bokap punya freed E PSD dan ane sering pake.
kalo livina dulu punya GL '12 SV M/T.
Dityyy wrote:
Nubi galau antara 2 itu, mohon petunjuk para suhu terkait:
1. Keiritan bahan bakar dan biaya perawatan (sy sudah capek dg borosnya crv)
2. Kelegaan masing2 row
3. Posisi mengemudi (fyi saya puas dg posisi mengemudi crv)
4. Kenyamanan
5. Tarikan masing2 mobil (dua2nya akan sy ganti filter udara knn)
1. freed sekitar 1:10 average surabaya, kalo jakarta sepertinya lebih boros. kalo ANGL CVT dunno, versi manual irit tapi maticnya bolot jadi boros.
2. row 1 freed menang jauh. row 2 kalo jok freed mundur maksimal, lega. tapi kalo mengakomodasi penumpang row 3, pas2an. livina ga jauh beda kayaknya. untuk row 3, livina kecil. freed masih oke. row 2 freed juga captain seat.
3. sama2 oke, masing2 punya plus minus sendiri. freed lebih tinggi, visibility lebih luas. duduknya bukan tipe ndelosor nyantai, tapi posisi armrestnya enak karena tuas transmisi di dashboard jadi armrest bisa lebih dekat ke badan. kalo livina driving posture ala sedan, rendah dan nyantai.
4. bantingan livina lebih soft, NVH lebih bagus di row 1 dan 2. kualitas material juga better. tapi headroom ga bisa ngalahin freed yang boxy.
5. freed standar lemot di tarikan bawah, dan denger2 ANGL CVT juga parah tapi ane ga pernah coba separah apa. dan ada temen ane yg sependapat dengan post diatas, versi 5AT nya saja udah bolot, dan versi CVT nya lebih bolot lagi.
Dityyy wrote:
Nubi jg bingung dab ingin menanyakan bbrp hal
1. Apa benar livina tidak kuat nanjak? Bbrp kali sy pernah liat livina spin ban depannya sedangkan freed blm pernah
2. apa sj yg menjadi kelemahan kedua mobil tsb?
3. Apabila sy berencana menaikan velg 2 inci diatas standar apa perlu pake shock aftermarket dan gmn dengan pengaruh kons bbmnya, apakah akan jd boros sekali?
Mohon sarannya para suhu2 sekalian dan members di SM.

1. freed kuat2 aja walaupun ngeden. pernah full load di tanjakan patah di trawas, masuk gear 1 bisa naik dengan lancar walaupun ngeden. kalo livina matic ga tau, belum pernah coba. yg jelas manualnya juga ga parah2 amat kok, pernah full load juga nanjak ke jambuluwuk resort lancar2 aja. (maybe temen2 ada yg bisa bantu jelasin sudut kemiringan 2 tanjakan ini). entahlah dengan versi maticnya.
2. freed: noise dan rattle di belakang, tarikan bawah boyo. livina: kabin lebih sempit, mesin raja ngelitik. kaki2 livina juga durabilitasnya kurang, umur parts nya pendek dan harga mahal. kenyamanan yg harus dibayar dengan umur pendek dan cost mahal. kalo freed denger2 masalahnya banyak di steering mechanism.
3. perlu tidaknya bukan tergantung dari besar velg, tapi dari diameter luar dan lebar ban. kalo ganti velg besar tapi ban tipis dan diameter luar dan lebar ga berubah, ya sama aja. kalo diameter luar / lebar ban jadi lebih besar, tentunya tarikan akan lebih boyo, dan lebih rentan gasruk. penggunaan velg yg lebih besar juga menambah beban roda penggerak, jadi pastinya lebih boros. kalo boros "sekali" atau tidak, tergantung dari lebar dan diameter luar ban yg dipake.