Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Dear all SM-ers...
Bermula dari thread ini:
viewtopic.php?f=64&t=22931
Karena satu dan lain hal, planning antar jemput saya di thread atas harus tertunda, dan baru saya mulai lagi dalam 1-2 bulan kedepan.
Sehubungan dengan penundaan ini, ada situasi yang berubah dan saya minta suggestion para members.
Berikut ini situasi dan kriterianya:
Ketika mulai anjem ini, saya dalam kondisi baru saja nikah, dan pingin punya start-up business yang sesuai dengan passion saya yaitu nyetir. karena baru nikah dan planning punya momongan tidak baik ditunda karena usia, maka saya harus cari armada yg pas dengan sikon, yaitu yang downtimenya rendah, perawatan murah, operational cost juga murah.
sampai bisa tambah armada lagi, mobil ini bakalan saya pake pribadi juga untuk keluarga ketika sedang tidak dipakai antar jemput. karena itu saya butuh mobil 3-row seater yg lega, jok belakang bisa dilipat untuk bawa barang, driving position enak karena saya setir sendiri berjam-jam, dan tunggangan yg cukup nyaman buat perjalanan jauh karena saya dan istri suka jalan2 keluar kota.
antar jemput ini bakalan ditujukan untuk market anak sekolah/kuliah dan karyawan, dan saya targetkan pasarnya di kelas menengah keatas. Jadi bermain di kelas 7-8 seater car seperti avanza, bukan di kelas L300 atau carry.
Pemakaian anjem adalah pagi dan sore, jadi siang free.
budget lumayan mepet, karena sudah terpakai di acara merid. total budget tersisa sekitar maksimal 140jt (sudah termasuk BBN, asuransi, perbaikan dll), dari hasil penjualan mirage saya dan sedikit dana tambahan. pembelian cash, karena nanggung banget kalau mau kredit dan kena bunga.
saya maunya mobil matic, karena macetnya surabaya pada jam sibuk sudah tergolong parah.
mobil yg dipake harus irit BBM, karena memang ini penyumbang biaya operasional terbesar.
setelah googling sana-sini dan pertimbangan macam2 dan perhitungan estimasi simulasi biaya kepemilikan, income, dan operasional selama 5 tahun, kandidat mengerucut jadi 3 mobil:
1. Panther LS/touring turbo A/T FF tahun 2002-2004
mobil ini terkenal badaknya, irit dan bisa biosolar, perawatan pun mudah dan murah. bodi dan rangka juga rigid. dengan segala plus minusnya yg saya dapet dari hasil googling, i will love this car. harga pasaran sekitar 85-105 juta. ditambah BBN, restorasi, perbaikan pasang karet dan peredam untuk kenyamanan, estimasi total biaya sepertinya ga akan sampe 135 juta. mobil ini row 3 bisa 3 orang, jadi nilai tambah lain dibanding salah satu kandidat lainnya. yang jadi pertanyaan, mending touring atau LS ya? denger-denger kaki touring kurang kuat? lalu panther juga ga bisa didaftarin untuk uber/gocar, jadi siang hari harus cari job lain.
2. Daihatsu Sigra A/T baru
LCGC baru, dan pastinya worry-free sampe at least beberapa tahun kedepan. belum test drive, tapi yang jadi keraguan saya adalah apakah mobil ini kuat dipake antar-jemput? row 3 pastinya akan tiap hari terisi penuh, sekitar 4 jam sehari apakah FWD LCGC begini kuat dipake begini dalam waktu lama? lalu row 3 juga sepertinya cuma bisa terisi 2 orang dewasa. 3 orang hanya bisa anak kecil, karena space-nya terhalang armrest tidak seperti avxen yang penumpangnya bisa mepet pinggir karena tanpa armrest. berkurangnya kapasitas mengurangi total income, walaupun tarif anjem 5 org dan 6 org beda. tapi nilai plusnya, mobil ini bisa dipake buat narik uber/gocar selagi nganggur di siang hari.
3. Nissan evalia A/T 2012-2013 (110-130jt)
Boxy MPV yang digunakan sebagai commercial fleet nissan global, terkenal tangguh karena banyak dipake jadi taxi di eropa. space kabin besar bisa 8 orang dan banyak barang, driving position tinggi dan viewing area luas, dan pastinya built quality diatas sigra yang LCGC. tahun juga masih muda. mengenai ketangguhan, biarpun FWD tapi sepertinya oke karena terbukti dipake taksi eropa, dan per belakang pake per daun. tapi apakah kaki depan juga tangguh? dan biaya maintenance walaupun kabarnya spare part nissan sudah lebih murah, apakah sudah worth it?
secara simulasi perhitungan, kalau hanya anjem saja, panther jauh lebih menguntungkan dari yang lain karena murahnya harga beli dan biaya operasionalnya. tapi sigra dan evalia bisa untuk narik uber/gocar di siang hari, dan kalau rutin narik maka estimasi total income bisa lebih tinggi dari panther walaupun tidak banyak. memang jadinya pasti lebih capek, tapi dapet tambahan ekstra.
sementara saya lebih condong ke panther, tapi kalau ada suggestion dan pertimbangan lain, boleh dong bantuannya..
Bermula dari thread ini:
viewtopic.php?f=64&t=22931
Karena satu dan lain hal, planning antar jemput saya di thread atas harus tertunda, dan baru saya mulai lagi dalam 1-2 bulan kedepan.
Sehubungan dengan penundaan ini, ada situasi yang berubah dan saya minta suggestion para members.
Berikut ini situasi dan kriterianya:
Ketika mulai anjem ini, saya dalam kondisi baru saja nikah, dan pingin punya start-up business yang sesuai dengan passion saya yaitu nyetir. karena baru nikah dan planning punya momongan tidak baik ditunda karena usia, maka saya harus cari armada yg pas dengan sikon, yaitu yang downtimenya rendah, perawatan murah, operational cost juga murah.
sampai bisa tambah armada lagi, mobil ini bakalan saya pake pribadi juga untuk keluarga ketika sedang tidak dipakai antar jemput. karena itu saya butuh mobil 3-row seater yg lega, jok belakang bisa dilipat untuk bawa barang, driving position enak karena saya setir sendiri berjam-jam, dan tunggangan yg cukup nyaman buat perjalanan jauh karena saya dan istri suka jalan2 keluar kota.
antar jemput ini bakalan ditujukan untuk market anak sekolah/kuliah dan karyawan, dan saya targetkan pasarnya di kelas menengah keatas. Jadi bermain di kelas 7-8 seater car seperti avanza, bukan di kelas L300 atau carry.
Pemakaian anjem adalah pagi dan sore, jadi siang free.
budget lumayan mepet, karena sudah terpakai di acara merid. total budget tersisa sekitar maksimal 140jt (sudah termasuk BBN, asuransi, perbaikan dll), dari hasil penjualan mirage saya dan sedikit dana tambahan. pembelian cash, karena nanggung banget kalau mau kredit dan kena bunga.
saya maunya mobil matic, karena macetnya surabaya pada jam sibuk sudah tergolong parah.
mobil yg dipake harus irit BBM, karena memang ini penyumbang biaya operasional terbesar.
setelah googling sana-sini dan pertimbangan macam2 dan perhitungan estimasi simulasi biaya kepemilikan, income, dan operasional selama 5 tahun, kandidat mengerucut jadi 3 mobil:
1. Panther LS/touring turbo A/T FF tahun 2002-2004
mobil ini terkenal badaknya, irit dan bisa biosolar, perawatan pun mudah dan murah. bodi dan rangka juga rigid. dengan segala plus minusnya yg saya dapet dari hasil googling, i will love this car. harga pasaran sekitar 85-105 juta. ditambah BBN, restorasi, perbaikan pasang karet dan peredam untuk kenyamanan, estimasi total biaya sepertinya ga akan sampe 135 juta. mobil ini row 3 bisa 3 orang, jadi nilai tambah lain dibanding salah satu kandidat lainnya. yang jadi pertanyaan, mending touring atau LS ya? denger-denger kaki touring kurang kuat? lalu panther juga ga bisa didaftarin untuk uber/gocar, jadi siang hari harus cari job lain.
2. Daihatsu Sigra A/T baru
LCGC baru, dan pastinya worry-free sampe at least beberapa tahun kedepan. belum test drive, tapi yang jadi keraguan saya adalah apakah mobil ini kuat dipake antar-jemput? row 3 pastinya akan tiap hari terisi penuh, sekitar 4 jam sehari apakah FWD LCGC begini kuat dipake begini dalam waktu lama? lalu row 3 juga sepertinya cuma bisa terisi 2 orang dewasa. 3 orang hanya bisa anak kecil, karena space-nya terhalang armrest tidak seperti avxen yang penumpangnya bisa mepet pinggir karena tanpa armrest. berkurangnya kapasitas mengurangi total income, walaupun tarif anjem 5 org dan 6 org beda. tapi nilai plusnya, mobil ini bisa dipake buat narik uber/gocar selagi nganggur di siang hari.
3. Nissan evalia A/T 2012-2013 (110-130jt)
Boxy MPV yang digunakan sebagai commercial fleet nissan global, terkenal tangguh karena banyak dipake jadi taxi di eropa. space kabin besar bisa 8 orang dan banyak barang, driving position tinggi dan viewing area luas, dan pastinya built quality diatas sigra yang LCGC. tahun juga masih muda. mengenai ketangguhan, biarpun FWD tapi sepertinya oke karena terbukti dipake taksi eropa, dan per belakang pake per daun. tapi apakah kaki depan juga tangguh? dan biaya maintenance walaupun kabarnya spare part nissan sudah lebih murah, apakah sudah worth it?
secara simulasi perhitungan, kalau hanya anjem saja, panther jauh lebih menguntungkan dari yang lain karena murahnya harga beli dan biaya operasionalnya. tapi sigra dan evalia bisa untuk narik uber/gocar di siang hari, dan kalau rutin narik maka estimasi total income bisa lebih tinggi dari panther walaupun tidak banyak. memang jadinya pasti lebih capek, tapi dapet tambahan ekstra.
sementara saya lebih condong ke panther, tapi kalau ada suggestion dan pertimbangan lain, boleh dong bantuannya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Nyumbang saran dikit ya...
Kemaren saya bersama teman2 ke diler Toyota nyobain kembarannya Sigra yaitu Calya... Poin2 yg gue dapat adlh :
-posisi duduk agak aneh, terlalu ketinggian, kalo paha gede suka mentok ama steer dan parahnya steer gaada tilt
-kalo badan tinggi, kursi driver dimundurin banget bakal makan row2 banget
-row3 cocok buat anak2 smp doank, kalo dipaksa muat anak sma / org kantoran sih muat, legroom luas cuma headroom sempit bgt (saya tinggi 175 cm, mentok di headroom row3 calya)
Plusnya sih emang bs didaftarin ke Uber ato GrabCar dan secara perawatan juga murah karena masi mobil baru, modal ganti oli juga ngacir.
