Pembatasan umur kendaraan di jkt
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59
Pembatasan umur kendaraan di jkt
Om, apakah benar nanti di jakarta akan ditetapkan maks umur 10 tahun pada kendaraan pribadi guna mengurangi kemacetan di jakarta?
Seperti pada berita:
http://m.bisnis.com/jakarta/read/201501 ... a-10-tahun
Dan
http://autonetmagz.com/ahok-akan-batasi ... hun/22758/
1. Apakah tanggapan anda mengenai aturan pemprov dki ini? Setuju atau tidak?
2. Kalau misal aturan ini akan diterapkan apakah anda sdh mempersiapkannya?
Seperti pada berita:
http://m.bisnis.com/jakarta/read/201501 ... a-10-tahun
Dan
http://autonetmagz.com/ahok-akan-batasi ... hun/22758/
1. Apakah tanggapan anda mengenai aturan pemprov dki ini? Setuju atau tidak?
2. Kalau misal aturan ini akan diterapkan apakah anda sdh mempersiapkannya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1052
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
1. nope, absolutely not mau ngikutin aturan negara maju tapi infrastruktur gasiap...?
2. gasiap
2. gasiap
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
usul bagus tapi jgn sampai timbul yg namanya high cost economy
pejabat indo kalo study banding luar negeri... jalanjalan sj n modal camera, handcam...salaman sama ini itu
contoh plastic shopping bag (ini new assignment sy) di EU EEA ada aturan yg namanya CDL...container deposit legislation...
yg namanya plastic zakken...punya barcoding n org hrs beli € 0.1 - 0.2 tar kalo dah bosan atau dah rusak...pergi ke plastic dispensing machine (bentuk spt ATM) ... masukkan satu per satu...tar kalo dah semua masuk...tekan "klaar" ...trus kluar docket yg menandakan jumlah wang yg akan diterima...jumlahnya ada yg persis sama seharga beli per satu piece (yg ini punya govt.) atau...ada yg hanya setengah jumlah wang seharusnya (yg ini punya swasta)
botol plastic juga bgt...kecil (ada tulisan "buy € 0.1) maupun besar (buy € 0.2) ... botol wine / beer / whiskey... kaleng minuman sama sj sehingga...tdk ada yg beredar diatas permukaan sungai / kali / jalanan (kalopun ada pastinya sdikit)
nah bgmn dg mobil n motor? disini sering org datang ke junkyard driving a car / motorbike / moped...tdk lama dia pulang jalankaki / naik bus...tdk lama mobil / motorbike / moped yg tadi dia bawa...dijemput claw crane...n dalam itungan menit sdh tdk punya: kaca, interior, ban-n-roda, dash set...satu jam dr itu sdh berbentuk kotak ukuran 1 x 1 x 1
tadi owner yg punya mobil bawa docket ttg detail kendaraan n pergi ke Mv.D n dia bisa minta 30% tax refund ssdh thn ke 30** sampai trahir dia bayar annual tax dikurangi utang misalnya parking/speeding violations (ini jadi solusi kalo resale value sdh lbh rendah dr scrap value)
nah ini yg namanya public policy without creating high cost economy to public
**atau lbh cepat dr itu kalo unit kena damage beyond economic repair n ssdh trima insurance. . .insurance tdk mau wreckage nya...byk yg abis nabrak malah berkurang rugi nya garagara scheme bginian
ini system yg pejabat indo hrs tau...jgn cuma jalan jalan sj...sy sebetulnya mau undang public officials (trmsk dpr/d) indo...tapi tujuan sj mau ceburkan mrk smua ke caspian sea depth
pejabat indo kalo study banding luar negeri... jalanjalan sj n modal camera, handcam...salaman sama ini itu
contoh plastic shopping bag (ini new assignment sy) di EU EEA ada aturan yg namanya CDL...container deposit legislation...
