saya akan mencoba untuk membuat review tentang mitsubishi galant st, tahun 1998 transmisi manual
sebelumnya mohon maaf karena ini post pertama saya pastinya banyak kekurangan
mitsubishi galant st, atau biasa di sebut galant hiu adalah galant generasi ke 8 atau terakhir dari jajaran mitsubishi galant yang dipasarkan di indonesia, memang ada galant generasi ke 9 yang di pasarkan di amerika serikat yang diproduksi sampai tahun 2014 (CMIIW).
galant hiu yang saya review kali ini adalah mobil pribadi saya yang saya gunakan untuk transportasi sehari hari baik mudik, ke kampus dan lain sebagainya
berikut review dari saya
1. exterior
mitsubishi galant st (hiu) ini menurut saya memiliki exterior yang terbilang menarik untuk di pandang, dari depan ke belakang, desainnya sangat sporty, dan tidak mudah termakan zaman.
dari depan, lampu depannya terbilang cukup menarik, dan ada kesan smokenya yang membuat mobil ini terkesan sangat sporti, namun lampu depannya terbilang kurang terang, apalagi dalam hujan, meskipun di bemper depan sudah disematkan fog lamp, namun menurut saya dalam penggunaan di jalanan fog lamp mobil ini hampir tidak memberikan efek apapun, cenderung tidak kerasa efek cahayanya, kecuali dalam gelap yang amat sangat, dimana sangat konyol jika kita mengemudi dalam kegelapan total hanya menggunakan fog lamp.

lalu dari samping bentuknya seperti rata rata sedan, tidak spesial, jendela dan no comment, oiya untuk velg oem memang desainnya sangat kuno, dan ini berimbas ketika kita mengganti velg mobil ini jadi terlihat lebih segar beberapa tahun.

dari belakang, bagian belakang mobil ini cenderung terlihat agak besar dengan lampu belakang yang ada kemiripan dengan accord cielo yang vtec(fl) sekitar tahun 1998 ke atas. dan di kaca belakang disematkan lampu rem yang terletak di tengah bawah kaca belakang.

overall desain exterior mobil ini masih sedap dipandang untuk mobil yang sudah berusia lebih dari 15 tahun, namun jika velg masih oem dari pabrik maka mobil akan kelihatan sedikit kuno.
2.interior
untuk interior ketika masuk mitsubishi galant ini sangat terasa nuansa sportynya, dengan panel kayu yang disematkan di bagian konsol tengah, ac digital, jam dan dashboard dengan bahan seperti kulit di bagian setengah ke atas dan plastik keras di bagian bawah. ada kisi2 ac 4 buah, 2 di tengah, 1 di sisi pengemudi dan 1 di sisi penumpang
untuk speedometer desainnya masih biasa saja, ada lampu2 indikator, indikator temperatur, bahan bakar, dan tachometer, untuk odometer masih menggunakan roda gigi, bukan odometer digital.
jok depan mobil ini terbilang nyaman, memeluk pengemudi, bisa di atur ketinggiannya juga. setir pun sudah tilt steering meskipun tidak telescopic. bahkan di jok depan sudah di sediakan arm rest, dan lampu2 cukup komplit, bagian power outlet 12v ada lampunya, di glove box ada lampunya, luar biasa untuk mobil setua ini. namun mobil ini minim tempat penyimpanan, terutama untuk botol minum, hanya mampu menyimpan 4 botol minum, itupun tempatnya tersembunyi, terletak di arm rest dan konsol tengah. sedangkan untuk jok belakang saya sangat terkejut, duduk di jok belakang mobil ini terasa sangat nyaman, sangan santai, bahkan ada arm rest untuk jok belakang, bisa muat 3 orang dengan nyaman, tapi di jok belakang tidak ada tempat untuk meletakkan botol minuman, bahkan di belakang kursi depan pun tidak ada tempat penyimpanan.
lampu di cabin pun cukup memadai, ada 2 di depan dan 2 di belakang.



untuk impresi berkendara mobil ini, menurut saya suspensi belakang cukup keras, tidak senyaman suspensi depan, ke 4 suspensi mobil ini menggunakan sistem suspensi multilink dengan stabilizer bar baik untuk suspensi depan maupun belakang, handling mobil ini pun cukup stabil dan minim body roll, mungkin wajar untuk sebuah sedan, posisi mengemudi cukup nyaman namun pertama kali membawa mobil ini membuat saya takut karena kap mesin panjang dan di belakang mobil ada bagasi yang cukup panjang, lalu mobil ini terasa sangat lebar dan memang lebar.
untuk performa mesin, mesin 6a13 v6 sohc 24 valve yang memuntahkan tenaga 170 hp dan 230 nm on crank (ketika masih baru, sekarang sudah berkurang beberapa


untuk penggunaan mobil ini dengan isi premium, metode full to full dalkot 1:5-1:6
luar kota 1:8, namun untuk luar kota tanpa ac dan eco driving dapat menyentuh 1:10,
sehingga, ya mobil ini boros, cukup membuat sedih setiap mampir ke spbu

untuk perawatan, yang paling rewel adalah kaki kaki, terutama balljoint.
tierod dan arm2 juga harus rajin diperhatikan, jangan sampai terlambat, harga part kaki2 pun mahal, terutama yang orisinil.
sedangkan untuk mesin terbilang badak, dapat menenggak premium, namun sebaiknya menggunakan pertamax, karena tarikan terasa lebih enteng dengan pertamax dan pertamax adalam bbm rekomendasi untuk galant ini

sparepart untuk permesinan dan kaki kaki masih cukup mudah(fast moving), part part copotan pun banyak dan mudah di dapat.
namun untuk part part slow moving cukup susah di cari, harus rajin mencarinya.
service pun cukup ganti oli dan tune up engine.
demikian review dari saya, saya mohon maaf untuk salah kata atau jika susah di pahami, mohon bantuan dari suhu suhu di sini untuk apa apa saja yang kurang dari review saya, sekian dan terima kasih.
selamat pagi