Mobil Pertama irit 5 seater

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

new_shogun
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Fri Aug 31, 2007 16:58

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by new_shogun »

new_shogun wrote: ...
betul om, di situs jual beli ngamprak yang eks taksi km sdh 300rb up. sedikit yg jual seri E. lagian daripada beli seri E, nambah 5jt udah dapet seri G. mobil seken harganya mirip2, utk itu selalu prefer ambil seri teratas :big_comfort:
yg jelas ati2 jgn sampe beli vios taunya dapt limo (eks taksi) dgn harga sama, karena banyak diluaran limo di upgrade.

belum balik nama om, pajek ntr januari, sktr 2,2jt sy lihat. dulu plan B yaris, cm mslhnya yaris sm vios sekennya mahalan yaris. duit yg sama baru dapet yaris E, yang mana kelengkapannya standar. feature yg sama baru diperoleh pada yaris S dgn harga lebih mahal :big_chicken:
Oh iya om.. maaf, ada yang kelewatan tadi sy bacanya, kan udah dibilang sama om tadi di atas kalo tipe G yah.. hehee... :mky_01: Oiya om, bisa bagi tips nya untuk ngebedain limo eks user personal sama eks armada yang udah diupgrade.. Selaen dari odo, katanya odo juga bisa direset ya..
Jadi harus ekstra hati2.. Rencana weekend ini sy mau coba cari di bursa tvri manyaran sekalian maen ke tempat sodara.[/quote]

hmm, bursa TVRI manyaran semarang ya. di sana harganya ajaib2 lho om, sama dgn TVRI jogja juga, pengalaman dulu cari starlet buat sepupu. rata2 mereka pdg, barangnya lemon. keliatannya aja mulus tapi sesungguhnya wallahua'alam.. ke sana lebih ke liat2 barang & cari ilmu, beli nya mending di user langsung aja :big_peace:

perbedaannya sdh dijelasin om2 diatas. sekedar nambahin perbedaan buat vios gen2 vs limo gen2 :
- vios G udah dilengkapi speedometer berpendar (indiglow), vios E & limo dgn lampu LED biasa
- masih speedometer, coba puter kunci kontak ke posisi on, harus ada icon ABS,P/S, auto levelling yang nyala dan display MID dgn LCD biru. seri E & vios tanpa MID & warna LCD putih
- pencet2 tombol di bawah hazard, seri G bisa menampilkan konsumsi bbm rata2, kec. rata2, dll. seri E & limo cm odometer & tripmeter
- seri G ada lampu foglamp di bemper belakang & depan (dgn sakelar lampu built in di tuas stir), rem cakram belakang, jog & interior fabric warna beige.

yg saya sebut tadi kecil kemungkinan ubahan karena akan sangat mahal biaya upgrade nya. sebenarnya ada banyak sekali poin perbedaannya, limo ada sein di sblh roda depan, vios adanya tulisan VVTI krn sein samping menyatu di speedometer.
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by FRD »

quyquy wrote:
FRD wrote:Gampang kok bedain vios jejadian alias limo ex taksi yg udah didandanin mirip ama vios asli.., liat aja bpkb nya, kalo jenis kendaraan tertulis toyota limo dan tangan pertama nya atas nama PT sebuah perusahaan taksi berarti itu udah pasti ex taksi yg odonya udah diatas 300rb km meskipun bisa direset jadi belasan / puluhan ribu km saja .

Kalo vios asli di bpkb jenis kendaraannya ertulis toyota vios dan tangan pertama perorangan bukan ex PT

Cmiiw

Sekedar sharing pengalaman saya ganti nama BPKB, itu buku totally new.

Jd misal mbl saya jual, org yg mau beli susah ng-trace tangan pertama nya siapa kalo sekedar liat buku BPKB yg sudah di balik namakan.

Bisa di trace tp harus ke samsat dimana BPKB yg lama tersimpan disana.

Tapi betul, vios limo itu di BPKB dan STNKnya tertulis toyota Limo, bukan Toyota Vios Limo apalagi Toyota Vios. Bener2 tertulis Toyota Limo
Totally new? Jadi pemegang sblmnya tdk bisa terlacak ya om? Yaah yang penting sih jenis kendaraanya itu yg jadi bukti asli kalo itu vios jejadian apa vios asli.

Kebetulan pernah punya Vios G AT 2010, warna interiornya beige bukan hitam seperti limo, entah kalo tipe E gmn saya krg paham, karena beli seken di tahun 2012 dgn odo 8xxx km dan kondisi yg sangat mint, dan bonus ketemu mahasisiwi cantik yg sebagai owner vios tsb :mky_03:
:big_smoking:
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by swag7 »

Mirage irit om.. gak jelek2 amat juga koq quality sm performance nya. Atau new sirion.

Kedua nya value for money-nya bagus
Improvise, Adapt and Overcome!
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by hariy »

FRD wrote:
quyquy wrote:
FRD wrote:Gampang kok bedain vios jejadian alias limo ex taksi yg udah didandanin mirip ama vios asli.., liat aja bpkb nya, kalo jenis kendaraan tertulis toyota limo dan tangan pertama nya atas nama PT sebuah perusahaan taksi berarti itu udah pasti ex taksi yg odonya udah diatas 300rb km meskipun bisa direset jadi belasan / puluhan ribu km saja .

Kalo vios asli di bpkb jenis kendaraannya ertulis toyota vios dan tangan pertama perorangan bukan ex PT

Cmiiw

Sekedar sharing pengalaman saya ganti nama BPKB, itu buku totally new.

Jd misal mbl saya jual, org yg mau beli susah ng-trace tangan pertama nya siapa kalo sekedar liat buku BPKB yg sudah di balik namakan.

Bisa di trace tp harus ke samsat dimana BPKB yg lama tersimpan disana.

Tapi betul, vios limo itu di BPKB dan STNKnya tertulis toyota Limo, bukan Toyota Vios Limo apalagi Toyota Vios. Bener2 tertulis Toyota Limo
Totally new? Jadi pemegang sblmnya tdk bisa terlacak ya om? Yaah yang penting sih jenis kendaraanya itu yg jadi bukti asli kalo itu vios jejadian apa vios asli.

Kebetulan pernah punya Vios G AT 2010, warna interiornya beige bukan hitam seperti limo, entah kalo tipe E gmn saya krg paham, karena beli seken di tahun 2012 dgn odo 8xxx km dan kondisi yg sangat mint, dan bonus ketemu mahasisiwi cantik yg sebagai owner vios tsb :mky_03:
Cara mengetahui nama pemilik pertama suatu kendaraan, PT atau perorangan, dilihat di lembar faktur dan atau NIK. Kalo yg jual mobil tidak bisa menunjukkan faktur mobil ybs, datang ke kantor samsat tempat kendaraan tsb terdaftar untuk minta faktur fotokopi, ke bagian arsip. Syarat nya, stnk dan bpkb aseli. Juga membayar biaya administrasi (afaik).
Last edited by hariy on Wed Dec 09, 2015 13:35, edited 1 time in total.
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by nyotnyet »

Chevy spin? Katanya sekennya remuk tuh....cmiiw

Soul Red zoom zoom
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by r1409 »

navigator wrote: Iya juga sih om, temen2 juga pada nyaranin mirage.. bisa jadi pertimbangan lebih lanjut. Kalau untuk long term nya gimana ini mirage om? kira-kira untuk 5-7 tahun ke depan. Soalnya dalam jangka waktu itu ane masih ada tanggungan dan belum siap untuk nambah beban tanggungan lagi, ya minimal bisa bertahan 5 tahun dan ga bosen pengen ganti :big_childish:
mirage baru rilis di indo 2012, tapi nama besar mitsu sebagai pembuat mobil tangguh sudah ga perlu diragukan lagi.
mirage cvt ane udah pernah dipake road trip muter surabaya-semarang-jogja pp 2x, mountain road di tawangmangu-sarangan (4 org full barang), dan beberapa kali mountain road dengan jalan rusak, curam dan berliku, semua dilalui tanpa masalah. beberapa minggu lalu naek ke bukit pertambangan kapur di madura juga (5 orang), jalanan penuh debu kapur dan tanjakan berbatu.
sudah hampir 40rb km, belum ada tanda2 masalah pada kaki. sejauh ini masih enak2 aja.
di bagian mesin juga oke, no trouble so far. malah sx4 temen ane yg ikut ke bukit kapur langsung bermasalah di bearing AC karena debu kapur, mirage ane gpp. ya memang ini contoh penggunaan ekstrim sih, tapi kan bisa sebagai gambaran reliabilitas mitsu..

iritnya salah satu yg paling irit, bahkan lebih irit dari LCGC sekalipun.
tenaga mantap, biarpun spek hp dan torsi kecil tapi faktanya buas.
badaknya, sudah ane jelasin diatas. lagipula bisa liat sendiri lah bikinan mitsu, berapa banyak mobil lawas mitsu yg masih beroperasi dengan kuat di jalanan. dari kendaraan niaga, minibus ala mitsu kuda, dan sedan2 macem eterna, lancer dan galant...
GC lumayan, 16cm. kalau takut mentok tinggal dikasih spring damper seperti punya ane.
bagasi lumayan.
setir enteng, turning radius kecil, enak buat belok2 di jalan sempit.
nyamannya oke, posisi duduk enak, bisa diatur ketinggian joknya. ada tilt steering juga. dulu ane pernah nyetir 9 jam nonstop dari ambarawa-salatiga-bojonegoro-sby, badan oke2 aja. cuma masalahnya ada di bunyi kaki2 dan ban, karena minim peredam. tinggal diatasi dengan setel musik dan pasang karet tambahan pada karet balon pintu dan bodi.

biaya perawatan, memang parts dan ongkos servis di beres agak mahal, tapi sebanding dengan umur parts dan kehandalannya. sama saja dengan parts murah tapi umur pendek, lebih cepat ganti daripada parts mahal tapi umur panjang. jatuhnya kurang lebih sama.

ada member SM yg pemakaian mirage nya berat banget tuh, belum setaun udah 40rb km, dan kalo ga salah sampe sekarang so far so good.
navigator
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Dec 09, 2015 2:40

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by navigator »

quyquy wrote: ...
Membedakan Vios gen.2 dng Limo gen.2 adalah di rem belakang dimana Limo gen.2 gak pake cakram. Oiya skd intermezo generasi awal limo gen.2 (thn 2007-2008) remnya pake ABS, setelah itu nggak pake. Selain rem belakang juga warna dasboardny. Kalo limo gen.2 item semua warnanya.

Nah kalo bedain vios gen.1 dengan limo gen.1 itu yg agak susah. Sangat tricky.

Jd kalo mau meminang vios seken, amannya pilih vios gen.2. Liat roda belakang, kalo pake cakram sudah pasti dia trully Vios.
...
new_shogun wrote: ...
perbedaannya sdh dijelasin om2 diatas. sekedar nambahin perbedaan buat vios gen2 vs limo gen2 :
- vios G udah dilengkapi speedometer berpendar (indiglow), vios E & limo dgn lampu LED biasa
- masih speedometer, coba puter kunci kontak ke posisi on, harus ada icon ABS,P/S, auto levelling yang nyala dan display MID dgn LCD biru. seri E & vios tanpa MID & warna LCD putih
- pencet2 tombol di bawah hazard, seri G bisa menampilkan konsumsi bbm rata2, kec. rata2, dll. seri E & limo cm odometer & tripmeter
- seri G ada lampu foglamp di bemper belakang & depan (dgn sakelar lampu built in di tuas stir), rem cakram belakang, jog & interior fabric warna beige.

yg saya sebut tadi kecil kemungkinan ubahan karena akan sangat mahal biaya upgrade nya. sebenarnya ada banyak sekali poin perbedaannya, limo ada sein di sblh roda depan, vios adanya tulisan VVTI krn sein samping menyatu di speedometer.
Noted om quyquy dan om shogun, ini sy jadiin modal buat cek n ricek karena banyak tukang sulap biar nanti sy ga kena hipnotis.. apalagi ini nanti bakal jd boil pertama :mky_04: Rencananya ke manyaran juga cuman buat knowledge sharing om, Ga ada salahnya mampir mumpung nanti ke semarang.

FRD wrote:
Kebetulan pernah punya Vios G AT 2010, warna interiornya beige bukan hitam seperti limo, entah kalo tipe E gmn saya krg paham, karena beli seken di tahun 2012 dgn odo 8xxx km dan kondisi yg sangat mint, dan bonus ketemu mahasisiwi cantik yg sebagai owner vios tsb :mky_03:
Hoki banget om FRD ... dapet mobil sekaligus nonik, tapi ga kena hipnotis kan om? :ngacir:
swag7 wrote:Mirage irit om.. gak jelek2 amat juga koq quality sm performance nya. Atau new sirion.

Kedua nya value for money-nya bagus
Durability nya gimana nih om? soalnya ane sering pake luar kota nantinya, minimal seminggu sekali dengan kondisi jalan yang ga ada bosen2nya diperbaikin (proyek abadi).
nyotnyet wrote:Chevy spin? Katanya sekennya remuk tuh....cmiiw
Modelnya sy kurang begitu suka om :big_think:
r1409 wrote: mirage baru rilis di indo 2012, tapi nama besar mitsu sebagai pembuat mobil tangguh sudah ga perlu diragukan lagi.
...


... ada member SM yg pemakaian mirage nya berat banget tuh, belum setaun udah 40rb km, dan kalo ga salah sampe sekarang so far so good.
Punya om r1409 yang tipe exceed kah? Saya belum pernah test sama sekali baik jadi penumpang / driver, jadi belum gitu ngerti tentang mirage kalo liat ni boil di jalan sih sering yang warna merah punya tetangga komplek, kalo vios yaris sx4 udah pernah walopun bukan punya sendiri, jadi bisa ngebayangin gimana feelnya. Jadi makin tambah galau nih ... :big_cry:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by FRD »

Ya bisa dibilang hoki oom, krn kondisi viosnya bener2 mint luar dalam serta service record sampe faktur2nya lengkap semua, bonus ketemu nonik cakep pula. :mky_03: sayangnya 1 kekurangan vios: sempit. Itupun apa gara2 ane yg tiap hari naik mpv jadul keluaran 1997 ya hahahahahaaa jadi referensi ttg luas atau sempitnya kabin masih berdasarkan mpv jadul ane...


Tp pake vios cuma sebentar, 2013 pertengahan dijual hiks..
:big_smoking:
navigator
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Dec 09, 2015 2:40

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by navigator »

FRD wrote:Ya bisa dibilang hoki oom, krn kondisi viosnya bener2 mint luar dalam serta service record sampe faktur2nya lengkap semua, bonus ketemu nonik cakep pula. :mky_03: sayangnya 1 kekurangan vios: sempit. Itupun apa gara2 ane yg tiap hari naik mpv jadul keluaran 1997 ya hahahahahaaa jadi referensi ttg luas atau sempitnya kabin masih berdasarkan mpv jadul ane...


Tp pake vios cuma sebentar, 2013 pertengahan dijual hiks..
Sempitnya sebagai driver ya om? posisi duduk nya kurang nyaman atau gimana? kalo dipake jalan jauh gimana om? ada keluhan ga om sebagai driver / penumpang di co-pilot sama row 2. Kalo naek taksi limo koq kayanya lega ya om yang di row 2, karena apa mungkin badan saya yg ga terlalu tinggi ya?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7399
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by newrubble »

isuzu panther 'smart"

irit ... super rhino ... sama spt hatchback (stnk hb juga sama spt dia ... minibus) ... cargo zone tdk terlalu sempit

parts murah ...lbh nyaman dr defender sy dulu ... long lasting model ... wang sgitu bs dpt yg lbh muda dr 2007 release

bisa jadi 7 seater
narji
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sat Mar 15, 2014 9:36

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by narji »

vote Mirage..
tenaga melimpah plus irit.. GC 160mm cukup tinggi..
cek di mo*il1*3.. exceed 2012-2013 2ndnya di 115jt..
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by FRD »

navigator wrote:
FRD wrote:Ya bisa dibilang hoki oom, krn kondisi viosnya bener2 mint luar dalam serta service record sampe faktur2nya lengkap semua, bonus ketemu nonik cakep pula. :mky_03: sayangnya 1 kekurangan vios: sempit. Itupun apa gara2 ane yg tiap hari naik mpv jadul keluaran 1997 ya hahahahahaaa jadi referensi ttg luas atau sempitnya kabin masih berdasarkan mpv jadul ane...


Tp pake vios cuma sebentar, 2013 pertengahan dijual hiks..
Sempitnya sebagai driver ya om? posisi duduk nya kurang nyaman atau gimana? kalo dipake jalan jauh gimana om? ada keluhan ga om sebagai driver / penumpang di co-pilot sama row 2. Kalo naek taksi limo koq kayanya lega ya om yang di row 2, karena apa mungkin badan saya yg ga terlalu tinggi ya?
Sempit di row 1 om alias depan, kalo row 2 sih lumayan luas.. yg bikin ga nyaman itu bagian buat nahan punggung di jok depan, ketinggian buat ukuran sedan... just imo :ungg:
:big_smoking:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by VanzMatic »

Kalau saya pribadi ya..

Berarti dana ready 135juta mentok yah. Mending saya belikan LCGC Agya yang rentang harga segitu. Cash keras. Setelah itu, saya ngga kebebani pikiran PR PR ala mobkas. Tinggal bejek gas dan disalonin. Kecil kecil sederhana gitu tengil dan bandel juga loh. Buat tanjakan curam di karesidenan Banyumas (purbalingga, purwokerto, tegal, cilacap) ini mobil trmasuk ganas melahap tanjakan curam yang sampe sampe pikap grenmeks kosong muatan aja rada keteter menanjak. Pengalaman kemarin siang barusan.

Warna merah termasuk keren, apalagi windows film dipasang yg hitam. Cakep. Built quality? Makanya pakai trim G. Kalau ternyata ada sisa dana, pakai untuk melabur seluruh body dengan peredam model asphalt sheet.

Once again, IMO

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 657
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by quyquy »

VanzMatic wrote:Kalau saya pribadi ya..

Berarti dana ready 135juta mentok yah. Mending saya belikan LCGC Agya yang rentang harga segitu. Cash keras. Setelah itu, saya ngga kebebani pikiran PR PR ala mobkas. Tinggal bejek gas dan disalonin. Kecil kecil sederhana gitu tengil dan bandel juga loh. Buat tanjakan curam di karesidenan Banyumas (purbalingga, purwokerto, tegal, cilacap) ini mobil trmasuk ganas melahap tanjakan curam yang sampe sampe pikap grenmeks kosong muatan aja rada keteter menanjak. Pengalaman kemarin siang barusan.

Warna merah termasuk keren, apalagi windows film dipasang yg hitam. Cakep. Built quality? Makanya pakai trim G. Kalau ternyata ada sisa dana, pakai untuk melabur seluruh body dengan peredam model asphalt sheet.

Once again, IMO

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
Yup..

PRnya mbl seken bejibun..

Kalo dpt mbl seken diatas 5 thn:
Perbaikan minimal std layak pakai no worries:
Kampas kopling, kampas rem, tierod, long tierod, ball joint, link stabil, boss arm, shockbreaker, kuras minyak rem..

Spare dana no worries: 10 jutaan.

Plus balik nama: 5 jutaan

Total2 spare dana 15 jutaan (level minimal no-worries).

Belum lg spare time ke bengkelnya.

Tapi balik lagi ke orgnya. Kalo demen otomotif, kebanyakan ambil seken it's oke.

Tapi kalo enggak demen, best choice ambil mobil gress baru. Nah setelah bbrp lama kerja, karir naik baru lah tuker tambah mbl baru level atasnya lagi..
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by alvin23 »

Budget 125 jt,
seken tahun muda : Mitsu Mirage , masih banyak tuh tahun 2012,2013 kondisi ting ting udah buka harga 110an
rada lebih menantang : Yaris type E or S Ltd, budget segitu bisa dapet tahun 2008 atau 2009 (facelift pertama awal2)

Jazz? paling dapet yg masih GD3, trus ada CVT yg err....

gausah parno ama mobil bekas, apalagi kalo umur dibawah 5 tahun. makanya keluarin usaha ekstra pas lagi hunting unit, jangan baru liat 1 unit langsung deal. Lbh bagus kalo dapet yg service record masih lengkap.
Dan harus test drive, jarak gapapa gajauh, tapi minimal ada kesempatan buat dibejek sedikit. dari situ harusnya kita udah tau lah, ini mobil sebagus/sejelek apa kondisinya.

Selama jepangan, restore gaakan diatas 10 juta umur segitu dengan kondisi sehat

Diatas ada yg saran Ford Fiesta / Mazda 2. Ini harga bekasnya lebih hancur.
kl di jkt bisa dapet budget segitu tahun 2010-2011. Tapi ane pribadi malah menghindar, soalnya umurnya >5 tahun, dan hunting yg 2012-2013 awal unitnya susah bener , akhirnya dapetnya Yaris S 2012 deh, kondisi mint , service record lengkap, tinggal isi bensin aja deh pokoknya, servis berkala juga baru 1000 km sebelum ane beli ni mobil hahaha. Cuma ganti karet wiper aja krn udh getas
Rocky R ADS CVT 2021
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by r1409 »

@navigator: punya ane GLS.

betul mobil bekas taun muda masih minim restorasi, umumnya umur parts masih panjang. jadi biaya restorasi bisa ditekan.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by NYoman »

Kriterianya sih menuju ke...

Vios dan Yaris, parts mudah, service mudah, mesin juga badak..

Suzuki SX4 is good sayang nya steering rack yang suka bunyi gruduk2 (kejadian di mobil saya, padahal KM rendah dan pemakaian banyak dijalan tol) sisanya mobil ini cukup baik untuk "kerja" dan happy happy.. Untuk manualnya short shift untuk yang matic 4at nya sudah lebih dari cukup..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ershad
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Sep 21, 2014 11:56

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by ershad »

new_shogun wrote:
navigator wrote:
new_shogun wrote: 4. SX4 : suspensi stiff, setir rada berat, agak takut dgn spare part suzuki
5. innova G bensin 2004-2005 : 1st gen bensin rada boros, dan usia sudah uzur, rata2 km sudah tinggi
6. vios G 2009 mt : relatif nyaman, gesit, irit (satu liter bisa 22km, rata2 18km kondisi mix tol bawen-krapyak & sepanjang pantura hingga pemalang) kondisi salib2an goyang pantura sama bis malam. Interior & feature jg lengkap a.l : lampu bawaan HID (penting, apalagi buat cruising pantura malam hari), ABS-EBD-BA, dual air bag, EPS, heigh seat adjustable, parking sensor, steering switch, elect-retract mirror, MID, dll

pilihan jatuh kepada vios, kebetulan waktu itu nemu di o*x ada yg jual tahun 2009 awal buka harga 125jt nego dengan km cuma 22.000km, plat nomor juga sesuai domisili ane :big_smile]
harga pasar sebenernya bekisar 115jt (jateng). mengingat kondisi yg istimewa, pajak masih panjang dan plat nmr sesuai KTP ane & km sgt rendah, ane beranikan ambil. so far sudah 9 bulan di tangan ane, jarak tempuh skrg 34.000 ga pernah ada masalah. uang yg keluar baru buat beli bensin, bayar tol, ganti oli mesin & oli transmisi. bener2 brings a peace of mind.
satu2nya kekurangan adalah waktu di semarang banyak ketemu kembarannya dalam wujud taksi :big_slap: :big_slap:
Wah, vios yah om.. Taksi minded ni boil emang udah mutlak kayaknya.. Tapi kalo dapetin yang kaya om shugun itu kayanya hoki banget om, rata2 vios sy cari2 d situs jual beli kebanyakan ex taksi odo udah tinggi. om shogun dapet yg tipe V ya? lengkap banget gitu safety + fiturnya.. udah balik nama om? abis berapa? selaen vios yang jadi Plan B apa kira2 apa ya om?? :big_think:
vios adanya cuma seri E sama G om, ga ada seri V. G seri dgn kelengkapan komplit spt sy sebut, E terondolan. dibawah E masih ada limo alias taksi. tipe E kelengkapan dan aura kabin hitam sama kaya taksi cuma sudah power window di semua jendela, velg alloy ring 14, rem cakram di depan & belakang teromol tanpa ABS, EBD, BA, air bag, tanpa MID, tanpa steering switch, lampu masih halogen.
betul om, di situs jual beli ngamprak yang eks taksi km sdh 300rb up. sedikit yg jual seri E. lagian daripada beli seri E, nambah 5jt udah dapet seri G. mobil seken harganya mirip2, utk itu selalu prefer ambil seri teratas :big_comfort:
yg jelas ati2 jgn sampe beli vios taunya dapt limo (eks taksi) dgn harga sama, karena banyak diluaran limo di upgrade.

belum balik nama om, pajek ntr januari, sktr 2,2jt sy lihat. dulu plan B yaris, cm mslhnya yaris sm vios sekennya mahalan yaris. duit yg sama baru dapet yaris E, yang mana kelengkapannya standar. feature yg sama baru diperoleh pada yaris S dgn harga lebih mahal :big_chicken:
Trim yaris beda sama vios om, kalo yaris ada J, E, S, Slimited.. Yang trondolan tipe J, kalo E udah ada dual SRS airbags, ABS, EBD, BA, high adjuster seat, cuman belom auto retract mirror sama audio steering control kaya tipe S.. Malah menurut saya speedometernya gantengan yang E daripada S, nyala putih, kalo S nyala oranye heheheheh
User avatar
agungkrist85
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Apr 09, 2012 7:57

Re: Mobil Pertama irit 5 seater

Post by agungkrist85 »

mau urun pendapat, ane biasa pake yaris E manual 07, odo jalan 61XXX, domisili di jateng juga, bbrp kali sebulan luar kota 100 -200 km,
untuk maintenance nyaris ngga pernah ada problem, selain servis rutin, cek aki, cek tekanan angin, cek oil level, air wiper n radiator. N mobil ini ga nyusahin meski udah 8 tahun lewat, sodara juga punya yasir 08 S matic,odo jalan 110XXX, emang beberapa slow moving part udah minta ganti, bagian suspensi depan, tapi ga horor2 amat sich DC nya.
di tahun itu bedanya E sama S ada di fog lamp, yang E bawaan dealer biasanya n yang S asli pabrik, trus E belum retract spion n jok belakang yang S udah konfigurasi 50-50, trus lampu indikator di S warna kuning or orange, plus yang S interior full black semua, yang E masih ada abu2nya terutama di plafon.
Belum bisa kasih saran kalo dibanding jass or sx 4, soale biasanya cuman minjem or nebeng, cuman sepintas ya masih enakan yaris buat dalam kota, dan masalah FC, PP pulang ke rumah jarak jogja solo door to door sekitar 120 km, bbm abis 50rban, jalan santai, soalnya ada baby.
dipinjemin 1GD, 1NZ trus 4A91 yang dailynya pake pario pekgo, gak kuat ngempanin bengsinnya. :big_smoking: