Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ppratput
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jan 26, 2013 6:38

Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by ppratput »

Selamat sore kawan2 SMer sekalian :)
Izinkan saya membuat short driving impression dari sebuah pick up truck yg udh cukup lama beredar di Indonesia:
..Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T 2014/2015..

Unit yg saya coba merupakan kendaraan operasional kantor yg baru menempuh 3500an km.
Saya yakin kawan2 udh khatam sama bentuknya ya :)
Sisi eksterior cukup gagah menurut selera katrok saya, walopun msh krg gagah dibanding navarra np300.

Berwarna hitam metalik dgn overfender abu2.
Dengan aksen krom pada electric mirror dan grille.
Front end bs lbh gagah seandainya krum2an yg mengapit lambang tiga wajik itu diganti warna hitam :big_think:
Image

Dari samping terlihat lumayan berotot
Image

Image

Ban menggunakan Bridgestone Dueler HT(?) 265/70 R16 membalut velg bawaan palang 6 ganda.

Tampak belakang sederhana.
Image

Image

Powertrain tipe exceed menggunakan mesin turbo diesel yg serupa dgn Pajero Sport(lama), berkode 4D56 (Hi-power)VGT DOHC 4silinder yg kalo ga salah menghasilkan output 178hp(4000rpm) dan torsi 400nm(2000-2850rpm), maap keburu hujan ga smpt foto ruang mesinnya,hehe :mky_01:
Image

Berpenggerak 4roda dgn pilihan mode transfercase 2H-4H-4L seperti umumnya dikelas ini. Katanya sih bisa dipindah dari 2H ke 4H sambil jalan maks 100kpj.
Dilengkapi disc brakes didepan&drum brakes dibelakang.
Lumayan sudah ada ABS&EBD klo ga salah baca dibrosurnya.
Tambahan safety equipment ada sepasang balon untuk pengemudi&penumpang depan..yg dibelakang nanti bisa minta dibeliin mama :big_childish:

Bertransmisi manual 5 percepatan maju yg lumayan keras masuknya&pedal kopling yg jg lumayan keras&dalam. Saya duga kerasnya perpindahan gear&kerasnya kopling ini demi daya tahan si transmisi menghandle output mesin kali ya? :big_grin:
Image

Kapasitas angkut ga tau berapa liter kubikasinya, baru sempat dicoba ngangkut sepeda onthel saya dgn posisi dibaringkan diagonal.
Image

Dilengkapi pengait untuk cover bak ato strap pengikat barang bawaan.
Image

Di bagian interior, jok depan-belakang,setir,shift knob&tutup console box dilapis kulit(ga tau asli ato sintetis) berwarna hitam dgn jahitan merah.
Terdapat embossan “Triton” di sandaran punggung(yg ga keren sama sekali). :big_slap:
Image

Image

Image

Interior full leather.. Yeah,,you wish :big_weee:
Full hard plastic maksudnya,hehe
Didominasi warna hitam dgn aksen silver&beige. Oiya,handle pintu sisi dalam jg dilapis krum2an lg :D
Image

Terdapat beberapa tombol kosong yg menjadi bukti sunatan KTB, antara lain dibawah panel AC :big_dunno:
Image

Dashboard dilengkapi dgn integrated HU yg blm bisa dicolok USB Flash drive. Kualitas suara lumayan..lumayan ancur maksudnya, keganggu dgn deru dieselnya yg ternyata malah lbh merdu dr HU nya.. :big_slap:
Image

Diatas HU terdapat MID yg blm sempat saya otak atik(cuma ngerti mbaca fuel cons)
Image

Dibawah HU terdapat switch AC model putar yg ada tulisan AUTO nya&tombol hazard.
Vent AC terdapat pada sisi kanan-kiri mengapit HU&di sudut kanan-kiri dashboard.
Image

Lanjuut..
Masuk ke kabin depan agak manjat buat saya yg 172cm. Setelah sukses smp diatas sana, coba ngatur posisi duduk yg susah banget ngepasinnya, naik turun, maju mundur tetep blm berasa pas. :big_bored:
Busa jok lumayan empuk,melebihi ekspektasi saya sebelumnya yg mengira bakalan sekeras jok kopaja. :big_peace:
Sayangnya sandaran punggung kurang mesra..ga mau meluk punggung saya. :big_sorry:

Setelah ketemu posisi pas(rah), buckle up, atur spion tengah&samping saya nyalakan mesin,,merdunya mesin terdengar samar2 dari dalam kabin saat idle. :mky_08:

Masuk 1st gear, transfercase di 2H, lepas kopling pelan2&mobil bergerak maju.
Injak rem&kopling, pindah 2nd gear, lepas kopling&masih sukses menggelinding perlahan hanya dgn sedikit menyentuh pedal gas. :big_exellent:

Okee, saatnya keluar parkiran kantor :D
Saat putar balik sedikit kerepotan dgn lock to lock ratio nya,,cuapek ga kelar2 muter setir, untung aja radius putarnya lumayan kecil, ga jauh beda sm panther LS rasanya. :big_okay:

Melewati jalanan paving block dan gravel yg mostly ancur lumayan keras bantingannya, walopun ga sampe bikin emosi.

Masuk ke jalan raya,,engage 2nd gear,,injak gas agak dalem daan...bingung.. :big_think:
Kok biasa aja ya? Apesnya pas lg bingung tiba2 aja kaget saat badan rasanya terhempas ke belakang krn turbo baru spool up di rpm 2000an..saya lupa klo ini versi manual yg spool up turbonya di rpm lbh tinggi dibanding versi maticnya.. :big_chicken:

Untung ga pake lama kagetnya,ngeri jg soalnya jalanan agak rame. :mky_01:
Ga lama setelah turbo spool up mesin kaya keabisan napas, lgsg shift up ke 3rd gear,,ngeri dgr raungan mesinnya yg lumayan kedengeran kekabin(kebayang diluar kaya apa ya)..
Sedikit heran dgn napas 2nd gearnya yg menurut saya kok krg panjang ya, bagusnya sedikit lbh panjang kaya 3rd gearnya. Alhasil selama cruising di jalan yg rame lancar hampir selalu berada di 3rd gear pd kecepatan antara 20-60kpj. :big_grin:

Masuk ke jalan yg lbh lebar&relatif sepi, injak rem dr kecepatan sekitar 50an kpj,,wuuutt,,ayunannya kaya naek kora2 rasanya:)). Muncung mobil keliatan bgt turunnya, asli serasa di dufan :big_slap:

Start lg dr 1st gear, shift up ke 2nd gear,,kali ini coba tutup kuping sambil terus injak gas sampe lbh dr 2500rpm.. Badan serasa terbenam ke sandaran jok begitu turbo spool up,shift up ke 3rd gear smp sekitar 80kpj,,up lg ke 4th gear terasa ngempos,entah krn saya yg kecepetan shift up ato emg begitu dr sananya,hehe :mky_01:

Kebetulan nemu jalan yg lagi ada proyek perbaikan, idupin sein kiri, hajar lg smp sekitar 60kpj dijalan yg lbh mirip sungai kering alias banyakan batu&tanahnya dibanding aspalnya yg nyaris ga kliatan lg,seruu..,badan terguncyang tp ga sampe mabok, diobati dgn kepulan debu dibelakang saat melirik spion :mky_02:

Balik ke jalan aspal lg,,kali ini gaspol sampai nyaris 120kpj. Terasa terombang ambing. Kombinasi ayunan suspensi dan aspal yg bergelombang sukses bikin goyang macam naik sampan di akhir desember,hehe.
Hebatnya potholes kecil dan kerikil cuma bikin geli2 aja,,cukup teredam dgn baik. :off_good_job:

Ketemu u turn,,siap2 puter balik madcat style...eenggg,,tapi batal demi kelangsungan hidup,ngeriii.. :mky_01:
Puter balik di u turn pd ruas jalan yg masing2 cm 2lajur msh gampang, cuma yaa itu td, capek muter setirnya.. :off_no:

Ketemu jalan tanah dipinggir aspal, keliatannya menarik,,merayap pelan masih di posisi 2H, ketemu batu, kubangan2 sedalam kira2 20-30cm masih gampang dilewati. :big_exellent:
Masuk kedalam lg ketemu tanah campur pasir&kerikil yg lumayan rata&lapang. Engage ke 4H,,setir terasa lbh berat&sedikit lbh susah dibelokkan.
Image

Setelah bisa beradaptasi, mulai lg mode songong alias gaspol,,mumpung sepi,hehe :mky_03:
Wuush terlihat sedikit debu tanah&pasir beterbangan dibelakang keempat roda yg beberapa kali agak selip krn masih menggunakan ban HT mungkin.
Bener2 ketagihan sm torsinya sampe bolak balik gaspol muterin tanah lapang,, :mky_02:

Sayang belum sempat ketemu medan terjal buat nyoba 4L nya,,tapi kebayang pasti menarik :big_think:

Balik lagi kekantor krn udh sore, takut dicari dikira ilang di hutan kalo kemalaman..

Overall, this is a very good/capable car/truck. Pengalaman baru buat saya dgn torsi sebesar itu,hehe
Interior spartan? Peredaman kurang? No big deal for me :big_smoking:
Dengan harga IDR 326jt(exceed MT), cukup menarik kalo suatu saat ada rejeki buat melihara seekor,hehe

Sekian&salam :thanks:

*parameter pengetesan:
-lokasi di kab.karimun, kep.riau.
-jalur bervariasi: aspal halus, bergelombang, berlubang, tanah, pasir, kerikil, paving block sampe sungai kering
-bbm: solar busuk
-waktu pengetesan: senin-selasa 22-23 februari 2016 (masing2 sekitar 60-90menit)
-driver: saya,,iyaa..sayaaa :mky_04:
Last edited by DOHC on Thu Feb 25, 2016 5:30, edited 1 time in total.
Reason: Done !!
difaantono
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Tue Mar 12, 2013 6:13

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by difaantono »

wow..nice review om.... :off_good_job:

pelan pelan bacanya ah...menikmati... :off_sleep:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3034
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by KielConstantine »

Kok image nya kg muncul yah? :e-think:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
ppratput
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jan 26, 2013 6:38

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by ppratput »

difaantono wrote:wow..nice review om.... :off_good_job:

pelan pelan bacanya ah...menikmati... :off_sleep:
thanks om :frm_salut:
ppratput
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jan 26, 2013 6:38

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by ppratput »

KielConstantine wrote:Kok image nya kg muncul yah? :e-think:
iya ya,,kok ga muncul ya :big_think:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by billyd1773dz »

Nice review om... fotonya kok g muncul hehe


Btw ciyus harganya 326jt?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ppratput
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jan 26, 2013 6:38

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by ppratput »

billyd1773dz wrote:Nice review om... fotonya kok g muncul hehe


Btw ciyus harganya 326jt?
thx om bil,,bingung jg knpa ga muncul yah gambarnya, padahal klo dibuka url imgbox nya bisa kok..
cara ngedit post nya gmna yah? :mky_01:
katanya gitu om tipe yg lama,,matic nya 336jt,manual 326jt, yg all new matic udah 392jt :big_slap:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by billyd1773dz »

Eer off the road mungkin om.... yg lama dulu juga 360-390an on theroad
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ppratput
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jan 26, 2013 6:38

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by ppratput »

billyd1773dz wrote:Eer off the road mungkin om.... yg lama dulu juga 360-390an on theroad
Iya ya mungkin jg om,,pantesin kok jauh bgt selisihnya sm yg baru :mky_01:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by ak4ng »

Di laptop dan tab saya ko ga keluarnyah gambarnya hikz.... btw nice ripiu broo, ini exceed yg vgt dapet topspeed brp?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
hattahr
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Tue Dec 22, 2015 11:57

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by hattahr »

KielConstantine wrote:Kok image nya kg muncul yah? :e-think:
Iyaya masih gak muncul gambarnya.
Ini berarti bukan yg generasi model baru yah
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by billyd1773dz »

salah linknya tu bro....

jangan ini
http://imgbox.com/D1OYWZUM

tapi harusnya yang ini

http://i.imgbox.com/D1OYWZUM.jpg

keluar de
Image


ngeditnya klw uda g bisa nunggu momod aja....
salah satu kelemahan SM... klw uda lama ga bisa di edit.......................


klw perlu image hostnya diganti pakai photobucket aja lebih kebut dan gambarnya di resize dulu
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3034
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by KielConstantine »

Buset sangar bener itu foto tampak depan. :frm_tumbright: :frm_tumbleft:


Ane coba bantu tampilin beberapa yah:

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by solar_kerosen »

fotonya gede banget , berat di layar
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by maskopat »

untuk moderator, tolong image nya ditambahin extension .jpg di post pertama

:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by DOHC »

sip2...

mohon sabar ya... ane lg make komp kantor ngedit nya... ribet plus lelet pisan nehh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ppratput
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jan 26, 2013 6:38

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by ppratput »

Waduh,,maaf merepotkan pak mod&kawan2..
Iya rupanya saya salah copy linknya ya,, :mky_01:

Thx bantuannya :big_deal:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by maskopat »

DOHC wrote:sip2...

mohon sabar ya... ane lg make komp kantor ngedit nya... ribet plus lelet pisan nehh..
lop mod klep puuoooollllll.... :cupss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Short Driving Impression of 2014/2015 Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T

Post by r1409 »

yup, bokap ane juga punya, tapi yang trim GLS double cabin M/T.

bener pedal koplingnya keras banget, tuas persneling pun juga berat. perlu sedikit pembiasaan pake ini setelah berbulan-bulan ane nyetir mirage cvt yg kecil dan ringan lalu pindah ke truk segede dan seberat ini. apalagi kombinasi velg dan ban yg dipake di strada bokap ane adalah velg besar, ban profil lebar dengan tapak tipis, bantingan pun jadi keras banget.

torsi memang melimpah ruah di 2000 rpm keatas, cuma suaranya itu yg bikin kasian.

dulu pernah ane pake long trip ke bromo, maunya sih ane bawa turun ke padang pasir + gn. penanjakan. tapi dicegat warga, dipaksa sewa jeep mereka. ya udah parkir deh, ga bisa menjajal medan pasir dan penanjakan...

lalu long trip kedua ialah ke ranu kumbolo. dari surabaya nyetir nonstop sampe parkir di pos ranu pani dengan 4 orang + full barang (tenda dll camping kit di bak).
disini terasa tangguhnya strada, ketika naik jalur penuh tanjakan berliku dan dengan kontur jalan rusak berbatu. sama sekali ga ada kesulitan. bahkan ketika salah seorang cewek yg duduk dibelakang merasa mual (dia gampang mabuk guncangan), ane harus jalan pelan-pelan merayap di tanjakan lumayan curam dan jalan berbatu. aspal sudah ga kelihatan, yang terlihat adalah full bebatuan dan cor semen yang udah pecah dimana-mana. nyaris tidak terlihat sedikitpun permukaan rata.

jalan harus pelan banget, kalo ga penumpang dibelakang pusing. sementara mobil laen harus ambil ancang-ancang dulu dari bawah dan terpaksa hajar lubang dengan kecepatan agak tinggi biar ga kehilangan momen dan torsi, justru ane harus merayap superpelan, dengan kecepatan orang berjalan kaki. ga jarang juga ane berhenti total biar si cewek beristirahat, lalu lanjut lagi dengan start langsung tanjakan curam berbatu.

disini ane mengetes mode 4H, kerasa bener mudahnya melahap jalan tadi dengan mode ini. bener2 effortless. ga perlu handbrake sama sekali untuk hill start di medan seperti itu. throttle pun juga sedikit banget, seperti di jalan datar dengan mode 2H. entah gimana dengan mode 4L, ga pernah coba karena memang bener2 ga perlu.

memang bener ini mobil perang, penuh dengan image mitsu yg terkenal tangguh dan bermesin buas.. apalagi dipadu dengan model truck begini, macho level to the max... ga butuh fitur2 printilan nyaman2an, karena memang mobil bener2 dibikin full dengan mindset bikin mobil gagah berotot buat kerja keras...