Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Dityyy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Jan 20, 2016 4:09

Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by Dityyy »

Selamat pagi serayamotor, suhu2 dan para sr di forum tercinta ini, alkisah sy mengalami kebingungan lagi setelah dulunya pernah bingung dg pilihan antara innova v bensin vs serena hws. :mky_04:

Sekarang melihat kondisi traffic jakarta yg semakin macet dimana2 :off_no: sy membutuhkan armada baru tp bekas untuk gantiin daily ride sy crv konde 2.4. mobil yg sy kandidatkan sebagai pengganti yaitu antara freed e psd 2013-2014 / grand livina hws 2014-2015.

Nubi galau antara 2 itu, mohon petunjuk para suhu terkait:
1. Keiritan bahan bakar dan biaya perawatan (sy sudah capek dg borosnya crv) :big_dunno:
2. Kelegaan masing2 row
3. Posisi mengemudi (fyi saya puas dg posisi mengemudi crv)
4. Kenyamanan
5. Tarikan masing2 mobil (dua2nya akan sy ganti filter udara knn)

Nubi jg bingung dab ingin menanyakan bbrp hal
1. Apa benar livina tidak kuat nanjak? Bbrp kali sy pernah liat livina spin ban depannya sedangkan freed blm pernah
2. apa sj yg menjadi kelemahan kedua mobil tsb?
3. Apabila sy berencana menaikan velg 2 inci diatas standar apa perlu pake shock aftermarket dan gmn dengan pengaruh kons bbmnya, apakah akan jd boros sekali?

Mohon sarannya para suhu2 sekalian dan members di SM. :thanks:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by b0ku »

ud pernah bawa dua2xnya enakan freed jauuh sama2x pake premium 5ATnya freed lebih responsive CVTnya nissan idiot bin tolol mesin naek 5hp tapi larinya malah tambah bolot enakan 4ATnya nissan yg dulu :ngacir:

Duduknya jg enakan freed kayak bawa aquarium blindspot minim bgt, buat nanjak freed cukup enak ngangkut 7 org stabil naek di gas pelan2x biarpun larinya bolot abis masalahnya freed kalo ud dinaekin 7 org remnya ngelosor beda kalo cuma 4 org remnya enak bgt :ngacir:
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by imansyx »

kebetulan di rumah ada prit dan nyokap pake gl...

1. untuk irit, freed sy masih dapet di angka 9 - 10 koma sekian dalkot jakarta ke depok lewat pancoran siang2 yang seperti itulah... kalo gl nya manual jadi ga bisa apple to aple bandinginya tapi yg pasti gl gakuat dicekokin premium ngelitik banget, kalo di freed ngeden aja yg harus kuat iman

2. buat row 1 menurut saya jauh lebih lega freed ketolong sama desain dasbornya sama kaca segede gaban, row 2 lebih pegang gl, di freed sempit banget kakinya. kalo row 3 udah pasti bentuk roti tawar lebih lega freed...

3. posisi freed jauh lebih enak,karena agak tinggi dan kacanya gede semua.. kalo gl agak selonjor kaya sedan tapi prefer coba sendiri cocok2an atau ngga nya..

4. buat nyaman lebih oegang freed, yes suspensi gl emang terkenal empuk tapi kerasa limbung dibandingin freed yg agak keras,

5. gapernah coba gl yang cvt... tapi kalo freed harus dan kudu tuh ganti knn soale skrg pake filter standar yaa.. jgn harap banyak di low to mid speednya, harus high rpm baru lari

yg saya tau kelemahan freed
- lampu belakang gampang either putus/bocor keisi air lampunya
- 5at nya tipikal gear ratio buat cruise males bgt downshift
- psd kadang bunyi kriet kriet musti disetel
- rattle di pintu bagasi belakang
- rattle pilar a
- kalau row 3 dilipet, row 2 duduknya ga bisa agak rebahan
- suara dari kolong agak berisik
- eps kalo nyetir sradak sruduk setir bunyi glutuk glutuk (tmn saya freed'13 udah kena)
- mbl saya sendiri yg udah kena di link stabilizer sama shock support tanda2...bunyi ckit2 dan gluduk padahal nyetir udah kaya putri solo(km 27rb)

mesin L15 nya sendiri tahan banting malah ga ada keluhan... cuma itu om yg saya bisa share info.. blm perna ganti ring hehe untuk livina mungkin ada yg lebi tau.. ane jarang makenya malah tu mobil
Anjass
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 11, 2015 1:10

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by Anjass »

Biasanya silent reader, sekarang sedikit mau berkomentar.
Di garasi ada Livina 1.5AT non-facelift dan ada Evalia M/T.
Nah kalau urusan tarikan2, mending pilih Freed deh klo sama-sama mau matic. Krn Livina matic lemotnya minta ampun, mau nyalip aja susah, kalau tanjakan hrs high rpm terus. Apalagi konon katanya Livina CVT lebih lemot dibanding Livina A/T

Dengan lemotnya Livina ini kemudian BBM jadi lebih boros krn terpaksa bejek gas lebih dalam.

Kalau mau Livina mending yg manual, sy bandingin dgn Evalia M/T kan sama persih tuh mesin + transmisinya, nah klo ini BBM lumayan hemat, average 12-13km/l rute dalam kota Jakarta (average speed 20-22 km/jam), harusnya Livina M/T lebih hemat krn body lebih enteng dr Evalia.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by liep »

Dityyy wrote:antara freed e psd 2013-2014 / grand livina hws 2014-2015.
Nubi galau antara 2 itu, mohon petunjuk para suhu terkait:
1. Keiritan bahan bakar dan biaya perawatan (sy sudah capek dg borosnya crv) :big_dunno:
2. Kelegaan masing2 row
3. Posisi mengemudi (fyi saya puas dg posisi mengemudi crv)
4. Kenyamanan
5. Tarikan masing2 mobil (dua2nya akan sy ganti filter udara knn)

Nubi jg bingung dab ingin menanyakan bbrp hal
1. Apa benar livina tidak kuat nanjak? Bbrp kali sy pernah liat livina spin ban depannya sedangkan freed blm pernah
2. apa sj yg menjadi kelemahan kedua mobil tsb?
3. Apabila sy berencana menaikan velg 2 inci diatas standar apa perlu pake shock aftermarket dan gmn dengan pengaruh kons bbmnya, apakah akan jd boros sekali?
ane bahas prit krn gl at 1.5 cuma pernah nyetir bentar
1.prit dalkot kisaran 8-10km/ltr, klo lukot>10km/ltr isi perta92
2.row1 dan 2 lega, row 3 tekuk bawah aj spy row 2 bisa mundur dan direbahin, row 3 bisa nyaman utk tinggi<170cm 2-3org
3.spt naik bus, kliatan jelas smuanya hehe, kf ganti gelapan aj spy ga kyk akuarium, duduknya jg nyaman bisa majumundur naik turun-stir naik turun
4.dbanding gl matic, istri saya dan saya lbih suka prit dr sisi nyaman krn duduknya spt di kursi biasa/kaki ga ketekuk+kursinya nyaman baris 1+2 dg arm rest, support banget
5.ganti knn ud membaik tarikannya, pindahin ke D3 buat salip2an(tutup kuping aj dengar mesinnya)

prit saya tdk pernah spin meski nanjak parah+turunan jg bisa oper D1 spy bantu rem, tdk pernah jg kriet2 di pintu dll
kelemahan prit spt om boku bilang, rem agak bahaya klo isi full--jaga jarak, peredaman baris ke3 jelek krn suara ban masuk, rawan kamera blakang patah krn org salah buka
saran saya tambahin peredam lembaran di pintu depan+tambahin karet peredam tempelin di bodi bagasi biar kedap+ban ganti yg lbih bagusan klo ud dpt unitnya spy lbih empuk dan silent
klo ad duit mending beli prit 2015an yg sdh ad remote stirnya aj om, beda tipis nambahin duitnya
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by marama »

Saya pernah punya GL 1.5 matic (3th) dan skrg sudah 4th pakai freed lumayan bisa paham karakternya sbb .

Kelebihannya freed dibanding GL :
- Mobil relatif badak, slama 4th pakai blm pernah claim2 garansi sampai habis 3th garansi cuma perawatan rutin aja, GL lbh ringkih (claim bolak balik meteran bensin, shock bocor, evap ac bocor, joint steer).
- Diisi premium g ngelitik, kontras dengan GL saya dl yang saya sendiri sampai pusing diisi pertamax plus msh ngelitik
- Walaupun terkesan bolot tarikannya, tp freed lbh jago nanjak dr GL, tanjakan2 cukup di D injek gas dalem maticnya ud bs paham dimana hrs menempatkan posisi gigi yang pas.
- Sliding door PSD yang menambah efek mewah trutama ketika turun di lobby
- DI tol terasa lbh senyap dan anteng drpd GL, bantingannya kalau jalan halus enak trasa mbl mahal kesannya.
- Fitur nya berlimpah dibanding GL : retract spion, ac climate, PSD, foot parking brake, arm rest di semua kursi (kec row3)
- kekedapan lbh baik dr GL, bantingan pintu trasa lbh solid, plat trasa lbh tebal (tdk spt honda skrg yg tipis)

Kelebihannya GL dibanding freed :
-BBM sedikit lbh irit
-Untuk dalkot lbh lincah
-Suspensi untuk jalan rusak lbh nyaman (namun kaki2 ringkih kalau KM ud tinggi siap2 kluar biaya belasan juta kalau gnt di beres)
-Oli mesin lbh sedikit hanya butuh 3ltr
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by r1409 »

bokap punya freed E PSD dan ane sering pake.
kalo livina dulu punya GL '12 SV M/T.
Dityyy wrote: Nubi galau antara 2 itu, mohon petunjuk para suhu terkait:
1. Keiritan bahan bakar dan biaya perawatan (sy sudah capek dg borosnya crv) :big_dunno:
2. Kelegaan masing2 row
3. Posisi mengemudi (fyi saya puas dg posisi mengemudi crv)
4. Kenyamanan
5. Tarikan masing2 mobil (dua2nya akan sy ganti filter udara knn)
1. freed sekitar 1:10 average surabaya, kalo jakarta sepertinya lebih boros. kalo ANGL CVT dunno, versi manual irit tapi maticnya bolot jadi boros.
2. row 1 freed menang jauh. row 2 kalo jok freed mundur maksimal, lega. tapi kalo mengakomodasi penumpang row 3, pas2an. livina ga jauh beda kayaknya. untuk row 3, livina kecil. freed masih oke. row 2 freed juga captain seat.
3. sama2 oke, masing2 punya plus minus sendiri. freed lebih tinggi, visibility lebih luas. duduknya bukan tipe ndelosor nyantai, tapi posisi armrestnya enak karena tuas transmisi di dashboard jadi armrest bisa lebih dekat ke badan. kalo livina driving posture ala sedan, rendah dan nyantai.
4. bantingan livina lebih soft, NVH lebih bagus di row 1 dan 2. kualitas material juga better. tapi headroom ga bisa ngalahin freed yang boxy.
5. freed standar lemot di tarikan bawah, dan denger2 ANGL CVT juga parah tapi ane ga pernah coba separah apa. dan ada temen ane yg sependapat dengan post diatas, versi 5AT nya saja udah bolot, dan versi CVT nya lebih bolot lagi.
Dityyy wrote: Nubi jg bingung dab ingin menanyakan bbrp hal
1. Apa benar livina tidak kuat nanjak? Bbrp kali sy pernah liat livina spin ban depannya sedangkan freed blm pernah
2. apa sj yg menjadi kelemahan kedua mobil tsb?
3. Apabila sy berencana menaikan velg 2 inci diatas standar apa perlu pake shock aftermarket dan gmn dengan pengaruh kons bbmnya, apakah akan jd boros sekali?

Mohon sarannya para suhu2 sekalian dan members di SM. :thanks:
1. freed kuat2 aja walaupun ngeden. pernah full load di tanjakan patah di trawas, masuk gear 1 bisa naik dengan lancar walaupun ngeden. kalo livina matic ga tau, belum pernah coba. yg jelas manualnya juga ga parah2 amat kok, pernah full load juga nanjak ke jambuluwuk resort lancar2 aja. (maybe temen2 ada yg bisa bantu jelasin sudut kemiringan 2 tanjakan ini). entahlah dengan versi maticnya.
2. freed: noise dan rattle di belakang, tarikan bawah boyo. livina: kabin lebih sempit, mesin raja ngelitik. kaki2 livina juga durabilitasnya kurang, umur parts nya pendek dan harga mahal. kenyamanan yg harus dibayar dengan umur pendek dan cost mahal. kalo freed denger2 masalahnya banyak di steering mechanism.
3. perlu tidaknya bukan tergantung dari besar velg, tapi dari diameter luar dan lebar ban. kalo ganti velg besar tapi ban tipis dan diameter luar dan lebar ga berubah, ya sama aja. kalo diameter luar / lebar ban jadi lebih besar, tentunya tarikan akan lebih boyo, dan lebih rentan gasruk. penggunaan velg yg lebih besar juga menambah beban roda penggerak, jadi pastinya lebih boros. kalo boros "sekali" atau tidak, tergantung dari lebar dan diameter luar ban yg dipake.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by arfs »

Dityyy wrote: Nubi jg bingung dab ingin menanyakan bbrp hal
1. Apa benar livina tidak kuat nanjak? Bbrp kali sy pernah liat livina spin ban depannya sedangkan freed blm pernah
2. apa sj yg menjadi kelemahan kedua mobil tsb?
3. Apabila sy berencana menaikan velg 2 inci diatas standar apa perlu pake shock aftermarket dan gmn dengan pengaruh kons bbmnya, apakah akan jd boros sekali?

Mohon sarannya para suhu2 sekalian dan members di SM. :thanks:
Saya kebetulan pake Grand Livina HWS CVT 2013. Saya jawab sesuai pertanyaan om yah.
1. Saya lebaran lalu liburan ke Lembang 4 orang dengan 3 bagasi untuk liburan 3 hari dan 1 sepeda lipet, bisa nanjak-nanjak aja tuh. Asal kalau ada tanjaka curam pindahin ke mode "L" aja.
2. Kelemahan Livina:
- rem getar (bubut disc brake depan, dulu klaim ke batu makam gk dikasi alesan nya odo ud diatas 15rb km.)
- Ban bawaaan berisik (dunlop sp300, tapi kalo om beli versi HWS Autech atau XGear velg nya 16 inch ban nya pake ecopia ep150)
- kalau masalah CVT bolot memang betul tetapi saya rasakan hanya kalau jalan dari stop (mesin GL saya sudah ganti air filter ferrox dan air flow manipulator, bensin ron90) kalau udah jalan kecepatan 40 atau 60 udah gk terlalu bolot.
- Cup holder livina sedikit. di depan hanya ada dua (didepan tuas perseneling), satu di atas ventilasi udara belakang, dua di arm rest kursi baris ke-dua, dan ada dua di baris ke-tiga. Solusi nya bisa beli seat cover pocket biar bisa tambah simpan 3 botol (jadi belakang kuris baris pertama dikasi itu. Ada warna hitam dan beige).
Image
- Gak ada double blower, (duduk di depan serasa kutub utara atau selatan, baris ke-dua ok, baris ke-tiga serasa di garis khatulistiwa (tapi kalau ac sudah nyala lama terasa lah dingin dikit *asal di baris pertama pada tahan semburan kenceng ac nya))
- Head unit cungkwo merk swan-ice yg kelihatan murahan.
3. Saya pake velg standard 15 inch, dalkot bisa 1: 8-10an (tergantung kena macet total atau kgk) lukot 1:16an.
Jalan konstan 80 km/h @1500rpm real time FC nya 1:22 km/l
Jalan konstan 100 km/h @1800rpm real time FC nya 1:18 km/l.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by b8099ok »

Mprit aja, bisa buat resing ama mbah b0ku :big_love:
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
Dityyy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Jan 20, 2016 4:09

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by Dityyy »

imansyx wrote:kebetulan di rumah ada prit dan nyokap pake gl...

1. untuk irit, freed sy masih dapet di angka 9 - 10 koma sekian dalkot jakarta ke depok lewat pancoran siang2 yang seperti itulah... kalo gl nya manual jadi ga bisa apple to aple bandinginya tapi yg pasti gl gakuat dicekokin premium ngelitik banget, kalo di freed ngeden aja yg harus kuat iman

2. buat row 1 menurut saya jauh lebih lega freed ketolong sama desain dasbornya sama kaca segede gaban, row 2 lebih pegang gl, di freed sempit banget kakinya. kalo row 3 udah pasti bentuk roti tawar lebih lega freed...

3. posisi freed jauh lebih enak,karena agak tinggi dan kacanya gede semua.. kalo gl agak selonjor kaya sedan tapi prefer coba sendiri cocok2an atau ngga nya..

4. buat nyaman lebih oegang freed, yes suspensi gl emang terkenal empuk tapi kerasa limbung dibandingin freed yg agak keras,

5. gapernah coba gl yang cvt... tapi kalo freed harus dan kudu tuh ganti knn soale skrg pake filter standar yaa.. jgn harap banyak di low to mid speednya, harus high rpm baru lari

yg saya tau kelemahan freed
- lampu belakang gampang either putus/bocor keisi air lampunya
- 5at nya tipikal gear ratio buat cruise males bgt downshift
- psd kadang bunyi kriet kriet musti disetel
- rattle di pintu bagasi belakang
- rattle pilar a
- kalau row 3 dilipet, row 2 duduknya ga bisa agak rebahan
- suara dari kolong agak berisik
- eps kalo nyetir sradak sruduk setir bunyi glutuk glutuk (tmn saya freed'13 udah kena)
- mbl saya sendiri yg udah kena di link stabilizer sama shock support tanda2...bunyi ckit2 dan gluduk padahal nyetir udah kaya putri solo(km 27rb)

mesin L15 nya sendiri tahan banting malah ga ada keluhan... cuma itu om yg saya bisa share info.. blm perna ganti ring hehe untuk livina mungkin ada yg lebi tau.. ane jarang makenya malah tu mobil
Wah makasih om atas infonya :thanks: , skg sy jd condong ke freed apalagi om ngasih poin2 minusnya, btw klo di d3 emang sampe brp ribu rpm ya? Sy di crv klo make d3 di cipularang paling sekitar 4000rpm
Anjass wrote:Biasanya silent reader, sekarang sedikit mau berkomentar.
Di garasi ada Livina 1.5AT non-facelift dan ada Evalia M/T.
Nah kalau urusan tarikan2, mending pilih Freed deh klo sama-sama mau matic. Krn Livina matic lemotnya minta ampun, mau nyalip aja susah, kalau tanjakan hrs high rpm terus. Apalagi konon katanya Livina CVT lebih lemot dibanding Livina A/T

Dengan lemotnya Livina ini kemudian BBM jadi lebih boros krn terpaksa bejek gas lebih dalam.

Kalau mau Livina mending yg manual, sy bandingin dgn Evalia M/T kan sama persih tuh mesin + transmisinya, nah klo ini BBM lumayan hemat, average 12-13km/l rute dalam kota Jakarta (average speed 20-22 km/jam), harusnya Livina M/T lebih hemat krn body lebih enteng dr Evalia.
Wah salam silent reader jg om hehe :big_deal: btt livina sengeden itukah ya om? Sy baru tau hehe soalnya dulu pernah coba yg manual emang tarikan bawahbya agak lama sih
marama wrote:Saya pernah punya GL 1.5 matic (3th) dan skrg sudah 4th pakai freed lumayan bisa paham karakternya sbb .

Kelebihannya freed dibanding GL :
- Mobil relatif badak, slama 4th pakai blm pernah claim2 garansi sampai habis 3th garansi cuma perawatan rutin aja, GL lbh ringkih (claim bolak balik meteran bensin, shock bocor, evap ac bocor, joint steer).
- Diisi premium g ngelitik, kontras dengan GL saya dl yang saya sendiri sampai pusing diisi pertamax plus msh ngelitik
- Walaupun terkesan bolot tarikannya, tp freed lbh jago nanjak dr GL, tanjakan2 cukup di D injek gas dalem maticnya ud bs paham dimana hrs menempatkan posisi gigi yang pas.
- Sliding door PSD yang menambah efek mewah trutama ketika turun di lobby
- DI tol terasa lbh senyap dan anteng drpd GL, bantingannya kalau jalan halus enak trasa mbl mahal kesannya.
- Fitur nya berlimpah dibanding GL : retract spion, ac climate, PSD, foot parking brake, arm rest di semua kursi (kec row3)
- kekedapan lbh baik dr GL, bantingan pintu trasa lbh solid, plat trasa lbh tebal (tdk spt honda skrg yg tipis)

Kelebihannya GL dibanding freed :
-BBM sedikit lbh irit
-Untuk dalkot lbh lincah
-Suspensi untuk jalan rusak lbh nyaman (namun kaki2 ringkih kalau KM ud tinggi siap2 kluar biaya belasan juta kalau gnt di beres)
-Oli mesin lbh sedikit hanya butuh 3ltr
Wahh trima kasih om infonya btw dulu alasab ganti freed knp ya?
b8099ok wrote:Mprit aja, bisa buat resing ama mbah b0ku :big_love:
Waduh sy mah gaada apa2nya om dibanding mbah b0ku :mky_03:
b0ku wrote:ud pernah bawa dua2xnya enakan freed jauuh sama2x pake premium 5ATnya freed lebih responsive CVTnya nissan idiot bin tolol mesin naek 5hp tapi larinya malah tambah bolot enakan 4ATnya nissan yg dulu :ngacir:

Duduknya jg enakan freed kayak bawa aquarium blindspot minim bgt, buat nanjak freed cukup enak ngangkut 7 org stabil naek di gas pelan2x biarpun larinya bolot abis masalahnya freed kalo ud dinaekin 7 org remnya ngelosor beda kalo cuma 4 org remnya enak bgt :ngacir:
Hahaha kynya kesel bgt ya om sama karakter cvtnya? Berarti klo bawa 7 penumpang rada rawan ya om sm remnya :big_childish:
Dityyy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Jan 20, 2016 4:09

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by Dityyy »

liep wrote: ane bahas prit krn gl at 1.5 cuma pernah nyetir bentar
1.prit dalkot kisaran 8-10km/ltr, klo lukot>10km/ltr isi perta92
2.row1 dan 2 lega, row 3 tekuk bawah aj spy row 2 bisa mundur dan direbahin, row 3 bisa nyaman utk tinggi<170cm 2-3org
3.spt naik bus, kliatan jelas smuanya hehe, kf ganti gelapan aj spy ga kyk akuarium, duduknya jg nyaman bisa majumundur naik turun-stir naik turun
4.dbanding gl matic, istri saya dan saya lbih suka prit dr sisi nyaman krn duduknya spt di kursi biasa/kaki ga ketekuk+kursinya nyaman baris 1+2 dg arm rest, support banget
5.ganti knn ud membaik tarikannya, pindahin ke D3 buat salip2an(tutup kuping aj dengar mesinnya)

prit saya tdk pernah spin meski nanjak parah+turunan jg bisa oper D1 spy bantu rem, tdk pernah jg kriet2 di pintu dll
kelemahan prit spt om boku bilang, rem agak bahaya klo isi full--jaga jarak, peredaman baris ke3 jelek krn suara ban masuk, rawan kamera blakang patah krn org salah buka
saran saya tambahin peredam lembaran di pintu depan+tambahin karet peredam tempelin di bodi bagasi biar kedap+ban ganti yg lbih bagusan klo ud dpt unitnya spy lbih empuk dan silent
klo ad duit mending beli prit 2015an yg sdh ad remote stirnya aj om, beda tipis nambahin duitnya
Oke siap om masukannya mungkin nanti klo jd sy akan pasang peredam seperti yg om bilang, klo untuk ambil unit 2015 kynya blm bisa om hehe maklum budget max 225jt
r1409 wrote:bokap punya freed E PSD dan ane sering pake.
kalo livina dulu punya GL '12 SV M/T.
1. freed sekitar 1:10 average surabaya, kalo jakarta sepertinya lebih boros. kalo ANGL CVT dunno, versi manual irit tapi maticnya bolot jadi boros.
2. row 1 freed menang jauh. row 2 kalo jok freed mundur maksimal, lega. tapi kalo mengakomodasi penumpang row 3, pas2an. livina ga jauh beda kayaknya. untuk row 3, livina kecil. freed masih oke. row 2 freed juga captain seat.
3. sama2 oke, masing2 punya plus minus sendiri. freed lebih tinggi, visibility lebih luas. duduknya bukan tipe ndelosor nyantai, tapi posisi armrestnya enak karena tuas transmisi di dashboard jadi armrest bisa lebih dekat ke badan. kalo livina driving posture ala sedan, rendah dan nyantai.
4. bantingan livina lebih soft, NVH lebih bagus di row 1 dan 2. kualitas material juga better. tapi headroom ga bisa ngalahin freed yang boxy.
5. freed standar lemot di tarikan bawah, dan denger2 ANGL CVT juga parah tapi ane ga pernah coba separah apa. dan ada temen ane yg sependapat dengan post diatas, versi 5AT nya saja udah bolot, dan versi CVT nya lebih bolot lagi.

Kirain sy klo cvt dah pastu lebih irit ya trnyata blm tentu cmiiw

1. freed kuat2 aja walaupun ngeden. pernah full load di tanjakan patah di trawas, masuk gear 1 bisa naik dengan lancar walaupun ngeden. kalo livina matic ga tau, belum pernah coba. yg jelas manualnya juga ga parah2 amat kok, pernah full load juga nanjak ke jambuluwuk resort lancar2 aja. (maybe temen2 ada yg bisa bantu jelasin sudut kemiringan 2 tanjakan ini). entahlah dengan versi maticnya.
2. freed: noise dan rattle di belakang, tarikan bawah boyo. livina: kabin lebih sempit, mesin raja ngelitik. kaki2 livina juga durabilitasnya kurang, umur parts nya pendek dan harga mahal. kenyamanan yg harus dibayar dengan umur pendek dan cost mahal. kalo freed denger2 masalahnya banyak di steering mechanism.
3. perlu tidaknya bukan tergantung dari besar velg, tapi dari diameter luar dan lebar ban. kalo ganti velg besar tapi ban tipis dan diameter luar dan lebar ga berubah, ya sama aja. kalo diameter luar / lebar ban jadi lebih besar, tentunya tarikan akan lebih boyo, dan lebih rentan gasruk. penggunaan velg yg lebih besar juga menambah beban roda penggerak, jadi pastinya lebih boros. kalo boros "sekali" atau tidak, tergantung dari lebar dan diameter luar ban yg dipake.
Oke berarti aman ditanjakan ya om... Kayanya klo jd ambil freed sy ga gabtu velg mengingat kons bbmnya yg jg sudah segitu
arfs wrote: Saya kebetulan pake Grand Livina HWS CVT 2013. Saya jawab sesuai pertanyaan om yah.
1. Saya lebaran lalu liburan ke Lembang 4 orang dengan 3 bagasi untuk liburan 3 hari dan 1 sepeda lipet, bisa nanjak-nanjak aja tuh. Asal kalau ada tanjaka curam pindahin ke mode "L" aja.
2. Kelemahan Livina:
- rem getar (bubut disc brake depan, dulu klaim ke batu makam gk dikasi alesan nya odo ud diatas 15rb km.)
- Ban bawaaan berisik (dunlop sp300, tapi kalo om beli versi HWS Autech atau XGear velg nya 16 inch ban nya pake ecopia ep150)
- kalau masalah CVT bolot memang betul tetapi saya rasakan hanya kalau jalan dari stop (mesin GL saya sudah ganti air filter ferrox dan air flow manipulator, bensin ron90) kalau udah jalan kecepatan 40 atau 60 udah gk terlalu bolot.
- Cup holder livina sedikit. di depan hanya ada dua (didepan tuas perseneling), satu di atas ventilasi udara belakang, dua di arm rest kursi baris ke-dua, dan ada dua di baris ke-tiga. Solusi nya bisa beli seat cover pocket biar bisa tambah simpan 3 botol (jadi belakang kuris baris pertama dikasi itu. Ada warna hitam dan beige).
Image
- Gak ada double blower, (duduk di depan serasa kutub utara atau selatan, baris ke-dua ok, baris ke-tiga serasa di garis khatulistiwa (tapi kalau ac sudah nyala lama terasa lah dingin dikit *asal di baris pertama pada tahan semburan kenceng ac nya))
- Head unit cungkwo merk swan-ice yg kelihatan murahan.
3. Saya pake velg standard 15 inch, dalkot bisa 1: 8-10an (tergantung kena macet total atau kgk) lukot 1:16an.
Jalan konstan 80 km/h @1500rpm real time FC nya 1:22 km/l
Jalan konstan 100 km/h @1800rpm real time FC nya 1:18 km/l.
wah cukup irit jg ya om livina nya, tp cvtnya selemot itukah om? Ac baris 3 memang gaada dingin2nya haha
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by marama »

