Jupiter MX (ada potonya)

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jerlen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Sep 29, 2005 13:03
Location: Indonesia

Post by jerlen »

ada sumber bocoran dari orang YMKI ga ya?kapan persisnya keluarnya, masa ngiklanin terus2an di tv, barang ga ada2?
Yamaha Jupiter MX135LC, kapan dipasarakan di Indonesia?
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

Versi modif kumplit dah ada di webnya Yamaha Indonesia, coba gw masukin sini bisa hot linking ga?

sumber: http://www.yamaha-motor.co.id/

Jupiter MX Modifikasi

Mau gaya dengan Jupiter MX anda ? Yamaha telah memberikan inspirasi pada anda pecinta fashion pada roda dua. Mau gaya balap atau futuristik semuanya ada. Inspirasi ini khusus disajikan kepada anda semua para pecinta Yamaha. Silahkan jadi inspirasi anda untuk membuat Jupiter MX anda beda dari yang lain.

FACTORY RACER

Image

Citra total motor balap pabrikan. Bernuansa grafis strobe , simbol tradisi dunia balap Jepang. Memiliki knalpot ganda dan rem cakram kaliper yang mempunyai struktur sama seperti YZF R1. Menggunakan jok desain khusus untuk memperkuat citra motor balap.

MIDNIGHT RACER

Image

Lahir dari imajinasi drag race malam hari. Menggunakan elemen yang sama dengan factory racer dan memiliki aspek yang lebih ekstrem. Menampilkan kesan nuansa kilatan bara api yang menyala-nyala di kegelapan malam.

FUTURISTIC FASHION

Image

Memiliki Aksen Futuristik dan aspek penuh gaya. Warna dasar putih, dan elemen warna kuning, memperkuat aksen desain secara menyeluruh. Desain ini memiliki garis-garis grafis geometris yang melahirkan atmosfir futuristik.

MIDNIGHT DANCER

Image

Cocok untuk penjelajahan di tengah malam. Memiliki aksen gaya, logo yang memancar, serta grafis yang bisa berubah-ubah warna bagaikan berdansa. Mengusung teknologi MP3 yang dilengkapi 2 speaker menyajikan musik-musik dinamis.

METALLIZER

Image

Beraksen metal, menampilkan citra futuristik. Menggunakan beberapa elemen warna hitam dan desain aerodinamis. Cowling bernuansa perak dan warna hijau muda pada beberapa elemen memperkuat aksen futuristik.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

keren!!!
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

timtimnugroho wrote:
tomy_j wrote: Mas, biar kate tuh cakram depan kayak Champ dan cuma 1 piston, tapi gw tetep yakin yg 1 piston jauh lebih pakem ketimbang kaliper 2 piston.

Dulu kan sempat dibahas di Otomotif soal daya cengkeram kaliper 1 piston King lawas vs kaliper 2 piston King baru, dan pemenangnya kaliper 1 piston 8)

CMIIW
hihihih... 4 pistonnya motornya rossi nggak pakem donk... hihihihih......

men..... 1 pistonya si king lama diameternya lebih gede bin lebar... sedangkan 2 piston yamaha 1 gede 1 kecil.... getoo.... mangkanya 1 pistonnya king lama lebih pakem..
yap...gw setuju tuh om timtim........lagian kalo 1 piston lebih bagus kenapa modifikasinya jadi banyakan 2 piston?...........

tujuan bikin multipiston kan supaya lebih kompak,ringan, pakem....makanya disc nya juga harus lebih lebar kayak megadisk satria

biar otomotif nulis gitu tetep aja entar belakangan keluar ver 2 pistonya.........
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Post by tomy_j »

Yongis_CD wrote:
timtimnugroho wrote:
tomy_j wrote: Mas, biar kate tuh cakram depan kayak Champ dan cuma 1 piston, tapi gw tetep yakin yg 1 piston jauh lebih pakem ketimbang kaliper 2 piston.

Dulu kan sempat dibahas di Otomotif soal daya cengkeram kaliper 1 piston King lawas vs kaliper 2 piston King baru, dan pemenangnya kaliper 1 piston 8)

CMIIW
hihihih... 4 pistonnya motornya rossi nggak pakem donk... hihihihih......

men..... 1 pistonya si king lama diameternya lebih gede bin lebar... sedangkan 2 piston yamaha 1 gede 1 kecil.... getoo.... mangkanya 1 pistonnya king lama lebih pakem..
yap...gw setuju tuh om timtim........lagian kalo 1 piston lebih bagus kenapa modifikasinya jadi banyakan 2 piston?...........

tujuan bikin multipiston kan supaya lebih kompak,ringan, pakem....makanya disc nya juga harus lebih lebar kayak megadisk satria

biar otomotif nulis gitu tetep aja entar belakangan keluar ver 2 pistonya.........
Ahh, terserah loe pada2 deh, kan cuma IMO aja :lol:
Pake dibandingin pula sama motor MotoGP :lol:

Tanya aja Yamaha, kenapa mereka pake kaliper 1 piston di MX135LC, biar jelas 8)
User avatar
noe777
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
Location: Depok City

Post by noe777 »

hei hei.. pada ribut2, mendingan kaya gw mengheningkan cipta sejenak untuk jupi mx, gw perhatiin di thread ini decak kagum sm-ers cuma kalo ngeliat jupi mx dimodif, yg standar kasian donk.. peace... peace...ampun,.,.,
1+1 = ?
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

tomy_j wrote: Ahh, terserah loe pada2 deh, kan cuma IMO aja :lol:
Pake dibandingin pula sama motor MotoGP :lol:

Tanya aja Yamaha, kenapa mereka pake kaliper 1 piston di MX135LC, biar jelas 8)
qeqeqeqe..... tebak aja dech.... kenapa thunder 125 nggak ada engkol? singkat aja karena untuk menekan harga produksi.. jatuhnya ke konsumen khan lebih murah.... lha kalo kenapa MX pake single piston belakang tromol pulak.... padahal yg digembor2 kan niy motor kenceng... khan nggak sesuai.... so... lagi2 untuk menekan harga....

asal nggak sekecil piston mio aja....
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

hehehe produknya masih diumpetin gue main2 ke show room pusat yamaha ajah kagak ada tuh, dah pada rame awass kecewaaa loh,

kalo barang udah ada n dah dipaek mah baru boleh comment degh,
BTW masalah rem cakram nya yg 1 piston, itu khan buat yg standarnya coba u check buat yg versi modifnya pake yg double piston man.

nah loh pada bingung degh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
beg0g
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Nov 03, 2004 3:24

Post by beg0g »

rekans,
saya tanya ke show room resminya , katanya sich keluar 18 oktober, yang mo hunting silahkan ke showroom cabang cibinong.
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Post by tomy_j »

timtimnugroho wrote:
tomy_j wrote: Ahh, terserah loe pada2 deh, kan cuma IMO aja :lol:
Pake dibandingin pula sama motor MotoGP :lol:

Tanya aja Yamaha, kenapa mereka pake kaliper 1 piston di MX135LC, biar jelas 8)
qeqeqeqe..... tebak aja dech.... kenapa thunder 125 nggak ada engkol? singkat aja karena untuk menekan harga produksi.. jatuhnya ke konsumen khan lebih murah.... lha kalo kenapa MX pake single piston belakang tromol pulak.... padahal yg digembor2 kan niy motor kenceng... khan nggak sesuai.... so... lagi2 untuk menekan harga....

asal nggak sekecil piston mio aja....
Hehehehe, kalo soal engkol kan gitu ngaruh, tapi rem menyangkut keselamatan bro :D

Tapi lagi, insinyur di Jepun sana pasti uda ngitung dgn cermat lah, gak mgkn mereka asal pasang kaliper, hehehe....

Piss ah..... :lol:
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

loh kalo yg 1 piston lebih pakem, kenapa yg versi modifnya nggak pake yg 1 piston juga tetapi malah pake yg double piston ? why ?

itu karna yg 1 piston cuman buat standar n jadi larinya cuman standar2 ajah,

beda sama yg modifikasi hehehe

heheheh so toy
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

vandekar wrote:loh kalo yg 1 piston lebih pakem, kenapa yg versi modifnya nggak pake yg 1 piston juga tetapi malah pake yg double piston ? why ?

itu karna yg 1 piston cuman buat standar n jadi larinya cuman standar2 ajah,

beda sama yg modifikasi hehehe

heheheh so toy
masalahnya begini... ambil kasaran aja harga ini motor 13,8jt yah.... mo modif? paling nggak butuh kopling manual, velg racing, cakram depan belakang, knalpot ikut diganti...... klo' dihitung hitung pasti habisnya kurang lebih 16jt an.... bener nggak? dengan harga segitu tambah uang dikit lagi udah dapet scorpie ato F150 (CC udah gede DOHC, udah velg racing, kopling manual) tul nggak?

nggak maksut offensif seh, gw sendiri baca Motor Plus Extra terbaru aja ngiler2 lihat mesihnya MX dibelah tapi ya gitu dech....
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

tomy_j wrote: Hehehehe, kalo soal engkol kan gitu ngaruh, tapi rem menyangkut keselamatan bro :D

Tapi lagi, insinyur di Jepun sana pasti uda ngitung dgn cermat lah, gak mgkn mereka asal pasang kaliper, hehehe....

Piss ah..... :lol:
nggak usah pake' pas pis cur men..... ini forum bebas ngeluarin pendapat.... geto....

nah itu die tom masalahnya seperti ada yg ngomongin diatas..... mesin masih standar mungkin masih cocok dengan kaliper standar tersebut, cuman masalahnya, apa lo puas dengan peforma mesin standar?
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

analisis yg menarik Bro Tim, sekalian ngasih tahu yg thai punya keluar 2 versi loh!
auto clutch dan hand clutch, nah deh Indonesia ketinggalan lagih :(

ini linknya:
http://www.yamaha-motor.co.th/Product/S ... sp?pMode=1
Warte nur Balde
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Post by tomy_j »

@TTN yg bukan TTM :D
Yez bro, kalo gak puas dgn rem depan standar, ganti aja cakramnya dgn yg lebih gede, beres kan ?

@Atjep, sudah dibahas banyak di forum tetangga tuh :D
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

nah loh... gimana tuh pabrikan yamaha? user di sini udah grasa grusu padahal motor lom keluar.. eh parikan kok lempeng2 aja yah
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

halo,

gimana, apa ada yg sudah pakai MX135LC ini?

lihat2 speknya sih, itu kompresinya 10.9 kalau dikasih premium denger2 bakal 'ngelitik' ya mesinnya?

Tadi sempet lihat2 di pameran (BiP-bandung) ,di knalpotnya ada tulisan "catalytic bla bla" , konverter katalis, gemana nih kalau dikasih premium, denger2(juga) bakal mampet?
Ada yg tahu benda ini bisa dilepas dgn mudah atau harus pakai las-lasan utk bukanya?

thanks.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

halo,

mau reply pertanyaan sendiri :D

di bagian Test Ride motorplus
http://motorplus-online.com/articles.asp?cat=010105
nemu info:
premium tidak ngelitik sebab didukung silinder DiAsil yg kuat dan antigores, piston forged lewat pembuatan sistem cetak tanpa finishing dng mesin bubut atau CNC.
Faktor pendukung lain yang memungkinkan MX 135LC bisa nenggak Premium dengan kompresi gede, yakni sistem pendingin air.


(Satu yg terakhir bikin bingung, rasanya kalau pada mobil (yg juga punya radiator tentunya) yang minta pertamax AFAIK mengenai kualitas material (alumunium+Silikon) dan proses tempa yg disebutkan testride diatas kok bisa ya jadi alasan utk bisa minum premium?)

DiAsil penjelasannya di
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=7122&no=2
Hirotaka Kurita. Wong Jepun ini menyatakan blok silinder MX 135LC ini sistem diasil. “Tidak ada liner. Bahannya new alloy. Teknologi ini tidak ada di bebek lain. Biasanya diterapkan di motor besar seperti Yamaha R1,”

di brosur zx130 ada ini:
"..Liner menyatu dengan cylinder, membuat pendinginan mesin lebih baik dan memperoleh kompresi yang stabel serta tenanga yg optimal."

DiAsil=Die Alumunium Silicon
Kalau Liner itu apa ya?
Jadi karena JupieMX ini gak punya liner, maka dia butuh Liquid cooling? cmiiw..

bingung gw :? :? :?
hehe
jgr
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Oct 30, 2005 15:07

Post by jgr »

Nggak bisa dipungkiri, Jupi MX emang ngelitik, punyaku dan punya saudaraku tetep ngelitik walaupun pake pertamax (sedikit), berkurang banyak setelah pake pertamax+aditif. nggak tau kalo udah disetel pengapiannya. kan ada tps yang bisa geser pengapian berdasarkan bukaan gas, cuman mekanik yamaha di daerahku belum berani utak atik diluar standar
Tapi walaupun ngelitik, tenaga tetep oke, dan konsumsi bensin tergolong irit, punyaku 1:40-1:50, nggak tahu efeknya nanti kalo ngelitik gitu.
Mungkin jadi nggak terlalu masalah bila tahun depan harga premium naik mendekati pertamax
setio_dewo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 07, 2005 8:03

Post by setio_dewo »

jgr wrote:Nggak bisa dipungkiri, Jupi MX emang ngelitik, punyaku dan punya saudaraku tetep ngelitik walaupun pake pertamax (sedikit), berkurang banyak setelah pake pertamax+aditif. nggak tau kalo udah disetel pengapiannya. kan ada tps yang bisa geser pengapian berdasarkan bukaan gas, cuman mekanik yamaha di daerahku belum berani utak atik diluar standar
Tapi walaupun ngelitik, tenaga tetep oke, dan konsumsi bensin tergolong irit, punyaku 1:40-1:50, nggak tahu efeknya nanti kalo ngelitik gitu.
Mungkin jadi nggak terlalu masalah bila tahun depan harga premium naik mendekati pertamax
Padahal kata Moto+ dan Otomotif si MX bisa minum premium tanpa ngelitik ya? MX gw juga ngelitik, terutama pas mau narik. Pake CDI Cibinong ngaruh ngga ya?
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

setio_dewo wrote:
jgr wrote: Tapi walaupun ngelitik, tenaga tetep oke, dan konsumsi bensin tergolong irit, punyaku 1:40-1:50, nggak tahu efeknya nanti kalo ngelitik gitu.
Mungkin jadi nggak terlalu masalah bila tahun depan harga premium naik mendekati pertamax
Padahal kata Moto+ dan Otomotif si MX bisa minum premium tanpa ngelitik ya? MX gw juga ngelitik, terutama pas mau narik. Pake CDI Cibinong ngaruh ngga ya?
bisa minta info beli cdi cibinong dimana?
trus udah udah adakah utk MX?
Makasih sblmnya.