BMW E30 M40B18 Butut

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

BMW E30 M40B18 Butut

Post by octafiantos »

Iseng nampilin piaraan lama, E30 M40B18.
Mobil ini gua beli tahun 2012 dan dipiara selama kl 2 tahun. Bukan mobil yang keren, cuma mobil tua ala kadarnya dengan banyak PR keropos dan PR-PR lainnya. Penampilannya juga biasa banget, salah kostum. Pokoknya mobil aing kumaha aing.

Perjalanannya begini, sodara sebangsa dan setanah air...
Bermula dari lihat mobil, kesana kemari dan akhirnya mandek di iklan ini. Sellernya kirim beberapa foto, tapi kalo ditayangin semua tar pada bosen dan muak, mobil jelek ditayangin mulu. Ini 2 foto dari banyak foto yang dia kirim. Foto diambil di halaman rumahnya yang super gede.
Image

Image

Singkat cerita, deal.
Gua bayar minus 10 juta karena plat mati 6 tahun dan sedang diurus sekalian BBN. Baru akan dilunasi setelah STNK dan BPKB diantar. Tadinya gua pikir begitu aja, ternyata dikasih spoiler MTech II dan setelah gua cek itu original. Tapi bodohnya gua, ga ambil pelek standarnya. Dia minta 1.6 udah include ban masih baru. Bukan rejeki, ga usah dibahas...

Singkat cerita, mobil mulai dipake kesana sini.
Setelah beberapa lama, gua baru sadar kalo mobil ini lobang buang di bagian kabin ternyata lepas. Dan ini awal mula PR yang makan duit di dompet :D Kenapa gua ga sadar, karena mobil ini dilapis karpet dasar dan ngga tembus air. Kelihatannya waktu dibongkar sih biasa aja...
Image

Image

Ternyata setelah karpet dilepas, olala... :-[
Image

Image

Image

Image

Lobang buang di dek lepas, dan keliatannya mobil pernah nerjang air. Waktu beberapa lama setelah kelar dan cerita, ternyata owner juga ga tau kalo di bawah karpet itu karpet dasarnya basah hahaha.

Bonusnya, spoiler MTech itu kan model bor.
Dia pernah lepas dan ganti spoiler karet. Dari lobang itu kena air dan nempel lama di tulang bagasi. Pertama gua liat, karatnya kecil sekali. Gua minta gosrak pake obeng dan hasilnya begini.
Image

Bersambung karena bakal ga enak kalo terlalu banyak gambar dalam satu post.
Kavling kosong, bisa dikridit.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by octafiantos »

Melanjutkan sambil bersantai, eh belum makan ding.
Jadi setelah digedor semua karat, ternyata sampe ke firewall. Otomatis mesti turun dasbor, karena firewall ada peredam busa. Kebakar kalo dilas ngga turun dasbor. Nanggung, ya sudahlah ya, diteruskan kerjaannya.

Tempat aki.
Image

Dashboard
Image

Image

Tulang bagasi disobek bagian yang karatan, ditambal pelat, dilas dan didempul ulang.
Image

Image

Bengkel ini sebetulnya bukan bengkel BMW, tapi memang tukang bodinya pintar.
Dek ngga dibuat polos seperti kebanyakan orang nambal dek E30. Dibentuk ulang seperti dek aslinya. Setelah dihammertone, begini hasilnya.
Image

Image

Image

Image

Jadi dek kanan kiri ditambal, lapis hammertone luar dalem, firewall ditambal, bikin tempat aki baru. Juga nambal tulang bagasi. Karpet E30 ternyata tebal banget, bengkel tadinya bilang dijemur 3 hari kelar. Ternyata seminggu lebih baru kering. Total perbaikan bodi sendiri sama AC sekitar sebulan.

Akhirnya setelah perjuangan panjang, pulang juga ke rumah...
Image

Image

Image

Image

Ini baru sekelumit PR. Dalam perjalanannya namanya mobil tuir pake banget, ya mayan jajan sana sini.
Kavling kosong, bisa dikridit.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by egibaio »

Nice story om octa, mobilnya juga ganteng. Selalu suka liat cerita om octa restorasi mobil tua. Ditunggu kelanjutannya oom.

