Saya mau share tentang BMW 330i LCI M Sport yang akhirnya saya ambil setelah meminta pertimbangan dari teman teman SM di topik yg ini: viewtopic.php?f=64&t=24031&p=874482#p874482. Disitu saya bandingin-nya Mazda 6 sama BMW 320d sih, ujung-ujungnya malah jd ambil yg 330i. Oke, karena ini review pertama ane, mohon maaf kalau ada salah salah yah..
Background
Mobil saya sebelumnya Vios 2004. Mobil idaman saya itu sampai 2 tahun yang lalu sebenernya Mazda 6, modelnya keren banget, dan spec-nya mumpuni. Setelah itu saya sekolah ke Eropa, dimana sering banget nyewa mobil di weekend, dengan harga murah, dan selalu dapet sedan premium, akhirnya saya jadi jatuh cinta sama BMW seri 3. Dari semua mobil yg pernah saya dapet dari sewa itu (Merc, VW, Citroen, Peugeot, Opel, BMW, dll), Seri 3 ini yang paling maknyus menurut saya.
Setelah balik, test drive lah saya mazda 6 dan 320 (bensin dan diesel). Kesimpulan saya Mazda 6 kurang memberikan sensasi baru dibandingkan mobil Vios saya, lebih kenceng, lebih banyak fitur mah pasti, tapi secara experience cenderung mirip mirip lah. Tapi pas sama BMW rasanya beda.
Nah pas saya mau ambil, eh ada tawaran yg menarik buat 330i dari sales. Setelah saya pikir pikir saya ambil aja lah, beda-nya sekitar 120jtan dari yg 320, dengan 330i kelebihannya:
- power (250-an vs 180an), dan torsi (350 NM, yg 320 saya lupa)
- Speaker-nya Harman Kardon
- Sunroof (istri saya senang banget sama sunroof)
- kulit jok-nya lebih halus dan bagus
- body kit dan velg yang M edition
Exterior
Saya suka banget sama exterior-nya, nggak kalah lah sama Mazda 6, malah saya lebih suka ini, kalau Mazda 6 dari belakang, saya ada nggak sreg-nya, tapi yang ini, saya suka banget. Tapi ini masalah selera sih..




yg bikin beda sama 320 adalah velg, bumper depan dan belakang, rooftop, dan side spoiler
Interior
Nah, ini bagian yang paling saya suka

AC sudah dual zone untuk masing masing penumpang, audio-nya yang Harman Kardon enak banget, kekurangannya nggak punya equalizer.
Detail stir-nya:

Agak minimalis sih tombol tombolnya, cuman ada limiter, angkat telpon, ganti entertainment mode, gedein kecilin sound.
Ada paddle shift, menurut saya ini pembeda terbesar dengan f30 seri sebelumnya, stirnya keren banget, enak dipegang dan bahannya mantap.
Jok, dan detail kulitnya:

Kaca geser beserta lampu di sun blind-nya:

Seat control di sisi pengemudi, beserta 2 position memories:

Center console, dikasi snap in charger buat iPhone, sama colokan USB:

di posisi penumpang depan, nggak ada memorynya, kalau di Merc ada kan yah;

Navigasi BMW, yang bisa di Zoom out sampe skala-nya 3000km, sampe 10 m:

Sunroof dengan atap kabin yang berwarna hitam:

Ada 2 speaker di tiap sisi penumpang belakang:

Untuk penumpang belakang, space-nya cukup lega, ini gambar dengan posisi nyetir saya (176 cm) dengan saya duduk di belakang kursi supir (maaf, tolong abaikan paha):

Driving
Enak banget, handling, akselerasi-nya pas buat saya, apalagi kalau dibandingin Vios sebelumnya. Tarikannya mengigit.
Ada 4 mode di BMW ini, eco pro, comfort, sport, dan sport +.
Saya pake eco pro cuman di awal awal doang untuk nyoba nyoba, hasilnya: lemot, AC jd nggak dingin, pokoknya nggak enak deh
Comfort menurut saya sudah amat cukup, even dibawa ke tol comfort sudah cukup responsif dan juga "galak" Kalau dipindahin ke semi manual di mode ini, kalau kita kelamaan nggak shift up, dia akan otomatis shift up, beda dengan di sport yang akan tetep ditahan.
Sport lebih mantap lagi, stir jadi lebih berat, jadi lebih enak untuk manuver kecepatan tinggi. Sport + belum pernah saya pake.
Navigasi-nya agak mislead nih, kadang kadang, arahin ke jalan yang benar benar kecil, terus nggak pernah bisa kalau masukin nomor rumah. Tapi ini kyknya masalah di Indonesia yang emang nggak teratur masalah jalan ini.
iDrive console-nya sudah yang model touch pad, jadi bisa masukin nama jalan dengan gesture. terus di deket speedometer kalau pake navigasi akan ada guide tambahan seperti ini:

Itu kalau di jalan yang besar ada peta kecil-nya juga muncul di bawah.
Nggak dapet rear camera nih, tapi dapet sensor belakang yang di visualisasikan di monitor iDrive-nya, mnrt saya sih lebih membantu yang ini karena bisa prediksi dengan lebih baik, tapi beda orang beda preferences.
Untuk bensin saya sekarang pakai Pertamax Turbo, jauh lebih baik drpd Shell V Power ataupun Pertamax Plus. Oh iya kata bengkel untuk sekarang jangan pake V Power dulu, banyak report mesin gelitik di BMW. Kombinasi pemakaian dalam dan keluar kota dapet 1:10. Cukup lumayan lah ya..
Con's
Saya share cons aja yah, kyknya tulisan saya kebanyakan bahas pro's-nya:
- kalah fitur dibanding Mazda 6: Lane assisting, auto brake, head up display.
- Rem tangan yang model tarik, saya sih seneng yg ini yah, tapi mungkin banyak yg lebih seneng model elektrik
- Navigasi kurang akurat, ini salah Indo-nya atau salah peta-nya saya nggak tau deh
Rencana berikutnya saya pengen touring ke Yogya atau Solo nih, tapi agak khawatir dengan ketersediaan BBM di jalan.
Silahkan kalau mau ada yang menambahkan atau meralat yah..
Thanks