

Kesan pertama ketika duduk ternyata gampang menentukan posisi driver yg pas... maklum tiap hari bawa ANKI yg rasanya tenggelam. Tuas persneling manual jg pas ga terlalu pendek apa tangan gue ya yg kepanjangan. Ga tahu sih menurut teman-teman SM yg lain, tapi menurut saya no problemo. BTW tinggi tubuh saya 175 cm.
Aneh nya di HU ketika mundur dia berusaha memunculkan view camera belakang akan tetapi ga ada kameranya jd nya gambarnya item saja.. Sunat menyunat DETECTED.

O ya td unit TD nya dpt ban kelas turanza... hmm kadang saya merasa sedih

Setel radio lalu dengerin... ternyata audio system rasa standar hambar ga ada istimewa nya sama sekali.
Lalu lanjut ke impresi berkendara (karena interior dan exterior saya tdk terlalu mengamati dan sdh dijelaskan oleh reviewer-reviewer sebelumnya), ternyata radius putarnya kok sedikit bgt ya mau putar balik atau parkir agk ragu jadinya, lalu setir terasa enteng kyk bawa avanza.
Langsung masukkan ke gigi-1... hmmm tuas sama kopling rasanya ringan sekali, beda jauh sama ANKI dies manual saya... Shifting tanpa tenaga saja bisa. Kalo mundur kadang sering lupa jg malah masuk gigi 1 karena lupa tarik kunci. Jalan pertama rasa sperti nyetir avanza 1.3 dual vvti tapi dgn mesin lebih halus. Angkatan pertama hmm tanpa digas masih bisa jalan pelan di jalanan datar dan tanpa ngelitik. Lumayan nih buat stop and go di kemacetan dibanding honda jazz idsi dulu yg pernah saya setir stop and go di traffic light bisa brebet sampe 5x gara-gara mgkn kopling udh mau abis.
Bagi yg pernah ke kota Semarang atau tinggal pastinya tahu dong di daerah tanjakan Gombel sy coba tarik.... Better lah ketimbang GNKI 2.5 m/t sy yg dulu. Bisa lari sih tapi ga se spektakuler ANKI diesel saya yg sekarang. Kesan mirip lah sama avanza 1.3 dual vvti
Terus coba trek tanjakan selanjutnya di jalan menuju daerah citra sun garden... Kali ini gue merasa ngomel dan ga nyaman 1 kata 5 huruf L-E-M-O-T buat mobil ini. dimasukin gigi-2 ngeraung-raung menangis, dimasukin gigi-3 terengah-engah kecapekan. Ya udah lah gue masukin gigi-3 saja drpd ngeraung-raung terus... mengurangi kesenyapan kabin. Rata-rata kecepatan cuma 50 kpj lah mau ke 60 kpj susahnya stgh mati sdh dibejek sampe pedal to karpet. RPM rata-rata 3000 keatas sdh meraung-raung menangis.

Dengan rasa yg masih penasaran gue coba lagi di tanjakan bukit indah (bukit sari semarang)... ternyata masih sama jg kesannya karena tanjakannya mirip-mirip. Sayang lupa mencoba di daerah bukit duta yg tanjakannya jg tinggi.
Konsumsi BBM liat di MID dpt 8.3 km/l... Boros apa ga ya?

Overall
impresi mgkn mirip 11-12 lah sama avanza 1.3 dual vvti yg manual transmission jg ya!
Bagi yg rumahnya di daerah perbukitan kyk saya dengan nyetir kadang kepengen lari ya direkomendasikan ambil ANKI diesel saja, tp kalo penikmat jalan santai dan rumahnya di daerah datar perkotaan sering macet kalo mau ambil sienta ya no problemo sih.
thanks udh sudi membaca review gue yg blepotan dan ga karuan... dimaklumi ya karena baru pertama kali review mobil di-SM