Oiya E30 ini variannya ada apa aja ya yg di indo? Temen saya ada yg mau nyari nih, dia niatnya buat daily+ngesot sesekali
Last edited by egibaio on Sun Aug 21, 2016 6:41, edited 1 time in total.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by coklatMetalik »

Wah another restoration setelah Kijang 94

BTW itu biayanya brp om?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by octafiantos »

Sekarang dari sisi review.
Sebetulnya gua malu nulis, karena gua ini apalah. Yesterday afternoon kid, gitu.

E30 ini gua beli buat gantiin mobil APV yang dikembalikan ke kantor. Karena orang awam ya akhirnya dapet barang biasa, malah kelimpahan kudu restorasi dek keropos. Nantinya juga nyusul sasis keropos, penyakit E30 kalo ga dirawat bener. Lubang buang air AC memang ada di jalur tulang monokok di kiri. Kedua, ada faktor dikerjakan bengkel pinggir jalan yang ga pegang manual book factory standard procedure. Tulang monokok E30 aslinya hanya direkomendasikan pake dongkrak buaya. Tapi jaman dulu kan belum tren, pakenya dongkrak botol. Sebenernya botol boleh, tapi ada prosedurnya, mesti dialasin plat rata. Kan ga street mechanic yang ikutin prosedur, lama lama tulang penyok, penyok, ada yang sobek dikit, kena air ya udah karatan. Begitu umur 15+ coba saja lihat E30 yang dirawat seadanya yang udah dilepas dari beres dipelihara orang pinggiran macam gua ini, pasti under carriagenya penyok penyok.

Secara umum, E30 M40B18 powernya pas pasan.
Cari sendiri deh powernya di wikipedia, malu mo sebutin :p Udah gitu mesti dikurangi minimal 10% karena kudanya udah pada melarikan diri. Klep udah ga presisi, piston mungkin dah goyang dombret, ruang bakar kotor, transmisi dah ga prima. Kopel dah goyang, gardanyannya udah nangis. Lengkap. Pun begitu, setelah ganti semua kaki kaki depan dan belakang, mobil ini gua tes di Jorr siang siang masih cukup kenceng. Setelah sentuh 110 masih naik meskipun ga cepet. Sampe 150kpj, gas gua turunin dan belik crusing di 90-100. Udah cukup, mobil 20tahun ++ masih bisa lari segitu udah lebih dari ekspektasi. Selain itu, rem E30 itu ga pakem untuk power segitu. Depan cakram belakang tromol, dan cakram depan baru, kampas depan belakang baru.

Driving Experience.
Karean ini cuma 318i, power berasa kurang. Mobilnya nurut karena distribusi bobot, kecil buat selap selip, moncong dan buritan keliatan semua. Buat manuver gampang. Masih lebih enak buat ukuran sekarang kalo cuma dicompare dengan beberapa Corola dan Corona twincam yang pernah gua piara. Kabinnya yang jelas sempit, panel AC ngadep ke driver. Orang sebutnya driver-oriented dashboard. Aslinya mah ga tau, kalo di komunitas sih jadi ledekan hahaha. Malah ada temen bikin stiker pake simbol ///M, tulisannya klub Dashboard ///Miring.

Mobil ini sih enaknya buat nongkrong.
Kondisi jelek aja masih dilirik. Jadi ga usah kenceng kenceng kalo bawa mesin parut begini. Buka aja jendela crusing pelan pelan, pake topi koboi dan cerutu. Terserah mau dinyalain apa dipegang doang cerutunya.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by sintoni »

Wih, ngeri juga ya om karatnya.Pasti hasil dari air ngendap di kolong bertahun2.


Tapi E30 ini salah satu mobil impian waktu kecil, pas masih jamannya E46.

Kalo udah di restorasi sih pasti driving experience nya ga kalah sama mobil jepang yang baru2.

Nais ripiu om.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by octafiantos »

coklatMetalik wrote:Wah another restoration setelah Kijang 94
BTW itu biayanya brp om?
Duluan ini Om.
Ini 2012 ikut dateng ke Bimmerfest 2012. Beresin karat abis 2.5 waktu itu. Total abisnya 2 tahun hampir 20an, tapi banyak banget itemnya. Benerin mesin, steering rack, betulin sasis, kaki kaki depan-belakang, dll dll udah termasuk pernah ngecat kap dan bagasi.
sintoni wrote:Wih, ngeri juga ya om karatnya.Pasti hasil dari air ngendap di kolong bertahun2.
Tapi E30 ini salah satu mobil impian waktu kecil, pas masih jamannya E46.
Kalo udah di restorasi sih pasti driving experience nya ga kalah sama mobil jepang yang baru2.
Nais ripiu om.
Agak susah juga sih cari pembanding yang head to head secara dimensi dan penggerak roda.
Paling yang ada RWD itu Cefiro. Sisanya hanya head to head dimensi aja, Corola, Civic.

egibaio wrote:Nice story om octa, mobilnya juga ganteng. Selalu suka liat cerita om octa restorasi mobil tua. Ditunggu kelanjutannya oom.

Oiya E30 ini variannya ada apa aja ya yg di indo? Temen saya ada yg mau nyari nih, dia niatnya buat daily+ngesot sesekali
Ga tau pada masuk resmi apa nggak ya, 318i/320i, 323i, 325i.
Itu ada semua. 6 silindernya pake mesin M20. Wah saya mah restotasi karena terpaksa, beli mobil keropos hahaha.
Kavling kosong, bisa dikridit.
bayumas80
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Jul 26, 2012 20:40

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by bayumas80 »

Bengkel nya dimana om?
Saya lg cari ni buat resto corolla ke30 79, restorasi yang sudah dilakukan gagal total nih, maklum saya resto di bengkel kampung
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by dsign1990 »

ane salut om octa rajin & sabar bgt urusan beginian
tahun lalu abis lebaran ane juga ngangkat mark2
mau restorasi tapi gak jadi keburu males
malah dijual lg
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by arfs »

Nice review om,
BTW horror amat karatan nya, bisa sebanyak itu :ungg:
Tp telaten juga om octa benahin E30 nya

Kalo di forum sebelah bilang E30 itu "True Definition of Ultimate Driving Machine" bener gk om?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by egibaio »

octafiantos wrote:
egibaio wrote:Nice story om octa, mobilnya juga ganteng. Selalu suka liat cerita om octa restorasi mobil tua. Ditunggu kelanjutannya oom.

Oiya E30 ini variannya ada apa aja ya yg di indo? Temen saya ada yg mau nyari nih, dia niatnya buat daily+ngesot sesekali
Ga tau pada masuk resmi apa nggak ya, 318i/320i, 323i, 325i.
Itu ada semua. 6 silindernya pake mesin M20. Wah saya mah restotasi karena terpaksa, beli mobil keropos hahaha.
Kayaknya agak jarang ya E30 6cyl di indo om? Hahaha gpp om masih ganteng kok ini mobilnya. Stirnya ga minat ganti om? Nardi atau apa gitu?
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by octafiantos »

egibaio wrote: Kayaknya agak jarang ya E30 6cyl di indo om? Hahaha gpp om masih ganteng kok ini mobilnya. Stirnya ga minat ganti om? Nardi atau apa gitu?
Dikit banget, ga tau resmi apa nggak masuknya.
Temen juga ada E30 kupe tapi ga diopenin. Restorasinya ga bener untuk kelas milyarder.

Itu Momo original, saya lihat ada beberapa aliran E30 pake setir begitu di Eropa. Aliran nyleneh kali haha. Udah diganti ke stir aslinya sebelum dijual, stir Momonya saya keep.
arfs wrote:Nice review om,
BTW horror amat karatan nya, bisa sebanyak itu :ungg:
Tp telaten juga om octa benahin E30 nya

Kalo di forum sebelah bilang E30 itu "True Definition of Ultimate Driving Machine" bener gk om?
Gak horor.
Karat memang seperti itu, keliatan kecil di luar. Bawahnya udah kemana-mana. Makanya kalo ada yang nanya mau betulin karat sedikit, saya selalu bilang ngga ada karat sedikit. Karat 1cm dibeleknya bisa sebuku tangan kalo di bodi. Kemarin Kijang itu surprise, sangat minim. Hanya ditambal 2 bagian masing masing sebesar 1.5 kotak rokok.

