Honda HR-V 1.8 CVT : 1.3XXkg, 139HP / 169Nm
Honda Civic 1.8 AT : 1.3xx kg, 141HP / 174Nm
Mitsubishi Outlander Sport : 1.4xx kg, 150HP / 190Nm
Toyota Avanza Veloz AT : 1.1xx kg, 104HP / errr lupa .... 13x Nm sepertinya.
Suzuki Ertiga GL AT : 1.2xx kg, 92HP/130Nm.
Toyota Harrier 240G AT : 1.7xx kg, 160HP / lupa.
Banyakan lupa angka torsi malah
Ini loh kenapa saya dari dulu paling gak setuju kalau dibilang fun to drive itu relatif... Kalo fun to drive relatif, ya kenapa harus repot-repot engineering mikir susah-susah? Kenapa sih BMW sampe mempertahankan pake penggerak RWD yang kuno dan gak efisien di sedan-sedan sportnya lalu harus repot mikir bobot sasisnya harus seringan apa karena RWD sendiri pasti lebih berat dari FWD. Kok kesannya BMW itu "bodoh" karena mempersulit diri sendiri dengan design layout RWD sehingga harus mikir keras cara ngurangin bobot sasis. Kenapa gak bikin BMW M3 atau M4 FWD aja? Kan enak, irit, ringan... fun to drive kan relatif jd bodo amat.
Se relatif-relatifnya, tetep ada standar yang jelas kalau selama ini mobil yang dibilang "fun" itu mobil yang ringan. Itu pasti dan gak bisa diganggu gugat. BMW M3 CSL, Mazda MX-5, Honda Civic Type-R, Honda S2000, dll.... Gak ada kan yang bilang minibus segede Alphard itu "fun to drive" ? Minta diketawain sama semua petrolhead elu bilang Alphard fun to drive.
Core element dari fun to drive ya lightweight. Responsive steering itu juga pasti imbas dari bobot yang ringan. Dengan lightweight mau pasang 4-silinder 180-200hp pun cukup gak perlu mesin dengan massive 600hp V8 yang boros dan mostly gak akan kepake under normal driving. Torque & horsepower masif itu akan lebih fun dinikmati di lintasan lurus panjang 400meter.
Contoh pabrikan yang menerapkan prinsip yang ini adalah Mazda di MX-5 terbaru, roughly HPnya malah gak nambah dari present MX-5 NC. Tapi bobotnya berkurang 100kg.
Contoh pabrikan yang punya prinsip kebalik adalah Toyota dengan Kijang Innova. Yes nambah 50hp dan 100Nm, tapi bobotnya juga nambah 200kg bo'.....
Tapi saya juga gak setuju kalau orang bilang "alah horsepower gak penting" .... atau sok sok an bilang "torque iz everything" ... Krn kedua hal ini saling berkaitan. No massive horsepower without torque and rev. Karena prinsipnya hp = torque x rev. Makanya knp Diesel torque gede2 hpnya kecil2, dan bensin torque kecil2 hpnya malah gede-gede....