2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by aratha »

nyotnyet wrote:
aratha wrote: nah ini yang bikin saya deg2an, kata IBU-IBU ... kalo sampe pas TD istri saya suka bisa gatot minang FD2, kalo yang dilepas Freed ... saya tidak relaaaa :big_cry: . semoga aja tangannya gak nyampe ke shifter plus complain armrest :big_childish:

IMHO sih, dari luar memang JDM banget ... tapi kalo di dalem malah Freed lebih JDM (open cafe dashboard). Kira-kira Sienta ini bakal keluar versi captain seat gak ya? dan jika memang keluar, kira2 bagus gak ya? kemarin pas di dalem kabin coba ngebayangin kalo pake captain seat. tapi kok kabin kayaknya kurang panjang ya.
Kok kayanya sienta ga captain seat karna sistem pelipatan jok ketiganya ya? Masuk ke bawah jok kedua gitu, kalo captain seat apa ga aneh jadinya...hehehe...

Tapi harus diakui, sistem pelipatan bangku nya smart

Kebetulan kmrn di showroom sempet lihat type Q, V dan G

Yg G bener2 trondol, non start stop, ac manual, sliding sebelah kiri aja

V saya malah suka tampilannya...clean gitu, tp lihat harganya yg terpaut 'cuma' 20juta, kok nanggung juga

Image

Terlihat di foto type V, krom grill cuma sedikit, lampu non 'alis', projie non led, dan no aerokit...saya lihatnya kok clean ala ala JDM...hahaha

Dan berkebalikan dari pendapat bro Chz, item ya keren kok IMHO
maksudnya jika keluar edisi captain seat itu COMPLETE CABIN OVERHAUL om :big_exellent: (mungkin gak sih)

Saya pikir non start stop nya itu sudah fitur basic untuk semua kelas. saya juga paling suka V om, clean with minimum chrome
kalo item jujur ya, JDM nya hilang sama sekali IMHO. tapi saya malah seneng karena jadi elegant.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by liep »

fyi nambah bacaan

Jumat, 29 Juli 2016 (autobild)
Perbedaan Mesin R-NR Toyota Sienta Dengan Mesin 1.500 cc Toyota Lainnya
By : Valdo Prahara
Toyota sudah memiliki mesin R-NR terbaru yang digunakan pada model Toyota Sienta. Namun, mesin yang digunakan pada Toyota Sienta ini memiliki perbedaan dengan mesin 1.500 cc pada model Toyota lainnya. Inilah perbedaan mesin R-NR Toyota Sienta dengan mesin 1.500 cc Toyota lainnya.
"Perbedaannya kita pakai lebih hemat, jadi bobotnya lebih ringan 3,5 kg dari mesin sebelumnya," ungkap Direktur Technical dan Project Planning & Management PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Yui Hastoro.
Mesin ini menjadi mesin Toyota pertama di dunia yang mengimplementasikan proses produksi berada dalam satu atap dengan konsep Through Line. Mesin ini menggunakan dua teknik baru. Teknologi ini ada pada bagian combution dan low precision. Teknik baru tersebut juga dikatakan Yui akan membuat pembakaran lebih efisien.
Mesin berkode "NR" ini mengacu pada materialnya. Bahan baku pembuatan mesin ini adalah aluminium yang menjadikan bobot mesin lebih ringan. Mesin yang menggunakan kode NR yang sudah beredar di Indonesia, seperti 1NR-FE yang digunakan pada model Toyota Avanza 1.3. Sedangkan mesin berkode 2NR-FE dipakai pada model Avanza 1.5 dan Etios
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by stevenanthony »

aratha wrote: iya, kenapa kayak gitu ya? kalo Freed lagi dibawa ke bengkel juga dia lebih milih bawa Escape daripada GE8 (bikin budget bensin naik ajah) :big_slap:

bukannya malah mirip ya? GK5 desainnya bukannya seperti itu ya? CMIIW sih, mata dan memori saya sudah makin termakan waktu (baca RENTA)

pikiran kita sih gitu, gak taunya malah ada console tengah jangan2 nanti dan captain seat hilang :frm_bang_head:
kalo ane tanya temen2 cewe atau bahkan tanya nyokap, jawabannya kurleb sama... enak, suka aja naik mobil gede :big_smoking:

gk5 ac kiri/ kanan nya ujungnya kayak melengkung gitu om... yang tengah bagian kiri agak melengkung CMIIW kalo freed ini kan kayak kotak semua... macem freed sekarang :mky_01:
nyotnyet wrote:Kok kayanya sienta ga captain seat karna sistem pelipatan jok ketiganya ya? Masuk ke bawah jok kedua gitu, kalo captain seat apa ga aneh jadinya...hehehe...

Tapi harus diakui, sistem pelipatan bangku nya smart

Kebetulan kmrn di showroom sempet lihat type Q, V dan G

Yg G bener2 trondol, non start stop, ac manual, sliding sebelah kiri aja

V saya malah suka tampilannya...clean gitu, tp lihat harganya yg terpaut 'cuma' 20juta, kok nanggung juga

Image

Terlihat di foto type V, krom grill cuma sedikit, lampu non 'alis', projie non led, dan no aerokit...saya lihatnya kok clean ala ala JDM...hahaha

Dan berkebalikan dari pendapat bro Chz, item ya keren kok IMHO
apalagi yang e om... dari luar aja uda keliatan trondolnya, avanza tipe e saja door handlenya sewarna bodi :upss:

idem om.. v minus bodykit kayak ga overkill, cuma bodykit q juga lumayan manis sih... dan fitur tambahannya menggiurkan sekali.

item bagus ya... (ane suka warna hitam soalnya :ngacir:)
2015 Honda HR-V E CVT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Awalnya saya juga mikir gitu.... tapi....
Perbedaan paling mendasar mesin itu dengan Sienta yaitu punya Avanza dikembangkan dan diproduksi Daihatsu. Sedangkan Sienta, seperti sudah diketahui, dibuat Toyota Indonesia. Mesin Avanza juga masih memanfaatkan besi baja biasa, bukan aluminimum seperti milik Sienta.
Entah deh kebenarannya yang mana :big_biglaugh:
ya beda material biar tetep kelihatan toyota kastanya lebih diatas daihatsu, kalau sama ya malu dong sebagai parent company, lagian 2NR itu kan emang buatan toyota, si daihatsu mana ada mesin secanggih gitu, apalagi sekarang udah dibeli sama toyota, cuma tinggal ngerakit dan bikin kei car doang :mky_03:

terlebih kalau ga salah cast iron itu lebih gampang dibikin daripada cast aluminum. karena cetakan cast iron ga perlu presisi sekali, ada miss dikit bisa diperbaiki cepat, kalau aluminum nyaris mustahil, musti cetak ulang dari awal. belum lagi bicara bahan mahalan aluminum :mky_03:
nyotnyet wrote: Kok kayanya sienta ga captain seat karna sistem pelipatan jok ketiganya ya? Masuk ke bawah jok kedua gitu, kalo captain seat apa ga aneh jadinya...hehehe...

Tapi harus diakui, sistem pelipatan bangku nya smart

Kebetulan kmrn di showroom sempet lihat type Q, V dan G

Yg G bener2 trondol, non start stop, ac manual, sliding sebelah kiri aja

V saya malah suka tampilannya...clean gitu, tp lihat harganya yg terpaut 'cuma' 20juta, kok nanggung juga

Image

Terlihat di foto type V, krom grill cuma sedikit, lampu non 'alis', projie non led, dan no aerokit...saya lihatnya kok clean ala ala JDM...hahaha

Dan berkebalikan dari pendapat bro Chz, item ya keren kok IMHO
asal jgn putih aja, itu jelek banget putihnya, doff white bukan pearlescent white, sudah lihat berapa kali di kota saya di jalanan, mungkin buat demo dealer kali. kesannya jadi murah sekali, akibat list plastik hitam ketemu warna putih doff.

kalau saya pikir si sekalian warna warni atau grey, hitam malah nutupin kontrasnya list hitam ala2 jdm itu.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by coklatMetalik »

Ngomongin warna2 aneh jd inget warna ini

Image

Warna gk jelas. Ungu nggak, biru jg nggak...
Kyknya sienta dipasangin warna ini cocok ya...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by ChZ »

aratha wrote:
iya, kenapa kayak gitu ya? kalo Freed lagi dibawa ke bengkel juga dia lebih milih bawa Escape daripada GE8 (bikin budget bensin naik ajah) :big_slap:

bukannya malah mirip ya? GK5 desainnya bukannya seperti itu ya? CMIIW sih, mata dan memori saya sudah makin termakan waktu (baca RENTA)

pikiran kita sih gitu, gak taunya malah ada console tengah jangan2 nanti dan captain seat hilang :frm_bang_head:
Konon cewe pake SUV itu berasa lebih "secure" ... dibanding pake citycar. Sebenernya gak pengaruh sih dirampok ya dirampok aja gak pandang bulu mobilnya apa kalo dasarnya kriminil... :big_biglaugh: cuman stereotip aja kalo pake SUV lebih jarang jadi incaran rampok dibanding pake citycar karena kesannya lebih "serem".

Kalau berdasarkan kebiasaan HPM yah... biasa males ubah ubah dasbor. Saking malesnya 3 mobil bisa punya dasbor sama cuman ganti setir aja :ngacir:

Dari layout nya seperti Odyssey RC... punya banyak storage penyimpanan dan sepertinya formula Freed yang sekarang akan dipertahankan.
kunaskun wrote: ya beda material biar tetep kelihatan toyota kastanya lebih diatas daihatsu, kalau sama ya malu dong sebagai parent company, lagian 2NR itu kan emang buatan toyota, si daihatsu mana ada mesin secanggih gitu, apalagi sekarang udah dibeli sama toyota, cuma tinggal ngerakit dan bikin kei car doang :mky_03:

terlebih kalau ga salah cast iron itu lebih gampang dibikin daripada cast aluminum. karena cetakan cast iron ga perlu presisi sekali, ada miss dikit bisa diperbaiki cepat, kalau aluminum nyaris mustahil, musti cetak ulang dari awal. belum lagi bicara bahan mahalan aluminum :mky_03:


asal jgn putih aja, itu jelek banget putihnya, doff white bukan pearlescent white, sudah lihat berapa kali di kota saya di jalanan, mungkin buat demo dealer kali. kesannya jadi murah sekali, akibat list plastik hitam ketemu warna putih doff.

kalau saya pikir si sekalian warna warni atau grey, hitam malah nutupin kontrasnya list hitam ala2 jdm itu.
Ya memang sepengetahuan saya, NR-engine dan teknologi dual VVT-i memang punya Toyota dari dulu... :mky_05:

Kalau bener Avanza pakai cast iron... itu cukup menjawab kenapa Avanza generasi pertama blocknya kuat sekali.... :big_biglaugh: mungkin sengaja dipertahankan di generasi ke 2.5 ini. Mesin NR tapi bahan cast iron...

Soal warna saya lebih sreg sama warna cerah di Sienta ini... Karena konsepnya mau funky hahahaha...

Kalo warna gelap cocokan Freed karena kesannya elegant. Tinggal dikasih velg besar warna polish, ceperin dikit, bodykit Modulo. Ganteng deh.

Sienta cocoknya warna cerah kasih sepatu warna gold atau putih...

Dari dulu selalu bayangin mobil mobil unyu berbentuk aneh begini warnanya juga harus aneh .... mau tampil mentereng gak usah nanggung... mau mentereng kok ambil silver item putih.... :big_biglaugh: mobil2 kayak Juke sama Sienta gini kan mmg design nya jadi daya tarik... Kayak KODO Design di Mazda... warna soul red nya kan bener bener nge-blend dan mengekspos semua "otot-otot" mobilnya. IMHO KODO Design selain soul red memang enggak terlalu bagus.

Btw ngomongin nonik... adik saya cewek malah gak suka Sienta... kemarin ngobrol ngobrol soal harga mobil... Mulai dari nyokap yang kaget kalo harga Xenia skrg udah 200juta... *serius, nyokap uwe baru tau Xenia skrg udah tembus 200juta, dia masih berpikir Xenia itu mobil entry level. Lalu adik ane nanya...

