Ijinkan nubie kembali me-review sebuah mobil yang..... kelewatan canggihnya?
Yah... you can call it the most advanced saloon in Indonesia....
The New BMW 740Li Pure Excellence.
=======================
Intro
Seminggu lalu si koetjing garong mesum bin inkonsisten ngepost sebuah undangan yang menarik.... Yang ditanggapi positif oleh semua rekan - rekan KuSeM.... Sayangnya hari-H yang ikut cuma.... bertiga (plus ponakan oom sprint07 jadi berempat). Si koetjing garong gak bisa ikut karena ada bisnis mapia sepertinya.... dan bro axala tadinya berniat ikut tapi setelah menghitung waktu ke TKP gak akan sempet karena event cuma sampai jam 3... bro axala baru meluncur jam 2 kurang

tersisalah saya.... oom Sur (Sprint07) dan bro Ivan (MojoBerry).... Saya dateng duluan ke TKP disambut oleh CCO BMW yang langsung mengarahkan untuk ketemu dengan salesperson untuk mendampingi... Nanya-nanya bentar di showroom... Sengaja gak langsung nanya Test drive (padahal tau di depan itu ya mobil test drivenya

Dan saya nyoba duluan sambil nunggu oom Sur dan bro Ivan yang tidak kunjung sampai ke tujuan


Maafin aku kamu kuselingkuhin bentar....*ngomong ke mobil silver di pojokan*
Setelah saya nyoba selang setengah jam kemudian skuad kedua datang... oom Sur beserta ponakan yang selalu diajak kalo ke Surabaya... dan bro Ivan.
Yang disayangkan rute test kali ini cukup pendek, cuma muter dari bundaran HR. Muhammad sampe ke Patung kuda lalu kembali lagi .... Tapi okelah karena jalanan cukup bersahabat hari ini sempat explore beberapa point...

Today's test route
=========================
Most Innovative Luxury Saloon?
Itu tulisan yang tertera di undangan... BMW claimed this as the most innovative luxury saloon... Innovative? Hmm...
Mobil ini sebelum diluncurkan di Indonesia sudah sangat bikin penasaran... Karena fiturnya sangat-sangat edan... yes edan. Remote parking, BMW laser headlight, radar-based adaptive damper, carbon core, dst dst....
BMW Indonesia memperkenalkan 7-series dengan satu varian mesin dan dua trimline : 740Li Executive dan Pure Excellence. Beda harga 400juta (Executive 2.6M dan Pure Excellence 3.1M) .... karena kelengkapannya.... yah beda juga.
- Type Executive menggunakan Dakota leather, Pure Excellence menggunakan Nappa leather.
- Panorama Sky Lounge tidak tersedia di type Executive
- Executive menggunakan Harman Kardon (not karton) Surround Sound system 16 speakers with 600W Amp, Pure Excellence menggunakan Bower and Wilkins, Quantum Logic Surround with 7-band Equalizer blah blah blah... 16 speakers with 1400W Amp.
- Executive tidak ada surround view camera
- And so on...
Ohya versi long wheelbase kode sasisnya G12... dan yang masuk indonesia hanya tipe Long wheelbase dengan ditandai huruf L di nomenclature nya.
Kabar bagusnya, dengan segenap teknologi dan kecanggihannya mobil ini harganya enggak melambung terlalu tinggi... masih di level pesaing - pesaingnya seperti Mercedes S-Class dan Jaguar XJ...
Tapi kabar buruknya, di Indonesia banyak sekali fitur yang dipangkas... Remote parking, BMW laser headlight yang diganti dengan adaptive LED, Head-up display nya pun sederhana gak kayak versi luar negeri... Jelek sekali kalo dibanding versi luar. Tapi masih cukup bagus dibanding pesaingnya.
OK deh langsung lanjut aja... Masih panjang perjalanan saking banyaknya fitur...
===================================
Exterior
Berikut perbandingan G12 7-series dengan F01
G12

F01

I'm not a big fan of luxury saloon... Tapi design dari 7-series G12 ini sangat memikat mata... Merupakan lompatan yang sangat jauh dibanding 7-series nya Bangle 2 generasi lampau... E65 dan F01... Nggak keliatan identik dengan adik - adiknya kayak Jaguar XJ dan Mercedes S-Class...
This is what i like most from BMW... every trimline has its own unique design feature... With the signature kidney grille.







Proporsi depan-samping-belakangnya cukup bagus.... Personally i like this better than any of its competitors... Enggak banyak lekukan norak, tapi tetap berasa aura agresifnya. Dengan tampang yang masih cocok dibawa oleh anak muda, juga cocok dibawa sama bapaknya yang udah sepuh... Intinya cocok buat segala umur.
Oyah kidney grille nya akan membuka dan menutup sesuai kondisi... Ketika mesin butuh pendinginan optimal dia akan membuka dan ketika sudah gak dibutuhkan dia akan menutup untuk mengurangi Cd (Coefficient of Drag) nya. S-Class juga punya fitur ini.

Dipadu dengan velg 19inch dan ban Pirelli PZero RFT 245/45/19 (front) dan 275/40/19 (rear).
Oh iya lubang di fender yang dihias krum itu bukan hiasan... itu vent buat buang panas dari rem...

Video perbandingan BMW 7-Series dari generasi ke generasi...
Intinya... I just love the looks... i'd even buy one because of just the looks...

Interior

Still, not the fanciest looking dashboard here.... Masih mengambil banyak features dari Seri-5, cluster nya TFT model seri-6 yang bisa berubah sesuai driving mode...
ECOPRO Mode

COMFORT Mode

SPORT Mode

Juga dilengkapi head-up display... sayangnya head-up display nya sangat kecil... Mirip HUD nya Mazda2, bukan yang lengkap kayak di luar negeri. Jadi keliatan kopong banget, mobil 3M HUD nya elek gini... Coba kalo liat foto ini sekilas gak bakal tau HUD nya yang mana.

..... Perhatiin di deket plat nomer Xenia abu-abu.... kecil banget

Layout dasbornya terlihat kurang menarik.... Terlalu cliche kalau biasa liat dasbor BMW. Tapi memang secara material sangat upclass dibanding seri-5. Bahan menggunakan nappa leather dan jait-jaitannya tentu asli, mobil 3 Miliar bok, kalo palsu kayak Yaris atau Sienta ya kebangetan




Bahan-bahannya terasa halus saat dipegang... Knob buat nyalain lampu pun enggak terasa ceklak ceklek kayak seri-5 atau seri-3.

Sayangnya panel silver di AC ini malah memberikan kesan murahan karena warnanya tidak nge-blend... Mungkin akan lebih cocok dengan kombinasi warna interior seperti ini...


"Mainan" di row pertama... Layar iDrive yang memberikan segala kemudahan (atau keruwetan) dalam memantau kondisi mobil dan sekitar... Layar sudah mengadopsi touch screen dan air gesture yang lebih responsif dibanding air gesture murahan di Yaris atau Innova baru (ya iyalah

Tapi kalau merasa gak nyaman terutama buat orang tua better operasikan dengan knob saja...

Menu-menu di i-Drive ini nyaris sama dengan BMW seri-seri lain... tapi dengan beberapa tambahan fitur lain seperti :
- All-round view camera.
Kamera ini bukan cuma bird-eye view kayak Alphard atau X-Trail, tapi bener bener all around 3D view.

Tangan si mas nya yang lagi demonstrasi air gesture buat operasiin 3D view nya

Bisa liat mobil dari kanan-kiri-depan-belakang secara 3D sungguhan. Jadi walaupun mobil ini punya panjang lebih dari 5.2 meter dan wheelbase yang........ juga panjang, gak ada alesan buat nyerempet waktu parkir karena kameranya bisa liat sekeliling kayak gini. Kalo punya supir dan nyerempet pas parkir mendingan dipecat deh, assist nya udah secanggih ini masih nyerempet

- Seat adjustment.
Sama dengan W222 S-Class... bisa atur seat via i-Drive juga.

- Fragrance
AC di mobil ini dilengkapi dengan parfum orisinil dari BMW dan ini bukan parfum murah yang biasa dijual di A*e H*rd*ar*... konon sampai ahli parfum terkemuka pun dilibatkan dalam meracik parfum untuk seri-7 terbaru ini.

Sayang gak sempat foto parfum nya... Parfum nya diletakkan di laci. Sepertinya deket sama filter cabin AC.
Mobil ini juga dilengkapi center speaker by Bower & Wilkins. Total keseluruhan ada 16 speaker di mobil ini didukung amp 1400W.

Beralih ke belakang. Tempat dimana segala kenikmatan mobil ini berada. Mainannya jauh lebih banyak di belakang daripada di depan

Tentu saja, disambut oleh legroom yang sangat lega khas sedan full size premium. Walaupun menurut saya masih legaan Jaguar XJL. Jok cukup enak tapi juga masih enakan joknya Jaguar


AC bisa diatur secara individual untuk penumpang belakang. Ada CD Player dan AUX nya sendiri buat yang pengen private...

Dan in case kalo supirnya cerewet, ada fitur headset buat ngacangin supirnya...



Ada juga vent AC di pilar...


Segala kontrol di belakang juga bisa dilakukan via Tab ini... bekerjasama dengan Samsung. Beli mobil dapet Galaxy Tab... Mungkin ini Galaxy Tab termahal yang belinya harus keluarin duit 3M


Bisa ngatur ambient lighting juga lewat Tab ini.

Speaker nya pun ada pendaran lampunya....




Lalu saya sempet nanya pertanyaan bodoh....
"Mas kalo misal saya mau warna ambient lightingnya beda - beda bisa gak? Misal di doortrim biru, di kolong ijo, di speaker pink....?"
"Masih belom bisa mas"
"Oh gak bisa ya..."

Kontrol jok untuk belakang

Ambient lighting di pillar... Jaguar XJL gak punya ini.

Cermin buat dandan pun ada di baris kedua


Tentu saja... dua sunroof untuk kenikmatan di malam hari. Khusus type Pure Excellence ada fitur Sky Lounge nya jadi seakan - akan liat langit berbintang - bintang...

Detail yang cantik di pegangan tangannya...

Sunshade yang bisa ditutup secara elektris lewat galaxy tab atau manual... In case ada pemandangan tidak menyenangkan seperti di foto.... pemandangan sedan djelata....


Boot yang tidak bisa dibuka pake tendangan tanpa bayangan


Fiuh.... Sudah ya? Apa ada yang kelewatan? Entahlah. Sampe gak inget mana aja fiturnya

Driving
Okay let's roll.

Mobil ini di versi 740Li .... Bukan pakai mesin 4000cc tapi 3000cc TwinPowerTurbo.... Sama seperti 340i, 440i, 540i, and so on... Nomenclature nya diubah.
Engine B58 with the legendary BMW Inline-six. Power output, 326HP @ 5500-6500 RPM. Torque, 450Nm @ 1380 - 5000 RPM. Oiya engine ini sama dengan yang digunakan di M240i dan M140i hanya beda tuningan. Let's take a look at the engine bay.

Engine bay yang cukup rapi, tapi tetep masih lebih rapi Lexus punya. Terlihat dua buah batang melintang dari belakang ke front chassis... Semacam strut bar / chassis support. No wonder, bagian depan mobil ini cukup tajam walaupun bodinya besar.
Dan teknologi Carbon Core yang sangat dibanggakan oleh BMW di seri-7 ini...

Carbon core ini maksudnya bukan chassis dari Seri-7 ini terbuat dari carbon fiber secara utuh. Tetapi masih dikombinasikan dengan aluminium dan steel untuk menghasilkan rigiditas dan bobot yang ideal. Hasilnya bobot seri-7 terbaru ini 130kg lebih ringan dari pendahulunya. Enggak signifikan secara bobot karena bobot mobil ini sudah 1.8ton. Tapi ya lumayanlah... Secara power to weight ratio seharusnya lebih baik dibanding F01... Seharusnya...

Untuk saat ini mungkin kandungan carbon nya masih sebagian... Tapi mungkin ke depannya akan lebih banyak bahkan mungkin bisa jadi seri 7 generasi ke sekian sekian sudah pake full carbon fiber... #ngide #imajinasiliar
Oh ya, seri-7 terbaru ini pertama kalinya tersedia dalam versi 2.0L Inline-4 Turbo... Menggunakan mesin yang sama dengan 320i. Tapi enggak masuk Indonesia.
Pertama coba, sangat terasa sekali setirnya yang ringan. Mobil ini menggunakan Electric Power Steering, beda dengan Jaguar XJL yang menggunakan Hydraulic.
Lalu injek gas... kok rasanya lambat bener yah responnya... Dibejek begitu sudah masuk powerband dan turbo spool memang kenceng. Tapi responnya kok lambat amat ya... Seperempat perjalanan saya mikir dan baru inget sesuatu. KOK GAK SAYA UBAH DRIVE MODE NYA


Begitu saya ubah mode SPORT.... Nah... Transmisi 8-speednya jadi lebih responsif, Sayangnya dibawa di kemacetan tetep terasa agak jerking di mode SPORT... Mesin jadi lebih cepet responnya, setir juga memberat dikit walaupun tetep terasa..... enteng. Steering still feels nicer on Jaguar XJL.... Engine too... 7-Series ini gak pelan, kenceng, 0-100 on par with Jaguar XJL... tapi rasa yang didapatkan jauh berbeda. Di BMW seri-7 ini semua terasa poised, terasa terlalu nyaman, terlalu senyap... Suara knalpot khas 6-silindernya bener bener dikebiri oleh peredaman mobil ini. Waktu sesi kedua bareng om Sur... Dia stater mobil waktu saya masih di luar dan suara knalpotnya terdengar cukup garang. Kenapa suara se merdu ini gak "sengaja dibocorin" sama BMW... why BMW why?

Di Jaguar XJL? Suara Supercharged 3.0Liter nya terdengar jelas sekali.... Dan itu hal yang sangat menyenangkan untuk pecinta kecepatan.
Yang patut diacungi jempol adalah body control dari mobil ini. Berkat Carbon Core dan support chassis yang proper, mobil ini terasa tajam, mudah dikendalikan, tidak terasa lagi bawa mobil 5,2 meter. Bagian belakang mobil juga mengikuti gerakan mobil secara luwes walaupun ini versi long wheelbase yang punya wheelbase sepanjang 3,2meter . Secara body control boleh dibilang on-par with Jaguar XJL yang full-aluminium. Gak terasa bulky sama sekali.
Oyah... daritadi bahas driving.... Soal comfort, mobil ini bisa dibilang empuk. Anteng. Enak. Sayangnya jika dibandingkan Jaguar XJL tetep gak on-par... Bantingan Jaguar itu terasa sangat fine sekali, gak terasa lagi di dalem sebuah mobil... Ngeredamnya jauh lebih enak Jaguar dibanding BMW. Di BMW beberapa titik masih terasa agak keras. Dikit. Suspensi mobil ini sudah mengadopsi dynamic damper control... Sama seperti Jaguar. Tapi feel yang didapatkan cukup berbeda. Mungkin juga efek dari penggunaan ban RFT Pirelli nya.
Sound system nya cocok untuk nyetel lagu - lagu slow... Bassnya menurut saya masih terlalu soft karakternya. Sound yang dihasilkan speaker Meridian di XJL masih jauh lebih baik... Di seri-7 tidak jelek... Tapi enggak istimewa menurut kuping saya. Itu kuping saya yang djelata ga bisa bedain speaker mahal dan murah.... Kalo kuping penggemar audio pasti tambah enggak puas. Buat penggemar audio speaker bawaan S-Class pun elek...

Conclusion
Secara driving, mobil ini gak terlalu spesial jika dibandingkan dengan Jaguar XJL yang pernah saya coba. S-Class baru belom pernah coba.
Jaguar XJL secara driving lebih fun and spirited. Di BMW ini rasanya terlalu terkontrol semuanya. Tapi saya kembali berpikir....
Apakah konsumen BMW 7-series beli mobil ini untuk spirited driving?
Rasanya tidak. Omongan spirited driving akan relevan buat konsumen seri-3 yang cenderung lebih muda. Tapi konsumen 7-series mungkin tidak mementingkan rasa nyetir. Mereka mungkin businessman mapan yang sesekali akan mengemudikan mobilnya sendiri tapi mayoritas menggunakan jasa supir.
Jaguar XJL katanya lebih nyaman dan lebih fun, lalu apa yang membuat 7-series ini layak dibeli?
Teknologi? Mungkin. Brand? Bisa jadi. Brand BMW tentu lebih established dibanding Jaguar. Jaguar maybe more fun and better overall... But BMW wins for sensibility. Mobil ini simply the all-rounder choice. Servis tentu lebih mudah dan reliability sejauh ini BMW masih lebih baik dibanding Jaguar. Tapi soal seri-7 ini enggak tau lagi dengan banyaknya gadget yang ada.
Tapi kalau memang tidak untuk spirited driving, masih ada pilihan S-Class?
Mungkin lebih spesifiknya, businessman mapan akan beli mobil ini simply karena suka dan fitur - fiturnya canggih. Konsumen di rentang harga segini milih mobil enggak se-ribet konsumen rentang harga 200juta-300juta. Mereka simply beli mobil karena suka. Suka, punya duit, langsung SPK.
Seri-7 juga dari dulu bukan backbone penjualan BMW. Backbone penjualan BMW adalah seri-3. BMW menciptakan seri-7 untuk kalangan terbatas saja : yang suka, dan penggemar BMW yang ingin menambah koleksi BMW di rumahnya. Hingga hari ini konon sudah 10 unit G12 ter-SPK... Betul-betul progress yang sangat cepat dibanding seri-7 lama yang gak kedengeran sama sekali. Mungkin dengan nongolnya G12 ini sekalian BMW ingin showcase teknologi terbaru mereka. Karena beberapa teknologi ini juga nantinya *mungkin* diterapkan ke seri-seri di bawahnya.
Saya sendiri personally sangat menyukai mobil ini. Yes Jaguar XJL is a better car, but I like G12 more. Terutaa karena tampilannya yang menurut saya enggak membosankan dan berbeda dengan adik - adiknya...
Looking forward to drive the New S-Class and Audi A8L....
And big thanks to Astra BMW Surabaya for the decent hospitality... For accepting us well and for the treat. Really looking forward to the next event... And also looking forward to have one.
Goodbye 7-series... Really nice of having a date with you. But still, i need to go back to my true love...


=========================================
Thanks for reading guys... Maafkan segala kekurangan di review ini karena memang waktu yang singkat. Setidaknya semoga bisa memberikan sedikit gambaran
