Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-2011

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-2011

Post by vulvy8858 »

Pagi semua, cuaca yang baik dari BSD :cupss:

Sementara ini saya pakai X-Trail T30, awal tahun depan ada rencana mao nyari2 gerobak perang yang lebih segar (baca: muda)..

alasan mao merelokasi si teti adalah... karena usianya uda hampir 9 tahun dan kilometer uda nyampe 150k..
dimana budget yang dialokasikan berkisar 200-225 juta, setara LMPV paling atas atau LSUV jadijadian a.k.a LMPVinheels or everythin'younameit versi paling bawah...
usia yaaa maksimal 6 tahun lah, akan dipakai 3-4 tahun ke depan...
it will be the one and only car in my small parking lot, sisanya ada seekor sepeda motor dan... mountain bike :mky_01:

Pilihan yang saya lihat adalah...
1. Suzuki Grand Vitara 2.4L A/T 2011-2014
2. Chevy Captiva 2.0 VCDI FL A/T 2011-2014
3. Toyota Fortuner 2.5 Diesel A/T 1st FL 2010-2011 (pra GNF)

dimana kondisi yang saya butuhkan adalah...
1. Durability
apakah Captiva bisa diandalkan dengan semi-ladder frame dan self-leveling independent suspension nya? at least bisa dibawa gedubrakan dan bisa diajak pelesir ke luar kota yang agak2 rusak jalanannya dengan aman plus kaki2 yang ga terlalu ringkih2 amat... se T30 cukuplah. ga terlalu ringkih, even sepertinya ga sebadak SGV yang bergardan & pasti lebi kuat Forti yang pure ladder frame plus juga bergardan..

daerah rumah saya kadang2 ada genangan se-betis orang dewasa, bisa diperkirakan kemampuan 'berenang'nya?

2. Size & Ride Quality
mendekati T30 yang panjangnya 4.5 meter akan sangat baik.... biar ga susah parkir :mky_01:
mengingat mubil akan dibawa kemana saja mulai dari gang sempit sampai AKAP :mky_08:
plus parking lot yang ga ampe 5 meter :mky_01:

setelah membaca di beberapa referensi, ukuran mereka (P X L X T X WB):
T30 4.5 X 1.77 X 1.67 X 2.63
SGV 4.5 X 1.81 X 1.68 X 2.64
Captiva FL 4.67 X 1.85 X 1.75 X 2.7
Fortuner lama 4.7 X 1.85 X 1.85 X 2.75

apakah radius putar dan kelincahan Captiva se -maaf- buruk Fortuner mengingat ukurannya yang ternyata sebesar Fortuner, hanya lebih pendek saja dari tingginya? dan mengenai semi-off-road capability nya, apakah seri FWD cukup bisa diharapkan?

apakah SGV masih seperti rata-rata kendaraan Suzuki yang radius putarnya besar? bagaimana dengan ride quality SGV? maybe ada yang bisa sharing? apakah SGV bisa diharapkan buat on-road driving? seperti cruising 110-140 kpj di tol AKAP dan overtaking di rute AKAP? apakah SGV taun agak muda ada perbaikan dari sisi kelimbungan nya? So far perna ngerasain yang versi lama (2.0 2006-2007) dan emang berasa limbung pas jadi penumpang.

Fortuner mah eke uda sering bawa :big_smile] dan yaaa begitulah :mky_01:

kalo dari sisi penumpang, saya merasa Captiva sudah sangat nyaman even belom seempuk T30, SGV agak keras bantingannya tapi 2nd row nya cukup lega, Fortuner yaa Innova banget tapi agak sempit...

3. Cost of Ownership
apakah maintenance cost dari Captiva se-mengerikan yang dibicarakan orang? apakah durability issue sangat kental dari mubil ini?
waktu saya baca chart di website Chevy Indonesia, per kelipatan 40rb km biaya yang mesti dikeluarkan buat Captiva Diesel cukup menyeramkan yaa..
apakah banyak bingkil spesialis di bilangan JakBar - JakSel - TangSel yang bisa handle? apakah bisa menekan cost of ownership?

mengenai SGV, apakah SGV akan discontinue dalam waktu singkat? bagaimana ketersediaan parts nya? apakah supply parts nya masih aman di toko2 parts yang biasa jual printilan jujuki?

sementara ini pakek T30 emang cukup puter otak buat menekan cost of ownership, tapi uda ada koneksi beberapa bengkel spesialis dan it has been right till now on..

Fortuner mah ga usa ditanyain ya :mky_01:

mengenai tax / pajak, apakah ada yang bisa sharing mengenai besaran pajak per tahun dari ketiga mubil tersebut? mengingat T30 ada di angka 4 juta buat B Jakarta Barat, apakah ketiga incaran saya melebihi angka tersebut?

last but not least, bagaimanakah konsumsi BBM SGV dan Captiva?
mengingat T30 sekarang konsumsi BBM nya 1:6 dalkot, 1:7-8 kombinasi, dan 1:9-10 lurkot, pertalite / pertamax, apakah SGV 2.4L bersaing borosnya dengan si teti?
menurut ripiyu dari kang Billy, VCDi AWD 1:7 dalkot, 1:10 kombinasi, 1:12 lurkot, apakah versi FWD bisa lebih hemat? bisakah dalkotnya diatas 1:8 dan haruskah diisi DEX / sekelas?
Fortuner mah sering bawa, ga jauh beda dari apansa tapi isinya solar / DEX hehehehe :big_smile]

buat yang menyarankan CUV seperti HR-V, OS dan Juki atau SX4, thanks, I need plenty more size, mengingat badan yang over chubby :big_cry: dan butuh GC yang literally agak tinggi . . .
buat yang menyarankan T31 alias tuker X-Trail yang mudaan, thanks juga, pengen genti suasana, uda kenyang benerin batumakam :big_grin:
buat yang menyarankan searpi RE, thanks jugaaa, uda perna pakek searpi dan kurang srek sama peredaman kabin dan bantingan suspensinya even on-road capabilitynya sangat amat baik :mky_02:
buat evie alias everest, thanks jugaa, kegedean broo :big_cry:
dan buat yang nyaranin GNKI, ortu punya ANKI jadi tinggal pinjam dan kolega dekat punya Innova E2 pra-GNKI yang juga tinggal pinjam.. :big_biglaugh:

thanks, C&C's are really welcome..



regards



vulvy
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by newrubble »

captiva sy kuatir trouble shoot skill level mechanics di authorized w/s ..... (kalo parts logistic dianggap bkn lg problem)

suzi mungkin kuat tapi satu wkt nantinya bosan sy tdk tau liquidation level dia bgmn kalo di indo

fortuner kan jij sdh pengalaman (?) tapi mmg buat sy itulah kijang dgn higher gc atau dgn kata lain kijang beda casing ..... mrk sama sama punya basic chassis of hilux

ttg taxation sy hanya tau fortuner vnt initial batch (sy lupa thn brapa persis krn ini lg di jalan) itu thn pertama (brandnew) skitar rp. 7,200,000
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by liep »

imho, mobil thn 2011an itu usia ud 5th, klo saya, duit 220jt mending beli mbl baru meski kelasnya beda, mau dipake sd 4-5th ke depan jg ati tenang
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by keong »

Sepertinya dari ceritanya, lebih condong ke captiva vcdi tapi takut cost ownershipnya terlalu over budget ya ? Heheh

Emang sih menurut saya captiva diesel jg paling well equipped, sayang ass nya rada meragukan n ga sebaik 2 opsi yg lain

Asal bisa dapat unit capt yg pasti sehat sih enak aja, tapi kalo dapat unit yg busuk yaa siap2 aja seperempat dr harga beli untuk benerinnya, teman sy di jogja captivanya jebol, disinyalir kena turbony jga, turbonya 20jtan belum lain2...

GV sudah pasti kuat, tapi interiornya menurut saya plain sekali, terus bantingannya juga keras, tapi ini jadi kandidat paling kuat menurut saya meskipun boros, klo ini ambil warna yg abu2 ya, ganteng maksimal, kaya mbl dinas polisi heheh

Buat fortie, hmm saya bingung harus komen appa, intinya kalo anda sudah tinggal mau jalan aja dan ngambil yg all rounder dgn biaya perawatan yg normal2 aja, fortie bs jd pilihan, mungkin memang bukan yg terbaik, tapi mungkin paling sesuai......
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by ripratama »

Vote Captiva. Mesin diesel versi FL lebih halus dan powerful daripada versi non-FL dgn konsekuensi biaya servis dan parts lebih mahal. Minimum Dexlite kalau mau mesin tetap awet. Seluruh Captiva punya radius putar lebar, u-turn perlu ruang manuver lbh besar. Tapi dibanding T30 yah ga beda jauh.

Pengalaman pegang Captiva 4 tahun, saya ga nemukan masalah berarti di After Sales / Service.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by vulvy8858 »

newrubble wrote:captiva sy kuatir trouble shoot skill level mechanics di authorized w/s ..... (kalo parts logistic dianggap bkn lg problem)

suzi mungkin kuat tapi satu wkt nantinya bosan sy tdk tau liquidation level dia bgmn kalo di indo

fortuner kan jij sdh pengalaman (?) tapi mmg buat sy itulah kijang dgn higher gc atau dgn kata lain kijang beda casing ..... mrk sama sama punya basic chassis of hilux

ttg taxation sy hanya tau fortuner vnt initial batch (sy lupa thn brapa persis krn ini lg di jalan) itu thn pertama (brandnew) skitar rp. 7,200,000
well, I see, skill mekaniknya yang masi kurang baik yaa om buat junior mechanics nya Chevy.. parts logistic masi jadi main issue kah buat Captiva? mengingat masa edarnya uda cukup lama juga..

SGV sementara ini memang terlihat jatuh sekali RV nya di sekitar Jakarta.. but it would not be a big issue for the next 3 years, maybe? karena harga belinya juga sudah jatuh?

wow, beda pajaknya hampir 2x lipat dari T30 dan nyaris 2.5x lipat dari Innova dengan usia yang sama . . .

thanks a lot buat om NR atas komennya... sangat membantu..
:big_smile]
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 307
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by akbarfit »

Pilihanmu membingungkan mas kev.

GV2.4 apa ngga sama aja balik kyk pake Teti?
T31 hmm... Bosen ya.. Itu itu mulu..
Captiva.. Saya satu suara dg om NR.
Fortie.. Lagi lagi banyak alasan utk kembali ke toyota.

CX5 2.0 velum dapet ya utk budget?
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by vulvy8858 »

liep wrote:imho, mobil thn 2011an itu usia ud 5th, klo saya, duit 220jt mending beli mbl baru meski kelasnya beda, mau dipake sd 4-5th ke depan jg ati tenang
thanks inputnya, om.. lagi pengen genti suasana hehehehe :big_smile]
keong wrote:Sepertinya dari ceritanya, lebih condong ke captiva vcdi tapi takut cost ownershipnya terlalu over budget ya ? Heheh

Emang sih menurut saya captiva diesel jg paling well equipped, sayang ass nya rada meragukan n ga sebaik 2 opsi yg lain

Asal bisa dapat unit capt yg pasti sehat sih enak aja, tapi kalo dapat unit yg busuk yaa siap2 aja seperempat dr harga beli untuk benerinnya, teman sy di jogja captivanya jebol, disinyalir kena turbony jga, turbonya 20jtan belum lain2...

GV sudah pasti kuat, tapi interiornya menurut saya plain sekali, terus bantingannya juga keras, tapi ini jadi kandidat paling kuat menurut saya meskipun boros, klo ini ambil warna yg abu2 ya, ganteng maksimal, kaya mbl dinas polisi heheh

Buat fortie, hmm saya bingung harus komen appa, intinya kalo anda sudah tinggal mau jalan aja dan ngambil yg all rounder dgn biaya perawatan yg normal2 aja, fortie bs jd pilihan, mungkin memang bukan yg terbaik, tapi mungkin paling sesuai......
iyo omm, condong ke captiva karena acquisition cost nya rendah dan penampakannya relatively better dari yang sekelas wekekekekek, selain itu juga lebih nyaman... dari truk truk berkanopi yang menguasai jalanan :big_grin:

aftersales issue yang saya serem, diperkuat sama statement oom NR diatas, beserta beberapa kawan di sebelah, bikin deg degan kalo dapet yang tampang OK daleman ancur..

justru plain nya SGV itu yang jadi additional value buat saya, karena relatively mudah dibersihkan dan relatively worry free buat maintenance ke depannya hehehehe, ngincer burgundy red atau abu-abu sih wikikikiki, yang jadi issue cuma penyesuaian bahu dan pinggang dan... itu sih, borosnya sama aja sama T30 atau malah lebi boros?

ngekekekekek saya juga masukin fortie sebagai alternatif paling akhir, pilihan paling pasrah dan hands up kalo uda ga nemu yang sesuai hahahaha :wkkk:
ripratama wrote:Vote Captiva. Mesin diesel versi FL lebih halus dan powerful daripada versi non-FL dgn konsekuensi biaya servis dan parts lebih mahal. Minimum Dexlite kalau mau mesin tetap awet. Seluruh Captiva punya radius putar lebar, u-turn perlu ruang manuver lbh besar. Tapi dibanding T30 yah ga beda jauh.

Pengalaman pegang Captiva 4 tahun, saya ga nemukan masalah berarti di After Sales / Service.
thanks oom buat inputnya :big_smile]
akbarfit wrote:Pilihanmu membingungkan mas kev.

GV2.4 apa ngga sama aja balik kyk pake Teti?
T31 hmm... Bosen ya.. Itu itu mulu..
Captiva.. Saya satu suara dg om NR.
Fortie.. Lagi lagi banyak alasan utk kembali ke toyota.

CX5 2.0 velum dapet ya utk budget?
1. tapi dengan usia yang 3-5 tahun lebih muda dan... RWD :big_smile] ganti suasana hehehehe
2. T31 punya issue gede di CVT sama kaki kaki dan electrical sih, bosen aja benerin itu itu melulu wikikiki :mky_01:
3. Fortie.. yaa... yaaa.... heeeemmmm... errr.... last option..
4. masi jauh dok, sama maintenance cost masdah nya saya agak serem :big_grin:
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by adityawei »

akbarfit wrote:Pilihanmu membingungkan mas kev.

GV2.4 apa ngga sama aja balik kyk pake Teti?
T31 hmm... Bosen ya.. Itu itu mulu..
Captiva.. Saya satu suara dg om NR.
Fortie.. Lagi lagi banyak alasan utk kembali ke toyota.

CX5 2.0 velum dapet ya utk budget?
sesama pengguna teti angkat suara nih :mky_02:
CX5 2.0 taun awal kemarin ue liat masih 280an :mky_05:

btw buat om vulvy, kalau ue sih condongin aja ke hatinya om mantep dimana..
GV badak sih, ala2 suzuki tapi ga tau ada masalah steering rack atau tidak.. interior jg plain, tapi mobil ini kalau dari suadara saya yg pernah pakai ( skr pakai RM ), katanya sih enak2 aja ga ada masalah.. badak kok buat mobil perang.. konsumsi bahan bakar dia ga bilang, cuma bilang ni mobil boros..

captiva idem sama om NR, fortie tax mahal karena dia masuk ke golongan "jeep" bukan minibus..

kalau saya suruh memilih, saya akan pilih fortie. Pajak oke lah mahal, tapi akan ada penghematan di aspek lain ( read : BBM ), solbus vs pertalite aja selisih 2000an. fortie sekitar 20% lebih irit jg kan.. ( asumsi GV 1:7, fortie 1:9an ), dan juga mgkn captiva sama fortie konsumsi yg hampir sama tapi perawatan fortie lebih murah sparepartnya *mengingat ini bekas*. Untuk perawatan captiva mgkn om billy lumpur lebih tau soal ini..

ride quality so - so lah ya buat fortie, biaya perawatan sijuki jg murah sih..

ya kalau ga demen sama bantingan fortie, mending SGV aja kalo ga keberatan sama borosnya..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by billyd1773dz »

Klw sya captiva tetep nyaranin baru... Atw klw bekas yg tahun terakhir, atw yg service record di beres lengkap, gm ada goodwill tertulis, lewat masa garansi klw ada kerusakan transmisi asal service record kumplit masi bisa di ganti

Kaki2 sie kuat, syarasa lebi kuat dari nissan. T30 irs nya pke mcpherson, captiva gv multilink dobel wishbone yg lebi advance

Memang perawatan sparepart cost muahal... Jika ngandalin beres, cuma klw mw effort lebih dikit ke bukalapak atau seller d komunitas jg bnyk yg jual harga miring.

Diesel pada dasarnya memang peawatanya lebih mahal dri bensin. Yet u got torque n fc..

Mblnya sendiri imho paling nyaman dibanding pilihan diatas.

Radius putar captiva 5.75m, sedikit lebih baik dri fortuner.

Sofar baru km 28rb blm pernah mengecewakan sering bngt ke pesisir dan offroad ringan

Soal lewat banjir sie... Monggo liat ini aja wkwk



Intakenya ada snorkel internal dari box hingga ke dalam fender di atas roda.

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Tue Aug 16, 2016 6:16, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
indrari
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by indrari »

:big_peace: Pengalaman saya pake GV abu2 manual 2013 hingga skrg km 25rb, bandel tdk ada kerusakan, servis teratur di beres rata2 cm habis 500rb rupiah, murah.. pajak 3.7 jt. Bensin dalkot 1:8 mostly premium. Luar kota krn di daerah saya jalanan nanjak naik turun belak-belok 1:8-9 jg. Joknya nyaman mendekap punggung. Suspensi pastinya lebih empuk bmw 320i 95 saya hehe. Limbung jg agak kerasa di bangku baris dua tp seharusnya sih lbh baik dr versi pre-FL karena baca2 versi 2013 udah pakai suspensi baru yg lbh mahal harga partnya. Maaf tdk bisa bandingkan dg GV lama krn blm pernah naik GV lama. Lampu HID nya mantap buat dipake luar kota. Oya satu lg & itu sangat subjektif sekali, menurut saya tampangnya lbh ganteng dr fortuner vnt ato captiva ato pasport ato crv gen 3. :big_peace:
indrari
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by indrari »

Dan big plusnya yg lain buat saya yaitu gak bikin bau garasi ato parkiran mall karena mesin bensin bukan solar/dexlite. Less toxic jg buat anak2.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by vulvy8858 »

adityawei wrote:buat om vulvy, kalau ue sih condongin aja ke hatinya om mantep dimana..
GV badak sih, ala2 suzuki tapi ga tau ada masalah steering rack atau tidak.. interior jg plain, tapi mobil ini kalau dari suadara saya yg pernah pakai ( skr pakai RM ), katanya sih enak2 aja ga ada masalah.. badak kok buat mobil perang.. konsumsi bahan bakar dia ga bilang, cuma bilang ni mobil boros..

captiva idem sama om NR, fortie tax mahal karena dia masuk ke golongan "jeep" bukan minibus..

kalau saya suruh memilih, saya akan pilih fortie. Pajak oke lah mahal, tapi akan ada penghematan di aspek lain ( read : BBM ), solbus vs pertalite aja selisih 2000an. fortie sekitar 20% lebih irit jg kan.. ( asumsi GV 1:7, fortie 1:9an ), dan juga mgkn captiva sama fortie konsumsi yg hampir sama tapi perawatan fortie lebih murah sparepartnya *mengingat ini bekas*. Untuk perawatan captiva mgkn om billy lumpur lebih tau soal ini..

ride quality so - so lah ya buat fortie, biaya perawatan sijuki jg murah sih..

ya kalau ga demen sama bantingan fortie, mending SGV aja kalo ga keberatan sama borosnya..
so far belom mantep kemana mana, makannya nanya dimari hehehehe. mao genti suasana dari Nissan sama Honda, bosen 2 itu melulu wikikikiki..

GV sih abis cek review2 masi aman djaja, no major failure, less durability issue, rata-rata karena pemakaian aja..
plain interior malah jadi advantage buat saya, karena... gampang dibersihin :mky_01:

sebenernya masukin forti disana karena satu aspek saja, peace of mind, karena banyak pilihan unit, ada aja unit yang considerable terawat, banyak parts & equipment dari banyak pilihan grade sampai 2nd handed, dan banyak yang bisa maintain.. buat penghematan, kalo pake solbus pun akan sama sama kalah banyak di belakang, filter lebi cepet genti, purging lebi cepet, dll.

saya sih ga terlalu bermasalah sama bantingan forti karena uda biasa dibanting banting sama apansa dan brio, tapi bermasalah bener sama ukurannya dan sama limbungnya itu, lack of power, lack of handling, lack of fun-to-drive, direm nunduk2 melulu :big_bored: tapi ketutup semua sama peace of mind nya itu wikikikiki
billyd1773dz wrote:Klw sya captiva tetep nyaranin baru... Atw klw bekas yg tahun terakhir, atw yg service record di beres lengkap, gm ada goodwill tertulis, lewat masa garansi klw ada kerusakan transmisi asal service record kumplit masi bisa di ganti

Kaki2 sie kuat, syarasa lebi kuat dari nissan. T30 irs nya pke mcpherson, captiva gv multilink dobel wishbone yg lebi advance

Memang perawatan sparepart cost muahal... Jika ngandalin beres, cuma klw mw effort lebih dikit ke bukalapak atau seller d komunitas jg bnyk yg jual harga miring.

Diesel pada dasarnya memang peawatanya lebih mahal dri bensin. Yet u got torque n fc..

Mblnya sendiri imho paling nyaman dibanding pilihan diatas.

Radius putar captiva 5.75m, sedikit lebih baik dri fortuner.

Sofar baru km 28rb blm pernah mengecewakan sering bngt ke pesisir dan offroad ringan

Soal lewat banjir sie... Monggo liat ini aja wkwk



Intakenya ada snorkel internal dari box hingga ke dalam fender di atas roda.

:beer:
hellow pak billy,,

kalok baru masi jauh budgetnya :big_cry: kalo 2nd taun muda pun belom mampu :big_cry:
nais info for their goodwill anyway, will be a notable quote...

IRS nya GV uda multilink double wishbone ya om bil? noted than.

lebih baik dikit dari fortuner buat radius putar? menarik. noted om.

yang saya bold: info yang sangat menarik dan sangat membantu, thanks om :big_smile]
indrari wrote::big_peace: Pengalaman saya pake GV abu2 manual 2013 hingga skrg km 25rb, bandel tdk ada kerusakan, servis teratur di beres rata2 cm habis 500rb rupiah, murah.. pajak 3.7 jt. Bensin dalkot 1:8 mostly premium. Luar kota krn di daerah saya jalanan nanjak naik turun belak-belok 1:8-9 jg. Joknya nyaman mendekap punggung. Suspensi pastinya lebih empuk bmw 320i 95 saya hehe. Limbung jg agak kerasa di bangku baris dua tp seharusnya sih lbh baik dr versi pre-FL karena baca2 versi 2013 udah pakai suspensi baru yg lbh mahal harga partnya. Maaf tdk bisa bandingkan dg GV lama krn blm pernah naik GV lama. Lampu HID nya mantap buat dipake luar kota. Oya satu lg & itu sangat subjektif sekali, menurut saya tampangnya lbh ganteng dr fortuner vnt ato captiva ato pasport ato crv gen 3. :big_peace:
well, nice info from a happy user, love it :big_smile]

rata2 500k idr per service? murah ya. hahahaha. compare ke apansa sangat mirip sepertinya. menarik. Innova aja uda masuk angka jutaan tiap ke bingkil... pajak masuk akal buat taun muda, well okay. noted.

daerah mana um kalo saya boleh tahu? hehehehe. 1:8-9 mah mirip si teti, masi cukup..... ramah kantong :big_love: :big_love:

hooo, 2013 up suspension nya uda refined ya om? baiklah. noted.

===========================================================================================================

thanks semuanyaaa, makin menggeser keberadaan si kebo porti yang emang pemaen cadangan :big_biglaugh:

tar di GIAAS cobain ah kalo ada show unitnya, kayaknya SGV maupun captiva masi dijuwal ATPM masing-masing yak..

kali aja ada test-drive nya hehehehe :big_love:
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by adityawei »

vulvy8858 wrote:
so far belom mantep kemana mana, makannya nanya dimari hehehehe. mao genti suasana dari Nissan sama Honda, bosen 2 itu melulu wikikikiki..

