Ford TUTUP!?? kisruh diler Ford vs FMI & pajak Everest

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

syahruzaen
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Oct 13, 2015 1:33

Re: Ford TUTUP!??

Post by syahruzaen »

Padahal ranger T6 dan all new ranger adalah dcab terganteng saat ini :ungg:
Beda kyk triton malah lebih baik sebelumnya yg dipke polisi2 drpd yg baru lebih banyak chromeee :upss: (pendapat pribadi)
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ford TUTUP!??

Post by alvin23 »

Artikel ini menarik kembali buat disimak

http://www.reuters.com/article/us-indon ... 2X20130628

Contoh pasar otomotif yang bagus kalo di asia pasifik :
Australia - pasarnya mirip seperti US, persaingan ketat. Imbasnya pilihan model dari satu pabrikan aja sangat2 banyak, belum dari merk lain. padahal mungkin penjualan satu model cuma 10.000 s/d 20.000 unit.

Beda jauh dengan disini, avania aja tembus 3 digit. rata2 LMPV disini kan minimal 30.000 unit. tapi model lainnya paling banter cuma 3000an unit./

Malaysia juga punya potensi jadi pasar dengan struktur bagus begitu free trade kicks off, dan proteksi thd malaysian brand satu persatu terhapus...
Image
sumber : http://paultan.org/2016/01/22/vehicle-s ... 5-vs-2014/
Rocky R ADS CVT 2021
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Ford TUTUP!??

Post by MitshuToyo »

Ini menyedihkan kalau berlanjut ke merk2 lain.. dekat tempatku di samping bekasi tol barat dealer ford baru dan besar..

Bisa2 kembali ke masa lalu.. merk mobil cuma beberapa.. trus macem Atoyot jual mobilnya seenaknya.. pangkas sana sini.. minim fitur & safety.. toh gak ada saingan.. pasti laku.. ;))
Lagi nginjek rem..
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Ford TUTUP!??

Post by omenRoo »

alvin23 wrote:ada yang komen begini di trit kaskus..
quote - b4731ap-

Sedih gw dgn berita ini.

Ini sih yg denger dari temen gw org gaikindo. Ini alasannya:
Sbntr lagi semua pabrikan otomotif yang hanya sales resprentative dan after sales service akan tutup: Mazda, Volvo, Renault, Subaru, dll kecuali kebijakan import bisa dirubah.... Tapi ya namanya rakyat mah kudu manut mau gimana lagi....
Intinya pemerintah minta ke setiap atpm yang masuk ke Indonesia harus memiliki pabrik meskipun hanya sebagai pemasok import ataupun sub assy proses intinya peningkatan pendapatan negara dari sektor pajak dan juga penyerapan tenanga kerja dan lain2


buseeet, ada yg bisa info validitasnya? orang gaikindo?
tp bener juga kata om NR... birokrat2 baju coklat ini harus sekalian ditampar kalau mau berubah... mungkin keluarnya merk satu2 ini bisa jadi trigger... *kecuali emang udah gendeng banget ckck , narik pajak emang udah masuk level yang gak logis
what?? wow....
termasuk VW juga ya? :big_think:
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Ford TUTUP!??

Post by mobilkutu »

:e-naughty: Menurut om sekalian, ada ga si andil big japan auto company dalam pembuatan UU, sehingga japan auto yg sudah punya plant disini, tidak bisa tersaingi.

Bkn mksd lebih pro impor loh, saya dukung yg buka plant disini tp yg case nya seperti yamaha motor dgn nmax yg ngehajar honda pcx yg impor dr vietnam.

Tp yamaha nya full feature dgn abs dll dan murah banyak!!!!
!
Nah kalo case big T and H, mereka malah sunat abis fitur and dibanding mobil impor thailand, jauh banget!!! Takut nya masa2 suram tanpa saingan and terima produk sunatan seadanya + mahal kembali lagi.

Beda kan bandingin fitur dan kualitas m2 thai dgn jazz sini. M2 R at disc 50an jt harga 200jt vs jazz at 240an jt after diskon, jauuuh...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4220
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ford TUTUP!??

Post by b0ku »

mobilkutu wrote::e-naughty: Menurut om sekalian, ada ga si andil big japan auto company dalam pembuatan UU, sehingga japan auto yg sudah punya plant disini, tidak bisa tersaingi.

Bkn mksd lebih pro impor loh, saya dukung yg buka plant disini tp yg case nya seperti yamaha motor dgn nmax yg ngehajar honda pcx yg impor dr vietnam.

Tp yamaha nya full feature dgn abs dll dan murah banyak!!!!
!
Nah kalo case big T and H, mereka malah sunat abis fitur and dibanding mobil impor thailand, jauh banget!!! Takut nya masa2 suram tanpa saingan and terima produk sunatan seadanya + mahal kembali lagi.

Beda kan bandingin fitur dan kualitas m2 thai dgn jazz sini. M2 R at disc 50an jt harga 200jt vs jazz at 240an jt after diskon, jauuuh...
ada bangeet bosss kalo loe cium2x waktu LGCC keluar itu ud bikin gw makin enek sama tuh merek satu biang keroknya selalu itu sisanya cuma jadi pengikut gw liatin :ngacir:
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Ford TUTUP!??

Post by vp920b »

Kayanya ford kaya ngerjain orang. Abis beli everest 630juta eh tutup.

Yang uda beli dan sy lihat dijalan siap siap menelan pil pahit dah. Apalagi kalau leasing. Aduh bisa pahit bgt dah rasanya.

Kalau mau test drive kayanya ga ada. Sy telpon sejabodetabek mereka ga ada test drivenya. Mungkin krn uda tau mau tutup.

Oh well, untung saja sy mengurungkan niat beli everest krn harganya too expensive buat ford. 630juta beli yg lain aja macam X5 or ML lah. Or japanese brand kalau ga mau pusing.

Korean masih OK. Cuma mungkin yg bs terancan dr korea mah hyundai doang. Jualan ga niat. Masih bagusan kia kemana2..
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ford TUTUP!??

Post by alvin23 »

b0ku wrote:
mobilkutu wrote::e-naughty: Menurut om sekalian, ada ga si andil big japan auto company dalam pembuatan UU, sehingga japan auto yg sudah punya plant disini, tidak bisa tersaingi.

Bkn mksd lebih pro impor loh, saya dukung yg buka plant disini tp yg case nya seperti yamaha motor dgn nmax yg ngehajar honda pcx yg impor dr vietnam.

Tp yamaha nya full feature dgn abs dll dan murah banyak!!!!
!
Nah kalo case big T and H, mereka malah sunat abis fitur and dibanding mobil impor thailand, jauh banget!!! Takut nya masa2 suram tanpa saingan and terima produk sunatan seadanya + mahal kembali lagi.

Beda kan bandingin fitur dan kualitas m2 thai dgn jazz sini. M2 R at disc 50an jt harga 200jt vs jazz at 240an jt after diskon, jauuuh...
ada bangeet bosss kalo loe cium2x waktu LGCC keluar itu ud bikin gw makin enek sama tuh merek satu biang keroknya selalu itu sisanya cuma jadi pengikut gw liatin :ngacir:
Ada laa, wong orang gaikindo itu isinya ya itu2 aja, belum kemenperin yang "erat" sama itu...
oh Hando cuma ikut2 yak :big_biglaugh:
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ford TUTUP!??

Post by Turboman »

Kebijakan bagi APM utk assembling mobil di Indo sih ga salah, spy ada kontribusi thd pengembangan industri di Indonesia

Tapi mestinya Pemerintah juga membangun assembly plant skala besar, jadi APM yg jualannya sedikit bisa kerjasama dgn persh assembly plant milik BUMN utk meng assembling mobil2 nya di sini (APM gak wajib bikin pabrik)

Zaman OrBa dulu kan semua mobil yg dijual wajib assembling di Indonesia

Faktor LCGC :
LCGC ini ibarat virus di pasar otomotif sini

APM yg gak punya produk LCGC sulkt utk expansi pasar

Faktor Daya beli masyarskat :
Daya beli rakyat Indonesia yg terus merosot akibat digerus inflasi dan depresiasi IDR

Ditambah lagi tradisi harga mobil setiap tahun harus naik

APM yg gak punya jenis produk yg benar2 didisain utk pasar lokal Indo ya akan sulit utk expansi

IMHO n CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Ford TUTUP!??

Post by yaseinotulip »

Kok spt nya ada hal lain selain ga untung yang mgkn kita ga tau..
full imported car harus nya kan ga rugi tinggal di planning lebih baik aja kan import dari FMI nya.. atau bisa melakukan perampingan atau efisiensi operasional..
Dealer2 jg harus nya ga rugi karena kayanya populasi ford udah lmyn dan pasti yang punya ford cenderung service di beres jg.. walaupun emg skrg susah jualan kali ya secara fiesta blm kluar baru lagi, ecosport mid cycle cenderung decline klo ga ada refresh or facelift, evie kemahalan, focus ga ada pasarnya.. ranger turun jg karena mining ancur..

Skrg keluar artinya sia2 tuh bangun brand image 13 th.. ntar masuk lg saat economy di Indo udah bagus lagi harus start dari awal lagi..

Semoga ada perusahaan lokal yang berani ambil alih jadi atpm.. supaya customer byk pilihan ga cuma toyota honda..

Sebagai user fiesta dari 2012 ya pasrah aja dah haha.. udah sadar pas jual second nyo bakal nyungslep..
Padahal Gw bilang ass ford buat fiesta ga jelek lho..
Claim garansi cepet dan part selalu ada:
- disc brake gelombang claim lgsg diganti
- kompresor ac bunyi klo pagi, jg lgsg diganti cm nunggu acc FMI 2 hari dan part ready
- spion kena hajar motor, claim asuransi part jg ready
- masa garansi lewat, kena TCM jg lgsg diganti nunggu 1 hari doank acc FMI buat garansi claim

Klo dipake 2-3 th lg dijual tinggal brp yak hahaha
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Ford TUTUP!??

Post by Mamang555 »

Sempet tertarik untuk ambil Ford 2-3 tahun lagi coz di Bekasi ada dealer nya deket pintu tol segede gaban. Baru buka 1-2 tahunan kayaknya. Ehh koq dah KO duluan.

Dan setuju juga. Perihal ketersediaan parts bla bla bla.. ane yakin hanya lip service aja. Pertengahan tahun atau tahun depan juga udah modar kabeh itu dealer. Kemungkinan hanya habiskan sisa parts slow moving.

Bagi yang punya Ford, dan mungkin belum masuk masa servis (masih ada servis gratisan), buru2 deh di klaim meski belum masuk waktunya sebelum part2 nya ga available. Klaim2 juga tu keluhan yang belom sempet selagi bisa.

Btw, untung aja adek 2 taon lalu kagak ambil Ecosport, malahan ambil Rush
Alasan doi : "Bang.. mobil itu suatu saat PASTI dijual.., ngapain gw ambil yang SUSAH dijual"
Makanya ambil salah satu mobil paling dinistakan di SM.. wkwkwkw

Mungkin dia lagi cengar cengir baca berita ini :p
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4220
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ford TUTUP!??

Post by b0ku »

alvin23 wrote:
b0ku wrote:
mobilkutu wrote::e-naughty: Menurut om sekalian, ada ga si andil big japan auto company dalam pembuatan UU, sehingga japan auto yg sudah punya plant disini, tidak bisa tersaingi.

Bkn mksd lebih pro impor loh, saya dukung yg buka plant disini tp yg case nya seperti yamaha motor dgn nmax yg ngehajar honda pcx yg impor dr vietnam.

Tp yamaha nya full feature dgn abs dll dan murah banyak!!!!
!
Nah kalo case big T and H, mereka malah sunat abis fitur and dibanding mobil impor thailand, jauh banget!!! Takut nya masa2 suram tanpa saingan and terima produk sunatan seadanya + mahal kembali lagi.

Beda kan bandingin fitur dan kualitas m2 thai dgn jazz sini. M2 R at disc 50an jt harga 200jt vs jazz at 240an jt after diskon, jauuuh...
ada bangeet bosss kalo loe cium2x waktu LGCC keluar itu ud bikin gw makin enek sama tuh merek satu biang keroknya selalu itu sisanya cuma jadi pengikut gw liatin :ngacir:
Ada laa, wong orang gaikindo itu isinya ya itu2 aja, belum kemenperin yang "erat" sama itu...
oh Hando cuma ikut2 yak :big_biglaugh:
liat aja lah yg punya LGCC yang speknya indo bgt ketauan siapa yg ud prepare jauh2x honda malah maksa ikut2an brio itu bukan lgcc, suzuki sama datsun cuma masukin barang indihe ke indo.... loe gak inget dulu siapa yg koar2x jelek2in mobnas siapa mangnya jonfis pernah?? :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ford TUTUP!??

Post by ChZ »

alvin23 wrote:
ChZ wrote: Ford sepenglihatan saya penjualannya imbang - imbang sama Mazda... Fiesta dan Ecosport nggak dikit. Gak tau kalau ternyata mereka malah rugi banyak. Gak punya data statistiknya juga.
kalo rugi kayaknya nggak sih...secara dia cuma impor dan jualan. cuma sepertinya bule2 itu merasa gaperlu hadir disini karena sharenya terlalu kecil dan ga naik2 CMIIW
kalo GM pas tutup pabrik kan karena pabriknya memang very underutilized..., jadi rugi operasional
Yah kadang juga bisa sales nya tinggi tapi cash flow nya gak sehat om... Jadi gak balik balik modal.

Terlalu naif kalo bule bule itu bilang marketshare segitu kecil... Mau ngelawan siapa ooi... Jangan liat marketshare nya Atoyot dan Ahong dong...
alvin23 wrote:ada yang komen begini di trit kaskus..
quote - b4731ap-

Sedih gw dgn berita ini.

Ini sih yg denger dari temen gw org gaikindo. Ini alasannya:
Sbntr lagi semua pabrikan otomotif yang hanya sales resprentative dan after sales service akan tutup: Mazda, Volvo, Renault, Subaru, dll kecuali kebijakan import bisa dirubah.... Tapi ya namanya rakyat mah kudu manut mau gimana lagi....
Intinya pemerintah minta ke setiap atpm yang masuk ke Indonesia harus memiliki pabrik meskipun hanya sebagai pemasok import ataupun sub assy proses intinya peningkatan pendapatan negara dari sektor pajak dan juga penyerapan tenanga kerja dan lain2


buseeet, ada yg bisa info validitasnya? orang gaikindo?
tp bener juga kata om NR... birokrat2 baju coklat ini harus sekalian ditampar kalau mau berubah... mungkin keluarnya merk satu2 ini bisa jadi trigger... *kecuali emang udah gendeng banget ckck , narik pajak emang udah masuk level yang gak logis
Jadi punya pertanyaan... Seberapa besar investasi yang dilakuin sebuah merek untuk bangun pabrik assembling disini ya? Karena kita berkaca sama VW yang juga sama-sama merek *gak laku*... Tapi mobil - mobilnya semua SKD kecuali GTI, Touareg, Transporter/Caravelle, Scirocco. Apa iya prinsipal VW segitu nekatnya untuk bikin assembly plant dimari? Atau karena mereka modalnya kuat ?

Sementara Mazda yang jualannya belakangan "ngerek terus" .... Masih blom berani buka pabrik walau cuma assembly disini. Paling mentok ya Thailand itupun cuma Mazda2 dan upcoming CX-3.

Subaru sudah "kukut secara halus" .... Selama urusan utang 1,5 T nya gak diberesin.

Yang lampu kuning berikutnya kayaknya bisa - bisa Korea... brand Korea kan juga suram disini, import tax nya gede jadi harga nggak kompetitif.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ford TUTUP!??

Post by Turboman »

Rumornya grup Nusantara mau ambil alih hak APM Ford di Indonesia

berhubung mrk udah invest luar biasa gede utk jaringan diler & showroom Ford di Indonesia

Mudah2-an jadi kenyataan deh
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ford TUTUP!??

Post by ChZ »

1704MX wrote:
what?? wow....
termasuk VW juga ya? :big_think:
Mnurut saya VW nggak akan tutup dalam waktu dekat ... Masih dibawah payung indoboil... ya paling terkatung katung nasibnya.
mobilkutu wrote::e-naughty: Menurut om sekalian, ada ga si andil big japan auto company dalam pembuatan UU, sehingga japan auto yg sudah punya plant disini, tidak bisa tersaingi.

Bkn mksd lebih pro impor loh, saya dukung yg buka plant disini tp yg case nya seperti yamaha motor dgn nmax yg ngehajar honda pcx yg impor dr vietnam.

Tp yamaha nya full feature dgn abs dll dan murah banyak!!!!
!
Nah kalo case big T and H, mereka malah sunat abis fitur and dibanding mobil impor thailand, jauh banget!!! Takut nya masa2 suram tanpa saingan and terima produk sunatan seadanya + mahal kembali lagi.

Beda kan bandingin fitur dan kualitas m2 thai dgn jazz sini. M2 R at disc 50an jt harga 200jt vs jazz at 240an jt after diskon, jauuuh...
Hahaha udah jadi rahasia lama oom... LCGC itu tujuannya bukan bikin mobil murah, tapi bikin jalanan tambah macet! Alias ngerek penjualannya salah satu merek. Kebijakan LCGC itu urusan bisnis belaka...

Karena si "pelopor" ini, yang lain sekarang ikut - ikutan pengen nyicip juga... Yang lucu, HPM malah jadiin LCGC ini sebagai "pancingan".... OK Toyota Daihatsu gw keluarin Brio mesin lebih gede blablabla.... Toyota panas duluan....

Eeeee gak lama keluar model macem Mobilio.... Dihajar itu Avanza-Xenia.... Avanza nya sih gak babak belur, Xenia nya sekarang babak belur, sales nya dibantai Mobiloyo. Lalu sekarang disusul BR-V hajar Rush-Teroris.

Karena share common parts yang banyak jadi harga bisa ditekan dan cuan bisa diperbesar, ya gak om jonpis? :ngacir: Nurut saya New Jazz juga dapet keuntungan dari LCGC ini... Lha mesin Jazz kan sama kayak mesin Mobiloyo... Bahkan common parts nya banyak dengan Brio, coba diperhatiin aja konstruksi L12, L13 di Brio dengan L15 di Jazz/Mobilio... sama persis.

Maka nya New Jazz waktu keluar nyaris gak naik harga. Rem tromol belakangnya mungkin juga share part yang sama dengan Brio... HPM HPM :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ford TUTUP!??

Post by alvin23 »

ChZ wrote:
Jadi punya pertanyaan... Seberapa besar investasi yang dilakuin sebuah merek untuk bangun pabrik assembling disini ya? Karena kita berkaca sama VW yang juga sama-sama merek *gak laku*... Tapi mobil - mobilnya semua SKD kecuali GTI, Touareg, Transporter/Caravelle, Scirocco. Apa iya prinsipal VW segitu nekatnya untuk bikin assembly plant dimari? Atau karena mereka modalnya kuat ?

Sementara Mazda yang jualannya belakangan "ngerek terus" .... Masih blom berani buka pabrik walau cuma assembly disini. Paling mentok ya Thailand itupun cuma Mazda2 dan upcoming CX-3.

Subaru sudah "kukut secara halus" .... Selama urusan utang 1,5 T nya gak diberesin.

Yang lampu kuning berikutnya kayaknya bisa - bisa Korea... brand Korea kan juga suram disini, import tax nya gede jadi harga nggak kompetitif.
Nah Korea sih saya malah optimis mod... Target mereka gede banget di Indo (sektor lain). Industri lain udh banyak masuk dia... jd ane sih yakin dari prinsipal mereka gabakal narik diri. sejelek2nya kalau memang terjadi, paling nanti Hyundai-Kia jaringannya digabung kalau memang udah ganutup biayanya... mereka kan masih satu induk...

yg saya rada was-was ya GM indonesia, and to some extent Mazda...
karena mereka bener2 dari prinsipal, tanpa ada JV kayak Nissan under indomobil, atau bahkan renault..
sekali bule itu bilang cabut, ya cabut. ini yg terjadi sama ford sekarang.
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ford TUTUP!??

Post by Turboman »

Grup Korea feeling ane sih bertahan, soalnya ambisi & target mereka sangat tinggi.......hanya saja saat ini mereka masih konsentrasi di pasar2 gemuk spt US / China & juga wilayah Eropa

Hanya saja tanda tanya di benak ane, apakah utk sektor otomotif mereka ada win win policy sesama Chaebol negara asal nggak.....siapa tahu Pemerintah sana ambil policy utk jadi pemain "belakang layar" dan yg frontliner-nya gak diseriusin

FYI :
Mobil2 Toyota yg dibuat di TMMIN dan Toyota Thai plat baja utk panel body nya hampir semua di supply oleh POSCO

POSCO juga mensupply pelat baja ke berbagai industri mobil Jepun di ASEAN (kayaknya Honda / Nissan juga pake Posco)

Then.....what you drive today.......maybe a "Posco Car"

Have you drive "Posco Car" lately ?
:big_grin:
* Bukan ajakan Beli *
Stygulator
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Aug 13, 2015 14:33

Re: Ford TUTUP!??

Post by Stygulator »

FMEAKD wrote:Hai om badak.. long time no post


Ford... ane baru liat display barangnya di mobil Ska pekanbaru... tertarik sm dia punya ranger...
Tapi seperti yg diramalkan... dia tutup dan meninggalkan kita begitu cepat

Kurang" ford baru bangun dealer di palembang gedeeee bener.. baru 3 bulan umurnya... udah mati Atpm nya

Tapi fordnya dibawah naungan thamrin brother
Punya tharim bros om?
Brarti wong palembang yg punya ford mw servis berkala mungkin tinggal dibawa ke beres yamaha thamrin. :mky_03:
gogon344
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Wed Dec 30, 2015 3:53

Re: Ford TUTUP!??

Post by gogon344 »

YANG TUTUP FMI(jualan mobil) tapi DEALERNYA untuk service MASIH JALAN, (mungkin) masih jualan nantinya tapi langsung dealer bukan via FMI. di jalan udah mulai banyak ford tapi ya masih import semua + harga kompetitif sama merk lain. fitur sama merek lain ? beuh mantep .

udah kaya gini, pilihan lain ya jepun jepun semua .... yg harganya ya.... quality sama harga beda .....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ford TUTUP!??

Post by Turboman »

Semoga TATA motor tetap exist di Indonesia

Karena produk2 mobil niaga-nya banyak yg sebetulnya cocok utk kondisi Indonesia
* Bukan ajakan Beli *
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 657
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Ford TUTUP!??

Post by quyquy »

Kalo IMO, market yang dibidik setengah setengah.

Mau eksklusif, kalah sama Mercedez n BMW.

Mau yang menengah ke bawah, kalah sama APM japs..

Mau ke flat pertambangan perkebunan juga kalah sama mitsubishi

Masing2 target market pny strateginya sendiri2. Nah ford mau bidik mana kyknya nggak jelas.
zhulato
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Jan 21, 2016 3:36

Re: Ford TUTUP!??

Post by zhulato »

Turboman wrote:Kebijakan bagi APM utk assembling mobil di Indo sih ga salah, spy ada kontribusi thd pengembangan industri di Indonesia

Tapi mestinya Pemerintah juga membangun assembly plant skala besar, jadi APM yg jualannya sedikit bisa kerjasama dgn persh assembly plant milik BUMN utk meng assembling mobil2 nya di sini (APM gak wajib bikin pabrik)

Zaman OrBa dulu kan semua mobil yg dijual wajib assembling di Indonesia

Faktor LCGC :
LCGC ini ibarat virus di pasar otomotif sini

APM yg gak punya produk LCGC sulkt utk expansi pasar

Faktor Daya beli masyarskat :
Daya beli rakyat Indonesia yg terus merosot akibat digerus inflasi dan depresiasi IDR

Ditambah lagi tradisi harga mobil setiap tahun harus naik

APM yg gak punya jenis produk yg benar2 didisain utk pasar lokal Indo ya akan sulit utk expansi

IMHO n CMIIW
ini strategi yang lagi di jalanin sama Honda ya? gak perduli soal makan memakan merk sendiri (overlap product) yang penting duitnya masuk ke kantong yang sama.

btw, kalau mau ambil ford (sekarang) kira2 perawatan nya gmn ya? (sparepart utamanya)
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Ford TUTUP!??

Post by alexdonovan »

Hmm... Ecosport saya baru 7 bulan umurnya... Ga usah diawet-awetin, pake aja sampe rontok,.. Nanti ganti Nissan yang punya pabrik di Purwakarta...

Semoga Nusantara group bisa takeover dalam waktu dekat deh
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ford TUTUP!??

Post by ChZ »

alvin23 wrote:
Nah Korea sih saya malah optimis mod... Target mereka gede banget di Indo (sektor lain). Industri lain udh banyak masuk dia... jd ane sih yakin dari prinsipal mereka gabakal narik diri. sejelek2nya kalau memang terjadi, paling nanti Hyundai-Kia jaringannya digabung kalau memang udah ganutup biayanya... mereka kan masih satu induk...

yg saya rada was-was ya GM indonesia, and to some extent Mazda...
karena mereka bener2 dari prinsipal, tanpa ada JV kayak Nissan under indomobil, atau bahkan renault..
sekali bule itu bilang cabut, ya cabut. ini yg terjadi sama ford sekarang.
Asal funding dari prinsipalnya kuat si ya kayaknya Koreans aman... Mungkin malah lebih aman dari Mazda dan GM ya om...

GM udah bukan issue baru lagi, dari dulu keuangannya selalu sulit. Baik prinsipal di Amrik maupun GM AsPac sendiri.

Mazda ini juga agak ngeri, walaupun di Indo lumayan laku, tapi sepengetahuan saya bekingan dananya gak terlalu kuat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ford TUTUP!??

Post by Turboman »

quyquy wrote:Kalo IMO, market yang dibidik setengah setengah.

Mau eksklusif, kalah sama Mercedez n BMW.

Mau yang menengah ke bawah, kalah sama APM japs..

Mau ke flat pertambangan perkebunan juga kalah sama mitsubishi

Masing2 target market pny strateginya sendiri2. Nah ford mau bidik mana kyknya nggak jelas.
Andai FMI tetap mempertahankan
- Ranger model lama mesin 2.5 TDCi
- Evie model lama mesin 2.5 TDCi

Peslip

Dan harga naek dikit aja

Harusnya akan menarik krn si Evie tetap menjadi SUV Diesel 2.5 paling murah / kapasitas besar, model agak ketinggalan tapi gak ketinggalan banget (dibanding si Fossil hidup Panther, ini masih jauh lebih modern)

Ranger lama juga masih banyak peminatnya, bisa tempur di persaingan low end market

Udah itu mesin 2.5 TDCi juga berpotensi utk modif dan matic 5 AT nya juga kuat handle Torsi gede

Hanya saja letak termostatnya aneh, harus revisi lokasi termostat & akan lebih oke lagi.


ECU S Cube + Alphatec
Polished Head
re calibration Fuel Rail by REV
Down pipe + exhaust custom free flow
Fuel cooler
Extra fan on ATF cooler

http://www.fordcommunityindonesia.com/?q=node/100000029
* Bukan ajakan Beli *