Oh ya, sekedar sumbang saran ga bermutu, kenapa gak lirik Avanza Veloz / Ertiga GL AT gitu? Secara model juga masih pantas kalo dipake buat weekend bersama keluarga, dan posisi duduknya jg menurut gw lumayan nyaman... Dan taon juga masih 2012-2013, jadi masi bs didaftarin buat Uber/GrabCar...
Kemaren saya bersama teman2 ke diler Toyota nyobain kembarannya Sigra yaitu Calya... Poin2 yg gue dapat adlh :
-posisi duduk agak aneh, terlalu ketinggian, kalo paha gede suka mentok ama steer dan parahnya steer gaada tilt
-kalo badan tinggi, kursi driver dimundurin banget bakal makan row2 banget
-row3 cocok buat anak2 smp doank, kalo dipaksa muat anak sma / org kantoran sih muat, legroom luas cuma headroom sempit bgt (saya tinggi 175 cm, mentok di headroom row3 calya)
Plusnya sih emang bs didaftarin ke Uber ato GrabCar dan secara perawatan juga murah karena masi mobil baru, modal ganti oli juga ngacir.
Oh ya, sekedar sumbang saran ga bermutu, kenapa gak lirik Avanza Veloz / Ertiga GL AT gitu? Secara model juga masih pantas kalo dipake buat weekend bersama keluarga, dan posisi duduknya jg menurut gw lumayan nyaman... Dan taon juga masih 2012-2013, jadi masi bs didaftarin buat Uber/GrabCar...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
idemricz wrote:Nyumbang saran dikit ya...
Oh ya, sekedar sumbang saran ga bermutu, kenapa gak lirik Avanza Veloz / Ertiga GL AT gitu? Secara model juga masih pantas kalo dipake buat weekend bersama keluarga, dan posisi duduknya jg menurut gw lumayan nyaman... Dan taon juga masih 2012-2013, jadi masi bs didaftarin buat Uber/GrabCar...
klo emang niat anjem dan hobi nyopir lama, knp g ambil mnual aj? lebih irit dan dpt thn lebih muda jg, tipe terendah bisa dpt thn baru dg biaya servis dan garansi lebih memuasakan/hemat, klo dijual lagi utk peremajaan, imho jenis mbl gini yg laku bagus ya yg manual, toh emang niat buat kerja bkn buat jalan2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
avxen/ertiga ga masuk budgetnya. saya di sby, harga seken mereka masih tinggi. apalagi FC avxen jelas lebih boros dari 3 kandidat saya. sudah ada hitungannya, avxen boros di bensin dan ertiga harganya over. untuk taun 2012 matic, harga avxen dan ertiga termasuk BBN sudah tembus 140. belum lagi biaya perbaikan. sedangkan xenia cuma beda lebih murah dikit.ricz wrote:Nyumbang saran dikit ya...
Kemaren saya bersama teman2 ke diler Toyota nyobain kembarannya Sigra yaitu Calya... Poin2 yg gue dapat adlh :
-posisi duduk agak aneh, terlalu ketinggian, kalo paha gede suka mentok ama steer dan parahnya steer gaada tilt
-kalo badan tinggi, kursi driver dimundurin banget bakal makan row2 banget
-row3 cocok buat anak2 smp doank, kalo dipaksa muat anak sma / org kantoran sih muat, legroom luas cuma headroom sempit bgt (saya tinggi 175 cm, mentok di headroom row3 calya)
Plusnya sih emang bs didaftarin ke Uber ato GrabCar dan secara perawatan juga murah karena masi mobil baru, modal ganti oli juga ngacir.
Oh ya, sekedar sumbang saran ga bermutu, kenapa gak lirik Avanza Veloz / Ertiga GL AT gitu? Secara model juga masih pantas kalo dipake buat weekend bersama keluarga, dan posisi duduknya jg menurut gw lumayan nyaman... Dan taon juga masih 2012-2013, jadi masi bs didaftarin buat Uber/GrabCar...
jadi avxen, mobilio dan ertiga sudah tercoret dari list kandidat.
saya memang lebih suka manual, tapi macetnya surabaya di jam sibuk udah parah. kalo cuma 1-2 hari sih oke, tapi ini kan tiap hari.. jangan sampe badan malah kecapekan dan sakit gara2 cuma pingin hemat sedikit.liep wrote: idem
klo emang niat anjem dan hobi nyopir lama, knp g ambil mnual aj? lebih irit dan dpt thn lebih muda jg, tipe terendah bisa dpt thn baru dg biaya servis dan garansi lebih memuasakan/hemat, klo dijual lagi utk peremajaan, imho jenis mbl gini yg laku bagus ya yg manual, toh emang niat buat kerja bkn buat jalan2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Saya kmrn juga bingung mau ambil apa buat uber...akhirnya saya ambil calya G a/t om...mungkin sigranya bisa dipertimbangkan...apalagi mobil baru dan garansi...
Panther ga bisa dibuat uber...jadi saya rasa pilihan om nomer 2 paling masuk akal..
Sent from my iPad using Tapatalk
Panther ga bisa dibuat uber...jadi saya rasa pilihan om nomer 2 paling masuk akal..
Sent from my iPad using Tapatalk
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Diantara 3 pilihan diatas ane condong ke evalia..
Lega iya, nyaman iya, interior build quality yah masih dibilang ok lha selama ane pake ini no rattle..dibandingkan dgn luxio tahun & kilometer yg mendekati. Ane ada luxio & evalia untuk antar jemput aircrew. Kekurangannya yah kaki depan ga sebadak luxio, udh mulai agak bunyi2. Dan powernya so so aja, cenderung lemot. Kalau hanya penggunaan dalam kota sih ok..kalo untuk keluar kota sih yah imho kurang cocok
Lega iya, nyaman iya, interior build quality yah masih dibilang ok lha selama ane pake ini no rattle..dibandingkan dgn luxio tahun & kilometer yg mendekati. Ane ada luxio & evalia untuk antar jemput aircrew. Kekurangannya yah kaki depan ga sebadak luxio, udh mulai agak bunyi2. Dan powernya so so aja, cenderung lemot. Kalau hanya penggunaan dalam kota sih ok..kalo untuk keluar kota sih yah imho kurang cocok

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Batumakam? Model yg nda kleceran? Taxi global? Trus? Indo lo beda jauh sm yurop... disini itu hot+humid... cawan petri seukuran negara itu ya indo... mana jalanannya indo itu bs bwt tes akselerasi kerusakan suspensi... beda sm yurop yg lbh rata...
Seingetku... evalia kaca baris ke2nya kyk loket parkir lo... (gbs buka penuh) klo gpp ya udh...
Mending ambil mobil baru aja... kyknya duit om ts cm siap bwt beli mobil... g smpe unexpected breakdown... bs taxi online jg kan...
Beli mobil matik bekas apalagi th udh tua gitu hrs siap" klo smpe OH matik... klo g siap y jgn...
Seingetku... evalia kaca baris ke2nya kyk loket parkir lo... (gbs buka penuh) klo gpp ya udh...
Mending ambil mobil baru aja... kyknya duit om ts cm siap bwt beli mobil... g smpe unexpected breakdown... bs taxi online jg kan...
Beli mobil matik bekas apalagi th udh tua gitu hrs siap" klo smpe OH matik... klo g siap y jgn...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Panther LS/touring turbo A/T FF tahun 2002-2004
kayaknya untuk tipe LS yang turbo hanya buat matic om, dan agak susah nyari nya.
btw pengalaman pake panther (saya pake panther LV 2008), dari segi maintenance dan perawatan murah meriah muntah, karakter suspensi nya saya suka, empuk (konsekwensi nya jadi lebih limbung), jadi kalo lewat jalan2 jelek serasa naik bus air suspension
Kenyamanan juga oke, bawa jakarta - pekanbaru dibadan nyaman2 ajah
untuk kaki2 lumayan kuat kalo yg versi kapsul (dibanding panther kotak).. jalan jelek lintas sumatera, saya terabas aman2 ajah, cuma yaa kalo compare sama innova, masih kuat innova.
kalo saya buat kenyamanan dan mayoritas main di jalan aspal mending ambil LS dibanding touring (touring lebih limbung, karena body tinggi)
kayaknya untuk tipe LS yang turbo hanya buat matic om, dan agak susah nyari nya.
btw pengalaman pake panther (saya pake panther LV 2008), dari segi maintenance dan perawatan murah meriah muntah, karakter suspensi nya saya suka, empuk (konsekwensi nya jadi lebih limbung), jadi kalo lewat jalan2 jelek serasa naik bus air suspension

Kenyamanan juga oke, bawa jakarta - pekanbaru dibadan nyaman2 ajah
untuk kaki2 lumayan kuat kalo yg versi kapsul (dibanding panther kotak).. jalan jelek lintas sumatera, saya terabas aman2 ajah, cuma yaa kalo compare sama innova, masih kuat innova.
kalo saya buat kenyamanan dan mayoritas main di jalan aspal mending ambil LS dibanding touring (touring lebih limbung, karena body tinggi)
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
well, biarpun memang kondisi indo beda jauh, tapi evalia sepertinya tergolong kuat kok. ada member SM yg udah pake 3 unit evalia buat armada anjem bandara kediri-sby tiap hari PP tapi kuat2 aja, baru 2 taun udah 128rb km, cuma ganti shock dan motor fan radiator. di sby sini saya juga liat cukup banyak evalia dibuat armada anjem. ini yg bikin saya masukin evalia kedalam pertimbangan, despite kabar parahnya durability kaki livina. kalo ada laporan evalia ternyata banyak masalah, barulah saya coret, tapi sejauh ini belum nemu..doge wrote:Batumakam? Model yg nda kleceran? Taxi global? Trus? Indo lo beda jauh sm yurop... disini itu hot+humid... cawan petri seukuran negara itu ya indo... mana jalanannya indo itu bs bwt tes akselerasi kerusakan suspensi... beda sm yurop yg lbh rata...
Seingetku... evalia kaca baris ke2nya kyk loket parkir lo... (gbs buka penuh) klo gpp ya udh...
Mending ambil mobil baru aja... kyknya duit om ts cm siap bwt beli mobil... g smpe unexpected breakdown... bs taxi online jg kan...