GV sih abis cek review2 masi aman djaja, no major failure, less durability issue, rata-rata karena pemakaian aja..
plain interior malah jadi advantage buat saya, karena... gampang dibersihin :mky_01:

sebenernya masukin forti disana karena satu aspek saja, peace of mind, karena banyak pilihan unit, ada aja unit yang considerable terawat, banyak parts & equipment dari banyak pilihan grade sampai 2nd handed, dan banyak yang bisa maintain.. buat penghematan, kalo pake solbus pun akan sama sama kalah banyak di belakang, filter lebi cepet genti, purging lebi cepet, dll.

saya sih ga terlalu bermasalah sama bantingan forti karena uda biasa dibanting banting sama apansa dan brio, tapi bermasalah bener sama ukurannya dan sama limbungnya itu, lack of power, lack of handling, lack of fun-to-drive, direm nunduk2 melulu :big_bored: tapi ketutup semua sama peace of mind nya itu wikikikiki
nah itu, saya pilih fortie karena peace of mind nya :mky_03:

kalau sudah seperti ini sih, SGV aja om..
test drive captiva sama SGV sebenernya menurut saya kurang "apple to apple", saya pernah coba SGV dan captiva ( model lama, depan lebar tapi 1st batch masih 5 speed ), enakan captiva sih :mky_01:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by billyd1773dz »

Yep gv dan captiva suspensinya sejenis, dpn mcpherson blkng multilink. Sebenrnya keduany masi related dibangun dri GM theta platform.. meski gv di modifikasi jd rwd dan longitudinal enjin

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
atom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Sat Jul 18, 2015 5:22

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by atom »

indrari wrote:Dan big plusnya yg lain buat saya yaitu gak bikin bau garasi ato parkiran mall karena mesin bensin bukan solar/dexlite. Less toxic jg buat anak2.
Maaf OOT..
Hanya meluruskan saja kalo banyak yang beranggapan diesel (solar) nyembur asap hitam, lalu dianggap itu paling kotor. Padahal diesel itu emisi total hanya seperlima dari bensin. Bensin yang tidak ada asap, justru penyebar racun lima kali lipat lebih banyak dari diesel.
indrari
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by indrari »

Om Atom, CMIIW itu anggapan dulu, saya baca di internet skrg para pakar udah beranggapan bahwa diesel itu lbh beracun & berpolusi dibanding bensin.. di paris, london & new delhi jg sudah/akan dilarang/dibatasi penggunaan mobil diesel. Bensin itu kadar CO2nya yg memang lbh tinggi, tp ini efeknya lbh ke pemanasan global.
indrari
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by indrari »

:agrue:
atom wrote:
indrari wrote:Dan big plusnya yg lain buat saya yaitu gak bikin bau garasi ato parkiran mall karena mesin bensin bukan solar/dexlite. Less toxic jg buat anak2.
Maaf OOT..
Hanya meluruskan saja kalo banyak yang beranggapan diesel (solar) nyembur asap hitam, lalu dianggap itu paling kotor. Padahal diesel itu emisi total hanya seperlima dari bensin. Bensin yang tidak ada asap, justru penyebar racun lima kali lipat lebih banyak dari diesel.
https://www.carthrottle.com/post/no-die ... e-diesels/
indrari
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by indrari »

Maaf jika OOT ya om vulvy:
Not so long ago, it seemed as though everyone thought diesel cars were the saviours of the motoring world. They tend to be much more efficient than the equivalent petrol, with much better fuel economy and CO2 figures. With this in mind, governments across the world have incentivised the running of oil-burning cars, particularly France, where the fuel is significantly cheaper than unleaded, and 80 per cent of cars run on the ‘devil’s fuel’.

However, it turns out the French government has properly shot itself in the foot over this, as they - and others - are now realising there’s a little more to being eco friendly than just focusing on reducing CO2 emissions. The issue with diesels is they puff out all sorts of nasty things from their tail pipes, including nitrogen oxides (NO2) and particulate matter, and the modern crop of oil-burning vehicles simply haven’t cleaned up their act enough.

They’re still letting out far more NO2 - which can cause respiratory issues plus heart and lung disease - than petrol cars, and the filters designed to catch the particulate matter can cause running issues, leading to many owners removing them altogether. As a consequence of the former, numerous European cities experienced levels of NO2 far beyond the limit set by the European Union.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by newrubble »

di sini sdh lama (2011) carbon negative fuels ..... 100% biodiesel n 100% biobensin
indrari
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by indrari »

Di Indo parah om NR, bahan bakar dieselnya masih tinggi kadar sulfurnya. Jadi kalo di paris/london yg bahan bakar dieselnya udah bagus aja masih dipermasalahin polusi NO2 dan partikulat-nya, di Indo berarti ketambahan polusi SO2 jg.. Racun2 kelas berat itu.
indrari
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by indrari »

Udah gt di forum sini banyak jg yg saranin EGR Delete mod unt mesin diesel.. gmn gak makin parah aj tuh polusinya ya.. :big_dunno:
No offense (& no baper) buat master2 di sini ya.. sorry. I still need your knowledge. :big_peace:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by silentIm2 »

Kliatannya hati lebih sreg di Captiva nih?

Saya sih ga pernah pake GV yg 2.4, tapi saya pernah pake yg 2.0 punya temen bokap. Transmisi agak lemot, dan akselerasi RPM atas ga berasa. Bantingan sangat keras, tapi mungkin faktor rim 20' juga sih.

Sya juga Captiva diesel user. Bantingan agak keras tapi ga sekeras GV. Tarikan badak, tapi ada turbo lag. Bikin ban spin di lampu merah enteng.

Soal Perawatan sih sama saja ya kurang lebih. Captiva facelift (FL) 2 (yang lampu belakang led kotak, knalpot dobel trapesium, 163 hp/400 nm), perawatan agak berat di filter solar (Tiap 30.000 km 1,4 jutaan). Selain itu filter mesin dll masih sama dengan FL.

Kalo yang FL (2011-2013, 161 hp/ 360 nm), filter2nya sudah ada versi Sakuranya. Jadi lebih terjangkau.

Dua-duanya dari GM harus pake standar dexos2 SAE 5w-30. Masalahnya jenis oli ini TBNnya rendah, dirancang untuk solar sulphur < 50 ppm. Kalo dex 300 ppm apalagi biosolar 3000 ppm ya otomatis umur oli lebih pendek. Cuma jujur aja 28,000 km saya pake biosolar, ga pernah ada masalah. Gas buang masih ga berasap. Kalo pake dex ga bau sama sekali, kalo pake biosolar ada bau hangusnya.

Oli dexos2 dan dextron VI untuk transmisi (Saya pake Total Ineo Mc3 5w30 dan Total MVLV) itu oli yg termasuk ga umum di pasaran. Tapi di komunitas koc@k kaskus, Tokped dan BL ada yg jual jauh lebih murah dari pasaran dan Beres.

Kalo versi bensinnya harusnya perawatan lebih murah.

Om silahkan ikut telegram koc@k kaskus, banyak info tips trik jadi pawangnya Captiva wkwkwk.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
ardianzer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Jun 02, 2010 13:27

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by ardianzer »

Kalau mau ambil captiva , ambil yg 2013 up, my 2013, karena transmisi udah di upgrade dgn yg lebih kuat plus torsi naik ke 400nm dari model my2011 , cmiiw


Sent from my iPhone using Tapatalk
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T 2011-2014 vs Chevrolet Captiva VCDi 2.0 A/T 2011-2014 vs Toyota Fortuner 2.5 A/T 2010-20

Post by adty »

IMO kalo udah kenyang sama perawatan batumakam, mending avoid Captiva deh. Masalahnya sy ada T31 dan Captiva dirumah dgn tahun beli dan perakitan yg sama (2010), dan T31 saya malah lebih awet....jauh lebih awet drpd Captiva entah kenapa :ungg:

Nah sy gatau deh kenapa Captiva saya rewel dan parts slow moving bbrp mulai rusak di usia yg masih relatif muda. On the other hand, isu2 di T31 seperti CVT dsb alhamdulillah ga terjadi, paling cuma kaki2 glodakan hehe.

Saran sih Fortie aja, walaupun bosen :ngacir:
Penikmat roti tawar beroda