
Izinkan saya membuat short driving impression dari sebuah pick up truck yg udh cukup lama beredar di Indonesia:
..Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T 2014/2015..
Unit yg saya coba merupakan kendaraan operasional kantor yg baru menempuh 3500an km.
Saya yakin kawan2 udh khatam sama bentuknya ya

Sisi eksterior cukup gagah menurut selera katrok saya, walopun msh krg gagah dibanding navarra np300.
Berwarna hitam metalik dgn overfender abu2.
Dengan aksen krom pada electric mirror dan grille.
Front end bs lbh gagah seandainya krum2an yg mengapit lambang tiga wajik itu diganti warna hitam


Dari samping terlihat lumayan berotot


Ban menggunakan Bridgestone Dueler HT(?) 265/70 R16 membalut velg bawaan palang 6 ganda.
Tampak belakang sederhana.


Powertrain tipe exceed menggunakan mesin turbo diesel yg serupa dgn Pajero Sport(lama), berkode 4D56 (Hi-power)VGT DOHC 4silinder yg kalo ga salah menghasilkan output 178hp(4000rpm) dan torsi 400nm(2000-2850rpm), maap keburu hujan ga smpt foto ruang mesinnya,hehe


Berpenggerak 4roda dgn pilihan mode transfercase 2H-4H-4L seperti umumnya dikelas ini. Katanya sih bisa dipindah dari 2H ke 4H sambil jalan maks 100kpj.
Dilengkapi disc brakes didepan&drum brakes dibelakang.
Lumayan sudah ada ABS&EBD klo ga salah baca dibrosurnya.
Tambahan safety equipment ada sepasang balon untuk pengemudi&penumpang depan..yg dibelakang nanti bisa minta dibeliin mama

Bertransmisi manual 5 percepatan maju yg lumayan keras masuknya&pedal kopling yg jg lumayan keras&dalam. Saya duga kerasnya perpindahan gear&kerasnya kopling ini demi daya tahan si transmisi menghandle output mesin kali ya?


Kapasitas angkut ga tau berapa liter kubikasinya, baru sempat dicoba ngangkut sepeda onthel saya dgn posisi dibaringkan diagonal.

Dilengkapi pengait untuk cover bak ato strap pengikat barang bawaan.

Di bagian interior, jok depan-belakang,setir,shift knob&tutup console box dilapis kulit(ga tau asli ato sintetis) berwarna hitam dgn jahitan merah.
Terdapat embossan “Triton” di sandaran punggung(yg ga keren sama sekali).




Interior full leather.. Yeah,,you wish

Full hard plastic maksudnya,hehe
Didominasi warna hitam dgn aksen silver&beige. Oiya,handle pintu sisi dalam jg dilapis krum2an lg


Terdapat beberapa tombol kosong yg menjadi bukti sunatan KTB, antara lain dibawah panel AC


Dashboard dilengkapi dgn integrated HU yg blm bisa dicolok USB Flash drive. Kualitas suara lumayan..lumayan ancur maksudnya, keganggu dgn deru dieselnya yg ternyata malah lbh merdu dr HU nya..


Diatas HU terdapat MID yg blm sempat saya otak atik(cuma ngerti mbaca fuel cons)

Dibawah HU terdapat switch AC model putar yg ada tulisan AUTO nya&tombol hazard.
Vent AC terdapat pada sisi kanan-kiri mengapit HU&di sudut kanan-kiri dashboard.

Lanjuut..
Masuk ke kabin depan agak manjat buat saya yg 172cm. Setelah sukses smp diatas sana, coba ngatur posisi duduk yg susah banget ngepasinnya, naik turun, maju mundur tetep blm berasa pas.

Busa jok lumayan empuk,melebihi ekspektasi saya sebelumnya yg mengira bakalan sekeras jok kopaja.

Sayangnya sandaran punggung kurang mesra..ga mau meluk punggung saya.

Setelah ketemu posisi pas(rah), buckle up, atur spion tengah&samping saya nyalakan mesin,,merdunya mesin terdengar samar2 dari dalam kabin saat idle.

Masuk 1st gear, transfercase di 2H, lepas kopling pelan2&mobil bergerak maju.
Injak rem&kopling, pindah 2nd gear, lepas kopling&masih sukses menggelinding perlahan hanya dgn sedikit menyentuh pedal gas.

Okee, saatnya keluar parkiran kantor

Saat putar balik sedikit kerepotan dgn lock to lock ratio nya,,cuapek ga kelar2 muter setir, untung aja radius putarnya lumayan kecil, ga jauh beda sm panther LS rasanya.

Melewati jalanan paving block dan gravel yg mostly ancur lumayan keras bantingannya, walopun ga sampe bikin emosi.
Masuk ke jalan raya,,engage 2nd gear,,injak gas agak dalem daan...bingung..

Kok biasa aja ya? Apesnya pas lg bingung tiba2 aja kaget saat badan rasanya terhempas ke belakang krn turbo baru spool up di rpm 2000an..saya lupa klo ini versi manual yg spool up turbonya di rpm lbh tinggi dibanding versi maticnya..

Untung ga pake lama kagetnya,ngeri jg soalnya jalanan agak rame.

Ga lama setelah turbo spool up mesin kaya keabisan napas, lgsg shift up ke 3rd gear,,ngeri dgr raungan mesinnya yg lumayan kedengeran kekabin(kebayang diluar kaya apa ya)..
Sedikit heran dgn napas 2nd gearnya yg menurut saya kok krg panjang ya, bagusnya sedikit lbh panjang kaya 3rd gearnya. Alhasil selama cruising di jalan yg rame lancar hampir selalu berada di 3rd gear pd kecepatan antara 20-60kpj.

Masuk ke jalan yg lbh lebar&relatif sepi, injak rem dr kecepatan sekitar 50an kpj,,wuuutt,,ayunannya kaya naek kora2 rasanya:)). Muncung mobil keliatan bgt turunnya, asli serasa di dufan

Start lg dr 1st gear, shift up ke 2nd gear,,kali ini coba tutup kuping sambil terus injak gas sampe lbh dr 2500rpm.. Badan serasa terbenam ke sandaran jok begitu turbo spool up,shift up ke 3rd gear smp sekitar 80kpj,,up lg ke 4th gear terasa ngempos,entah krn saya yg kecepetan shift up ato emg begitu dr sananya,hehe

Kebetulan nemu jalan yg lagi ada proyek perbaikan, idupin sein kiri, hajar lg smp sekitar 60kpj dijalan yg lbh mirip sungai kering alias banyakan batu&tanahnya dibanding aspalnya yg nyaris ga kliatan lg,seruu..,badan terguncyang tp ga sampe mabok, diobati dgn kepulan debu dibelakang saat melirik spion

Balik ke jalan aspal lg,,kali ini gaspol sampai nyaris 120kpj. Terasa terombang ambing. Kombinasi ayunan suspensi dan aspal yg bergelombang sukses bikin goyang macam naik sampan di akhir desember,hehe.
Hebatnya potholes kecil dan kerikil cuma bikin geli2 aja,,cukup teredam dgn baik.

Ketemu u turn,,siap2 puter balik madcat style...eenggg,,tapi batal demi kelangsungan hidup,ngeriii..

Puter balik di u turn pd ruas jalan yg masing2 cm 2lajur msh gampang, cuma yaa itu td, capek muter setirnya..

Ketemu jalan tanah dipinggir aspal, keliatannya menarik,,merayap pelan masih di posisi 2H, ketemu batu, kubangan2 sedalam kira2 20-30cm masih gampang dilewati.

Masuk kedalam lg ketemu tanah campur pasir&kerikil yg lumayan rata&lapang. Engage ke 4H,,setir terasa lbh berat&sedikit lbh susah dibelokkan.

Setelah bisa beradaptasi, mulai lg mode songong alias gaspol,,mumpung sepi,hehe

Wuush terlihat sedikit debu tanah&pasir beterbangan dibelakang keempat roda yg beberapa kali agak selip krn masih menggunakan ban HT mungkin.
Bener2 ketagihan sm torsinya sampe bolak balik gaspol muterin tanah lapang,,

Sayang belum sempat ketemu medan terjal buat nyoba 4L nya,,tapi kebayang pasti menarik

Balik lagi kekantor krn udh sore, takut dicari dikira ilang di hutan kalo kemalaman..
Overall, this is a very good/capable car/truck. Pengalaman baru buat saya dgn torsi sebesar itu,hehe
Interior spartan? Peredaman kurang? No big deal for me

Dengan harga IDR 326jt(exceed MT), cukup menarik kalo suatu saat ada rejeki buat melihara seekor,hehe
Sekian&salam

*parameter pengetesan:
-lokasi di kab.karimun, kep.riau.
-jalur bervariasi: aspal halus, bergelombang, berlubang, tanah, pasir, kerikil, paving block sampe sungai kering
-bbm: solar busuk
-waktu pengetesan: senin-selasa 22-23 februari 2016 (masing2 sekitar 60-90menit)
-driver: saya,,iyaa..sayaaa
