Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Ichtyophile
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Mon Aug 08, 2016 16:32

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by Ichtyophile »

Hehehe, langsung 3 page replynya. Langsung jadi amunisi ahond haters, emang salah satu the most bullyable brand di SM (the other one is Nissan-Datsun). Mbah lugintod pake nuang bensin pula, nyamber deh, hehe. Salahnya ahond, siapa suruh ngecek di global ncap yg pake standar eropah, pake barang dagangan di india pulak yg gak pake airbag :big_weee: :big_slap:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by Mozawa »

jangan di bully si luginar..anggap sampah lewat....
makin dibully dia makin senang....
ane aja males baca replied dari luginar...paling2 hanya 3 kata didepan yang kelihatan mata...

sisanya ane next.... soalnya isinya sama diulang2...anggep iklan aja deh..next...



sebagai orang awam , memang agak mengejutkan meraih 3 bintang global ncap(utk wilayah india tumber jahe) dgn 2 airbag aktif.

kalau score 0 , hampir semua mobil yang tanpa airbag meraih score 0 atau 1


ane lihat di youtube , sebenarnya tidak ada deformasi di daerah kabin , ini yang penting agar tidak dianggap parah.
deformasi kabin membuat dasboard mblesek kedalam membahayakan penumpang dan sopir depan.

seperti yg dialami datsun go dan swfit... sbb:

Image :mky_07:

Image :mky_07:

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Kalau menurut sudut pandang ane nih ... seharusnya uji tabrak dilakukan pada kec 90 kmph , agar betul betul ketahuan kekuatan struktur tulang , efektifitas crumple zone menyerap benturan , dan kekuatan kabin terhadap deformasi. hahaha....

pada foto kelihatan yang paling parah banget itu datsun go... sampai kabin mblesek begitu.. rangka atas tertekuk hampir 90 derajat. Doasboard mblesek kedalam..gimana penumpangnya terbentur dasboard.

swift dan kia morning juga demikian walau gak separah datsun. Padahal uji crash hanya pada kec 64 kmph. gimana kalau kec lebih..

LIvina dan avanza rangka atas sudah mulai ter deformasi. Berarti ada gerakan struktur rangka atas yang berjalan dari belakang ke depan , dan mungkin ada sedikit bending di bawah. Itupun meraih asean ncap bintang 4. Artinya kerusakan rangka tidak sampai membuat resiko cedera yang besar pada sopir dan penumpang. Gimana ya kalau pada kec lebih misal 90kmph...lain cerita.

Yang menurut ane sedikit aneh , brv dan mobilio yang hanya beda tinggi , membuat score berbeda jauh. mungkin beda tinggi mempengaruhi sudut tabrakan....mungkin juga desain dasboard dan jok yang berbeda membuat tumbukan pada boneka test terhadap benda sekelilingnya juga berbeda ya...

Rangka atas dan kabin mobilio masih utuh.... , tapi mungkin benturan terhadap boneka berbicara lain....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by Suryaputra »

a Car, which can carry 7 passengers with price around 200 mio ??.. Come on :e-wall:

Intinya always watch your speed, even your car is safest, it's useless if you don't watch your speed.

Tapi klo ditabrak lain cerita sih... :ngacir:
Last edited by Suryaputra on Mon Sep 19, 2016 23:27, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by pendoli »

ASean ncap kaya ngambil aspek-aspek paling mudah dari ANCAP n IIHS ya
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by FMEAKD »

:big_chicken:
Ichtyophile wrote:Hehehe, langsung 3 page replynya. Langsung jadi amunisi ahond haters, emang salah satu the most bullyable brand di SM (the other one is Nissan-Datsun). Mbah lugintod pake nuang bensin pula, nyamber deh, hehe. Salahnya ahond, siapa suruh ngecek di global ncap yg pake standar eropah, pake barang dagangan di india pulak yg gak pake airbag :big_weee: :big_slap:
Kalo haters gak juga yaa.. Tapi cuma penikmat mobil.. Faktanya.. Di SM lebih banyak yg pakek honda... Dibanding yoyota.. Kalo bulliable... Tuh yoyota unfortuner juga... Anps juga.. Coba cari yg mana hatenya?

Di SM gak ada mobil yg gak kena cela

Disini nggak ada yg hate... Cuma mau buat panas luginar aja...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by Suryaputra »

Jauh bener hasilnya sama

Image

:glodak:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by b8099ok »

Mbah lugintod binti jonpis,...

Sudah berulang kali ku bilang pada kau,...
Makan samtjan jgn mentah,...
Kau liat itu kremi kau punya buthol, semua berbaris membentuk hurup h tegak,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by mr_mytplx »

ah masa mobilio dapat 0. itu mesti dummiesnya lupa pasang seatbelt.

:big_biglaugh:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by coklatMetalik »

marmut wrote:penasaran pengen liat luginar naik mobil yg dia banggain adu kambing sama cc206 menang mana....
Jangankan CC206, diadu sama D301 jg saya gk yakin itu mobil msh berbentuk...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by ChZ »

Mozawa wrote:jangan di bully si luginar..anggap sampah lewat....
makin dibully dia makin senang....
ane aja males baca replied dari luginar...paling2 hanya 3 kata didepan yang kelihatan mata...

sisanya ane next.... soalnya isinya sama diulang2...anggep iklan aja deh..next...



sebagai orang awam , memang agak mengejutkan meraih 3 bintang global ncap(utk wilayah india tumber jahe) dgn 2 airbag aktif.

kalau score 0 , hampir semua mobil yang tanpa airbag meraih score 0 atau 1


ane lihat di youtube , sebenarnya tidak ada deformasi di daerah kabin , ini yang penting agar tidak dianggap parah.
deformasi kabin membuat dasboard mblesek kedalam membahayakan penumpang dan sopir depan.

seperti yg dialami datsun go dan swfit... sbb:

Kalau menurut sudut pandang ane nih ... seharusnya uji tabrak dilakukan pada kec 90 kmph , agar betul betul ketahuan kekuatan struktur tulang , efektifitas crumple zone menyerap benturan , dan kekuatan kabin terhadap deformasi. hahaha....

pada foto kelihatan yang paling parah banget itu datsun go... sampai kabin mblesek begitu.. rangka atas tertekuk hampir 90 derajat. Doasboard mblesek kedalam..gimana penumpangnya terbentur dasboard.

swift dan kia morning juga demikian walau gak separah datsun. Padahal uji crash hanya pada kec 64 kmph. gimana kalau kec lebih..

LIvina dan avanza rangka atas sudah mulai ter deformasi. Berarti ada gerakan struktur rangka atas yang berjalan dari belakang ke depan , dan mungkin ada sedikit bending di bawah. Itupun meraih asean ncap bintang 4. Artinya kerusakan rangka tidak sampai membuat resiko cedera yang besar pada sopir dan penumpang. Gimana ya kalau pada kec lebih misal 90kmph...lain cerita.

Yang menurut ane sedikit aneh , brv dan mobilio yang hanya beda tinggi , membuat score berbeda jauh. mungkin beda tinggi mempengaruhi sudut tabrakan....mungkin juga desain dasboard dan jok yang berbeda membuat tumbukan pada boneka test terhadap benda sekelilingnya juga berbeda ya...

Rangka atas dan kabin mobilio masih utuh.... , tapi mungkin benturan terhadap boneka berbicara lain....
Oyah Avanza 4 bintang itu ASEAN NCAP yah.... Mobilio Global NCAP... Kukira sama-sama dari global NCAP... Ya berarti Mobilio termasuk bagus lah... makanya gua bingung kok rate nya Mobilio lebih rendah dari Avanza, padahal seinget gua Avanza rangka atasnya ikutan bengkok....

Ini baru komentar objektif... Bandingin langsung sama data-data yang lain. Coba kalo di forum sebelah hahahaha pasti udah kena bully Mobilio....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by Shonen »

om luginar yg crash test in aja..di ncap kan cuman pake boneka..ini om sendiri yg di mobil trus tabrakin diri ke tembok...? mau ndak om :mrgreen: biar kredibel spy kawan kawan dsini bisa liat
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by walid_007 »

Shonen wrote:om luginar yg crash test in aja..di ncap kan cuman pake boneka..ini om sendiri yg di mobil trus tabrakin diri ke tembok...? mau ndak om :mrgreen: biar kredibel spy kawan kawan dsini bisa liat

Wah setuju itu..
engine roaring!
pau
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Sep 01, 2016 3:49

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by pau »

Shonen wrote:om luginar yg crash test in aja..di ncap kan cuman pake boneka..ini om sendiri yg di mobil trus tabrakin diri ke tembok...? mau ndak om :mrgreen: biar kredibel spy kawan kawan dsini bisa liat
Real life test ini namanya, sekalian disiarin live di tv, judulna real crash test by luginar..
Ichtyophile
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Mon Aug 08, 2016 16:32

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by Ichtyophile »

FMEAKD wrote::big_chicken:
Ichtyophile wrote:Hehehe, langsung 3 page replynya. Langsung jadi amunisi ahond haters, emang salah satu the most bullyable brand di SM (the other one is Nissan-Datsun). Mbah lugintod pake nuang bensin pula, nyamber deh, hehe. Salahnya ahond, siapa suruh ngecek di global ncap yg pake standar eropah, pake barang dagangan di india pulak yg gak pake airbag :big_weee: :big_slap:
Kalo haters gak juga yaa.. Tapi cuma penikmat mobil.. Faktanya.. Di SM lebih banyak yg pakek honda... Dibanding yoyota.. Kalo bulliable... Tuh yoyota unfortuner juga... Anps juga.. Coba cari yg mana hatenya?

Di SM gak ada mobil yg gak kena cela

Disini nggak ada yg hate... Cuma mau buat panas luginar aja...
Love hate relationship, Om. Benci tapi cinta :mky_01:
Kayak laki bini, pas pacaran kelihatan bagus semua, pas udah nikah kelihatan belangnya semua, kuciwa deh :mky_03:
Banyak yg beli ahond terpesona sama brand H tegaknya, main spk aja, pas udah bawa pulang ketahuan belangnya. Bagi banyak orang di Indonesia brand H tegak sering diposisikan cukup tinggi di antara jepangan lainnya (banyak yg gak ngeh sama mazda atw subaru misalnya), jadi pas dapet ahond kualitas kacang goreng ya begitu deh :mky_01:
Mozawa wrote:jangan di bully si luginar..anggap sampah lewat....
makin dibully dia makin senang....
ane aja males baca replied dari luginar...paling2 hanya 3 kata didepan yang kelihatan mata...

sisanya ane next.... soalnya isinya sama diulang2...anggep iklan aja deh..next...



sebagai orang awam , memang agak mengejutkan meraih 3 bintang global ncap(utk wilayah india tumber jahe) dgn 2 airbag aktif.

kalau score 0 , hampir semua mobil yang tanpa airbag meraih score 0 atau 1


ane lihat di youtube , sebenarnya tidak ada deformasi di daerah kabin , ini yang penting agar tidak dianggap parah.
deformasi kabin membuat dasboard mblesek kedalam membahayakan penumpang dan sopir depan.

seperti yg dialami datsun go dan swfit... sbb:

Image :mky_07:

Image :mky_07:

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Kalau menurut sudut pandang ane nih ... seharusnya uji tabrak dilakukan pada kec 90 kmph , agar betul betul ketahuan kekuatan struktur tulang , efektifitas crumple zone menyerap benturan , dan kekuatan kabin terhadap deformasi. hahaha....

pada foto kelihatan yang paling parah banget itu datsun go... sampai kabin mblesek begitu.. rangka atas tertekuk hampir 90 derajat. Doasboard mblesek kedalam..gimana penumpangnya terbentur dasboard.

swift dan kia morning juga demikian walau gak separah datsun. Padahal uji crash hanya pada kec 64 kmph. gimana kalau kec lebih..

LIvina dan avanza rangka atas sudah mulai ter deformasi. Berarti ada gerakan struktur rangka atas yang berjalan dari belakang ke depan , dan mungkin ada sedikit bending di bawah. Itupun meraih asean ncap bintang 4. Artinya kerusakan rangka tidak sampai membuat resiko cedera yang besar pada sopir dan penumpang. Gimana ya kalau pada kec lebih misal 90kmph...lain cerita.

Yang menurut ane sedikit aneh , brv dan mobilio yang hanya beda tinggi , membuat score berbeda jauh. mungkin beda tinggi mempengaruhi sudut tabrakan....mungkin juga desain dasboard dan jok yang berbeda membuat tumbukan pada boneka test terhadap benda sekelilingnya juga berbeda ya...

Rangka atas dan kabin mobilio masih utuh.... , tapi mungkin benturan terhadap boneka berbicara lain....
Kalau lihat di atas foto dari blognya paul tan agak2 something fishy, mobilio yg diujikan di global ncap jelas gak ada airbagnya, yg kalau di Indonesia kan seluruh line up ahond apa pun kan ada dual airbagnya. Panteslah dapat 0 bintang. Tapi penayangan foto ini di blognya bisa membentuk opini, seakan2 mobilio sangat tidak aman. :big_think:

Btw, Honda India ternyata lebih sinting lagi dari Om Jonpis dalam urusan sunat menyunat. Om Jonpis jago nyunatin gimmick, tapi Mr Thakur whoever di sana nyunatnya basic safety :off_no: Ada trim bertaburan gimmick termasuk steering audio switch, tapi dual airbag aja gak ada :big_chicken: WTF!!!??? Semurah itukah nyawa orang di India? :off_no:
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by Rundeer »

Btw, Honda India ternyata lebih sinting lagi dari Om Jonpis dalam urusan sunat menyunat. Om Jonpis jago nyunatin gimmick, tapi Mr Thakur whoever di sana nyunatnya basic safety :off_no: Ada trim bertaburan gimmick termasuk steering audio switch, tapi dual airbag aja gak ada :big_chicken: WTF!!!??? Semurah itukah nyawa orang di India? :off_no:[/quote]



Jadi inget ahond civic turbo rs yang airbagnya disunat demi bodykit dan harga lebih mahal dari civic 6 airbags :big_chicken:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by kunaskun »

sebenernya si karena kebanyakan di sini udah biasa liat rating NCAP dari europe, yang super strict, nomor pertama urusan strict dan tiap tahun diupdate makin susah buat naikin bintang, nomor berikutnya USA karena disono hobi sue sana sini... makanya terpercaya dengan NCAP.

nah ASEAN NCAP emang ringan, tapi liat aja pembandingnya dengan Australia, not bad lah, emang terendah dibandingkan Euro USA Aussie, terutama segi safety feature, tapi we all know, Asia itu dianggap 3rd world country, coba ada berapa banyak mobil dibawah 200 juta yang ada ESC untuk merek Jepang?. kalau dipaksain ada ini bisa abis itu bintang, lah ABS airbag aja baru sekarang nongol.

menurut ane sudah lumayan akhirnya ada satu lembaga yang mau test mobil2 yang hanya beredar di Asia sini, coba dulu, Avanza generasi lama aja sampe heboh ternyata ga ada side impact beam dan baru sekarang ada.
orchard
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: Thu Jun 26, 2014 9:28

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by orchard »

om luginar.. luginar..
lugila lugila :frm_snipper:

kyknya ini justru bukan sales/fanboy honda neh.. :big_think: :big_think:
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by slapnuts »

Taxilio? maklumlah namanya juga mobil yang aslinya LCGC Brio dimelarin jadinya ya seperti ini. Brio sendiri bukan produk global hanya produk yang ditujukan untuk negara-negara tertentu such as India, Asean dll. Berbeda dengan Mirage yang memang produk global tentunya harus memenuhi regulasi di semua negara (Eropa, US dll) makannya skornya tinggi. Yang mengherankan Suzuki Swift di EuroNCAP mendapatkan 5 bintang sedangkan global NCAP 0 Bintang, yes karena di europe memakai full airbag berbeda yang dites di global NCAP yang kopongan.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by rajapb »

Wait wait?? Itu mobilio bintang 3 global ncap ya bukan asean ncap??? Global sama asean tinggian mana sih standar nya?
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by anrico17 »

Gw gk kaget sih, dri dulu emang udah gw pertanyaan ASEAN ncap sama Global ncap itu beda ato sama.... Dan ternyata beda....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by stevenanthony »

ane baru baca berita ini tadi pagi.... agak shock sih sama yang berairbag cuma dapet 3 bintang.

kalo yang gaada airbag sih ane abaikan selain karena di indo ga dijual ya karena uda obvious aja 2016 mobil kok masih belom airbag.... safety matters :big_smile]
2015 Honda HR-V E CVT
ybyb
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Thu Jul 14, 2016 10:45

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by ybyb »

baru baca di otodriver.com pengujian di Global NCAP kecepatan tabrak 64km/jam sedangkan di Asian NCAP kec 56 km/jam
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by Suryaputra »

SM NCAP test ditabrak truck, kereta dan dibakar massa :frm_bang_head:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ANSdream
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by ANSdream »

Wah dah 4 page aja neh..
Ayo safety drive guys
Mobilnya bintang berapun tetap safety first
:)
:mky_08:

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Hasil crash test Mobilio mengejutkan

Post by b8099ok »

Ncap SM ya tinggal didudukin FRD aja,... :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat: