Kali ini newbie memberanikan diri lagi mereview sebuah mobil built up yang sempat ngetren di jaman dulu bersamaan dengan honda fit, hehehe...
Mobil ini ditebus seharga 161jt dalam kondisi seken pada tahun 2006 (pemakaian 2 tahun, kilometer 15rb), cukup mahal untuk ukuran hatchback pada saat itu (mirip dengan honda city baru waktu itu harganya).
Waktu dulu dijual IU, mobil ini ada 2 pilihan mesin :
1500 cc (1NZ-FE) yang legendaris, bulletproof bahkan milik salah satu mafia disini konon bisa ngasapin veyron (yang lagi isi bensin) dan 1300cc (2NZ-FE) yang saya kurang tahu detailnya. Keduanya matic 4sp, konon ada ist awd yang manual (CMIIW)
Sedikit perbedaan fitur ist 1.5 dan 1.3 :
- lampu depan ijo yang 1.5, 1.3 putih biasa
- 1.5 sudah HID (luar biasa awet)
- Foglamp
- Rear spoiler
- Handle sewarna body
- Setir lapis kulit
- Vanity mirror di kedua sunvisor
- Panel ac tengah berbeda
- Rear disk brake
Sedangkan 1.5 sendiri ada banyak variannya (kebetulan punya saya kata empu sebelumnya yang 'full option' yaitu adanya auto retract, laci bawah jok, panel ac berbeda (bukan pakai tombol kompor) dan tweeter.
Ada versi TRD, dll (mobil CBU banyak opsi)
Lumayan lengkap lah fiturnya untuk jaman itu..hehehe
1. Eksterior
Ekterior cantik menurut saya, cocok untuk perempuan, ga malu2in dipakai laki-laki, tarikan bodynya ga ada cacat cela, bahkan untuk ukuran sekarang (subjectif yaa)
Velg R15 yg asli saya ga dikasih ama pemilik sebelumnya, saya belikan punya toyota yaris bakpao, hebatnya fender ist ini besar (velg special order bekas teman saya yang dipakai di honda genio wide body, bisa masuk ist tanpa susah payah lho)
Silahkan lihat pic di bawah
Kondisi saat itu :
- work xsa O2 17 (7,5x8) et 20 dan 26 seingat saya (lumayan sadis yah) bisa ditelen sama ist ini
- Coilover TEIN, bisa ceper mampus, tgl puter aja
- Muffler tanabe
- Carbon fiber lips
Setelah tobat, ist dikembalikan ke kondisi std, dibawakan adik saya di bandung..hehehe
Lampu depan ijo, HID bawaan yang tak pernah putus sekalipun waktu dijual 2015 lalu, lampunya terang, manual leveling dari dalam kokpit.


Kondisi standar siap jual :



2. Interior
Dasbor ist ini menganut center fascia sama seperti saudaranya yaris (tapi bagusan ini IMHO) hahaha..kualitas CBU, sampai mobil ini dijual no rattling, rattling karna dipasang audio, boksnya yg rattling,
Ada laci di bawah jok, baris kedua masih akomodatif (daripada penggantinya M2 GT skyactive), motif joknya cakep (sporty banget), trakir saya bekleed hitam dengan red stitches karna sudah kotor.
Uniknya, di ist ini tidak ada colokan lighter (entah kenapa), ada obor warna orange layaknya mobil CBU hahaha
Banyak laci, di tengah ada laci tertutup kaca plastik bertuliskan ist, dibuka ada lampunya.
Perkara cup holder dan laci, kalah banyak ama yaris..hahahaha






3. Mesin
Kalau banyak yg bilang yaris bakpao itu tarikan mesinnya enak, di ist ini lemottttt...mungkin di jepun sono buat ibu2 kali ya..hahaha..
Perawatan biasa aja, nothing special, bbm premium. Mesin ini sudah banyak yg khatam lah ya..saya juga ga paham perkara teknikal gini..hahahaha
Kelemahan ist
- laker (bearing roda) lemah, bunyi tek tek waktu pindah gear, sempet ganti hilang sebentar, bunyi lagi
- Dari P ke N ga ada tombol apa2, harus tega nariknya waktu parkir pararel
- Seinget saya cuma itu sih...hahahaha
Overall, mobil ini cukup berkesan bagi saya, makanya waktu mau cari penggantinya, adik mau ambil all new yaris, saya sempat tentang..alasannya simpel, bosen, no improvement at all compare to ist, akhirnya meminang mazda 2 GT skyactiv..hehehehe
Sekian review saya kali ini, mohon ditambahkan atau dikoreksi jika ada yg salah