Beli mobil matik bekas apalagi th udh tua gitu hrs siap" klo smpe OH matik... klo g siap y jgn...
soal kaca baris ke-2 sih no problem, itu kaca bakalan jarang dibuka kecuali darurat...
kalo mobil baru, budget cuma cukup di sigra. pertanyaannya ya itu tadi, apakah kaki sigra yg LCGC dan FWD ini bakalan cukup durable untuk diisi full load tiap hari jalan 8-12 jam? karena setau saya kaki tidak masuk garansi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
kalau dari pilihan diatas sih, jelas panther paling badak
tapi kalau segi "gengsi", panther kalah, segi umur juga kalah, terus untuk mobil antar jemput menurut pengalaman saya ada beberapa orang tua murid yang ga cocok kalo anaknya dinaikin mobil diesel berbau kaya panther ( alasan kesehatan katanya, entah di surabaya kaya gimana )
cuma gini om, sigra sama calya jujur aja belom teruji sampai mana kekuatannya, untuk diisi full load 7 - 8 orang kan setiap harinya ini jg belum diketahui sampai dimana kekuatannya, apalagi maticnya yg cukup lemot agak bikin susah seruntulan..
posisi duduk di sigra - calya ada yg bilang aneh, ada yg bilang oke.. saya masuk kategori agak aneh, row 2 nya agak gimana gitu kalo buat jalan panjang kurang enak.. row 3 juga gak terlalu lega dibanding yg lainnya ( saya naik panther sampai row 3 dimuat 10an orang aja aman buat naik ke gunung kidul, kebetulan row 2 dan 3 orangnya kecil2, jadi ga terlalu ngeluh
)
Evalia, coret deh, kakinya kayanya kurang kuat kalo dari karakter batu makam..
option terbaik sih kayanya tetep duo calya sigra deh, masih ada sedikit garansi, lagian toyodai kakinya jg ga busuk2 amat kan dari produk2 yg dikeluarin.. harusnya masih aman2 aja.. dan bisa dapet tambahan penghasilan dari uber / grab.. BBM irit juga 1:15an..
FYI, panther dalkot 1:10 ( ini manual, kalo matic ga tau deh ), biaya per KM 515 perak
Sigra dalkot 1:15an ( matic yg ue coba, pake pertamax Rp 7550 ), biaya per KM sekitar 503 perak

tapi kalau segi "gengsi", panther kalah, segi umur juga kalah, terus untuk mobil antar jemput menurut pengalaman saya ada beberapa orang tua murid yang ga cocok kalo anaknya dinaikin mobil diesel berbau kaya panther ( alasan kesehatan katanya, entah di surabaya kaya gimana )
cuma gini om, sigra sama calya jujur aja belom teruji sampai mana kekuatannya, untuk diisi full load 7 - 8 orang kan setiap harinya ini jg belum diketahui sampai dimana kekuatannya, apalagi maticnya yg cukup lemot agak bikin susah seruntulan..
posisi duduk di sigra - calya ada yg bilang aneh, ada yg bilang oke.. saya masuk kategori agak aneh, row 2 nya agak gimana gitu kalo buat jalan panjang kurang enak.. row 3 juga gak terlalu lega dibanding yg lainnya ( saya naik panther sampai row 3 dimuat 10an orang aja aman buat naik ke gunung kidul, kebetulan row 2 dan 3 orangnya kecil2, jadi ga terlalu ngeluh

Evalia, coret deh, kakinya kayanya kurang kuat kalo dari karakter batu makam..
option terbaik sih kayanya tetep duo calya sigra deh, masih ada sedikit garansi, lagian toyodai kakinya jg ga busuk2 amat kan dari produk2 yg dikeluarin.. harusnya masih aman2 aja.. dan bisa dapet tambahan penghasilan dari uber / grab.. BBM irit juga 1:15an..
FYI, panther dalkot 1:10 ( ini manual, kalo matic ga tau deh ), biaya per KM 515 perak
Sigra dalkot 1:15an ( matic yg ue coba, pake pertamax Rp 7550 ), biaya per KM sekitar 503 perak
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
@adityawei:
nah itu dia, matic calsig yg lemot. itu 1:15 dalam kondisi mobil baru testdrive. kalo diisi full load, jadi berapa? lha bebannya manusianya aja 7 orang bisa sekitar 300-400kg, itu sudah berapa persen bobot mobil? apalagi FWD, pasti lebih ngoyo lagi mesinnya, dan efek penurunan FC nya bisa parah. ane ga yakin 1:12 masih masuk pake calsig dalam kondisi full load.
btw panther manual dalkot 1:10 itu dimana ya? jakarta kah? kalo di sby sini ga pernah denger panther manual under 1:11...
nah itu dia, matic calsig yg lemot. itu 1:15 dalam kondisi mobil baru testdrive. kalo diisi full load, jadi berapa? lha bebannya manusianya aja 7 orang bisa sekitar 300-400kg, itu sudah berapa persen bobot mobil? apalagi FWD, pasti lebih ngoyo lagi mesinnya, dan efek penurunan FC nya bisa parah. ane ga yakin 1:12 masih masuk pake calsig dalam kondisi full load.
btw panther manual dalkot 1:10 itu dimana ya? jakarta kah? kalo di sby sini ga pernah denger panther manual under 1:11...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Udah pernah coba panther matic? Lemot parah...
Dan ga yakin kuat diabuse...pernah dipinjamin ama sodaranya temen panther matic, itu powerlossnya besar banget, mobil kaya hampir ga jalan...tp emang lagi bermasalah sih transmisinya
Dan ga yakin kuat diabuse...pernah dipinjamin ama sodaranya temen panther matic, itu powerlossnya besar banget, mobil kaya hampir ga jalan...tp emang lagi bermasalah sih transmisinya
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
@nyotnyet: separah apa sih? belum pernah coba maticnya. kalo yg manual pernah, dan puas banget dengan akselerasinya. kalo dengan freed, lemot mana ya? ada freed punya bapak, lemot tapi masih acceptable buat saya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Sebenernya ga bisa jadiin patokan sih om, panther kmrn itu transmisinya rusak...r1409 wrote:@nyotnyet: separah apa sih? belum pernah coba maticnya. kalo yg manual pernah, dan puas banget dengan akselerasinya. kalo dengan freed, lemot mana ya? ada freed punya bapak, lemot tapi masih acceptable buat saya...
Tp itu sedikit banyak menunjukkan kalo transmisinya ga kuat diabuse, soalnya yg dipinjemin itu mobil kantor...atau yg pake terlalu parah juga bisa...
140jt dapet D4D seken ga ya
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Iya sih mobil test, load sekitar 350an kg ( 3 orang bigsize + 2 small ) lemot nya acceptable sih kalo emang ga doyan seruntulan.. Dengan load segitu MID sekitar 1:15 kok, pas test pertama ue cuma ber 3, 2 big 1 small load mgkn sekitar 250an MID 1:17 dan ini jalan datar ya..r1409 wrote:@adityawei:
nah itu dia, matic calsig yg lemot. itu 1:15 dalam kondisi mobil baru testdrive. kalo diisi full load, jadi berapa? lha bebannya manusianya aja 7 orang bisa sekitar 300-400kg, itu sudah berapa persen bobot mobil? apalagi FWD, pasti lebih ngoyo lagi mesinnya, dan efek penurunan FC nya bisa parah. ane ga yakin 1:12 masih masuk pake calsig dalam kondisi full load.
btw panther manual dalkot 1:10 itu dimana ya? jakarta kah? kalo di sby sini ga pernah denger panther manual under 1:11...
*note : nginjek gas diurut, gak asal bejek..
Dalkot solo om, panther ue non turbo, jd agak boros dikit sekitar 1:10,x, panther temen ue yg berturbo sekitar 1:12..
Panther matic kebetulan pernah numpang, lemot sihh, tapi acceptable buat saya..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Mm...
Budgetnya ngepres banget ya...
Bnernya ada grenmex at sih... tp itu special order.. (krn aslinya bwt jepun), klo gbs special order, sekennya jg udh keliaran di jualbeli...
D4d at... 140jt... dapet g ya... klo dpet, enak sih.... allrounder banget... reliability top... (engine kuat, tranny kuat, electrical g rumit) buat driver jg lmyn enak, bwt penumpang enak banget wkwkwk....
Bs jd selling point jg... anjem ipah d4d at... di sby blm prnah ktemu aku... (kecuali shuttle car ukp... pke ipah
)
Budgetnya ngepres banget ya...
Bnernya ada grenmex at sih... tp itu special order.. (krn aslinya bwt jepun), klo gbs special order, sekennya jg udh keliaran di jualbeli...
D4d at... 140jt... dapet g ya... klo dpet, enak sih.... allrounder banget... reliability top... (engine kuat, tranny kuat, electrical g rumit) buat driver jg lmyn enak, bwt penumpang enak banget wkwkwk....
Bs jd selling point jg... anjem ipah d4d at... di sby blm prnah ktemu aku... (kecuali shuttle car ukp... pke ipah


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Sun Feb 28, 2016 11:37
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Gak coba apv om? Dulu pas masih skolah anjem nya apv. Enak sih naikannya. Row 2 n 3 lebar.
Sent from my SM-N900 using Tapatalk
Sent from my SM-N900 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Kalo saran ane sih Daihatsu Luxio om , over all lebih kuatdi banding evalia , row 3 juga lapang , kaki bisa lurus dan ada arm restnya , naiknya juga nyaman , ambil yg trim X At om , kabin juga gak terlalu jelek yg trim X ada wooden panel hitam . Imho ya om
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 201
- Joined: Mon May 20, 2013 8:15
- Location: Pekanbaru - Riau
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
evalia udah masuk tahun ketiga jadi mobil dinas supervisor di perusahaan tempat saya bekerja, dipake blusukan di daerah riau yg jalannya ampun2an, saya cek bon service rutin belum ada penggantian sparepart yang aneh2, masih yg fast moving (ban, rem) tapi lebih cocok transmisi manual deh om untuk mobil seperti ini.
140 jt bukannya dapat tu ertiga, veloz '12
kalau sering isi penumpang full kayaknya ga cocok calya n sigra, agak sempit, mending avxen bekas
140 jt bukannya dapat tu ertiga, veloz '12
kalau sering isi penumpang full kayaknya ga cocok calya n sigra, agak sempit, mending avxen bekas
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
hmm oke. temen ane ternyata juga ada yg pernah beli panther matic seken, bermasalah juga maticnya gambot. sepertinya riskan ya, apalagi umurnya pasti udah tua. kalo manualnya sih, apa koplingnya enteng ya? dulu pernah nyetir hi-sporty, agak pegel juga kalo macet. entah dengan yg kapsul, belum pernah coba.nyotnyet wrote: Sebenernya ga bisa jadiin patokan sih om, panther kmrn itu transmisinya rusak...
Tp itu sedikit banyak menunjukkan kalo transmisinya ga kuat diabuse, soalnya yg dipinjemin itu mobil kantor...atau yg pake terlalu parah juga bisa...
140jt dapet D4D seken ga ya
D4D seken bisa dapet taun 2006-2007, tapi itu belum BBN dan biaya restorasi.. sedangkan budget 140 itu sudah include.
wow lumayan irit juga.. tinggal masalah kekuatan kaki2nya aja. ada yg tau parts kakinya, apakah banyak kesamaan dengan avxen? kalau iya harusnya durability kaki juga mungkin mirip2.adityawei wrote: Iya sih mobil test, load sekitar 350an kg ( 3 orang bigsize + 2 small ) lemot nya acceptable sih kalo emang ga doyan seruntulan.. Dengan load segitu MID sekitar 1:15 kok, pas test pertama ue cuma ber 3, 2 big 1 small load mgkn sekitar 250an MID 1:17 dan ini jalan datar ya..