Dityyy wrote:
Wahh trima kasih om infonya btw dulu alasab ganti freed knp ya?
Freed masih om, dulu alasan GL dijual krn kepicut freed apalagi th 2013 disc freed bisa kepala 3x wkt itu :mky_01:
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by nyotnyet »

Adik saya pake freed, papa saya pake GL hws

Yg saya suka dari GL, bantingannya empuk, bbm setelah servis terakhir jadi irit, bbm pertalite, ga nglitik juga
Minus nya :
- kabin depan ga ada lampu penerangan ( fatal banget ini )
- jok ga bisa disetel naik turun
- seatbelt ga ada height adjuster (padahal R3 yang notabene bukan lawannya aja ada)
- cvt nya parah
- versi hws ada bodykit depan rawan gasruk...prefer autech aja lebih rapi

Lainnya belom ada keluhan sampe sekarang

Freed entah kenapa saya ga menemukan kesan bawa mobil ini, selain kaca depan super gede, dan sliding door yang menaikkan gengsi, tapi buktinya adik saya aja susah cari pengganti freed

Kalo saya vote for freed aja dah...

Soul Red zoom zoom
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by ChZ »

Dityyy wrote:Selamat pagi serayamotor, suhu2 dan para sr di forum tercinta ini, alkisah sy mengalami kebingungan lagi setelah dulunya pernah bingung dg pilihan antara innova v bensin vs serena hws. :mky_04:

Sekarang melihat kondisi traffic jakarta yg semakin macet dimana2 :off_no: sy membutuhkan armada baru tp bekas untuk gantiin daily ride sy crv konde 2.4. mobil yg sy kandidatkan sebagai pengganti yaitu antara freed e psd 2013-2014 / grand livina hws 2014-2015.

Nubi galau antara 2 itu, mohon petunjuk para suhu terkait:
1. Keiritan bahan bakar dan biaya perawatan (sy sudah capek dg borosnya crv) :big_dunno:
2. Kelegaan masing2 row
3. Posisi mengemudi (fyi saya puas dg posisi mengemudi crv)
4. Kenyamanan
5. Tarikan masing2 mobil (dua2nya akan sy ganti filter udara knn)

Nubi jg bingung dab ingin menanyakan bbrp hal
1. Apa benar livina tidak kuat nanjak? Bbrp kali sy pernah liat livina spin ban depannya sedangkan freed blm pernah
2. apa sj yg menjadi kelemahan kedua mobil tsb?
3. Apabila sy berencana menaikan velg 2 inci diatas standar apa perlu pake shock aftermarket dan gmn dengan pengaruh kons bbmnya, apakah akan jd boros sekali?

Mohon sarannya para suhu2 sekalian dan members di SM. :thanks:
Kalo melihat opsi yang dibold, saya 100% sarankan Freed.

Kelemahan Freed adalah suspensinya yang terasa keras dan seiring pemakaian yang agak lama / long term, karena ini mobil dengan sliding doors, rattle di PSD nya tidak terhindarkan (ini wajar sekali lagi, mengingat Alphard taun tua juga gak lolos dari masalah ini). BBM sedikit boros dibanding Honda Jazz karena bobot lebih besar dan gearing yang terlalu halus sehingga driver harus injek gas agak dalem baru nyaut. Tapi kembali lagi ke cara mengemudi soal boros atau enggak.

Kalo ada budget berlebih ya, saya sarankan tambah Supercharger... Wkwkwkwkw.... Ini serius. Sudah banyak yang jual Supercharger kit buat L15A7 Jazz GE/ City GM2 / Freed GB3. Siapkan dana 20-30juta deh. Cara instant kalo mau ngakalin bolotnya Freed.

Karena rencana akan diganti velg, saran saya ganti sokbreker sekalian saja... Sokbreker orisinil Freed setau sy Showa lokal... Terkenal gak enaknya. Dipake di lineup Honda CKD : Jazz CR-V Freed.

Menurut pengalaman saya, naik velg inch di atas std gak akan terlalu pengaruh ke Fuel cons... Saya pake 20inch di CR-V RE 2011 aja fuel cons gak beda jauh... Liat gaya mengemudi juga. Yang penting juga milih ukuran ban nya ya oom... Usahakan sama atau mendekati ukuran standar kalo mau gak boros.

Plus buat ngakalin keras nya, sekalian pasang ban yang enak... Rekomen saya sih Hankook Kinergy (opsi termurah), atau Continental ContiPremiumContact (opsi yang agak mahalan kalo ada budget).

Gak pernah punya Livina, tapi menurut pengalaman temen - temen dan pengalaman dari rekan - rekan di atas, kurang positif kalau dibanding Freed...

Positifnya kalau dibanding CR-V ya pasti perawatan lebih murah dan mudah... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by arfs »

Dityyy wrote: wah cukup irit jg ya om livina nya, tp cvtnya selemot itukah om? Ac baris 3 memang gaada dingin2nya haha
CVT nya kalau jalan dari diem, biasa mantengin dulu di 2000 rpm selama tiga detikan buat katrol kecepatan sampai 40 km/h an. AC baris 3 memang kgk ada om. Mangkanya di baris pertama dibikin kenceng blower nya demi tujuan yg di baris ke tiga bisa rasain angin sepoi-sepoi pelan nya. :e-wall:

Kalau masih penasaran sama CVT nya, yah test drive aja dulu. Sekalain cobain Freed. biar tau karakter nya masing-masing.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by DOHC »

Dityyy wrote:
Nubi jg bingung dab ingin menanyakan bbrp hal
1. Apa benar livina tidak kuat nanjak? Bbrp kali sy pernah liat livina spin ban depannya sedangkan freed blm pernah
2. apa sj yg menjadi kelemahan kedua mobil tsb?
3. Apabila sy berencana menaikan velg 2 inci diatas standar apa perlu pake shock aftermarket dan gmn dengan pengaruh kons bbmnya, apakah akan jd boros sekali?

Mohon sarannya para suhu2 sekalian dan members di SM. :thanks:
1) bohong dan hoax
2) GL, kaki2 siap2 menguras kantong kl ud rusak, kcuali ente type driver yg super amat sangat sabar nyetir nya.... ketemu lobang lgs ngerem ampe 5 kph, dan rute sehari2 jalan nya alus sealus paha jkt48...

:ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: RE: Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by loadeddiapers »

DOHC wrote:
Dityyy wrote:
Nubi jg bingung dab ingin menanyakan bbrp hal
1. Apa benar livina tidak kuat nanjak? Bbrp kali sy pernah liat livina spin ban depannya sedangkan freed blm pernah
2. apa sj yg menjadi kelemahan kedua mobil tsb?
3. Apabila sy berencana menaikan velg 2 inci diatas standar apa perlu pake shock aftermarket dan gmn dengan pengaruh kons bbmnya, apakah akan jd boros sekali?

Mohon sarannya para suhu2 sekalian dan members di SM. :thanks:
1) bohong dan hoax
2) GL, kaki2 siap2 menguras kantong kl ud rusak, kcuali ente type driver yg super amat sangat sabar nyetir nya.... ketemu lobang lgs ngerem ampe 5 kph, dan rute sehari2 jalan nya alus sealus paha jkt48...

:ngacir:
nomor 2 aseli bener :big_biglaugh:

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Image
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by vipere »

Ane punya livina xr at udah umur 7 tahun, gak ada cerita lah gak bisa nanjak. Tapi gak tau juga sih kalo yg cvt gimana. Kalo freed istri ane dulu pernah naik ama temannya di lembang. Itu ada tanjakan di mana gitu , seperti kayak gak kuat nanjak gitu sampe sport jantung katanya. Walaupun akhirnya berhasil juga nanjaknya.
Atau mungkin yg nyopirnya gak jago.
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: RE: Re: Bingung Freed E PSD vs Grand Livina HWS

Post by ternakblog »

DOHC wrote:
Dityyy wrote:
Nubi jg bingung dab ingin menanyakan bbrp hal
1. Apa benar livina tidak kuat nanjak? Bbrp kali sy pernah liat livina spin ban depannya sedangkan freed blm pernah
2. apa sj yg menjadi kelemahan kedua mobil tsb?
3. Apabila sy berencana menaikan velg 2 inci diatas standar apa perlu pake shock aftermarket dan gmn dengan pengaruh kons bbmnya, apakah akan jd boros sekali?

Mohon sarannya para suhu2 sekalian dan members di SM. :thanks:
1) bohong dan hoax
2) GL, kaki2 siap2 menguras kantong kl ud rusak, kcuali ente type driver yg super amat sangat sabar nyetir nya.... ketemu lobang lgs ngerem ampe 5 kph, dan rute sehari2 jalan nya alus sealus paha jkt48...

:ngacir:
Master GL bersabda sudah:-))
Freed aja om lebih kencengan,mesti sama2 bolotnya

Sent from my Z3 using Seraya Motor mobile app