Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by Mrvin »

Berhubung hari ini saya nganggur dan bosen :off_bored: di rumah saya ikut deh test drive sienta V manual transmission, biar dapet kupon undian dan ngasih sedikit gambaran ala reviewer amatiran :mky_08: (maaf ga ada foto soalnya lupa bw kamera). Kali ini tes nya spesial di daerah perbukitan karena rumah saya di daerah perbukitan kota semarang.

Kesan pertama ketika duduk ternyata gampang menentukan posisi driver yg pas... maklum tiap hari bawa ANKI yg rasanya tenggelam. Tuas persneling manual jg pas ga terlalu pendek apa tangan gue ya yg kepanjangan. Ga tahu sih menurut teman-teman SM yg lain, tapi menurut saya no problemo. BTW tinggi tubuh saya 175 cm.

Aneh nya di HU ketika mundur dia berusaha memunculkan view camera belakang akan tetapi ga ada kameranya jd nya gambarnya item saja.. Sunat menyunat DETECTED. :wkkk: Spion ketika mundur rasanya kok kekecilan ya?? apa mobil gua yg spionnya kyk kuping gajah.

O ya td unit TD nya dpt ban kelas turanza... hmm kadang saya merasa sedih :big_cry: karena ANKI saya saja hanya dpt kelas ecopia pdhl harga beda jauh.

Setel radio lalu dengerin... ternyata audio system rasa standar hambar ga ada istimewa nya sama sekali.

Lalu lanjut ke impresi berkendara (karena interior dan exterior saya tdk terlalu mengamati dan sdh dijelaskan oleh reviewer-reviewer sebelumnya), ternyata radius putarnya kok sedikit bgt ya mau putar balik atau parkir agk ragu jadinya, lalu setir terasa enteng kyk bawa avanza.

Langsung masukkan ke gigi-1... hmmm tuas sama kopling rasanya ringan sekali, beda jauh sama ANKI dies manual saya... Shifting tanpa tenaga saja bisa. Kalo mundur kadang sering lupa jg malah masuk gigi 1 karena lupa tarik kunci. Jalan pertama rasa sperti nyetir avanza 1.3 dual vvti tapi dgn mesin lebih halus. Angkatan pertama hmm tanpa digas masih bisa jalan pelan di jalanan datar dan tanpa ngelitik. Lumayan nih buat stop and go di kemacetan dibanding honda jazz idsi dulu yg pernah saya setir stop and go di traffic light bisa brebet sampe 5x gara-gara mgkn kopling udh mau abis.

Bagi yg pernah ke kota Semarang atau tinggal pastinya tahu dong di daerah tanjakan Gombel sy coba tarik.... Better lah ketimbang GNKI 2.5 m/t sy yg dulu. Bisa lari sih tapi ga se spektakuler ANKI diesel saya yg sekarang. Kesan mirip lah sama avanza 1.3 dual vvti

Terus coba trek tanjakan selanjutnya di jalan menuju daerah citra sun garden... Kali ini gue merasa ngomel dan ga nyaman 1 kata 5 huruf L-E-M-O-T buat mobil ini. dimasukin gigi-2 ngeraung-raung menangis, dimasukin gigi-3 terengah-engah kecapekan. Ya udah lah gue masukin gigi-3 saja drpd ngeraung-raung terus... mengurangi kesenyapan kabin. Rata-rata kecepatan cuma 50 kpj lah mau ke 60 kpj susahnya stgh mati sdh dibejek sampe pedal to karpet. RPM rata-rata 3000 keatas sdh meraung-raung menangis. :big_cry:

Dengan rasa yg masih penasaran gue coba lagi di tanjakan bukit indah (bukit sari semarang)... ternyata masih sama jg kesannya karena tanjakannya mirip-mirip. Sayang lupa mencoba di daerah bukit duta yg tanjakannya jg tinggi.

Konsumsi BBM liat di MID dpt 8.3 km/l... Boros apa ga ya? :big_dunno:


Overall

impresi mgkn mirip 11-12 lah sama avanza 1.3 dual vvti yg manual transmission jg ya!
Bagi yg rumahnya di daerah perbukitan kyk saya dengan nyetir kadang kepengen lari ya direkomendasikan ambil ANKI diesel saja, tp kalo penikmat jalan santai dan rumahnya di daerah datar perkotaan sering macet kalo mau ambil sienta ya no problemo sih.

thanks udh sudi membaca review gue yg blepotan dan ga karuan... dimaklumi ya karena baru pertama kali review mobil di-SM :big_peace:
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by Hanggar »

Wow mantaap Bro TD ya, gm yg matic yah? Padahal bodi semestinya beda tipis dengan Avanza kan?
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by doge »

Great review...

Fc 1:8an... ya oke lah....
Eh ini kan m/t... boros jg...

Petrol engine itu biasanya peaky (power sm torqnya ngumpul di rpm agak tinggi...), jd klo g dipasin di rpmnya itu yaa lemot ya boros... ngeden mobilnya...
:ngacir:
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 581
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by marzoochi »

Pas pameran stand toyota di mall, ada sienta dan calya yg di pajang, hampir semua orang ngerubungin Calya, nanya harga dan kapan bisa inden. Sienta nya sepiiiii, seperti nya nasib Sienta akan seperti Freed yg maen di niche market
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by dieselman228 »

Nah mantep nih ada yg td di tanjakan..
Di mbl isi brp om?
Manual aja agak megap" yah, hmmm kalau metik gmn yak? :big_childish: apalagi kalau full load yh 6 orangan lah
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by Chevyman »

impresi saya td sienta cvt ......lemot n meraung2...eh yg manual ternyata sama aja...trus ngapain atoyot bela2in buat yg manual buat IDM yak....sienta JDM lebih enak mgkn yah.. brgkali ada master2 sini yg udah td sienta JDM?
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by stevenanthony »

nice review om... sienta with manual transmission... :mky_02:

conclusionnya beli avanza aja yang dual vvti, cuma minus sliding door :mky_03:
2015 Honda HR-V E CVT
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by Mrvin »

Hanggar wrote:Wow mantaap Bro TD ya, gm yg matic yah? Padahal bodi semestinya beda tipis dengan Avanza kan?
wah yg matic blum coba... cukup baca dr reviewer SM yg lainnya. Kan byk jg yg udh review dgn CVT nya. Tadi di dealer jg yg ready unitnya utk di TD cuma tipe m/t doang. Body seharusnya mirip sm avanza tp sayangnya dia FWD so ketika tanjakan ya begitu deh kalah sm avanza yg RWD. CMIIW ya
dieselman228 wrote:Nah mantep nih ada yg td di tanjakan..
Di mbl isi brp om?
Manual aja agak megap" yah, hmmm kalau metik gmn yak? :big_childish: apalagi kalau full load yh 6 orangan lah
tadi cuma ada 2 org di mobil. saya sm sales nya
doge wrote:Great review...

Fc 1:8an... ya oke lah....
Eh ini kan m/t... boros jg...

Petrol engine itu biasanya peaky (power sm torqnya ngumpul di rpm agak tinggi...), jd klo g dipasin di rpmnya itu yaa lemot ya boros... ngeden mobilnya...
Ya mau gimana lagi mau ditarik diatas 3000 rpm saja udh teriak-teriak nangis oq... ga tega
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by daftar »

ternyata lemot ya, terus yang beli manual ini siapa ya? yang mau sering dipake ke luar kota & pegunungan mending beli Inopah dong,
yang cuman dipake di dalkot belinya juga pasti matic
FC nya juga setara freed
:ngacir:
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by Mrvin »

Yang bikin saya terganggu sih radius putarnya sih... mau belok patah atau parkir jd agk susah... itu yg saya garis bawahi di mobil ini karena mengingat bodinya dia yg panjang.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by arfs »

Jadi penasaran Sienta ci pi tih kalo di ajak nanjak tanjakan ekstrim begitu... yg manual aja udah teriak-teriak nangis apa lagi yg cvt.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by doge »

Mrvin wrote: Ya mau gimana lagi mau ditarik diatas 3000 rpm saja udh teriak-teriak nangis oq... ga tega
mm.. bisa dipahami...
ya om biasa bw diesel sih.. (signaturenya diesel smua wkwk); ga usa main rpm tinggi udh enak wkwkwk...
:ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by coklatMetalik »

Nice review om...

Wah gede jg ya torsi di rpm bawahnya, bisa angkatan pertama tanpa digas & nggak stall. Mobil2 skrg kan angkatan pertama hrs digas, klo nggak langsung stall, atau minimal knocking....



Sbenernya bs lbh iseng lg ngujinya, langsung msk gigi 2 dr berhenti, heuheuheuheuh
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by Mozawa »

Wow gitunya....diluar expectasi ane...kalo gitu ane harus test drive.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by Pboyz97 »

Wihh nice review om
Akhirnya ada juga yang review sienta manual
Wahh versi manualnya ternyata hampir sama lemotnya ya sama versi CVTnya, padahal expektasi saya kalo peforma versi manualnya lebih baik daripada versi CVTnya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
static123
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Oct 10, 2016 4:23

Re: Review Sienta tipe V m/t.. lari-lari di tanjakan

Post by static123 »

Salam kenal suhu2..ane pengguna baru Sienta V CVT. km so far sudah 1800 km...so far untuk tenaga akselerasi dibandingkan ertiga GX M/T punya saya dahulu memang menang ertiga, tapi kalau sudah diatas tenaganya ga habis2..hehe..kemaren sempet nyentuh 170 km/h di cipali dan mobil sangat stabil kecuali pindah jalur agak limbung (efek body tinggi kah)..untuk keiritan lari konstan di tol 100-120 km/h dpet avg 1:18 di MID pke pertalite..yahh lumayan irit menurut saya, sejauh ini cukup puas dengan sienta nya..hehe