Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by purrfect »

Kelas :
Minivan, 7 seater.

Teknikal :
CamPro CFE 1.6 Turbocharged I4 DOHC MPI, 7-speed A/T CVT.
103 kW @ 5.000 RPM – 205 Nm @ 2.000 - 4.000 RPM

S & S :
Dual SRS Airbag (front) with pre-tensioner seatblet, Side Impact Beam, child-proof lock, built-in alarm with keyless entry, immobilizer, ABS, EBD, ESC (Proton R & H).

Konsumsi Bahan Bakar (rata-rata) :
1:8~9 km dalam kota ( 90% macet) RON92.

Pajak Tahunan :
+/- Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000,- Sawangan, Depok

Estimasi Harga (bekas) :
Rp 120.000.000 ~ Rp. 128.000.000 Jabodetabek (dibawah tahun 2013 versi non-turbo)

-----------------------------------------------------------------


Kelebihan :
+ Kabin cukup lapang
+ Ukuran bodi mobil nggak terlalu bongsor mempermudah manuver
+ Tenaga mesin jempolan untuk cruising luar kota
+ Fitur cukup lengkap
+ Ruang bagasi fleksibel
+ Respon CVT halus
+ Keseragaman suku cadang mesin dominan berbagi dengan Mitsubishi & Hyundai

Kekurangan :
- Sentimen politik sangat berpengaruh ke resale value & sebaran jaringan 3S.
- Headroom & legroom penumpang row 3 sempit, lebih cocok untuk anak kecil atau penumpang dengan tinggi dibawah 170 cm.
- Peredam atap (plafon kabin) kurang tebal untuk meredam suara hujan.
- Body roll & understeer saat menikung tajam masih terasa.
- Suara transmisi CVT terkadang terdengar 'ngorok' saat akselerasi seperti problem suara CVT ngorok di honda click 125 (vario techno 125).

Image

Sekilas :

Masih dari Proton, Exora hadir di INA sebagai alternatif minivan 7-seater bagi orang yang tidak suka bodi tinggi Innova – tidak suka bodi kecil Grand Livina – punya bujet cekak untuk piara minivan 7-seater bekas, dan beberapa pertimbangan lainnya. Secara keseluruhan Exora Bold CFE punya fitur yang cukup lengkap dan ruang kabin yang cukup lega serta lebih besar dibanding Livina dan LMPV lainnya, walau seperti yang saya sebutkan di review mobkas Proton Saga sebelumnya bahwa kelemahan utama mobil ini bukanlah faktor teknis yang fatal, tapi karena faktor politis yang berimbas ke jumlah sebaran jaringan 3S dan depresiasi harga unit bekas.
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by purrfect »

Eksterior – Kompartemen Mesin - Bagasi :

Sebagai mobil dengan basis baru (bukan rebadge dari Mitsubishi seperti model Proton lawas), desain Exora masih memiliki pakem minivan 7 seater Jepang seperti Mitsu bishi Grandis dan Honda Stream yang atapnya melandai turun di pilar D. Dari sisi fisik aslinya yang memiliki tarikan garis tajam di bonnet, ukuran bodi Exora juga persis berada diantara Innova dan Grand livina atau minivan lain yang sejenis. Keseluruhan desainnya cukup bisa diterima dan nggak punya bentuk desain aneh-aneh seperti bentuk “garis salah gunting” yang ada di pintu row 2 Honda Mobilio.

Image
Image
Dibanding model lainnya, Exora Bold dipermanis dengan tambahan body kit dari bemper depan hingga belakang. Penggunaan roda 16 inci dan ban ukuran 205/55 juga pas tidak membuat Exora seperti kura-kura beroda.

Image
Mengintip sejenak kompartemen mesin, hal yang kelihatan pertama kali adalah peredam panas/suara di bonnet Exora + ada plat petunjuk warna bodi buatan Nippon Paint.

Image
Exora dibekali mesin CamPro CFE dengan kapasitas 1.6 liter turbocharged. Turbo dipasok dari BorgWarner & posisi intercooler ngumpet di bagian bemper depan. (tidak terfoto)

Image
Untuk memberikan insulasi suara yang baik, Exora dilengkapi dengan pelapis firewall yang cukup tebal dibagian vertikal, sayangnya material klip plastik pengunci firewall tidak memiliki kualitas yang baik. Terlihat di foto ini klip pengunci firewall terlepas walau usia mobil masih relatif muda.

Image
Posisi saluran masuk udara sejajar dengan garis bonnet dan cukup tinggi.

Image
Lampu depan di Exora Bold punya aksen warna abu-abu gelap.

Image
Lampu belakang Exora Bold punya aksen 'smoked' dengan mika plastik gelap.

Image
Area bagasi cukup luas karena kursi row 3 dapat terlipat rata. Cargo net merupakan kelengkapan standar.

Image
Lebih detail mengenai detail kabin Exora Bold, terlihat kursi yang dilapisi dengan kulit sintetis (standar), media player di plafon (standar) & grille blower AC di kedua sisi plafon mobil. Sayangnya peredam plafon kurang tebal untuk meredam suara hujan.

Image
Dibalik lantai area bagasi terdapat kompartemen penyimpanan yang berisi tool kit standar mobil dan dongkrak

Image
Untuk mengambil dongkrak dengan lebih leluasa, tekan kedua klip ini (tanda panah) dan tarik panel penutup. Panel di sisi kanan juga dapat dibuka.

Image
Buka panel ini untuk menurunkan ban serep. Ukuran ban serep 15 x 6.5 JJ (petunjuk buku manual).

Image
Panel trim area bagasi sisi kanan dilengkapi dengan lampu + soket power outlet.

Image
Luas area bagasi saat kursi row 3 dibuka

Image
Gambaran sekilas mengenai legroom kursi row 3.

Image
Detail konektor elemen demister kaca belakang & HMSL.

*Note :
Seperti SOP untuk membeli mobkas lainnya, pastikan kondisi mesin & sistem pendinginan bebas bocor, sistem elektrikal normal, dll. Sama seperti Saga 1.3 yang saya ulas sebelumnya, Exora juga bukan mobil rewel, hanya saja bila di area sekitar Anda tidak ada jaringan bengkel resmi Proton untuk penggantian suku cadang kategori fast moving solusinya adalah mencari part subtitusi dari beberapa varian mesin milik Mitsubishi dan Hyundai berhubung mesin CamPro milik Proton mengambil basis dari mesin buatan Mitsubishi.
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by purrfect »

Kabin #1 (Baris Depan) :

Berikut bahasan detail mengenai baris depan mobil. Terlihat dari foto dibawah ini dasbor plastik abu-abu gelap (cenderung hitam) bertekstur Exora Bold yang dilengkapi imbuhan panel motif serat karbon di area head unit (tengah) dan panel warna silver di grille AC penumpang depan, tuas pembuka pintu, setir & hand grip pada panel pintu.

Image

Selain itu terlihat juga terlihat sebuah laci kecil dibawah kolom setir, slot untuk menyimpan kartu tol dan laci kecil dibawahnya untuk menyimpan koin.

Image
Trim pintu juga ditutup plastik abu-abu gelap bertekstur ditambah dengan aksen panel kulit sintetis warna hitam dan coklat juga aksen warna silver di tuas pembuka pintu + panel grip switch power window. Cup holder di trim pintu dapat menyimpan botol air minum ukuran 750 ml dan benda kecil lainnya.

Image
Lebih detail soal panel switch poer window terdapat tombol untuk menyetel kaca spion dan untuk melipat kaca spion, switch 'AUTO Down' untuk jendela pengemudi, switch pengunci pintu & jendela.

Image
Layout dasbor Exora Bold nggak punya 'wow factor' secara keseluruhan. Tetapi harus diakui tata letaknya cukup ergonomis & panel pengendali AC mudah dicapai pengemudi.

note : Head unit diganti oleh pemilik.

Image
Dibawah panel transmisi CVT terdapat 2 kompartemen penyimpanan dengan 1 soket power dan 2 cup holder. Terlihat kursi pengemudi & penumpang Exora Bold dilapisi kulit sintetis hitam-coklat.

Image
Exora dilengkapi dengan 'dead pedal' untuk menopang kaki kiri pengemudi. Disini juga terlihat laci kecil dibawah kolom setir yang dapat diatur ketinggiannya / tilt steering (tidak terfoto), kotak sekring dan tuas pembuka bonnet.

Image
Jok pengemudi dapat diatur naik/turun.

Image
Exora bold dilengkapi arm rest untuk penumpang depan dan pengemudi. Disini juga terlihat kontur jok Exora yang menurut saya termasuk baik untuk menopang punggung dan paha, sayangnya material kulit sintetis di jok bukan merupakan favorit saya & orang lain yang mudah merasa gerah di punggung.

Image
Setir Exora yang terbungkus kulit sintetis berisi modul airbag & dilengkapi switch audio / telephony. Disini juga terlihat tuas pengaturan kendali jelajah (Cruise Control).

Image
Spion samping cukup besar untuk memantau bagian samping kendaraan.

Image
Kaca spion kabin dilengkapi dengan layar kamera parkir.

Image
Panel speedometer Exora saat mesin dinyalakan. Panel digital sebelah kiri berisi petunjuk konsumsi bakar, suhu mesin & indikator bensin, sedangkan di sisi kanan berisi petunjuk posisi gigi, odometer & tripmeter.

PENTING!!! : Pemilik atau calon pembeli harap waspada saat sore atau menjelang malam hari karena lampu speedometer ikut otomatis menyala sejak mesin dinyalakan. Berdasarkan realita pengalaman saya pribadi, banyak mobil yang punya fitur iluminasi speedometer otomatis seperti Exora tidak menyalakan lampu utama kendaraan saat sore atau menjelang malam hari sehingga ikut membahayakan pengguna jalan lain.

Image
Sama seperti Saga 1.3 yang saya ulas sebelumnya, tuas lampu dan wiper Exora juga terbalik posisinya. Tuas lampu dan wiper sendiri menurut saya cukup tebal tapi entah kenapa terkesan ringkih saat dipegang.

Image
Detail lebih lanjut dari panel AC row 1, terlihat juga 2 tekstur plastik dasbor yang berbeda.

Image
Panel AC tengah yang memiliki aksen serat karbon (belum terlalu terlihat). Bagian atas grille AC dilengkapi jam dengan display berwarna jingga.

Image
Detail lebih lanjut dari panel AC tengah dengan jam yang menyala. Dibawah head unit (diganti oleh pemilik) terdapat 5 tombol, sisi paling kiri-kanan non-aktif, 3 tombol sisa berfungsi untuk menyalakan lampu kabut, lampu hazard & demister kaca belakang.

Image
Lebih detail lagi mengenai panel AC tengah dengan motif serat karbon. Disini juga terlihat detail panel pengaturan AC dan sirkulasi udara.

Image
Detail tuas transmisi otomatis dengan model 'gate shift'.
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by purrfect »

Kabin #2 (Baris ke-2 & 3) :

Image
Image
Pintu row 2 Exora membuka cukup lebar dan memudahkan bagi penumpang untuk mengakses row 3. Panel trim pintu row 2 Exora juga memiliki cup holder yang dapat menyimpan botol minuman 750ml dengan rapat & kantong pintu yang sama lebarnya seperti pada pintu depan.

Image
Image
Legroom row 2 cukup lapang walaupun kursi pengemudi telah disetel untuk ukuran tinggi 170 – 175cm. Terlihat juga adanya undakan di lantai row 2, cup holder di konsol tengah dan tuas penyetelan senderan / pelipatan kursi.

Image
Petunjuk singkat pelipatan kursi yang cukup informatif 'tertempel' di bagian senderan kursi di sebelah kiri dan kanan.

Image
Kedua sisi kursi dapat dilipat sebagai akses untuk memasuki row 3. Mungkin dirasa canggung saat kursi row 2 tidak dapat terlipat penuh ke lantai.

Image
Ini yang saya maksud kalau pelipatan kursi di Exora terlihat/terasa canggung. Perlu diketahui kalau posisi tersebut sudah benar-benar mentok.

Image
Setelah kursi terlipat, akses menuju row 3 pun terbuka.

Image
Sama seperti kendaraan sekelasnya dengan bentuk atap yang melandai ke belakang, headroom Exora terlihat sempit. Begitu juga dengan legroom yang lebih cocok untuk penumpang anak-anak atau remaja atau orang dewasa dengan tubuh berukuran kecil.

Image
Penumpang Row 3 juga mendapatkan cup holder dan kantong penyimpanan (foto saat kursi row 3 terlipat).

Image
Sudut senderan kursi row 3 memiliki beberapa sudut penyetelan, kolase diatas hanya menunjukkan 4 dari beberapa sudut yang dapat disetel. Gambar kiri atas paling tegak dan gambar kanan bawah paling rebah.
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by purrfect »

Detail Lain :

Image
Kunci standar Exora yang dilengkapi dengan sistem immobilizer sebagai fitur standar.

Image
Tutup tangki hanya memiliki semacam tali dan tidak memiliki semacam pengait saat dibuka. (contoh pengait seperti yang ada pada panel luar tutup tangki bensin Suzuki Ertiga)

Image
Foto lain mengenai tuas pengaturan kendali jelajah.

Image
Dasbor Exora dilengkapi 2 glovebox utama (bawah) dan sekunder (atas).

Image
Disisi glovebox utama terdapat pengait barang yang dapat dilipat. Disini juga terlihat detail kontur dasbor Exora.

Image
Gambar lebih detail mengenai konsol tengah. Terdapat 4 cup holder dan 2 'tray' yang salah satunya memiliki soket power 12v.

Image
Detail tentang lampu kabin bagian depan.

Image
Visor untuk pengemudi dan penumpang depan dilengkapi dengan vanity mirror.

Image
Tuas pengaturan kecepatan blower AC belakang. Lokasinya berada di depan multimedia monitor plafon.

Image
Monitor plafon untuk penumpang row 2-3 yang dapat memutar DVD, melalui SD Card atau koneksi dengan USB. Terlihat juga letak tuas pengaturan kecepatan blower AC belakang.

Image
Detail lain mengenai grille AC row 2. Handle bar sebelah kanan dilengkapi dengan pengait, sedangkan sebelah kiri tidak memiliki pengait.



Penjelasan Lain :

Sebagai orang yang belum pernah naik + pinjam Exora, saya akui Exora 1.6 turbo ini termasuk lumayan untuk jadi alternatif minivan & LMPV lainnya. Dari sisi teknis, Exora juga nggak punya kelemahan fatal selain faktor politik walau fiturnya cukup, kenyamanan & ergonomi termasuk lumayan.

Sama seperti minivan lainnya, body roll cukup terasa saat mobil harus ditekuk lumayan tajam dan understeer juga terasa layaknya mobil dengan konfigurasi FF. Dalam hal transmisi, CVT di Exora juga nggak sempurna karena terkadang muncul suara 'ngorok' saat pedal gas diinjak lebih dalam. Respon CVT Exora buat saya juga nggak terlalu istimewa walau lumayan halus.

Keseluruhannya, jaringan bengkel resmi dan dealer Proton yang tidak banyak cukup menyulitkan bagi mengguna awam yang terbiasa mengandalkan bengkel resmi. Solusi saat ini yang bisa dilakukan hanyalah berkompromi dengan bengkel umum langganan atau mengikuti saran dari komunitas pemilik Proton.


* terima kasih banyak buat men-temen dari Proton Club Indonesia buat pinjeman unitnya. :big_peace:
** maaf kalau ada detail yang mungkin terlewat. :mky_01:
Image
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by ceiszha »

Pernah hampir beli exora star 2013 pada thn 2015 hrga 125jt punya tetangga. Gk jd krna keluarga ane pada nasehatin jgn beli merk malaysia. Hahaha... indonesia bgt mmg.

Sent from my SM-N7505 using Tapatalk
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by purrfect »

ceiszha wrote:Pernah hampir beli exora star 2013 pada thn 2015 hrga 125jt punya tetangga. Gk jd krna keluarga ane pada nasehatin jgn beli merk malaysia. Hahaha... indonesia bgt mmg.

Sent from my SM-N7505 using Tapatalk
sentimen politik memang kejam sih...

tapi kalo mau beli baru pun, harga potongan diskon Exora udah setara harga LMPV trim bawah yang belum diskon. :upss:

yang harus diperthatikan adalah beli ini mobil kalo mau dipake sampe mobilnya udah berubah wujud jadi bangkai, perkecualian buat yang beli mobilnya di area Batam atau yang dekat sama Malaysia buat belanja spare part sendiri. :big_grin:
Image
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Re: RE: Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by ceiszha »

purrfect wrote:
ceiszha wrote:Pernah hampir beli exora star 2013 pada thn 2015 hrga 125jt punya tetangga. Gk jd krna keluarga ane pada nasehatin jgn beli merk malaysia. Hahaha... indonesia bgt mmg.

Sent from my SM-N7505 using Tapatalk
sentimen politik memang kejam sih...

tapi kalo mau beli baru pun, harga potongan diskon Exora udah setara harga LMPV trim bawah yang belum diskon. :upss:

yang harus diperthatikan adalah beli ini mobil kalo mau dipake sampe mobilnya udah berubah wujud jadi bangkai, perkecualian buat yang beli mobilnya di area Batam atau yang dekat sama Malaysia buat belanja spare part sendiri. :big_grin:
Wktu itu ane msh tinggal di tj.uban kepri om, bahkan dstu yg dkt sma malaysia sm s'pore pun ane perhatiin cuma itu satu2nya exora. Ada bbrpa lg di tj.pinang. di bintan gk ada beres proton, yg ada cuma toyota, honda, suzuki. Nissan hrs nyebrang ke batam.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by newrubble »

CVT parts byk sama dg ... bmw (incl. mini) ... n ... hyundai

jikalau satu wkt trouble n ada essential replacement ....bawa sj existing part sbg contoh ke kiosk yg jualan bmw atau hyun parts

kadang sy heran ... cvt itukan belted powertrain....pulley pair rotation ... tiada gear ... knp pada + - masih ada angka ya (sy coba gen2 ecologic di london n itu terliat dlm meter cluster)

jgn lupa periodikal pulley n belt maintenance agar "tidak kurangkan jangka hayat"

bicara politik sy pernah bbrp x bicara bkn disini ... kalo indo n malay itu ibarat satu manusia maka indo adalah otot otot yg kuat n ati yg lembut sedangkan malay adalah otak n mata

they both inseparable ... in like n dislike ... just like hutu n tutsi ... tamil n sinhala ... org luar tdk bisa bedakan which is which ... n knapa ribut
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by amfibi »

Manteb banget gambar2 & reviewnya ! :mky_02:

Exora ini mobil enak banget loh wkwk, sayang kemakan sentimen Malaysia yg gitu lah... Dulu tante beli 2011 yg type paling tinggi, 200jt (seharga innova J)... Sampe skrg masih awet no bunyi2 rattle2 rusak2 dkk :mky_02:
Naikannya enak lagi, kaya innova... + bau kabin enak gara2 jok kulit campur suede bawaannya :ungg:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by FRD »

dahboard tengah mengingatkan saya bahwa mirip dengan........ SX4 FL :mky_01:

*chz mana chz* :ngacir:
:big_smoking:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by PRBS »

amfibi wrote:Manteb banget gambar2 & reviewnya ! :mky_02:

Exora ini mobil enak banget loh wkwk, sayang kemakan sentimen Malaysia yg gitu lah... Dulu tante beli 2011 yg type paling tinggi, 200jt (seharga innova J)... Sampe skrg masih awet no bunyi2 rattle2 rusak2 dkk :mky_02:
Naikannya enak lagi, kaya innova... + bau kabin enak gara2 jok kulit campur suede bawaannya :ungg:
yup bener nih. keluarga teman saya ada yg punya exora turbo (persis kek ini).

pernah nebeng pulang dari kantor beberapa kali, bau kabinnya enak banget.. ga ada goncangan berlebih dan surprisingly nyaman.

entah kenapa menurut butt-o-meter saya, lebih enak ini daripada innova.

tapi dashboardnya cheap bgt kesannya dan gatau durabilitynya gimana, plus RVnya anjlok
444
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by 444 »

asyik reviewnya,, gambar juga lengkap,, :big_smile]
saya belum pernah liat dari dekat..
kira kira dibanding avanza row 3 nya sama luas yah
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by amfibi »

PRBS wrote:
amfibi wrote:Manteb banget gambar2 & reviewnya ! :mky_02:

Exora ini mobil enak banget loh wkwk, sayang kemakan sentimen Malaysia yg gitu lah... Dulu tante beli 2011 yg type paling tinggi, 200jt (seharga innova J)... Sampe skrg masih awet no bunyi2 rattle2 rusak2 dkk :mky_02:
Naikannya enak lagi, kaya innova... + bau kabin enak gara2 jok kulit campur suede bawaannya :ungg:
yup bener nih. keluarga teman saya ada yg punya exora turbo (persis kek ini).

pernah nebeng pulang dari kantor beberapa kali, bau kabinnya enak banget.. ga ada goncangan berlebih dan surprisingly nyaman.

entah kenapa menurut butt-o-meter saya, lebih enak ini daripada innova.

tapi dashboardnya cheap bgt kesannya dan gatau durabilitynya gimana, plus RVnya anjlok
Iya om nyaman bgt kan ... Enak ambient kabin nya jg :mky_02:
Durability kalo yg turbo ga tau deh gmn, tp kalo yg campro 1.6 n/a mah jempol... Di malaysia sendiri aja kyk innova disini, exora2 ampe pada ratusan ribu km dan msh tanpa rattling/rewel... :D

Dashboard di exora '11 jg sama plastiknya kalo digores pake kuku, muncul goresan tipis gitu wkwk...
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by amfibi »

444 wrote:asyik reviewnya,, gambar juga lengkap,, :big_smile]
saya belum pernah liat dari dekat..
kira kira dibanding avanza row 3 nya sama luas yah
Iya om pas numpang mirip kyk duduk di avanza, tp lebih lebar kabinnya... Enak nya biarpun rada sempit tp ga mual buat jauh :D
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by stevenanthony »

Ane gak pernah notice ada exora turbo keluar taun 2013... Mungkin ketutup sm gnki, avanza yg baru all new waktu itu, sama kabar2 mobilio... Notice pas om nr ngomong exora turbo di salah satu thread di sm ini. Setelah liat gambar sama baca indepthnya... ane merasa ini mobil worth every penny + penghuni sm bilang ni mobil enak... Cuma ya itu dia, sentimen proton... Padahal mesinnya juga bagus itu 103 kw sekitar 138 hp :big_smile]
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by sintoni »

Padahal secara kasat mata ini mobil bagus loh eksterior sama interiornya. Eksteriornya mirip Grandis.

Tapi ya beli mobil ga boleh ngandalin mata doang.

Jadinya ga laku.

Coba ini punya merk agak bagusan, pasti rame dah.
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by purrfect »

newrubble wrote: they both inseparable ... in like n dislike ... just like hutu n tutsi ... tamil n sinhala ... org luar tdk bisa bedakan which is which ... n knapa ribut
OOT juga :

itu salah satu misteri ASEAN om. :wkkk:

tetangga sama-sama punya bigot juga sama-sama punya orang waras.... dan sama-sama hipokrit. :mky_07:

*OOT selesai
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by purrfect »

amfibi wrote:Manteb banget gambar2 & reviewnya ! :mky_02:
tengkyu om, silahkan koreksi kalo ada yang salah di review saya. :big_smile]
stevenanthony wrote:Ane gak pernah notice ada exora turbo keluar taun 2013... Mungkin ketutup sm gnki, avanza yg baru all new waktu itu, sama kabar2 mobilio... Notice pas om nr ngomong exora turbo di salah satu thread di sm ini. Setelah liat gambar sama baca indepthnya... ane merasa ini mobil worth every penny + penghuni sm bilang ni mobil enak... Cuma ya itu dia, sentimen proton... Padahal mesinnya juga bagus itu 103 kw sekitar 138 hp :big_smile]
2013 itu juga waktunya barengan sama inden ertiga.

exora bold sendiri juga rilis bareng sama proton preve + satria neo R3 dan nggak ada berita gede-gedean. :big_childish:
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by purrfect »

sintoni wrote:Padahal secara kasat mata ini mobil bagus loh eksterior sama interiornya. Eksteriornya mirip Grandis.

Tapi ya beli mobil ga boleh ngandalin mata doang.

Jadinya ga laku.

Coba ini punya merk agak bagusan, pasti rame dah.
orang sini dominan kalo nggak ada merk bintang 3, baling-baling bambu, perisai kota, tripel elips sama H tegak ya nggak dianggep mobil. :wkkk:
Image
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by black2345 »

Pernah naik exora non turbo punya sepupu & jalan ber 6 ke batu dari surabaya.
Untuk kekurangannya nambahin 2 poin ya:
1. Diisi 4 dewasa & 2 anak kecil rasanya ini mesin lemot bgt buat diajak naik ke batu.
2. GC rendah (atau suspensi yg terlalu empuk) sempet beberapa kali body mencium aspal pada waktu jalan bergelombang. Padahal ukuran kami bukan "big size"
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by newrubble »

satu proton enthusiast bilang ke sy ... like it or not ... the brand has lotus dna and philosophy ... just like indian force-trax under benz g-klaas w461 siblingship
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by amfibi »

black2345 wrote:Pernah naik exora non turbo punya sepupu & jalan ber 6 ke batu dari surabaya.
Untuk kekurangannya nambahin 2 poin ya:
1. Diisi 4 dewasa & 2 anak kecil rasanya ini mesin lemot bgt buat diajak naik ke batu.
2. GC rendah (atau suspensi yg terlalu empuk) sempet beberapa kali body mencium aspal pada waktu jalan bergelombang. Padahal ukuran kami bukan "big size"
Nah ini kerasa banget nih pas ane bawa py tante wkwk... Di pake di medan kota aja tenaganya ngepas, kalo tanjakan kayanya bakal ngempos...
User avatar
eridek
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by eridek »

sblm diganti chevies...fleet di sekolah pakai exora non turbo.....nyaman, ac dingin, jalanan jelek mesti pelan2..mskpn suspensinya cukup baik tp gc sprtinya lbh rendah dr phanter ls.....ke jakarta via pantura anteng...ke bdg via ciater..gigi 2.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Review & Used Car Buying Guide : Proton Exora Bold H-Line CFE 1.6 Turbo A/T (2013)

Post by octafiantos »

Saya beberapa kali masuk kabin Proton.
Ada dealer deket Pondok Bambu suka buka stand dulu di Pondok Gede. Sempet suka dengan Exora trim AT, apalagi dari dulu sepertinya trim AT dapet stitched leather seat, dikasih bodykit dan bigger rims kalo ga salah 17" (dua yang terakhir buat saya sih ga begitu jadi poin plus). Saya punya beberapa temen orang MY, saya tanya pendapatnya rata2 sama. Mereka beli Proton karena murah dan seingat saya melayu dapet lower down payment and longer credit terms. Saya bilang Proton OK lah, di sini juga murah. Mereka bilang "Many better brands lah Pakcik, Proton is tin"
:big_think:
Kavling kosong, bisa dikridit.