Setelah lama gak bikin review, kali ini saya akan memberikan pandangan - pandangan singkat soal mobil yang cukup kontroversial :
Suzuki SX4 S-Cross, or i would like to say Suzuki S-Cross..... because of reasons... Yes let's just start the talk.
=====================
Prologue
DISCLAIMER : Prolognya cukup panjang jadi kalo gak mau baca ya diskip aja.
Saya teringat kembali zaman tahun 2008 ketika papa saya sepulang dari gereja ngajak ke dealer Suzuki karena mau beli Swift ST CKD yang waktu itu baru keluar.
Masuk ke showroom saya langsung terkesima dengan sebuah mobil merah yang juga baru saja diluncurkan oleh Suzuki. Yes, sebuah SX4 X-Over unit display. Pikir saya yang masih bocah saat itu (waktu itu saya masih kelas 8 SMP)... Keren bangeeet modelnya

Singkat cerita Swift ST CKD yang dibeli bokap dirasa udah terlalu kekecilan untuk keluarga kami. Dijuallah mobil itu dan ditukar dengan SX4 X-Road seken. Terhitung sejak saat itu tahun 2009 sampe sekarang sudah 4x miara SX4... 2014 waktu saya kuliah Semester 4 dibeliin bokap SX4 2011 FL AT... dan setengah taun langsung total loss... tabrakan hancur depan. Adik saya buat kuliah juga dibeliin mobil yang sama warna putih. Gak lama mobil yang tabrakan tersebut dijual dan ganti SX4 lagi... dengan taun lebih tua dan odo lebih banyak... Nemenin ane kuliah dari semester 5 sampe lulus sekarang... Yang barusan dijual lagi dan ditukar dengan Ertiga GL AT 2013 yg dipake bokap...
Jadi yah... quite a lot of experience and stories with four different SX4s.... Salah satu mobil yang cukup berkesan selain Honda CR-V yang juga cukup banyak kali punya.
SX4... di awal keluarnya merupakan sebuah terobosan baru. Mobil dengan dimensi gak lebih besar dari sebuah hatchback kecil, punya ground clearance tinggi... Tagline nya waktu itu "the first crossover in Indonesia" .... Yah bisa bener bisa salah since Honda CR-V juga considered as Crossover... Mungkin kata "mini crossover" lebih tepat... karena waktu itu Honda belum keluarkan HR-V, yaaa ada sih HR-V generasi pertama tapi gak resmi, Nissan belom keluarkan Juke. Rush dan Terios masih considered as SUV. Lawan sebandingnya SX4 practically cuma Livina berpopok yang langsung terbabat habis karena SX4 punya kelengkapan lebih mumpuni. Mobil CKD pertama yang fiturnya lebih lengkap dari CBU nya dan di versi CKD SX4 dibagi 3 trim : X-Over sebagai trim tertinggi, X-road sebagai tipe trondol, dan Baleno yang practically kayak Jazz dan City.... SX4 X-Road berbuntut. Well, di masa itu Suzuki cukup kreatif produknya... Jamannya pak Subronto Laras masih jadi head of marketing.... atau CEO ya? Lupa deh, pokoknya jaman dia masih di Indomobil Suzuki.
2009 .... pak Subronto lengser, dan SX4 masih merasa diatas angin karena belom dapet lawan... 2 type X-Road dan Baleno discontinued, sampai muncul sebuah mobil yang kayak datang dari planet lain... Nissan Juke yang sampai sekarang sulit saya cerna design nya. Mobil sok-sok crossover yang malah jadi favorit kaum nonik karena design nya (sampe nyonya kucing pun pake). Sukses membabat habis penjualan SX4. Facelift di 2010 walaupun sudah cukup lengkap pun enggak membantu SX4 melawan hegemoni Juke yang masih punya banyak penggemar. SX4 melakukan last farewell di 2013 dengan mengeluarkan versi full aksesoris RC-1... Sedangkan Juke mulai terseok-seok karena sekian banyak problem yang puncaknya adalah kebakaran yang dialami oleh seorang model... Dan Suzuki gak announce penerus SX4, S-Cross yang waktu itu sudah keluar di India. OK... pasar mini crossover kembali sepi, Outlander Sport pun penjualannya segitu segitu aja... dan trend kembali ke hatchback di tahun 2014 dengan keluarnya All New Yaris
Dan puncaknya adalah di 2015 dimana Honda mengeluarkan HR-V yang langsung laku keras.... even di garasi saya pun sampe kebagian 1 unit type Prestige saking lakunya

Well, kenapa sih saya harus cerita panjang soal ini? Sebetulnya saya ingin menceritakan betapa terlambatnya S-Cross mendarat. SX4 dulu sempat meraja karena gak ada lawan berat dari Toyota / Honda yang cuma punya hatchback Yaris dan Jazz. Sekarang Honda sudah punya HR-V.... S-Cross, mau selengkap apapun dan sebagus apapun.... brand name Suzuki tetep gak akan keliatan dibanding Honda. Logo S dianggap mobil "murah" dan logo H dianggap lebih "bergengsi". Apalagi dengan bentuk exterior yang well yah.... begitulah.

Dan hari ini adalah hari terakhir pameran S-Cross di Ciputra World, tadi ngajakin anak-anak KuSem gak ada yang bisa, cuma bos hape beserta keluarga dan ane karena nganggur ke Ciputra World lalu ketemu disana.
========================
1. Exterior
Sepertinya anak-anak SM dan WASEM sudah pada tau seberapa bencinya saya dengan exterior design mobil ini.... Design SX4 sebelumnya itu sangat berkarakter, sangat berkelas. S-Cross? Gak blas. Ane hampir gak bisa menemukan dimana sisi bagusnya mobil ini dari luar.
Kalo liat asli memang gak seburuk di foto.... Tapi tetep aja.... Elek.... Lampu depan kebesaran dan terlalu kebawah. Bagian samping malah mirip MPV dibanding crossover, dan velgnya elek. Bagian belakangnya juga gak berkarakter blas.... setidaknya seburuk-buruknya pantat Pajero Sport masih ada karakternya dan mudah dikenali


Ane sampe harus berjuang cari spot yang enak buat dapetin angle foto... karena salah angle sedikit, mobil ini akan terlihat sangat jelek.




Good thing... mobil ini sudah dilengkapi dengan lampu HID dengan manual levelling dengan 3 setelan ketinggian ala mobil Eropa..

Velg pakai 16inch 205/60/16 sama dengan yang lama... dengan ban yang mirip nama wapres kita... JK Tyres....

Perbandingan dimensi SX4 dan S-Cross...


2. Interior
Masuk interiornya... Ntah kenapa belum apa-apa saya udah ngerasa bored. Memang dari dulu interior SX4 ya biasa aja, tapi saya lebih prefer yang lama dengan HU in-dash dan gak terlalu copy-paste lineup Suzuki lain... yang ini keliatan sangat plain dan copy-paste doank. Mirip dengan Outlander Sport yang menurut saya juga boring... More convenient? Enggak juga.



At least liat tombol tombol ini gak kosong ya cukup membahagiakan....

Bagasi punya space yang lebih proper... Belom sempat ngukur, tapi sepertinya sedikit lebih luas dari Outlander Sport

Legroom sangat lega dan posisi duduk baris kedua juga lebih nyaman dari yang lama.... Oiya jok juga lebih tebel.

Oiya hal yang noticeable lagi adalah sepertinya entah peredam atau platnya tambah tipis.... karena mobil ini ditutup bener bener gak kayak SX4 lama yang mantep bunyinya. Pintunya enteng sekali, dan dibuka tutup saya ngerasa mobil ini pintunya enteng sekali dan kok ditutup juga gak se-mantep yang lama... sedikit mirip Avanza malah.
Terus bad news... mobil ini GAK PUNYA TWEETER. Padahal yang lama ada. Kayaknya kelakuan si kucing biar M8 nya gak keliatan memalukan....

3. Driving
Pada akhirnya hanya test drive yang bisa membuktikan apakah mobil ini layak atau enggak.... Sebagai informasi test drive hanya muter mall karena sales nya..... yah begitulah. Bos mapia hape tadi dapet bawa keluar ke jalan gede....


Jadi karakter transmisi masih agak kurang bisa saya dalami. Tapi kalo mesin yah begitulah sempet bejek bentar waktu agak kosong.
Engine nya.... M15A DOHC VVT, rancang bangun sama persis dengan SX4 lama. Design sama. Spek 109hp / 138Nm. Naik 9hp dan 5Nm.

