dependent vs independent rear suspension
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
- Daily Vehicle: Accord_cp2
dependent vs independent rear suspension
Halo SM.. Sekedar mau tanya2 mengenai suspension..
Berdasarkan ane search2 di google, byk yg bilang kalau independent jauh lebih nyaman dan handling lebih bagus.. Tp ada beberapa pertanyaan di otak ane..
1. Apakah semua independent pasti lebi bagus dari dependent suspension?
2. Sebenarnya apa aja sih keunggulan independent?
3. Kalo liat spek, ada yg multilink, double wishbone, dll.. Itu termasuk yg mana ya?
4. Mobil apa ya yg kisaran 300an pas tp dengan independent suspension? Apakah mobil tersebut worth to buy bila dipertimbangkan kenyamanan dan handlingnya?
Thx b4..
Berdasarkan ane search2 di google, byk yg bilang kalau independent jauh lebih nyaman dan handling lebih bagus.. Tp ada beberapa pertanyaan di otak ane..
1. Apakah semua independent pasti lebi bagus dari dependent suspension?
2. Sebenarnya apa aja sih keunggulan independent?
3. Kalo liat spek, ada yg multilink, double wishbone, dll.. Itu termasuk yg mana ya?
4. Mobil apa ya yg kisaran 300an pas tp dengan independent suspension? Apakah mobil tersebut worth to buy bila dipertimbangkan kenyamanan dan handlingnya?
Thx b4..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: dependent vs independent rear suspension
independen pasti lebih nyaman dan stabil tapi kurang tahan kalau dibawa ke medan rusak /jelek dan ngedrop banget kalau bawa beban berat
dan yg terpenting biaya pembuatan independen lebih tinggi dari pada dependen
BTW mobil paling murah yg pakai independen double wishbone di indon apa ya ?
dan yg terpenting biaya pembuatan independen lebih tinggi dari pada dependen
BTW mobil paling murah yg pakai independen double wishbone di indon apa ya ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: dependent vs independent rear suspension
setahu saya kalau multilink biasanya independent, kalau link stabilizer biasanya dependent
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: dependent vs independent rear suspension
Dapet dari mana istilah "dependent suspension"? Ngarang sendiri?
Ngawur juga jawaban2-nya.
Ngawur juga jawaban2-nya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
- Daily Vehicle: Accord_cp2
Re: dependent vs independent rear suspension
Maap lah.. Namanya jg nanya.. Kalo ga mau bales jg gpp kok..POS VETT wrote:Dapet dari mana istilah "dependent suspension"? Ngarang sendiri?
Ngawur juga jawaban2-nya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: dependent vs independent rear suspension
kelebihan suspensi independen itu kalo salah satu roda kejeblos lubang yg agak dalam, roda yang sebelahnya tidak ikut geser. biasanya bokong mobil berasa geser kalo pake mobil non independen.
untuk kenyamanan kalo yang dimaksud kenyamanan itu keempukan lebih tergantung pada spring & shock absorber. tapi untuk kestabilan sy rasa independen lebih stabil
untuk kenyamanan kalo yang dimaksud kenyamanan itu keempukan lebih tergantung pada spring & shock absorber. tapi untuk kestabilan sy rasa independen lebih stabil

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: dependent vs independent rear suspension
city type zdsign1990 wrote:independen pasti lebih nyaman dan stabil tapi kurang tahan kalau dibawa ke medan rusak /jelek dan ngedrop banget kalau bawa beban berat
dan yg terpenting biaya pembuatan independen lebih tinggi dari pada dependen
BTW mobil paling murah yg pakai independen double wishbone di indon apa ya ?
hyundai avega sedan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: dependent vs independent rear suspension
Non independent suspension adalah dimana ban kanan dan kiri dihubungkan oleh 1 solid axle
Bayangkan seperti 1 bilah kayu, ada ban di kedua ujungnya.
Kalo 1 sisi turun, pasti sisi satunya naik.
- A non-independent suspension is a suspension arrangement in which the left and right wheels share a single, solid axle. Overall, non-independent suspensions are less adept than independent varieties at isolating vehicle occupants from bumps and dips in the road.
Non-independent suspensions should not be considered substandard in all cases, however. For example, Jeep uses non-independent axles in both the rear and front of its Wrangler because it affords an advantage in some offroad situations. Most sport utility vehicles designed for true offroad use employ a non-independent rear suspension.
Independent suspension
Adalah dimana ban kanan dan kiri bisa bergerak bebas.
Suspensi ini menawarkan pengendaraan yang lebih empuk dan stabil.
Kalo judulnya double wishbone, multilink, dsb. Pasti independent
Bayangkan seperti 1 bilah kayu, ada ban di kedua ujungnya.
Kalo 1 sisi turun, pasti sisi satunya naik.
- A non-independent suspension is a suspension arrangement in which the left and right wheels share a single, solid axle. Overall, non-independent suspensions are less adept than independent varieties at isolating vehicle occupants from bumps and dips in the road.
Non-independent suspensions should not be considered substandard in all cases, however. For example, Jeep uses non-independent axles in both the rear and front of its Wrangler because it affords an advantage in some offroad situations. Most sport utility vehicles designed for true offroad use employ a non-independent rear suspension.
Independent suspension
Adalah dimana ban kanan dan kiri bisa bergerak bebas.
Suspensi ini menawarkan pengendaraan yang lebih empuk dan stabil.
Kalo judulnya double wishbone, multilink, dsb. Pasti independent
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: dependent vs independent rear suspension
Dependent yg dimaksud rigid axle kan ya?yeodi wrote:Halo SM.. Sekedar mau tanya2 mengenai suspension..
Berdasarkan ane search2 di google, byk yg bilang kalau independent jauh lebih nyaman dan handling lebih bagus.. Tp ada beberapa pertanyaan di otak ane..
1. Apakah semua independent pasti lebi bagus dari dependent suspension?
2. Sebenarnya apa aja sih keunggulan independent?
3. Kalo liat spek, ada yg multilink, double wishbone, dll.. Itu termasuk yg mana ya?
4. Mobil apa ya yg kisaran 300an pas tp dengan independent suspension? Apakah mobil tersebut worth to buy bila dipertimbangkan kenyamanan dan handlingnya?
Thx b4..
1. Secara umum jika rate suspensi shock beban dll sama independent lebih baik dari rigid axle
2. Kelebihanya
Setiap roda dpt bergerak sendiri tampa mempengaruhi roda sebelahnya lebih nyaman
Chamber dapat berubah sesuai gerakan suspensi tampa saling pengaruh dgn sisi satunya efeknya handling lebih baik
Semua independent itu full floating axle, as roda tidak nahan bebas hanya penggerak saja, berbeda dgn rigid axle semifloating. Fullfloating rigid axle biasanya di truk/pickup
Lower manufacturing cost dibanding full rigid
3. Multilink ada yg independent dan rigid, dobelwishbone pasti independent, mcpherson independent, torsionbeam semi independent
4.300jtan.. outlander sport, prton preve, renault duster 4x4, captiva, tucson. Worth to buy sih secara keseluruhan ga bisa lihat suspensinya saja
Yg perlu di ingat penggunaan swaybar dapat mengurangi "independeny" suspensi... terlalu stiff.. suspensi jadi kaku, meski tetep ga separah rigid.
Independent untuk offroad, masalahnya di travel suspensi dan daya tahan. Meski bukan tidak bisa di lakukan, seperti hummer H1, rangerover, jeep cherokee n grandcherokee dll...
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: dependent vs independent rear suspension
Mbl pling murah? Hilux n l300 jg penther pickup....dsign1990 wrote:independen pasti lebih nyaman dan stabil tapi kurang tahan kalau dibawa ke medan rusak /jelek dan ngedrop banget kalau bawa beban berat
dan yg terpenting biaya pembuatan independen lebih tinggi dari pada dependen
BTW mobil paling murah yg pakai independen double wishbone di indon apa ya ?
Wkwkwk klw independent lebih mahal dri rigid, lcgc g akan pke independent
Independeny simple macam mcpherson lebih murah, klw yg complek macam multilink dgn arm sampai 5 link di satu roda bisa aja lebih mahal, atau ampir sama dibanding rigid axle komplek kaya 5link di Jk apalgi yg portal axle di merc g63 4x4 square
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: dependent vs independent rear suspension
maaf kalo OOT
Torsion beam
saya masih kurang paham sama Torsion Beam model sekarang
bukankah kalau sisi A keangkat/turun maka sisi B harusnya juga ikut naik/turun ya, karena dihubungkan oleh batang besi dengan body mount menyatu. Atau batang besi itu elastis jadinya bisa melintir (bahasa jawanya molet) kalo A naik turun yang B tidak ikut gerakan sisi A?
Torsion beam

bukankah kalau sisi A keangkat/turun maka sisi B harusnya juga ikut naik/turun ya, karena dihubungkan oleh batang besi dengan body mount menyatu. Atau batang besi itu elastis jadinya bisa melintir (bahasa jawanya molet) kalo A naik turun yang B tidak ikut gerakan sisi A?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: dependent vs independent rear suspension
yup batang besiny elastis, bisa melintir...... kerjanya jadi kya swaybar/stabilizer bar. dan yes torsionbeam lebih bik dri rigid, dri sisi comfort n handling
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: dependent vs independent rear suspension
oh gitu, thanks om billybillyd1773dz wrote:yup batang besiny elastis, bisa melintir...... kerjanya jadi kya swaybar/stabilizer bar. dan yes torsionbeam lebih bik dri rigid, dri sisi comfort n handling


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Fri Jun 19, 2015 11:20
Re: dependent vs independent rear suspension
Chevy spin sdh independent menurut brosur
Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: dependent vs independent rear suspension
Spin depan independent mcpherson, blkng torsion beam.... sama dgn mobilio dan livinaecoy7 wrote:Chevy spin sdh independent menurut brosur
Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
Apania depan independent mcpherson blkng rigid 5link
Imho dri pada ributin ladder vs monokok, jenis suspensi lebih atw sama pengaruhnya ke overalll karakter mbl

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: dependent vs independent rear suspension
sy krn awam blm pernah dengar istilah dependent system ... baru skrg ini
tapi independent system sdh sejak 70s
reference independent dlm mindset awam sy adalah (rear) suspension yg terdiri dari multi structure sehingga memiliki kemampuan sama dgn suspension system depan
ada yg dibuat dgn multi linkage ... ada yg dgn lower rod ... adapula adjustable ... pemegang world record terbanyak u (independent) suspension system patent rights ... adalah mercedes benz ... trus ... panhard .... dan citroën
tapi independent system sdh sejak 70s
reference independent dlm mindset awam sy adalah (rear) suspension yg terdiri dari multi structure sehingga memiliki kemampuan sama dgn suspension system depan
ada yg dibuat dgn multi linkage ... ada yg dgn lower rod ... adapula adjustable ... pemegang world record terbanyak u (independent) suspension system patent rights ... adalah mercedes benz ... trus ... panhard .... dan citroën
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: dependent vs independent rear suspension
Kalo saya sih type user yang gak pernah terpaku oleh hal2 spt iniyeodi wrote:Halo SM.. Sekedar mau tanya2 mengenai suspension..
Berdasarkan ane search2 di google, byk yg bilang kalau independent jauh lebih nyaman dan handling lebih bagus.. Tp ada beberapa pertanyaan di otak ane..
1. Apakah semua independent pasti lebi bagus dari dependent suspension?
2. Sebenarnya apa aja sih keunggulan independent?
3. Kalo liat spek, ada yg multilink, double wishbone, dll.. Itu termasuk yg mana ya?
4. Mobil apa ya yg kisaran 300an pas tp dengan independent suspension? Apakah mobil tersebut worth to buy bila dipertimbangkan kenyamanan dan handlingnya?
Thx b4..
Mau sistem apapun yg digunakan, semua kembali kepada "Final Tuning" oleh bagian development pabrik mobil tsb. Juga penggunaan material2 sangat berpengaruh thd hasil akhir
Sama spt headphone.......sistem Planar konon kasta-nya di atas dynamic driver, tapi planar yg suaranya aneh & gak enak ya ada juga.....dynamic driver yg high end en benar2 bagus ya gak dikit juga
Yg terpenting bagi saya = seberapa banyak after market parts yg tersedia bagi sistem suspensi sebuah mobil......itu yg paling penting dah....ha haaaa
*Pernah punya aneka mobil independent, baik FWD / RWD, skg banyakkan naik yg Rigid axle*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: dependent vs independent rear suspension
setubuh broyeodi wrote:Maap lah.. Namanya jg nanya.. Kalo ga mau bales jg gpp kok..POS VETT wrote:Dapet dari mana istilah "dependent suspension"? Ngarang sendiri?
Ngawur juga jawaban2-nya.
kalau ada yg belum tau ya ajarin
kalau ada yang salah ya benerin
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: dependent vs independent rear suspension
wkwkwkwk.... Ini baru trit bergizi... Bosen liat SM isinya suggestion corner semua Lol.yeodi wrote:Halo SM.. Sekedar mau tanya2 mengenai suspension..
Berdasarkan ane search2 di google, byk yg bilang kalau independent jauh lebih nyaman dan handling lebih bagus.. Tp ada beberapa pertanyaan di otak ane..
1. Apakah semua independent pasti lebi bagus dari dependent suspension?
2. Sebenarnya apa aja sih keunggulan independent?
3. Kalo liat spek, ada yg multilink, double wishbone, dll.. Itu termasuk yg mana ya?
4. Mobil apa ya yg kisaran 300an pas tp dengan independent suspension? Apakah mobil tersebut worth to buy bila dipertimbangkan kenyamanan dan handlingnya?
Thx b4..
independent vs dependent bagus mana... Mayoritas orang akan jawab bagus independent. Tapi kalo jawaban saya sih... liat mobil dan peruntukannya dulu yaa... Juga tuning suspensi dan chassis secara keseluruhan. Saya kasih dua contoh yang paling mewakili.
Independent lebih nyaman?
Honda Civic dan Corolla Altis masih lebih nyaman Corolla Altis... padahal Altis pakai torsion beam dan Civic pakai double-wishbone.
Independent handling lebih bagus?
Renault Megane R.S 265 Trophy pernah jadi hatchback terkencang di Nurburgring padahal dia Torsion beam loh belakangnya... Ngalahin Golf dan Scirocco yang multi-link.
So, jawaban itu nggak MUTLAK. Semua tergantung dari whole design mobil itu sendiri. Coba kita pakai kerangka berpikir engineer dan orang - orang RnD.
Torsion beam dibilang cost cutting, ya nggak juga sih menurut saya. Kalo memang suspensi independen gak diperlukan, cukup suspensi torsion beam dengan tuning suspensi yang baik, ya kenapa salah gitu? Kalau mobilnya dirasa pakai torsion dan pakai independent gak beda jauh, ya kenapa harus pakai independent yang jauh lebih rumit dan mahal? Torsion beam dengan racikan per dan shock yang tepat jauh lebih murah daripada independent...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: dependent vs independent rear suspension
^^
yup
torsion beam sering jadi anak bawang....sering dihina2 di forum otomotif... torsion beam itu perkembangan dari sistem independen trailing arm, yang di beri beam stabilizer besar. so torsion beam tetep turunan independen juga.... wkwk
berbeda dengan rigid axle.
torsion beam cocok untuk FWD, karna rear axle memang lebih baik di bikin sekaku mungkin agar ngurangin understeer. torsionbeam dari sononya uda punya swaybar segede gaban, so ga perlu pke swaybar lagi, konstruksi jadi jauh lebih sederhana dan ringan. ga jarang kan klw liat hothatch FWD hard cornering roda bagian blkng ngangkat sebelah. camber pun dapat dibikin berubah saat cornering seperti IRS.
yet itu di FWD bertenaga besar....... biggest challenge gimana ngereduksi understeer. hard cornering hingga tingga satu roda yang napak juga masih bisa di tolerir, toh yang berperan penting ada di front axle dan disana ada torque vectoring diff yang siap counter dan koreksi arah.

FWD dgn rear rigid axle contohnya toyota soluna, dan karimun wagon r.
untuk RWD, ford mustang sebelum generasi 2015 itu layaknya stereotype murican car.. susah belok, jago di dragrace, sulit bersaing dgn coupe eropa, skrng? mustang jadi salah satu coupe paling laku di dunia, kemampuan di circuit and take corner pun tidak malu-maluin. well itu setelah rear rigid axle mustang setelah 50thn digusur jadi IRS wkwkw....
di mbl RWD tentu kedua ban blkng harus selalu napak untuk bisa memberi traksi, tidak seperti FWD, rear sus biasanya dibikin lebih soft dibanding yg depan, irs juga bisa merubah camber saat cornering, tidak seperti rigid axle yg fix.

di suv high-end grand cherokee, LC200, nissan patrol,range rover lama-lama juga ngegusur rigid axle nya... tanya kenapa.
semoga untuk kelas suv offroad berat/GPV tetep and always full rigid axle wkwkw

yup
torsion beam sering jadi anak bawang....sering dihina2 di forum otomotif... torsion beam itu perkembangan dari sistem independen trailing arm, yang di beri beam stabilizer besar. so torsion beam tetep turunan independen juga.... wkwk

torsion beam cocok untuk FWD, karna rear axle memang lebih baik di bikin sekaku mungkin agar ngurangin understeer. torsionbeam dari sononya uda punya swaybar segede gaban, so ga perlu pke swaybar lagi, konstruksi jadi jauh lebih sederhana dan ringan. ga jarang kan klw liat hothatch FWD hard cornering roda bagian blkng ngangkat sebelah. camber pun dapat dibikin berubah saat cornering seperti IRS.
yet itu di FWD bertenaga besar....... biggest challenge gimana ngereduksi understeer. hard cornering hingga tingga satu roda yang napak juga masih bisa di tolerir, toh yang berperan penting ada di front axle dan disana ada torque vectoring diff yang siap counter dan koreksi arah.

FWD dgn rear rigid axle contohnya toyota soluna, dan karimun wagon r.
untuk RWD, ford mustang sebelum generasi 2015 itu layaknya stereotype murican car.. susah belok, jago di dragrace, sulit bersaing dgn coupe eropa, skrng? mustang jadi salah satu coupe paling laku di dunia, kemampuan di circuit and take corner pun tidak malu-maluin. well itu setelah rear rigid axle mustang setelah 50thn digusur jadi IRS wkwkw....
di mbl RWD tentu kedua ban blkng harus selalu napak untuk bisa memberi traksi, tidak seperti FWD, rear sus biasanya dibikin lebih soft dibanding yg depan, irs juga bisa merubah camber saat cornering, tidak seperti rigid axle yg fix.

di suv high-end grand cherokee, LC200, nissan patrol,range rover lama-lama juga ngegusur rigid axle nya... tanya kenapa.
semoga untuk kelas suv offroad berat/GPV tetep and always full rigid axle wkwkw


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
- Daily Vehicle: Accord_cp2
Re: dependent vs independent rear suspension
Wah byk masukan2.. Maaap ga bisa bales satu2.. Kebanyakan..hehe..
Ooo mulai ngerti dari mekanisme kerjanya.. Tapi ga jadi garansi kalau independent pasti lebih nyaman ya?? Semua harus liat dari settingan.. Bisa aja torsion beam lebih enak di banding yg model independent.. Apakah betul? Hehe
Ooo mulai ngerti dari mekanisme kerjanya.. Tapi ga jadi garansi kalau independent pasti lebih nyaman ya?? Semua harus liat dari settingan.. Bisa aja torsion beam lebih enak di banding yg model independent.. Apakah betul? Hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4361
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: dependent vs independent rear suspension
sampe bingung dependant suspension itu apa, ternyata maksudnya non independent.
torsion beam untuk belakang si sebenernya secara basically cheap n easy to built suspension, not to mention compact. makanya jadi favorit sampe sekarang. soal bagus mana imho diatas kertas si independent lebih superior. itu diatas kertas. karena kan komponene suspensi itu ada banyak, ga bisa pukul rata. ganti karet bushing pake PU aja bisa merubah total rasa itu berkendara itu mobil, padahal "cuma" bushing yang kelihatannya "diem" aja. apalagi uda bicara geometry, ganti material, ganti sok, ganti per, dll. ujung2nya ya njelimet. apalagi kalau uda for race track.
torsion beam untuk belakang si sebenernya secara basically cheap n easy to built suspension, not to mention compact. makanya jadi favorit sampe sekarang. soal bagus mana imho diatas kertas si independent lebih superior. itu diatas kertas. karena kan komponene suspensi itu ada banyak, ga bisa pukul rata. ganti karet bushing pake PU aja bisa merubah total rasa itu berkendara itu mobil, padahal "cuma" bushing yang kelihatannya "diem" aja. apalagi uda bicara geometry, ganti material, ganti sok, ganti per, dll. ujung2nya ya njelimet. apalagi kalau uda for race track.

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: dependent vs independent rear suspension
ya kalau independentnya ga pke shock ya, torsionbeam lebih nyaman.......... wkwkwkwkwkwkyeodi wrote:Wah byk masukan2.. Maaap ga bisa bales satu2.. Kebanyakan..hehe..
Ooo mulai ngerti dari mekanisme kerjanya.. Tapi ga jadi garansi kalau independent pasti lebih nyaman ya?? Semua harus liat dari settingan.. Bisa aja torsion beam lebih enak di banding yg model independent.. Apakah betul? Hehe

simplenya liat aja dari keterbatasan konstruksi, yang mau di modip kaya gmn juga mau pakai alat apa juga ga bisa robah sifat dasarnya, kec robah konstruksinya. selanjutnya tanya ke diri masing2.. perlu ga kelebihnya.. atau "ngerti" ga kelebihanya apa. klw g perlu dan g tw ya lupakan beli yg disuka aja.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: dependent vs independent rear suspension
Kalau saya rasa-rasa nih ya, advantage mobil dengan suspensi blkg independen banyaknya di handling. Dan kerasanya di jalan yg bergelombang rasanya lebih secure mungkin karena kontak bannya lebih oke sama jalan. Tapi overall kenyamanan sih ga beda jauh kok, yg penting setting pabriknya aja bener apa ngga. Dan sepertinya kelebihan independent suspension lebih kerasa di mobil RWD dibanding FWD. Mudah mudahan dapet kesempatan nyoba hot hatch yg belakangnya pake torsion beam deh buat perbandingan yg fair
Mungkin independent juga memungkinkan engineer nyetting geometri suspensi dengan parameter lebih banyak dibanding yg non independent kali ya?
Mungkin independent juga memungkinkan engineer nyetting geometri suspensi dengan parameter lebih banyak dibanding yg non independent kali ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: dependent vs independent rear suspension
buat menghemat ongkos produksi dan maintenance non independent suspension is perfectly reasonable on entry level cars. On expensive cars this should not be done. Oddysey RB series is a fun MPV.. full independent suspension. Then on RC series they use torsion beam... just like alphard...
yah bukan mobil untuk fun driving sih but still...
Sent from my SM-N9208 using Tapatalk
yah bukan mobil untuk fun driving sih but still...
Sent from my SM-N9208 using Tapatalk
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18