mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by zonepublic »

Melihat fenomena kehadian mobil yang banyak sekali macamnya dan mirip2 saya jadi penasaran untuk flashback tidak usah jauh2 ke tahun 90an saja sebagai contoh di kelas sedan
Mungkin saya tidak terlalu mengikuti mobil eropa jadi saya bahas yang tahu aja ya yaitu mobil jepang sebagai contoh jaman itu merk T dengan produknya yang kelas mewah dipegang produk toyota crown, dibawahnya ada produk toyota corona lalu toyota corolla dan paling bawah toyota starlet di kelas hatchback
begitu pula di tahun 1997 ketika honda secara sengaja mengerek kelas low sedan naik ke kelas mid sedan dengan produknya honda ferio civic yang saat itu bandrolnya telah naik sampe 100jutaan honda mengisi pangsa low sedan dengan produknya honda city z,sebuah sedan saloon masih dilengkapi trunk hanya saja dengan dimensi lebih kecil dan kenyamanan dibawah honda civic series tentunya
Tahun 2004 honda mengisi kelas 100jutaan dengan mengeluarkan honda jazz dengan varian mesin yang berbeda dan toyota mengeluarkan vios untuk mengisi pangsa city car sedan dan yaris untuk hatchback menyaingi jazz kenapa dikarenakan harga honda civic pada waktu itu sudah mencapai sekitar 200juta rupiah
Bukan itu saja, toyota kijang kapsul yang dulunya dikenal sebagai mobil mpv nyaman dan terjangkau di posisikan di kelas mid class mpv yang padah tahun 97 harganya masih sekitar seratus jutaaan pada tahun 2004 posisinya secara harga digantikan oleh toyota avanza dan innova harus naik harga di 200jutaan dengan jumlah varian yang mencapai lebih dari 5 jenis
12 tahun berlalu toyota avanza sudah mencapai angka 200jutaan,lalu siapakah pengisi kelas 100jutaan?yup tepat sekali sekarang diisi produk baru toyota cayla yang sebentar lagi akan muncul,dimana sebelumnya antara toyota avanza dan toyota kijang disisipkan toyota sienta
Dan otomatis kijang innova dikerek ke kelas High class MPV seperti NAV 1/ ALPHARD di tahun 2008
Kalau kita lihat fenomena ini pendapat saya
1 keselamatan dan kelayakan material sudah tidak lagi masuk dalam pertimbangan produsen mobil faktanya mobil baru sekarang di harga bawah 100juta kualitas dan ketebalan plat bodinya jauh dibawah mobil harga yang sama tahun 1996 lalu
2 namanya produsen yang penting profit meningkat setiap tahun
3 varian mobil yang sudah ada,haram untuk turun harga(pernah lihat kijang harga pricelist tanpa diskonnya untuk trim yang sama harga barunya lebih murah dari harga baru 3 tahun kebelakang?)saya jamin anda tidak akan menemukan,kenapa?karena berhubungan dengan resale value dan image brand mobil tersebut,sebenarnya aneh memang,tp karena di indonesia regulasinya tidak jelas maka mobil bekas harganya tetap bisa tinggi,coba mobil bekas setelah beberapa tahun peredarannya dibatasi dan dipersulit pasti relase value juga akan turun drastis
Maklum cuma di Indonesia aja Sampah bisa bernilai tinggi
4 masyarakat indonesia tidak bisa menerima kenyataan klo inflasi dan nilai mata uang indonesia tuh sebenernya makin lama makin turun
Gimana ga turun tahun 1997 USD-IDR di 2000an rupiah,sekarang kurs USD-IDR di 14ribu tp anggaran beli mobil baru masih di angka 100jutaan, seperti hampir 20 tahun lalu,sebagai produsen daripada tidak dapat makan karena jual produk yang tidak laku mendingan ngikutin konsumennya aja bikin mobil yg bisa dijual di harga 100jutaan dan dapet profit
Kalo kejadiannya sudah seperti ini salahkah klo mobil2 kaleng bermunculan,macet dimana2,mobil baru yang sudah populer seperti honda jazz yg harusnya sudah pakai mesin turbo tp yg beredar disini masih pake ivtec L15 yg legendaris ditambah fiturnya banyak disunat seperti ac digital,tombol audio di setir?
Silakahkan member2 dan sesepuh kasih pendapatnya
simplefusion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by simplefusion »

zonepublic wrote:Melihat fenomena kehadian mobil yang banyak sekali macamnya dan mirip2 saya jadi penasaran untuk flashback tidak usah jauh2 ke tahun 90an saja sebagai contoh di kelas sedan
Mungkin saya tidak terlalu mengikuti mobil eropa jadi saya bahas yang tahu aja ya yaitu mobil jepang sebagai contoh jaman itu merk T dengan produknya yang kelas mewah dipegang produk toyota crown, dibawahnya ada produk toyota corona lalu toyota corolla dan paling bawah toyota starlet di kelas hatchback
begitu pula di tahun 1997 ketika honda secara sengaja mengerek kelas low sedan naik ke kelas mid sedan dengan produknya honda ferio civic yang saat itu bandrolnya telah naik sampe 100jutaan honda mengisi pangsa low sedan dengan produknya honda city z,sebuah sedan saloon masih dilengkapi trunk hanya saja dengan dimensi lebih kecil dan kenyamanan dibawah honda civic series tentunya
Tahun 2004 honda mengisi kelas 100jutaan dengan mengeluarkan honda jazz dengan varian mesin yang berbeda dan toyota mengeluarkan vios untuk mengisi pangsa city car sedan dan yaris untuk hatchback menyaingi jazz kenapa dikarenakan harga honda civic pada waktu itu sudah mencapai sekitar 200juta rupiah
Bukan itu saja, toyota kijang kapsul yang dulunya dikenal sebagai mobil mpv nyaman dan terjangkau di posisikan di kelas mid class mpv yang padah tahun 97 harganya masih sekitar seratus jutaaan pada tahun 2004 posisinya secara harga digantikan oleh toyota avanza dan innova harus naik harga di 200jutaan dengan jumlah varian yang mencapai lebih dari 5 jenis
12 tahun berlalu toyota avanza sudah mencapai angka 200jutaan,lalu siapakah pengisi kelas 100jutaan?yup tepat sekali sekarang diisi produk baru toyota cayla yang sebentar lagi akan muncul,dimana sebelumnya antara toyota avanza dan toyota kijang disisipkan toyota sienta
Dan otomatis kijang innova dikerek ke kelas High class MPV seperti NAV 1/ ALPHARD di tahun 2008
Kalau kita lihat fenomena ini pendapat saya
1 keselamatan dan kelayakan material sudah tidak lagi masuk dalam pertimbangan produsen mobil faktanya mobil baru sekarang di harga bawah 100juta kualitas dan ketebalan plat bodinya jauh dibawah mobil harga yang sama tahun 1996 lalu
2 namanya produsen yang penting profit meningkat setiap tahun
3 varian mobil yang sudah ada,haram untuk turun harga(pernah lihat kijang harga pricelist tanpa diskonnya untuk trim yang sama harga barunya lebih murah dari harga baru 3 tahun kebelakang?)saya jamin anda tidak akan menemukan,kenapa?karena berhubungan dengan resale value dan image brand mobil tersebut,sebenarnya aneh memang,tp karena di indonesia regulasinya tidak jelas maka mobil bekas harganya tetap bisa tinggi,coba mobil bekas setelah beberapa tahun peredarannya dibatasi dan dipersulit pasti relase value juga akan turun drastis
Maklum cuma di Indonesia aja Sampah bisa bernilai tinggi
4 masyarakat indonesia tidak bisa menerima kenyataan klo inflasi dan nilai mata uang indonesia tuh sebenernya makin lama makin turun
Gimana ga turun tahun 1997 USD-IDR di 2000an rupiah,sekarang kurs USD-IDR di 14ribu tp anggaran beli mobil baru masih di angka 100jutaan, seperti hampir 20 tahun lalu,sebagai produsen daripada tidak dapat makan karena jual produk yang tidak laku mendingan ngikutin konsumennya aja bikin mobil yg bisa dijual di harga 100jutaan dan dapet profit
Kalo kejadiannya sudah seperti ini salahkah klo mobil2 kaleng bermunculan,macet dimana2,mobil baru yang sudah populer seperti honda jazz yg harusnya sudah pakai mesin turbo tp yg beredar disini masih pake ivtec L15 yg legendaris ditambah fiturnya banyak disunat seperti ac digital,tombol audio di setir?
Silakahkan member2 dan sesepuh kasih pendapatnya
menyimak dulu.

tapi IMHO kalo kelas per kelas itu kelas mobil2 sedan harusnya ga berubah. big sedan tetep big sedan, medium tetep medium small tetep small.

tapi sama seperti manusia, dimana pertambahan usia, pada umumnya diikuti penambahan berat badan dan lingkar pinggang :big_grin: ukurannya yang semakin membesar dan memberat, thanks to electronic aid, safety feature, luxury feature, dll.

kalo kita liat dari dimensi, dimensi yang sama kelasnya terus menurun.

ane ga apal, jadi by nose aja nih, kayanya size CS ane itu hampir segede eterna dulu. like civic hampir sama kaya accord maestro.

brio kayanya sizeya sama kaya civic taon 70an akhir.

masalah ATPM ambil untung kebanyakan ane ga bisa ngmong banyak karena ane ga ada akses ke area situ. tapi simplenya, kalo dengan model kosongan laku dijual harga mahal ya mana mau mereka ganti model yang notabene perlu inves ulang. apalagi sejak ada pajak impor afta cuma 5% (CMIIW) lebi untung impor dari tailan daripada rakit di sini dengan segala macam problem klasik perburuhan.

contoh my lov mitsubosi, ntuh eL sapek gen 2 masi aja dirakit, padahal umur tuh mobil uda seumuran ane yang kepala 3 ini :big_childish:
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by anrico17 »

ATPM kenakan ambil untung kebanyakan dan banyak sunat + pajak yang makin tinggi dan agak gak masuk akal + rupiah yang gak kuat kuat amat + inflasi + material cost dan labor cost naik terus + main harga berdasarkan brand image....

*curhatan bocah baru lulus skolah*
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
mangujo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by mangujo »

ya memang karena faktor ekonomi kalo 12 taun lalu beli avanza 100jt itu kalo jaman skrg nilainya 170jt bukan? ayla kalo 12 taun lalu keluar mungkin harganya 50-70jt kali ya hahaha
tapi memang menurut saya ATPM indo kayanya rakus banget gak bisa dicegah.. bikin produk baru terus
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by hariy »

.......mencerna tulisan nya TS dulu.
Bablas terus seperti truk rem nya blong.

Tapi, entah siapa yang memulai. Penyuplai bahan baku, karyawan n manajemen (atas nama naiknya bahan pokok n non pokok), atau hal lainnya. Yang pasti, mengakibatkan ongkos produksi mobil dari tahun selalu naik.

Dan muncul nya 'kelas baru' di otomotif, merupakan salah satu bentuk strategi pabrikan untuk bisa survive sekaligus (berusaha) memenuhi keinginan masyarakat akan mobil. Terutama dalam kompromi harga.

Imo. Banget.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by kendibocor »

Paling enak ngambil mbl baru umur setahun, depresiasi uda banyak. Barang masi lumayan segar.

Setuju ma TS harga mbl ga masuk akal lg. Kalo ngmng inflasi ga segitunya juga kali mbl skrng naek ampir 2x lipat (terutama jepang) dibanding 1 dekade yg lalu.

Kayanya uda pernah dibahas masalah ini. Intinya eropa kenaikan harga ga separah mbl jepang.
stiffler
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: Wed May 27, 2015 5:07

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by stiffler »

Menurut saya, atpm dan pihak2 terkait ngambil untung terlalu tinggi. Simplenya, bs dilihat kayanya pabrikan mobil untungnya tetap aja gede bgt kan? Sepertinya indo masih jadi seller market dmn bargaining power buyer rendah jd seller bs suka2 naikin harga dng alasan ini itu. Buyer no choice selain take it or leave it
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by solar_kerosen »

kebalik gan yg bener pemerintah ambil pajak kebanyakan wkwkwkwkwk
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by newrubble »

singkat sj (krn sy ikuti bgmn perkembangan mobil di indo)

yg di ni'mati indo public skrg adalah positive impact of global civilization upgrade

1973-1985 asean (bukan indo ya) basic motoring standard was at level of GM harimau vehicle (malay), vw sakbayan (pinoy)

untuk di banding dengan miskin miskin.lain:

vw ea489 basistransporter (brazil), citroén babybrousse (senegal n iran)

luxury kit jaman 1973-75 adalah kaca jendela samping dari beling n atap solid


1975 - 79 saat globalcars sdh full CKD indo dgn specdown yg jadi luxury items itu (optional): ban radial (bonus dr dealer u compact sedan: ban radial bridgestone rd-115 ukuran 13/70/155) dan window tint "wynn" atau "rayban" (pernah dengar istilah kaca riben) yg harganya rp. 25,000 kalo di pasang di benz w114/115 atau rp. 15,000 di honda civic sb1 / tyt corolla ke70

1979-80 semua CKD compact sedan di indo punya optional sama: air conditioner ... mobil sedan / utility sekelas tyt fj / jeep cj7 yg jalan pelan di menteng dgn kaca tertutup semua dianggap punya org kaya apalagi kalo full tinted window dianggap punya org (koruptor) pangkat tinggi. seatbelt mulai jadi optional meski factory std u bbrp jap brands

1980-90 mulai jaman aftermarket head unit bukan yg asal putar sj n kluarkan bunyi dan mulai jaman nya kaca jendela naik turun electrically

1990-2000 bukan lg jaman mobil penumpang dgn velgen dari besi sebagai factory standard. umumnya japanese brand pakai enkei sbg vendor di indo

2000-2012 mulai upper trim CKD indo dipasang suplementary safety system: abs n airbag

jadi kirakira bgitu global civilization motoring evo yang mau tdk mau adopted by indo sole agencies
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by iwidiyanto »

untung besar itu definisinya apa ya? contribution margin? gross margin? net income? atau hanya ngitung harga jual vs raw material? :big_childish: :big_think:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by Omnibus »

Menurut saya ... skrg ini malah pilihannya semakin banyak tergantung uang nya ada apa ndaak. Krn memang semakin majemuk juga wealth disparity nya antar konsumen di indo. Yg sanggup beli yg mahal ya ada, banyak malah. Yg sanggupnya beli yg murah lebih banyak buangett.

Yg thn 1990an mau beli Akod Cielo (100an jt) skrg juga ada New Akod (600an jt). Mau beli Starletti (40an jt) skrg jg ada Yarizz (200an jt). Yg mau Biem Seri 3 (110-160an jt) skrg jg masih ada (600-900an jt). Yg tetep mau Jangki (30an jt) skrg jg ada (300-400an jt). Cipic, Rolla, selevelan Coro Na (jd Kemry), Masda 626 skrg M6 ... rasanya semua yg dulu ada skrg jg masih ada.. plus yg dulu ga ada skrg ada.

Cuma frustrasi nya .. banyak org yg ngerasa dulunya kebeli skrg udah ga kebeli lagi. Tp jangan salah..yg dulu ga kebeli skrg kebeli jg banyak. Terutama yg dulunya nyimpen aset di properti dan ... yg ga jujur yg korupsi.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by zonepublic »

Omnibus wrote:Menurut saya ... skrg ini malah pilihannya semakin banyak tergantung uang nya ada apa ndaak. Krn memang semakin majemuk juga wealth disparity nya antar konsumen di indo. Yg sanggup beli yg mahal ya ada, banyak malah. Yg sanggupnya beli yg murah lebih banyak buangett.

Yg thn 1990an mau beli Akod Cielo (100an jt) skrg juga ada New Akod (600an jt). Mau beli Starletti (40an jt) skrg jg ada Yarizz (200an jt). Yg mau Biem Seri 3 (110-160an jt) skrg jg masih ada (600-900an jt). Yg tetep mau Jangki (30an jt) skrg jg ada (300-400an jt). Cipic, Rolla, selevelan Coro Na (jd Kemry), Masda 626 skrg M6 ... rasanya semua yg dulu ada skrg jg masih ada.. plus yg dulu ga ada skrg ada.

Cuma frustrasi nya .. banyak org yg ngerasa dulunya kebeli skrg udah ga kebeli lagi. Tp jangan salah..yg dulu ga kebeli skrg kebeli jg banyak. Terutama yg dulunya nyimpen aset di properti dan ... yg ga jujur yg korupsi.
kesimpulannya yang dulunya make kijang kapsul/innova dan sekarang mau upgrade tapi alasannya ANKI overprice karena harganya udah diatas 300juta alasannya bilang overprice masuk akal ga ?
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by armann »

Mereka (ATPM) msh ada yg mau untung makin gede semakin kesini, walaupun cost of production, harga bahan baku pasti naik dan kurs rupiah yg sangat anjlok, mau gk mau supaya untungnya sm kyk dulu ataupun mau lebih besar ya otomatis build quality menurun, model semakin bnyk (misalnya menggunakan satu basis/platform), plat body tipis, interior plastik murahan, bagian atas roda yg tdk ketutup, fitur safety yg minim (tdk membaik) dan mobil2 lama pasti akan naik kelas atau makin bnyk tipe, yg bakal ngisi celah market (atau bahkan memakan penjualan produk satu merek)
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by Omnibus »

zonepublic wrote:
Omnibus wrote:Menurut saya ... skrg ini malah pilihannya semakin banyak tergantung uang nya ada apa ndaak. Krn memang semakin majemuk juga wealth disparity nya antar konsumen di indo. Yg sanggup beli yg mahal ya ada, banyak malah. Yg sanggupnya beli yg murah lebih banyak buangett.

Yg thn 1990an mau beli Akod Cielo (100an jt) skrg juga ada New Akod (600an jt). Mau beli Starletti (40an jt) skrg jg ada Yarizz (200an jt). Yg mau Biem Seri 3 (110-160an jt) skrg jg masih ada (600-900an jt). Yg tetep mau Jangki (30an jt) skrg jg ada (300-400an jt). Cipic, Rolla, selevelan Coro Na (jd Kemry), Masda 626 skrg M6 ... rasanya semua yg dulu ada skrg jg masih ada.. plus yg dulu ga ada skrg ada.

Cuma frustrasi nya .. banyak org yg ngerasa dulunya kebeli skrg udah ga kebeli lagi. Tp jangan salah..yg dulu ga kebeli skrg kebeli jg banyak. Terutama yg dulunya nyimpen aset di properti dan ... yg ga jujur yg korupsi.
kesimpulannya yang dulunya make kijang kapsul/innova dan sekarang mau upgrade tapi alasannya ANKI overprice karena harganya udah diatas 300juta alasannya bilang overprice masuk akal ga ?
ANKI pas launching sdh tau release new model dlm tahun yg sulit. Comp sekelas astra punya market intelligence yg bagus utk predict future business outlook. Sy kira sdh dipikirkan matang taruh harga segitu toh nanti bisa diadjust dgn diskon yg besar .. spt norma yg berlaku akhir2 ini. Mrk sadar produk ini skrg bukan backbone lg secara volume tetapi tetap merupakan cash cow krn brand power kijang yg sdh terkenal. Prinsipnya even lower volume but big profit. Early adopter (consumer) biasanya memang harus bayar mahal, beda prestige dibanding jika mobil sdh banyak seliweran di jalan. Mungkin lho ya ... consumer psychography mapping nya begitu.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by newrubble »

yg jelas .... basic trim dlm arti tanpa ac ... tanpa comfort driving set (power this n that).... vinyl interior material

utk mobil penumpang CKD .... sdh tdk ada lagi
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by daftar »

ooh, ini yang dimaksut TS ATPM merk jepang khususnya Astra & HPM ya?
banyak juga kok ATPM lain yang untung kecil & empot2an jualannya, udah kasih fitur lebih + banting harga jualannya tetep masih dikit aja
:ngacir:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by gobale »

daftar wrote:ooh, ini yang dimaksut TS ATPM merk jepang khususnya Astra & HPM ya?
banyak juga kok ATPM lain yang untung kecil & empot2an jualannya, udah kasih fitur lebih + banting harga jualannya tetep masih dikit aja
Klu ini sih sepertinya emang dari sisi konsumennya yg takut pake merek minoritas. Jualan mbl di indo tanpa aftersales bagus, parts ada kw1-10, dan iklan jor2an jgn harap laku besar. Ada yg udah mulai dikit2 mulai dapat kepercayaan malah kabur, malah tutup pabrik (klu ini PR nya blunder bgt cara nyampein ke publik...padahal buka tutup pabrik adalah hal biasa, akhirnya persepsi masyarakat jadi takut, ga mau lagi beli merek ini)

Persepsi masyarakat sudah terlalu kuat terhadap jepun2an....
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by daftar »

gobale wrote:
daftar wrote:ooh, ini yang dimaksut TS ATPM merk jepang khususnya Astra & HPM ya?
banyak juga kok ATPM lain yang untung kecil & empot2an jualannya, udah kasih fitur lebih + banting harga jualannya tetep masih dikit aja
Klu ini sih sepertinya emang dari sisi konsumennya yg takut pake merek minoritas. Jualan mbl di indo tanpa aftersales bagus, parts ada kw1-10, dan iklan jor2an jgn harap laku besar. Ada yg udah mulai dikit2 mulai dapat kepercayaan malah kabur, malah tutup pabrik (klu ini PR nya blunder bgt cara nyampein ke publik...padahal buka tutup pabrik adalah hal biasa, akhirnya persepsi masyarakat jadi takut, ga mau lagi beli merek ini)

Persepsi masyarakat sudah terlalu kuat terhadap jepun2an....
maksud saya cuman mau bilang, nggak semua ATPM dapat untung banyak, masih ada yang menjual dengan harga normal (harga sesuai yg didapat) ;)
:ngacir:
simplefusion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by simplefusion »

kadang ATPM ada yang nakal, demi memenuhi target pendapatan

ane perna pengalaman sama VW sebelom dipegang indomobil, masi CCI dan peralihan ke indomobil

januari 2008 sampai maret 2008 dalam 3 bulan, harga touareg metro TDI V6 naik dari 850 OTR ( after disc rata2 jadi 780an ) jadi 1.15 M ( after disc 1.125 ). dengan unit yang sama, karena seinget saya kuota touareg TDI indo per bulan itu 10. dan dari november sampai maret itu tidak ada import unit yang datang, karena yang kejual cuma 2 unit, salah satunya veri R5 ( nik 2007 pre FL sisa stok )
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4
beta adrener
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Thu Mar 14, 2013 11:02

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by beta adrener »

tahun2008 emang naiknya harga mobil gila2an karena dollar naik
pas dollar turun harga gak ikut turun :mky_02: :mky_02:
simplefusion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by simplefusion »

memang fluktuatif.

tp seingat saya, antar januari sampai maret itu cuma naik 500 dr 12500an ke 13000an. dan ini unit masuknya nov 2007
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4
shoepatu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: Wed Sep 24, 2014 15:13

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by shoepatu »

Sapa si jualan ga mau untung besar. Kalo rasa ga worthed, tinggalin aja. Cr merek yg ngasih harga sebanding kualitas, cuman jgn ribut harga jual kembali ya

Hwhwhhwhw
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by Omnibus »

Kl bicara ambil untung kebanyakan atau tidak tergantung dr volume yg dijual, tipe2 yg volume maker pasti untungnya ga sebesar tipe yg harganya lbh mahal vol lbh dikit. Sebab hrs dipertimbangkan juga beban biaya utk menyediakan spare part minimal 10 thn setelah unit terakhir dijual. Aturannya begitu. Makanya tipe spt mark x (akibat salah satu taxi yg cancel order last minute) itu beban tersendiri utk atpm ... meski dulu dijual firesale disc sampai 200 jt.

Ini sbg cerita sampingan ya .. thn 1987 alm bokap beli corolla GL second utk ganti mobil dinas yg ditarik krn pindah kerja. Ternyata di kantor yg baru dikasih mobil juga. Akhirnya gl itu dijual lagi dan uangnya dibelikan tanah di daerah mampang. Seandainya SEKARANG tanah itu dijual lg dan beli rolla tipe terbaru bisa dapat 8 unit .. mungkin bahkan lebih.

Bagi org yg kebetulan bisa invest di property ya harga mobil skrg ga jadi soal, yg penting kebeli. Bagi pengusaha (ini dpt cerita dr salah satu kacab dealer) tergantung bisnis lg rame apa sepi. Kl rame income yg masuk itu diambilin tiap bulan 5 jt buat bayar kredit mobil ga jd soal. Beda kl lg sepi. Jd selama bisnis rame DAN resale value mobil yg di trade in nya ga anjlok maka bagi wiraswastawan relatif ga masalah. Disini makanya resale value tuh penting kl suka ganti mobil, kl anjlok ya nombok banyak. Bagi karyawan kl cuma ngarepin kenaikan gaji tahunan normatif ya ini yg berat kl hrs ngikutin kenaikan harga mobil. Kecuali dpt promotion dan naik gaji yg signifikan. Atau dr kantornya dpt tunjangan COP (car ownership program).
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by vipere »

Harga mobil berbanding terbalik ya dengan barang elektronik. Dengan harga yang sama dgn 10 tahun lalu , dapat barang dengan fitur lebih komplet dan canggih.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by solar_kerosen »

Omnibus wrote:Kl bicara ambil untung kebanyakan atau tidak tergantung dr volume yg dijual, tipe2 yg volume maker pasti untungnya ga sebesar tipe yg harganya lbh mahal vol lbh dikit. Sebab hrs dipertimbangkan juga beban biaya utk menyediakan spare part minimal 10 thn setelah unit terakhir dijual. Aturannya begitu. Makanya tipe spt mark x (akibat salah satu taxi yg cancel order last minute) itu beban tersendiri utk atpm ... meski dulu dijual firesale disc sampai 200 jt.

Ini sbg cerita sampingan ya .. thn 1987 alm bokap beli corolla GL second utk ganti mobil dinas yg ditarik krn pindah kerja. Ternyata di kantor yg baru dikasih mobil juga. Akhirnya gl itu dijual lagi dan uangnya dibelikan tanah di daerah mampang. Seandainya SEKARANG tanah itu dijual lg dan beli rolla tipe terbaru bisa dapat 8 unit .. mungkin bahkan lebih.

Bagi org yg kebetulan bisa invest di property ya harga mobil skrg ga jadi soal, yg penting kebeli. Bagi pengusaha (ini dpt cerita dr salah satu kacab dealer) tergantung bisnis lg rame apa sepi. Kl rame income yg masuk itu diambilin tiap bulan 5 jt buat bayar kredit mobil ga jd soal. Beda kl lg sepi. Jd selama bisnis rame DAN resale value mobil yg di trade in nya ga anjlok maka bagi wiraswastawan relatif ga masalah. Disini makanya resale value tuh penting kl suka ganti mobil, kl anjlok ya nombok banyak. Bagi karyawan kl cuma ngarepin kenaikan gaji tahunan normatif ya ini yg berat kl hrs ngikutin kenaikan harga mobil. Kecuali dpt promotion dan naik gaji yg signifikan. Atau dr kantornya dpt tunjangan COP (car ownership program).

tanah gue berhamburan :wkkk:

,tinggal tunggu indonesia tambah sesak gue bkn rumah petak/kos /losmen makan tuh mobil . tanah gue ditawari seharga fortuner baru ada lagi seharga land cruiser baru tapi berhubung harga gak sesuai nilai pasar gue tolak gue jual murah kalau sudah gak Makan . mobil kelemahannya suku cadang satu saluran cuma Pabrikan tapi kalau rumah/properti Berhamburan . bata bisa diganti batako atau bata putih , atap bocor bisa diganti terpal/seng/multiroof mobil kalau rusak Ngehe loe... spare part inden, ketergantungan jasa mekanik dealer Fak.... makan tuh mobil .

buat gue ada prioritas :

lebih mahal ijasah dari motor ( 5 tahun jebol) , lebih mahal tanah dari mobil(5 tahun jebol) lebih mahal cw cantik dari ferrari , lebih mahal $20 juta dari cw cantik :big_biglaugh:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun