Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

emilychan
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat May 07, 2016 16:45

Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by emilychan »

Newbie here!
[emoji5] [emoji5] selama ini jadi silent reader doang. Baru bikin akun ini buat nanya.
Aku baru belajar nyetir 6 bulan lalu. Kalo di jalanan udh lumayan laa. Tapi kalo di tanjakan walo matic juga masih was was. Hehe.

Kaya di tanjakan mal2. Ex. Cp atau baywalk empo gtu kan curam2. Trus klao misal lagi macet nungguin yg lagi parkir takutnya kebagian masih di tanjakannya, blm ke bagian yg rata. Itu gimana caranya nahan supaya ga mundur ya? Kalo nahan gas kek takut2 nyundul gtu apalagi klao lama. Kalo ngerem nanti kalau kelamaan gabagus buat rem(?). Netralin trus injek rem juga bakal mundur dulu ke belakang takut nyundul mobil lain. Mobilnya blm ada hsa soalnyaa

maaf ya panjang lebar ngetiknya.
[emoji13] [emoji13] i'm waiting jawaban suhu suhu permobilan disini.

btw salam kenal namaku emily[emoji2]
niubi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by niubi »

intinya sama aja kok kayak macet di jalan nanjak, gampangnya taro aja di S, handbrake, maju ya buka handbrake, gak bakal ndlosor kok.. gak masalah kok dengan rem, selama ini aman aman aja model di cp, empo, baywalk
kalo taro di N + handbrake, justru nantinya bakal ndlosor kalo belom biasa
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by fl4b1e »

kalau saya sih lebih konservatif. kalau keatasnya antri, tungguin aja di bawah :mky_08:
Takut oengendara depan mundur. Kalau kepaksa, pindahin aja ke gigi 2 atau L, terus rem tang an. nah kalau macet rada lama lebih dari 10 detik, pindahin ke gigi N. setelah liat depan maju, pindahin ke gigi 2 atau L , baru lepas rem tangannya. :big_cat: :big_cat:
kemosabe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Thu Apr 07, 2016 2:56

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by kemosabe »

emilychan wrote:Newbie here!
[emoji5] [emoji5] selama ini jadi silent reader doang. Baru bikin akun ini buat nanya.
Aku baru belajar nyetir 6 bulan lalu. Kalo di jalanan udh lumayan laa. Tapi kalo di tanjakan walo matic juga masih was was. Hehe.

Kaya di tanjakan mal2. Ex. Cp atau baywalk empo gtu kan curam2. Trus klao misal lagi macet nungguin yg lagi parkir takutnya kebagian masih di tanjakannya, blm ke bagian yg rata. Itu gimana caranya nahan supaya ga mundur ya? Kalo nahan gas kek takut2 nyundul gtu apalagi klao lama. Kalo ngerem nanti kalau kelamaan gabagus buat rem(?). Netralin trus injek rem juga bakal mundur dulu ke belakang takut nyundul mobil lain. Mobilnya blm ada hsa soalnyaa

maaf ya panjang lebar ngetiknya.
[emoji13] [emoji13] i'm waiting jawaban suhu suhu permobilan disini.

btw salam kenal namaku emily[emoji2]
mobilnya sudah ada belum sis?
bagusnya baca buku manualnya sis, supaya penggunaannya pas, karena ada beda-beda sedikit di teknologi matic di mobil yang berbeda sehingga menggunakannya juga sedikit (yes, sedikit) beda
tapi kalau secara umum, mobil matic, bisa sis baca-baca yang ini:[http://otomaniaz.com/tips-cara-mengenda ... kan-macet/

salam kenal ya sis.. :big_grin:
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by paidjho »

Sama seperti om fl4b1e, kalau memang curam banget dan masih khawatir mundur, tambah left foot breaking, naikin rpm ke 2k an, baru lepas rem.
send using tapatalk for win mobile 10
Topsilver1
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Nov 22, 2015 17:59

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by Topsilver1 »

Klo tnjakan mall gt sy lbih baik jaga jrak sm d dpan...toh biasany 1 jalur kan.... Krn bisa aj kyk pnglman sy dlu ad emak2 bawa mbil ngeluyur d tnjkn... Untung smpet mndur jd ga kna tabrak....matic utk tnjkn sy biasa pk gear low, ato s depends dr jnis matic ny
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by ricz »

Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik :big_biglaugh:

Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake :mky_01:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by nugroho bagor »

ricz wrote:Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik :big_biglaugh:

Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake :mky_01:
Mobilnya apa dulu,kalau Honda biasa aja jeda sebelum mundur,halo sis Emily
emilychan
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat May 07, 2016 16:45

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by emilychan »

Masih nebeng mobil bapak om nugroho. Fortuner G '11 at sama pajero exceed '12 at. Cmn lbh sring pake yg pjs.

Sent from my SM-N900 using Tapatalk
emilychan
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat May 07, 2016 16:45

Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by emilychan »

ricz wrote:Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik :big_biglaugh:

Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake :mky_01:
Kita seumuran ya. Aku panggil ricz aja ya wkwk.

Kalo bisa sih nunggu dibawah. Tapi kalo di parkir gedung yg spiral ada yg gaada jeda ratanya gtu. Nanjak trus. Mau gamau deh ngegantung.

jadi intinya transmisi di D trus kaki kanan sedia di gas dulu ya baru lepas rem tangan? Makasii[emoji2] [emoji2]
emilychan
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat May 07, 2016 16:45

Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by emilychan »

niubi wrote:intinya sama aja kok kayak macet di jalan nanjak, gampangnya taro aja di S, handbrake, maju ya buka handbrake, gak bakal ndlosor kok.. gak masalah kok dengan rem, selama ini aman aman aja model di cp, empo, baywalk
kalo taro di N + handbrake, justru nantinya bakal ndlosor kalo belom biasa
Sip siap dipraktekkan om [emoji5] [emoji5] [emoji5] makasiihh
AwanGibran
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat May 07, 2016 2:21

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by AwanGibran »

Yang enak biasain gunakan handbrake klo lagi nanjak dimanapun, plus footbrake pastinya, saat start gak/kurang ngangkat di D, pake L/S ato D2 tergantung jenis mobilnya.
Lebih aman lagi baca buku petunjuknya
Safety fist
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by FRD »

saya sih biasanya tahan di D sama injek rem doang, itu pas berhenti... kalo macet di tanjakan agak lama gt pindah ke N sama handbrake.. pas mau jalan lg pindah ke D atau S (kalo curam banget) trus injek gas agak dalem aja...
:big_smoking:
niubi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32

Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by niubi »

emilychan wrote:
niubi wrote:intinya sama aja kok kayak macet di jalan nanjak, gampangnya taro aja di S, handbrake, maju ya buka handbrake, gak bakal ndlosor kok.. gak masalah kok dengan rem, selama ini aman aman aja model di cp, empo, baywalk
kalo taro di N + handbrake, justru nantinya bakal ndlosor kalo belom biasa
Sip siap dipraktekkan om [emoji5] [emoji5] [emoji5] makasiihh
jangan lupa jaga jarak dari kendaraan depan, sehati-hatinya kita, kalo kendaraan depan yang mundur ya kena juga kita :off_no:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by nugroho bagor »

emilychan wrote:
ricz wrote:Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik :big_biglaugh:

Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake :mky_01:
Kita seumuran ya. Aku panggil ricz aja ya wkwk.

Kalo bisa sih nunggu dibawah. Tapi kalo di parkir gedung yg spiral ada yg gaada jeda ratanya gtu. Nanjak trus. Mau gamau deh ngegantung.

jadi intinya transmisi di D trus kaki kanan sedia di gas dulu ya baru lepas rem tangan? Makasii[emoji2] [emoji2]
Bentar2x kok tahu kalau seumuran :mky_05:
emilychan
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat May 07, 2016 16:45

Re: RE: Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by emilychan »

nugroho bagor wrote:
emilychan wrote:
ricz wrote:Kalo saya sih biasanya kelakuannya sama kek om fl4bie yaitu nunggu di bawah dulu, kalo mbl mbl diatas udah naik semua baru naik :big_biglaugh:

Tapi biasanya kalo ane sih pindahin ke N trus tarik rem tangan ato injak footbrake, kalo pas mau naik pindahin D ato klo ga narik tinggal tarok ke D3, 2 ato L tergantung kebutuhan, trus lepas rem tangan ato footbrake :mky_01:
Kita seumuran ya. Aku panggil ricz aja ya wkwk.

Kalo bisa sih nunggu dibawah. Tapi kalo di parkir gedung yg spiral ada yg gaada jeda ratanya gtu. Nanjak trus. Mau gamau deh ngegantung.

jadi intinya transmisi di D trus kaki kanan sedia di gas dulu ya baru lepas rem tangan? Makasii[emoji2] [emoji2]
Bentar2x kok tahu kalau seumuran :mky_05:
Sering baca baca sm om. Jadi udh agak familiar sama member yg sering postingg hehe[emoji2]
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by anrico17 »

Kalo gw sih pake left foot braking... Trus pake gigi S1 (kalo mobil lain biasanya L), lagi macet tahan aja remnya, kalo cape netral rem tangan...
kalo mau jalan seimbangin rem ama gas kyk main kopling dan gas pake mobil manual.... Cara aneh maklum baru nyetir matic 3 hari....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by Betty »

anrico17 wrote:Kalo gw sih pake left foot braking... Trus pake gigi S1 (kalo mobil lain biasanya L), lagi macet tahan aja remnya, kalo cape netral rem tangan...
kalo mau jalan seimbangin rem ama gas kyk main kopling dan gas pake mobil manual.... Cara aneh maklum baru nyetir matic 3 hari....
*Thumbs Up* Gw suka gaya loe... *Salut* :frm_salut: Penggunaan LFBT (bukan LGBT ya) yang tepat akan membuat mobil AT tidak kalah agresif dibandingkan MT. Sempat nyobain teknik ini selama 3 bulan di innova AT punya majikan hasilnya sangat nyaman dan respon sangat cepat ga ada cerita pegel kaki sebelah. Kalau sudah berkomitment dan "berikhtiar" tidak akan mau mengenal apalagi sampai mengendarai mobil MT sampai kapanpun dan dimanapun... :mky_03: teknik ini boleh digunakan. Tetapi bila masih sering gonta - ganti mobil MT dan AT, maka sebaiknya dipertimbangkan menggunakan LFBT (sekali lagi bukan LGBT yak...) demi keselamatan semua umat... :mky_03:

BTT, masalah tanjakan pake AT ya... seharusnya bukan isu lah... stop n go di tanjakan juga terasa begitu nyaman dengan mobil AT (mungkin bagi sebagian driver di republik ini bisa sambil selfie dan ganti profile picture sosmed atau bahkan chatting :big_slap: ). Tinggal menggunakan "Parking Brake" kalau pas berhenti total dan pada saat akan maju lepaskan "parking brake" mobil ga bakalan mundur, tekan gas mobil akan melaju ke depan :big_exellent: teknologi AT memang dirancang untuk memberi kenyamanan maksimal... :big_okay:

Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget :big_chicken: *Curcol pengalaman pribadi 2 hari yang lalu pas liburan* :mky_03:

Have a Safety Riding... Salam... :frm_salut:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by KodokPushUp »

Betty wrote:Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget :big_chicken: *Curcol pengalaman pribadi 2 hari yang lalu pas liburan* :mky_03:

Have a Safety Riding... Salam... :frm_salut:
Mau tantangan lebih om?
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan :big_smoking:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by Betty »

KodokPushUp wrote:
Betty wrote:Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget :big_chicken: *Curcol pengalaman pribadi 2 hari yang lalu pas liburan* :mky_03:

Have a Safety Riding... Salam... :frm_salut:
Mau tantangan lebih om?
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan :big_smoking:
#Pucet

:big_chicken:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by Andrian »

salam kenal sis emilychan. :big_smile]

Kalo yang biasa ane lakuin pas berhenti ditanjakan curam adalah :

- kalo sebentar, ane cuma teken rem doang plus tarik hand brake. Posisi gear tetep di "D". Begitu jalan, ane tekan gas agak dalem, baru lepas hand brake pelan2.
- Kalau lama, teken rem, tarik hand brake, pindahin gear ke "N", rem ga ane injek. Begitu jalan, ijek rem, pindah ke "L", injek gas, baru lepas hand brake pelan2.

Kenapa injek gas dulu baru lepas hand brake, biar ga turun pas kaki pindah dari rem ke gas. Cmiiw... :mky_01:
Image
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 392
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by slapnuts »

kalau dirasa memakai handbrake agak ribet bisa coba mempraktekan kebiasaan saya

kaki kanan di pedal rem, begitu mau maju pindah kaki kiri di pedal rem lalu kaki kanan injak gas sambil lepas kaki kiri yang masih di pedal rem
as simple as that

kalau sudah terbiasa Left Foot Braking mau adu sruntulan di tanjakan gampang saja dibandingkan tarik handbrake
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by b8099ok »

KodokPushUp wrote:
Betty wrote:Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget :big_chicken: *Curcol pengalaman pribadi 2 hari yang lalu pas liburan* :mky_03:

Have a Safety Riding... Salam... :frm_salut:
Mau tantangan lebih om?
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan :big_smoking:
Ehkonde menyuel tak ada HSA ya? Ada baiknya bawa batako buat ganjel. Kmrn tmn ane parkir di garansi ane, ngeluncur sendiri pdhl uda di henbrek full. Ehkonde dia menyuel jg kek ente. Mang canggih koq rem tromol, me lop tromol :big_slap:
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
ANSdream
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by ANSdream »

Klo aku pake Lio RS, di tanjakan curam bgt pake L, klo stop ya biar aja di L n rem pake kaki
Mau lepas ya pake rem tangan
Klo jalan tinggal gas n lepas rem
Tapi klo gak curam2 amat pake D juga bisa siy
So far siy aman, ga nyenggol depan atopun belakang
Yang penting jangan mepet2 sama depan ya
Ini berlaku juga dengan turunan tajam dengan mobil matic :)

Thanks
:mky_08:

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)

Post by KodokPushUp »

b8099ok wrote:
KodokPushUp wrote:
Betty wrote:Yang agak seru dikit itu nyetir di tanjakan pake mobil MT dengan TBW lemot, berpenggerak roda depan pula, bawa barang seabrek di bagasi belakang, musti adu sodok ama angkot plusssssss kondisi hujan deras pula..... ashoyyyyyy banget :big_chicken: *Curcol pengalaman pribadi 2 hari yang lalu pas liburan* :mky_03:

Have a Safety Riding... Salam... :frm_salut:
Mau tantangan lebih om?
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan :big_smoking:
Ehkonde menyuel tak ada HSA ya? Ada baiknya bawa batako buat ganjel. Kmrn tmn ane parkir di garansi ane, ngeluncur sendiri pdhl uda di henbrek full. Ehkonde dia menyuel jg kek ente. Mang canggih koq rem tromol, me lop tromol :big_slap:
No HSA. Dulu di pikiran eike, kalo menyuel, HSA kan ga perlu, dan hill start kan hal basic (dan pikiran eike terbuka setelah nyentuh ehcopot)
Punya ane rem tangan untung masi bisa nahan. (walaupun nariknya sampe tangan kepentok dudukan seat belt)
Ga kebayang kalo parking brake melempem, gimana tuh kalo nanjak (di ehkonde, pertama kalinya ane harus tarik hand brake waktu hill start)
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil: