Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Permisi mau tanya, saya punya cr-v gen 3 dari bawaan nyokap lampu low beam nya udah diganti pake hid padahal projie nya kan buat halogen
Nah kebetulan karena lampu yang sebelah kiri udah mulai kadang mati kadang hidup sekalian balikin normal dah, dan setelah browsing bberapa tempat disaranin ganti ke osram NBR
tapi kok ada yang bilang NBR+ ada juga yang NBR Unlimited
tapi pas mau dicari bedanya kok gak ada yang jelas gitu bedanya
tolong bantuannya donk itu sebenernya beda nama doank apa emang beda spek beneran, terus nemu di BL ada yang jual 215 rb untuk NBR Unlimited H1
sama sekalian tanya juga lampu high beam masih bawaan, kalo diganti Osram juga apakah worth yak ? soalnya ni hid kemaren di banyumas pas ujan malem" bener" suram sinarnya
harus di high beam + fog lamp
NBR unlimited itu penerus nya NBR+, klaim nya sih lebih terang, lebih awet, dan lebih putih sedikit
sblm NBR+ ada NBR biasa, umur nya lebih pendek, dan bener sy pake NBR biasa dulu 8 bulan mati, ganti NBR lagi sekitaran 8 bulanan jg mati
trs kluar NBR+ sy pake hampir 2 taon baru mati
skrg lg pake NBR unlimited, krn emang NBR skrg tipe nya yg unlimited
yg lebi ngaco malah dl sempet nemu orang jual NBR+ 100rb lebih mahal drpd yg unlimited pas awal2 unlimited kluar
dgn alesan NBR+ uda jadi barang langka
ya iya lah langka, orang uda ganti tipe dari sana nya, itu mah sisa stok blom laku nama nya
NBR unlimited itu versi terakhir dari NBR series, pengganti NBR+. teknologinya lebih baik.
btw memang lampu putih ga keliatan apa2 kalo ujan deres, karena sinar putih ga bisa nembus air dengan baik, cahayanya berpendar jadi buram. karena itulah lampu kendaraan yg bener itu harusnya warna kuning, bukan putih2 seperti jaman sekarang ini. coba lihat lampu2 yg memang dibuat untuk cuaca kabut/hujan (biasanya ada tulisan "all weather") semua warnanya kuning.
entah kenapa sekarang bahkan dari pabrik mobil pun lampu bawaan jadi putih semua bahkan foglamp nya juga (namanya fog lamp itu untuk nembus kabut, jelas2 putih ga bisa). padahal ini jelas berbahaya untuk cuaca hujan dan berkabut. lagipula lampu putih itu bikin silau orang lain, apalagi kalo highbeam. berbahaya karena kendaraan lawan arah jadi silau dan riskan tabrakan.
ane sendiri dongkol banget kalo kena lampu putih yg arah sinarnya tinggi2 terutama yg pake reflektor, pengen ane pecahin aja itu lampu bikin silau dan sakit mata...
r1409 wrote:NBR unlimited itu versi terakhir dari NBR series, pengganti NBR+. teknologinya lebih baik.
btw memang lampu putih ga keliatan apa2 kalo ujan deres, karena sinar putih ga bisa nembus air dengan baik, cahayanya berpendar jadi buram. karena itulah lampu kendaraan yg bener itu harusnya warna kuning, bukan putih2 seperti jaman sekarang ini. coba lihat lampu2 yg memang dibuat untuk cuaca kabut/hujan (biasanya ada tulisan "all weather") semua warnanya kuning.
entah kenapa sekarang bahkan dari pabrik mobil pun lampu bawaan jadi putih semua bahkan foglamp nya juga (namanya fog lamp itu untuk nembus kabut, jelas2 putih ga bisa). padahal ini jelas berbahaya untuk cuaca hujan dan berkabut. lagipula lampu putih itu bikin silau orang lain, apalagi kalo highbeam. berbahaya karena kendaraan lawan arah jadi silau dan riskan tabrakan.
ane sendiri dongkol banget kalo kena lampu putih yg arah sinarnya tinggi2 terutama yg pake reflektor, pengen ane pecahin aja itu lampu bikin silau dan sakit mata...
foglamp itu supaya mobil kita terlihat di dalam kabut, bukan supaya nembus kabut , karena itu foglamp posisinya dibawah .. mau kuning atau putih gak masalah....
di jalan biasa tampa kabutpun jangkauan foglamp gak seberapa... apalagi suru nembus kabut
r1409 wrote:NBR unlimited itu versi terakhir dari NBR series, pengganti NBR+. teknologinya lebih baik.
btw memang lampu putih ga keliatan apa2 kalo ujan deres, karena sinar putih ga bisa nembus air dengan baik, cahayanya berpendar jadi buram. karena itulah lampu kendaraan yg bener itu harusnya warna kuning, bukan putih2 seperti jaman sekarang ini. coba lihat lampu2 yg memang dibuat untuk cuaca kabut/hujan (biasanya ada tulisan "all weather") semua warnanya kuning.
entah kenapa sekarang bahkan dari pabrik mobil pun lampu bawaan jadi putih semua bahkan foglamp nya juga (namanya fog lamp itu untuk nembus kabut, jelas2 putih ga bisa). padahal ini jelas berbahaya untuk cuaca hujan dan berkabut. lagipula lampu putih itu bikin silau orang lain, apalagi kalo highbeam. berbahaya karena kendaraan lawan arah jadi silau dan riskan tabrakan.
ane sendiri dongkol banget kalo kena lampu putih yg arah sinarnya tinggi2 terutama yg pake reflektor, pengen ane pecahin aja itu lampu bikin silau dan sakit mata...
setuju bgt nih....anehnya skrg mbl2 baru pada pake led putih gitu...tembus pas hujan apa yah ?
ada yang bilang kalo pakai NBR+ kalo ditambah Relay seperti MX11 umur bohlam jadi pendek, benarkah itu?
r1409 wrote:
... bahkan foglamp nya juga (namanya fog lamp itu untuk nembus kabut, jelas2 putih ga bisa). padahal ini jelas berbahaya untuk cuaca hujan dan berkabut. lagipula lampu putih itu bikin silau orang lain, apalagi kalo highbeam. berbahaya karena kendaraan lawan arah jadi silau dan riskan tabrakan.
bener nih om, malahan mobil2 jadul foglamp nya pakai warna kuning beneran (bukan warm white). memang rasanya kalau hujan2 ngelihat warna kuning berlawanan arah dari kejauhan lebih aware sih
mungkin karena lampu led yang warna warm white stoknya masih sedikit ketimbang cold white.
martinnn wrote:
r1409 wrote:
foglamp itu supaya mobil kita terlihat di dalam kabut, bukan supaya nembus kabut , karena itu foglamp posisinya dibawah .. mau kuning atau putih gak masalah....
di jalan biasa tampa kabutpun jangkauan foglamp gak seberapa... apalagi suru nembus kabut
tapi biarpun letaknya dibawah sering juga lihat foglamp LED (atau HID?) yang menyilaukan lebih parah ketimbang lampu utamanya, mungkin dia pake LED untuk lampu utama dan arah sinarnya tidak disetel kebawah.
r1409 wrote:NBR unlimited itu versi terakhir dari NBR series, pengganti NBR+. teknologinya lebih baik.
btw memang lampu putih ga keliatan apa2 kalo ujan deres, karena sinar putih ga bisa nembus air dengan baik, cahayanya berpendar jadi buram. karena itulah lampu kendaraan yg bener itu harusnya warna kuning, bukan putih2 seperti jaman sekarang ini. coba lihat lampu2 yg memang dibuat untuk cuaca kabut/hujan (biasanya ada tulisan "all weather") semua warnanya kuning.
entah kenapa sekarang bahkan dari pabrik mobil pun lampu bawaan jadi putih semua bahkan foglamp nya juga (namanya fog lamp itu untuk nembus kabut, jelas2 putih ga bisa). padahal ini jelas berbahaya untuk cuaca hujan dan berkabut. lagipula lampu putih itu bikin silau orang lain, apalagi kalo highbeam. berbahaya karena kendaraan lawan arah jadi silau dan riskan tabrakan.
ane sendiri dongkol banget kalo kena lampu putih yg arah sinarnya tinggi2 terutama yg pake reflektor, pengen ane pecahin aja itu lampu bikin silau dan sakit mata...
foglamp itu supaya mobil kita terlihat di dalam kabut, bukan supaya nembus kabut , karena itu foglamp posisinya dibawah .. mau kuning atau putih gak masalah....
di jalan biasa tampa kabutpun jangkauan foglamp gak seberapa... apalagi suru nembus kabut
kalo fog lamp warna putih gimana ceritanya bisa kelihatan dari jauh disaat berkabut yang juga warna putih? bukannya fungsinya warna kuning untuk membedakan warna kabut dengan lampu kendaraan?
mobil sekarang foglampnya kebanyakan cuma posisi aja tapi aslinya buat driving light, dilihat dari beam pattern dan lampunya. kalau mau dibikin jadi foglamp beneran ya ganti bohlam dengan osram fogbreaker atau yang emang kuning untuk kabut.
sebenernya NBU itu warnanya ga putih, hanya kuning cerah terang jadi kesannya putih, dan memang dibandingkan bohlam halogen biasa bawaan OE jauh lebih putih, tapi kalau disebelahin sama Osram Cool Blue Intense kalah putih malah kuning.
RE saya juga pake HID tapi yg 4300 K sih fine2 aja
Om turbo,
Bulb HID yg recommended apa ya? Punya sy tipe D2R. Udh waktunya ganti nih. Udh 10 thn. Masih bawaan Tyt, 4300 K.
Pas ujan deres di Cipali, ga nembus euy
.
kalau mau putih dengan halogen, bisa coba PIAA arrow star white. di boxnya ada tulisan 4250K (mendekati 4300K lumensnya). reviewnya bisa googling..
cuma harganya menakjubkan.
sebenarnya lampu reflektor boleh2 aja dikasih HID, as long reflektornya bawaan pabriknya memang standar untuk HID. contoh xtrail, accord, serena, vios.
tapi ya cutt-offnya ga sebagus projector. dan lampu foglamp jangan dikasih HID, pendar cahayanya nyebar kemana2 jadinya.
[quote="daftar"]ada yang bilang kalo pakai NBR+ kalo ditambah Relay seperti MX11 umur bohlam jadi pendek, benarkah itu?
[quote="r1409"]
Kaga om, pake relay justru bikin awet, dengan catatan instalasinya yang benar ya.. Osram NBR ane udah 5 thn belum mati2. Aneh tapi nyata. Kemarin sempat dikira mati ternyata kabel massa nya yang kendor.
r1409 wrote:NBR unlimited itu versi terakhir dari NBR series, pengganti NBR+. teknologinya lebih baik.
btw memang lampu putih ga keliatan apa2 kalo ujan deres, karena sinar putih ga bisa nembus air dengan baik, cahayanya berpendar jadi buram. karena itulah lampu kendaraan yg bener itu harusnya warna kuning, bukan putih2 seperti jaman sekarang ini. coba lihat lampu2 yg memang dibuat untuk cuaca kabut/hujan (biasanya ada tulisan "all weather") semua warnanya kuning.
entah kenapa sekarang bahkan dari pabrik mobil pun lampu bawaan jadi putih semua bahkan foglamp nya juga (namanya fog lamp itu untuk nembus kabut, jelas2 putih ga bisa). padahal ini jelas berbahaya untuk cuaca hujan dan berkabut. lagipula lampu putih itu bikin silau orang lain, apalagi kalo highbeam. berbahaya karena kendaraan lawan arah jadi silau dan riskan tabrakan.
ane sendiri dongkol banget kalo kena lampu putih yg arah sinarnya tinggi2 terutama yg pake reflektor, pengen ane pecahin aja itu lampu bikin silau dan sakit mata...
foglamp itu supaya mobil kita terlihat di dalam kabut, bukan supaya nembus kabut , karena itu foglamp posisinya dibawah .. mau kuning atau putih gak masalah....
di jalan biasa tampa kabutpun jangkauan foglamp gak seberapa... apalagi suru nembus kabut
Gak juga om, di beberapa kondisi kabut, lampu utama pun sudah cukup terlihat di kendaraan lain kok om, tapi kita yang gak bisa lihat ke jalan.
Foglamp secara fungsinya emang lampu buat menembus kabut, karena posisinya pasti dibawah bumper. Ya secara jangkauan memang gak bisa tinggi sih karena di lawan arah pasti silau, tapi at least membantu menerangkan jalan di saat berkabut lah
Pengalaman mobil MUA yang klien nya saya handle aja, di belakang saya karena cuma mobil saya aja yang isi foglamp
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.