Kali ini yang saya review bukan mobil baru... Melainkan sebuah sedan Honda yang usianya sudah 11 tahun...
Pasti banyak yang mikir
"lah kenapa di review? Mobil tua bangka gitu siapa mau beli?"
"kenapa kok pake di review segala, mobil udah gak dijual baru nya, gak banyak yang penasaran. Mending review mobil baru aja"
Well yes... Review ini memang gak ditujukan buat yang selalu mikir mobil baru lebih bagus. Only a few will appreciate.
Specifically... lebih ke para pecinta brand H yang kangen citarasa berkendara old Hondas....
Spesies mobil ini agak sedikit langka. VTi-L bertransmisi Manual. Since Accord mayoritas bertransmisi Automatic.
================================
Prologue
Berawal dari sebuah message LINE dari seorang kawan dekat di henpon saya pagi-pagi
"Chz, entar malem lu kosong? Habis ngelesin ke rumah gua yak"
"What? Ada apa?"

"Jalan-jalan pake K24 non-DBW"
Hmmm....

"Honda Accord CM5"
"Hah K24 non-DBW? Accord?"
"Yes. Manual loh. Barangnya dateng tar sore"
MANUAL?




Dari orok sampe lulus kuliah belom pernah ngerasain nikmatnya mesin K24 dipadu transmisi manual. Masih tali gas lagi. Kebayang seberapa fun mobil ini ketika dibawa... Well dari jam 1 sampe jam 8 malem selesai ngelesin ane kebayang-bayang tuh mobil nikmatnya kayak apa.
Jam setengah sembilan ane langsung meluncur dari Manyar Tirtomoyo ke rumah teman ane di Palm Beach... And here it goes.... Accord CM5 berwarna hitam sudah nangkring di depan rumah.

"bensinnya udah kuning, tadi mau gua isi pertamax turbo enggak ada di deket sini, sekalian isiin dah. 100rb aje. Habis itu puas-puasin deh pake nih mobil"

Akhirnya ane keluar dari kompleknya dan meluncur ke sebuah SPBU di MERR yang menyediakan Pertamax Turbo.... fill up 100k pertamax Turbo... ada seperempat tangki untuk dibabat habis... let's go!


Gak perlu panjang-panjang cerita histori nya lah ya.... Semua udah tau...
==========================
1. Exterior
Well exterior Honda Accord generasi ketujuh ini...... sangat nyaris tanpa cela. Timeless... seperti layaknya Civic FD yang juga belum terlihat tua walaupun kenyataannya sudah berusia 10 tahun. Mobil ini design exteriornya malah sudah berusia 13 tahun (CM5 pertama keluar tahun 2003).
Di saat sedan-sedan besar memilih untuk tampil konservatif demi meraih pasar eksekutif mapan... Honda berani memberikan tampilan berbeda di Accord generasi ketujuh yang cenderung elegan tapi sedikit disematkan aura agresif di bagian headlights... Entah kenapa... Toyota Camry XV30 sekarang bentuknya kayak ketinggalan 1 generasi dibanding Accord CM5...
Not much to comment, enjoy the photos...




Mobil ini besar, tapi tidak terlihat bongsor seperti penerusnya CP2 dan CR2. Panjang mobil ini 4.8 meter. tapi cuma terlihat sebesar Civic... Thanks to Honda designers yang bikin mobil ini terlihat sangat proporsional dan enak dilihat...
Satu hal yang saya kurang sreg adalah ukuran ban dan velg yang terlalu kecil. 205/60/16. upsize 1 inch dengan ban lebih lebar dikit akan membuat mobil ini jauh lebih ganteng. Apalagi dengan velg ala - ala JDM.
2. Interior
Sebuah interior yang.... bisa dibilang simple yet functional. Gak banyak printilan aneh - aneh.
Khas Honda sekali...




Mobil ini tidak punya MID, tidak ada tweeter.... Well tapi pemilik Mazda8 jangan berbangga hati dulu karena ini ada steering switch nya... mobil tahun 2005 nih



Aura cabin nya sangat comfy dan lapang, tidak memberikan kesan claustrophobic atau terlalu luas sampe sulit menjangkau tombol - tombol. It's all just there, semua mudah diraih, shifter juga sangat pas di tangan.
Kekurangannya.... Beberapa bagian interior sudah mulai terkelupas seperti ini

3. Driving
Sebetulnya saya gak tertarik bahas bagian manapun dari mobil ini selain nyetirnya. Karena saya yakin gak banyak yang bisa dibahas since ini mobil keluaran 2005 yang gadget dan gimmick nya jauuuuh sekali dibanding mobil - mobil sekarang.
Tapi well... K24A3, 160hp @5500RPM 218Nm @4500 RPM, 5-speed manual transmission, no throttle by wire. This means very natural feedback from the engine.

Miserable people out there akan berkomentar... apa spesialnya sih mesin 2.400cc yang "cuma" bisa menelorkan 160hp? 160HP kan kecil, fanboy Honda memang suka lebay.
Hater boleh berkomentar, tapi fakta membuktikan....
Saya masuk ke mobil dan adjust posisi nyetir yang (surprisingly) sudah pakai electric seat... sangat mudah menemukan posisi nyetir yang enak di mobil ini. Joknya empuk, setir ukurannya pas, posisi tangan ke shifter pas. Visibilitas sempurna nyaris tanpa blind spot.
Start mesin dan well.... I don't expect much from a 11-year engine. A little bit of noise and vibration is fine, but.....


Engage gear 1, mobil ini sangat tidak kepayahan buat ngail torsi dari bawah. Mesin K sepertinya better mated with Honda's close ratio MT. Ngobatin boyo-nya RPM bawah mesin K. Karena yang saya rasakan di dua generasi CR-V dan Accord CP/CR 2.4.... mated with 5-speed AT dengan rasio panjang-panjang mobilnya jadi kerasa...... lemot bawahnya.
Belum lagi karena masih menggunakan tali gas, akselerasinya terasa sangat natural dan linear. Diinjek mobil langsung ngerespon, terutama setelah diisi pertamax Turbo. Rasanya tenaga mobil ini tersalur dengan sangat efisien. "Cuma" 160hp... yah.... walaupun "cuma" 160HP, setidaknya nyaris seluruh 160HP itu tersalur dengan baik ke roda. Sehingga mobil ini walaupun "cuma" 160HP tapi enggak terasa lemot sama sekali. Injakan koplingnya entah kenapa terasa sangat "padat". Bukan keras, tapi "padat" , jadi dapet feelnya gampang, nggak ampang kayak mobil - mobil manual jaman sekarang. Yah contohnya Ford Ecosport Manual yang injekan koplingnya terasa kurang natural.
Gear 1 clocked @ 50 km/h.... lanjut gear 2 sekitar 95 km/h.... gear 3 bisa tembus 120 lewat lebih tapi ane sudah ngerem karena jalanannya nggak kondusif. Shifter Honda betul-betul menyenangkan buat quickshifting. Sangat presisi dan ada rasa mantap ketika masukin tiap gear. Engine note, gearknob, pedal gas, semua rasanya "menyatu" dengan harmonis. Nggak ada rasa vague ketika nyetir mobil ini. Everything's done as you please. FYI walaupun on-paper tenaga dan torsinya enggak gede-gede amat, Mobil ini gear 2 masih ada wheelspin. In gear 1, feels a bit torque-steer. Amazing!

Dan kalo ada yang bilang "cuma 160hp"..... tadi sempet sparing sama CR-V RM 2.4 dan Jazz GK5 di jalan... dua duanya saya asapin jauh begitu masuk gigi 3 udah pada gak ngejar. Roughly 0-100 mobil ini di angka 8 secs... sesuai video dari seorang member sini (bro Jose / akun youtube accordmine). Top speed di 220 km/h.



Lanjut ke handling mobil ini. Power steering menggunakan sistem hidraulis konvensional dan steeringnya boleh dibilang sangat natural, gerakan mobil rasanya sangat mudah diprediksi karena feedback setir yang baik dan bobot setirnya yang pas, enggak terlalu ringan dan enggak terlalu berat. Berbeda dengan setir Toyota Camry yang rasanya ampang walaupun berat. Setir Accord CM5 ini..... feedback nya betul-betul rich. Body control sangat mudah, nyetir Accord ini gak kerasa nyetir sedan besar, malah berasa nyetir Civic. Lincah sekali. Mobil terasa ringan walaupun dimensinya besar. Body controlnya sangat baik untuk mobil seukurannya. Bodyroll masih sedikit terasa walaupun enggak parah.
Banyak yang bilang mobil ini keras... well... not that stiff. Sangat-sangat tolerable. Peredaman suspensi mobil ini mantap, enggak terlalu banyak ngayun. Dampingnya pas dan enggak terlalu kaku. Mungkin orang tua akan lebih suka karakter Camry yang kayak kapal. Tapi saya pribadi lebih suka karakter damping kayak gini. Gak terlalu ngocok.
In the end... i feel like i can drive this car all day if i want... A very fun, no-nonsense car. It doesn't entertain you with lots of gimmicks, it just wants you to drive it, feel it, be alive (eh ini slogan Mazda kan? Biarin ah


4. Conclusion
Speechless... Ini cuma sebuah sedan Honda biasa, pasaran, sering liat di jalan, udah tua lagi.
Tapi mobil ini feels very lively. Gak begitu kencang, tapi terasa begitu hidup. Something even a modern day Mazda6 don't have. Apalagi Accord sekarang yang lebih berorientasi ke kenyamanan.
Entah apa yang ada di otak tim RnD Honda waktu itu... Mereka gak perlu pake embel-embel teknologi aneh-aneh, just a simple 2.400cc with i-VTEC and 5-speed Manual Transmission. Forget Toyota Camry or Nissan Teana, real petrolheads will have their wet dreams just by driving it.
Sayangnya dengan usia yang sudah cukup senja, hanya dua kelompok yang akan membeli Accord CM ini :
1. Pecinta / Hobbyist Honda. Yang akan merestorasi dan merawat mobil ini dengan baik dan menjaganya pada kondisi orisinil.
2. Pecinta modifikasi mesin. Mesin K bertransmisi manual sangat-sangat potensial untuk dijadikan "bahan" oprekan. Swap head Civic Type-R atua Integra Type-R, 200hp+ udah di tangan. Belum part racing lain seperti kopling kompetisi, suspensi, ECU stand-alone, dll yang sangat melimpah untuk mesin K.
I can't say no more... Mobil ini sudah sukses bikin saya batal laper dan batal ngantuk sepulang ngelesin....

==================================
Oh ya sebagai informasi mobil yang saya coba ini dijual. Accord VTI-L M/T 2005, odo 120k+, Plat L Surabaya, kondisi cukup mint (at least mechanical nya semua dalam kondisi baik, gak banyak PR, sudah tested oleh saya jangan ragu

Thanks for reading!