Jupiter MX (ada potonya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Sep 29, 2005 13:03
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
hihihih... 4 pistonnya motornya rossi nggak pakem donk... hihihihih......tomy_j wrote: Mas, biar kate tuh cakram depan kayak Champ dan cuma 1 piston, tapi gw tetep yakin yg 1 piston jauh lebih pakem ketimbang kaliper 2 piston.
Dulu kan sempat dibahas di Otomotif soal daya cengkeram kaliper 1 piston King lawas vs kaliper 2 piston King baru, dan pemenangnya kaliper 1 piston![]()
CMIIW
men..... 1 pistonya si king lama diameternya lebih gede bin lebar... sedangkan 2 piston yamaha 1 gede 1 kecil.... getoo.... mangkanya 1 pistonnya king lama lebih pakem..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Sep 29, 2005 13:03
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
Versi modif kumplit dah ada di webnya Yamaha Indonesia, coba gw masukin sini bisa hot linking ga?
sumber: http://www.yamaha-motor.co.id/
Jupiter MX Modifikasi
Mau gaya dengan Jupiter MX anda ? Yamaha telah memberikan inspirasi pada anda pecinta fashion pada roda dua. Mau gaya balap atau futuristik semuanya ada. Inspirasi ini khusus disajikan kepada anda semua para pecinta Yamaha. Silahkan jadi inspirasi anda untuk membuat Jupiter MX anda beda dari yang lain.
FACTORY RACER

Citra total motor balap pabrikan. Bernuansa grafis strobe , simbol tradisi dunia balap Jepang. Memiliki knalpot ganda dan rem cakram kaliper yang mempunyai struktur sama seperti YZF R1. Menggunakan jok desain khusus untuk memperkuat citra motor balap.
MIDNIGHT RACER

Lahir dari imajinasi drag race malam hari. Menggunakan elemen yang sama dengan factory racer dan memiliki aspek yang lebih ekstrem. Menampilkan kesan nuansa kilatan bara api yang menyala-nyala di kegelapan malam.
FUTURISTIC FASHION

Memiliki Aksen Futuristik dan aspek penuh gaya. Warna dasar putih, dan elemen warna kuning, memperkuat aksen desain secara menyeluruh. Desain ini memiliki garis-garis grafis geometris yang melahirkan atmosfir futuristik.
MIDNIGHT DANCER

Cocok untuk penjelajahan di tengah malam. Memiliki aksen gaya, logo yang memancar, serta grafis yang bisa berubah-ubah warna bagaikan berdansa. Mengusung teknologi MP3 yang dilengkapi 2 speaker menyajikan musik-musik dinamis.
METALLIZER

Beraksen metal, menampilkan citra futuristik. Menggunakan beberapa elemen warna hitam dan desain aerodinamis. Cowling bernuansa perak dan warna hijau muda pada beberapa elemen memperkuat aksen futuristik.
sumber: http://www.yamaha-motor.co.id/
Jupiter MX Modifikasi
Mau gaya dengan Jupiter MX anda ? Yamaha telah memberikan inspirasi pada anda pecinta fashion pada roda dua. Mau gaya balap atau futuristik semuanya ada. Inspirasi ini khusus disajikan kepada anda semua para pecinta Yamaha. Silahkan jadi inspirasi anda untuk membuat Jupiter MX anda beda dari yang lain.
FACTORY RACER

Citra total motor balap pabrikan. Bernuansa grafis strobe , simbol tradisi dunia balap Jepang. Memiliki knalpot ganda dan rem cakram kaliper yang mempunyai struktur sama seperti YZF R1. Menggunakan jok desain khusus untuk memperkuat citra motor balap.
MIDNIGHT RACER

Lahir dari imajinasi drag race malam hari. Menggunakan elemen yang sama dengan factory racer dan memiliki aspek yang lebih ekstrem. Menampilkan kesan nuansa kilatan bara api yang menyala-nyala di kegelapan malam.
FUTURISTIC FASHION

Memiliki Aksen Futuristik dan aspek penuh gaya. Warna dasar putih, dan elemen warna kuning, memperkuat aksen desain secara menyeluruh. Desain ini memiliki garis-garis grafis geometris yang melahirkan atmosfir futuristik.
MIDNIGHT DANCER

Cocok untuk penjelajahan di tengah malam. Memiliki aksen gaya, logo yang memancar, serta grafis yang bisa berubah-ubah warna bagaikan berdansa. Mengusung teknologi MP3 yang dilengkapi 2 speaker menyajikan musik-musik dinamis.
METALLIZER

Beraksen metal, menampilkan citra futuristik. Menggunakan beberapa elemen warna hitam dan desain aerodinamis. Cowling bernuansa perak dan warna hijau muda pada beberapa elemen memperkuat aksen futuristik.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
yap...gw setuju tuh om timtim........lagian kalo 1 piston lebih bagus kenapa modifikasinya jadi banyakan 2 piston?...........timtimnugroho wrote:hihihih... 4 pistonnya motornya rossi nggak pakem donk... hihihihih......tomy_j wrote: Mas, biar kate tuh cakram depan kayak Champ dan cuma 1 piston, tapi gw tetep yakin yg 1 piston jauh lebih pakem ketimbang kaliper 2 piston.
Dulu kan sempat dibahas di Otomotif soal daya cengkeram kaliper 1 piston King lawas vs kaliper 2 piston King baru, dan pemenangnya kaliper 1 piston![]()
CMIIW
men..... 1 pistonya si king lama diameternya lebih gede bin lebar... sedangkan 2 piston yamaha 1 gede 1 kecil.... getoo.... mangkanya 1 pistonnya king lama lebih pakem..
tujuan bikin multipiston kan supaya lebih kompak,ringan, pakem....makanya disc nya juga harus lebih lebar kayak megadisk satria
biar otomotif nulis gitu tetep aja entar belakangan keluar ver 2 pistonya.........
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
Ahh, terserah loe pada2 deh, kan cuma IMO ajaYongis_CD wrote:yap...gw setuju tuh om timtim........lagian kalo 1 piston lebih bagus kenapa modifikasinya jadi banyakan 2 piston?...........timtimnugroho wrote:hihihih... 4 pistonnya motornya rossi nggak pakem donk... hihihihih......tomy_j wrote: Mas, biar kate tuh cakram depan kayak Champ dan cuma 1 piston, tapi gw tetep yakin yg 1 piston jauh lebih pakem ketimbang kaliper 2 piston.
Dulu kan sempat dibahas di Otomotif soal daya cengkeram kaliper 1 piston King lawas vs kaliper 2 piston King baru, dan pemenangnya kaliper 1 piston![]()
CMIIW
men..... 1 pistonya si king lama diameternya lebih gede bin lebar... sedangkan 2 piston yamaha 1 gede 1 kecil.... getoo.... mangkanya 1 pistonnya king lama lebih pakem..
tujuan bikin multipiston kan supaya lebih kompak,ringan, pakem....makanya disc nya juga harus lebih lebar kayak megadisk satria
biar otomotif nulis gitu tetep aja entar belakangan keluar ver 2 pistonya.........

Pake dibandingin pula sama motor MotoGP

Tanya aja Yamaha, kenapa mereka pake kaliper 1 piston di MX135LC, biar jelas

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
- Location: Depok City
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
qeqeqeqe..... tebak aja dech.... kenapa thunder 125 nggak ada engkol? singkat aja karena untuk menekan harga produksi.. jatuhnya ke konsumen khan lebih murah.... lha kalo kenapa MX pake single piston belakang tromol pulak.... padahal yg digembor2 kan niy motor kenceng... khan nggak sesuai.... so... lagi2 untuk menekan harga....tomy_j wrote: Ahh, terserah loe pada2 deh, kan cuma IMO aja![]()
Pake dibandingin pula sama motor MotoGP![]()
Tanya aja Yamaha, kenapa mereka pake kaliper 1 piston di MX135LC, biar jelas
asal nggak sekecil piston mio aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
hehehe produknya masih diumpetin gue main2 ke show room pusat yamaha ajah kagak ada tuh, dah pada rame awass kecewaaa loh,
kalo barang udah ada n dah dipaek mah baru boleh comment degh,
BTW masalah rem cakram nya yg 1 piston, itu khan buat yg standarnya coba u check buat yg versi modifnya pake yg double piston man.
nah loh pada bingung degh
kalo barang udah ada n dah dipaek mah baru boleh comment degh,
BTW masalah rem cakram nya yg 1 piston, itu khan buat yg standarnya coba u check buat yg versi modifnya pake yg double piston man.
nah loh pada bingung degh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Nov 03, 2004 3:24
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
Hehehehe, kalo soal engkol kan gitu ngaruh, tapi rem menyangkut keselamatan brotimtimnugroho wrote:qeqeqeqe..... tebak aja dech.... kenapa thunder 125 nggak ada engkol? singkat aja karena untuk menekan harga produksi.. jatuhnya ke konsumen khan lebih murah.... lha kalo kenapa MX pake single piston belakang tromol pulak.... padahal yg digembor2 kan niy motor kenceng... khan nggak sesuai.... so... lagi2 untuk menekan harga....tomy_j wrote: Ahh, terserah loe pada2 deh, kan cuma IMO aja![]()
Pake dibandingin pula sama motor MotoGP![]()
Tanya aja Yamaha, kenapa mereka pake kaliper 1 piston di MX135LC, biar jelas
asal nggak sekecil piston mio aja....

Tapi lagi, insinyur di Jepun sana pasti uda ngitung dgn cermat lah, gak mgkn mereka asal pasang kaliper, hehehe....
Piss ah.....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
loh kalo yg 1 piston lebih pakem, kenapa yg versi modifnya nggak pake yg 1 piston juga tetapi malah pake yg double piston ? why ?
itu karna yg 1 piston cuman buat standar n jadi larinya cuman standar2 ajah,
beda sama yg modifikasi hehehe
heheheh so toy
itu karna yg 1 piston cuman buat standar n jadi larinya cuman standar2 ajah,
beda sama yg modifikasi hehehe
heheheh so toy
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
masalahnya begini... ambil kasaran aja harga ini motor 13,8jt yah.... mo modif? paling nggak butuh kopling manual, velg racing, cakram depan belakang, knalpot ikut diganti...... klo' dihitung hitung pasti habisnya kurang lebih 16jt an.... bener nggak? dengan harga segitu tambah uang dikit lagi udah dapet scorpie ato F150 (CC udah gede DOHC, udah velg racing, kopling manual) tul nggak?vandekar wrote:loh kalo yg 1 piston lebih pakem, kenapa yg versi modifnya nggak pake yg 1 piston juga tetapi malah pake yg double piston ? why ?
itu karna yg 1 piston cuman buat standar n jadi larinya cuman standar2 ajah,
beda sama yg modifikasi hehehe
heheheh so toy
nggak maksut offensif seh, gw sendiri baca Motor Plus Extra terbaru aja ngiler2 lihat mesihnya MX dibelah tapi ya gitu dech....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
nggak usah pake' pas pis cur men..... ini forum bebas ngeluarin pendapat.... geto....tomy_j wrote: Hehehehe, kalo soal engkol kan gitu ngaruh, tapi rem menyangkut keselamatan bro
Tapi lagi, insinyur di Jepun sana pasti uda ngitung dgn cermat lah, gak mgkn mereka asal pasang kaliper, hehehe....
Piss ah.....
nah itu die tom masalahnya seperti ada yg ngomongin diatas..... mesin masih standar mungkin masih cocok dengan kaliper standar tersebut, cuman masalahnya, apa lo puas dengan peforma mesin standar?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
analisis yg menarik Bro Tim, sekalian ngasih tahu yg thai punya keluar 2 versi loh!
auto clutch dan hand clutch, nah deh Indonesia ketinggalan lagih
ini linknya:
http://www.yamaha-motor.co.th/Product/S ... sp?pMode=1
auto clutch dan hand clutch, nah deh Indonesia ketinggalan lagih

ini linknya:
http://www.yamaha-motor.co.th/Product/S ... sp?pMode=1
Warte nur Balde
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
halo,
gimana, apa ada yg sudah pakai MX135LC ini?
lihat2 speknya sih, itu kompresinya 10.9 kalau dikasih premium denger2 bakal 'ngelitik' ya mesinnya?
Tadi sempet lihat2 di pameran (BiP-bandung) ,di knalpotnya ada tulisan "catalytic bla bla" , konverter katalis, gemana nih kalau dikasih premium, denger2(juga) bakal mampet?
Ada yg tahu benda ini bisa dilepas dgn mudah atau harus pakai las-lasan utk bukanya?
thanks.
gimana, apa ada yg sudah pakai MX135LC ini?
lihat2 speknya sih, itu kompresinya 10.9 kalau dikasih premium denger2 bakal 'ngelitik' ya mesinnya?
Tadi sempet lihat2 di pameran (BiP-bandung) ,di knalpotnya ada tulisan "catalytic bla bla" , konverter katalis, gemana nih kalau dikasih premium, denger2(juga) bakal mampet?
Ada yg tahu benda ini bisa dilepas dgn mudah atau harus pakai las-lasan utk bukanya?
thanks.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
halo,
mau reply pertanyaan sendiri
di bagian Test Ride motorplus
http://motorplus-online.com/articles.asp?cat=010105
nemu info:
premium tidak ngelitik sebab didukung silinder DiAsil yg kuat dan antigores, piston forged lewat pembuatan sistem cetak tanpa finishing dng mesin bubut atau CNC.
Faktor pendukung lain yang memungkinkan MX 135LC bisa nenggak Premium dengan kompresi gede, yakni sistem pendingin air.
(Satu yg terakhir bikin bingung, rasanya kalau pada mobil (yg juga punya radiator tentunya) yang minta pertamax AFAIK mengenai kualitas material (alumunium+Silikon) dan proses tempa yg disebutkan testride diatas kok bisa ya jadi alasan utk bisa minum premium?)
DiAsil penjelasannya di
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=7122&no=2
Hirotaka Kurita. Wong Jepun ini menyatakan blok silinder MX 135LC ini sistem diasil. “Tidak ada liner. Bahannya new alloy. Teknologi ini tidak ada di bebek lain. Biasanya diterapkan di motor besar seperti Yamaha R1,â€Â
di brosur zx130 ada ini:
"..Liner menyatu dengan cylinder, membuat pendinginan mesin lebih baik dan memperoleh kompresi yang stabel serta tenanga yg optimal."
DiAsil=Die Alumunium Silicon
Kalau Liner itu apa ya?
Jadi karena JupieMX ini gak punya liner, maka dia butuh Liquid cooling? cmiiw..
bingung gw

hehe
mau reply pertanyaan sendiri

di bagian Test Ride motorplus
http://motorplus-online.com/articles.asp?cat=010105
nemu info:
premium tidak ngelitik sebab didukung silinder DiAsil yg kuat dan antigores, piston forged lewat pembuatan sistem cetak tanpa finishing dng mesin bubut atau CNC.
Faktor pendukung lain yang memungkinkan MX 135LC bisa nenggak Premium dengan kompresi gede, yakni sistem pendingin air.
(Satu yg terakhir bikin bingung, rasanya kalau pada mobil (yg juga punya radiator tentunya) yang minta pertamax AFAIK mengenai kualitas material (alumunium+Silikon) dan proses tempa yg disebutkan testride diatas kok bisa ya jadi alasan utk bisa minum premium?)
DiAsil penjelasannya di
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=7122&no=2
Hirotaka Kurita. Wong Jepun ini menyatakan blok silinder MX 135LC ini sistem diasil. “Tidak ada liner. Bahannya new alloy. Teknologi ini tidak ada di bebek lain. Biasanya diterapkan di motor besar seperti Yamaha R1,â€Â
di brosur zx130 ada ini:
"..Liner menyatu dengan cylinder, membuat pendinginan mesin lebih baik dan memperoleh kompresi yang stabel serta tenanga yg optimal."
DiAsil=Die Alumunium Silicon
Kalau Liner itu apa ya?
Jadi karena JupieMX ini gak punya liner, maka dia butuh Liquid cooling? cmiiw..
bingung gw



hehe
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Oct 30, 2005 15:07
Nggak bisa dipungkiri, Jupi MX emang ngelitik, punyaku dan punya saudaraku tetep ngelitik walaupun pake pertamax (sedikit), berkurang banyak setelah pake pertamax+aditif. nggak tau kalo udah disetel pengapiannya. kan ada tps yang bisa geser pengapian berdasarkan bukaan gas, cuman mekanik yamaha di daerahku belum berani utak atik diluar standar
Tapi walaupun ngelitik, tenaga tetep oke, dan konsumsi bensin tergolong irit, punyaku 1:40-1:50, nggak tahu efeknya nanti kalo ngelitik gitu.
Mungkin jadi nggak terlalu masalah bila tahun depan harga premium naik mendekati pertamax
Tapi walaupun ngelitik, tenaga tetep oke, dan konsumsi bensin tergolong irit, punyaku 1:40-1:50, nggak tahu efeknya nanti kalo ngelitik gitu.
Mungkin jadi nggak terlalu masalah bila tahun depan harga premium naik mendekati pertamax
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Mon Nov 07, 2005 8:03
Padahal kata Moto+ dan Otomotif si MX bisa minum premium tanpa ngelitik ya? MX gw juga ngelitik, terutama pas mau narik. Pake CDI Cibinong ngaruh ngga ya?jgr wrote:Nggak bisa dipungkiri, Jupi MX emang ngelitik, punyaku dan punya saudaraku tetep ngelitik walaupun pake pertamax (sedikit), berkurang banyak setelah pake pertamax+aditif. nggak tau kalo udah disetel pengapiannya. kan ada tps yang bisa geser pengapian berdasarkan bukaan gas, cuman mekanik yamaha di daerahku belum berani utak atik diluar standar
Tapi walaupun ngelitik, tenaga tetep oke, dan konsumsi bensin tergolong irit, punyaku 1:40-1:50, nggak tahu efeknya nanti kalo ngelitik gitu.
Mungkin jadi nggak terlalu masalah bila tahun depan harga premium naik mendekati pertamax