"ko kalo Sienta itu harganya berapa?"
"300jt"
"HAH? Mobil bentuknya gak jelas gitu 300juta?"
"Yups 300juta"

Adik ane termasuk golongan konservatif, gak suka mobil mobil macem Juke dan Sienta gini.... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by nyotnyet »

coklatMetalik wrote:Ngomongin warna2 aneh jd inget warna ini

Image

Warna gk jelas. Ungu nggak, biru jg nggak...
Kyknya sienta dipasangin warna ini cocok ya...
Karimun kotak juga ada warna itu juga kan...hahahaha

Soul Red zoom zoom
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by aratha »

stevenanthony wrote: kalo ane tanya temen2 cewe atau bahkan tanya nyokap, jawabannya kurleb sama... enak, suka aja naik mobil gede :big_smoking:

gk5 ac kiri/ kanan nya ujungnya kayak melengkung gitu om... yang tengah bagian kiri agak melengkung CMIIW kalo freed ini kan kayak kotak semua... macem freed sekarang :mky_01:
beda kali ya kalo pas turun dari mobil gitu. keliatan lebih wow kali ya, nyokap juga seneng naik mobil gede (alphard) tapi disupirin :big_slap:

oww. saya liatnya lebih ke persegi panjang nya, jadi walaupun melengkung tapi tetep aja panjang nggak tinggi kayak Freed gen 1 yang dideket HU gitu. :mky_01:
ChZ wrote: Konon cewe pake SUV itu berasa lebih "secure" ... dibanding pake citycar. Sebenernya gak pengaruh sih dirampok ya dirampok aja gak pandang bulu mobilnya apa kalo dasarnya kriminil... :big_biglaugh: cuman stereotip aja kalo pake SUV lebih jarang jadi incaran rampok dibanding pake citycar karena kesannya lebih "serem".

Kalau berdasarkan kebiasaan HPM yah... biasa males ubah ubah dasbor. Saking malesnya 3 mobil bisa punya dasbor sama cuman ganti setir aja :ngacir:

Dari layout nya seperti Odyssey RC... punya banyak storage penyimpanan dan sepertinya formula Freed yang sekarang akan dipertahankan.
pengaruh buat saya om, cewek kalo naik SUV memang lebih serem. GE8 saya sudah 3x tukeran cat sama SUV dan semua yang bawa cewek :ungg:

kalo saya malah keinget Honda N Box :mky_01:
jujur suka banget sama mobil ini, simple and clean JDM.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Soal warna saya lebih sreg sama warna cerah di Sienta ini... Karena konsepnya mau funky hahahaha...

Kalo warna gelap cocokan Freed karena kesannya elegant. Tinggal dikasih velg besar warna polish, ceperin dikit, bodykit Modulo. Ganteng deh.

Sienta cocoknya warna cerah kasih sepatu warna gold atau putih...

Dari dulu selalu bayangin mobil mobil unyu berbentuk aneh begini warnanya juga harus aneh .... mau tampil mentereng gak usah nanggung... mau mentereng kok ambil silver item putih.... :big_biglaugh: mobil2 kayak Juke sama Sienta gini kan mmg design nya jadi daya tarik... Kayak KODO Design di Mazda... warna soul red nya kan bener bener nge-blend dan mengekspos semua "otot-otot" mobilnya. IMHO KODO Design selain soul red memang enggak terlalu bagus.

Btw ngomongin nonik... adik saya cewek malah gak suka Sienta... kemarin ngobrol ngobrol soal harga mobil... Mulai dari nyokap yang kaget kalo harga Xenia skrg udah 200juta... *serius, nyokap uwe baru tau Xenia skrg udah tembus 200juta, dia masih berpikir Xenia itu mobil entry level. Lalu adik ane nanya...

"ko kalo Sienta itu harganya berapa?"
"300jt"
"HAH? Mobil bentuknya gak jelas gitu 300juta?"
"Yups 300juta"

Adik ane termasuk golongan konservatif, gak suka mobil mobil macem Juke dan Sienta gini.... :big_biglaugh:
nah bener, mobil model gini jangan warna biasa, saya sempat liat sienta grey dimana gitu, lupa, cakep daripada pas kemaren liat sienta putih di jalanan jadinya jelek karena kesan murah.

soal model si ini emang ibarat kaya dulu juke, stands among the crowd, ane si demen, karena ya itu stands among the crowd :mky_03: polda di rumah malah demen banget liatnya, pas liat di jalanan itu mobil apaan kaya freed, ane jawab itu sienta emang sekelas freed, dijawab: ohhhh sambil nyeletuk ada warna kuning cerah atau pink ga :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by ChZ »

aratha wrote: pengaruh buat saya om, cewek kalo naik SUV memang lebih serem. GE8 saya sudah 3x tukeran cat sama SUV dan semua yang bawa cewek :ungg:

kalo saya malah keinget Honda N Box :mky_01:
jujur suka banget sama mobil ini, simple and clean JDM.
Dulu waktu awal2 belajar mobil ada FD1 dan Captiva di rumah... kalo saya ato adik saya pas kebetulan perlu bawa sendiri dikasih yang Captiva... kata nyokap biar lebih aman gak jadi inceran kriminal. Adik saya semasa SMA juga bawanya SUV terus, kelas 3 SMA dibawain Grand Vitara.

Baru pas kuliah aja pake mobil kecil March, SX4, sekarang balik SUV lagi Outlander.... :mky_05:

Honda N-series yah... Keren itu... Cocok buat typical jalanan Indonesia yang kecil kecil. Sayang aja modelnya gak masuk buat mayoritas orang, lah kotak gitu.

Image

Waktu liburan di Jepang lumayan populer mobil mobil K-Car kotak gini di sana... sudah kayak Ayla disini lah.
kunaskun wrote:
nah bener, mobil model gini jangan warna biasa, saya sempat liat sienta grey dimana gitu, lupa, cakep daripada pas kemaren liat sienta putih di jalanan jadinya jelek karena kesan murah.

soal model si ini emang ibarat kaya dulu juke, stands among the crowd, ane si demen, karena ya itu stands among the crowd :mky_03: polda di rumah malah demen banget liatnya, pas liat di jalanan itu mobil apaan kaya freed, ane jawab itu sienta emang sekelas freed, dijawab: ohhhh sambil nyeletuk ada warna kuning cerah atau pink ga :big_grin:
Warna netral di Sienta ini malah keliatan gak match sama styling nya menurut saya... :mky_05:

Kemarin kebetulan ke mall yang sama dan pameran masih jalan, di parkiran berjejer puluhan Sienta... kayaknya di akhir pameran mau ada handover unit ke konsumen awal... Kebanyakan ambil warna orange. Saya tanya sales nya paling laku warna orange emang. Keren sih orange nya.

Nyokap ane sih tetep entar ditunjukin paling nyeletuk "udah avanza aja paling bener" .... :big_biglaugh: nyokap gua pecinta avanza banget sih
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by stevenanthony »

aratha wrote: beda kali ya kalo pas turun dari mobil gitu. keliatan lebih wow kali ya, nyokap juga seneng naik mobil gede (alphard) tapi disupirin :big_slap:

oww. saya liatnya lebih ke persegi panjang nya, jadi walaupun melengkung tapi tetep aja panjang nggak tinggi kayak Freed gen 1 yang dideket HU gitu. :mky_01:
mungkin om... kita liat aja nanti, harusnya ga lama lagi keluar gambar aslinya :big_smile]

back to sienta, taun depan mungkin ada sienta trd sportipo :mky_03:

Image
2015 Honda HR-V E CVT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by kunaskun »

ChZ wrote:
Warna netral di Sienta ini malah keliatan gak match sama styling nya menurut saya... :mky_05:

Kemarin kebetulan ke mall yang sama dan pameran masih jalan, di parkiran berjejer puluhan Sienta... kayaknya di akhir pameran mau ada handover unit ke konsumen awal... Kebanyakan ambil warna orange. Saya tanya sales nya paling laku warna orange emang. Keren sih orange nya.

Nyokap ane sih tetep entar ditunjukin paling nyeletuk "udah avanza aja paling bener" .... :big_biglaugh: nyokap gua pecinta avanza banget sih
memang mesti warna warni, modelnya JDM :mky_01:

tapi resikonya warna warni gini cenderung cepat bosen, dipikir2 si ada benernya karena warna non netral. makanya saya prefer grey-nya. ganti pelek putih masih ok, pelek warna warni pun masih ok :mky_03:

avanza itu kijang jaman sekarang :big_grin:
bayumas80
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Jul 26, 2012 20:40

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by bayumas80 »

Awalnya tertarik berat gantiin freed, pas liat anak saya bilang bagusan freed (anak 6 tahun sukanya tidur di belakang dan pindah2 krn walk through cabin freed) akhirnya ga jadi deh post pengeluaran untuk gantiin freed. Tetap setia dengan freed sebagai mobil jemputan anak dan corolla ke30 79 sebagai mobil harian ke kantor.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by liep »

bayumas80 wrote:Awalnya tertarik berat gantiin freed, pas liat anak saya bilang bagusan freed (anak 6 tahun sukanya tidur di belakang dan pindah2 krn walk through cabin freed) akhirnya ga jadi deh post pengeluaran untuk gantiin freed. Tetap setia dengan freed sebagai mobil jemputan anak dan corolla ke30 79 sebagai mobil harian ke kantor.
Anak saya yg 5th jg bilang bagusan prit om..hehe
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by arfs »

stevenanthony wrote: mungkin om... kita liat aja nanti, harusnya ga lama lagi keluar gambar aslinya :big_smile]

back to sienta, taun depan mungkin ada sienta trd sportipo :mky_03:
Image
Buset tuh front spoiler lip nya... Sekali lewat jalanan rusak bisa ancur tuh spoiler lip nya.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by aratha »

ChZ wrote: Dulu waktu awal2 belajar mobil ada FD1 dan Captiva di rumah... kalo saya ato adik saya pas kebetulan perlu bawa sendiri dikasih yang Captiva... kata nyokap biar lebih aman gak jadi inceran kriminal. Adik saya semasa SMA juga bawanya SUV terus, kelas 3 SMA dibawain Grand Vitara.

Baru pas kuliah aja pake mobil kecil March, SX4, sekarang balik SUV lagi Outlander.... :mky_05:

Honda N-series yah... Keren itu... Cocok buat typical jalanan Indonesia yang kecil kecil. Sayang aja modelnya gak masuk buat mayoritas orang, lah kotak gitu.

Image

Waktu liburan di Jepang lumayan populer mobil mobil K-Car kotak gini di sana... sudah kayak Ayla disini lah.
Dulu sebelum nikah juga istri bawanya Grand Vitara, dijual tuker rumah. Saya kebetulan waktu itu bawa RE, jual juga tuker GE8. Sisanya simpen dan jadi cikal bakal GB3. tapi tetep aja sampe sekarang dia masih susah melepas driving sensationnya SUV. makanya kalo Freed jatah servis kesempatan deh tuh make Escape bokap :big_bored:

BTT
N Box laku banget emang disana. saya waktu itu sempet TD dan jujur pengen banget punya :ungg:
nah ngeliat leaked design dash nya ANFreed jadi keinget sama tuh mobil. simple, clean, spacious hehehe

Tadi sempet baca2 forum luar, kayaknya sudah fix buat powertrainnya pake L15B Earth Dreams (DOHC i-VTech). entah yang iDCD bakal keluar disini atau nggak. prediksi top trim 320jt deh sama kayak yang kemarin saya tulis or I could be wrong karena kemarin liat CBR250RR dengan fitur baru yang segudang tapi harganya cuma beda sekian jeteng dengan rival2nya. liat speknya L15B ED lumayan peningkatan power dari 118HP ke 130HP, tranny nya dah pasti CVT sepertinya biar lebih halus power delivery nya. semoga gak boyo deh kayak yang sekarang.
ada kemungkinan juga bakal keluar versi 4WD (which I doubt)

tapi kembali lagi, kalo gak ada sesuatu yang baru yang bener2 nyolok mata ya gak worthy juga tuker ANFreed. VSA n HSA jujur gak terlalu pengaruh juga kalo buat saya. tanjakan parkiran mall pake D ya masih kehandle. kalo hujan juga pasti macet banget jalanan (gak hujan aja macet). kalaupun lancar, well ... cuma orang gila yang ngebut pake MPV :big_smoking:

So buat saya sih better to keep the old one aja :big_okay:
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by arfyano »

saya rencana mau tuker PANTHER GRAND TOURING 2011 saya dgn sienta, worth it g gan? kl innova saya kurang minat karena selain pernah pakai, tu mbl udh umum bgt d jalan raya.. kl mslh teknologi sii saya ga terlalu jd prioritas, yg penting mbl akomodasi luas, nyaman dan enak di lihat. btw, saya papah muda jg ni, baru punya anak 1 yg masih bayi, hehehe..
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by aratha »

arfyano wrote:saya rencana mau tuker PANTHER GRAND TOURING 2011 saya dgn sienta, worth it g gan? kl innova saya kurang minat karena selain pernah pakai, tu mbl udh umum bgt d jalan raya.. kl mslh teknologi sii saya ga terlalu jd prioritas, yg penting mbl akomodasi luas, nyaman dan enak di lihat. btw, saya papah muda jg ni, baru punya anak 1 yg masih bayi, hehehe..
Kalo om nyari akomodasi sebenernya ya vote for Innova om. Tapi kalo buat bertiga sih Sienta oke kok om. Your little one bisa baring di 2nd row karena bench design. FC juga harusnya lebih baik Sienta daripada Innova. Worthy atau nggak saya bilang worthy dari segi kebutuhan om saat ini.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by coklatMetalik »

arfyano wrote:saya rencana mau tuker PANTHER GRAND TOURING 2011 saya dgn sienta, worth it g gan? kl innova saya kurang minat karena selain pernah pakai, tu mbl udh umum bgt d jalan raya.. kl mslh teknologi sii saya ga terlalu jd prioritas, yg penting mbl akomodasi luas, nyaman dan enak di lihat. btw, saya papah muda jg ni, baru punya anak 1 yg masih bayi, hehehe..
Tergantung selera ini sih om, kan beda segmen. Panther grand touring kan mpv gagah sedangkan sienta mpv unyu2 :mky_03:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by stevenanthony »

arfs wrote:
stevenanthony wrote: mungkin om... kita liat aja nanti, harusnya ga lama lagi keluar gambar aslinya :big_smile]

back to sienta, taun depan mungkin ada sienta trd sportipo :mky_03:
Image
Buset tuh front spoiler lip nya... Sekali lewat jalanan rusak bisa ancur tuh spoiler lip nya.
mungkin di indo nanti dirubah... kayak vios yaris beda trd nya sama negara lain... disebutnya penyesuaian :mky_03:
arfyano wrote:saya rencana mau tuker PANTHER GRAND TOURING 2011 saya dgn sienta, worth it g gan? kl innova saya kurang minat karena selain pernah pakai, tu mbl udh umum bgt d jalan raya.. kl mslh teknologi sii saya ga terlalu jd prioritas, yg penting mbl akomodasi luas, nyaman dan enak di lihat. btw, saya papah muda jg ni, baru punya anak 1 yg masih bayi, hehehe..
ane bilang sih worth it, akomodasi sienta oke karena tengahnya no capt seat.

tapi
lebih worth it lagi kalo sientanya dijadiin mobil kedua :ngacir:
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by dream_theater »

arfyano wrote:saya rencana mau tuker PANTHER GRAND TOURING 2011 saya dgn sienta, worth it g gan? kl innova saya kurang minat karena selain pernah pakai, tu mbl udh umum bgt d jalan raya.. kl mslh teknologi sii saya ga terlalu jd prioritas, yg penting mbl akomodasi luas, nyaman dan enak di lihat. btw, saya papah muda jg ni, baru punya anak 1 yg masih bayi, hehehe..
Kalo om dahn biasa bawa panther GT, pasti masuk sienta berasa sempit banget...panther GT itu lebih lega dari innova, khususnya di baris ke-3 yg masih muat 3 orang, juga ban gede jadi tenang saat melibas medan jelek. Tapi jika sehari-hari hanya utk berdua + bayi, sienta sudah cukup memenuhi kebutuhan.

Sebenarnya sienta ini pada awalnya didesain dgn tuas transmisi di dashboard spt freed, hanya saat masuk sini koq malah jadi di bawah ya....kenapa? Apa karena ada versi manualnya? Biar biaya produksi ngirit krn dashboardnya gak beda? Kalo Hyundai Trajet dulu yg AT tuasnya di setir macam L300 & yg MT di bawah, dashboardnya tetap.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by haristk7 »

hari ini saya nyobain Sienta Q..

mobilnya enak ya, visibility keluar cukup bagus, interior lumayanlah cukup luas. Driving impressionnya, mobil ini dari karakternya ya buat nyetir santai di dalam dan luar kota, gak enak buat spirited driving, mainin gas nya harus halus, rada demen lompat kalo diinjek rada dalem dan cepet. Untuk kelakukan di stop and go traffic enak, gas dan remnya juga lumayan nyaman. Untuk rem dari kecepatan 60-80kmh ke berhenti, cukup gigit...yaahh "adequate" dan gak ngeloyor lah..nginjek pedal rem nya juga gak harus dalem2 buat nyetop si mobil dengan nyaman dan aman..

handling so-so, ya terasa limbung tapi masih limbung wajar, lewatin jalan jelek, lobang, dan poldur naikannya masih enak dan gak begitu ngocok. Cukup empuk lah tapi gak empuk banget. Stirnya ringan dan feedback nya kurang, yaa dari karakter stirnya sendiri udah ngasi tau secara gak langsung "jangan bawa gw ngebut, santai aja bawanya"..yaa buat di dalam kota udah oke, terutama buat parkir, ya intinya dari handling dan stirnya ini mobil cocok banget buat cewek/perempuan.

MID nya buat saya seru dan unik displaynya hehehe, lebih seneng mainin MID Sienta daripada Innova, kemudian ada ECO Rank juga mobil ini buat ngasi tau siapa yang bawa mobilnya paling irit dan rekor teririt hahaha..trus ada VSC dan TRC untuk active safety, nilai plus untuk mobil ini

yang gw demen tempat penyimpanannya banyak...ooh ya, yang gak gw suka dari mobil ini
- gak ada foot rest, ini bakalan capek kaki kirinya kalo lagi jalan jauh
- tuas transmisi malah dibawah, bukan di dashboard, dan posisinya juga kurang enak walaupun tangan saya panjang, lebih enak di atas dashboard.
- material interior terutama plastiknya perlu ada peningkatan kualitas dong

overall begitu aja pengalaman gw dengan Sienta Q...
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
DMS2812
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Jan 05, 2016 2:51

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by DMS2812 »

Nice review bro chz. Btw, habis nyoba Sienta Q CVT 2x, ini mobil nyaman. Saya suka pandangan dr driver luas. Kursinya jg kokoh. Kabin hening. Tuas transmisi di lantai gak jd masalah.
Btw, IMO, mestinya Sienta ini gak lemot, tp injak gasnya mesti step by step.
Emang pas U turn, tak coba kickdown, RPM aja yg naik, tp speedonya enggak, agak nahan.
:upss:
User avatar
mangujo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by mangujo »

Berhubung ini Toyota, nantinya bakal banyak bgt di jalanan dan mengurangi ekslusif nya euy pdhl udh keren gini... Harusnya gak pasaran biar kesannya tetep unik dan aneh..
Mazda2 juga udh banyak bgt pdhl styling dan lampunya udh ciri khas banget...
Btw mobil kotak tapi keren macam sienta vs suv suv macem crv / cx5 masih funky mana ya kalo dibawa?
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
garduinduk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Aug 07, 2016 7:56

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by garduinduk »

Review yang lumayan mencerahkan. Entah kenapa kabin terkesan sempit, padahal saat mencoba duduk di baris kedua, lutut masih oke2 saja..