Masing masing generasi memang bawa tagline marketing.
Tapi kalo liat generasinya, kayanya berlebihan sih kalo ini true definition of ultimate driving machine. E30 ini selesai desainnya di 80an akhir, final design keluar. Persiapan produksi mulai 85, belum peak engineering era. Meskipun kalo liat beberapa video reviewer tenar di youtube, M3 terbaik yang paling enak dikendarai itu E30 M3 Evolution, sampe keluar E9x. E36 dan E46 handlingnya katanya ga sebagus E30 M3. Tapi wallohualam, ga pernah coba hahaha. Kite mah orang pinggiran, cobanya mesin parutan karatan hahaha.
dsign1990 wrote:ane salut om octa rajin & sabar bgt urusan beginian
tahun lalu abis lebaran ane juga ngangkat mark2
mau restorasi tapi gak jadi keburu males
malah dijual lg
Sebenernya sih pengennya punya mobil baru Om, tapi adanya mobil umur anak kuliahan. 20+ semua mobilnya :shrug:
bayumas80 wrote:Bengkel nya dimana om?
Saya lg cari ni buat resto corolla ke30 79, restorasi yang sudah dilakukan gagal total nih, maklum saya resto di bengkel kampung
Budi Motor di daerah Kranggan Om.
Ga jauh dari exit toll JORR Jatiwarna.
Kavling kosong, bisa dikridit.
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by keong »

Asiik ada review mobil2 lawas n restorasi, favorut banget nih

Lanjutkan om, saya pantau terus, saya setuju kalo di jalan mobil ini asal mulus n bersih, masih banyak org2 yg lirik, road presence nya lebih baik drpd e36 menurut sayaa, dan selalu pengen manggil "mas booy".....
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by hariy »

Nubie ikutan nyimak ya om... :ungg:
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by ddyta27 »

wah.. berasa nostalgia saya.. mobil dulu pas jaman kuliah.. obat ganteng buat cari pacar.. hehehe..

pas waktu mau masuk kuliah, minta dibeliin ke bokap, dikasihlah e30 m40 tahun '89 warna hitam lengkap dengan ducktail dan velg alpina 16 inci lebar belang.. tes di tol jagorawi 0 - 170 km/jam cepat bgt, bensin juga lumayan boros, malesnya lagi isi full tank susah banget karena tangki bensin terpisah kanan kiri..

belakang saya baru tau, kalo bokap belinya e30 325i 4 door built up, pantesan kok banyak bedanya dari yg keliaran di jalan :D
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by newrubble »

wah utk ukuran sy e30 318i mewah ..... sy ingat dulu (thn 1990) sy cuma sanggup beli bekas diplomatic mission (cuma 15 juta harganya)

e30 thn 1986 basic trim 316 carby (blm injection) pintu cuma dua ..... slidingroof dari besi (jaman skrg kan dari beling) ..... AC tdk ada (asli nya mmg tdk ada) cuma ada cabinheater ..... electric heater outlet (radiator heating)...... kaca samping naik turun dgn manual pedal set .....rear bench masih tanpa headrestrain pair (krn basic trim)

velgen dari besi di tutup full hubcap set ..... warna delphine (ijo muda met) ..... hanya empat hal menyenangkan saat itu:

automatic trans;

headlamp wiper set std;

towhook blakang standard ('bilstein'); dan

kalo service n repair (bmw tb simatupang) bisa ampir mirip e30 m40 brandnew ckd indo yg harga onroad jauh lbh mahal (rp.80 juta) milik org org kaya jakarta saat itu

trahir itu mobil (ssdh abis rp. 8.5juta u bayar import duty n pasang ac std kijang n dpt bpkb, stnk) sy jual ke sumber auto graha (1995) rp.135juta (laku, pdhl sy tdk mau turun harga)

n wang sy pakai u beli e36 320i silver matic ckd indo ...... sisa rp.2 juta sy kasih mesjid sunda kelapa u sunatan massal thn itu

jadi jij punya itu mewah n saran sy .... pakai sj terus .... tar tdk lama akan langka
luputgc
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Mon Jul 06, 2015 5:33

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by luputgc »

Ajib, pantengin trus ah..

Kita punya mobil yang seumur..

Kebetulan saya pakai Honda Grand Civic 1991.

Sebelum bayar mobil skrg ini naksir sama 318i ini jg, tp yg tahun 1988, bumper monyong.

Mesin sama gak dengan yg ini Om?
cheers
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by newrubble »

kalo 1988 engine sdh m40 tapi interior masih leatherette ..... beda di steeringwheel (masih 4 spoke) dan trx shifter knob serta masih pakai US bumper set

kalo masih brandnew bisa liat beda rearwindow factory sticker ..... 1988-89 tertulis '3......' dan m40 (1990-92) tertulis 'one way to stay ahead' ..... yg paling byk di cari teman teman seumur sy (umur 50-60 thnan).itu yg farewell edition dgn original calypso red

awal thn ini ada teman yg beli rp.120 juta (km. 25,000 full astra service record, plaat DF, ex milik gubernur timor timur, tax mati dari thn 1999) ambil di kupang (kata dia)
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by octafiantos »

Heuheuheu.
Banyak yang nyangka saya masih piara ini. Di awal saya udah bilang piara kurang lebih 2 tahun. Sudah diganti E36 M52B20 AT. Tapi dilepasnya ga ke orang jauh, temen sendiri. Bapaknya minta dibelikan E30(!). Setelah dilepas, mobil dibawa ke Padang, jadi unit sekarang di Padang dipakai harian.

Kepengin punya lagi, tunggu kondisi keuangan mendukung.
Transmisi tetep AT, mau asli atau swap engine. M44 + transmisi AT cukuplah. Power 140hp udah cukup lah torsinya, deket sama power M50B20.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by stevenanthony »

nice review om... ane penggemar bmw seneng banget bacanya dari yang sakit dalem dibener2 in...

pernah liat ada e30 warna begini di satu mol jakarta, mulus, pake alpha throwing star sama kf yang bening... cantik banget.
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
IBMan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Feb 23, 2016 8:13
Location: Banjarmasin
Daily Vehicle: Evalia HWS 2014

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by IBMan »

Mantap om octafiantos review E30nya, saya suka trid2 restorasi mobil gini, apalagi ada foto2 dokumentasi restorasinya :big_smile]

Bmw e30 salah satu mobil impian saya, sekarang lg nabung buat ngewujudin, semoga bisa kebeli :off_bored:
Walaupun juga galau dengan pilihan lain yaitu corolla twincam gti

Btw dengan budget perkiraan 50jtan, pilih mana ya antara e30 dan corolla twincam gti, karena harga pasarannya mirip-mirip :ungg:

Lanjutin lg om, saya pengin lbh tau lebih dalam mengenai e30 ini

Terima kasih
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by jivos »

Mantabs om octa....

Sy demen banget designnya e30, tetap stylish kokoh hingga detik ini ato bbrp thn k dpn, di saat bersamaan design mbl di era nya sdh outdated perlahan dimakan jaman, nyesel toh ganti k e36 weeks...:mky_03:
Lah wong yg punya biem br aja pd nyari e30 buat di lap2 n di pandangi.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by octafiantos »

jivos wrote:Mantabs om octa....

Sy demen banget designnya e30, tetap stylish kokoh hingga detik ini ato bbrp thn k dpn, di saat bersamaan design mbl di era nya sdh outdated perlahan dimakan jaman, nyesel toh ganti k e36 weeks...:mky_03:
Lah wong yg punya biem br aja pd nyari e30 buat di lap2 n di pandangi.
Nyesel sih engga.
Memang ga kuat lama lama. Pertama butuh matik dan hampir ga ada matik E30, sangat langka yang jual. Kalo ada terlalu tua juga, misalnya 320i berat juga ngerawat M20. Partnya kurang berserakan dan mesti kompromi antara mobil seneng tapi ga boleh terlalu rewel. E30 secara usia udah "abis" masanya, karena ga kuat beli yang masih sangat bagus. Restorasinya capek banget, lama lama kantong ga kuat. Part secara usia minta ganti semua kasarnya, atau mungkin saya yang rewel juga.

Kalo yang punya BMW baru sih ga berasa ya miara E30.
Pasti bilang murah secara cost, meskipun banyak itemnya. Asesorisnya ngga nguatin karena udah langka banget. Ambil kecil aja, foglamp bekas ZKW sepasang itu kisaran 3. Foglamp E36 kaca cuma 700. Joint steer baru 3 lebih, 2x lipat joint steer E46. Jenggot bemper aja -ini paling sering bemper E30 klimis- itu karet sama klip dan pasang kisaran 1. Ini belum bicara pelek, 4x100 offset kecil harganya bikin nangis. Makanya itu salah kostum dibiarin hahaha.
IBMan wrote:Mantap om octafiantos review E30nya, saya suka trid2 restorasi mobil gini, apalagi ada foto2 dokumentasi restorasinya :big_smile]

Bmw e30 salah satu mobil impian saya, sekarang lg nabung buat ngewujudin, semoga bisa kebeli :off_bored:
Walaupun juga galau dengan pilihan lain yaitu corolla twincam gti

Btw dengan budget perkiraan 50jtan, pilih mana ya antara e30 dan corolla twincam gti, karena harga pasarannya mirip-mirip :ungg:

Lanjutin lg om, saya pengin lbh tau lebih dalam mengenai e30 ini

Terima kasih
Beda orang beda preferensi.
Jadi disesuaikan aja mana yang cocok, saya ga pernah racunin orang beli BMW meskipun saya kasarnya idup di lingkungan itu. Kalo dipaksain tar ga cocok. Twicam GTI itu enak, kenceng, rare -di sisi ini nilai E30 M40 itu kalah telak- tapi saya ga seneng model pedal mobilnya. Saya suka pedal gas berdiri, karena kalo jalan agak jauh itu ngga capek. Pedal gas GTI itu ditaroin sendal aja tambah kenceng jadi kaki mesti gantung. Kalo pedal berdiri kan keras, kalo udah jalan ya tumpangin aja kakinya ke pedal ga bakal tambah dalem. Dan kalo crusing lama, pedal gas gantung bikin tumit semutan dan kemeng (ini apa bahasa Indonesianya).

Orang ga suka pedal kopling keras -meskipun bisa diakali jenis master dan merek plat kopling dan dekrupnya-, saya prefer pedal keras. Karena kalo jalan merayap, saya ga pernah gantung kaki. Saya taro kaki di pedal, kalo enteng itu pedal keteken. Kalo jalan nanggung, ya saya taro aja itu kaki di pedal. Pedal BMW/Mercedes kalo masih bawaan ditumpangin kaki itu pedalnya diem aja. Kebanyakan orang kan kebalik preferensinya. Satu lagi kalo sama sama manual, karakter merayap yang tersedat sendat itu ga nyaman buat saya. Belum pernah nemu mobil FWD manual yang kalo merayap pelan bisa smooth.
Kavling kosong, bisa dikridit.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by octafiantos »

stevenanthony wrote:nice review om... ane penggemar bmw seneng banget bacanya dari yang sakit dalem dibener2 in...

pernah liat ada e30 warna begini di satu mol jakarta, mulus, pake alpha throwing star sama kf yang bening... cantik banget.
Peleknya aja udah mahal banget itu.
Dulu ini mobil juga polos ga pake kaca film. Tadinya dibiarin tapi ada bayi jadi akhirnya dipasang kaca film doff 40%. Dulu celup, akhirnya ganti per tinggi standar. Ini lebih karena karternya, mesin M40 posisi karternya lebih rendah dari rack steer. Karter posisinya paling bawah, ga kaya mobil lain kan masih ada rack steer atau sasis. Itu pernah diganti karternya dan mahal sejuta lebih belum oli dkk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: BMW E30 M40B18 Butut

Post by vulvy8858 »

pengalaman kecemplung pertama ya om..

nice review..

serem jugak yak kalo dapet karatan begitu...

waktu itu ngidupin pajak metong 6 taun + denda + bbn kurleb berapa kenanye om?
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012