kapan move on dari euro 2 ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

kapan move on dari euro 2 ?

Post by martinnn »

AWAL Juni diwarnai dengan ke luarnya regulasi mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC). Dengan bernomor 41 tahun 2013, ketentuan berbentuk Peraturan Pemerintah (PP) itu mengatur insentif berupa diskon pajak bagi mobil-mobil berkapasitas mesin hingga 1.200 cc (bensin) dan 1.500 cc (diesel) dengan konsumsi BBM minimal 20 km/liter.
"LCGC menjadi mode dan tren green car (mobil hijau) yang bisa hemat bahan bakar," kata Menteri Perindustrian, MS Hidayat, saat mengomentari terbitnya regulasi untuk LCGC tersebut, Rabu (5/6).
Di satu sisi, terbitnya regulasi tersebut akan mendorong produsen untuk memproduksi lebih banyak ken daraan dengan efisiensi bahan bakar tinggi.
Namun, benarkah mobil-mobil baru di Indonesia yang nantinya akan menjadi lebih irit itu otomatis juga bakal ramah terhadap lingkungan?
Menanggapi isu tersebut, Regional Head External Affairs and Governmental Relations South East Asia PT Robert Bosch, Klaus Landhausser, mengatakan hal itu sulit dicapai selama kualitas BBM di Indonesia masih seperti sekarang.
Menurutnya, kualitas bensin dan solar di Indonesia yang lebih rendah ketimbang negara lain menjadi penghalang utama tercapainya efisiensi dan emisi gas buang kendaraan yang lebih rendah. Kondisi BBM itu terkait dengan standar emisi gas buang Euro 2 yang masih berlaku di sini.
"Malaysia sudah menerapkan Euro 4. Singapura malah berencana akan mulai memperkenalkan Euro 5," ujarnya dalam wawancara khusus dengan Media Indonesia di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (5/6). Bosch merupakan perusahaan pemasok teknologi otomotif asal Jerman.
Lebih lanjut, Landhausser menjelas kan, selain berdampak pada aspek lingku ngan, standar Euro 2 di Indonesia membuat perkem bangan teknologi di industri otomotif negeri ini juga tertinggal jika diban dingkan dengan yang lain.
"Mobil-mobil di belahan dunia lain sudah berteknologi tinggi. Sangat rendah emisi, rendah konsumsi BBM, dengan perf o r m a ke n daraan yang jauh lebih baik.
Di sini, Anda tak punya semua itu karena kualitas BBM yang rendah. Kualitas BBM-lah yang akan membawa kita pada teknologi kenda raan yang lebih modern dan lebih ramah lingkungan." tukasnya.
Kerisauan Landhausser itu rupanya juga dirasakan pemain industri otomotif di Tanah Air. Para pabrikan roda empat kerap berpikir berulang kali sebelum memasukkan mobil berteknologi terbaru mereka ke Tanah Air. Itu karena keadaan BBM yang tidak memenuhi standar dengan yang dibutuhkan, baik itu yang bermesin diesel maupun bermesin bensin.
Hal tersebut dibenarkan Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia Hartanto luang menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015 nanti, yang berdampak pada perpindahan bebas barang dan jasa di seputar region tersebut.
Hal itu berhubungan dengan besarnya biaya logistik melalui jalur darat karena perusahaan freight forwarding dalam dan luar negeri harus merogoh kocek ekstra untuk mengganti angkutan truk mereka yang sesuai dengan standar Euro dan kualitas BBM saat melintasi Indonesia.
"Ini penting jika Indonesia ingin menjadi pusat otomotif (automotive hub) di ASEAN.
Lagi pula, bagaimana Indonesia bisa menjadi pusat otomotif dan mengekspor ke luar negeri jika di sini produknya tidak kompetitif dengan standar Euro 2, sedang baru. Untuk mobil yang completely built up malah ibaratnya sekedip mata saja karena di luar sudah banyak yang Euro4," terang Mukiat.
Bagaimana de ngan pemerin tah? Menperin MS Hidayat menuturkan pemerintah baru bisa beranjak ke Euro 4 jika perusahaan-perusahaan minyak telah terlebih dahulu memproduksi BBM dengan kualitas sesuai standar Euro 4.
"Bila seluruh BBM sudah memenuhi kualitas tersebut dan tersedia merata secara nasional, persyaratan wajib Euro 4 bisa diterapkan," jelasnya melalui pesan singkat, Selasa (11/6) malam.
Namun, apa pun alasannya, Indonesia memang mesti segera melompat ke batu pijakan berikut


kira kira kapan ya ke euro 4 ? sekarang di jlanan penuh debu,polusi,asap hitam diesel ..cost jangka panjang pasti berbahaya bagi kesehatan :big_dunno: :big_dunno: :big_dunno:
:big_biglaugh:
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by Koddy »

Jangankan Euro 4, yang memenuhi standart emisi Euro 2 aja pasti ga semuanya.

Sent from my K016 using Tapatalk
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by newrubble »

2020 pasti sdh siap euro4 (saat eropa sdh euro11) .... sementara 1 per 1 firstworld 2025 upward stop buying fossilfuel n start carbon-negative fuel

pasti di sini ada yg ketawa ..... mana mgkn ada fuel yg 100% nol carbon
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by rajapb »

Selama premium dijual jangan ngarep cepet tuh euro 4.
Torquelover
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Feb 05, 2016 14:56

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by Torquelover »

gak tau kalo mobil bensin yg laen, tapi kemarin pas liat2 spek mobilio rada kaget juga karena ternyata udah euro 4.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by martinnn »

Torquelover wrote:gak tau kalo mobil bensin yg laen, tapi kemarin pas liat2 spek mobilio rada kaget juga karena ternyata udah euro 4.
gimana bisa euro 4 om ? kan sama sama l15 buatan tahun 2004
:big_biglaugh:
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by arfyano »

Susah kl angkutan umum di indo msh ky gitu.. angkot bermesin bensin aja msh banyak yg asep nya tebel bgt, sampe asem+perih nya ngalahin mbl diesel.. ky gt aja msh di paksa jalan, hufht

Sent from my Lenovo K920 using Seraya Motor mobile app
Torquelover
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Feb 05, 2016 14:56

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by Torquelover »

martinnn wrote:
Torquelover wrote:gak tau kalo mobil bensin yg laen, tapi kemarin pas liat2 spek mobilio rada kaget juga karena ternyata udah euro 4.
gimana bisa euro 4 om ? kan sama sama l15 buatan tahun 2004
https://www.honda-indonesia.com/model/mobilio

silahkan dilihat sendiri om... kalo salah tinggal tuntut aja tuh HPM :wkkk:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Torquelover on Mon Oct 10, 2016 11:32, edited 1 time in total.
QnetiC
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by QnetiC »

kalo jerman peraturan emisi nol 13 tahun lagi...

http://www.hardwarezone.com.sg/tech-new ... s-vehicles
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by ChZ »

martinnn wrote:
Torquelover wrote:gak tau kalo mobil bensin yg laen, tapi kemarin pas liat2 spek mobilio rada kaget juga karena ternyata udah euro 4.
gimana bisa euro 4 om ? kan sama sama l15 buatan tahun 2004
L15 tahun 2004 dan L15 yang dipake di Mobilio sudah banyak dapet ubahan walaupun minor, oom...

L15 nya Jazz VTEC header nya masih terpisah, Mobilio sudah integrated (header dicor sama cylinder head jadi langsung downpipe). Belum CC nya, belum VTEC dan i-VTEC nya... belum ubahan di sektor ECM atau sektor-sektor lain yang kita enggak tau...

Honda claims rata-rata produknya sudah EU4 standard.... tapi sy yakin yang di Indo paling bagus juga EU2... karena banyak yang ngisi premium dan pertalite... Selama masih bermental ngisi bensin murah semua ya tembus EU2 akan tetap menjadi mimpi semata...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by martinnn »

ChZ wrote:
martinnn wrote:
Torquelover wrote:gak tau kalo mobil bensin yg laen, tapi kemarin pas liat2 spek mobilio rada kaget juga karena ternyata udah euro 4.
gimana bisa euro 4 om ? kan sama sama l15 buatan tahun 2004
L15 tahun 2004 dan L15 yang dipake di Mobilio sudah banyak dapet ubahan walaupun minor, oom...

L15 nya Jazz VTEC header nya masih terpisah, Mobilio sudah integrated (header dicor sama cylinder head jadi langsung downpipe). Belum CC nya, belum VTEC dan i-VTEC nya... belum ubahan di sektor ECM atau sektor-sektor lain yang kita enggak tau...

Honda claims rata-rata produknya sudah EU4 standard.... tapi sy yakin yang di Indo paling bagus juga EU2... karena banyak yang ngisi premium dan pertalite... Selama masih bermental ngisi bensin murah semua ya tembus EU2 akan tetap menjadi mimpi semata...
oh gitu :big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:
:big_biglaugh:
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by Koddy »

Kalau beneran euro 4, diisi Premium ga lama langsung mampet injectornya.
Yang beneran terjadi itu di Mercedes generasi terakhir. Coba aja diisi Premium, ga pake lama injectornya mampet....

Sent from my K016 using Tapatalk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by ChZ »

Koddy wrote:Kalau beneran euro 4, diisi Premium ga lama langsung mampet injectornya.
Yang beneran terjadi itu di Mercedes generasi terakhir. Coba aja diisi Premium, ga pake lama injectornya mampet....

Sent from my K016 using Tapatalk
Disini ada loh yang pake W205 C250 AMG isi premium... :big_peace:

Malah ybs W204 C200K nya isi premium 140k KM gakpapa... :big_peace:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by arfs »

Wah sx4 saya malah downgrade dari euro 2/3/4 (*gk tau pasti nya euro brp) jadi euro 0.
Walaupun jadi lebih irit dan bertenaga tapi jd gk ramah lingkungan lagi :mky_01:
Kenapa? karena dah ganti header yg gk ada catalytic converter nya lagi :ngacir:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by coklatMetalik »

Kalo gk salah, di buku kir, ambang batas lulus uji emisinya dibedakan antara mobil sebelum 2005 dan sesudah 2005 (CMIIW). Itu euro 2 ya?

Dan setau saya di kir itu pun bisa nyogok....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by dany_pos »

Klo diberlakukan, kira2 masihkah mobil2 yg sekarang terkenal reliable/badak tetap reliable. karena sepertinya mobil2 itu reliable oleh pemilihan mesin tua sederhana yg ga aneh2, tp emisi tinggi
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by Rundeer »

Err.... indonesia emg masih tertinggal soal teknologi ginian. Lcgc jg gak bener-bener greencar kalo cuma modal irit iritan bensin + masih pake teknologi euro2 jaman batu. Malah lcgc ini seolah dibuat hanya untuk segmen mobil murah aja (walaupun gabisa dibilang murah) Selama masih ada premium + gaada aturan euro4 etc. ya... produsen bikin mesin mobilnya standar itu-itu aja :off_bored:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by newrubble »

QnetiC wrote:kalo jerman peraturan emisi nol 13 tahun lagi...
...........
jadi masih lama kok ..... tenang sj ..... denmark juga masih 2050

buat org org indo yg patriotic ..... existing fossil fuel products bukan masalah eco friendliness tapi

smua ini adalah mahakarya bangsa ..... products yg paling cocok dgn nation's character ....... ha ha ha
Last edited by newrubble on Mon Oct 10, 2016 13:24, edited 1 time in total.
pau
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Sep 01, 2016 3:49

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by pau »

Q : kapan move on dari euro 2?

A : kapan-kapan
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: RE: Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by Koddy »

pau wrote:Q : kapan move on dari euro 2?

A : kapan-kapan
Wakakakaka
Q&A the best
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by maastricht889 »

Dari jaman freed 2009 launching (dlm case ini Honda), di brosurnya ada ditulis EU4 compliance, tapi kayanya cuma gimmick brosur itu hahahahahaah
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by ChZ »

arfs wrote:Wah sx4 saya malah downgrade dari euro 2/3/4 (*gk tau pasti nya euro brp) jadi euro 0.
Walaupun jadi lebih irit dan bertenaga tapi jd gk ramah lingkungan lagi :mky_01:
Kenapa? karena dah ganti header yg gk ada catalytic converter nya lagi :ngacir:
Sama oom FB saya juga udah copot CC... udah gak ramah lingkungan lagi :ngacir: selama masih banyak yang bandel kek kita rasanya susah tembus eu2 :ngacir:
coklatMetalik wrote:Kalo gk salah, di buku kir, ambang batas lulus uji emisinya dibedakan antara mobil sebelum 2005 dan sesudah 2005 (CMIIW). Itu euro 2 ya?

Dan setau saya di kir itu pun bisa nyogok....
KIR? Hehehehe... Tuh bus bus yang udah keropos karatan bodinya, asapnya udah hitam masih berkeliaran.... padahal "katanya" ada uji KIR nya...

Bahkan yang lampu-lampunya udah mokat semua masih berkeliaran di jalan :mky_05:
dany_pos wrote:Klo diberlakukan, kira2 masihkah mobil2 yg sekarang terkenal reliable/badak tetap reliable. karena sepertinya mobil2 itu reliable oleh pemilihan mesin tua sederhana yg ga aneh2, tp emisi tinggi
Akan tetap reliable (kalo gak diisi premium)... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

secara mesin-mesin canggih sekarang mensyaratkan minimal RON92 bahkan sudah banyak yang minta RON95 minimal...
Rundeer wrote:Err.... indonesia emg masih tertinggal soal teknologi ginian. Lcgc jg gak bener-bener greencar kalo cuma modal irit iritan bensin + masih pake teknologi euro2 jaman batu. Malah lcgc ini seolah dibuat hanya untuk segmen mobil murah aja (walaupun gabisa dibilang murah) Selama masih ada premium + gaada aturan euro4 etc. ya... produsen bikin mesin mobilnya standar itu-itu aja :off_bored:
LCGC cuma akal-akalan pemerintah aja...

Dibilang "green" tapi masih pake bahan bakar fosil ... masih pake mesin bensin konvensional... Lebih cocok disebut low cost car dibanding low cost (Green) car....

Well yang kedua... LCGC banyak salah sasaran :mky_05: yang beli kebanyakan bukan motorist yang mulai sanggup beli mobil, tapi kebanyakan orang yang udah punya mobil mau nambah mobil buat bini atau anaknya yang lagi masuk kuliah....

Yang ketiga... harganya udah gak bisa dibilang murah :mky_05: :mky_05: :mky_05: bebas pajak dan konten lokal tinggi "katanya"... tapi harganya naik terus....

Istilah LCGC cuma "pemanis mulut" aja... aslinya sih hasil nego-nego ATPM dan pemerintah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by arfs »

ChZ wrote:
arfs wrote:Wah sx4 saya malah downgrade dari euro 2/3/4 (*gk tau pasti nya euro brp) jadi euro 0.
Walaupun jadi lebih irit dan bertenaga tapi jd gk ramah lingkungan lagi :mky_01:
Kenapa? karena dah ganti header yg gk ada catalytic converter nya lagi :ngacir:
Sama oom FB saya juga udah copot CC... udah gak ramah lingkungan lagi :ngacir: selama masih banyak yang bandel kek kita rasanya susah tembus eu2 :ngacir:
Aduh jgn dipanggil om, umur kita kan sepantaran sama2 barusan lulus kuliah tahun ini :mky_01:
Cipik FB nya bro chz ganti downpipe apa CC nya di bobok?
sx4 nya udah kejual yah bro?
oe skrg jadi penasaran mau tambah pasang dastek di sx4 oe biar tambah sedikit lebih irit dan bertenaga lagi kyk sx4 lawas mu :mky_03:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by ChZ »

arfs wrote: Aduh jgn dipanggil om, umur kita kan sepantaran sama2 barusan lulus kuliah tahun ini :mky_01:
Cipik FB nya bro chz ganti downpipe apa CC nya di bobok?
sx4 nya udah kejual yah bro?
oe skrg jadi penasaran mau tambah pasang dastek di sx4 oe biar tambah sedikit lebih irit dan bertenaga lagi kyk sx4 lawas mu :mky_03:
Pakai downpipe ORD oom... baru berapa minggu lalu pasang.

Udah laku... seratus juta saja...

Kalo combined udah dp dan piggy sih pasti mantep dan irit banget ya bro... :mky_01: secara punya ane piggy doank sama muffler tiga ratus rebuan kawe aja bisa jadi irit banget ... pake normal 9.2 - 9.7 paling irit.

Standar kaki uwe cuma sanggup 8.7 km/l - 9 km/l :big_slap: semua pakai RON92.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: kapan move on dari euro 2 ?

Post by nyotnyet »

Selama masih ada premium sih susah mau Euro 4 dan kalo kir nya ga bener2 ketat ya sama aja boong.

Wong bikin kebijakan taksi online aja ga becus, apalagi ngurusin ini, sibuk ngurusin taksi online, bahkan lcgc ga dibolehin jadi taksi online karna katanya "ga layak" dan "ga teruji keamanannya", gimana tuh kabar angkot dan bus kota yg pada ngebul dan keropos?

Negara yang lucu, kalo bikin kebijakan kalo ga berat sebelah ya asal bikin pokoknya yg nyetor seneng.

Ah jadi inget tesla yg ga pake bbm aja dipajakin segitu mahal...hehehehe...gimana mau ijo



Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom