762mm wrote:
Setelah beli mobkas perlu langsung dilakukan pengecekan ke bengkel ya? kira2 untuk pengecekan apa aja dan kemungkinan habis berapa?
Karena incaran om mobil diesel, first tip, yang pasti ketauan adalah bunyi mesin dan asap knalpot. Ini tip saya buat ambil mobil pertama ya.
Indikator pertama kesehatan mesin itu dari asap knalpotnya baik bensin atau diesel. Nyalain mesin, injek gas, perhatikan asap knalpotnya dari spion. Kalo mobilnya standar asap knalpotnya nggak mungkin hitam pekat. Kalau sudah naik boost itu baru hitam pekat. Kalo standar hitam pekat mungkin faktor BBM dan jarang purging.
Suara mesin kalau terdengar sedikit nggak stabil / nggak konstan, coba cek ke bengkel, mungkin injektornya minta diservis. Kentara banget kok suaranya mesin diesel dibanding mesin bensin kalau sedikit pincang.
Transmisi, memang AW340 di Innova D-4D AT ini tergolong kuat, tapi nggak ada salahnya periksa dulu itu oli ATF lewat dip stick, kali aja dapet yang high mileage dan pemiliknya lupa ngganti. Mending periksa di awal daripada amsiong ke depan. ATF yang bagus itu warnanya merah kayak warna sirup...
Kaki - kaki, ini ketauan waktu jalan biasanya. Yang keliatan mata, biasanya shockbreaker bocor atau lemes. Lalu per, cara periksanya mobil ditekan, kalau mantulnya cuma 1x berarti normal, per masih bagus. Biasanya juga jarang kok kalau low mileage. Kalo support shock dan karet - karet ketauannya waktu jalan sih, minta bengkel buat tes jalan mobilnya apakah ada bunyi aneh.
Kampas rem, cara ngeceknya senterin velgnya di bagian caliper dalam, keliatan kok. Kampas rem yang bagus minimal 30%. Kampas tromol biasanya harus cek ke bengkel karena nggak mungkin bongkar di showroomnya
Apalagi ya hmmm... Kelistrikan .... Paling penting cek tegangan aki (cranking & charging voltage), di bengkel juga ini kecuali om sedia alat cek aki atau punya avometer sendiri. Normal di sekitaran 12V. Di bawah itu akinya loyo, antara akinya minta ganti atau alternatornya sudah lemes. Di atas itu overcharge, berarti regulator / pembatas tegangannya rusak. Lampu - lampu indikator juga penting untuk dicek. Ini penting terutama buat tau itu mobil airbagnya pernah meletus atau enggak. Ah iya, Toyota/Daihatsu CKD punya kelemahan di lampu rem yang suka putus... Juga periksa lampu utama itu standar atau HID, saya lebih prefer yang lampu utama standar.
Itu yang basic yang bisa saya share sepengetahuan saya om... kalau mengenai biaya dll silahkan tanya pemilik nopah diesel yang lain
