Mobilio RS CVT 2016 Facelift
(From 0km to 20.800 km on going) - 4 Months. Heavy usage in depth review
Sebelum memutuskan untuk membeli si lio, keluarga saya telah menggunakan produk Honda sejak tahun 1980an. Sampai sekarang, cukup puas dengan emblem H tegak ini. Sebelum ini, daily ride saya GE8 RS 2009. Setelah itu sy memakai Crv RE 2.0L 2009, dan Crv RM 2.4L 2013. Dan kebutuhan keluarga yang makin melar membutuhkan 7 seater dan kabin serta bagasi yang lapang membuat saya menimang si lio. Menggantikan GE8 yang sudah dipensiunkan dikarenakan transmisi nya saya buat jebol (maklum, itu mobil uda saya pake dari sma kelas 1, yang pada saat itu kaki kanan belom disekolahin.)
ada awalnya RI1 (Read : bokap) kepincut GK5 baru, tetapi pada saat saya liat unitnya di diler, kesan awalnya, sempit bener kayak Atoz. Akhirnya sang sales bilang, " ambil mobilio aja koh." Dan unitnya ada di sebelah sang GK5, setelah saya liat, sepertinya bagus juga. Kabin lapang bagasi gede buat angkut karung berkodi kodi. Akhirnya spk lah. Padahal RI 1 belom pernah liat langsung si lio, hanya liat dijalanan wara wiri saja.
Si lio datang pada bulan April. Kondisi dengan standar ting ting.



Ini review menurut opini pribadi saya, heavy user ( iyalah mobilio uber grabcar aja kalah 4 bulan uda mau 21rb km odo nya)

Kesan pertama yang diberikan pada mobil ini terbilang cukup lumayan. Dengan harga segini sudah dapat Parking Camera dan head unit yang sangat wah ditambah dengan sound system yang sangat memuaskan dikelasnya. Maklum, Honda biasanya sangat pelit dalam urusan in car entertainment, CRV RM dan RE saya saja sama sekali tidak ada parking sensor, apalagi parking camera. Head unit juga hanya single din pada RE, dan pada RM hanya dikasih MID ala kadarnya saja. Sedangkan pada lio, dengan harga yang hampir setengahnya sudah diberikan fitur yang lebih komplit.
Tetapi ada yang saya sesalkan, ini tipe Air Es, maaf, maksud saya RS, ini paling komplit tapi belom dapet smart entry, kalah dengan GK5 yang harganya gak beda jauh.
Ditambah dengan interior yang senada dengan jok. Walau sangat disayangkan, kualitas joknya sangat disayangkan. Sama sekali tidak dapat menopang tubuh saya. Jok pun terbilang tipis. Mungkin dikarenakan saya memakai sarung jok bonus si sales maka penilaian ini agak kurang fair. Tetapi saya pun cukup terkesima dengan AC digital ala Honda yang "disunat" ini, tanpa sirkulasi udara luar maupun fitur dual-zone atau setidaknya pengatur suhu digital yang ada seperti di CRV RM.
Dan sepertinya, penyakit "rattle" atau dashboard berisik masih terbawa walaupun lio ini sudah Facelift, padahal saya mengira bahwa penyakit rattle ini akan hilang dikarenakan lio facelift telah mengalami ubahan ekstrim dalam dashboard nya. Tetapi pada lio facelift ini memang lebih senyap dibanding lio pre FL.
Pada segi eksterior, tampilan si lio ini cukup memuaskan, ditambah dengan headlamp yang sangat menarik, sayang hanya dilengkapi "DRL-Wanna-Be" , saya pun berencana untuk mengganti LED Guide bar dengan DRL yang dilengkapi dengan lampu sen. Agar lebih menarik pada sore hari dan malam hari.
Sisi pelat bodi terbilang tipis, ditekan sedikit saja sudah terasa agak masuk kedalam. Beda ketika saya menekan bodi GE8 ataupun GK5. Kedua city car ini terasa lebih tebal dibanding si lio. Penambahan body kit pada tipe RS ini pun saya acungi jempol dalam sisi penampilan nya. Tidak memakai plastik yang terlihat murahan seperti CRV RM dan RE saya.
Dalam segi performa dan mesin, saya acungi 4 jempol untuk lio. Ini lah mobil teririt yang pernah saya punyai. Dalam kota saya tidak pernah kurang dari 1:12 dan luar kota, 1:18. Pengukuran pun saya lakukan dengan full to full tank. Bbm yang saya pakai dari baru sampai sekarang hanya pertamax. Konsumsi bbm terhemat yang pernah saya raih adalah 1:23, penggunaan dalam tol Jakarta-Cirebon. Sangat memuaskan ketika dulu GE8 saya hanya bisa menorehkan 1:7-8 dalkot dan 1:11-12 lukot. i-VTEC 1.5L engine nya serupa dengan biarrapih (brv) , city dan GK5. Tenaga maksimum 118PS dan torsi maksimum 145NM diraih di 4600rpm. Oya si lio ini sudah dilengkapi eco indicator. Sayang cuman indikator nya cuman seperti nyaris lele dan brio lama. Gak seperti GK5 atau CRV RM (ngarep.com) , kompresi mesin si lio ini 10,3:1 yang sebenernya masih bisa dipaksa minum bensin jelata , premium. Buktinya si burung biru isinya premium juga toh. Tetapi walaupun dari 0km sampai hampir 21rb km si lio tidak pernah sekalipun nyicip setetes premium, selalu pertamax, pada km 12rb sempet ngelitik pada saat kickdown. Tetapi ini Mungkin karna saya telat servis. Maklum dibawa keluar kota terus. Service pertama pun dilakukan pada km 13770. Akhirnya dapet teguran dari service advisor beres. Service pertama menghabiskan biaya 900rb. Cukup murah.
Kapasitas tangki pun kecil sekali. Hanya 42Liter. Dari full sampai warning light fuel muncul itu hanya 35Liter. Jadi 7 liter untuk cadangan. Full to full dalam kota rata rata 455km. Alias 1:13 (35liter) dengan pertamax ron 92. Dan 1:13.5 dengan pertamax turbo 98.
Dalam segi pengendalian, lio dapat diacungi jempol. Sering kali saya di susul oleh bus dan truk besar di tol, lio sama sekali tidak goyang dan sangat stabil. Sangat beda dengan si duo avxen kaleng kerupuk.. Sayang lio dibatasi kecepatan nya dengan limiter pada 155km/h padahal nafasnya masih sangat panjang dan sangat stabil pada kecepatan tersebut. Tarikan awal pun sangat responsif. Tetapi sangat lelet pada tarikan tengah. Jika di kickdown dan di masukan pada transmisi "S" , barulah si lio mengeluarkan penggiling tebu nya. Pada transmisi "D" , dan kita kickdown, terkadang cvt nya lagi tidur siang sehingga kita harus banyak mengukur jika ingin menyalip dsb. Tendangan i-VTEC nya terasa pada rpm 3500.
Bantingan pun terbilang lumayan. Suspensi depan nya terbilang cukup dalam batas toleransi, tetapi suspensi belakangnya sama seperti papanjah dan GE8, terlaluuuuu.. Mungkin karena pengunaan suspensi H Shape Torsion Beam pada suspensi belakang nya. Cmiiw
Si lio air es ini juga memiliki beberapa minus dalam fitur :
- Tidak ada Smart Entry, Engine Start Stop.
- Tidak ada parking sensor ( waktu itu ditawarin pilih salah satu, mau sensor, talang air ato sarung jok. Saya pilih 3-3 nya. Tp si sales malah bilang " jangan koh, pilih 1 aja koh. Kesian saya koh, saya baru di honda" .. Akhirnya saya pilih sarung jok)
- Tidak ada fitur retract mirror (sumpah loh ini paling ngeselin, terrano 2006 saya aja uda ada retract mirror)
- Jok pengemudi dirasa melelahkan jika travelling jarak jauh. (Mungkin efek pake sarung jok gratisan sales (?)
- Di dalam kota, mobil ini sangat perfect banget. Cocok banget untuk dalkot stop&go , ketika dipacu ke tol, ya wasalam. Limiter speed 155, GE8 saya aja pernah saya pacu 190km/jam di tol depan CP dan citraland.)
- DRL tipu2an , mending gausah dikasih LED skalian kaya d CRV RM. ( next project pengen padang bi xenon dan ganti rumah headlamp jadi DRL asli berikut sein lampu LED di bsd)
- Cat nya tipis banget. Kena kerikil aja uda kelupas catnya. Beda banget sama GE8 ataupun RM.
- GC 185mm untuk Tipe RS, sering kali nyangkut trotoar atau poldur. Kemarin abis cuci kolong. Pas mobil diangkat, astajim itu body kit depan bawah nya ancur minah. Baret parah. Ini mobil 4 bulan serasa 4tahun. Terrano saya yg udah 10 tahun aja masih mulus banget under carriage nya.
- Noise Sound ala typical Honda, diatas kec 80kmh pasti berisik. Gak RE, RM, GE8. Entah ini kenapa ya. Tapi ga seberisik GE8 sih yang uda noise sound ditambah suara ban yang berisik banget.
- Cheap Plastic
- Cheap Plastic
- Cheap Plastic
- Cheap Plastic
Plusnya
- IRIT banget.. Camry Hybrid aja kalah. Dalkot macet total pasti 1:12 - 1:14. Luar kota 1:18 - 1:22
- Mesin senyap sunyi banget, ala2 Hybrid wanna be , kecepatan 100km/h rpm cm 2000, CRV RM 2.4L aja rpm 1900.
- Kabin spacious banget, cocok untuk angkut2 karung. 7 seaternya bisa dipakai jd 8/9 seater. Storage dimana2, cup holder aja ada 9.
- Head Unit uda bagus banget untuk seekor Honda. Sound System lumayan dibanding Harman Karton nya CRV RM. Untuk tipe air es uda ada tweeter. Sayang di baris kedua tidak disediakan speaker. Hanya tersedia di baris ketiga. sehingga penumpang baris kedua suka "budeg"
- Body kit lumayan cantik dibanding air es nya GE8. Ini beneran Real Sporty, Racing Sporty, gak Ricer Sporty.
- AC udah digital. Gak kaya kompor gas cetak cetek. Sayang belum dilengkapi fitur dual Zone seperti RM. (Ngarep.com)
- Tipe air es lampu nya sudah projie. Sayang gak bi-xenon kayak GK 5. (Ngarep.com) Rm aja projie biasa tanpa drl atau led.
Sekian review gerobak sampah dari nubitol cupu ini. Harap maklum jika ada kesalahan.. Mohon masukan dan input dari suhu suhu disini..
Note ; more pic akan nyusul di update selanjutnya