2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 15595
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
OK karena di sebelah pada minta trit perbandingan... Hari ini kebetulan saya sempat test drive Sienta bentar... dan saya cukup hapal dengan karakter Freed.
Plus banyaknya pertanyaan soal perlukah Freed saya diganti Sienta?
Langsung aja, yuk...
Disclaimer : Karena sudah pada familier dengan bentuk Freed, jadi saya gak usah kasih foto ya. Cukup gambar google saja krn gak punya foto prit
The Design?
Honda Freed
Freed di desain dengan konsep triangle + square, dengan harapan bisa memaksimalkan aerodynamics, which is kelemahan utama dari mobil MPV box karena mengutamakan space, dan tetep tidak mengorbankan space penumpang dengan bentuk kotak di belakang.
The result? Memang sebagai sebuah compact MPV saya rasakan Freed cukup manusiawi. Kebetulan sang pemilik mobil yaitu temen saya, Pritnya cukup sering full loaded. Legroom baris ketiga yang cukup wajar mungkin setara dengan Kijang Innova lawas, dan headroom dewa untuk mobil dengan dimensi sekecil itu... Salah satu penyumbang keluasan kabin ini adalah karena layout FWD yang digunakan, sehingga lantainya bisa rata dan kasih space lebih di bagian belakang. Nggak heran, dari dulu mobil Honda selalu juara soal akomodasi dan kepraktisan.
Styling nya cenderung konservatif dengan garis - garis elegan dan gak nyeleneh... Manis diliatnya gak kayak adiknya, Mobilio yang terlalu banyak tarikan garis.
Toyota Sienta
Kalau Honda memilih pendekatan konservatif, Toyota entah kenapa belakangan sangat suka bikin desain yang aneh - aneh dengan filosofi "keen look" nya. Dimana bagian depan mobil harus terlihat "tajam". Moncong mobil Toyota pun sekarang terlihat agresif semua mulai dari Vios, Yaris, Avanza, Kijang Innova, Corolla Altis, Camry sekalipun terlihat lebih agresif dibanding Accord yang memilih untuk tampak manis.
Tak terkecuali dengan Sienta ini....
Styling nya well... Oke sih... Masih acceptable. Enggak se mengerikan Juke yang sampe sekarang saya bingung bagusnya dimana. Tapi kalau diliat straight dari depan... Keliatan terlalu kurus / kurang lebar. Padahal lebar nya sama dengan Freed.
Oh well... Gambar ini gak sengaja karena ibu-ibu nya gak mau minggir... Tapi sepertinya cukup menggambarkan siapa calon konsumen Sienta...
Another "ibu-ibu" moment...
Tentu saja, sebagai mobil yang terlahir di tahun 2016, ia mengenakan aksesoris wajib : Headlamp dengan desain lampu LED yang kekinian.
Dan design velg Polished... Dibungkus ban BS Ecopia EP150 195/50/16
Ntah ini keburu - buru sehingga peredamnya gak dipasang dulu atau gimana? Semoga aja versi produksi gak gini...
Interior and Practicality
Honda Freed
Dasbor Honda Freed menganut konsep "open-cafe" interior... Memberikan kesan luas. Plus desain cluster multiplex dan 2-tingkat. Design yang pintar dan cukup inovatif.
Tuas transmisi di dasbor, plus banyak tempat penyimpanan dan bagian tengah kabin kosong berkat tuas transmisi di dasbor... Memberikan kesan lapang. Plus letak tombol - tombol di tempat yang seharusnya....
Jok baris kedua captain seat memberikan sensasi seperti "mini Alphard"... Juga menyumbang kesan luas di kabin. Walaupun harus terima realita kalau gak ada ottoman seat kayak di Alphard dan joknya jelas jauh dibanding Alphard Sayangnya gak ada smart center console seperti di Nissan Serena yang bisa disulap jadi extra seat. Andaikan ada bakal lebih sakti lagi. Ruang di baris kedua dan ketiga pun cukup memadai walaupun yang masuk saya. Seperti saya state temen saya bawa Freed sering 6 orang, dan beberapa kali saya naik di baris ketiga... Masih cukup... walaupun "ngepas".
Sayangnya ada sebuah fatal flaw di Freed keluaran awal yang mengurangi kenyamanan di baris kedua... Yaitu absennya armrest di sisi dekat pintu,sementara doortrim Freed tidak ada tempat buat naruh tangan. Setau saya ini sudah diperbaiki di Freed keluaran yang sekarang.... or no? Lupa saya.
Plus mekanisme pelipatan jok nya masih seperti Kijang Innova yaitu ditarik ke atas. Urusan melipat jok Sienta, bahkan adiknya, Honda Jazz masih lebih inovatif dengan ultra seatnya.
Toyota Sienta
Dasbor Sienta ermmm... Menurut saya pendekatannya lebih ke funky dan anti-mainstream... Bagus? Mungkin.
Bentuk setirnya... Lucu menurut saya. Gak sekedar ambil dari Yaris dan enggak bosenin kayak setirnya Freed. Good job!
Model cluster meter yang mengingatkan dengan Nissan Serena terbaru...
Dan layar segede gitu di tengah... Khasnya Toyota zaman sekarang... HU yang fiturnya lumayan lengkap dan sudah bisa Miracast... Yaa hampir - hampir mirip fiturnya dengan HU Kijang Innova...
Dasbornya dipenuhi jait-jaitan palsu dan material plastik kasar... Doortrimnya dan joknya bisa pilih warna... Pertama saya masuk ke unit display yang doortrimnya beige.... "wah softpad!" .... disentuh.... greeeek.... Yaris banget
Joknya punya mekanisme pelipatan yang unik, jok baris ketiga "masuk" ke bawah jok baris kedua sehingga bisa memaksimalkan space di bagasi. Yang amat disayangkan adalah... Meskipun kondisi jok baris ketiga dilipat tetap bagasinya lebih kecil dari Freed.
Dan ini kondisi legroom di baris kedua dan ketiga....
Ini di posisi nyetir saya dan legroom baris keduanya... Okeeelah not bad...
Sebelum saya liat seberapa tersiksanya yang duduk di baris ketiga...
Jadi baris kedua harus dimajukan lagi biar gak rebutan lahan. Masalahnya, baris kedua dimajukan dengan posisi nyetir saya udah gak ada space lagi.... Jadi fix ini mobil buat ibu - ibu anter anak dan belanja. Headroom pun rasanya cukup terbatas buat saya.
Enggak heran sih kenapa gak dimasukin captain seat...
Plus pintu bagasinya punya design flaw yang lucu... Mungkin karena mau ngejar praktis jadi jarak antara handle pintu bagasi dan bibir bagasi itu jauh... Ujung pintu bagasi dibuat sangat panjang. Kalo ngebuka bagasi harus sedikit hati - hati kalo enggak mau bibir nyonyor kena hajar pintu bagasi....
How it Drives?
Honda Freed
Dari pengaturan posisi nyetir, Freed sudah menang set duluan. All-round view nya cukup bagus, setir bisa tilt-telescopic. Dasbor pun cukup rendah peletakannya sehingga gak menghalangi visibility. Tuas transmisi di dasbor juga mudah diraih dan foot parking brake bikin lebih praktis. Sangat mudah dapet posisi nyetir ideal di Freed.
Teknis.... Freed diberi jantung mekanis L15A7 dan transmisi Auto 5-speed Grade Logic, unit serupa dengan Jazz GE8 Automatic. Output menurut website resmi Honda Indonesia, 118hp @6600RPM dan 146Nm @4800RPM dengan teknologi SOHC i-VTEC dan DBW dan final gear 4.562. Spek yang ideal...... Kalau jalannya rata semua. Masalahnya ini Indonesia, bro.
Kebetulan yang sering saya naikin itu mobil temen saya, sudah modif Exhaust full sampai belakang, Unichip Q+, dan idrive buat geser limiter ke 7500 RPM. Output horsepowernya roughly sekarang 140hp... Menurut dyno di GUT Motorsport.
Dibandingkan dengan Freed standar... Sebetulnya memang karakter transmisi Freed ini sendiri bikin mobilnya kerasa lemot. 5-speed auto Grade Logic nya Honda ini paling males pasang gigi 1. Kalau jalan normal paling rendah 2... cruise 4.... Kickdownnya cukup lambat. Freed standar dan mobil temen saya yang sudah modif pun... Tetep berasa lemot bawahnya. Masih ditambah bobot mobil ini 250kg lebih berat dari Honda Jazz. But don't get me wrong... Kalau cukup tega injek gasnya, mobil ini *lumayan* kenceng... Temen saya full load 6 orang nyampe 160 km/h cepet sekali, itu dulu waktu kondisi mesin masih standar. Memang konsekuensi dari peak torque yang baru dicapai di 4800 RPM, bawahnya pasti berasa lemot Pemasangan supercharger akan lebih ideal untuk Freed dibanding Turbo yang berisiko bikin torsi di bawah lebih mati lagi.
Mobil ini juga bukan yang terempuk di kelasnya. Karakter dampernya lumayan keras dan bikin ada sensasi kekocok nya di jalan gak rata. Jadi mobil ini... Sebetulnya nyaman... Setirnya kayak kapas, body rollnya juga terhitung minim untuk mobil dengan atap yang tinggi dan ground clearance yang lebih tinggi 10mm dibanding model JDM.... dengan catatan jalannya rata semua... Masalahnya di Indonesia jalan rata kan langka...
Toyota Sienta
Okay let,s drive! Pick your color...
Posisi nyetir Sienta ini cukup aneh.... Apalagi ini bukan mobil yang didesain di negara orang bule. Di Jepang bro. Pertama setirnya gak telescopic. Lalu posisi nya hmmm... Dengan postur tubuh saya, saya harus turunin jok sampe posisi paling rendah. Bukan masalah apa, perkara tuas transmisinya yang jauh di bawah. Tangan saya enggak bisa jangkau tuas transmisinya kalau posisi nyetirnya lebih tinggi lagi. Udah di posisi terendah pun tangan saya tetep kesulitan jangkau tuas transmisinya. Dan bad news, dasbornya cukup tinggi... setau saya orang Jepang posturnya pendek - pendek. Gimana dong kalau cewek yang nyetir, apa gak terhalang dasbor itu
Teknis... Sienta dibekali mesin 2NR-VE serupa dengan Toyota Avanza Veloz terbaru... Output menurut brosur yang saya dapet dan website resmi Toyota 107HP @6000 RPM dan 140Nm @4200 RPM dipadu dengan transmisi CVT. Dan begitu engine bay nya saya buka... Saya cukup terkejut...
What the..... Designnya kok gini.... Mepet sekali dengan firewall. Airbox pun TERTUTUP PENUH di bawah wiper. Jadi mengganti filter udara jadi pekerjaan yang ribet di Sienta ini... biar jadi alesan ngasih fee jasa mahal ke konsumen... Well se sempit sempitnya kabin mesin Freed tetep Sienta lebih juara bikin repot... at least airbox Freed gak perlu bongkar wiper.
OK buat yang merasa Freed lemot... pikir baik baik kalo mau ganti ke Sienta... Why? Karena Sienta ini lebih-lemot-lagi. baca.... LEBIH LEMOT. Kalau Freed masih ke-backup VTEC engage nya di RPM tinggi, Sienta bener bener gak ada backup nya. Karakter mesin NR kalau liat spek seharusnya mirip - mirip sama NZ dan 3SZ... Tapi selip transmisi CVTnya sampe RPM 3000.... di 3000 flat dengan noise yang bener bener gak enak di kuping. Serius, ruang mesin kayak gak ada peredamnya. Berisik pol. Dibejek lagi udah kosong... mirip sama NZ dan 3SZ... with "smoother" response.... Jadi sebetulnya agak mubajir walaupun peak torque nya sudah dicapai lebih dulu dibanding Freed dan angka torsinya juga 6Nm lebih rendah karena hanya beda 600 RPM. Bedanya di Freed di rev sampai 4800 masih ada nafasnya, ini udah habis. Jadi intinya = ya sama aja. Plus with lower hp.
Kalau Freed butuh Supercharger, Sienta butuh Turbo karena pakai CVT...
The bright side, mobil ini nyaman. Yes. Nyaman. Karakter damper nya gak ngocok seperti Freed. Pun yang mengejutkan, mobilnya enggak limbung, 11-12 dengan Freed. Suspensi belakang lebih soft dibanding Freed dengan karakter damper yang lebih mature. Selama ini saya mikir mobil ini glorified Avanza, ternyata soal bantingan jauh lebih refined dibanding Avanza. Mungkin dibanding Kijang Innova generasi GNKI sekalipun. Kalau sama ANKI... ya 11-12 deh. Setir juga lebih kerasa padat dibanding Freed. Salute to Toyota yang selama ini mobilnya saya kenali limbung semua Buat jalan di Indonesia saya rasa lebih gak memabukkan di Sienta dibanding di Freed.
Oh ya soal keamanan Sienta juga one step ahead of Freed... Mungkin karena dia lahir di 2016 dimana VSC udah jadi peranti wajib di sebagian mobil sub-300juta. Freed dari 2009 belom punya VSC. Semoga HPM enggak lupa masukin VSC di Freed terbaru.
Liat foto ini jadi inget... Flaw desain lain yaitu peletakan tombol - tombol di Sienta berada di balik kolom setir... Gak kayak Freed yang ditaruh di samping setir.
Conclusion
well... UHUK... Ini bagian tersulit karena saya pecinta Honda, Freed pun merupakan salah satu MPV favorit saya, tapi okelah... Harus propesional
Jujur agak bingung mana yang lebih baik. Kedua MPV ini punya daya tarik masing - masing.
Kalau ngomong secara kaidah proper MPV , akomodasi, kepraktisan, dst dst... Freed menang banyak dibanding Sienta. Cabin space lebih luas, Captain seat, desain dasbor two-layer... Pun masih dibonusin tenaga mesin yang lebih besar. Ya memang belet tapi Sienta tetep lebih belet dia hanya kalah di point kenyamanan saja dengan bantingan yang cukup keras. Freed sepertinya lebih menyasar ke arah familyman dibanding ke soccermom karena apa yang ditawarkan lebih ke praktikalitas dan simplisitas dibanding style.
Di sisi lain apa yang ditawarkan Sienta menurut saya kebanyakan memang tujuannya bukan ke arah proper MPV. Tujuan Sienta lebih ke soccermom yang kepengen "bergaya" karena stylingnya jelas lebih menarik perhatian kaum hawa, dan prediksi saya yang pake Sienta bakalnya juga banyak wanita nya since laki - laki akan lebih milih Freed karena modelnya lebih representatif. Secara konsep kalau secara proper MPV jelas gak terlalu proper, tapi kalau ngomong style jelas soccermom akan lebih ngelirik Sienta. Toh, soccermom gak akan ribet soal tarikannya yang belet. Poin plusnya juga harga Sienta ini head-on dengan Yaris. Tapi Sienta masih bonus ruang kabin lebih besar.
Mungkin Toyota sudah mikir kalau familyman akan lebih ngelirik Kijang Innova karena modelnya lebih gagah dan lebih sensibel. Sienta ini cocok jadi second car, mobil kedua buat keluarga muda yang udah mapan, suaminya pake Kijang, istrinya pake Sienta. Sedangkan Honda Freed kayak all-in-one package. Ukuran kompak dapet, kepraktisan dan kabin luas juga dapet. Plus karakter lemotnya Freed kan agak-agak mirip dengan karakter lemotnya Kijang bensin
Satu hal yang memperkuat pemikiran saya kenapa Toyota Sienta lebih ke arah style nya, karena warna doortrim dan jok bisa milih... Apalagi itu kalau bukan perkara style? Jarang-jarang mobil under 300juta bisa milih opsi untuk interiornya. Dan slogan "unlock your playground" .... Toyota sepertinya ingin Sienta lebih ke arah mobil yang "playful" dibanding Freed yang lebih mengarah ke konservatif. Liat aja gaya ngiklan keduanya.
In the end, semuanya kembali ke selera konsumen. Yang mau bergaya silahkan pilih Sienta. Tapi kalau familyman saya cenderung rekomendasikan ke Kijang Innova atau Freed saja. Kalau mau beliin bini, yes silahkan beli Sienta, pick bright colors... JANGAN HITAM. Sienta hitam akan jelek sekali karena menyamarkan lekuk - lekuknya.
Saya punya Freed, worth it ga ganti ke Sienta?
Sah-sah aja kalau bosen Freed pengen suasana baru ganti Sienta. Tapi IMHO, kurang worth it. Banyak hal bagus dari Freed yang hilang kalau ganti ke Sienta. Mending langsung upgrade ke Innova atau tunggu Freed 2017 saja...
Kalau Freed baru jadi dikasih mesin L15B EarthDreams DOHC dan dibekali VSC pula, persaingan bakal lebih seru, dan mengingat jonpis kemampuan mantri sunatnya udah berkurang, sepertinya Freed baru bakal dibekali VSC... Kita lihat saja.
Plus banyaknya pertanyaan soal perlukah Freed saya diganti Sienta?
Langsung aja, yuk...
Disclaimer : Karena sudah pada familier dengan bentuk Freed, jadi saya gak usah kasih foto ya. Cukup gambar google saja krn gak punya foto prit
The Design?
Honda Freed
Freed di desain dengan konsep triangle + square, dengan harapan bisa memaksimalkan aerodynamics, which is kelemahan utama dari mobil MPV box karena mengutamakan space, dan tetep tidak mengorbankan space penumpang dengan bentuk kotak di belakang.
The result? Memang sebagai sebuah compact MPV saya rasakan Freed cukup manusiawi. Kebetulan sang pemilik mobil yaitu temen saya, Pritnya cukup sering full loaded. Legroom baris ketiga yang cukup wajar mungkin setara dengan Kijang Innova lawas, dan headroom dewa untuk mobil dengan dimensi sekecil itu... Salah satu penyumbang keluasan kabin ini adalah karena layout FWD yang digunakan, sehingga lantainya bisa rata dan kasih space lebih di bagian belakang. Nggak heran, dari dulu mobil Honda selalu juara soal akomodasi dan kepraktisan.
Styling nya cenderung konservatif dengan garis - garis elegan dan gak nyeleneh... Manis diliatnya gak kayak adiknya, Mobilio yang terlalu banyak tarikan garis.
Toyota Sienta
Kalau Honda memilih pendekatan konservatif, Toyota entah kenapa belakangan sangat suka bikin desain yang aneh - aneh dengan filosofi "keen look" nya. Dimana bagian depan mobil harus terlihat "tajam". Moncong mobil Toyota pun sekarang terlihat agresif semua mulai dari Vios, Yaris, Avanza, Kijang Innova, Corolla Altis, Camry sekalipun terlihat lebih agresif dibanding Accord yang memilih untuk tampak manis.
Tak terkecuali dengan Sienta ini....
Styling nya well... Oke sih... Masih acceptable. Enggak se mengerikan Juke yang sampe sekarang saya bingung bagusnya dimana. Tapi kalau diliat straight dari depan... Keliatan terlalu kurus / kurang lebar. Padahal lebar nya sama dengan Freed.
Oh well... Gambar ini gak sengaja karena ibu-ibu nya gak mau minggir... Tapi sepertinya cukup menggambarkan siapa calon konsumen Sienta...
Another "ibu-ibu" moment...
Tentu saja, sebagai mobil yang terlahir di tahun 2016, ia mengenakan aksesoris wajib : Headlamp dengan desain lampu LED yang kekinian.
Dan design velg Polished... Dibungkus ban BS Ecopia EP150 195/50/16
Ntah ini keburu - buru sehingga peredamnya gak dipasang dulu atau gimana? Semoga aja versi produksi gak gini...
Interior and Practicality
Honda Freed
Dasbor Honda Freed menganut konsep "open-cafe" interior... Memberikan kesan luas. Plus desain cluster multiplex dan 2-tingkat. Design yang pintar dan cukup inovatif.
Tuas transmisi di dasbor, plus banyak tempat penyimpanan dan bagian tengah kabin kosong berkat tuas transmisi di dasbor... Memberikan kesan lapang. Plus letak tombol - tombol di tempat yang seharusnya....
Jok baris kedua captain seat memberikan sensasi seperti "mini Alphard"... Juga menyumbang kesan luas di kabin. Walaupun harus terima realita kalau gak ada ottoman seat kayak di Alphard dan joknya jelas jauh dibanding Alphard Sayangnya gak ada smart center console seperti di Nissan Serena yang bisa disulap jadi extra seat. Andaikan ada bakal lebih sakti lagi. Ruang di baris kedua dan ketiga pun cukup memadai walaupun yang masuk saya. Seperti saya state temen saya bawa Freed sering 6 orang, dan beberapa kali saya naik di baris ketiga... Masih cukup... walaupun "ngepas".
Sayangnya ada sebuah fatal flaw di Freed keluaran awal yang mengurangi kenyamanan di baris kedua... Yaitu absennya armrest di sisi dekat pintu,sementara doortrim Freed tidak ada tempat buat naruh tangan. Setau saya ini sudah diperbaiki di Freed keluaran yang sekarang.... or no? Lupa saya.
Plus mekanisme pelipatan jok nya masih seperti Kijang Innova yaitu ditarik ke atas. Urusan melipat jok Sienta, bahkan adiknya, Honda Jazz masih lebih inovatif dengan ultra seatnya.
Toyota Sienta
Dasbor Sienta ermmm... Menurut saya pendekatannya lebih ke funky dan anti-mainstream... Bagus? Mungkin.
Bentuk setirnya... Lucu menurut saya. Gak sekedar ambil dari Yaris dan enggak bosenin kayak setirnya Freed. Good job!
Model cluster meter yang mengingatkan dengan Nissan Serena terbaru...
Dan layar segede gitu di tengah... Khasnya Toyota zaman sekarang... HU yang fiturnya lumayan lengkap dan sudah bisa Miracast... Yaa hampir - hampir mirip fiturnya dengan HU Kijang Innova...
Dasbornya dipenuhi jait-jaitan palsu dan material plastik kasar... Doortrimnya dan joknya bisa pilih warna... Pertama saya masuk ke unit display yang doortrimnya beige.... "wah softpad!" .... disentuh.... greeeek.... Yaris banget
Joknya punya mekanisme pelipatan yang unik, jok baris ketiga "masuk" ke bawah jok baris kedua sehingga bisa memaksimalkan space di bagasi. Yang amat disayangkan adalah... Meskipun kondisi jok baris ketiga dilipat tetap bagasinya lebih kecil dari Freed.
Dan ini kondisi legroom di baris kedua dan ketiga....
Ini di posisi nyetir saya dan legroom baris keduanya... Okeeelah not bad...
Sebelum saya liat seberapa tersiksanya yang duduk di baris ketiga...
Jadi baris kedua harus dimajukan lagi biar gak rebutan lahan. Masalahnya, baris kedua dimajukan dengan posisi nyetir saya udah gak ada space lagi.... Jadi fix ini mobil buat ibu - ibu anter anak dan belanja. Headroom pun rasanya cukup terbatas buat saya.
Enggak heran sih kenapa gak dimasukin captain seat...
Plus pintu bagasinya punya design flaw yang lucu... Mungkin karena mau ngejar praktis jadi jarak antara handle pintu bagasi dan bibir bagasi itu jauh... Ujung pintu bagasi dibuat sangat panjang. Kalo ngebuka bagasi harus sedikit hati - hati kalo enggak mau bibir nyonyor kena hajar pintu bagasi....
How it Drives?
Honda Freed
Dari pengaturan posisi nyetir, Freed sudah menang set duluan. All-round view nya cukup bagus, setir bisa tilt-telescopic. Dasbor pun cukup rendah peletakannya sehingga gak menghalangi visibility. Tuas transmisi di dasbor juga mudah diraih dan foot parking brake bikin lebih praktis. Sangat mudah dapet posisi nyetir ideal di Freed.
Teknis.... Freed diberi jantung mekanis L15A7 dan transmisi Auto 5-speed Grade Logic, unit serupa dengan Jazz GE8 Automatic. Output menurut website resmi Honda Indonesia, 118hp @6600RPM dan 146Nm @4800RPM dengan teknologi SOHC i-VTEC dan DBW dan final gear 4.562. Spek yang ideal...... Kalau jalannya rata semua. Masalahnya ini Indonesia, bro.
Kebetulan yang sering saya naikin itu mobil temen saya, sudah modif Exhaust full sampai belakang, Unichip Q+, dan idrive buat geser limiter ke 7500 RPM. Output horsepowernya roughly sekarang 140hp... Menurut dyno di GUT Motorsport.
Dibandingkan dengan Freed standar... Sebetulnya memang karakter transmisi Freed ini sendiri bikin mobilnya kerasa lemot. 5-speed auto Grade Logic nya Honda ini paling males pasang gigi 1. Kalau jalan normal paling rendah 2... cruise 4.... Kickdownnya cukup lambat. Freed standar dan mobil temen saya yang sudah modif pun... Tetep berasa lemot bawahnya. Masih ditambah bobot mobil ini 250kg lebih berat dari Honda Jazz. But don't get me wrong... Kalau cukup tega injek gasnya, mobil ini *lumayan* kenceng... Temen saya full load 6 orang nyampe 160 km/h cepet sekali, itu dulu waktu kondisi mesin masih standar. Memang konsekuensi dari peak torque yang baru dicapai di 4800 RPM, bawahnya pasti berasa lemot Pemasangan supercharger akan lebih ideal untuk Freed dibanding Turbo yang berisiko bikin torsi di bawah lebih mati lagi.
Mobil ini juga bukan yang terempuk di kelasnya. Karakter dampernya lumayan keras dan bikin ada sensasi kekocok nya di jalan gak rata. Jadi mobil ini... Sebetulnya nyaman... Setirnya kayak kapas, body rollnya juga terhitung minim untuk mobil dengan atap yang tinggi dan ground clearance yang lebih tinggi 10mm dibanding model JDM.... dengan catatan jalannya rata semua... Masalahnya di Indonesia jalan rata kan langka...
Toyota Sienta
Okay let,s drive! Pick your color...
Posisi nyetir Sienta ini cukup aneh.... Apalagi ini bukan mobil yang didesain di negara orang bule. Di Jepang bro. Pertama setirnya gak telescopic. Lalu posisi nya hmmm... Dengan postur tubuh saya, saya harus turunin jok sampe posisi paling rendah. Bukan masalah apa, perkara tuas transmisinya yang jauh di bawah. Tangan saya enggak bisa jangkau tuas transmisinya kalau posisi nyetirnya lebih tinggi lagi. Udah di posisi terendah pun tangan saya tetep kesulitan jangkau tuas transmisinya. Dan bad news, dasbornya cukup tinggi... setau saya orang Jepang posturnya pendek - pendek. Gimana dong kalau cewek yang nyetir, apa gak terhalang dasbor itu
Teknis... Sienta dibekali mesin 2NR-VE serupa dengan Toyota Avanza Veloz terbaru... Output menurut brosur yang saya dapet dan website resmi Toyota 107HP @6000 RPM dan 140Nm @4200 RPM dipadu dengan transmisi CVT. Dan begitu engine bay nya saya buka... Saya cukup terkejut...
What the..... Designnya kok gini.... Mepet sekali dengan firewall. Airbox pun TERTUTUP PENUH di bawah wiper. Jadi mengganti filter udara jadi pekerjaan yang ribet di Sienta ini... biar jadi alesan ngasih fee jasa mahal ke konsumen... Well se sempit sempitnya kabin mesin Freed tetep Sienta lebih juara bikin repot... at least airbox Freed gak perlu bongkar wiper.
OK buat yang merasa Freed lemot... pikir baik baik kalo mau ganti ke Sienta... Why? Karena Sienta ini lebih-lemot-lagi. baca.... LEBIH LEMOT. Kalau Freed masih ke-backup VTEC engage nya di RPM tinggi, Sienta bener bener gak ada backup nya. Karakter mesin NR kalau liat spek seharusnya mirip - mirip sama NZ dan 3SZ... Tapi selip transmisi CVTnya sampe RPM 3000.... di 3000 flat dengan noise yang bener bener gak enak di kuping. Serius, ruang mesin kayak gak ada peredamnya. Berisik pol. Dibejek lagi udah kosong... mirip sama NZ dan 3SZ... with "smoother" response.... Jadi sebetulnya agak mubajir walaupun peak torque nya sudah dicapai lebih dulu dibanding Freed dan angka torsinya juga 6Nm lebih rendah karena hanya beda 600 RPM. Bedanya di Freed di rev sampai 4800 masih ada nafasnya, ini udah habis. Jadi intinya = ya sama aja. Plus with lower hp.
Kalau Freed butuh Supercharger, Sienta butuh Turbo karena pakai CVT...
The bright side, mobil ini nyaman. Yes. Nyaman. Karakter damper nya gak ngocok seperti Freed. Pun yang mengejutkan, mobilnya enggak limbung, 11-12 dengan Freed. Suspensi belakang lebih soft dibanding Freed dengan karakter damper yang lebih mature. Selama ini saya mikir mobil ini glorified Avanza, ternyata soal bantingan jauh lebih refined dibanding Avanza. Mungkin dibanding Kijang Innova generasi GNKI sekalipun. Kalau sama ANKI... ya 11-12 deh. Setir juga lebih kerasa padat dibanding Freed. Salute to Toyota yang selama ini mobilnya saya kenali limbung semua Buat jalan di Indonesia saya rasa lebih gak memabukkan di Sienta dibanding di Freed.
Oh ya soal keamanan Sienta juga one step ahead of Freed... Mungkin karena dia lahir di 2016 dimana VSC udah jadi peranti wajib di sebagian mobil sub-300juta. Freed dari 2009 belom punya VSC. Semoga HPM enggak lupa masukin VSC di Freed terbaru.
Liat foto ini jadi inget... Flaw desain lain yaitu peletakan tombol - tombol di Sienta berada di balik kolom setir... Gak kayak Freed yang ditaruh di samping setir.
Conclusion
well... UHUK... Ini bagian tersulit karena saya pecinta Honda, Freed pun merupakan salah satu MPV favorit saya, tapi okelah... Harus propesional
Jujur agak bingung mana yang lebih baik. Kedua MPV ini punya daya tarik masing - masing.
Kalau ngomong secara kaidah proper MPV , akomodasi, kepraktisan, dst dst... Freed menang banyak dibanding Sienta. Cabin space lebih luas, Captain seat, desain dasbor two-layer... Pun masih dibonusin tenaga mesin yang lebih besar. Ya memang belet tapi Sienta tetep lebih belet dia hanya kalah di point kenyamanan saja dengan bantingan yang cukup keras. Freed sepertinya lebih menyasar ke arah familyman dibanding ke soccermom karena apa yang ditawarkan lebih ke praktikalitas dan simplisitas dibanding style.
Di sisi lain apa yang ditawarkan Sienta menurut saya kebanyakan memang tujuannya bukan ke arah proper MPV. Tujuan Sienta lebih ke soccermom yang kepengen "bergaya" karena stylingnya jelas lebih menarik perhatian kaum hawa, dan prediksi saya yang pake Sienta bakalnya juga banyak wanita nya since laki - laki akan lebih milih Freed karena modelnya lebih representatif. Secara konsep kalau secara proper MPV jelas gak terlalu proper, tapi kalau ngomong style jelas soccermom akan lebih ngelirik Sienta. Toh, soccermom gak akan ribet soal tarikannya yang belet. Poin plusnya juga harga Sienta ini head-on dengan Yaris. Tapi Sienta masih bonus ruang kabin lebih besar.
Mungkin Toyota sudah mikir kalau familyman akan lebih ngelirik Kijang Innova karena modelnya lebih gagah dan lebih sensibel. Sienta ini cocok jadi second car, mobil kedua buat keluarga muda yang udah mapan, suaminya pake Kijang, istrinya pake Sienta. Sedangkan Honda Freed kayak all-in-one package. Ukuran kompak dapet, kepraktisan dan kabin luas juga dapet. Plus karakter lemotnya Freed kan agak-agak mirip dengan karakter lemotnya Kijang bensin
Satu hal yang memperkuat pemikiran saya kenapa Toyota Sienta lebih ke arah style nya, karena warna doortrim dan jok bisa milih... Apalagi itu kalau bukan perkara style? Jarang-jarang mobil under 300juta bisa milih opsi untuk interiornya. Dan slogan "unlock your playground" .... Toyota sepertinya ingin Sienta lebih ke arah mobil yang "playful" dibanding Freed yang lebih mengarah ke konservatif. Liat aja gaya ngiklan keduanya.
In the end, semuanya kembali ke selera konsumen. Yang mau bergaya silahkan pilih Sienta. Tapi kalau familyman saya cenderung rekomendasikan ke Kijang Innova atau Freed saja. Kalau mau beliin bini, yes silahkan beli Sienta, pick bright colors... JANGAN HITAM. Sienta hitam akan jelek sekali karena menyamarkan lekuk - lekuknya.
Saya punya Freed, worth it ga ganti ke Sienta?
Sah-sah aja kalau bosen Freed pengen suasana baru ganti Sienta. Tapi IMHO, kurang worth it. Banyak hal bagus dari Freed yang hilang kalau ganti ke Sienta. Mending langsung upgrade ke Innova atau tunggu Freed 2017 saja...
Kalau Freed baru jadi dikasih mesin L15B EarthDreams DOHC dan dibekali VSC pula, persaingan bakal lebih seru, dan mengingat jonpis kemampuan mantri sunatnya udah berkurang, sepertinya Freed baru bakal dibekali VSC... Kita lihat saja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Wah Pertamax kah?
Nice review and comparation Om Chz... Jd ketauan walau di kelas yang sama mereka target pasarny sedikit berbeda.. Siap2 bikin papi2 muda pusing...
Nice review and comparation Om Chz... Jd ketauan walau di kelas yang sama mereka target pasarny sedikit berbeda.. Siap2 bikin papi2 muda pusing...
-
- SM Specialist
- Posts: 15595
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Dilema papah-papah muda sekarang... pilih Freed yang all-in-one... atau Kijang yang gedean... tapi nyonya merengek minta Sienta karena bentuknya lucu...glendotan wrote:Wah Pertamax kah?
Nice review and comparation Om Chz... Jd ketauan walau di kelas yang sama mereka target pasarny sedikit berbeda.. Siap2 bikin papi2 muda pusing...
Kalau saya di posisi papah muda tsb saya akan tetep milih Kijang Innova baru... tetep lebih representatif dibawa kemana - mana karena image nya "mobil 400juta" udahan... walaupun bawanya type G 2.0 Manual... sambil nego ke nyonya beliin ZARA atau tas LV...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Nice review om chz...
Mengenai kelemotannya, ane msh nunggu ada yg review versi manualnya, 6 speed kan? Mungkin lebih asyik...
Mungkin yg beli mobil ini, apalagi yg menual, hrs buru2 ganti tongkat persneling pake punya Panther kotak atau Kijang super biar lbh tinggi...
Mengenai kelemotannya, ane msh nunggu ada yg review versi manualnya, 6 speed kan? Mungkin lebih asyik...
Mungkin yg beli mobil ini, apalagi yg menual, hrs buru2 ganti tongkat persneling pake punya Panther kotak atau Kijang super biar lbh tinggi...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1091
- Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
- Location: JakartaBarat
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Wahh.... Om Chz udah siap jd papah... Buktinya pilih kijang innopahChZ wrote: Dilema papah-papah muda sekarang... pilih Freed yang all-in-one... atau Kijang yang gedean... tapi nyonya merengek minta Sienta karena bentuknya lucu...
Kalau saya di posisi papah muda tsb saya akan tetep milih Kijang Innova baru... tetep lebih representatif dibawa kemana - mana karena image nya "mobil 400juta" udahan... walaupun bawanya type G 2.0 Manual... sambil nego ke nyonya beliin ZARA atau tas LV...
Btw td dijalan liat Sienta tesdrive.. Dengan bentuk spt itu dan warna orange sukses bikin awam turning head... sepertinya salah satu trik marketing Toyota bikin penyegaran pasar..
-
- SM Specialist
- Posts: 15595
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Sebetulnya.... tadi awak ditawarin test drive tipe manual atau matic....coklatMetalik wrote:Nice review om chz...
Mengenai kelemotannya, ane msh nunggu ada yg review versi manualnya, 6 speed kan? Mungkin lebih asyik...
Mungkin yg beli mobil ini, apalagi yg menual, hrs buru2 ganti tongkat persneling pake punya Panther kotak atau Kijang super biar lbh tinggi...
Tapi setelah menimbang nimbang.... dan liat jalanan Semarang jam 1 - 2 siang macet parah.... Matic deh.... type tertinggi.... berhubung mikirnya mau bandingin sama Freed, harus sama - sama matic.
Unit testnya kebetulan ada berbagai macam varian tadi.
Lebih panjang karena design om... Banyak design flaw di mobil ini diakibatkan memang mengutamakan style... Contoh yang saya alami sendiri ya waktu buka pintu bagasi hampir kesundul bibir saya... Saking panjangnya jarak handel dan ujung bawah pintu bagasi.armann wrote:Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
Belum oom... kerja aja belom dapetglendotan wrote: Wahh.... Om Chz udah siap jd papah... Buktinya pilih kijang innopah
Btw td dijalan liat Sienta tesdrive.. Dengan bentuk spt itu dan warna orange sukses bikin awam turning head... sepertinya salah satu trik marketing Toyota bikin penyegaran pasar..
Yups mmg ambil Sienta harus warna cerah dan sedikit nyentrik... Mau yang mainstream ambil putih deh... jangan silver atau hitam... jelek jadinya gak keliatan unik
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Sun May 08, 2016 17:37
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Nice review as always om ChZ plus salam penboy Honda
Worthy or not kalo buat saya nggak. Sorry, she just not quite there yet.
Ini sudah diperbaiki om, armrest ada di kedua sisi sekarang. Kalo yang belum ada (2012 kebawah) bisa pasang dengan biaya 1.5 jeteng ajahChZ wrote: Sayangnya ada sebuah fatal flaw di Freed keluaran awal yang mengurangi kenyamanan di baris kedua... Yaitu absennya armrest di sisi dekat pintu,sementara doortrim Freed tidak ada tempat buat naruh tangan. Setau saya ini sudah diperbaiki di Freed keluaran yang sekarang.... or no? Lupa saya.
yang saya rasakan beda tipis dengan GL, ketika saya pindah ke 2nd row sama aja gegara double blower. Malah mending di 3rd row kalo urusan headroom.ChZ wrote: Headroom pun rasanya cukup terbatas buat saya.
Enggak heran sih kenapa gak dimasukin captain seat...
Saya terasa tenggelam, dasboardnya ketinggian. padahal tinggi saya 170cm. mainin height adjuster gak ngefek. tapi tangan saya bisa menjangkau shifter dengan baik. istri saya 155cm, positif bakal ganjel jok pake bantal. cuma gak ngerti tangannya bakal nyampe nggak ke shifter. kebetulan dia kemarin ngajakin TD Sienta terus (bahaya nie, rencana ganti GE8 ke FD2 bisa gatot)ChZ wrote: Posisi nyetir Sienta ini cukup aneh.... Apalagi ini bukan mobil yang didesain di negara orang bule. Di Jepang bro. Pertama setirnya gak telescopic. Lalu posisi nya hmmm... Dengan postur tubuh saya, saya harus turunin jok sampe posisi paling rendah. Bukan masalah apa, perkara tuas transmisinya yang jauh di bawah. Tangan saya enggak bisa jangkau tuas transmisinya kalau posisi nyetirnya lebih tinggi lagi. Udah di posisi terendah pun tangan saya tetep kesulitan jangkau tuas transmisinya. Dan bad news, dasbornya cukup tinggi... setau saya orang Jepang posturnya pendek - pendek. Gimana dong kalau cewek yang nyetir, apa gak terhalang dasbor itu
Worthy or not kalo buat saya nggak. Sorry, she just not quite there yet.
tipis kok om armann lebihnya, jadi kalo parkir di mall aman. cuma kalo parkir mentok tembok di garasi rumah ya pasti nyundul.armann wrote:Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
- Daily Vehicle: VW Tiguan 2014
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Saya lumayan familiar dengan Freed karena sepupu kebetulan punya dan tadi siang sempet nemenin kolega test drive Sienta, beliau mau beli mobil pertama dia. Rasa2-nya Sienta worth it alone buat suspensi yang lebih nyaman dan kabin yang cukup jauh lebih kedap dari outside noise vs Freed. Build quality juga saya rasa Sienta masih lebih baik.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Good review om chz. Saya gak suka sienta versi Indo yg transmisi nya di bawah, padahal versi JDM sudah bagus, lebih keliatan rapi...
Ya mending nunggu new freed aja kayaknya..
Ya mending nunggu new freed aja kayaknya..
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Klo ada yg versi dieselnya bole jg. Apalagi klo dikasi 2gd,... Nyam,...
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Nah test drive di paragon semarang ya om.
Sepintas interiornya lebih terasa mewah freed. Kalo eksterior jelas sienta.
Sepintas interiornya lebih terasa mewah freed. Kalo eksterior jelas sienta.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Wakaka, bisa lansung wheelspin terus tuh roda depan nya kalo di tipe yg gk ada VSC.b8099ok wrote:Klo ada yg versi dieselnya bole jg. Apalagi klo dikasi 2gd,... Nyam,...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
ambil manual aja kalau gitu....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
om chz, thx perbandingan sesuai request ane di trit sbelah
imho, betul yg ditulis om dr awal sd akhir, sama persis dg yg ane rasakan sbg user prit, sienta lbih canggih menunya (menu stir+hsa+vsc dll) tp overall ga worthed jual prit buat beli sienta, bakalan nyesel ga ad mbl honda lagi ntar di rmh, hhahaha, mending ganti hrv ato prit2017, tp klo mau beli mbl baru ya ga ap
mending nyari seken prit th 2014/5, sisa duit skitar 60an jt lmyan buat tabungan
peredamannya sienta bagus, tp lgs buyar begitu gas diinjek pingin narik cpt, suaranya mengerang bkn lg peresan tebu, tp mbl ga jalan2, hehe
nambahin aj, prit saya 2014 sdh ad arm rest di depan dan di tengah arm restnya kiri kanan tiap bangku, trus velq yg om sebutin r16 itu cuma buat tipe q aj, sienta q pun blm ad kamera parkirnya, beda dg prit tipe e sdh ad.
prit ane standard ganti filter udara knn aj, isi 3org full barang sd blakang, denpasar malang ane salip smua mbl yg kliatan di dpn, yg nyalip ane cuma bis mlm+bmw itupun stlh ane kasih jalan krn lost sinyal gps, asal tega aj injak gas dan pindah ke D3, tgantung dirvernya aj smua
tipe manualpun ane rasa khan yg bw bakalan cowo, mau dibuat kebut2an lama2 siding bakalan bermasalah, msh mending veloz dg sgala diskonnya
disebut freed killer ksimpulannya kyknya sienta ga cocok, ga di kill aj ud hampir mati tuh jualan pritnya hehe
imho, betul yg ditulis om dr awal sd akhir, sama persis dg yg ane rasakan sbg user prit, sienta lbih canggih menunya (menu stir+hsa+vsc dll) tp overall ga worthed jual prit buat beli sienta, bakalan nyesel ga ad mbl honda lagi ntar di rmh, hhahaha, mending ganti hrv ato prit2017, tp klo mau beli mbl baru ya ga ap
mending nyari seken prit th 2014/5, sisa duit skitar 60an jt lmyan buat tabungan
peredamannya sienta bagus, tp lgs buyar begitu gas diinjek pingin narik cpt, suaranya mengerang bkn lg peresan tebu, tp mbl ga jalan2, hehe
nambahin aj, prit saya 2014 sdh ad arm rest di depan dan di tengah arm restnya kiri kanan tiap bangku, trus velq yg om sebutin r16 itu cuma buat tipe q aj, sienta q pun blm ad kamera parkirnya, beda dg prit tipe e sdh ad.
prit ane standard ganti filter udara knn aj, isi 3org full barang sd blakang, denpasar malang ane salip smua mbl yg kliatan di dpn, yg nyalip ane cuma bis mlm+bmw itupun stlh ane kasih jalan krn lost sinyal gps, asal tega aj injak gas dan pindah ke D3, tgantung dirvernya aj smua
tipe manualpun ane rasa khan yg bw bakalan cowo, mau dibuat kebut2an lama2 siding bakalan bermasalah, msh mending veloz dg sgala diskonnya
disebut freed killer ksimpulannya kyknya sienta ga cocok, ga di kill aj ud hampir mati tuh jualan pritnya hehe
Last edited by liep on Wed Jul 27, 2016 2:41, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 15595
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Owh berarti saya gak salah liat kemaren di google ada Freed dengan armrest di kedua sisi.aratha wrote:Nice review as always om ChZ plus salam penboy Honda
Ini sudah diperbaiki om, armrest ada di kedua sisi sekarang. Kalo yang belum ada (2012 kebawah) bisa pasang dengan biaya 1.5 jeteng ajah
yang saya rasakan beda tipis dengan GL, ketika saya pindah ke 2nd row sama aja gegara double blower. Malah mending di 3rd row kalo urusan headroom.
Saya terasa tenggelam, dasboardnya ketinggian. padahal tinggi saya 170cm. mainin height adjuster gak ngefek. tapi tangan saya bisa menjangkau shifter dengan baik. istri saya 155cm, positif bakal ganjel jok pake bantal. cuma gak ngerti tangannya bakal nyampe nggak ke shifter. kebetulan dia kemarin ngajakin TD Sienta terus (bahaya nie, rencana ganti GE8 ke FD2 bisa gatot)
Worthy or not kalo buat saya nggak. Sorry, she just not quite there yet.
tipis kok om armann lebihnya, jadi kalo parkir di mall aman. cuma kalo parkir mentok tembok di garasi rumah ya pasti nyundul.
Yups enggak beda jauh sama GL. Di 3rd row kemarin gak sempet nyoba lah kaki saya udah gak bisa masuk gitu entah kenapa tangan saya cukup kesulitan menjangkau shifter. saking sulitnya dan saking posisinya dibawah, di traffic light lupa terus mindah ke N. dan kemaren bro billyd1773dz nanya stepped-mode nya saya juga lupa mobil ini ada stepped mode saking gak inget mobil ini punya tuas transmisi
Yes, she's not quite there yet... Kalo buat nampang sih yes. Mobilnya keliatan "aneh", bakal bikin orang melirik. Kurang lebihnya kayak Nissan Joke eh Juke dibanding Honda HR-V... Yang mau gaya silahkan beli Juke, yang mau dapet fungsi ya beli HR-V.
Aaaaah iya lupa soal kekedapan mobil ini jauh lebih baik dibanding Freed terutama road noise cukup diredam dengan baik. Tapi entah kenapa peredaman di firewall mesinnya cukup parah, suara yang ditimbulkan waktu hard accel itu berisik sekali... Berisik gakpapa kalau enak... ini.......BrianK3 wrote:Saya lumayan familiar dengan Freed karena sepupu kebetulan punya dan tadi siang sempet nemenin kolega test drive Sienta, beliau mau beli mobil pertama dia. Rasa2-nya Sienta worth it alone buat suspensi yang lebih nyaman dan kabin yang cukup jauh lebih kedap dari outside noise vs Freed. Build quality juga saya rasa Sienta masih lebih baik.
Build quality so-so saja menurut saya om... Saya jujur agak kecewa waktu meraba di beberapa bagian dasbornya kok plastiknya terkesan kasar.... Lebih terasa halus plastic nya Freed. Pertama kali liat sih wow... begitu dipegang beneran meh... trim pintunya kasar, tuas girboks nya juga terasa ringkih, handbrake nya adoooh.... mending dibuat foot brake sekalian daripada pake plastik jelek gitu
Ya oom... peletakan tuas transmisi di bawah itu bener bener.... membingungkanlimaues wrote:Good review om chz. Saya gak suka sienta versi Indo yg transmisi nya di bawah, padahal versi JDM sudah bagus, lebih keliatan rapi...
Ya mending nunggu new freed aja kayaknya..
bang satb8099ok wrote:Klo ada yg versi dieselnya bole jg. Apalagi klo dikasi 2gd,... Nyam,...
Iya oom nyoba di Paragon kemarin pas jalan - jalan....v4ldi5 wrote:Nah test drive di paragon semarang ya om.
Sepintas interiornya lebih terasa mewah freed. Kalo eksterior jelas sienta.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
bini ane yg ga ngerti mbl aj lgs koment dg lagak sok taunya habis test drive kmrn, "wah toyota bner2 melakukan kesalahan fatal deh naruh transmisi di bwh", krn itu yg disukai ibu2 mreka ga perlu nunduk utk liat gigi jd msh bisa liat jalan, heheheChZ wrote:Ya oom... peletakan tuas transmisi di bawah itu bener bener.... membingungkan:limaues wrote:Good review om chz. Saya gak suka sienta versi Indo yg transmisi nya di bawah, padahal versi JDM sudah bagus, lebih keliatan rapi...
Ya mending nunggu new freed aja kayaknya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 315
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Klo dari judul nya ya iya freed killer.. ga ada sienta jg udah mati sendiri sm mobilio..
Gmn pun kekurangan sienta dibanding freed lama, tetep aja lebih fresh
Kecuali dah ada yang baru freed nya, baru seru
Gmn pun kekurangan sienta dibanding freed lama, tetep aja lebih fresh
Kecuali dah ada yang baru freed nya, baru seru
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
nais review bro chz... akhirnya kesempatan td juga ya
prit ada kok armrestnya (sekarang) ane naik yg taun 2012 uda ada...
cuma sienta lebih nyaman sama road noisenya mendingan ya.. apalagi di kolong rodanya dikasih peredam tambahan...
sama stylenya lebih kekinian dibanding prit yang uda 7 taun...
#salampenboihonda
prit ada kok armrestnya (sekarang) ane naik yg taun 2012 uda ada...
benar2 persis dengan ane... ini udah ke 4x nya mungkin ane ngmg di forum ini tentang posisi tuas transmisinya.... mau tinggian ga nyampe, mau rendahan duduknya juga masih kependekan, toh kalo paling pendek gaenak liat kedepannyaChZ wrote: Posisi nyetir Sienta ini cukup aneh.... Apalagi ini bukan mobil yang didesain di negara orang bule. Di Jepang bro. Pertama setirnya gak telescopic. Lalu posisi nya hmmm... Dengan postur tubuh saya, saya harus turunin jok sampe posisi paling rendah. Bukan masalah apa, perkara tuas transmisinya yang jauh di bawah. Tangan saya enggak bisa jangkau tuas transmisinya kalau posisi nyetirnya lebih tinggi lagi. Udah di posisi terendah pun tangan saya tetep kesulitan jangkau tuas transmisinya. Dan bad news, dasbornya cukup tinggi... setau saya orang Jepang posturnya pendek - pendek. Gimana dong kalau cewek yang nyetir, apa gak terhalang dasbor itu
as expected..................... lemotChZ wrote: OK buat yang merasa Freed lemot... pikir baik baik kalo mau ganti ke Sienta... Why? Karena Sienta ini lebih-lemot-lagi. baca.... LEBIH LEMOT. Kalau Freed masih ke-backup VTEC engage nya di RPM tinggi, Sienta bener bener gak ada backup nya. Karakter mesin NR kalau liat spek seharusnya mirip - mirip sama NZ dan 3SZ... Tapi selip transmisi CVTnya sampe RPM 3000.... di 3000 flat dengan noise yang bener bener gak enak di kuping. Serius, ruang mesin kayak gak ada peredamnya. Berisik pol. Dibejek lagi udah kosong... mirip sama NZ dan 3SZ... with "smoother" response.... Jadi sebetulnya agak mubajir walaupun peak torque nya sudah dicapai lebih dulu dibanding Freed dan angka torsinya juga 6Nm lebih rendah karena hanya beda 600 RPM. Bedanya di Freed di rev sampai 4800 masih ada nafasnya, ini udah habis. Jadi intinya = ya sama aja. Plus with lower hp.
cuma sienta lebih nyaman sama road noisenya mendingan ya.. apalagi di kolong rodanya dikasih peredam tambahan...
sama stylenya lebih kekinian dibanding prit yang uda 7 taun...
#salampenboihonda
2015 Honda HR-V E CVT
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Sep 10, 2015 1:05
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Bro ChZ test drive kmrn y?Saya jg kmrn dParagon tp sore sih,jd g ktmu.Sbnrnya bs test drive brg nih sama dedengkot seraya
Saya rasa sih untuk karakter suspensi nyaman y,dan jauh dr freed dlm hal suspensi.Sway body nya cukup minimal,body roll minimal,dgn damper yg soft.Masalah mesin td saya jg pas test drive keadaan macet jd cm bisa stop n go,ntar klo udh bisa dibawa masuk tol dll baru lah bisa menyimpulkan sbenarnya.Tp bwt stop n go biar g dipepet mobil lain tenaga mnrt saya bisa lsg kluar si tnpa nggguunngg ala CVT krna saya jg ada mbil cvt 1500cc lain drmh.
Klo mnrt para penghuni SM skalian dgn range hrga yg sama 300jt krg ni worthed g fitur dan krnyamanan material sienta ini dbnding merk lain?Cnthnya dihonda dgn hrga sgtu cm dpt brv atau jazz atau hrv?Masalah ground clearence g jd soal bgt jg y soalnya saya liat spek baik brv n hrv yg katanya crossover ini ground clearence 175mm jg hny trpaut 5mm dr sienta..
Mohon jwbnnya
Saya rasa sih untuk karakter suspensi nyaman y,dan jauh dr freed dlm hal suspensi.Sway body nya cukup minimal,body roll minimal,dgn damper yg soft.Masalah mesin td saya jg pas test drive keadaan macet jd cm bisa stop n go,ntar klo udh bisa dibawa masuk tol dll baru lah bisa menyimpulkan sbenarnya.Tp bwt stop n go biar g dipepet mobil lain tenaga mnrt saya bisa lsg kluar si tnpa nggguunngg ala CVT krna saya jg ada mbil cvt 1500cc lain drmh.
Klo mnrt para penghuni SM skalian dgn range hrga yg sama 300jt krg ni worthed g fitur dan krnyamanan material sienta ini dbnding merk lain?Cnthnya dihonda dgn hrga sgtu cm dpt brv atau jazz atau hrv?Masalah ground clearence g jd soal bgt jg y soalnya saya liat spek baik brv n hrv yg katanya crossover ini ground clearence 175mm jg hny trpaut 5mm dr sienta..
Mohon jwbnnya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Sun May 08, 2016 17:37
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
sepertinya kalo user Freed tipe E kurleb sama ya reviewnya, tapi mungkin untuk tipe A akan lebih yakin untuk ambil Sienta dengan pertimbangan fitur yang lebih banyak.liep wrote: imho, betul yg ditulis om dr awal sd akhir, sama persis dg yg ane rasakan sbg user prit, sienta lbih canggih menunya (menu stir+hsa+vsc dll) tp overall ga worthed jual prit buat beli sienta, bakalan nyesel ga ad mbl honda lagi ntar di rmh, hhahaha, mending ganti hrv ato prit2017, tp klo mau beli mbl baru ya ga ap
mending nyari seken prit th 2014/5, sisa duit skitar 60an jt lmyan buat tabungan
peredamannya sienta bagus, tp lgs buyar begitu gas diinjek pingin narik cpt, suaranya mengerang bkn lg peresan tebu, tp mbl ga jalan2, hehe
saya belum TD jadi gak bisa komen buat engine performance. kemungkinan orang pada gak tega nginjek gas Freed karena kalo diliat nie mobil bukan mobil perang apalagi dengan PSD nya. padahal biar keluar performancenya harus dibejek, apalagi V-Tech baru kerja di rpm tinggi.liep wrote: prit ane standard ganti filter udara knn aj, isi 3org full barang sd blakang, denpasar malang ane salip smua mbl yg kliatan di dpn, yg nyalip ane cuma bis mlm+bmw itupun stlh ane kasih jalan krn lost sinyal gps, asal tega aj injak gas dan pindah ke D3, tgantung dirvernya aj smua
tipe manualpun ane rasa khan yg bw bakalan cowo, mau dibuat kebut2an lama2 siding bakalan bermasalah, msh mending veloz dg sgala diskonnya
disebut freed killer ksimpulannya kyknya sienta ga cocok, ga di kill aj ud hampir mati tuh jualan pritnya hehe
kira-kira kalo dibandingin sama Mobilio CVT power deliverynya dimana si Sienta?
kalo review dari om adityawei n om egi sih percuma pake stepped modenya, mending taruh di D ajah. lupa nanya om, yang tipe Q joknya sudah kulit atau masih fabric ya? saya tes kabin kemarin yang V, joknya masih fabric. jok di 3rd row ampyunnnn deh, kayak pake triplek gitu sandarannyaChZ wrote: Owh berarti saya gak salah liat kemaren di google ada Freed dengan armrest di kedua sisi.
Yups enggak beda jauh sama GL. Di 3rd row kemarin gak sempet nyoba lah kaki saya udah gak bisa masuk gitu entah kenapa tangan saya cukup kesulitan menjangkau shifter. saking sulitnya dan saking posisinya dibawah, di traffic light lupa terus mindah ke N. dan kemaren bro billyd1773dz nanya stepped-mode nya saya juga lupa mobil ini ada stepped mode saking gak inget mobil ini punya tuas transmisi
Yes, she's not quite there yet... Kalo buat nampang sih yes. Mobilnya keliatan "aneh", bakal bikin orang melirik. Kurang lebihnya kayak Nissan Joke eh Juke dibanding Honda HR-V... Yang mau gaya silahkan beli Juke, yang mau dapet fungsi ya beli HR-V.
banyak yang bermasalah sama shifter ya, saya kok malah gak masalah ya, justru yang masalah buat saya malah dashboard nya. ketinggian bener itu, kalo ada anak kucing nyeberang jadi susah keliatanstevenanthony wrote: benar2 persis dengan ane... ini udah ke 4x nya mungkin ane ngmg di forum ini tentang posisi tuas transmisinya.... mau tinggian ga nyampe, mau rendahan duduknya juga masih kependekan, toh kalo paling pendek gaenak liat kedepannya
#salampenboihonda
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Kalo menurut saya sih worthed om...cuma emang ga ada armrest baris keduanya itu yang bikin bingungRyolin wrote:Bro ChZ test drive kmrn y?Saya jg kmrn dParagon tp sore sih,jd g ktmu.Sbnrnya bs test drive brg nih sama dedengkot seraya
Saya rasa sih untuk karakter suspensi nyaman y,dan jauh dr freed dlm hal suspensi.Sway body nya cukup minimal,body roll minimal,dgn damper yg soft.Masalah mesin td saya jg pas test drive keadaan macet jd cm bisa stop n go,ntar klo udh bisa dibawa masuk tol dll baru lah bisa menyimpulkan sbenarnya.Tp bwt stop n go biar g dipepet mobil lain tenaga mnrt saya bisa lsg kluar si tnpa nggguunngg ala CVT krna saya jg ada mbil cvt 1500cc lain drmh.
Klo mnrt para penghuni SM skalian dgn range hrga yg sama 300jt krg ni worthed g fitur dan krnyamanan material sienta ini dbnding merk lain?Cnthnya dihonda dgn hrga sgtu cm dpt brv atau jazz atau hrv?Masalah ground clearence g jd soal bgt jg y soalnya saya liat spek baik brv n hrv yg katanya crossover ini ground clearence 175mm jg hny trpaut 5mm dr sienta..
Mohon jwbnnya
Tadi abis test drive, oke juga menurut saya, yg ga saya suka cuma 1 sih, posisi shifternya.
All type joknya masih fabric...
Tadi kebetulan unit td dapet interior fromage/black, istri suka ya black/brown
Type V menurut saya tampilannya malah clean ala ala JDM..IMHO ya
Soul Red zoom zoom
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Sep 10, 2015 1:05
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Thanks bro nyotnyet responnya.Klo saya kmrn dpt test drive tipe Q yg black trim.
Oke de klo gtu saya coba beli aja.Soalnya ada kenalan org dlm klo mau bisa dpt unit yg Q wrna orange bsk itu.Ntar klo mobilnya udh kepegang n saya coba jln tol,bumpy,tanjakan,dll saya kasih review dsni.Kn ntar kliatan jg bner irit krna CVTnya atau gak..
Oke de klo gtu saya coba beli aja.Soalnya ada kenalan org dlm klo mau bisa dpt unit yg Q wrna orange bsk itu.Ntar klo mobilnya udh kepegang n saya coba jln tol,bumpy,tanjakan,dll saya kasih review dsni.Kn ntar kliatan jg bner irit krna CVTnya atau gak..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
i see... sama lemotnya wkwk
btw...
freed ada telescopic y? kok pnyku ('12) cm tilt ya?
btw...
freed ada telescopic y? kok pnyku ('12) cm tilt ya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 306
- Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17
Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?
Ditunggu Om Ryoling reviewnya
Sbg 1st user tentunya
Wkwkwkwk
Sbg 1st user tentunya
Wkwkwkwk
K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...