Seputar transmisi matic CVT

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

h0k4ge
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Jan 27, 2016 2:34

Seputar transmisi matic CVT

Post by h0k4ge »

misi.. mau nanya seputar masalah transmisi matic mobil tipe cvt nih..

nah tehnologi cvt ini kan banyak disematkan di bbrp tipe mobil dan berbagai merk pula, apakah tehnologi cvt nya sama semua?? dalam artian termasuk performa dan ketahanan..
Soalnya gw mantan pemakai jazz matic cvt yg pernah ngalamin ada problem di transmisi matic cvt ini, sudah konsltasi ke beres honda, mereka juga mengakui ada kelemahan cvt hingga akhirnya jazz rs sdh tidak pakai cvt lagi..
Tapi setelah itu muncul mobilio, hrv, brv kok balik pakai cvt lagi? dan brio kok malah tidak pakai cvt?
untuk nissan gl yg lama matic blm cvt, setelah muncul new ikutan pake cvt..
terus terang gw parno untuk beli mobil cvt lagi..
ada yg bisa kasih pencerahan?
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by brintanizer »

Setau gw malah brio ini pelopor cvt honda modern .
Mobil gw dulu gd3 2008 cvt jg ndut2an . Ganti koil di beres habis 5jtan . Udh lumayan halus . Untung skrg udh dijual . Wkwkwkwk .
Skrg ganti ge8 2014 matic konvensional
- apple, banana, & grape -
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by arfs »

brintanizer wrote:Setau gw malah brio ini pelopor cvt honda modern .
Mobil gw dulu gd3 2008 cvt jg ndut2an . Ganti koil di beres habis 5jtan . Udh lumayan halus . Untung skrg udh dijual . Wkwkwkwk .
Skrg ganti ge8 2014 matic konvensional
Brio bukan nya matic nya masih 5-speed konventional om?
Setahu saya pelopor cvt honda yg modern adalah all new jazz sama city.
Kalo gk salah cvt jaman dulu itu pake rubber belt, nah sekarang pada pake steel belt yang di klaim jauh lebih kuat durability nya.
CMIIW :big_peace:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by ak4ng »

Brio versi mana yg pake cvt om?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by jalananDOHC »

ak4ng wrote:Brio versi mana yg pake cvt om?
brio di thailand pake cvt om ..

cek ada disini --> http://www.honda.co.th/th/brio
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by ChZ »

Performa dan ketahanan, masing - masing merek pasti berbeda.

Nah kenapa teknologi CVT ini populer, disini poin pentingnya.

Gearbox konvensional itu komponen bergeraknya buanyaaaak sekali, apalagi girboks matic. Dengan banyak komponen dan butuh roda gigi yang banyak juga, konsekuensinya apa? Bobot mobil jadi berat, space di ruang mesin pun jadi tersita banyak. Plus gearbox matic atau manual konvensional itu kerugiannya banyak alias tidak efisien, Karena di proses perpindahan gigi selalu ada power loss. Nah disini CVT unggul.

Pernah naik motor matic macem Mio, Vario, BeAT? Ada ngerasain pindah gigi nggak? Gak kerasa kan? Ya itulah CVT. Di CVT nggak pake pindah - pindah gigi karena prinsipnya pake pulley. Kelebihannya jelas, karena nggak ada pindah gigi, jelas lebih efisien. Lalu di tanjakan, karena mobil selalu di posisi torsi optimum, sudah pasti buat nanjak lebih lancar dibanding matik konvensional yang kadang masih bingung pilih gigi waktu nanjak. Nah karena komponen yang simpel, size kecil yang pasti ringan, efisien pula, makanya nggak heran sekarang pabrikan banyak yang beralih ke CVT.

Image
AT

Image
CVT

See the difference? :mrgreen:

Lalu jeleknya CVT apa sih? Ya karena prinsipnya pake pulley, respon awalnya cenderung "lemot". Makanya timbul stigma mobil CVT = Lemot. Padahal kalo digas lebih dalem sih justru malah enak. Saya termasuk golongan yang gak setuju kalo CVT dibilang lemot. Di rumah saya ada 1 mobil ber-CVT dan mobil itu tenaganya cukup kencang.

Plus, kurang sensasinya, kayak nyetir scooter aja gitu. Pabrikan pada ngakalin pake "manual mode", tapi tetep nggak bisa hilangin karakter khas CVTnya.

Masalah reliability, kembali lagi ke pabrikannya. Jazz generasi GD itu CVTnya rewel selain karena memang barangnya cacat, pengetahuan konsumen dan mekanik tentang barang baru ini juga kurang. Di zaman keluarnya GD kan mobil CVT masih jadi barang yang "asing". Wong motor Mio aja baru keluar th. 2005.... :mrgreen:

Kalo sekarang gak perlu takut beli mobil transmisi CVT... Karena teknologinya sudah cukup umum. Malah enak kalo buat sehari - hari apalagi rute nanjak....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by Turboman »

Kalo ane feeling sih :

Faktor utama adalah cost

CVT komponen nya lebih sedikit dr matic gear biasa

Biaya pembuatan lebih murah

Dimensi matic unit juga jadi lebih compact

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
andyjaya5758
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sun Dec 27, 2015 7:49

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by andyjaya5758 »

Untuk cvt, Misalkan ada part yang rusak. apakah BERES menyediakan part nya? seperti drive belt nya?
Ataukah harus ganti segelondong?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by DOHC »

imho, belt cvt malah biasanya kuat bener ... biasa yg kalah duluan pulley2 nya...

cmiiw...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by brintanizer »

ChZ wrote:Performa dan ketahanan, masing - masing merek pasti berbeda.

Nah kenapa teknologi CVT ini populer, disini poin pentingnya.

Gearbox konvensional itu komponen bergeraknya buanyaaaak sekali, apalagi girboks matic. Dengan banyak komponen dan butuh roda gigi yang banyak juga, konsekuensinya apa? Bobot mobil jadi berat, space di ruang mesin pun jadi tersita banyak. Plus gearbox matic atau manual konvensional itu kerugiannya banyak alias tidak efisien, Karena di proses perpindahan gigi selalu ada power loss. Nah disini CVT unggul.

Pernah naik motor matic macem Mio, Vario, BeAT? Ada ngerasain pindah gigi nggak? Gak kerasa kan? Ya itulah CVT. Di CVT nggak pake pindah - pindah gigi karena prinsipnya pake pulley. Kelebihannya jelas, karena nggak ada pindah gigi, jelas lebih efisien. Lalu di tanjakan, karena mobil selalu di posisi torsi optimum, sudah pasti buat nanjak lebih lancar dibanding matik konvensional yang kadang masih bingung pilih gigi waktu nanjak. Nah karena komponen yang simpel, size kecil yang pasti ringan, efisien pula, makanya nggak heran sekarang pabrikan banyak yang beralih ke CVT.

Image
AT

Image
CVT

See the difference? :mrgreen:

Lalu jeleknya CVT apa sih? Ya karena prinsipnya pake pulley, respon awalnya cenderung "lemot". Makanya timbul stigma mobil CVT = Lemot. Padahal kalo digas lebih dalem sih justru malah enak. Saya termasuk golongan yang gak setuju kalo CVT dibilang lemot. Di rumah saya ada 1 mobil ber-CVT dan mobil itu tenaganya cukup kencang.

Plus, kurang sensasinya, kayak nyetir scooter aja gitu. Pabrikan pada ngakalin pake "manual mode", tapi tetep nggak bisa hilangin karakter khas CVTnya.

Masalah reliability, kembali lagi ke pabrikannya. Jazz generasi GD itu CVTnya rewel selain karena memang barangnya cacat, pengetahuan konsumen dan mekanik tentang barang baru ini juga kurang. Di zaman keluarnya GD kan mobil CVT masih jadi barang yang "asing". Wong motor Mio aja baru keluar th. 2005.... :mrgreen:

Kalo sekarang gak perlu takut beli mobil transmisi CVT... Karena teknologinya sudah cukup umum. Malah enak kalo buat sehari - hari apalagi rute nanjak....
Nice info bro ChZ . Btw saya jg suka cvt . Lbh berasa maticnya drpd matic konvensional . Tp karena trauma ama GD jd agak ragu ambil cvt modern . Hahahaha .
- apple, banana, & grape -
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by brintanizer »

arfs wrote:
brintanizer wrote:Setau gw malah brio ini pelopor cvt honda modern .
Mobil gw dulu gd3 2008 cvt jg ndut2an . Ganti koil di beres habis 5jtan . Udh lumayan halus . Untung skrg udh dijual . Wkwkwkwk .
Skrg ganti ge8 2014 matic konvensional
Brio bukan nya matic nya masih 5-speed konventional om?
Setahu saya pelopor cvt honda yg modern adalah all new jazz sama city.
Kalo gk salah cvt jaman dulu itu pake rubber belt, nah sekarang pada pake steel belt yang di klaim jauh lebih kuat durability nya.
CMIIW :big_peace:
Ada artikel taon 2012 brio cvt sih
http://m.kompasiana.com/ridwanhanif/per ... 8c669deef2
- apple, banana, & grape -
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by brintanizer »

jalananDOHC wrote:
ak4ng wrote:Brio versi mana yg pake cvt om?
brio di thailand pake cvt om ..

cek ada disini --> http://www.honda.co.th/th/brio
Setau gw brio matic = cbu . Kalo cbu = thailand . Kalo thailand = cvt . Maap kalo salah :ungg:
- apple, banana, & grape -
andyjaya5758
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sun Dec 27, 2015 7:49

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by andyjaya5758 »

DOHC wrote:imho, belt cvt malah biasanya kuat bener ... biasa yg kalah duluan pulley2 nya...

cmiiw...
Nah, misalkan ada yang rusak di komponen2 nya, apakah bisa di repair atau overhaul, dan apakah beres menyediakan part nya dengan lengkap?

Pernah baca di forum luar, ada kejadian cvt belt putus, di bongkar dan mau cari part nya tidak ada yang menyediakan, jadi harus ganti segelondong utuh. Ya mungkin 3000 - 4000 us an.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by vipere »

kalo saya sih belum berani pakai mobil cvt, soalnya kalo pake mobil suka kasar2 , lebih prefer 6AT kayak ipah baru.
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by ibar78 »

cvt honda itu sohc apa dohc...atau ga nyambung.....(kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr..... :upss:
:popcorn:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by b8099ok »

ibar78 wrote:cvt honda itu sohc apa dohc...atau ga nyambung.....(kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr..... :upss:
Cvt honda itu ivtec turbo om :ngacir:
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
mangujo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by mangujo »

pernah pas keluar lahan parkiran gitu nanjak banget, udh gitu di gap antara jalan keluar parkiran yang nanjak dan pinggir jalan itu ada gundukan kaya polisi tidur segala..
Pake jazz gd3 ga kuat lahhh di mode D, harus di triptonik in ke gigi 1..

Kebayang kalo suv2 gede yg cvt di posisi itu gimana ya
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by arfs »

Wuih sepertinya kalo brio versi indonesia pake cvt bakal lebih irit lagi.
Belom lg output power brio yg terbesar di kelas nya plus bobot kendaraan yg ringan :big_peace:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by r1409 »

mangujo wrote:pernah pas keluar lahan parkiran gitu nanjak banget, udh gitu di gap antara jalan keluar parkiran yang nanjak dan pinggir jalan itu ada gundukan kaya polisi tidur segala..
Pake jazz gd3 ga kuat lahhh di mode D, harus di triptonik in ke gigi 1..

Kebayang kalo suv2 gede yg cvt di posisi itu gimana ya
ya lancar2 aja, tetep di D sudah cukup. toh CVT nya sendiri yg ngatur gear ratio, supaya torsi mesin maksimal.

justru cvt lebih enak di tanjakan daripada geared a/t.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by billyd1773dz »

cvt jazz jadul selain rubber belt jg masih pke multipleplate clutch, blm pke torque converter, ini yg bikin ndut2an.. yg skrng uda pke torqueconverter kaya conventional AT. mestinya lebih tahan.

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by 3mul »

Tehnologi, performa dan ketahanan CVT tiap2 pabrikan beda2 om. seperti dsebut suhu2 diatas ane, CVT modern ada yg pake clutch, torque converter, sub planetary gear sampe tambahan electric motor. Pastinya lebih bagus dari CVT lama dan jauh lebih bagus dari transmisi AMT alias matik jadi2an. Yg terakhir ini yg perlu dihindarin :mky_03:
Junior
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Apr 07, 2014 2:30

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by Junior »

Mobil saya pake CVT, 240HP, 350NM, no problem, sudah 33000Km...fine2 aja tuh :big_smile]
User avatar
fahrizaalifa9
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Feb 16, 2016 0:33

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by fahrizaalifa9 »

lucu kalo kt pake mbil cvt ngeliat di sebelah ada mobil mt/at konvensional. start bareng2 masuk tol.. mobil sebelah keliatan akselerasinya dari kita maju mundur maju mundur.. :big_peace:
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by brintanizer »

fahrizaalifa9 wrote:lucu kalo kt pake mbil cvt ngeliat di sebelah ada mobil mt/at konvensional. start bareng2 masuk tol.. mobil sebelah keliatan akselerasinya dari kita maju mundur maju mundur.. :big_peace:
Apalagi kalo tol nya nanjak om ... btw kalo boleh tau mobilnya apa om ? ..? cvt ini lbh konstan ya ? ..
- apple, banana, & grape -
DKA
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Jan 03, 2016 10:59

Re: Seputar transmisi matic CVT

Post by DKA »

Yang ane rasain sih kalau pake cvt lebih konstan tenaganya, akselerasi juga lebih halus kalau kita suka kickdown..