langsung saja..
begini satu minggu yang lalu Innova D4D saya dilakukan purging di KM 78ribu.. pakai cairannya Liqui Moly Diesel Purge.. di bengkel tersebut metode purgingnya adalah selang masuk ke injector dan selang balik dari injector dilepas dari fuel filter dan kedua selang tersebut dimasukkan ke dalam botol obat purging (selang balik cairan purging disirkulasi di botol purging sampe habis dibakar mesin).. dibiarkan idle beberapa menit kemudian digeber hingga sekitar 2500 rpm hingga obat hampir habis.. Saat digeber tampak asap hitam tidak terlalu tebal keluar dari knalpot, kemudian sisa cairan purging dituang ke tangki BBM, prosesnya kira2 makan waktu 15 menit. kira2 begini picnya :

nah iseng iseng saya liat di youtube supaya next time bisa DIY Purging, tapi kok metode purgingnya berbeda ya (kebetulan di video tersebut pakai cairan purging yang berbeda), caranya selang inlet ke injector dimasukan ke botol purging tapi selang baliknya dituang ke botol lain untuk selanjutnya dibuang (ga disirkulasi masuk ke kaleng obat purging), hasil cairan dari selang balik tampak keruh dan proses purging sekitar 10 menitan, ini cuplikan picnya :
video youtube nya:
[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=FpViXMjp40A[/youtube]
kemudian ada juga cara yang lain, mekanisnmenya mirip yang pertama tapi dari botol purging ke selang inlet injector dikasih semacam fuel filter.. jadi meskipun cairan purging dari selang balik bersirkulasi ke selang masuk tapi kotorannya sudah disaring.. ini picnya:

dan ini ada yg DIY:

Nah yang jadi pertanyaan saya dari metode diatas, mana yang benar dan terbaik? yang menjadi ganjalan saya setelah liat video youtube, klo gitu cara kemarin saya purging d bengkel ga efektif dong ya karena cairan dari selang balik yang kotor dipaksa masuk lagi ke injector..

klo memang kemarin purging saya salah, bolehkah jika dalam waktu dekat ini saya purging kembali?
skalian mau tanya kemarin purging botol LM kok kemasan plastik ya bukan kaleng, apa ini kemasan baru?
mohon pencerahannya dan terima kasih..