Engine mounting nya baru, dan terasa sekali memang vibration nya berkurang dibanding SX4 lama

ECM nya sepertinya juga beda... Yang bikin naik 9hp dan 5Nm mungkin (?) .... yang jelas spek ini sebenernya spek aslinya M15A... jadi saya gak kaget, gak bisa bilang ini peningkatan karena dulu de-tuned.

Kesan pertama driving positionnya lebih aneh dibanding SX4 lama. Kayak posisi nyetir SX4 lama di posisi paling tinggi. Jadi too high for my taste, apalagi sekarang pake Civic. Awalnya kukira itu paling tinggi, eh kagak, malah paling rendah. Good thing setirnya Tilt dan Telescopic.
Sebelum jalan nunggu salesnya, saya sempet mainin gas dan WOW.... Exhaust sound nya garing euy. Semacem mobil kalau CCnya dicopot.

OK kita jalan... Kesan pertama transmisinya lebih halus dan responsif dibanding 4-AT lama..... Kickdown pun gak se-lambat transmisi 4-AT nya... But still.... Mobil ini tetep lemot. Pelan kayak yang lama. Feel yang didapatkan dari mesinnya sama persis kayak yang lama, lemot lemotnya pun sama. Padahal katanya nambah 9hp dan 5Nm

Setirnya makin ringan... Bener-bener sangat jauh dari yang lama dimana mobil itu pake EPS tapi rasa HPS.... Berat banget. Setir S-Cross ini malah lebih ringan dari setirnya Civic FB2 saya... Good news, mobil ini punya bodyroll lebih minim dibanding yang lama.

Ride quality hmmm.... Impresi yang didapatkan masih sama dengan SX4 lama. Tetep keras. Karakter damper nya pun sama.
4. Conclusion
Just mediocre. Not a special car. Not much improvement.
Buat yang sudah punya SX4 lama dan pernah merasakan SX4 lama, impresi berkendaranya gak beda jauh sekali. Mungkin iya saya belom coba jauh. Tapi sekilas, gak berbeda jauh amat. Lemot lemotnya sama, kerasnya sama. Setirnya doank tambah ringan.
Price 265mills OTR Surabaya. Not a very high price for such decent equipments. Worth to buy? Ya depends.
Katanya ada program trade-in SX4 lama bisa dapet diskon tambahan ya ko? Worth kah kalau saya nuker SX4 lama saya ke S-Cross?
Kalo diskon tambahannya 100juta saya bilang worth, tapi paling cuma ketambahan 10jt, ya ngapain. Mobilnya sama persis. Sama kayak nuker Yaris lama ke baru. Gak worth sih menurut saya.
Saya punya duit 250-300juta, berkeluarga, mau SUV kecil, worth gak dibeli ?
Di rentang harga itu ada HR-V, Juke, Trax, S-Cross. Tadi saya sempet diskusi dengan bos mapia, milih ini atau HR-V 1.5 ? Kalo SAYA, saya masih lebih suka karakter mesin HR-V 1.5 .... Lemotnya cuma karena respon CVTnya, aslinya kenceng kalo dibejek. Posisi nyetir enak HR-V 1.5, cabin dan bagasi luas HR-V... Aside from features ya, karena saya beli mobil biasa liatnya mesinnya... Hahahaha.
Cuma kalo liat equipments nya, S-Cross cukup komplit, ya kalo memang gak keberatan dengan bentuknya yang wuelek.... Worth aja. Mobil ini bisa jadi another opt buat yang bosen liat HR-V di jalan....
Saya anak kuliahan dan mau dibeliin mobil buat aktivitas sehari-hari, apakah mobil ini cocok?
Sebagai mantan anak kuliahan baru lulus pengguna SX4, ya saya jawab cocok aja.... Cuma kalo nonik cakep sih agak kebanting tampilan mobilnya sama orangnya...

Dan kalo cari warna aneh-aneh, S-Cross ini cuma punya warna abu-abu, putih, biru, silver.... Mau cari warna aneh-aneh? Beli HR-V atau Juke... Jadi heran padahal rentang harganya di level hatchback anak muda yang suka warna aneh-aneh...
==================================
Yah... sekian first glance saya sebagai mantan pengguna SX4 AT 2010... Semoga membantu calon - calon buyer disini.