Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat May 07, 2016 16:45
Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Newbie here!
[emoji5] [emoji5] selama ini jadi silent reader doang. Baru bikin akun ini buat nanya.
Aku baru belajar nyetir 6 bulan lalu. Kalo di jalanan udh lumayan laa. Tapi kalo di tanjakan walo matic juga masih was was. Hehe.
Kaya di tanjakan mal2. Ex. Cp atau baywalk empo gtu kan curam2. Trus klao misal lagi macet nungguin yg lagi parkir takutnya kebagian masih di tanjakannya, blm ke bagian yg rata. Itu gimana caranya nahan supaya ga mundur ya? Kalo nahan gas kek takut2 nyundul gtu apalagi klao lama. Kalo ngerem nanti kalau kelamaan gabagus buat rem(?). Netralin trus injek rem juga bakal mundur dulu ke belakang takut nyundul mobil lain. Mobilnya blm ada hsa soalnyaa
maaf ya panjang lebar ngetiknya.
[emoji13] [emoji13] i'm waiting jawaban suhu suhu permobilan disini.
btw salam kenal namaku emily[emoji2]
[emoji5] [emoji5] selama ini jadi silent reader doang. Baru bikin akun ini buat nanya.
Aku baru belajar nyetir 6 bulan lalu. Kalo di jalanan udh lumayan laa. Tapi kalo di tanjakan walo matic juga masih was was. Hehe.
Kaya di tanjakan mal2. Ex. Cp atau baywalk empo gtu kan curam2. Trus klao misal lagi macet nungguin yg lagi parkir takutnya kebagian masih di tanjakannya, blm ke bagian yg rata. Itu gimana caranya nahan supaya ga mundur ya? Kalo nahan gas kek takut2 nyundul gtu apalagi klao lama. Kalo ngerem nanti kalau kelamaan gabagus buat rem(?). Netralin trus injek rem juga bakal mundur dulu ke belakang takut nyundul mobil lain. Mobilnya blm ada hsa soalnyaa
maaf ya panjang lebar ngetiknya.
[emoji13] [emoji13] i'm waiting jawaban suhu suhu permobilan disini.
btw salam kenal namaku emily[emoji2]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
intinya sama aja kok kayak macet di jalan nanjak, gampangnya taro aja di S, handbrake, maju ya buka handbrake, gak bakal ndlosor kok.. gak masalah kok dengan rem, selama ini aman aman aja model di cp, empo, baywalk
kalo taro di N + handbrake, justru nantinya bakal ndlosor kalo belom biasa
kalo taro di N + handbrake, justru nantinya bakal ndlosor kalo belom biasa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
kalau saya sih lebih konservatif. kalau keatasnya antri, tungguin aja di bawah
Takut oengendara depan mundur. Kalau kepaksa, pindahin aja ke gigi 2 atau L, terus rem tang an. nah kalau macet rada lama lebih dari 10 detik, pindahin ke gigi N. setelah liat depan maju, pindahin ke gigi 2 atau L , baru lepas rem tangannya.


Takut oengendara depan mundur. Kalau kepaksa, pindahin aja ke gigi 2 atau L, terus rem tang an. nah kalau macet rada lama lebih dari 10 detik, pindahin ke gigi N. setelah liat depan maju, pindahin ke gigi 2 atau L , baru lepas rem tangannya.


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Thu Apr 07, 2016 2:56
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
mobilnya sudah ada belum sis?emilychan wrote:Newbie here!
[emoji5] [emoji5] selama ini jadi silent reader doang. Baru bikin akun ini buat nanya.
Aku baru belajar nyetir 6 bulan lalu. Kalo di jalanan udh lumayan laa. Tapi kalo di tanjakan walo matic juga masih was was. Hehe.
Kaya di tanjakan mal2. Ex. Cp atau baywalk empo gtu kan curam2. Trus klao misal lagi macet nungguin yg lagi parkir takutnya kebagian masih di tanjakannya, blm ke bagian yg rata. Itu gimana caranya nahan supaya ga mundur ya? Kalo nahan gas kek takut2 nyundul gtu apalagi klao lama. Kalo ngerem nanti kalau kelamaan gabagus buat rem(?). Netralin trus injek rem juga bakal mundur dulu ke belakang takut nyundul mobil lain. Mobilnya blm ada hsa soalnyaa
maaf ya panjang lebar ngetiknya.
[emoji13] [emoji13] i'm waiting jawaban suhu suhu permobilan disini.
btw salam kenal namaku emily[emoji2]
bagusnya baca buku manualnya sis, supaya penggunaannya pas, karena ada beda-beda sedikit di teknologi matic di mobil yang berbeda sehingga menggunakannya juga sedikit (yes, sedikit) beda
tapi kalau secara umum, mobil matic, bisa sis baca-baca yang ini:[http://otomaniaz.com/tips-cara-mengenda ... kan-macet/
salam kenal ya sis..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Sama seperti om fl4b1e, kalau memang curam banget dan masih khawatir mundur, tambah left foot breaking, naikin rpm ke 2k an, baru lepas rem.
send using tapatalk for win mobile 10
send using tapatalk for win mobile 10
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sun Nov 22, 2015 17:59
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Klo tnjakan mall gt sy lbih baik jaga jrak sm d dpan...toh biasany 1 jalur kan.... Krn bisa aj kyk pnglman sy dlu ad emak2 bawa mbil ngeluyur d tnjkn... Untung smpet mndur jd ga kna tabrak....matic utk tnjkn sy biasa pk gear low, ato s depends dr jnis matic ny
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik
Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake

Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Mobilnya apa dulu,kalau Honda biasa aja jeda sebelum mundur,halo sis Emilyricz wrote:Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik![]()
Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat May 07, 2016 16:45
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Masih nebeng mobil bapak om nugroho. Fortuner G '11 at sama pajero exceed '12 at. Cmn lbh sring pake yg pjs.
Sent from my SM-N900 using Tapatalk
Sent from my SM-N900 using Tapatalk
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat May 07, 2016 16:45
Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Kita seumuran ya. Aku panggil ricz aja ya wkwk.ricz wrote:Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik![]()
Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake
Kalo bisa sih nunggu dibawah. Tapi kalo di parkir gedung yg spiral ada yg gaada jeda ratanya gtu. Nanjak trus. Mau gamau deh ngegantung.
jadi intinya transmisi di D trus kaki kanan sedia di gas dulu ya baru lepas rem tangan? Makasii[emoji2] [emoji2]
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat May 07, 2016 16:45
Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Sip siap dipraktekkan om [emoji5] [emoji5] [emoji5] makasiihhniubi wrote:intinya sama aja kok kayak macet di jalan nanjak, gampangnya taro aja di S, handbrake, maju ya buka handbrake, gak bakal ndlosor kok.. gak masalah kok dengan rem, selama ini aman aman aja model di cp, empo, baywalk
kalo taro di N + handbrake, justru nantinya bakal ndlosor kalo belom biasa
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Sat May 07, 2016 2:21
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Yang enak biasain gunakan handbrake klo lagi nanjak dimanapun, plus footbrake pastinya, saat start gak/kurang ngangkat di D, pake L/S ato D2 tergantung jenis mobilnya.
Lebih aman lagi baca buku petunjuknya
Safety fist
Lebih aman lagi baca buku petunjuknya
Safety fist
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
saya sih biasanya tahan di D sama injek rem doang, itu pas berhenti... kalo macet di tanjakan agak lama gt pindah ke N sama handbrake.. pas mau jalan lg pindah ke D atau S (kalo curam banget) trus injek gas agak dalem aja...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32
Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
jangan lupa jaga jarak dari kendaraan depan, sehati-hatinya kita, kalo kendaraan depan yang mundur ya kena juga kitaemilychan wrote:Sip siap dipraktekkan om [emoji5] [emoji5] [emoji5] makasiihhniubi wrote:intinya sama aja kok kayak macet di jalan nanjak, gampangnya taro aja di S, handbrake, maju ya buka handbrake, gak bakal ndlosor kok.. gak masalah kok dengan rem, selama ini aman aman aja model di cp, empo, baywalk
kalo taro di N + handbrake, justru nantinya bakal ndlosor kalo belom biasa

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Bentar2x kok tahu kalau seumuranemilychan wrote:Kita seumuran ya. Aku panggil ricz aja ya wkwk.ricz wrote:Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik![]()
Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake
Kalo bisa sih nunggu dibawah. Tapi kalo di parkir gedung yg spiral ada yg gaada jeda ratanya gtu. Nanjak trus. Mau gamau deh ngegantung.
jadi intinya transmisi di D trus kaki kanan sedia di gas dulu ya baru lepas rem tangan? Makasii[emoji2] [emoji2]

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat May 07, 2016 16:45
Re: RE: Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Sering baca baca sm om. Jadi udh agak familiar sama member yg sering postingg hehe[emoji2]nugroho bagor wrote:Bentar2x kok tahu kalau seumuranemilychan wrote:Kita seumuran ya. Aku panggil ricz aja ya wkwk.ricz wrote:Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik![]()
Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake
Kalo bisa sih nunggu dibawah. Tapi kalo di parkir gedung yg spiral ada yg gaada jeda ratanya gtu. Nanjak trus. Mau gamau deh ngegantung.
jadi intinya transmisi di D trus kaki kanan sedia di gas dulu ya baru lepas rem tangan? Makasii[emoji2] [emoji2]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Kalo gw sih pake left foot braking... Trus pake gigi S1 (kalo mobil lain biasanya L), lagi macet tahan aja remnya, kalo cape netral rem tangan...
kalo mau jalan seimbangin rem ama gas kyk main kopling dan gas pake mobil manual.... Cara aneh maklum baru nyetir matic 3 hari....
kalo mau jalan seimbangin rem ama gas kyk main kopling dan gas pake mobil manual.... Cara aneh maklum baru nyetir matic 3 hari....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
*Thumbs Up* Gw suka gaya loe... *Salut*anrico17 wrote:Kalo gw sih pake left foot braking... Trus pake gigi S1 (kalo mobil lain biasanya L), lagi macet tahan aja remnya, kalo cape netral rem tangan...
kalo mau jalan seimbangin rem ama gas kyk main kopling dan gas pake mobil manual.... Cara aneh maklum baru nyetir matic 3 hari....



BTT, masalah tanjakan pake AT ya... seharusnya bukan isu lah... stop n go di tanjakan juga terasa begitu nyaman dengan mobil AT (mungkin bagi sebagian driver di republik ini bisa sambil selfie dan ganti profile picture sosmed atau bahkan chatting



Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget


Have a Safety Riding... Salam...

REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Mau tantangan lebih om?Betty wrote:Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget*Curcol pengalaman pribadi 2 hari yang lalu pas liburan*
![]()
Have a Safety Riding... Salam...
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan

Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
#PucetKodokPushUp wrote:Mau tantangan lebih om?Betty wrote:Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget*Curcol pengalaman pribadi 2 hari yang lalu pas liburan*
![]()
Have a Safety Riding... Salam...
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan

REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
salam kenal sis emilychan.
Kalo yang biasa ane lakuin pas berhenti ditanjakan curam adalah :
- kalo sebentar, ane cuma teken rem doang plus tarik hand brake. Posisi gear tetep di "D". Begitu jalan, ane tekan gas agak dalem, baru lepas hand brake pelan2.
- Kalau lama, teken rem, tarik hand brake, pindahin gear ke "N", rem ga ane injek. Begitu jalan, ijek rem, pindah ke "L", injek gas, baru lepas hand brake pelan2.
Kenapa injek gas dulu baru lepas hand brake, biar ga turun pas kaki pindah dari rem ke gas. Cmiiw...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Kalo yang biasa ane lakuin pas berhenti ditanjakan curam adalah :
- kalo sebentar, ane cuma teken rem doang plus tarik hand brake. Posisi gear tetep di "D". Begitu jalan, ane tekan gas agak dalem, baru lepas hand brake pelan2.
- Kalau lama, teken rem, tarik hand brake, pindahin gear ke "N", rem ga ane injek. Begitu jalan, ijek rem, pindah ke "L", injek gas, baru lepas hand brake pelan2.
Kenapa injek gas dulu baru lepas hand brake, biar ga turun pas kaki pindah dari rem ke gas. Cmiiw...


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
kalau dirasa memakai handbrake agak ribet bisa coba mempraktekan kebiasaan saya
kaki kanan di pedal rem, begitu mau maju pindah kaki kiri di pedal rem lalu kaki kanan injak gas sambil lepas kaki kiri yang masih di pedal rem
as simple as that
kalau sudah terbiasa Left Foot Braking mau adu sruntulan di tanjakan gampang saja dibandingkan tarik handbrake
kaki kanan di pedal rem, begitu mau maju pindah kaki kiri di pedal rem lalu kaki kanan injak gas sambil lepas kaki kiri yang masih di pedal rem
as simple as that
kalau sudah terbiasa Left Foot Braking mau adu sruntulan di tanjakan gampang saja dibandingkan tarik handbrake
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Ehkonde menyuel tak ada HSA ya? Ada baiknya bawa batako buat ganjel. Kmrn tmn ane parkir di garansi ane, ngeluncur sendiri pdhl uda di henbrek full. Ehkonde dia menyuel jg kek ente. Mang canggih koq rem tromol, me lop tromolKodokPushUp wrote:Mau tantangan lebih om?Betty wrote:Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget*Curcol pengalaman pribadi 2 hari yang lalu pas liburan*
![]()
Have a Safety Riding... Salam...
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 306
- Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Klo aku pake Lio RS, di tanjakan curam bgt pake L, klo stop ya biar aja di L n rem pake kaki
Mau lepas ya pake rem tangan
Klo jalan tinggal gas n lepas rem
Tapi klo gak curam2 amat pake D juga bisa siy
So far siy aman, ga nyenggol depan atopun belakang
Yang penting jangan mepet2 sama depan ya
Ini berlaku juga dengan turunan tajam dengan mobil matic
Thanks
Mau lepas ya pake rem tangan
Klo jalan tinggal gas n lepas rem
Tapi klo gak curam2 amat pake D juga bisa siy
So far siy aman, ga nyenggol depan atopun belakang
Yang penting jangan mepet2 sama depan ya
Ini berlaku juga dengan turunan tajam dengan mobil matic

Thanks

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
No HSA. Dulu di pikiran eike, kalo menyuel, HSA kan ga perlu, dan hill start kan hal basic (dan pikiran eike terbuka setelah nyentuh ehcopot)b8099ok wrote:Ehkonde menyuel tak ada HSA ya? Ada baiknya bawa batako buat ganjel. Kmrn tmn ane parkir di garansi ane, ngeluncur sendiri pdhl uda di henbrek full. Ehkonde dia menyuel jg kek ente. Mang canggih koq rem tromol, me lop tromolKodokPushUp wrote:Mau tantangan lebih om?Betty wrote:Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget*Curcol pengalaman pribadi 2 hari yang lalu pas liburan*
![]()
Have a Safety Riding... Salam...
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan
Punya ane rem tangan untung masi bisa nahan. (walaupun nariknya sampe tangan kepentok dudukan seat belt)
Ga kebayang kalo parking brake melempem, gimana tuh kalo nanjak (di ehkonde, pertama kalinya ane harus tarik hand brake waktu hill start)
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
