Seputar transmisi matic CVT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Jan 27, 2016 2:34
Seputar transmisi matic CVT
misi.. mau nanya seputar masalah transmisi matic mobil tipe cvt nih..
nah tehnologi cvt ini kan banyak disematkan di bbrp tipe mobil dan berbagai merk pula, apakah tehnologi cvt nya sama semua?? dalam artian termasuk performa dan ketahanan..
Soalnya gw mantan pemakai jazz matic cvt yg pernah ngalamin ada problem di transmisi matic cvt ini, sudah konsltasi ke beres honda, mereka juga mengakui ada kelemahan cvt hingga akhirnya jazz rs sdh tidak pakai cvt lagi..
Tapi setelah itu muncul mobilio, hrv, brv kok balik pakai cvt lagi? dan brio kok malah tidak pakai cvt?
untuk nissan gl yg lama matic blm cvt, setelah muncul new ikutan pake cvt..
terus terang gw parno untuk beli mobil cvt lagi..
ada yg bisa kasih pencerahan?
nah tehnologi cvt ini kan banyak disematkan di bbrp tipe mobil dan berbagai merk pula, apakah tehnologi cvt nya sama semua?? dalam artian termasuk performa dan ketahanan..
Soalnya gw mantan pemakai jazz matic cvt yg pernah ngalamin ada problem di transmisi matic cvt ini, sudah konsltasi ke beres honda, mereka juga mengakui ada kelemahan cvt hingga akhirnya jazz rs sdh tidak pakai cvt lagi..
Tapi setelah itu muncul mobilio, hrv, brv kok balik pakai cvt lagi? dan brio kok malah tidak pakai cvt?
untuk nissan gl yg lama matic blm cvt, setelah muncul new ikutan pake cvt..
terus terang gw parno untuk beli mobil cvt lagi..
ada yg bisa kasih pencerahan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Seputar transmisi matic CVT
Setau gw malah brio ini pelopor cvt honda modern .
Mobil gw dulu gd3 2008 cvt jg ndut2an . Ganti koil di beres habis 5jtan . Udh lumayan halus . Untung skrg udh dijual . Wkwkwkwk .
Skrg ganti ge8 2014 matic konvensional
Mobil gw dulu gd3 2008 cvt jg ndut2an . Ganti koil di beres habis 5jtan . Udh lumayan halus . Untung skrg udh dijual . Wkwkwkwk .
Skrg ganti ge8 2014 matic konvensional
- apple, banana, & grape -
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Seputar transmisi matic CVT
Brio bukan nya matic nya masih 5-speed konventional om?brintanizer wrote:Setau gw malah brio ini pelopor cvt honda modern .
Mobil gw dulu gd3 2008 cvt jg ndut2an . Ganti koil di beres habis 5jtan . Udh lumayan halus . Untung skrg udh dijual . Wkwkwkwk .
Skrg ganti ge8 2014 matic konvensional
Setahu saya pelopor cvt honda yg modern adalah all new jazz sama city.
Kalo gk salah cvt jaman dulu itu pake rubber belt, nah sekarang pada pake steel belt yang di klaim jauh lebih kuat durability nya.
CMIIW

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Seputar transmisi matic CVT
Brio versi mana yg pake cvt om?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Seputar transmisi matic CVT
brio di thailand pake cvt om ..ak4ng wrote:Brio versi mana yg pake cvt om?
cek ada disini --> http://www.honda.co.th/th/brio
-
- SM Specialist
- Posts: 16669
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar transmisi matic CVT
Performa dan ketahanan, masing - masing merek pasti berbeda.
Nah kenapa teknologi CVT ini populer, disini poin pentingnya.
Gearbox konvensional itu komponen bergeraknya buanyaaaak sekali, apalagi girboks matic. Dengan banyak komponen dan butuh roda gigi yang banyak juga, konsekuensinya apa? Bobot mobil jadi berat, space di ruang mesin pun jadi tersita banyak. Plus gearbox matic atau manual konvensional itu kerugiannya banyak alias tidak efisien, Karena di proses perpindahan gigi selalu ada power loss. Nah disini CVT unggul.
Pernah naik motor matic macem Mio, Vario, BeAT? Ada ngerasain pindah gigi nggak? Gak kerasa kan? Ya itulah CVT. Di CVT nggak pake pindah - pindah gigi karena prinsipnya pake pulley. Kelebihannya jelas, karena nggak ada pindah gigi, jelas lebih efisien. Lalu di tanjakan, karena mobil selalu di posisi torsi optimum, sudah pasti buat nanjak lebih lancar dibanding matik konvensional yang kadang masih bingung pilih gigi waktu nanjak. Nah karena komponen yang simpel, size kecil yang pasti ringan, efisien pula, makanya nggak heran sekarang pabrikan banyak yang beralih ke CVT.

AT

CVT
See the difference?
Lalu jeleknya CVT apa sih? Ya karena prinsipnya pake pulley, respon awalnya cenderung "lemot". Makanya timbul stigma mobil CVT = Lemot. Padahal kalo digas lebih dalem sih justru malah enak. Saya termasuk golongan yang gak setuju kalo CVT dibilang lemot. Di rumah saya ada 1 mobil ber-CVT dan mobil itu tenaganya cukup kencang.
Plus, kurang sensasinya, kayak nyetir scooter aja gitu. Pabrikan pada ngakalin pake "manual mode", tapi tetep nggak bisa hilangin karakter khas CVTnya.
Masalah reliability, kembali lagi ke pabrikannya. Jazz generasi GD itu CVTnya rewel selain karena memang barangnya cacat, pengetahuan konsumen dan mekanik tentang barang baru ini juga kurang. Di zaman keluarnya GD kan mobil CVT masih jadi barang yang "asing". Wong motor Mio aja baru keluar th. 2005....
Kalo sekarang gak perlu takut beli mobil transmisi CVT... Karena teknologinya sudah cukup umum. Malah enak kalo buat sehari - hari apalagi rute nanjak....
Nah kenapa teknologi CVT ini populer, disini poin pentingnya.
Gearbox konvensional itu komponen bergeraknya buanyaaaak sekali, apalagi girboks matic. Dengan banyak komponen dan butuh roda gigi yang banyak juga, konsekuensinya apa? Bobot mobil jadi berat, space di ruang mesin pun jadi tersita banyak. Plus gearbox matic atau manual konvensional itu kerugiannya banyak alias tidak efisien, Karena di proses perpindahan gigi selalu ada power loss. Nah disini CVT unggul.
Pernah naik motor matic macem Mio, Vario, BeAT? Ada ngerasain pindah gigi nggak? Gak kerasa kan? Ya itulah CVT. Di CVT nggak pake pindah - pindah gigi karena prinsipnya pake pulley. Kelebihannya jelas, karena nggak ada pindah gigi, jelas lebih efisien. Lalu di tanjakan, karena mobil selalu di posisi torsi optimum, sudah pasti buat nanjak lebih lancar dibanding matik konvensional yang kadang masih bingung pilih gigi waktu nanjak. Nah karena komponen yang simpel, size kecil yang pasti ringan, efisien pula, makanya nggak heran sekarang pabrikan banyak yang beralih ke CVT.

AT

CVT
See the difference?

Lalu jeleknya CVT apa sih? Ya karena prinsipnya pake pulley, respon awalnya cenderung "lemot". Makanya timbul stigma mobil CVT = Lemot. Padahal kalo digas lebih dalem sih justru malah enak. Saya termasuk golongan yang gak setuju kalo CVT dibilang lemot. Di rumah saya ada 1 mobil ber-CVT dan mobil itu tenaganya cukup kencang.
Plus, kurang sensasinya, kayak nyetir scooter aja gitu. Pabrikan pada ngakalin pake "manual mode", tapi tetep nggak bisa hilangin karakter khas CVTnya.
Masalah reliability, kembali lagi ke pabrikannya. Jazz generasi GD itu CVTnya rewel selain karena memang barangnya cacat, pengetahuan konsumen dan mekanik tentang barang baru ini juga kurang. Di zaman keluarnya GD kan mobil CVT masih jadi barang yang "asing". Wong motor Mio aja baru keluar th. 2005....

Kalo sekarang gak perlu takut beli mobil transmisi CVT... Karena teknologinya sudah cukup umum. Malah enak kalo buat sehari - hari apalagi rute nanjak....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Seputar transmisi matic CVT
Kalo ane feeling sih :
Faktor utama adalah cost
CVT komponen nya lebih sedikit dr matic gear biasa
Biaya pembuatan lebih murah
Dimensi matic unit juga jadi lebih compact
CMIIW
Faktor utama adalah cost
CVT komponen nya lebih sedikit dr matic gear biasa
Biaya pembuatan lebih murah
Dimensi matic unit juga jadi lebih compact
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun Dec 27, 2015 7:49
Re: Seputar transmisi matic CVT
Untuk cvt, Misalkan ada part yang rusak. apakah BERES menyediakan part nya? seperti drive belt nya?
Ataukah harus ganti segelondong?
Ataukah harus ganti segelondong?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Seputar transmisi matic CVT
imho, belt cvt malah biasanya kuat bener ... biasa yg kalah duluan pulley2 nya...
cmiiw...
cmiiw...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Seputar transmisi matic CVT
Nice info bro ChZ . Btw saya jg suka cvt . Lbh berasa maticnya drpd matic konvensional . Tp karena trauma ama GD jd agak ragu ambil cvt modern . Hahahaha .ChZ wrote:Performa dan ketahanan, masing - masing merek pasti berbeda.
Nah kenapa teknologi CVT ini populer, disini poin pentingnya.
Gearbox konvensional itu komponen bergeraknya buanyaaaak sekali, apalagi girboks matic. Dengan banyak komponen dan butuh roda gigi yang banyak juga, konsekuensinya apa? Bobot mobil jadi berat, space di ruang mesin pun jadi tersita banyak. Plus gearbox matic atau manual konvensional itu kerugiannya banyak alias tidak efisien, Karena di proses perpindahan gigi selalu ada power loss. Nah disini CVT unggul.
Pernah naik motor matic macem Mio, Vario, BeAT? Ada ngerasain pindah gigi nggak? Gak kerasa kan? Ya itulah CVT. Di CVT nggak pake pindah - pindah gigi karena prinsipnya pake pulley. Kelebihannya jelas, karena nggak ada pindah gigi, jelas lebih efisien. Lalu di tanjakan, karena mobil selalu di posisi torsi optimum, sudah pasti buat nanjak lebih lancar dibanding matik konvensional yang kadang masih bingung pilih gigi waktu nanjak. Nah karena komponen yang simpel, size kecil yang pasti ringan, efisien pula, makanya nggak heran sekarang pabrikan banyak yang beralih ke CVT.
AT
CVT
See the difference?![]()
Lalu jeleknya CVT apa sih? Ya karena prinsipnya pake pulley, respon awalnya cenderung "lemot". Makanya timbul stigma mobil CVT = Lemot. Padahal kalo digas lebih dalem sih justru malah enak. Saya termasuk golongan yang gak setuju kalo CVT dibilang lemot. Di rumah saya ada 1 mobil ber-CVT dan mobil itu tenaganya cukup kencang.
Plus, kurang sensasinya, kayak nyetir scooter aja gitu. Pabrikan pada ngakalin pake "manual mode", tapi tetep nggak bisa hilangin karakter khas CVTnya.
Masalah reliability, kembali lagi ke pabrikannya. Jazz generasi GD itu CVTnya rewel selain karena memang barangnya cacat, pengetahuan konsumen dan mekanik tentang barang baru ini juga kurang. Di zaman keluarnya GD kan mobil CVT masih jadi barang yang "asing". Wong motor Mio aja baru keluar th. 2005....
Kalo sekarang gak perlu takut beli mobil transmisi CVT... Karena teknologinya sudah cukup umum. Malah enak kalo buat sehari - hari apalagi rute nanjak....
- apple, banana, & grape -
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Seputar transmisi matic CVT
Ada artikel taon 2012 brio cvt siharfs wrote:Brio bukan nya matic nya masih 5-speed konventional om?brintanizer wrote:Setau gw malah brio ini pelopor cvt honda modern .
Mobil gw dulu gd3 2008 cvt jg ndut2an . Ganti koil di beres habis 5jtan . Udh lumayan halus . Untung skrg udh dijual . Wkwkwkwk .
Skrg ganti ge8 2014 matic konvensional
Setahu saya pelopor cvt honda yg modern adalah all new jazz sama city.
Kalo gk salah cvt jaman dulu itu pake rubber belt, nah sekarang pada pake steel belt yang di klaim jauh lebih kuat durability nya.
CMIIW
http://m.kompasiana.com/ridwanhanif/per ... 8c669deef2
- apple, banana, & grape -
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Seputar transmisi matic CVT
Setau gw brio matic = cbu . Kalo cbu = thailand . Kalo thailand = cvt . Maap kalo salahjalananDOHC wrote:brio di thailand pake cvt om ..ak4ng wrote:Brio versi mana yg pake cvt om?
cek ada disini --> http://www.honda.co.th/th/brio

- apple, banana, & grape -
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun Dec 27, 2015 7:49
Re: Seputar transmisi matic CVT
Nah, misalkan ada yang rusak di komponen2 nya, apakah bisa di repair atau overhaul, dan apakah beres menyediakan part nya dengan lengkap?DOHC wrote:imho, belt cvt malah biasanya kuat bener ... biasa yg kalah duluan pulley2 nya...
cmiiw...
Pernah baca di forum luar, ada kejadian cvt belt putus, di bongkar dan mau cari part nya tidak ada yang menyediakan, jadi harus ganti segelondong utuh. Ya mungkin 3000 - 4000 us an.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Seputar transmisi matic CVT
kalo saya sih belum berani pakai mobil cvt, soalnya kalo pake mobil suka kasar2 , lebih prefer 6AT kayak ipah baru.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Seputar transmisi matic CVT
cvt honda itu sohc apa dohc...atau ga nyambung.....(kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr..... 


-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Seputar transmisi matic CVT
Cvt honda itu ivtec turbo omibar78 wrote:cvt honda itu sohc apa dohc...atau ga nyambung.....(kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.....

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Re: Seputar transmisi matic CVT
pernah pas keluar lahan parkiran gitu nanjak banget, udh gitu di gap antara jalan keluar parkiran yang nanjak dan pinggir jalan itu ada gundukan kaya polisi tidur segala..
Pake jazz gd3 ga kuat lahhh di mode D, harus di triptonik in ke gigi 1..
Kebayang kalo suv2 gede yg cvt di posisi itu gimana ya
Pake jazz gd3 ga kuat lahhh di mode D, harus di triptonik in ke gigi 1..
Kebayang kalo suv2 gede yg cvt di posisi itu gimana ya
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Seputar transmisi matic CVT
Wuih sepertinya kalo brio versi indonesia pake cvt bakal lebih irit lagi.
Belom lg output power brio yg terbesar di kelas nya plus bobot kendaraan yg ringan
Belom lg output power brio yg terbesar di kelas nya plus bobot kendaraan yg ringan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Seputar transmisi matic CVT
ya lancar2 aja, tetep di D sudah cukup. toh CVT nya sendiri yg ngatur gear ratio, supaya torsi mesin maksimal.mangujo wrote:pernah pas keluar lahan parkiran gitu nanjak banget, udh gitu di gap antara jalan keluar parkiran yang nanjak dan pinggir jalan itu ada gundukan kaya polisi tidur segala..
Pake jazz gd3 ga kuat lahhh di mode D, harus di triptonik in ke gigi 1..
Kebayang kalo suv2 gede yg cvt di posisi itu gimana ya
justru cvt lebih enak di tanjakan daripada geared a/t.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Seputar transmisi matic CVT
cvt jazz jadul selain rubber belt jg masih pke multipleplate clutch, blm pke torque converter, ini yg bikin ndut2an.. yg skrng uda pke torqueconverter kaya conventional AT. mestinya lebih tahan.
cmiiw

cmiiw

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Seputar transmisi matic CVT
Tehnologi, performa dan ketahanan CVT tiap2 pabrikan beda2 om. seperti dsebut suhu2 diatas ane, CVT modern ada yg pake clutch, torque converter, sub planetary gear sampe tambahan electric motor. Pastinya lebih bagus dari CVT lama dan jauh lebih bagus dari transmisi AMT alias matik jadi2an. Yg terakhir ini yg perlu dihindarin 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Mon Apr 07, 2014 2:30
Re: Seputar transmisi matic CVT
Mobil saya pake CVT, 240HP, 350NM, no problem, sudah 33000Km...fine2 aja tuh ![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Tue Feb 16, 2016 0:33
Re: Seputar transmisi matic CVT
lucu kalo kt pake mbil cvt ngeliat di sebelah ada mobil mt/at konvensional. start bareng2 masuk tol.. mobil sebelah keliatan akselerasinya dari kita maju mundur maju mundur.. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Seputar transmisi matic CVT
Apalagi kalo tol nya nanjak om ... btw kalo boleh tau mobilnya apa om ? ..? cvt ini lbh konstan ya ? ..fahrizaalifa9 wrote:lucu kalo kt pake mbil cvt ngeliat di sebelah ada mobil mt/at konvensional. start bareng2 masuk tol.. mobil sebelah keliatan akselerasinya dari kita maju mundur maju mundur..
- apple, banana, & grape -
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sun Jan 03, 2016 10:59
Re: Seputar transmisi matic CVT
Yang ane rasain sih kalau pake cvt lebih konstan tenaganya, akselerasi juga lebih halus kalau kita suka kickdown..