Small hatchback, 4+ seater.
Teknikal :
Epsilon 1.3 I4 SOHC 12-valve EPI (5-door) & Epsilon 1.4 I4 DOHC 16-valve EPI (3-door), 4-speed A/T torque converter (both).
S & S :
SRS Airbag (GLS), ABS (GL - GLS), SIB, child-proof lock.
Konsumsi Bahan Bakar (rata-rata) :
1:11 km dalam kota ( 90% macet) RON92.
Pajak Tahunan :
+/- Rp 1.700.000,- Jakarta Selatan (5-door 2005)
+/- Rp 1.800.000,- Bandung Kota (3-door 2007)
Estimasi Harga :
Rp 70.000.000 ~ Rp 95.000.000 Jabodetabek
-----------------------------------------------------------------
Kelebihan :
+ Ukuran kecil & praktis
+ Pelipatan kursi fleksibel
+ Bagasi luas (semua kursi terlipat)
+ Fitur cukup lengkap
+ RARE & model unik untuk GLS 3-door + sunroof
+ Konsumsi BBM tergolong efisien & cukup bertenaga untuk mesin 1.3 & 1.4 liter
Kekurangan :
- Material dasbor kurang baik saat makin berumur
- Mesin sensitif dengan penggunaan bahan bakar dibawah RON92
- Legroom kursi belakang sempit
- headroom kurang lapang untuk tinggi badan diatas 172 cm
Sekilas :
Hyundai Getz dijual di INA pada periode tahun 2003-2009 & sebagai mobil sub-kompak yang sekelas dengan Suzuki Aerio & Honda Fit / Jazz populasinya cukup banyak & populer di kalangan user remaja-beranjak dewasa & kaum wanita. Fitur kenyamanan & keamanan juga cukup lengkap dengan adanya ABS dan Airbag.
Eksterior :
Desainnya lumayan atraktif dan nggak terlalu polos, juga dengan adanya lis hitam dari depan hingga belakang membuat Getz kelihatan seperti supermini Eropa yang seumuran (apalagi kalau bukan Peugeot 206). Pembedanya terdapat beberapa hal seperti :

model lampu depan yang lebih lentik (model terakhir),

model lampu belakang,

bentuk lampu kabut bulat untuk versi facelift,
selain itu Getz dilengkapi dengan sunroof (model 3 pintu), lis bemper depan-belakang dan bentuk grille yang lebih besar. Untuk yang berminat membeli unit bekas, problem karat karena usia belum ditemui di mobil ini.

Mesin :
Getz punya 2 versi mesin, versi pertama dilengkapi mesin Epsilon 1.3 I4 SOHC 12-valve EPI dengan tutup kepala silinder warna hitam dan versi kedua / facelift dilengkapi mesin Epsilon 1.4 I4 DOHC 16-valve EPI dengan tutup kepala silinder warna silver.

Mesin Getz termasuk minim masalah, hanya saja cukup sensitif dan gampang ngelitik kalau pemiliknya kasih minum bensin dibawah RON 92. Untuk yang berminat beli Getz bekas, wajib kuras tangki bensin, bersihkan injektor dan fuel pump, juga jangan lupa bersihkan kerak di ruang bakar ~ siapa tahu pemilik sebelumnya ngasih minum bensin dibawah RON92.
Perhatikan juga kondisi firewall atau lapisan insulasi panas kompartemen mesin, di foto atas terlihat kondisi lapisan insulasi mengelupas sebagian karena usia kendaraan.
Untuk checklist kondisi mesin sama seperti pada pemeriksaan mobil bekas lainnya, perhatikan kondisi selang-selang pendinginan, kondisi oli mesin dan ATF, radiator dan lain-lain karena tidak ada hal yang masuk ke dalam kategori rewel di mobil ini.