Intros:
Berawal dari hari rabu ane lewatin diler Ahond BSD dan ngelihat ada FC1 diparkiran, ini pasti unit test! Harus dicoba, maka ane menghubungi duo maut Psiturism dan Piggypig77

A Bit of History:
Civic FD alias generasi delapan yang amat sukses dan dikatakan mendekati sempurna, mengakhiri produksinya di tahun 2011 dan digantikan oleh Civic FB yg so-so lah (no offense bro ChZ) yg dianggap Generasi gagal dan tidak berhasil memuaskan para penboi sipik.... di tahun ke-4 Civic FB pun di akhiri masa hidupnya dan digantikan oleh Civic Generasi-10 yang digadang-gadang akan mengembalikan kejayaan Civic FD, apakah dia mampu memenuhi ekspektasi kami? let's find out
THE LOOKS

ada penampakan piggypig77
Ganteng, gaada kata2 yg lebih pantas untuk menggambarkan fascia depan mobil ini selain ganteng, dengan lampu LED ala Vario 150



dari samping mobil kelihatan proporsional dengan ala2 fastback, kalo diliat foto emang kurang bagus tapi kalo liat langsung saya jamin bakal cengar cengir ama kerennya.... pake sepatu 17" baling-baling bambu... dengan ban... aduh lupa cek


dari belakang, yg katanya kontroversial... bagus ah.... sayang sih putih... i actually prefer to have this car in black... looks awesome as hell
INTERIOR

pertama, maaf fotonya goyang maklum hape jadul
Biasa aja.... itu yg berhasil saya cerna dari interior FC1, salam satu dashboard



Bedanya versi Indo HU nya dibikin ala-ala pulspek dengan HU 7" Android-Based, well done jonpis


HU nya cukup komplit bisa interenetan dsb, Suara Audio.... ya Ala-Ala Ahond la tapi msh jauh diatas FD ane (Harman/Karton)
Untuk Pengontrolan AC, Pengguna Civic FD seperti ane sangat2 familier karena tata letaknya identik 85%


mirip kan
(sebelumnya maaf ya gasempet foto row 2, lupa saya)


Row 2 untuk legroom cukup lega wajar karena mengingat dia melebar dari FB, ada AC belakang, dan sebuah gundukan kayak mobil RWD... padahl ini mobil FWD yang sukses menjadikan mobil ini untuk 4 orang aja.... bisa sih ber5... paling "Itu" nya beku karena mati rasa kena AC, karena yg tengah juga duduknya bakalan ngangkang, headroom, surprisingly lega.... mengingat bentuknya yg landai ala2 kupe
Another Detail on Interior:

sekarang penumpang depan bisa ngunci pintu layaknya driver, Window Kiri-Kanan depan Auto kecuali yg belakang which is rada nanggung baut saya.... Good News, Softpad merambah pintu belakang layaknya FD, Nice!


yah gapapa sih gak full LCD, tapi yg ini udah keliatan cantik kok buat ane
Buat MID ya standar aja sih ya, Odo, Trip, Range Remanining, Oil Life, ECO Indicator, no boostmeter

DRIVING IMPRESSION

okay let's go!
Pertamakali yang ane rasakan pas duduk... Eh buset tenggelem banget rasanya, posisi duduknya rendah pake banget... pas udah disetting pun masih butuh waktu untuk penyesuaian, setelah cabut dari diler pun masih penyesuaian dan baru nemu tuas pengatur setir 5 menit selepas dari diler, Ane Yg Pertama Bawa, Bro Piggypig didepan dan Psiturism dibelakang menggoda sang sales nonik, Beranjak Dari Iler, Pindah ke D, terasa agak kasar pas pindah dari P ke D, Pencet Tombol EPB and off we go, Yg pertama saya rasakan adalah, ini mobil halus banget... Smooth... kayaknya ini mobil buat nyantai bukan buat dikasarin, And my prediciton is true, Dari Perempatan Eka Hospital (dari arah Teras Kota) karena belok kiri langsung yg ke arah puspita loka, ane langsung pindah ke S dan memainkan paddle shift, bejek 4/5 gas.... RPM naik sampe 5000, tapi tidak secepat lesatan RPM FD2 saat dibejek, enjin meraung.... Upshift ke-3...... dan yah... bisa dibilang untuk dibejek... ini mobil agak bodoh... CVT nya malu2 mengganti gigi ke 3 saat di D, pas masih di S, dari gigi 3 ane coba turunkan ke 2 untuk merasakan engine brake..... dan.... gakada ngajeunhak nya bro (nyentak), hmmm..... suspensi cukup lembut... well i gotta say too soft for a Civic, Bantingan cukup oke, Steering dengan EPS tapi gak hambar2 amat buat ane, lock to lock nya 2.2, Kemudian Berhenti di Al-Azhar BSD untuk tukeran dengan bro piggypig77 dan ane duduk dibelakang, Civic ini dibelakang cukup nyaman karena legroom nya cukup lega, dan nyaman.... Selama ane duduk dibelakang tidak ada aneh2, termasuk reaksi dari sales nonik dibelakang, Saat Cruising terasa nikmatnya mobil ini saat duduk di belakang, saat bro piggypig77 bejek gas dalam2 pun, saya gak merasa tegang atau takut, beda dengan FD, karena malam sebelumnya ane duduk dibelakang FD ane, temen ane bawa ampe 120 aja ane dah ngeri banget, padahal tol gak penuh2 amat, lain halnya dengan FC, Saya gakterlalu takut, gak ampe deg2an kayak FD, berhenti di ipeka BSD, Giliran bro psiturism yg bawa.... yah ane udah siap mental dia yg bawa.... dari ipeka dia langsung gaspol, ane cuma sedikit ketekan kebelakang, dan saat melakukan hard turn di U-Turn, mobil masih dalam tahap terkontrol... hmm Very Nice







Tambahan:

FC1, meet your Grandfather and your benchmark, FD2!
CONCLUSION
Civic Generasi 10, Orientasi sedikit berubah dari mobil yg Sporty dan rev-happy menjadi mobil yg berorientasi kpd Comfort dan Cruising, dengan Price Tag 475jt, Penboi Sipik yg Fanatik VTEC Kicks mungkin akan berfikir lagi sebelum meminang mobil ini, secara mobil ini buat saya karakternya sangat berbeda dengan FD2
PROS:
- Desain Overall Cantik
- Interior Bagus, Tachometer Cantik
- A Good Overall Package
- Headroom
- Softpad
- Softpad
- Softe......

CONS:
- L15B7 yang Enjin Note nya mirip Lio

- CVT nya sangat menahan dan bahkan ragu-ragu untuk melakukan Shifting di D
- Price Tag
- Muffler Extension yg bikin agak aneh
Notes to Honda:
Coba Pasangin L15B7 Turbocharged ini dengan 6-speed Automatic Torque Converter
Sekian Review nubi, maaf kalo ada salah kata dan kurang2 terimakasih
