pertama tipe setelan manual/manual adjustment.
tipe penyetelan manual memerlukan penyetelan secara berkala. cara penyetelannya dengan cara menekan batang penekan. penyetelan tipe manual harus bener-benar tepat agar gak kekencangan atau terlalu kendor. terlalu kencang penyetelan bakalan bikin putaran mesin akan terasa berat, dan kalo terlalu kendurpun akan timbul suara beriaik. tipe penyetelan manual biasanya dijumapai di motor-motor lawas.
kedua adalah setelan otomatis/automatic adjustment.
kl chain guide(karet) melengkung karet akan menekan rantai, nah disitulah rantai mengalami penegangan. selanjut nya chain guide akan menjaga kekencangan rantai kl rantai mengalami kekendoran secara otomatis. tipe penekan otomatis ini lah yang sering digunakan di motor-motor masa kini.
ketiga tipe semi otomatis.
kl baut pengunci dilepas batang penekan akan masuk ke dalam karena tekanan per selanjut nya ketegangan rantai secara otomatis menyetel sendiri. tipe ini yang digunakan untuk motor tipe gl seriea lawas nih...
itu dia sob 3 cara setel rante keteng, semoga bermanfaat buat lo semua...
kalo mau nambahin silakan sob, tinggalkan jejak juga boleh

sumber: http://www.unity-team.com