A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15577
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by ChZ »

Holaa pembaca SM...

Kali ini yang saya review bukan mobil baru... Melainkan sebuah sedan Honda yang usianya sudah 11 tahun...

Pasti banyak yang mikir
"lah kenapa di review? Mobil tua bangka gitu siapa mau beli?"
"kenapa kok pake di review segala, mobil udah gak dijual baru nya, gak banyak yang penasaran. Mending review mobil baru aja"

Well yes... Review ini memang gak ditujukan buat yang selalu mikir mobil baru lebih bagus. Only a few will appreciate.

Specifically... lebih ke para pecinta brand H yang kangen citarasa berkendara old Hondas....

Spesies mobil ini agak sedikit langka. VTi-L bertransmisi Manual. Since Accord mayoritas bertransmisi Automatic.

================================

Prologue

Berawal dari sebuah message LINE dari seorang kawan dekat di henpon saya pagi-pagi
"Chz, entar malem lu kosong? Habis ngelesin ke rumah gua yak"
"What? Ada apa?" :big_chicken:
"Jalan-jalan pake K24 non-DBW"

Hmmm.... :big_think: K24 yang belom pake DBW... i only thought of 1 creature, kebetulan kawan ane ini juga tau ane sedang ngidam mobil ini...

"Honda Accord CM5"

"Hah K24 non-DBW? Accord?"
"Yes. Manual loh. Barangnya dateng tar sore"

MANUAL? :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

Dari orok sampe lulus kuliah belom pernah ngerasain nikmatnya mesin K24 dipadu transmisi manual. Masih tali gas lagi. Kebayang seberapa fun mobil ini ketika dibawa... Well dari jam 1 sampe jam 8 malem selesai ngelesin ane kebayang-bayang tuh mobil nikmatnya kayak apa.

Jam setengah sembilan ane langsung meluncur dari Manyar Tirtomoyo ke rumah teman ane di Palm Beach... And here it goes.... Accord CM5 berwarna hitam sudah nangkring di depan rumah. :big_love: Langsung todong kunci ke teman ane... sambil diwanti-wanti

"bensinnya udah kuning, tadi mau gua isi pertamax turbo enggak ada di deket sini, sekalian isiin dah. 100rb aje. Habis itu puas-puasin deh pake nih mobil" :big_slap:

Akhirnya ane keluar dari kompleknya dan meluncur ke sebuah SPBU di MERR yang menyediakan Pertamax Turbo.... fill up 100k pertamax Turbo... ada seperempat tangki untuk dibabat habis... let's go! :big_smoking: mobil bagus perlu bensin bagus untuk dapet performa optimal.

Image

Gak perlu panjang-panjang cerita histori nya lah ya.... Semua udah tau...

==========================
1. Exterior

Well exterior Honda Accord generasi ketujuh ini...... sangat nyaris tanpa cela. Timeless... seperti layaknya Civic FD yang juga belum terlihat tua walaupun kenyataannya sudah berusia 10 tahun. Mobil ini design exteriornya malah sudah berusia 13 tahun (CM5 pertama keluar tahun 2003).

Di saat sedan-sedan besar memilih untuk tampil konservatif demi meraih pasar eksekutif mapan... Honda berani memberikan tampilan berbeda di Accord generasi ketujuh yang cenderung elegan tapi sedikit disematkan aura agresif di bagian headlights... Entah kenapa... Toyota Camry XV30 sekarang bentuknya kayak ketinggalan 1 generasi dibanding Accord CM5...

Not much to comment, enjoy the photos...

Image

Image

Image

Image

Mobil ini besar, tapi tidak terlihat bongsor seperti penerusnya CP2 dan CR2. Panjang mobil ini 4.8 meter. tapi cuma terlihat sebesar Civic... Thanks to Honda designers yang bikin mobil ini terlihat sangat proporsional dan enak dilihat...

Satu hal yang saya kurang sreg adalah ukuran ban dan velg yang terlalu kecil. 205/60/16. upsize 1 inch dengan ban lebih lebar dikit akan membuat mobil ini jauh lebih ganteng. Apalagi dengan velg ala - ala JDM.

2. Interior

Sebuah interior yang.... bisa dibilang simple yet functional. Gak banyak printilan aneh - aneh.

Khas Honda sekali...

Image

Image

Image

Image

Mobil ini tidak punya MID, tidak ada tweeter.... Well tapi pemilik Mazda8 jangan berbangga hati dulu karena ini ada steering switch nya... mobil tahun 2005 nih :big_weee: :big_weee: :big_weee:

Aura cabin nya sangat comfy dan lapang, tidak memberikan kesan claustrophobic atau terlalu luas sampe sulit menjangkau tombol - tombol. It's all just there, semua mudah diraih, shifter juga sangat pas di tangan.

Kekurangannya.... Beberapa bagian interior sudah mulai terkelupas seperti ini

Image

3. Driving

Sebetulnya saya gak tertarik bahas bagian manapun dari mobil ini selain nyetirnya. Karena saya yakin gak banyak yang bisa dibahas since ini mobil keluaran 2005 yang gadget dan gimmick nya jauuuuh sekali dibanding mobil - mobil sekarang.

Tapi well... K24A3, 160hp @5500RPM 218Nm @4500 RPM, 5-speed manual transmission, no throttle by wire. This means very natural feedback from the engine.

Image

Miserable people out there akan berkomentar... apa spesialnya sih mesin 2.400cc yang "cuma" bisa menelorkan 160hp? 160HP kan kecil, fanboy Honda memang suka lebay.

Hater boleh berkomentar, tapi fakta membuktikan....

Saya masuk ke mobil dan adjust posisi nyetir yang (surprisingly) sudah pakai electric seat... sangat mudah menemukan posisi nyetir yang enak di mobil ini. Joknya empuk, setir ukurannya pas, posisi tangan ke shifter pas. Visibilitas sempurna nyaris tanpa blind spot.

Start mesin dan well.... I don't expect much from a 11-year engine. A little bit of noise and vibration is fine, but..... :big_chicken: mobil ini sangat-sangat senyap. Getaran mesin dan noise nya tidak bocor ke cabin... Suara starter jauh lebih halus dibanding CR-V saya dulu yang tahun 2011... Ini kondisi awal waktu bensin kuning dan di tangki terisi Premium. Setelah berapa lama habis dari SPBU isi PertaTurbo.... well... Jauh lebih halus. Gak terasa kasar, even on today's standard. Ane gak ngelindur kan? Ini mesin Honda kan bukan mesin Mercedes? :big_chicken:

Engage gear 1, mobil ini sangat tidak kepayahan buat ngail torsi dari bawah. Mesin K sepertinya better mated with Honda's close ratio MT. Ngobatin boyo-nya RPM bawah mesin K. Karena yang saya rasakan di dua generasi CR-V dan Accord CP/CR 2.4.... mated with 5-speed AT dengan rasio panjang-panjang mobilnya jadi kerasa...... lemot bawahnya.

Belum lagi karena masih menggunakan tali gas, akselerasinya terasa sangat natural dan linear. Diinjek mobil langsung ngerespon, terutama setelah diisi pertamax Turbo. Rasanya tenaga mobil ini tersalur dengan sangat efisien. "Cuma" 160hp... yah.... walaupun "cuma" 160HP, setidaknya nyaris seluruh 160HP itu tersalur dengan baik ke roda. Sehingga mobil ini walaupun "cuma" 160HP tapi enggak terasa lemot sama sekali. Injakan koplingnya entah kenapa terasa sangat "padat". Bukan keras, tapi "padat" , jadi dapet feelnya gampang, nggak ampang kayak mobil - mobil manual jaman sekarang. Yah contohnya Ford Ecosport Manual yang injekan koplingnya terasa kurang natural.

Gear 1 clocked @ 50 km/h.... lanjut gear 2 sekitar 95 km/h.... gear 3 bisa tembus 120 lewat lebih tapi ane sudah ngerem karena jalanannya nggak kondusif. Shifter Honda betul-betul menyenangkan buat quickshifting. Sangat presisi dan ada rasa mantap ketika masukin tiap gear. Engine note, gearknob, pedal gas, semua rasanya "menyatu" dengan harmonis. Nggak ada rasa vague ketika nyetir mobil ini. Everything's done as you please. FYI walaupun on-paper tenaga dan torsinya enggak gede-gede amat, Mobil ini gear 2 masih ada wheelspin. In gear 1, feels a bit torque-steer. Amazing! :big_chicken: Luapan tenaga semakin terasa ketika VTEC engage, enggak kerasa sedang nyetir sebuah sedan besar yang identik dengan lamban, malas, dll... Mobil ini punya karakter yang sangat berbeda. Engine note pun menyenangkan khas K engine walaupun ini K24 "Eco".

Dan kalo ada yang bilang "cuma 160hp"..... tadi sempet sparing sama CR-V RM 2.4 dan Jazz GK5 di jalan... dua duanya saya asapin jauh begitu masuk gigi 3 udah pada gak ngejar. Roughly 0-100 mobil ini di angka 8 secs... sesuai video dari seorang member sini (bro Jose / akun youtube accordmine). Top speed di 220 km/h. :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Lanjut ke handling mobil ini. Power steering menggunakan sistem hidraulis konvensional dan steeringnya boleh dibilang sangat natural, gerakan mobil rasanya sangat mudah diprediksi karena feedback setir yang baik dan bobot setirnya yang pas, enggak terlalu ringan dan enggak terlalu berat. Berbeda dengan setir Toyota Camry yang rasanya ampang walaupun berat. Setir Accord CM5 ini..... feedback nya betul-betul rich. Body control sangat mudah, nyetir Accord ini gak kerasa nyetir sedan besar, malah berasa nyetir Civic. Lincah sekali. Mobil terasa ringan walaupun dimensinya besar. Body controlnya sangat baik untuk mobil seukurannya. Bodyroll masih sedikit terasa walaupun enggak parah.

Banyak yang bilang mobil ini keras... well... not that stiff. Sangat-sangat tolerable. Peredaman suspensi mobil ini mantap, enggak terlalu banyak ngayun. Dampingnya pas dan enggak terlalu kaku. Mungkin orang tua akan lebih suka karakter Camry yang kayak kapal. Tapi saya pribadi lebih suka karakter damping kayak gini. Gak terlalu ngocok.

In the end... i feel like i can drive this car all day if i want... A very fun, no-nonsense car. It doesn't entertain you with lots of gimmicks, it just wants you to drive it, feel it, be alive (eh ini slogan Mazda kan? Biarin ah :ngacir: ) seriously, slogan Mazda ini menurut ane cocok dengan karakter Accord CM5 ini.... :ngacir:

4. Conclusion

Speechless... Ini cuma sebuah sedan Honda biasa, pasaran, sering liat di jalan, udah tua lagi.

Tapi mobil ini feels very lively. Gak begitu kencang, tapi terasa begitu hidup. Something even a modern day Mazda6 don't have. Apalagi Accord sekarang yang lebih berorientasi ke kenyamanan.

Entah apa yang ada di otak tim RnD Honda waktu itu... Mereka gak perlu pake embel-embel teknologi aneh-aneh, just a simple 2.400cc with i-VTEC and 5-speed Manual Transmission. Forget Toyota Camry or Nissan Teana, real petrolheads will have their wet dreams just by driving it.

Sayangnya dengan usia yang sudah cukup senja, hanya dua kelompok yang akan membeli Accord CM ini :
1. Pecinta / Hobbyist Honda. Yang akan merestorasi dan merawat mobil ini dengan baik dan menjaganya pada kondisi orisinil.
2. Pecinta modifikasi mesin. Mesin K bertransmisi manual sangat-sangat potensial untuk dijadikan "bahan" oprekan. Swap head Civic Type-R atua Integra Type-R, 200hp+ udah di tangan. Belum part racing lain seperti kopling kompetisi, suspensi, ECU stand-alone, dll yang sangat melimpah untuk mesin K.

I can't say no more... Mobil ini sudah sukses bikin saya batal laper dan batal ngantuk sepulang ngelesin.... :big_biglaugh:

==================================

Oh ya sebagai informasi mobil yang saya coba ini dijual. Accord VTI-L M/T 2005, odo 120k+, Plat L Surabaya, kondisi cukup mint (at least mechanical nya semua dalam kondisi baik, gak banyak PR, sudah tested oleh saya jangan ragu :big_smoking: ), 4 ban baru Bridgestone Turanza AR-20. Harga PM saja kalau bener-bener minat. Yang jelas harganya Calya type G A/T masih kembalian.

Thanks for reading!
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by liep »

Profesi br hehe...pedege mobkas
Nice ripiu om chz
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by jar-jit-no »

Nais ripiu chris

Menurut saya emang cm5 ini desainnya timeless dan honda bgt. Generasi setelah ini kurang cakep & berasa terlalu berkiblat ke sedan eropa.

Fuel cons gimana chris? Sempet ngrasain 2nd row?
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by paidjho »

Nice review om chz....

Nganu... Kayaknya FB2 masih cukup buat CM5 + K20 head + 6MT .....

[emoji12]
[emoji111]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by DOHC »

ngeliat tret ini

mendadak otak ane lgs ke inget om nescafe.... dgn CM5 silver manual super legendaris nya.... yg konon janda nya slalu diincer2 orang2... ampe anak2 skolah deket rumah doi...

btw, CM5 ini malah the best accord menurut ane... even till today version of accord... kcuali accord euro, nah kl yg versi terbaru yg ane suka... tp all in all, utk kategori mid sedan, CM5 ini tetep the all time best bagi ane... not because of the engine, but simply its design that wins my heart...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by maastricht889 »

HPS honda jaman "itu": yg membuat ane seneng sama honda2 lama sampe yg terakir di crv RE3 sama Odyssey RB. :big_love:
User avatar
ANSdream
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by ANSdream »

:big_exellent:
Nice review Om
Wah akubdulu pernah naek jg Accord ini tp yg matic
Punya temen jaman kuliah dulu
Nyaman emang siy hehe

Wah ternyata dijual ya
Tp ane ga gt ngerti mobil eh
Msh newbie2 jd blm brani pelihara barang antik begini
Semoga cepet laku Om
:mky_08:

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by ginting »

Nice review oom ChZ.

Yes,...diajak ngebut juga enak...sekali (dan terakhir) saya pernah naek mobil expat Jepun, milik kantor,..2 minggu kemudian itu mobil hancur karena TERJUN dari lantai 8 menara Jamsostek , Jl Gatot Subroto - Jakarta 22/01/2008. Ada di google beritanya.
Sayang usia ini mobil sudah mulai menua, gak cocok jadi mobil satu satunya...cocoknya mobil hobby...musti ada mobil satu lagi buat daily workhorse...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by DOHC »

ini accord yg dimaksud milik petinggi persh asuransi dari jepun itu yah om.... yg nerjunin mobil sang supir... kl iya, ane waktu sempet liat foto mobil nya sehabis terjun... quite surprising, kabin masi menyisakan ckup ruang utk orang didalam nya walaupun bagasi ama engine compartment ambrol...
ginting wrote:Nice review oom ChZ.

Yes,...diajak ngebut juga enak...sekali (dan terakhir) saya pernah naek mobil expat Jepun, milik kantor,..2 minggu kemudian itu mobil hancur karena TERJUN dari lantai 8 menara Jamsostek , Jl Gatot Subroto - Jakarta 22/01/2008. Ada di google beritanya.
Sayang usia ini mobil sudah mulai menua, gak cocok jadi mobil satu satunya...cocoknya mobil hobby...musti ada mobil satu lagi buat daily workhorse...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by madcat015 »

I approve them Honda and this review as well!

Ane jadi rindu SX8GM ane... Hiks... Such a lovely little sedan from glorious past... Saat Honda bener2 jadi "Honda"...

Old Honda never dies indeed, they just got even faster! :big_love:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by nescafe »

asikk, mampir disini ah :mky_02:
DOHC wrote:ngeliat tret ini

mendadak otak ane lgs ke inget om nescafe.... dgn CM5 silver manual super legendaris nya.... yg konon janda nya slalu diincer2 orang2... ampe anak2 skolah deket rumah doi...
udah dijual oom noken hehehe, tapi sekali2 masih bisa nengokin sih :ungg:
ChZ wrote:Satu hal yang saya kurang sreg adalah ukuran ban dan velg yang terlalu kecil. 205/60/16. upsize 1 inch dengan ban lebih lebar dikit akan membuat mobil ini jauh lebih ganteng. Apalagi dengan velg ala - ala JDM
bisa pakai velg dan ban hrv punya (215/55/R17) atau pakai punya accord gen 8 (225/50/R17) cukup sih untuk meningkatkan tampang gripnya hehehe :D

ohya, thanks untuk reviewnya oom :big_okay: , jadi ingat mobil sendiri :ungg:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by FRD »

wow gear 2bisa sampe 95kpj ya? lumayan loh... dakar aja gear 2 "cuma" bisa sampe 80kpj... yah ga bs dibandingin juga, sedan bensin vs suv diesel :ngacir:

urusan interior sih gampang itu restorasinya... kan cuma kulit2 nya aja yg ngelupas tinggal bawa ke workshop yg ahli nanganin interior trus balik kek baru lg deh...

nice review, chris! :mky_02:
:big_smoking:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by fizrmen »

*Le wet dream intensifies :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

CM5 Koalabox ini bener2 langka ya.... :mky_03:

wondering to have one :mky_03:
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15577
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by ChZ »

liep wrote:Profesi br hehe...pedege mobkas
Nice ripiu om chz
Bantuin temen aja, oom....
jar-jit-no wrote:Nais ripiu chris

Menurut saya emang cm5 ini desainnya timeless dan honda bgt. Generasi setelah ini kurang cakep & berasa terlalu berkiblat ke sedan eropa.

Fuel cons gimana chris? Sempet ngrasain 2nd row?
Generasi setelah ini (CP dan CR) memang kiblatnya ke arah sedan Eropa, naik kelas jadi full-sized. Walaupun ane sendiri gak jelas apa itu artinya full-sized, wong beda dimensinya juga paling 100mm doang... Kayak Kijang Innova lama ke All New Kijang Innova. Gak disebut full-sized Kijang Innova juga kan?

Fuel cons gak nyoba, mungkin masih 1 : 8 - 9 dalkot. Jok belakangnya cukup enak, decent legroom and headroom also.
paidjho wrote:Nice review om chz....

Nganu... Kayaknya FB2 masih cukup buat CM5 + K20 head + 6MT .....

[emoji12]
[emoji111]
Yang belom cukup :

Restu dari bos besar.

:ngacir:
DOHC wrote:ngeliat tret ini

mendadak otak ane lgs ke inget om nescafe.... dgn CM5 silver manual super legendaris nya.... yg konon janda nya slalu diincer2 orang2... ampe anak2 skolah deket rumah doi...

btw, CM5 ini malah the best accord menurut ane... even till today version of accord... kcuali accord euro, nah kl yg versi terbaru yg ane suka... tp all in all, utk kategori mid sedan, CM5 ini tetep the all time best bagi ane... not because of the engine, but simply its design that wins my heart...
Yes... makanya knp ini jadi salah satu mobil impian ane. Model masih ganteng gak berasa kebapak-bapakan. Mesin juga sangat-sangat mudah untuk dioprek.
erwinign wrote:HPS honda jaman "itu": yg membuat ane seneng sama honda2 lama sampe yg terakir di crv RE3 sama Odyssey RB. :big_love:
Naaah kalo oom sudah rasain HPSnya CR-V RE, di Accord ini lebih mantap lagi. Kalo Odyssey RB nya yang absolute (200HP), yah kayak gitulah feel nya. Rich banget feedback nya.
ANSdream wrote::big_exellent:
Nice review Om
Wah akubdulu pernah naek jg Accord ini tp yg matic
Punya temen jaman kuliah dulu
Nyaman emang siy hehe

Wah ternyata dijual ya
Tp ane ga gt ngerti mobil eh
Msh newbie2 jd blm brani pelihara barang antik begini
Semoga cepet laku Om
Ya oom mobil ini selain kenceng juga nyaman... Banyak yang komplen mobil ini keras, buat saya kok enggak.. masih lebih keras Mazda6 generasi terbaru.

Ya amin oom... saya cuma bantuin temen ajah.
ginting wrote:Nice review oom ChZ.

Yes,...diajak ngebut juga enak...sekali (dan terakhir) saya pernah naek mobil expat Jepun, milik kantor,..2 minggu kemudian itu mobil hancur karena TERJUN dari lantai 8 menara Jamsostek , Jl Gatot Subroto - Jakarta 22/01/2008. Ada di google beritanya.
Sayang usia ini mobil sudah mulai menua, gak cocok jadi mobil satu satunya...cocoknya mobil hobby...musti ada mobil satu lagi buat daily workhorse...
Hah? Turut prihatin :big_chicken:

Yup saya mikirnya kalo angkut mobil ini kenapa gak sekalian ganti semua part nya ke part racing :mky_03: yah 200-250hp cukup lah. Mobil udah tua juga. Daily cruiser pake Stream RSZ / Civic Turbo...
madcat015 wrote:I approve them Honda and this review as well!

Ane jadi rindu SX8GM ane... Hiks... Such a lovely little sedan from glorious past... Saat Honda bener2 jadi "Honda"...

Old Honda never dies indeed, they just got even faster! :big_love:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Padahal SX8GM ente belom yang pitek yah... :big_weee:

Entah kenapa mereka gak perlu embel - embel teknologi aneh - aneh ... Just simple mechanical construction.
nescafe wrote:asikk, mampir disini ah :mky_02:

bisa pakai velg dan ban hrv punya (215/55/R17) atau pakai punya accord gen 8 (225/50/R17) cukup sih untuk meningkatkan tampang gripnya hehehe :D

ohya, thanks untuk reviewnya oom :big_okay: , jadi ingat mobil sendiri :ungg:
Kalo bayangan saya pake velg aftermarket Rays RE-30 atau CE-28 Bronze 18inch hahahaha.

Sekalian nostalgia oom :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15577
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by ChZ »

FRD wrote:wow gear 2bisa sampe 95kpj ya? lumayan loh... dakar aja gear 2 "cuma" bisa sampe 80kpj... yah ga bs dibandingin juga, sedan bensin vs suv diesel :ngacir:

urusan interior sih gampang itu restorasinya... kan cuma kulit2 nya aja yg ngelupas tinggal bawa ke workshop yg ahli nanganin interior trus balik kek baru lg deh...

nice review, chris! :mky_02:
Ndut mabok, top speed Dakar elu aja berapa... mobil ini top speednya 220 km/h.... proven.

Honda yang Matic gear 2 nya malah sadis-sadis... Tapi ya... itu... Gear nya kepanjangan jadi lemot. Manual lebih pas.



*courtesy of salah satu member sini.
fizrmen wrote:*Le wet dream intensifies :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

CM5 Koalabox ini bener2 langka ya.... :mky_03:

wondering to have one :mky_03:
Mobil yang bikin ane sukses kebayang - bayang... sampe belain nulis review jam 1 pagi saking semangat nya.

CM5 koalabox masih lebih gak langka dibanding FD2 sih sebenernya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
singtapsuer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sun Aug 04, 2013 3:11

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by singtapsuer »

Wah ini om ChZ, pernah nyobain pas jaman kuliah dulu punya temen.. Enak banget emang. Tnyata even compare ke Camry dan teman temannya juga lebih unggul ye... Nice review om..
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by NYoman »

Yg saya ingat mobil ini dimiliki penggila meguairs sampe kulkas penuh dengan obat2an ini.. Eh dia udah komen ternyata =D

Saya juga senang melihat mobil ini kembali muncul, di Surabaya sendiri populasinya cukup lumayan karena tetangga ada yang punya seri ini.. Dilihat bentuk membulat ciri khas Honda dimasa itu termasuk Stream dan Odyssey.. Tampang nya masih ganteng kalau dibandingkan seri diatasnya yg cenderung mengarah garis tajam.. Mesin saya gak pernah merasakan karena hanya pernah sebagai penumpang di depan maupun belakang, fellnya hampir sama dengan naik Camry XV20 (sorry ini hanya opini pribadi tidak setuju gak masalah). Terasa berat dan mantap
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by piggypig77 »

Wahhh mantep nih mobil sampe skrg masih cakep modelnya luar dalem,jadi inget dlu pernah nebeng accord 2001 manual temen punya kenceng juga. Btw top speed tiap gearnya mirip2 crv gw ya :big_think: Nice review bro ChZ :big_exellent:
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by Shonen »

hahaha...ini dulu boil kedemenan g pas jaman smp...simple elegant mewah pas jamannya...modelnya jg timeless banding cp atau cr....yang bahasa desainnya kayak nyontek...cp mirip e60, cr mirip w212 ntah knp hando nyontak nyontek...sampe skrg klo liat di jalan banyak yg masih terpelihara entah hobiist atau pemakai biasa...dan tentunya mata ane selalu melirik this car...
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by hariy »

Wah, Ada ripiu menarik dari om ChZ..
:mky_02:

Harga nya sekarang 110jt kurleb yah? :big_think:
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by Jose »

Hahaha...video zaman gwe masih dipenuhi gejolak kawula muda nongol lagi disini...zaman doyan mentokin setiap mobil yg gw bawa...zaman forum sebelah masih diisi car enthusiast sejati, bukan carclub APM endorsment ky skrg ... dulu di forum yg lama mobil ini bersaing ketat sama galant hiu...haha old days..

Honestly ini mobil yg enak hampir disemua aspek..ride, handling, power, feature, comfort (senyap)..bantingan cenderung keras tp dampernya pas..engine nya, ooh..the sound, feel, sensation..spin + torque steer di gear 1, lanjut masih spin di gear 2, jaga rpm diatas 4500 tarikan mobil ini akan terus ngisi sampai akhirnya dibatasi speed limiter di 220kpj

Mengharapkan mobil seperti ini lagi di produk honda skrg rasanya seperti mimpi di siang bolong


Anyway..nice review christ
Increase speed = increase Risk
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by nescafe »

Jose wrote:Hahaha...video zaman gwe masih dipenuhi gejolak kawula muda nongol lagi disini...zaman doyan mentokin setiap mobil yg gw bawa...zaman forum sebelah masih diisi car enthusiast sejati, bukan carclub APM endorsment ky skrg ... dulu di forum yg lama mobil ini bersaing ketat sama galant hiu...haha old days..

Honestly ini mobil yg enak hampir disemua aspek..ride, handling, power, feature, comfort (senyap)..bantingan cenderung keras tp dampernya pas..engine nya, ooh..the sound, feel, sensation..spin + torque steer di gear 1, lanjut masih spin di gear 2, jaga rpm diatas 4500 tarikan mobil ini akan terus ngisi sampai akhirnya dibatasi speed limiter di 220kpj

Mengharapkan mobil seperti ini lagi di produk honda skrg rasanya seperti mimpi di siang bolong


Anyway..nice review christ
wihh ada oom jose :mky_02: accordnya masih ada oom?

apalagi kalau pakai k&n typhoon kit, lebih kedengaran suaranya pas lagi narik and mendekati red line :D:D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by nescafe »

hariy wrote:Wah, Ada ripiu menarik dari om ChZ..
:mky_02:

Harga nya sekarang 110jt kurleb yah? :big_think:
kurleb yah oom, untuk yang tahunnya mudaan, MT and vti-L, yang awal2 produksi sepertinya ada di 80 s/d 90
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by ginting »

DOHC wrote:ini accord yg dimaksud milik petinggi persh asuransi dari jepun itu yah om.... yg nerjunin mobil sang supir... kl iya, ane waktu sempet liat foto mobil nya sehabis terjun... quite surprising, kabin masi menyisakan ckup ruang utk orang didalam nya walaupun bagasi ama engine compartment ambrol...
ginting wrote:Nice review oom ChZ.

Yes,...diajak ngebut juga enak...sekali (dan terakhir) saya pernah naek mobil expat Jepun, milik kantor,..2 minggu kemudian itu mobil hancur karena TERJUN dari lantai 8 menara Jamsostek , Jl Gatot Subroto - Jakarta 22/01/2008. Ada di google beritanya.
Sayang usia ini mobil sudah mulai menua, gak cocok jadi mobil satu satunya...cocoknya mobil hobby...musti ada mobil satu lagi buat daily workhorse...
Iya, Mod Klep...
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: A Moment with 2005 Honda Accord 2.4 VTI-L MT

Post by sintoni »

Mantap Chris.

Mesin yang sama dengan RB ane. Wkwk.

Ga perna kesampaian bawa yang manual sih.