*note : nginjek gas diurut, gak asal bejek..
Dalkot solo om, panther ue non turbo, jd agak boros dikit sekitar 1:10,x, panther temen ue yg berturbo sekitar 1:12..
Panther matic kebetulan pernah numpang, lemot sihh, tapi acceptable buat saya..
ga mau granmax, karena ini mobil juga untuk dipake keluarga sendiri. apalagi mesin dibawah.doge wrote:Mm...
Budgetnya ngepres banget ya...
Bnernya ada grenmex at sih... tp itu special order.. (krn aslinya bwt jepun), klo gbs special order, sekennya jg udh keliaran di jualbeli...
D4d at... 140jt... dapet g ya... klo dpet, enak sih.... allrounder banget... reliability top... (engine kuat, tranny kuat, electrical g rumit) buat driver jg lmyn enak, bwt penumpang enak banget wkwkwk....
Bs jd selling point jg... anjem ipah d4d at... di sby blm prnah ktemu aku... (kecuali shuttle car ukp... pke ipah)
betul sih anjem d4d bisa jadi nilai jual tambahan, tapi 140jt itu belum BBN dan biaya restorasi..
ga mau APV, mesin bawah dan boros.honeycombat wrote:Gak coba apv om? Dulu pas masih skolah anjem nya apv. Enak sih naikannya. Row 2 n 3 lebar.
Sent from my SM-N900 using Tapatalk
ga mau luxio. memang luas, tapi terlalu jangkung dan mesin dibawah. dan yg paling ga suka adalah, ruang roda depan yg terlalu gede sampe memakan banyak legroom depan. pedal gas sampe posisinya agak ketengah gitu, ga enak banget posisi kakinya.grandis_GT wrote:Kalo saran ane sih Daihatsu Luxio om , over all lebih kuatdi banding evalia , row 3 juga lapang , kaki bisa lurus dan ada arm restnya , naiknya juga nyaman , ambil yg trim X At om , kabin juga gak terlalu jelek yg trim X ada wooden panel hitam . Imho ya om
hmm satu lagi testimoni evalia. tapi dari pembicaraan barusan sepertinya istri ga demen model boxy nih...reza martiyas wrote:evalia udah masuk tahun ketiga jadi mobil dinas supervisor di perusahaan tempat saya bekerja, dipake blusukan di daerah riau yg jalannya ampun2an, saya cek bon service rutin belum ada penggantian sparepart yang aneh2, masih yg fast moving (ban, rem) tapi lebih cocok transmisi manual deh om untuk mobil seperti ini.
140 jt bukannya dapat tu ertiga, veloz '12
kalau sering isi penumpang full kayaknya ga cocok calya n sigra, agak sempit, mending avxen bekas

ertiga dan veloz 140 dapet, tapi belum BBN dan biaya restorasi.
iya sih calsig baris ketiga cuma muat 2 orang, dan headroom juga rendah.
----------------------------------------------------------------
sepertinya pilihan yg cukup sulit, masing-masing punya poin minus yg lumayan signifikan.
kalo seperti ini, sepertinya kriteria harus matic bisa dicoret, dengan catatan pedal kopling harus enteng...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
BBN, emang mobilnya langsung mau dibalik nama om? Malah enaknya seken kan kalo bisa nembak ya nembak aja...CMIIW
Orang beli mobil baru aja pusing pinjem ktp loh...
D4D at direstorasi juga enaknya ga bohong om nantinya...selama pemakaian normal harusnya yg diberesin juga ga banyak kok
Orang beli mobil baru aja pusing pinjem ktp loh...
D4D at direstorasi juga enaknya ga bohong om nantinya...selama pemakaian normal harusnya yg diberesin juga ga banyak kok
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Saya tidak tahu lemotnya calsig seperti apa dan kemudian berefek pada FC-nya juga karena memang belum pernah TD. Pastinya dari pilihan yang ada, hanya calsig yang masuk akal untuk operasional sebagai workhorse.
Ini berkaitan dengan pola bisnis transportasi, seharusnya Om sudah memikirkan pada tahun ke berapa akan menambah armada. Umur armada maksimal 5 tahun, tapi lebih cepat ganti lebih baik. Nah keunggulan calsig, harga jual seharusnya masih cukup baik di tahun ke-4 atau ke-5, uang yang ada bisa dipakai DP untuk ambil dua atau tiga mobil baru. Mobil tersebut nantinya juga sama, 4 atau 5 tahun kemudian harus berkembang biak lagi. Ini kalau Om memikirkan bisnis transportasi sebagai andalan.
Untuk mobil yang dipakai sendiri, pakailah dengan ikhlas mobil yang ada dalam artian fun to drive belakangan, toh kalau bisnis bisa berkembang, Om bisa beli mobil fun to drive u dipakai sendiri.
Saya bukan sales atoyot, tapi coba belajar bisnis transportasi
Ini berkaitan dengan pola bisnis transportasi, seharusnya Om sudah memikirkan pada tahun ke berapa akan menambah armada. Umur armada maksimal 5 tahun, tapi lebih cepat ganti lebih baik. Nah keunggulan calsig, harga jual seharusnya masih cukup baik di tahun ke-4 atau ke-5, uang yang ada bisa dipakai DP untuk ambil dua atau tiga mobil baru. Mobil tersebut nantinya juga sama, 4 atau 5 tahun kemudian harus berkembang biak lagi. Ini kalau Om memikirkan bisnis transportasi sebagai andalan.
Untuk mobil yang dipakai sendiri, pakailah dengan ikhlas mobil yang ada dalam artian fun to drive belakangan, toh kalau bisnis bisa berkembang, Om bisa beli mobil fun to drive u dipakai sendiri.
Saya bukan sales atoyot, tapi coba belajar bisnis transportasi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Nah pemikiran saya persis sama om...flamboyan wrote:Saya tidak tahu lemotnya calsig seperti apa dan kemudian berefek pada FC-nya juga karena memang belum pernah TD. Pastinya dari pilihan yang ada, hanya calsig yang masuk akal untuk operasional sebagai workhorse.
Ini berkaitan dengan pola bisnis transportasi, seharusnya Om sudah memikirkan pada tahun ke berapa akan menambah armada. Umur armada maksimal 5 tahun, tapi lebih cepat ganti lebih baik. Nah keunggulan calsig, harga jual seharusnya masih cukup baik di tahun ke-4 atau ke-5, uang yang ada bisa dipakai DP untuk ambil dua atau tiga mobil baru. Mobil tersebut nantinya juga sama, 4 atau 5 tahun kemudian harus berkembang biak lagi. Ini kalau Om memikirkan bisnis transportasi sebagai andalan.
Untuk mobil yang dipakai sendiri, pakailah dengan ikhlas mobil yang ada dalam artian fun to drive belakangan, toh kalau bisnis bisa berkembang, Om bisa beli mobil fun to drive u dipakai sendiri.
Saya bukan sales atoyot, tapi coba belajar bisnis transportasi
Makanya saya sarankan calsig aja, saya sendiri ambil untuk bisnis transportasi (masih belajar), paling jeleknya kalo ga jalan (amit2), bisa dipake agak lama dan jual juga gampang (toyota ini). Garansi juga ga bikin pusing pakenya, jadi peduli amat ama setir yang paten dan driving position yg aneh ( saya sendiri merasa aneh soalnya ), yg penting bisa menghasilkan duit...hahahaha...
Terbukti dari panjangnya inden calsig ini, bikin saya ga ragu pinang satu, walaupun impian saya beli suv buat weekend car harus ditunda dulu...sapa tau bisa dapet yg lebuih bagus...aminnn
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
Aamien ...nyotnyet wrote: Nah pemikiran saya persis sama om...
Makanya saya sarankan calsig aja, saya sendiri ambil untuk bisnis transportasi (masih belajar), paling jeleknya kalo ga jalan (amit2), bisa dipake agak lama dan jual juga gampang (toyota ini). Garansi juga ga bikin pusing pakenya, jadi peduli amat ama setir yang paten dan driving position yg aneh ( saya sendiri merasa aneh soalnya ), yg penting bisa menghasilkan duit...hahahaha...
Terbukti dari panjangnya inden calsig ini, bikin saya ga ragu pinang satu, walaupun impian saya beli suv buat weekend car harus ditunda dulu...sapa tau bisa dapet yg lebuih bagus...aminnn
Betul itu Om nyotnyet, sabar aja dulu. Di sini banyak yang mainannya dah bus AKAP dan truk ekspedisi, dari yang modal sebiji atau tiga biji sampai beranak pinak jadi puluhan, buat pool pun nyantai aja.
Fasilitasnya pun dah sampai very low rate di bank nasional
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: Saran mobil untuk antar jemput - PART 2
kopling enteng ?r1409 wrote:wow lumayan irit juga.. tinggal masalah kekuatan kaki2nya aja. ada yg tau parts kakinya, apakah banyak kesamaan dengan avxen? kalau iya harusnya durability kaki juga mungkin mirip2.
iya sih calsig baris ketiga cuma muat 2 orang, dan headroom juga rendah.
sepertinya pilihan yg cukup sulit, masing-masing punya poin minus yg lumayan signifikan.
kalo seperti ini, sepertinya kriteria harus matic bisa dicoret, dengan catatan pedal kopling harus enteng...
bisa disetel sih.. ue pernah nyoba ertiga MT enteng menurut ue..
panther ue udah disetel enteng jg koplingnya ( jadi mirip ama kopling mirage, buka dikit aja nyruntul ) tapi emang kalo kopling asalnya berat sama emang enteng dari sononya sih pasti beda karena kopling berat *biasanya* injekannya lumayan dalem..
MT calsig termasuk enteng, jauh lebih enteng dari avxen.. Satu hal yang saya berani jamin, itu MT calsig jauh lebih baik daripada AT nya.. AT agak berat kayanya kalau mau diisi full load..
Calsig row 3 paling 2 orang, row 2 3 orang udah mepet karena emang mobilnya kecil.. row 3 calsig ga rendah2 banget kok ( kalo buat antar jemput anak SMP masih oke lah, ue tinggi 172 masih ada headroom kok )
kaya yg dibilang sama om nyotnyet + om flamboyan, kenapa calsig, ue setuju banget, duo calsig akan menjadi salah satu kandidat raja jalanan berikutnya ( menggantikan avanza + xenia ), jaman dulu temen ue beli avanza seharga 120an, dia jual balik after 7 taun pemakaian laku 110, sehari2 buat workhorse rumah ( solo ) - gudang ( karanganyar ) - semarang..
solusi terbaik karena emang ini akan dijadikan seekor mobil perang, why not buying a new one ? Well, peace of mind and good resale value can be expected from the new duo..
kekuatan kaki ue no comment deh

cuma kalo antar jemput kok image mobil boxy lebih kuat ya, daridulu waktu ue masih sekolah grenmek ini rajanya antar jemput karena muat banyak. Sebelum grenmek yg banyak sih APV sama espass / zebra

2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC