Nah, kalo agan rajin ngikutin perkembangan di dunia otomotif (aye juga baru ngikutin sih, gan :p), di tahun 2016 ini dua raksasa produsen mobil yg terkenal di Indo—Toyota dan Mitsubishi—baru aja ngeluarin produk terbaru mereka. Agan pastinya tau lah mobil-mobil sport yang maha ganteng seperti Fortuner dan Pajero Sport. Yap, dua mobil yang konon dibanderol dengan harga cukup tinggi (well, setara sama kualitas sih, gan. Ada harga, ada barang ^^) ini belum lama mengeluarkan mobil generasi barunya dengan timing yg nyaris bersamaan. Nah, lho!
Kalo diliat-liat, dua mobil ini emang serupa tapi tak sama, ye gan. Baik Pajero Sport atau Fortuner udah punya fans die hard-nya sendiri yg loyalitasnya gak perlu dipertanyakan lagi. Dari segi tampilan, banyak yg bilang kalo keduanya punya ‘face’ yg sama. Tapiiiii kalo diliat-liat lebih intesif, Fortuner ama Pajero Sport tuh beda lho, gan. Baik dari lekukan bodi, front face, sampe exterior design secara keseluruhan, keduanya punya keunikan tersendiri. Kalo ditanya mana yg paling bagus, semuanya kembali ke selera pembeli. Masalah selera susyeh untuk diperdebatkan secara objektif, Gan

Beda halnya sama masalah mesin dan juga gear speed transmision. Dua segmen ini masih bisa diperbandingkan dan diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Makanya, gak heran kalo dua segmen ini menjadi selling point dari setiap produsen mobil untuk memasarkan mobilnya ^^ Ngebandingin hal yg bisa diukur emang lebih gampang kan, gan

Ini dia perbandingan dari Fortuner ama Pajero Sport dari segi mesin. Nyok, kite tengok!
Toyota All New Fortuner

Beda mobil, beda juga mesinnya. Generasi terbaru dari All New Fortuner ini akan dibekali dengan 2 varian mesin: 2.7L Dual VVTi dan 2.4L VNT yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 149,6Ps pada 3.400rpm dengan gear transmision 6 speed dan perpindahan transmisi yang cepat. Mesin ini dikabarkan mampu melakukan penghematan bahan bakar hingga 10%. Toyota yang engine nya terkenal awet dan gak rewel meskipun performa pas-pasan bikin orang lebih jatuh cinta sama ni merek.
Mitsubishi All New Pajero Sport

Diintip dari brosur resmi di dealer-nya, si Mitsubishi ANPS ini muncul dengan mesin diesel terbaru 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged dan Intercool dengan maksimal tenaga yang dihasilkan mencapai 181Ps pada 3.500rpm dan torsi 430Nm pada 2.500rpm. Kalau diliat-liat sih ini jadi yang tertinggi di kelasnya. Perpindahan transmisinya pun konon akan semakin cepat dengan gear transmision 8 speed. Bahan bakarnya pun akan lebih irit karena yang ane baca mobil ini jalan di RPM yang lebih rendah dengan penggantian gigi yang tahapannya lebih banyak. Sayangnya mesin ini cuma ada di varian Dakar, lainnya masih pake mesin lama. Ane gak paham apa yang jadi strategi Mitsu yang jelas ane yang skrg pake pajero exceed jadi pengen ganti jadi Dakar (berhasil deh nih Mitsu). Tapi sebagai pengguna Mitsu ane gak pernah kuciwa sih sama engine nya. Yang 4D56 aja udah cukup brai.
Dilihat secara sepintas, keduanya memiliki mesin yang berbeda ya, Gan. Kalau menurut agan sendiri, gimana tanggapannya? Lebih alus dan lebih enak mana ya untuk dipake?