Membuat Ipah Bensin Irit & Anti Ngelitik Gimana?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Membuat Ipah Bensin Irit & Anti Ngelitik Gimana?

Post by doge »

Turboman wrote:
doge wrote:Ipahnya klo metik dan/atau rute stop&go emg skitar 1:7... (on premium ya)
Klo yg msh open loop, set AFRnya mentokin lean aja gpp... paling tambah bolot aja larinya... (tp klo tega nginjek dlem yaa msh bisa lari la, betah"in aja suara ngooooong nya, ato audionya dikencengin :ngacir:)
Klo msh pngen sruntulan.. jual aja ipahnya... gnti yg d4d ato mobil laen..
mw diapain jg fcnya ya 1:5-9 dalkot (tergantung kondisi jln, driving style, kesehatan boil)
Emangnya di set lean pasti lebih irit yah om ?

Bukannya alhasil jadi mesti injek gas dalam2 terus......akhirnya ?

belum resiko ngelitik nya.......mesin bensin ada zona AFR ideal......jangan samakan dgn Diesel yg AFR bisa sgt flexible
klo di ipah yg di rmh sih seengaknya ga usah terlalu jaga injekan gas, ga usah bingung ngeliati meteran bensin klo nunggu dalem mobil sambil nyala dapetnya pasti somewhere 1:7, kena macet (atau padat merayap?) sby timur-barat yaa segituan...

iya sih, injeknya agak dalam (klo butuh lari)... tp klo diset ngga lean mentok pun klo g diinjek ga lari... klo kena macet (dg setingan lambda 1), pasti jd 1:6an..

bnernya ipah di rmh aku set lean mentok krn yg make bokap... doi nyetirnya alusan banget... (injek gas ga lebih dr 1/4), sekeluarga jg nyetirnya alusan smua... (alon-alon rapopo) dan ni ipah shaky klo 100+...

dlu jg smpet abis carbon clean pertama kali (setelah 100k km ngelitik parah pdhal pedal gas diinjek 1/3an doang) & set afr di beres sesuai anjuran (lambda 1), jarak 10k km ngelitiknya balik lg... asap kenceng lagi (kyk motor karbu yg slh seting karbu).. yaudah carbon clean lg di G*T, skalian eksperimen klo lean mentok gmn... eh, sesuai ekspektasi aku smpe skrg:
-fc 1:7an ngga full-to-full [krn bokap gmw ngisi dibwh 1/4](isi 150k premium (hrg 6.550) bs 210an km)
-ngelitik blom balik smpe skrg
-msh bs dikebut [ walopun klo bwt ngejar avanza dkk wktu lukot hrs pke 3-2 nya sih, dan sering ngalah, dan banyak doa]

klo diinjek abis dan ndadak ya ngelitik om... klo ngga (diurut), ngga masalah om...

notes:
-dlu prnah pke CAI... idle geter.. respon mobil ga enak... engine geter parah klo idle... broke a coil... (dc coil: 900k)

-aku berani ngeset lean mentok krn potensionya disediain pabrikan... assuming unlikely mereka bakal nyediain sesuatu yg bs diseting yg bs ngerusak engine... (right?)

-buat yg mw nyoba yg aku lakuin...

!! DO WITH YOUR OWN RISK !!

bner kata om GT... mesin bensin ada range afr idealnya... klo ngelitik bs jebol engine...

-kondisi busi masih unknown dg setingan skrg... toh bokap udh gpp klo gnti busi tiap 10k km dg setingan ini (busi ipah 4biji 60k klo g slh..)

-after all.. rvnya vvti jelek kan...


- oot, di SM ini bisa nyoret tulisan ga ya?
:ngacir: