Selamat pagi Bp/Ibu semua,
Ini masalah Ford Fiesta 1.6
Awalnya muncul indicator check engine yang menyala permanen.
Setelah check komputer, hasilnya menunjukkan masalah di TCM
diperkirakan kerusakan TCM, DCT, dan komponen transmisi lainnya seperti motor dan lever dg harga yang fantastis
Saat ini yang sudah dilakukan penggantian TCM, tapi hasil check komputer menunjukkan kondisi masih sama, malah muncul masalah PCM
Disarankan untuk melakukan pembongkaran di transmisi untuk mengetahui komponen yang perlu diganti, tapi sebagian part tsb tidak ready dan harus indent 3 bulan.
Ada yang bisa kasih masukan pencerahan atas masalah yang dihadapi ini? Terima kasih.
Masalah Ford Fiesta 1.6
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Masalah Ford Fiesta 1.6
Piyiks bantu uppp aja deh...
Biar suhu2 bisa bantu...
whatever we ride, we drive on the same road.... #respect
Biar suhu2 bisa bantu...
whatever we ride, we drive on the same road.... #respect
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Re: Masalah Ford Fiesta 1.6
Ini di daerah mana ya sampe inden 3 bulan gitu?
Saya jg pake fiesta s 1.6 bulan kemaren baru claim modul dct nya..
Tapi konyol juga. Ndut ndutan nya muncul lagi tapi gak separah sebelumnya...
Dan kalo boleh tau kena harga berapa buat benerinnya?
Saya jg pake fiesta s 1.6 bulan kemaren baru claim modul dct nya..
Tapi konyol juga. Ndut ndutan nya muncul lagi tapi gak separah sebelumnya...
Dan kalo boleh tau kena harga berapa buat benerinnya?
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: C180 W204
Re: Masalah Ford Fiesta 1.6
Baru aja senen kemaren ngalamin hal yang sama.... Engine check nyala dan gabisa maju mundur... Didiemin bentar baru bisa jalan tapi langsung telpon bengkel terdekat aja buat diderek...
Suspect SA ya TCM, tapi karena bengkel juga lagi inden TCM buat bbrp mobil jdnya SA req satu lagi biar datengnya bareng biar cepet....
Untung masih garansi ya...
Sent from my iPhone using Tapatalk
Suspect SA ya TCM, tapi karena bengkel juga lagi inden TCM buat bbrp mobil jdnya SA req satu lagi biar datengnya bareng biar cepet....
Untung masih garansi ya...
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: RE: Masalah Ford Fiesta 1.6
Tahun berapakah mobilnya?Rita wrote:Selamat pagi Bp/Ibu semua,
Ini masalah Ford Fiesta 1.6
Awalnya muncul indicator check engine yang menyala permanen.
Setelah check komputer, hasilnya menunjukkan masalah di TCM
diperkirakan kerusakan TCM, DCT, dan komponen transmisi lainnya seperti motor dan lever dg harga yang fantastis
Saat ini yang sudah dilakukan penggantian TCM, tapi hasil check komputer menunjukkan kondisi masih sama, malah muncul masalah PCM
Disarankan untuk melakukan pembongkaran di transmisi untuk mengetahui komponen yang perlu diganti, tapi sebagian part tsb tidak ready dan harus indent 3 bulan.
Ada yang bisa kasih masukan pencerahan atas masalah yang dihadapi ini? Terima kasih.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: RE: Re: Masalah Ford Fiesta 1.6
Om @medkintos, TCM nya diganti gratis karena garansi?berapa tahun garansinyamedkintos wrote:Baru aja senen kemaren ngalamin hal yang sama.... Engine check nyala dan gabisa maju mundur... Didiemin bentar baru bisa jalan tapi langsung telpon bengkel terdekat aja buat diderek...
Suspect SA ya TCM, tapi karena bengkel juga lagi inden TCM buat bbrp mobil jdnya SA req satu lagi biar datengnya bareng biar cepet....
Untung masih garansi ya...
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: C180 W204
Re: Masalah Ford Fiesta 1.6
Kemaren dapet extended warranty sampai 31/12/2016 om (berdasarkan surat yg didapatkan sekitar tahun '13-'14)hehe001 wrote:Om @medkintos, TCM nya diganti gratis karena garansi?berapa tahun garansinya
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: Masalah Ford Fiesta 1.6
sedap (y) uda ilang masalahnya ya?medkintos wrote: Wed Jan 18, 2017 21:03Kemaren dapet extended warranty sampai 31/12/2016 om (berdasarkan surat yg didapatkan sekitar tahun '13-'14)hehe001 wrote:Om @medkintos, TCM nya diganti gratis karena garansi?berapa tahun garansinya
Sent from my iPhone using Tapatalk
saya baca artikel ini :
apakah selalu problem TCM-nya? saya naksir fiesta 2013, kalo baca beberapa postingan yang 2013 tidak ada issue lagi. Bagaimana memastikan unit fiesta itu keluaran 2013? STNK?Tips Membeli Ford Fiesta Bekas
Penulis : IVAN HERMAWAN | Kamis, 5 Desember 2013
Pemenang Car of The Year Auto Bild Indonesia Award 2010 ini telah terdapat dalam kondisi bekas. Ketahui problema dan sejarahnya sebelum membelinya.
Sejak hadir 2010 lalu, Fiesta memang langsung membuat para penggemar hatchback jatuh cinta. Bagaimana tidak, disaat pasar dikuasai oleh Honda Jazz dan Toyota Yaris dengan desain yang terkesan konvensional, Ford menghadirkan Fiesta dengan desain yang sangat sporti untuk sebuah hatchback.
