahun gak ganti oli, dan cmn pake mesran galon an (estimasi 5rb km). Dan seperti oli transmisi dan gardan sudah dijelaskan di review :big_peace: .

Conclusion:
Ini mobil yg sangat badak, bahkan menurut saya ini terawet di Indonesia, mobilnya asal udh kenal tekniknya gmpng dan lincah untuk dikendarai, tenaga oke untuk dalkot dan sekedar lukot non tol dgn FC lumayan (1:10-12 dgn kondisi kopling kudu ganti, ban tuwir), harga sih perdebatan antara murah atau tidaknya, sparepart murah dan awet dan bnyk tersedia (karena basic angkot). Ukuran body kecil (max 3.9m, lebar 1.55m)
Plng yg harus dipertimbangkan GENGSI, ntah knp mobil ini tidak memiliki nilai prestige sama sekali (beda dgn mobil lain yg seharga atau bahkan hrganya dbwahnya), akses naik yg cukup susah di row 1, setir yg kyk model bus, non moncong (bnyk org ga suka), dll.
Saya prefer sekali mobil ini bagi yg pny budget ga terlalu bnyk, tp pngn bsa angkut org bnyk (rekor saya 17 org ke lembang, ban krng angin 1), ga takut dengan masalah yg ada (dan sekaligus belajar tntng mobil), sparepart yg hrganya ga ngagetin.

Sekian review dari ane, klw ad yg mw tanya soal mobil ini PM aja, ane bsa bantu :big_grin: .
Last edited by WongZo on Tue Oct 25, 2016 14:44, edited 1 time in total.
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by Rundeer »

grandis_GT wrote:gilee ni mobil , gak mau kalah sama penter , sejak jaman jebot gitu'' aja model n teknologinya tapi sampe detik ini masih ada barunya, entah brapa unit dalam setahun laku :big_biglaugh: , ehh harga otr nya skarang brapa ya, ada yg tau ? :mrgreen:
Carry sekarang harganya 120jetong om :big_chicken:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by WongZo »

Rundeer wrote:
grandis_GT wrote:gilee ni mobil , gak mau kalah sama penter , sejak jaman jebot gitu'' aja model n teknologinya tapi sampe detik ini masih ada barunya, entah brapa unit dalam setahun laku :big_biglaugh: , ehh harga otr nya skarang brapa ya, ada yg tau ? :mrgreen:
Carry sekarang harganya 120jetong om :big_chicken:
OTR bdng 146jt om, no disc, cmn dpt kf solar gard sama central lock, alarm klw hoki.
Calya G MT 144jt, ada disc, udh dpt pw, electric mirror, ac dobel" an, lampu kristal, dll :mky_04:
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by Rundeer »

WongZo wrote:
Rundeer wrote:
grandis_GT wrote:gilee ni mobil , gak mau kalah sama penter , sejak jaman jebot gitu'' aja model n teknologinya tapi sampe detik ini masih ada barunya, entah brapa unit dalam setahun laku :big_biglaugh: , ehh harga otr nya skarang brapa ya, ada yg tau ? :mrgreen:
Carry sekarang harganya 120jetong om :big_chicken:
OTR bdng 146jt om, no disc, cmn dpt kf solar gard sama central lock, alarm klw hoki.
Calya G MT 144jt, ada disc, udh dpt pw, electric mirror, ac dobel" an, lampu kristal, dll :mky_04:
Tapi kan kalya gabisa ngangkut sampe 17 org dan masih bisa ngebut :big_slap:
:ngacir: :ngacir:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by ricz »

hariy wrote:Akhirnya... Setelah bertahun-tahun saya berhasil pertamax.... :mrgreen:

Nais ripiu, om Ricz...

Pengen beli suatu saat nanti... :ungg:
thankyou om :mky_01:
ChZ wrote:PORSCHE CARRYRA :ngacir:

Ane pernah setir Carry 1.0 th. 2001 punya gereja ane... kebetulan biasanya ane bawa elsapek minibus... tapi karena satu dan lain hal ane harus anter anak-anak pake Carry... dengan AC rusak, interior acakadut.... Cukup mengerikan kondisinya...

Mobil dengan tenaga pas-pasan sekali ... literally powerband cuma sampe 3000 RPM dan sisanya bengek. Ngoper persenelengnya enteng banget beda sama elsapek minibus... setirnya enteng sekali walaupun ga PS setau ane... (atau HPS ya?).

Sekarang mobil nya udah dijual dituker sama grenmek baru...

Itu ban ciyus dari 1997? Ceman sensasinya ? Karetnya khan pasti sudah mengeras semua :big_love: serasa nyetir porsche beneran.

Tiati bisa ngelupas itu... dosen ane pernah kejadian.
PORSCHE :mky_03:

tenang aja sih, kalo sempat ngelupas udah distock ban baru kok...



TURBO337 new old stock tp... :ngacir:
fizrmen wrote:PORSCHE CARRYRA TURBO GT4RS :ngacir:
:mky_03: :mky_03: :mky_03:
pernahmiskin wrote:Review yg bener2 jujur....
Tanpa embel2....
:big_peace:
aman om, gaada numpang iklan dari indomob koq :mky_03:
mr_mytplx wrote:Nice review bro Ricz.

Saya jg pernah pake carry 1.0 tahun 88 karoseri new armada, dan di tahun 2007 dijual karena kl nerabas genangan air mesinnya jd brebet.

Iy bener tuh. doortrim nya ada beludru nya dan plastik2nya lebih tebel daripada lcgc sekarang.

max speed cm 90 km/jam itu aja di jalan turun dan udah melayang bngt rasanya.

kl nyopir santai irit bngt bensinnya.
thankyou om :mky_01:

beludrunya sih gw berani blg lebih bagus dari MPV toyota yg versi liftkitnya ada suara kue putu dr dlm mesin... :mky_03:
sintoni wrote:Di toko ortu masih ada ini Carry Futura pikap, tapi rasanya yang mesin 1500. Ada ga ya? Atau 1300.

Perawatan juga ala kadarnya, ditanbahin per daun 2 biji.

Sampe skrg masih sering bawa barang jualan 1 ton sehari2 untuk rute tanjakan turunan di kota Balikpapan.

Maksimal pernah bawa sampe 1.3 ton tapi takut kenapa2 soalnya kadang gigi 1 ga bisa masuk.

:mrgreen:
gelo om, sampe angkut 1.3 ton... lebih berat dr futuranya itu sendiri :big_biglaugh:
Yonatanw wrote:Pelihara mobil ini cukup lama yang versi 1.0 pickup box. Sudah sering saya pakai AKAP, Surabaya - purwokerto, Surabaya - Denpasar, Surabaya - solo.
Suspensi nyaman di kelasnya, mesin pas2an, yang parah spelleng setir banyak sekali, bikin was was kalau mau nyalib di jalur AKAP.
Mesin di bawah jok tapi suaranya masih terasa halus kalau dibanding rivalnya..
Pernah sekali bawa barang full box nanjak di sarangan dan radiator mendidih, didiamin sebentar, nanjak lagi -> hebat nih mobil.
Tiap kali servis selalu ada yang namanya ganti platina dan kondensor.. Bikin tiap kali servis selalu ada belanja di toko spare part.

8 tahun pakai akhirnya dijual karena jajannya uda banyak.
yang 1.0 sih, gw ingat bgt velgnya persis kek sepeda motor Viar yg roda 3 :big_biglaugh:
newrubble wrote:local coach builders punya marketing step

kasih luxurious appearance sebanyak mgkn saat suspension comfort n safety tdk bisa mrk upgrade

tapi mmg suzie carry type ini released pd saat suzie masih optimistic meliat indo outlook
indeed om.

sengaja kasih bahan interior royal (plafon pun make bahan beludru bagus) meski ridenya ya so-so :mky_04:
grandis_GT wrote:gilee ni mobil , gak mau kalah sama penter , sejak jaman jebot gitu'' aja model n teknologinya tapi sampe detik ini masih ada barunya, entah brapa unit dalam setahun laku :big_biglaugh: , ehh harga otr nya skarang brapa ya, ada yg tau ? :mrgreen:
namanya juga mobil niaga bro, kalo diganti ke yg canggih malah dianggap krg reliable :mky_03:
Pboyz97 wrote:Nice review bro Ricz

Emang mobil ini merupakan mobil niaga yg paling reliable kalo menurut saya, cocok digunakan sebagai angkot / mobil pengangkut barang / mobil jemputan anak sekolah, karena kapasitas angkutnya yg lumayan gede + harganya yg cukup terjangkau.
thankyou om :mky_01:

di daerah dinas sy skrg (bandung) carry masih byk digunakan sbg angkot, sama populasinya kek t120ss...
pathfinder wrote:Nice ripiu om.dlu prnh pnya yg Adventur 1.5 kluran 2002..bandel emng ni mobil.pas pindahan rumah bisa muat 1 motor matic plus prabot2 hehe dlu
Dlu beli 40 lbh dkit bru dipake 5 bulan dah di beli org dg hrga 45 hehe mantap dah sijuki CRV( carri real van) ini
thanks om :mky_01:

wah sijuki CRV ya, ga beda jauh ama mobil ini yg nama lainnya PORSCHE :mky_03:
ipat wrote:Sy punya futura versi pick up tahun 2003,beli tahun 2009,sering dipake kerja keras,muatan berat naik daerah perbukitan semarang/bandungan masih ada tenaga,pake gigi 3 bahkan,perawatan ada kadarnya,ganti busi,bersihin karbu,ganti cakram 1 kali,bubut 2 kali,karna temoat tinggal sy deket laut jadi skrg ada karat,dan keropos,tapi udah dilas,dan masih enak buat kerja,..
wah itumah pake aja smpe jebol om :mky_03:
daftar wrote:mobil ini biar gmn sampe sekarang jadi penopang eksistensi suzuki (dan indomobil) di Indo, tetap aja konsisten laku seperti halnya mitsu L300,
untuk kenyamanan sih masih enak & stabil naik ini ketimbang grenmex
mobilnya reliable sih, jdnya masih ttp dipercaya ama pelaku usaha sbg armada ato jd angkot :mky_08:
ransyah1234 wrote:Mid engined rwd...sodaranya cayman ini

Saya pernah di suatu jalur pantura jateng jalan 90 kmh disusul lho sama carry model begini

Ganti velg rally palang 3 atau antera...offset keluar body..so 90s

Turbo337 pengganti turbo70 yg biasa dipake amenity dan starko ayah saya jaman dulu
emang engkongnya cayman ini, namanya aja PORSCHE CARRYRA :ngacir:
WongZo wrote:OWNER HAS COMING :big_smoking:
Ralat dikit dri review:
Oli transmisi udh diganti 1 mnggu stelah ganti oli gardan, tp gaad efek di putaran bawah (hanya ada efek di saat quick shift)
Speeleng emng cukup parah, tp wajar untuk mobil non ps apalg untuk mbl taun 90an
Shock belakang kadang mati kdng bagus, jdi 70% msh empuk kyk ori, tp wktu tertentu kerasnya malesin :mky_04: .

Me as Owner:
Exterior walaupun tanpa moncong tapi berani untuk nabrak" (body msh mayan tebel, row 2-3 full dempul khas karoseri, kaca bagus) :big_smoking: .
Interior untuk yg ane mmng msh bahannya bagus (boleh diadu sama mobil skrng yg hrga 150jt++). Kabin legroom headroom lega, posisi jok enak bngt walaupun kyk duduk di kursi biasa (tinggi ane 181cm).
Mobil ini untuk 175cm kebawah agak susah untuk akses kabin row 1 nya karena GC tinggi (32cm boy :big_slap: ). Ga cocok untuk angkut nonik di depan, tapi bsa modus pegangin tangan untuk naik.
Kursi penumpang depan bsa angkut 2 nonik, mayan oper gigi smbil nempel paha :big_grin: .
Setir ga enak posisinya aplg untuk org 170cm kebawah, kayak setir bus, tp untuk tinggi lbh dri itu enak nempel ke pintu ala" supir ancot.
Driving Impresion:
Stel spion rumit karena msh mirror by voice command.
Tp enaknya untuk dalkot, set spion asal liat body enak bngt bwt mepet" motor atau mobil, parkir dgn perfect, karena spionnya mendukung untuk memantau keseluruhan body dri atas smpe bawah. Tapi spionnya ga terlalu bagus untuk high speed kyk tol.
Masuk gigi 1, turunkan rem tangan (ini agak aneh bagi sebagian org, karena posisi rem tangan di depan persneleng). Mobil ini torsi bawahnya besar, mknya untuk driver ancot karbu suka nyendat" karena saking gedenya torsi bawah dan gmpngnya rpm naik ke 3000.
Untuk puteran bawah tenaga besar, tengah sedeng, atas cenderung kosong.
Stir non ps ga berat asal tau tekniknya, yaitu majuin dulu mobilnya lalu baru diputar habis stirnya. Setirnya mmng ngeri untuk yg biasa pake mobil modern, karena kyk ga nempel sama tanah, dan kdng" uncontrolled.
Radius putar mobil ini kecil, hanya 4.4m klw gak salah, sampe ada seorang member sini sampe terkojel-kojel saat saya putar balik.
Salah satu member dsini jg blng feelingnya kyk bawa BMW, karena tiap pedal gas diinjak, pngen nyundul mulu (ga heran supir ancot ugal" an).
Maintenance:
Saya plng mahal keluarin uang untuk CDI 800rb, itu pun karena dimaling, klw tidak dimaling cmn 500rb (tt sama cdi orinya)
Sisanya fast moving dan slow moving sangat murah dan banyak dan RELIABEL BNGT.
Cnth sparepart: FIlter bensin = 15-20rb, Filter Udara = 25-30rb, Kampas rem satu mobil full (4rem) = 180rb.
Saya pernah gila pake mobil ini, 4 tahun gak ganti oli, dan cmn pake mesran galon an (estimasi 5rb km). Dan seperti oli transmisi dan gardan sudah dijelaskan di review :big_peace: .

Conclusion:
Ini mobil yg sangat badak, bahkan menurut saya ini terawet di Indonesia, mobilnya asal udh kenal tekniknya gmpng dan lincah untuk dikendarai, tenaga oke untuk dalkot dan sekedar lukot non tol dgn FC lumayan (1:10-12 dgn kondisi kopling kudu ganti, ban tuwir), harga sih perdebatan antara murah atau tidaknya, sparepart murah dan awet dan bnyk tersedia (karena basic angkot). Ukuran body kecil (max 3.9m, lebar 1.55m)
Plng yg harus dipertimbangkan GENGSI, ntah knp mobil ini tidak memiliki nilai prestige sama sekali (beda dgn mobil lain yg seharga atau bahkan hrganya dbwahnya), akses naik yg cukup susah di row 1, setir yg kyk model bus, non moncong (bnyk org ga suka), dll.
Saya prefer sekali mobil ini bagi yg pny budget ga terlalu bnyk, tp pngn bsa angkut org bnyk (rekor saya 17 org ke lembang, ban krng angin 1), ga takut dengan masalah yg ada (dan sekaligus belajar tntng mobil), sparepart yg hrganya ga ngagetin.

Sekian review dari ane, klw ad yg mw tanya soal mobil ini PM aja, ane bsa bantu :big_grin: .
Hai porsche :mky_03:

akhirnya info A1 keluar juga, silahkan bagi owner utk takeover trid porsche eh carrynya :ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
volcanoman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Jul 26, 2015 18:55

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by volcanoman »

Ayah saya sudah pelihara Suzuki Carry Futura 1.5 GRV type carry dengan AC double blower dari tahun 2001. Sebagai mobil keluarga mobil ini biasa dipakai mudik setiap tahun Serang-Pekalongan PP, tanpa pernah ada masalah sedikitpun, dari mulai saya belum bisa bawa mobil hingga sekarang biasa jadi sopir saat mudik. Yang saya kaget adalah performanya yang lumayan bertenaga di putaran bawah dan tengah, namun di putaran atas terasa hambar namun setelah liat speedo tak sadar sudah menyentuh angka 120Km/h, dengan FC yang cukup irit luar kota bisa 1:11/12. Sekarang ini yang jadi permasalahan hanya pada pompa rotax yg sudah mulai berbunyi dan AC yg sudah tidak dingin, odometer terhitung sudah 59.xxxKm, dan tidak ada niat dari Ayah saya untuk menjual mobil ini.
2004 U268/UR WLAT

2005 RN1 D17A5
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by grandis_GT »

WongZo wrote:
Rundeer wrote:
grandis_GT wrote:gilee ni mobil , gak mau kalah sama penter , sejak jaman jebot gitu'' aja model n teknologinya tapi sampe detik ini masih ada barunya, entah brapa unit dalam setahun laku :big_biglaugh: , ehh harga otr nya skarang brapa ya, ada yg tau ? :mrgreen:
Carry sekarang harganya 120jetong om :big_chicken:
OTR bdng 146jt om, no disc, cmn dpt kf solar gard sama central lock, alarm klw hoki.
Calya G MT 144jt, ada disc, udh dpt pw, electric mirror, ac dobel" an, lampu kristal, dll :mky_04:
anjaayy , 146 jeti , kalo orang waras pasti milih calya mt atau at , atau setidaknya kalo untuk niaga pasti milih grenmex, pantesan gak pernah liat unit barunya di jalanan , saya kira dapet 80 juta :big_biglaugh:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by coklatMetalik »

Asyiiik ada review mobil rakyat lg di SM :mky_02:

Nice review om, dan ini salahsatu review paling unik yg pernah sy baca...

Pertama baca bannya pake Bridgestone Turbo saya bingung. Mahluk apaan ini??? Ternyata ban jaman Wa Ato....

Oli gardan gk ganti sejak 1997? Saya penasaran msh berbentuk oli atau udh jd lumpur??

Speedometer & CDI dicolong maling? :mky_07:

Kalo boleh tau (&kalo masih idup) odometernya udh brp?

& Cari part bodi (lampu blakang, handle pintu, kaca dll) mobil karoseri kyk gini susah gk ??

BTW mobil ini (beserta ban & oli gardannya) seumuran sama saya....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by WongZo »

Rundeer wrote:
WongZo wrote: OTR bdng 146jt om, no disc, cmn dpt kf solar gard sama central lock, alarm klw hoki.
Calya G MT 144jt, ada disc, udh dpt pw, electric mirror, ac dobel" an, lampu kristal, dll :mky_04:
Tapi kan kalya gabisa ngangkut sampe 17 org dan masih bisa ngebut :big_slap:
:ngacir: :ngacir:
Calya di set ECU di bebong sih bsa kenchang, klw angkut 17 orgnya sih :mky_01: .
volcanoman wrote:Ayah saya sudah pelihara Suzuki Carry Futura 1.5 GRV type carry dengan AC double blower dari tahun 2001. Sebagai mobil keluarga mobil ini biasa dipakai mudik setiap tahun Serang-Pekalongan PP, tanpa pernah ada masalah sedikitpun, dari mulai saya belum bisa bawa mobil hingga sekarang biasa jadi sopir saat mudik. Yang saya kaget adalah performanya yang lumayan bertenaga di putaran bawah dan tengah, namun di putaran atas terasa hambar namun setelah liat speedo tak sadar sudah menyentuh angka 120Km/h, dengan FC yang cukup irit luar kota bisa 1:11/12. Sekarang ini yang jadi permasalahan hanya pada pompa rotax yg sudah mulai berbunyi dan AC yg sudah tidak dingin, odometer terhitung sudah 59.xxxKm, dan tidak ada niat dari Ayah saya untuk menjual mobil ini.
Jgn dijual om, servis aja, anggap mobil legend.
grandis_GT wrote:anjaayy , 146 jeti , kalo orang waras pasti milih calya mt atau at , atau setidaknya kalo untuk niaga pasti milih grenmex, pantesan gak pernah liat unit barunya di jalanan , saya kira dapet 80 juta :big_biglaugh:
Iyh om, mknya ga laku bahkan org mnding ambil avz atau r3 second kali drpda ambil carry baru hehehe.
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Suzuki Carry Futura 1997

Post by WongZo »

coklatMetalik wrote:Asyiiik ada review mobil rakyat lg di SM :mky_02:

Nice review om, dan ini salahsatu review paling unik yg pernah sy baca...

Pertama baca bannya pake Bridgestone Turbo saya bingung. Mahluk apaan ini??? Ternyata ban jaman Wa Ato....

Oli gardan gk ganti sejak 1997? Saya penasaran msh berbentuk oli atau udh jd lumpur??

Speedometer & CDI dicolong maling? :mky_07:

Kalo boleh tau (&kalo masih idup) odometernya udh brp?

& Cari part bodi (lampu blakang, handle pintu, kaca dll) mobil karoseri kyk gini susah gk ??

BTW mobil ini (beserta ban & oli gardannya) seumuran sama saya....
Sekitar 70-80rb km om, karena emng jarang bngt dpake.
Part body klw bemper sih udh susah kecuali yg depan, handel, lampu, kaca mh msh gmpng om hehehe.
Seumuran ma ane jg berarti om hehehe, ini mobil Agustus 1997, ane lahir November 1997.
Foto oli gardan nya kegedean om, gbs upload :big_cry: .
Yg psti kayak kopi capucino gtu