Setelah sukses nubitol di caci maki oleh suhu2 di SM, dan diinterogasi kemana saja saya selama 4 bulan ini bertempuh 21rb km dengan si lio air es, saya ingin review mobil kedua saya.
Cerita sedikit tentang mobil ini.
Mobil ini sebetulnya mobil pertama saya yg saya beli tanpa bantuan RI 1 (Read : bokap) , pure kumpulin uang dari rampok sana sini, (waduh) akhirnya kebeli juga mobil ini. Sebetulnya ga ada niat untuk beli mobil ini. Kebetulan sodara sepupu kerja di toyota, dan tiap ari bawain makanan ke kantor sy dan nyogok sy dan bokap biar beli mobil sama dia.. Pada tahun 2013 itu pesaing si Nyaris ini hanya GE8, Mazda 2, Fiesta rasa strawberry (loh?) , dan..... Udah kan ya..
Betimbang2, menimang2, GE8 saya uda pake dari 2009-2013. Mazda 2 bentuknya gitu2 aja gak attractive bantingan keras. Fiesta rasa strawberry (loh?) Brand America yg sy belum sepenuh nya trust. Dan bener aja kejadian kan bangkrut. Untung pake feeling.
Akhirnya terbeli lah sang Nyaris Tiardih Sportivu




(Spoiler dikit, tahun 2014, kemakan rayuan sodara lagi beli Nyaris lele. Jadi untuk perbandingan ripiu ini saya akan memakai nyaris lele dan GE8)
Kesan pertama pas dateng, wah cakep juga bodykit nya. Dibanding Nyaris lele yang baru, IMO, Nyaris kodok ini lebih ganteng menurut saya. Masuk kedalem, not bad lah ya. Walaupun plastik plastikan masih bertebaran dimana2 dan low quality banget, tapi masih ada dipadu dengan fabric cloth di beberapa bagian. Steering pun di lapisi dengan leather with red stitches. Entah lah ya itu faux leather atau endak, tapi so far 3tahun ini saya suka banget sama bentuk stirnya. Dibanding stir nyaris lele baru. Gubrak banget

Pada saat mobil ini dateng ke kantor, langsung saya pasang peredam dan anti karat satu body. Dan penambahan KC Film vkool satu mobil. Biar tambah adem. Pas seminggu pake, gak betah dengan Audio nya yg puter puteran kaya Honda Fit CBU, akhirnya beli HeadUnit dan tidak lupa dengan frame nya. Tambah power, ganti spiker, dah. Cocok banget buat ABG ababil seperti saya yg pada 2013 yang masi demen wara wiri ke tempat berjedag jedug

Performa mesin menurut saya agak kurang. Mentok hanya bisa 170kmh. Dan pada saat tahun 2013, pada masa saya ababil dan kaki kanan baru lulus TK, si nyaris kodok ini merasakan sekali keganasan kaki saya yg dikit2 kickdown. Konsumsi bbm pun hanya bs 1:7 atau 1:8 dalkot dengan V-Power. Luar kota hanya bisa 1:11 ato 1:12 (maklum, kaki kanan belom lulus tk)
Dirasa performa mesin kurang, saya menambahkan pivot raisin (kismis?) , maaf maksud saya Pivot Raizin Voltage Stabilizer dan Racing Air Filter, Header custom dan Resonator serta muffler. Kedua upgrade an terakhir, membuat hubungan saya dengan RI 1(Read : bokap) retak. Beliau shock ringan mendengar suara nyaris kodok yang sangat nyaring sepulang dari bengkel. Dan dikarenakan upgrade tersebut, sayapun dicuekin dan diambekin selama 2 bulan lamanya. Yg pada akhirnya kedua upgrade an tersebut saya copot demi kententraman keluarga. (Padahal R171 nya dulu diupgrade exhaust dan velg dia seneng banget. Eh sekarang saya upgrade nyaris malah diambekin. Maklum sih, si R171 pake Valvetronic Exhaust. Kalo nyaris ini cuman pake VVTronIc.)
Berkat upgrade an tersebut, Peforma mesin 0-100 ditempuh nyaris ini hanya 11.2 detik. Digas sedikit si nyaris ini pun bisa sprint dan burnout sampai asepnya tebal kaya metro mini (ngawur ya ini) , tapi saya salut, tarikan awal mobil ini seperti "jambakan setan" , beda banget sama nyaris lele yang..... Super underpowered. Mungkin karena nyaris kodok ini beratnya lebih ringan. Tetapi saya cukup puas dengan performa si kodok ini setelah saya upgrade. Top speed tertinggi dengan nyaris kodok ini 185kmh dengan kondisi upgrade yang tadi saya jelaskan. Sayang saya cari fotonya belum ketemu. Akan saya update jika sudah ketemu. Tarikan tengah diatas 100kmh pun terasa agak lemot. Gigi 2 hanya bisa sampai 100kmh, gigi 3 bisa sampai 160kmh. Dan gigi 4 rekor 185kmh. Digas lagi pun uda ngos2an. Ga bisa maju lagi.. Beda seperti si xv50 yang tiada habis nya nafasnya. (Yaiyalah mesin nya aja hampir setengah nya cc nya..) Mungkin dikarenakan torsi maksimum yang diraih pada 4200rpm sehingga membuat karakter mesin nya seperti itu.
Untuk urusan akomoditas, nyaris kodok ini terbilang agak sempit untuk jok belakang dan bagasi nya. Terlebih tipe tiardih ini dilengkapi dengan tray di bagasi nya. Memang sih membuat bagasi lebih rapih, tetapi cukup menyita space. Jd terasa agak sempit. Untuk storage seperti cup holdernya dan untuk menaruh barang pada bagian dashboard dan jok depan sangatlah memuaskan. Mau taro apa aja bisa. Beda dengan nyaris lele yang storage nya dipangkas. Mungkin supaya kita gak taro barang banyak2 di dalem mobil itu, dikarenakan beratnya yg sudah berat dan memakan performa mesin. Takut performa mesin nya tambah parah (ngawur.com)
Ground clearance terasa cukup dikelasnya. Tetapi masih kalah dengan GE8. Bantingan pun terbilang cukup empuk dibandingkan GE8. mungkin karena mengadopsi suspensi Macpherson dibagian depan dan Torsion Beam di bagian belakangnya. Dengan kondisi ban standar pabrik yang masih saya pakai sampai sekarang setelah 3tahun ini. Sempat bingung ban nya kok belom botak botak ya. Mungkin karena odo masih 33k. Cukup amazing dengan toyota yang memberikan rem cakram di bagian belakangnya. Nyaris lele tipe G aja cuman tromol.
3 tahun memiliki si nyaris kodok ini, si kodok hanya pernah masuk bengkel 4 kali, service 1000km, service 10000km, service 20000km dan 30000km. Service 10&20rb km hanya menghabiskan 950k an. Dikarenakan cuman ganti oil, filter,dkk. Sedangkan 30rb km kemarin menghabiskan 2.8jt dikarenakan spooring balancing dan mengganti kampas rem depan dan blkg yang sudah lekang oleh waktu.. Cukup murah dikarenakan masih gratis jasanya di beres A2K. Dibanding si H yang cuman gratis jasanya sampai 20k. Oh ya pajak tahunan mobil ini dan nyaris lele terbilang murah. Hanya 2.8 jeti untuk nyaris kodok dan 2.850 untuk nyaris lele. Maklum hanya citycar 1.5cc.
Verdict
Plus poin :
- Lincah, performa mesin memadai. Tarikan awal "jambakan setan" mesin bandel. Gak rewel
- Cost Of Ownership terjangkau. Service 0-30rb km hanya 5jutaan. Pajak hanya 2.800k pertahun.
- Tipe TRD yang saya punya ini cukup jarang terlihat di jalanan jakarta. Beda dengan nyaris lele TRD yang banyak berwara wiri.
- Sangat ringan, nyelip sana sini gampang banget, true def of city car.
- Harga jual stabil. Kemarin ditawar 145 gak rela lepas. Maklum first car.
- Design menarik, apalagi bodykit TRD bikin tambah ganteng
- Tipe TRD ini udah dilengkapi Smart entry loh, Engine start Stop button. Yang ga dipunyai rival nya si GE8.

Minus poin :
- Dashboard terasa usang. Head unit sangat jelek. Sound system ala JBLay.
- Bagasi dan keluasan kabin masih kalah jauh dengan GE8.
- Kualitas material dashboard, cheap plastic everywhere.
- Cheap Plastic
- Cheap Plastic
- Cheap Plastic
- Tapi untung terbantu dengan Fabric Clothnya di beberapa panel
Sekian review dari nubitol. Mohon maaf kalau ada kesalahan kata. Input dari suhu suhu disini sangat diharapkan. Terimakasi matur nuhun xiexie kamsia.