Auto Bild Indonesia pun sempat memberikan title Car Of The Year di tahun ia diluncurkan di Indonesia pada 2010. Tak hanya itu, Fiesta pun menyabet gelar Best Compact Hatchback pada gelaran tersebut. Karenanya tak heran jika kesuksesan Ford Fiesta di tahun tersebut sangat fantastis.
Sebenarnya kunci kesuksesan Fiesta untuk menguasai pasar compact hatchback saat itu adalah dengan rentang variannya yang cukup lebar. Hal tersebut bisa dicapai olehnya yang memiliki 2 varian mesin yakni 1.4 L Duratec dan 1.5 L Duratec Ti-VCT.
Varian mesin pertama hadir pada Fiesta Style dan Trend yakni dengan kapasitas mesin 1.388 cc 4-silinder bertenaga 95 dk dengan transmisi otomatis 4-speed konvensional. Varian mesin kedua yakni Fiesta Sport berkapasitas 1.595 cc 4-silinder dengan fitur Ti-VCT lengkap dengan transmisi otomatis 6-speed Powershift bertenaga 120 dk.
Fiesta ternyata tak hanya menjadi incaran masyarakat untuk digunakan di perkotaan. Di ajang balap reli pun, Fiesta 1.6 menjadi tunggangan para pereli dunia. Tentunya spesifikasi mesin dan komponen lain telah disesuaikan agar dapat melibas jalur-jalur reli.
Saat ini, telah hadir versi Face lift dengan desain muka yang sedikit berubah. Model foxy eyes dengan sudut tajam pada lampu di Fiesta sebelumnya menjadi lebih halus pada New Fiesta 2013. Perubahan utama terlihat pada desain grill yang menganut aliran trapezoidal dengan dimensi yang cukup besar. Namun bodi keseluruhan masih mencerminkan tampilan Fiesta sebelumnya. Karena itulah Fiesta dalam kondisi bekas tetap menarik.
HISTORY
2010 Diluncurkan di Indonesia pada gelaran IIMS 2010 dengan 2 pilihan tipe mesin dan 11 pilihan warna. Dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 167 juta ia pun menarik perhatian banyak pengunjung IIMS dan masyarakat Indonesia. Tak hanya itu Fiesta pun Menyabet gelar Car of The Year 2010 Auto Bild Indonesia Award.
2013 Fiesta mengalami Facelift dengan wajah yang lebih dinamis. Tak tanggung-tanggung bentuk wajah menganut desain trapezoidal lewat gril-nya. Ajang IIMS 2013 menjadi even untuk memperkenalkan hatchback ini. ia hadir hanya dengan satu pilihan mesin baru yakni 1.5 L Duratec.
CHECKLIST
Rack Steering
Komponen ini rawan rusak pada Fiesta lansiran 2010-2012. Sangat mudah mendeteksi kerusakkan di bagian ini, cukup dengarkan bunyi gluduk-gluduk yang timbul pada saat akselerasi dari kondisi diam ke 20 km/jam. Jika ada suara yang timbul maka komponen ini mengalami kerusakan dan cukup mahal untuk memperbaikinya.
Dual Clutch
Sistem transmisi otomatis dual clutch yang digunakan pada Fiesta Sport 1.6 sejatinya adalah transmisi manual yang diberikan dua kopling agar transmisi mampu berpindah secara otomatis lebih cepat dari model konvensional. Kerusakkan rawan timbul karena kebiasaan buruk pengguna mobil matik yang tidak memindahkan posisi transmisi ke posisi N ketika mobil berhenti. Saat mobil diam di posisi transmisi D, hal itu membuat kopling tetap bekerja. Efeknya kopling akan panas dan umurnya memendek.
Transmission Control Modul
Jika anda berminat membeli Fiesta bertransmisi Otomatis, perhatikan perpindahan gigi yang terjadi ketika anda berakselerasi. jika perpindahan transmisi tak lancar dikhawatirkan modul transmisinya telah mengalami kerusakkan lantaran sempat terendam banjir. Hal tersebut sangat besar kemungkinannya karena lokasi modulnya berada di samping girboks yang terletak sangat rendah.
PERHATIKAN
Bagasi
Meski dimensi bagasinya cukup luas, namun akses memasukkan barang cukup sulit lantaran pintu bagasi cukup kecil dan posisi bumper yang cukup tinggi.
Buku Servis
Dengan buku servis ini, anda dapat melakukan pengecekkan sejarah servis di bengkel resmi Ford yang tertera pada buku tersebut. Status penggantian komponen atau parts dapat terdeteksi dalam rekaman catatan yang dimiliki bengkel resmi.
Rekomendasi
Kami menyarankan untuk memilih varian Fiesta Trend 1.4 L bertansmisi Manual. Pertimbangannya adalah kemungkinan kerusakkan parts yang kami sebutkan sebelumnya tak terjadi lantaran varian ini bertransmisi manual. Dengan desain yang tetap bergaya sporti ala Fiesta, meski mesinnya berkapasitas lebih kecil, Anda akan tetap mendapatkan gaya mobil Compact Hatchback ini.
Pendapat Bengkel
Toto, Tuner Bengkel R-Speed di bilangan Cipinang, Jakarta Timur
Ford Fiesta merupakan mobil yang sangat nikmat diajak bermanuver. Bodinya cukup rigid untuk kendaraan di kelasnya. Karenanya banyak juga digunakan untuk balapan.
Untuk Fiesta dengann transmisi otomatis sebenarnya perawatannya lebih mudah. Lantaran umur pakai olinya lebih panjang. namun yang menggunakan kopling ganda harus hati-hati dalam pemakaiannya. Jangan membiarkan mobil berhenti dalam posisi transmisi D. karena kopling akan terus bekerja.
Biasakan untuk menetralkan posisi transmisi agar kopling tidak bekerja sehingga umur penggunaanya bisa terjaga.