yg namanya plastic zakken...punya barcoding n org hrs beli € 0.1 - 0.2 tar kalo dah bosan atau dah rusak...pergi ke plastic dispensing machine (bentuk spt ATM) ... masukkan satu per satu...tar kalo dah semua masuk...tekan "klaar" ...trus kluar docket yg menandakan jumlah wang yg akan diterima...jumlahnya ada yg persis sama seharga beli per satu piece (yg ini punya govt.) atau...ada yg hanya setengah jumlah wang seharusnya (yg ini punya swasta)
botol plastic juga bgt...kecil (ada tulisan "buy € 0.1) maupun besar (buy € 0.2) ... botol wine / beer / whiskey... kaleng minuman sama sj sehingga...tdk ada yg beredar diatas permukaan sungai / kali / jalanan (kalopun ada pastinya sdikit)
nah bgmn dg mobil n motor? disini sering org datang ke junkyard driving a car / motorbike / moped...tdk lama dia pulang jalankaki / naik bus...tdk lama mobil / motorbike / moped yg tadi dia bawa...dijemput claw crane...n dalam itungan menit sdh tdk punya: kaca, interior, ban-n-roda, dash set...satu jam dr itu sdh berbentuk kotak ukuran 1 x 1 x 1
tadi owner yg punya mobil bawa docket ttg detail kendaraan n pergi ke Mv.D n dia bisa minta 30% tax refund ssdh thn ke 30** sampai trahir dia bayar annual tax dikurangi utang misalnya parking/speeding violations (ini jadi solusi kalo resale value sdh lbh rendah dr scrap value)
nah ini yg namanya public policy without creating high cost economy to public
**atau lbh cepat dr itu kalo unit kena damage beyond economic repair n ssdh trima insurance. . .insurance tdk mau wreckage nya...byk yg abis nabrak malah berkurang rugi nya garagara scheme bginian
ini system yg pejabat indo hrs tau...jgn cuma jalan jalan sj...sy sebetulnya mau undang public officials (trmsk dpr/d) indo...tapi tujuan sj mau ceburkan mrk smua ke caspian sea depth
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
sy lanjutkan...
kemana wreckage itu smua?
ada dua pilihan bagi automotive recyclers...parts out n sell retail atau yg sdh kotak kotak 1 x 1 x 1 itu dijual ke automakers. dimasak lg jadi metalsheet...jatuhnya jauh lbh murah drpd auto industry beli iron ore
bgtu cycle of life in auto industry. EU EEA northamerica n japan kurang lbh sama dg bbrp adjustment to local commercial demand. spore malah sdh bisa export bgitu ke japan...
southkorea n taiwan juga mulai
kemana wreckage itu smua?
ada dua pilihan bagi automotive recyclers...parts out n sell retail atau yg sdh kotak kotak 1 x 1 x 1 itu dijual ke automakers. dimasak lg jadi metalsheet...jatuhnya jauh lbh murah drpd auto industry beli iron ore
bgtu cycle of life in auto industry. EU EEA northamerica n japan kurang lbh sama dg bbrp adjustment to local commercial demand. spore malah sdh bisa export bgitu ke japan...
southkorea n taiwan juga mulai
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Gak mungkin.. Gimana nasib metromini, kopaja, Angkot, kopami.. Etc etc..
Pasti banyak yang komplain.. Dan pasar mobil bekas Jakarta pasti jeblok lumayan parah...
Pasti banyak yang komplain.. Dan pasar mobil bekas Jakarta pasti jeblok lumayan parah...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Pecinta retro gimana... Ato ga perlu jauh2, orang yang punya budget ga gitu besar dan mau beli mobkas taun tua gabisa dong... uda di scrap semua. 

2015 Honda HR-V E CVT
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
total automotive import duty n taxes collected from per unit sold in indo ranging from 150-300% of FOB price
hrsnya bisa 35-40% reserved u recycling scheme funding ini ... jgn smua abis u govt.
jumlah kakitangan govt.itukan 4,7juta of total apx.270juta public indo ... satu kakitangan layani 57 public indo (overstaff ini)
ini blm itung yg "calon" kakitangan ... n honorer n "polisi" n militer yg grandtotal apx.6juta org
wktnya u slimfit ... sayang wang byk u bayar org org bgt
hrsnya bisa 35-40% reserved u recycling scheme funding ini ... jgn smua abis u govt.
jumlah kakitangan govt.itukan 4,7juta of total apx.270juta public indo ... satu kakitangan layani 57 public indo (overstaff ini)
ini blm itung yg "calon" kakitangan ... n honorer n "polisi" n militer yg grandtotal apx.6juta org
wktnya u slimfit ... sayang wang byk u bayar org org bgt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
om NR apakah tahu soal mobil2 vintage di Jepang ? setau saya di sana shaken ketat sekali dan jumlah mobil yang beredar itu sesuai jumlah garasi yang ada di sana ... apa ada scrapping scheme juga disana setiap berapa tahun ?
soal plastic bottle itu saya udah liat mesinnya di supermarket2 yang agak besar ada tuh disini ... buat plastik bag saya blon tau sama apa ga karena inlet nya bulat seperti untuk bottle ...
plastic bag dengan sablon merk toko rata2 beli antara 10-20 cent, kadang ada yang paper bag juga ... klo cloth bag rata2 2-3 euro setau saya ...
tapi masih disediain plastic bag polos dengan ukuran kecil sih biasanya, lebih mending bawa plastic bag sendiri sih karena belanja juga ga banyak ...
soal plastic bottle itu saya udah liat mesinnya di supermarket2 yang agak besar ada tuh disini ... buat plastik bag saya blon tau sama apa ga karena inlet nya bulat seperti untuk bottle ...
plastic bag dengan sablon merk toko rata2 beli antara 10-20 cent, kadang ada yang paper bag juga ... klo cloth bag rata2 2-3 euro setau saya ...
tapi masih disediain plastic bag polos dengan ukuran kecil sih biasanya, lebih mending bawa plastic bag sendiri sih karena belanja juga ga banyak ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Hahahahaha, dagelan kelas pemerintah
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
FYI on fabric shopping bags in EU EEA north america n japan ... 53% are made from recycled airbags ... just the way 47% of apparels originated from their countries (incl.high fashion ...) made from recycled materialsHaagendasz wrote:om NR apakah tahu soal mobil2 vintage di Jepang ? setau saya di sana shaken ketat sekali dan jumlah mobil yang beredar itu sesuai jumlah garasi yang ada di sana ... apa ada scrapping scheme juga disana setiap berapa tahun ...
Nah skrg mari kita bicara vintage cars in japan ... sebentar sy sambung lg ... ada tamu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
umur kendaraan dg normal tax charge n collection di jpn ...13 thn** n ssdh itu segalanya bertambah 10% ... apapun ... parking subscr. annual tax ... insurance premium*... parts replacement ... labor cost ...etc.
(* sementara coverage berkurang 10%)
(**ELV recycling law runs n ... auto tracking device akan blinking red). ELVRecycling Law = shiyõzumi jidhõsa no saishigenka tõ ni kansuru hõritsu)
trus japaness mentality hrs kita mengerti ... mrk tdk suka apapun outdated ... rumah /apartment ratarata demolished n rebuild anew 30-35thn kmudian
older cars loosing market value coz less ppl willing to buy irrespective brands (halfcut ferrari / astonmartin bisa ditemuin di jpn)
org jpn rasa bosan pd mobil mrk antara thn ke 5 sampai 7* (5yr factory warranty abis pd thn kelima) ... spt mobile phone umumnya mrk buang thn ke 2 - 3 ... ratarata org jpn cerai thn ke 2 - 4 ... ratarata org jpn quitjob bln ke 2 ssdh gaji tdk naik sementara orglain gaji naik
most ppl see old cars unfit for road n they willing to dispose at loss (meski ada govt.rebate kalo disposal certificate lsg dibelikan brandnew either keicar / hybrid / EV
jadi yg baru difikirkan govt di indo (jkt) adalah partial application of End of Life Vehicle yg umum dikenal di byk negara normal
satu yg kita hrs samasama tau ... avg.odoread on cars in jpn only get 9,300 km per year (US: 19,000 km / 12,000 miles ... iceland: 2,300km ... avg. european statea: 17,000 km)
(* sementara coverage berkurang 10%)
(**ELV recycling law runs n ... auto tracking device akan blinking red). ELVRecycling Law = shiyõzumi jidhõsa no saishigenka tõ ni kansuru hõritsu)
trus japaness mentality hrs kita mengerti ... mrk tdk suka apapun outdated ... rumah /apartment ratarata demolished n rebuild anew 30-35thn kmudian
older cars loosing market value coz less ppl willing to buy irrespective brands (halfcut ferrari / astonmartin bisa ditemuin di jpn)
org jpn rasa bosan pd mobil mrk antara thn ke 5 sampai 7* (5yr factory warranty abis pd thn kelima) ... spt mobile phone umumnya mrk buang thn ke 2 - 3 ... ratarata org jpn cerai thn ke 2 - 4 ... ratarata org jpn quitjob bln ke 2 ssdh gaji tdk naik sementara orglain gaji naik
most ppl see old cars unfit for road n they willing to dispose at loss (meski ada govt.rebate kalo disposal certificate lsg dibelikan brandnew either keicar / hybrid / EV
jadi yg baru difikirkan govt di indo (jkt) adalah partial application of End of Life Vehicle yg umum dikenal di byk negara normal
satu yg kita hrs samasama tau ... avg.odoread on cars in jpn only get 9,300 km per year (US: 19,000 km / 12,000 miles ... iceland: 2,300km ... avg. european statea: 17,000 km)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
trigger modern automotive recycling bermula di jpn ... the teshima incident ... cleanup commenced 1995 to end ... ths 2016 on 500k ton of automotive shredded residue ... mostly from ... tyt ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
pembatasan kendaraan berdasar usia gini hanya bisa diterima apabila: segala pajak2 untuk pembelian kendaraan baru diturunkan. max 5% saja.
toh katanya dikasih pajak tinggi2 untuk membatasi kendaraan kan, lha kendaraan tua juga dibatasin, ini sama saja semua sisi digencet. orang kan mau saja buang mobil tua kalo harga mobil baru murah.
toh katanya dikasih pajak tinggi2 untuk membatasi kendaraan kan, lha kendaraan tua juga dibatasin, ini sama saja semua sisi digencet. orang kan mau saja buang mobil tua kalo harga mobil baru murah.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Ini bisa melihara cuma pajak lbih mahal atau bener2 ga boleh punya mobil tua?
Misal punya mobil clasic atau sportcar kan mampunya beli yang agak tua.
Misal punya mobil clasic atau sportcar kan mampunya beli yang agak tua.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Kurang asem ahok. Padahal ane rencana pake livina ane sampe 12 tahun.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
bagus aja sih kalau memang public transport udah beres gak kayak sekarang
kalau perlu tilang gak cuma sim tapi ditambah base on kendaraan juga biar kalau gak jaga supir/habbit nyupir ya jebol yg punya mobil bayar tilang nya.

kalau perlu tilang gak cuma sim tapi ditambah base on kendaraan juga biar kalau gak jaga supir/habbit nyupir ya jebol yg punya mobil bayar tilang nya.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Aturan ini bagus, tapi kalo diterapkan di Jkt thn 2017 itu ya konyol. Public transport masih primitif mau sok larang orang pake mobil tua. Coba kasih contoh dulu gubernurnya ngantor pake bus tiap hari selama 1 tahun deh, saya yakin di hari ke 2 naik bus dia langsung berubah pikiran.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 149
- Joined: Tue Nov 04, 2014 9:40
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Penasaran mengenai junkyard. Di indo apakah ada? Dan bagaimana skemanya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
mau pembatasan umur mobil masalah kecil , negara mampu gak bikin mobil sendiri .bikin kilang produksi pertamax aja gak mampu kok mau batasin umur mobil apa gak kelihatan tololnya . buang uang gampang saja carinya setengah mati
mau ganti camry atau fortuner tiap 5 tahun gampang, pertanyaannya brp orang gaji $ 10k/month ???
mau ganti camry atau fortuner tiap 5 tahun gampang, pertanyaannya brp orang gaji $ 10k/month ???
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Pembatasan umur kendaraan di jkt
Kl gitu kira2 gimana nasib kendaraan para pendatang dr luar -jabar jateng dulu aja- yg notabene bkn plat B tp domisili or daily kerja di Jkt?
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Thu Jan 29, 2015 5:48
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
paling balik nama pinjem ktp sodara di kampung halaman sana,tapi mobil tetep di jkt
... 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Ada yang baca artikel secara lengkap ngga sih.
Ini kan artikel lama banget, tanggalnya 14 Januari 2015. Udah dari kapan tahun di tipi, di koran juga Ahok bilang soal ini. Tapi pada lupa ngga baca poin ini: "Kalau bus bisa tiap 10 menit ada, nah kita akan lakukan," katanya. Poin kedua adalah kajian dan payung hukum.
Pertanyaan saya ke yang pake mobil sehari hari, tahu ngga berapa lead time TJ di luar koridor 1? Tahu ngga berapa bis yang rencananya dibeli DKI tapi terganjal terus? Kalo udah nemu jawabannya baru bisa konekin ke wacana itu, bisa implementasi ngga 2017 atau dalam waktu dekat dengan infrastruktur dan payung hukumnya sudah ada.
Ini kan artikel lama banget, tanggalnya 14 Januari 2015. Udah dari kapan tahun di tipi, di koran juga Ahok bilang soal ini. Tapi pada lupa ngga baca poin ini: "Kalau bus bisa tiap 10 menit ada, nah kita akan lakukan," katanya. Poin kedua adalah kajian dan payung hukum.
Pertanyaan saya ke yang pake mobil sehari hari, tahu ngga berapa lead time TJ di luar koridor 1? Tahu ngga berapa bis yang rencananya dibeli DKI tapi terganjal terus? Kalo udah nemu jawabannya baru bisa konekin ke wacana itu, bisa implementasi ngga 2017 atau dalam waktu dekat dengan infrastruktur dan payung hukumnya sudah ada.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Mau ngurangi kemacetan kok batasin umur kendaraan...
Emangnya efektif gitu?
....
Gampangnya gini aja... coba di lihat di jalan raya... yang paling banyak membanjiri jalanan itu tipe kendaraan apa?
Trus... Kendaraan itu emang yang lagi berseliweran itu banyakan umurnya berapa? banyakan Yang tua atau yang seger - seger...
Trus diperhatikan lagi... Yang paling banyak usianya yang di atas 10 tahun itu jenis kendaraan apa...
Setiap hari di pengkolan... Angkot mulai dari yang karatan sampe yang masih mengkilap abis di cat Duko ngetem berebut penumpang... Yang jalan juga paling diisi oleh satu dua penumpang... perasaan 16 tahun yang lalu waktu pertama dari kampung ke ibukota mau naek angkot susahnya minta ampun sampai kadang harus rela gelantungan di pintu biar ga telat...
Sekarang??? Angkot banyakan ngetem... "makan" jatah jalan... padahal jelas - jelas ada rambu "S di Coret" *Nah jangan ditanya lagi tuh... lagi parkir apa berhenti*
Angkot yang lagi narik isinya juga "do re mi" belom lagi yang berhenti mendadak atau ugal - ugalan seenak jidat...
Nah pertanyaannya kok yang naek angkot cuma "do re mi"? sisanya pada ke mana? Sisanya memilih naek motor yang masih "Seger2 Kinyis2"... Modal 500rb uda bisa bawa pulang "Metik" baru... Kalau kaum buruh yang agak bermodal bisa bawa pulang "Ninja" baru...
Sementara di lain sisi ada penggemar kendaraan... katakanlah motor atau mobil antik... kenapa bisa awet sampe di atas 10 tahun? Karena dirawat penuh kasih sayang dan tentunya jarang banget digunakan... kendaraan lebih banyak "bersemayam" di garasi daripada tempur di jalanan... Kendaraan antik hanya digunakan sekali waktu untuk kumpul2 dan bernostalgia atau pada event2 tertentu...
Bila kebijakan pembatasan umur kendaraan 10 tahun dijalankan apa yang akan terjadi? Seluruh penggemar kendaraan antik walhasil tidak akan bisa menggunakan lagi kendaraannya... sementara jalanan tetap padat dipenuhi angkot kosong mengkilap keluaran baru dan motor2 baru mulai dari metik sampe "ninja" terbaru... belom lagi mobil2... LGBT.... errrrr.... LCGC yang makin menjamur...
Kok nggak terpikir... mensubstitusi angkot dengan BUS dan Mass Transportation yang "layak pakai" dan tersedia kapan saja di mana saja.... Terus fasilitas pejalan kaki dihargai karena sejatinya pejalan kaki ya juga pengguna jalan sehingga para pengguna metik dan ninja baru juga pengguna LCGC senang "mengandangkan" kendaraannya dan naik Mass Transportation.... Mereka juga tidak segan berjalan kaki dari halte terdekat ke tempat tujuannya karena berjalan kaki tidak lagi "semencekam" sekarang...
Kebijakan pemilikan kendaraan baru dikendalikan sehingga benar - benar mereka yang "pantas dan layak" yang bisa mendapatkan dan menggunakan kendaraan baik baru ataupun tidak... Belum lagi bicara soal yang "cukup umur".... (pernah memperhatikan berapa banyak anak2 berseragam sekolah menggunakan motor di jalan raya?)
Masih ga habis pikir dengan ilmu "CUCOKLOGI".... Yang banyak masuk menambah kepadatan adalah "Kendaraan Baru" tetapi yang harus dikendalikan adalah "Kendaraan Lama"
#Mikir...



Gampangnya gini aja... coba di lihat di jalan raya... yang paling banyak membanjiri jalanan itu tipe kendaraan apa?
Trus... Kendaraan itu emang yang lagi berseliweran itu banyakan umurnya berapa? banyakan Yang tua atau yang seger - seger...
Trus diperhatikan lagi... Yang paling banyak usianya yang di atas 10 tahun itu jenis kendaraan apa...
Setiap hari di pengkolan... Angkot mulai dari yang karatan sampe yang masih mengkilap abis di cat Duko ngetem berebut penumpang... Yang jalan juga paling diisi oleh satu dua penumpang... perasaan 16 tahun yang lalu waktu pertama dari kampung ke ibukota mau naek angkot susahnya minta ampun sampai kadang harus rela gelantungan di pintu biar ga telat...
Sekarang??? Angkot banyakan ngetem... "makan" jatah jalan... padahal jelas - jelas ada rambu "S di Coret" *Nah jangan ditanya lagi tuh... lagi parkir apa berhenti*

Nah pertanyaannya kok yang naek angkot cuma "do re mi"? sisanya pada ke mana? Sisanya memilih naek motor yang masih "Seger2 Kinyis2"... Modal 500rb uda bisa bawa pulang "Metik" baru... Kalau kaum buruh yang agak bermodal bisa bawa pulang "Ninja" baru...

Sementara di lain sisi ada penggemar kendaraan... katakanlah motor atau mobil antik... kenapa bisa awet sampe di atas 10 tahun? Karena dirawat penuh kasih sayang dan tentunya jarang banget digunakan... kendaraan lebih banyak "bersemayam" di garasi daripada tempur di jalanan... Kendaraan antik hanya digunakan sekali waktu untuk kumpul2 dan bernostalgia atau pada event2 tertentu...
Bila kebijakan pembatasan umur kendaraan 10 tahun dijalankan apa yang akan terjadi? Seluruh penggemar kendaraan antik walhasil tidak akan bisa menggunakan lagi kendaraannya... sementara jalanan tetap padat dipenuhi angkot kosong mengkilap keluaran baru dan motor2 baru mulai dari metik sampe "ninja" terbaru... belom lagi mobil2... LGBT.... errrrr.... LCGC yang makin menjamur...
Kok nggak terpikir... mensubstitusi angkot dengan BUS dan Mass Transportation yang "layak pakai" dan tersedia kapan saja di mana saja.... Terus fasilitas pejalan kaki dihargai karena sejatinya pejalan kaki ya juga pengguna jalan sehingga para pengguna metik dan ninja baru juga pengguna LCGC senang "mengandangkan" kendaraannya dan naik Mass Transportation.... Mereka juga tidak segan berjalan kaki dari halte terdekat ke tempat tujuannya karena berjalan kaki tidak lagi "semencekam" sekarang...
Kebijakan pemilikan kendaraan baru dikendalikan sehingga benar - benar mereka yang "pantas dan layak" yang bisa mendapatkan dan menggunakan kendaraan baik baru ataupun tidak... Belum lagi bicara soal yang "cukup umur".... (pernah memperhatikan berapa banyak anak2 berseragam sekolah menggunakan motor di jalan raya?)
Masih ga habis pikir dengan ilmu "CUCOKLOGI".... Yang banyak masuk menambah kepadatan adalah "Kendaraan Baru" tetapi yang harus dikendalikan adalah "Kendaraan Lama"
#Mikir...

REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 134
- Joined: Wed May 27, 2015 5:07
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Itu kan berita lama. TS nya kenapa ngungkit2 lagi, ga update nih hehe. Setahu saya usulan itu sudah lama dibatalkan kok, mungkin pengambilan keputusan sadar diri
Tp bisa jadi saya salah, silakan dikoreksi
Tp bisa jadi saya salah, silakan dikoreksi