Mobil Pertama irit 5 seater
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 09, 2015 2:40
Mobil Pertama irit 5 seater
Selamat pagi rekan2 serayamotor
mohon ijin nubitol ijin gabung sekaligus mohon saran
sy rencana mau beli mobil bulan depan tapi masih bingung karena setelah tanya dan baca sana-sini malah jadi tambah bingung.
Budget ada sekitar 125 juta. Rencana mau ambil mobil bekas di kisaran harga 100-115 juta. Sisanya 5-10 juta buat restorasi.
Sebenernya sih masih nyaman pake motor, karena berhubung tuntutan kerjaan akhir2 ini sering keluar kota bawa2 barang banyak, jadi lebih nyaman dan aman kalo ada kendaraan sendiri. Mau pake mobil kantor ga bebas, kurang nyaman aja.
Kriteria utamanya:
1. 5 Seater karena saya masih single umur 26 tahun.
2. Cukup irit fc jangan di bawah 1:9.
3. Tidak terlalu tua maksimal tahun 2007. Syukur2 dapet yang mudaan, karena waktu buat ke bengkel ga banyak.
4. Badak, Reliability OK, Biaya perawatan murah, sparepart gampang.
5. Keperluan untuk kendaraan utama. Berangkat kerja dari rumah ke kantor 20km an, traffic lancar jaya. Bebas macet karena posisi di jawa tengah.
6. Tiap weekend pulang kampung jarak tempuh 120km an, medan jalan 30% ga rata, jadi perlu gc agak tinggi.
7. Model masih oke jangan ketuaan, biar pede kalo ngajak jalan temen.
8. Bagasi cukup, ga terlalu sempit. Kadang2 bawa2 kardus buat dagangan / pesenan orang.
8. Pengennya sih HB tapi sedan juga gpp, SUV ga dulu deh, soalnya agak boros mungkin ya..
9. Prefer mobil jepang.
Mohon bantuan dan pencerahannya dari para mastah dan suhu sm semuanya..
Thanks a lot, best regard.
mohon ijin nubitol ijin gabung sekaligus mohon saran
sy rencana mau beli mobil bulan depan tapi masih bingung karena setelah tanya dan baca sana-sini malah jadi tambah bingung.
Budget ada sekitar 125 juta. Rencana mau ambil mobil bekas di kisaran harga 100-115 juta. Sisanya 5-10 juta buat restorasi.
Sebenernya sih masih nyaman pake motor, karena berhubung tuntutan kerjaan akhir2 ini sering keluar kota bawa2 barang banyak, jadi lebih nyaman dan aman kalo ada kendaraan sendiri. Mau pake mobil kantor ga bebas, kurang nyaman aja.
Kriteria utamanya:
1. 5 Seater karena saya masih single umur 26 tahun.
2. Cukup irit fc jangan di bawah 1:9.
3. Tidak terlalu tua maksimal tahun 2007. Syukur2 dapet yang mudaan, karena waktu buat ke bengkel ga banyak.
4. Badak, Reliability OK, Biaya perawatan murah, sparepart gampang.
5. Keperluan untuk kendaraan utama. Berangkat kerja dari rumah ke kantor 20km an, traffic lancar jaya. Bebas macet karena posisi di jawa tengah.
6. Tiap weekend pulang kampung jarak tempuh 120km an, medan jalan 30% ga rata, jadi perlu gc agak tinggi.
7. Model masih oke jangan ketuaan, biar pede kalo ngajak jalan temen.
8. Bagasi cukup, ga terlalu sempit. Kadang2 bawa2 kardus buat dagangan / pesenan orang.
8. Pengennya sih HB tapi sedan juga gpp, SUV ga dulu deh, soalnya agak boros mungkin ya..
9. Prefer mobil jepang.
Mohon bantuan dan pencerahannya dari para mastah dan suhu sm semuanya..
Thanks a lot, best regard.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Dec 09, 2015 2:06
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Bisa ambil ford fiesta lama atau jazz gd3 gan.
Pengalaman pake jazz puas, walau gc gak tinggi, tapi gak serendah di yaris.
Pengalaman pake jazz puas, walau gc gak tinggi, tapi gak serendah di yaris.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Jazz RS 2008an, yaris S ltd 2008an, swift gt3 jg dapet, tp y sesuda nego kayanya biar dapet 110jt
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 09, 2015 2:40
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
thank om akang, Jazz sama yaris masuk kriteria, sempet mikir mau ambil swift tapi kembali lagi ke masalah gc yang ga begitu tinggi, jalur mudik lumayan ajeb2 soalnya om..ak4ng wrote:Jazz RS 2008an, yaris S ltd 2008an, swift gt3 jg dapet, tp y sesuda nego kayanya biar dapet 110jt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
irit ya mitsubishi mirage
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 657
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Kalo pilihan LCGC gimana Om?
Agya, Ayla, Karimun Wagon, Datsun GCnya relatif tinggi2..
Sbg info pernah make Agya sodara.
Agya GCnya 180mm.
Dalam kota irit, bs 1:14-15an, luar kota bisa 1:20 semua dng lampu Eco selalu nyala.
Lampu Eco nyala bukan berarti lamban. Kalo pinter ngatur gasnya bisa gesit lho.. Gesit dalam artian bukan ngebut ya..
Bagasi Agya pernah muat 5 galon air n masuk semua. Kalo karimun ama datsun go kyknya bs masuk jg. Kalo brio sptnya mustahil krn bagasinya paling sempit.
Buat mobil perang, mobil LCGC cukup OK.
Agya, Ayla, Karimun Wagon, Datsun GCnya relatif tinggi2..
Sbg info pernah make Agya sodara.
Agya GCnya 180mm.
Dalam kota irit, bs 1:14-15an, luar kota bisa 1:20 semua dng lampu Eco selalu nyala.
Lampu Eco nyala bukan berarti lamban. Kalo pinter ngatur gasnya bisa gesit lho.. Gesit dalam artian bukan ngebut ya..
Bagasi Agya pernah muat 5 galon air n masuk semua. Kalo karimun ama datsun go kyknya bs masuk jg. Kalo brio sptnya mustahil krn bagasinya paling sempit.
Buat mobil perang, mobil LCGC cukup OK.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Mirage...irit iya..well equipped iya..travel suspensi kapabel untuk jalan jelek
billyd1773dz sering pakai Miragenya untuk bawa light offroading...paling paling kenak add on nya kalo lagi apes doi
mobil bekas hmm....gak mau ah...males lihat cat butek sama penyok soalnya
billyd1773dz sering pakai Miragenya untuk bawa light offroading...paling paling kenak add on nya kalo lagi apes doi
mobil bekas hmm....gak mau ah...males lihat cat butek sama penyok soalnya
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
litght oprut apaannnn pitnahh... uwe anak moll ogah kena debu
cari miras GLX taun muda 2013> aja om......... err baru juga mungkin dpt atw nambah dikit klw lagi diskon gedean2.... yg 2013 exceed aja uda 100-110an
weaknessnya.. peredam parah road noise n kaki2 segala kedenger aja sie silahkan TD dulu aja.
Last edited by billyd1773dz on Wed Dec 09, 2015 4:44, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3148
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Yaris 2nd menurut saya.. mobil ini kuat n badak.. sparepart melimpah
engine roaring!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
ini belom ada yg ngasih saran sx4? tp pasaran sx4 brapa ya kira2?? soalnya temen ane cewe punya kriteria persis pengen gc tinggi tp 5seater, cuma budget 140an dan akhirnya ambil sx4 2010 kang
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 09, 2015 2:40
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Ford kayanya ga dulu deh om, selama ini lebih friendly sama mobil jepang soalnya .blacksyan wrote:Bisa ambil ford fiesta lama atau jazz gd3 gan.
Pengalaman pake jazz puas, walau gc gak tinggi, tapi gak serendah di yaris.
LCGC entah kenapa ane masih kurang yakin sama build quality nya om no offense ya om, itu pendapat ane aja sebagai orang awam.quyquy wrote:Kalo pilihan LCGC gimana Om?
Agya, Ayla, Karimun Wagon, Datsun GCnya relatif tinggi2..
Sbg info pernah make Agya sodara.
Agya GCnya 180mm.
Dalam kota irit, bs 1:14-15an, luar kota bisa 1:20 semua dng lampu Eco selalu nyala.
Lampu Eco nyala bukan berarti lamban. Kalo pinter ngatur gasnya bisa gesit lho.. Gesit dalam artian bukan ngebut ya..
Bagasi Agya pernah muat 5 galon air n masuk semua. Kalo karimun ama datsun go kyknya bs masuk jg. Kalo brio sptnya mustahil krn bagasinya paling sempit.
Buat mobil perang, mobil LCGC cukup OK.
daftar wrote:irit ya mitsubishi mirage
imingwahyudi wrote:Mirage...irit iya..well equipped iya..travel suspensi kapabel untuk jalan jelek
Iya juga sih om, temen2 juga pada nyaranin mirage.. bisa jadi pertimbangan lebih lanjut. Kalau untuk long term nya gimana ini mirage om? kira-kira untuk 5-7 tahun ke depan. Soalnya dalam jangka waktu itu ane masih ada tanggungan dan belum siap untuk nambah beban tanggungan lagi, ya minimal bisa bertahan 5 tahun dan ga bosen pengen gantibillyd1773dz wrote: cari miras GLX taun muda 2013> aja om......... err baru juga mungkin dpt atw nambah dikit klw lagi diskon gedean2.... yg 2013 exceed aja uda 100-110an
weaknessnya.. peredam parah road noise n kaki2 segala kedenger aja sie silahkan TD dulu aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Wed May 06, 2015 6:32
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Badak ya jelas suzukisyafimsa wrote:ini belom ada yg ngasih saran sx4? tp pasaran sx4 brapa ya kira2?? soalnya temen ane cewe punya kriteria persis pengen gc tinggi tp 5seater, cuma budget 140an dan akhirnya ambil sx4 2010 kang
SX4 th 2009 skrg ada di kisaran 110-120 jt
Kalo mau mobil baru, prefer karimun wagon GS
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Yeap... SX-4 FL bener2 badak... Taon 2010/2011 sudah cukup bagus...
Biaya perawatan murah meriah... Tapi memang ada beberapa spare part yang mahal macam kampas rem... Overall, running cost SX-4 ini cukup rendah... A car that must be considered...
Biaya perawatan murah meriah... Tapi memang ada beberapa spare part yang mahal macam kampas rem... Overall, running cost SX-4 ini cukup rendah... A car that must be considered...
Obey the mahakitteh.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 09, 2015 2:40
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Kira2 plus minusnya apa aja nih om? kalo head to head sama sx-4? masih bingung antara 2 boil ini.walid_007 wrote:Yaris 2nd menurut saya.. mobil ini kuat n badak.. sparepart melimpah
nflfrs705 wrote:Badak ya jelas suzukisyafimsa wrote:ini belom ada yg ngasih saran sx4? tp pasaran sx4 brapa ya kira2?? soalnya temen ane cewe punya kriteria persis pengen gc tinggi tp 5seater, cuma budget 140an dan akhirnya ambil sx4 2010 kang
SX4 th 2009 skrg ada di kisaran 110-120 jt
Kalo mau mobil baru, prefer karimun wagon GS
SX-4 juga masuk pertimbangan om? Rem sx-4 ini terkenal sensitive ya om? fast moving parts nya gimana om? kemungkinan nanti banyak yang diganti kalo ambil second nya.madcat015 wrote:Yeap... SX-4 FL bener2 badak... Taon 2010/2011 sudah cukup bagus...
Biaya perawatan murah meriah... Tapi memang ada beberapa spare part yang mahal macam kampas rem... Overall, running cost SX-4 ini cukup rendah... A car that must be considered...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Fri Aug 31, 2007 16:58
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
kondisi ente sama persis dengan ane dulu waktu nyari mobil. kriteria ane cari mobil 5 seater baru/bekas 2007 up, mesin irit & bandel, relatif nyaman, spare part berlimpah, bagasi gede, enak & tangguh buat luar kota. ane domisili juga jawa tengah, keperluan mobil untuk pulang kampung tiap wiken sejauh 450km pp cruising pantura. sehari2 kerja pake avanza kantor. budget juga sama2 125jt. alternatif waktu itu :navigator wrote:Selamat pagi rekan2 serayamotor
mohon ijin nubitol ijin gabung sekaligus mohon saran
sy rencana mau beli mobil bulan depan tapi masih bingung karena setelah tanya dan baca sana-sini malah jadi tambah bingung.
Budget ada sekitar 125 juta. Rencana mau ambil mobil bekas di kisaran harga 100-115 juta. Sisanya 5-10 juta buat restorasi.
Sebenernya sih masih nyaman pake motor, karena berhubung tuntutan kerjaan akhir2 ini sering keluar kota bawa2 barang banyak, jadi lebih nyaman dan aman kalo ada kendaraan sendiri. Mau pake mobil kantor ga bebas, kurang nyaman aja.
Kriteria utamanya:
1. 5 Seater karena saya masih single umur 26 tahun.
2. Cukup irit fc jangan di bawah 1:9.
3. Tidak terlalu tua maksimal tahun 2007. Syukur2 dapet yang mudaan, karena waktu buat ke bengkel ga banyak.
4. Badak, Reliability OK, Biaya perawatan murah, sparepart gampang.
5. Keperluan untuk kendaraan utama. Berangkat kerja dari rumah ke kantor 20km an, traffic lancar jaya. Bebas macet karena posisi di jawa tengah.
6. Tiap weekend pulang kampung jarak tempuh 120km an, medan jalan 30% ga rata, jadi perlu gc agak tinggi.
7. Model masih oke jangan ketuaan, biar pede kalo ngajak jalan temen.
8. Bagasi cukup, ga terlalu sempit. Kadang2 bawa2 kardus buat dagangan / pesenan orang.
8. Pengennya sih HB tapi sedan juga gpp, SUV ga dulu deh, soalnya agak boros mungkin ya..
9. Prefer mobil jepang.
Mohon bantuan dan pencerahannya dari para mastah dan suhu sm semuanya..
Thanks a lot, best regard.
1. mirage : irit iya, tapi dicoret karena ga nyaman apalagi untuk luar kota
2. brio : hampir sama dengan mirage, ditambah kualitas interior yg aduhai
3. avanza vvti : nggak nyaman, limbung, ajrut2an, feature basic to the max
4. SX4 : suspensi stiff, setir rada berat, agak takut dgn spare part suzuki
5. innova G bensin 2004-2005 : 1st gen bensin rada boros, dan usia sudah uzur, rata2 km sudah tinggi
6. vios G 2009 mt : relatif nyaman, gesit, irit (satu liter bisa 22km, rata2 18km kondisi mix tol bawen-krapyak & sepanjang pantura hingga pemalang) kondisi salib2an goyang pantura sama bis malam. Interior & feature jg lengkap a.l : lampu bawaan HID (penting, apalagi buat cruising pantura malam hari), ABS-EBD-BA, dual air bag, EPS, heigh seat adjustable, parking sensor, steering switch, elect-retract mirror, MID, dll
pilihan jatuh kepada vios, kebetulan waktu itu nemu di o*x ada yg jual tahun 2009 awal buka harga 125jt nego dengan km cuma 22.000km, plat nomor juga sesuai domisili ane
harga pasar sebenernya bekisar 115jt (jateng). mengingat kondisi yg istimewa, pajak masih panjang dan plat nmr sesuai KTP ane & km sgt rendah, ane beranikan ambil. so far sudah 9 bulan di tangan ane, jarak tempuh skrg 34.000 ga pernah ada masalah. uang yg keluar baru buat beli bensin, bayar tol, ganti oli mesin & oli transmisi. bener2 brings a peace of mind.
satu2nya kekurangan adalah waktu di semarang banyak ketemu kembarannya dalam wujud taksi
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 09, 2015 2:40
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Wah, vios yah om.. Taksi minded ni boil emang udah mutlak kayaknya.. Tapi kalo dapetin yang kaya om shugun itu kayanya hoki banget om, rata2 vios sy cari2 d situs jual beli kebanyakan ex taksi odo udah tinggi. om shogun dapet yg tipe V ya? lengkap banget gitu safety + fiturnya.. udah balik nama om? abis berapa? selaen vios yang jadi Plan B apa kira2 apa ya om??new_shogun wrote: 4. SX4 : suspensi stiff, setir rada berat, agak takut dgn spare part suzuki
5. innova G bensin 2004-2005 : 1st gen bensin rada boros, dan usia sudah uzur, rata2 km sudah tinggi
6. vios G 2009 mt : relatif nyaman, gesit, irit (satu liter bisa 22km, rata2 18km kondisi mix tol bawen-krapyak & sepanjang pantura hingga pemalang) kondisi salib2an goyang pantura sama bis malam. Interior & feature jg lengkap a.l : lampu bawaan HID (penting, apalagi buat cruising pantura malam hari), ABS-EBD-BA, dual air bag, EPS, heigh seat adjustable, parking sensor, steering switch, elect-retract mirror, MID, dll
pilihan jatuh kepada vios, kebetulan waktu itu nemu di o*x ada yg jual tahun 2009 awal buka harga 125jt nego dengan km cuma 22.000km, plat nomor juga sesuai domisili ane
harga pasar sebenernya bekisar 115jt (jateng). mengingat kondisi yg istimewa, pajak masih panjang dan plat nmr sesuai KTP ane & km sgt rendah, ane beranikan ambil. so far sudah 9 bulan di tangan ane, jarak tempuh skrg 34.000 ga pernah ada masalah. uang yg keluar baru buat beli bensin, bayar tol, ganti oli mesin & oli transmisi. bener2 brings a peace of mind.
satu2nya kekurangan adalah waktu di semarang banyak ketemu kembarannya dalam wujud taksi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Toyota rush gimana om? Ambil yg tipe S aja, uda stir kulit, retract mirror, dll...
GC tinggi, mesin badak karena mesinnya sama dgn avanza, kaki2 lumayan badak..
Cuma problemnya ya di bantingan yg agak keras ama agak boyo... Klo om gak masalah sih gpp ya...
Ato mazda2 juga boleh dipertimbangkan, sekennya lumayan jeblok...
GC tinggi, mesin badak karena mesinnya sama dgn avanza, kaki2 lumayan badak..
Cuma problemnya ya di bantingan yg agak keras ama agak boyo... Klo om gak masalah sih gpp ya...
Ato mazda2 juga boleh dipertimbangkan, sekennya lumayan jeblok...
2021 Fortuner VRZ
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
jawaban dari sayanavigator wrote:Selamat pagi rekan2 serayamotor
*CUT*
Budget ada sekitar 125 juta. Rencana mau ambil mobil bekas di kisaran harga 100-115 juta. Sisanya 5-10 juta buat restorasi.
*CUT*
Kriteria utamanya:
1. 5 Seater karena saya masih single umur 26 tahun.
2. Cukup irit fc jangan di bawah 1:9.
3. Tidak terlalu tua maksimal tahun 2007. Syukur2 dapet yang mudaan, karena waktu buat ke bengkel ga banyak.
4. Badak, Reliability OK, Biaya perawatan murah, sparepart gampang.
5. Keperluan untuk kendaraan utama. Berangkat kerja dari rumah ke kantor 20km an, traffic lancar jaya. Bebas macet karena posisi di jawa tengah.
6. Tiap weekend pulang kampung jarak tempuh 120km an, medan jalan 30% ga rata, jadi perlu gc agak tinggi.
7. Model masih oke jangan ketuaan, biar pede kalo ngajak jalan temen.
8. Bagasi cukup, ga terlalu sempit. Kadang2 bawa2 kardus buat dagangan / pesenan orang.
8. Pengennya sih HB tapi sedan juga gpp, SUV ga dulu deh, soalnya agak boros mungkin ya..
9. Prefer mobil jepang.
Mohon bantuan dan pencerahannya dari para mastah dan suhu sm semuanya..
Thanks a lot, best regard.
Toyota Yaris, irit, reliable, perawatan nggak susah, sparepart banyak
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 15602
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
SX4 lah...
Onderdilnya lumayan mahal, tapi benefitnya 120jutaan dapat tahun 2009an yang udah gak dicover warranty, jadi partsnya saya saranin berburu yang merek aftermarket saja. Beli orisinil gak worth it.
Kampas sepasang 850ribu, shock orijinel sepasang 2juta. Kampas rem depan cari merek luar aja, shock belakang kemaren saya ganti Kayaba excel-G cuma 1.5juta, ngeredamnya lebih enak dari original. Oil filter original nya juga mahal sekali, 100ribu, substitute pakai punya Honda murmer cuma 30ribuan.
Regular maintenance nya cukup mudah dan relatif gak rewel, saya shock belakang ganti sudah jalan 77ribu.
Fuel cons kalau bisa jaga kaki 10 km/l dapet lah. Saya yang kakinya sembrono aja 9.7 km/l dapet padahal udah pakai piggyback.
Onderdilnya lumayan mahal, tapi benefitnya 120jutaan dapat tahun 2009an yang udah gak dicover warranty, jadi partsnya saya saranin berburu yang merek aftermarket saja. Beli orisinil gak worth it.
Kampas sepasang 850ribu, shock orijinel sepasang 2juta. Kampas rem depan cari merek luar aja, shock belakang kemaren saya ganti Kayaba excel-G cuma 1.5juta, ngeredamnya lebih enak dari original. Oil filter original nya juga mahal sekali, 100ribu, substitute pakai punya Honda murmer cuma 30ribuan.
Regular maintenance nya cukup mudah dan relatif gak rewel, saya shock belakang ganti sudah jalan 77ribu.
Fuel cons kalau bisa jaga kaki 10 km/l dapet lah. Saya yang kakinya sembrono aja 9.7 km/l dapet padahal udah pakai piggyback.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Fri Aug 31, 2007 16:58
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
vios adanya cuma seri E sama G om, ga ada seri V. G seri dgn kelengkapan komplit spt sy sebut, E terondolan. dibawah E masih ada limo alias taksi. tipe E kelengkapan dan aura kabin hitam sama kaya taksi cuma sudah power window di semua jendela, velg alloy ring 14, rem cakram di depan & belakang teromol tanpa ABS, EBD, BA, air bag, tanpa MID, tanpa steering switch, lampu masih halogen.navigator wrote:Wah, vios yah om.. Taksi minded ni boil emang udah mutlak kayaknya.. Tapi kalo dapetin yang kaya om shugun itu kayanya hoki banget om, rata2 vios sy cari2 d situs jual beli kebanyakan ex taksi odo udah tinggi. om shogun dapet yg tipe V ya? lengkap banget gitu safety + fiturnya.. udah balik nama om? abis berapa? selaen vios yang jadi Plan B apa kira2 apa ya om??new_shogun wrote: 4. SX4 : suspensi stiff, setir rada berat, agak takut dgn spare part suzuki
5. innova G bensin 2004-2005 : 1st gen bensin rada boros, dan usia sudah uzur, rata2 km sudah tinggi
6. vios G 2009 mt : relatif nyaman, gesit, irit (satu liter bisa 22km, rata2 18km kondisi mix tol bawen-krapyak & sepanjang pantura hingga pemalang) kondisi salib2an goyang pantura sama bis malam. Interior & feature jg lengkap a.l : lampu bawaan HID (penting, apalagi buat cruising pantura malam hari), ABS-EBD-BA, dual air bag, EPS, heigh seat adjustable, parking sensor, steering switch, elect-retract mirror, MID, dll
pilihan jatuh kepada vios, kebetulan waktu itu nemu di o*x ada yg jual tahun 2009 awal buka harga 125jt nego dengan km cuma 22.000km, plat nomor juga sesuai domisili ane
harga pasar sebenernya bekisar 115jt (jateng). mengingat kondisi yg istimewa, pajak masih panjang dan plat nmr sesuai KTP ane & km sgt rendah, ane beranikan ambil. so far sudah 9 bulan di tangan ane, jarak tempuh skrg 34.000 ga pernah ada masalah. uang yg keluar baru buat beli bensin, bayar tol, ganti oli mesin & oli transmisi. bener2 brings a peace of mind.
satu2nya kekurangan adalah waktu di semarang banyak ketemu kembarannya dalam wujud taksi
betul om, di situs jual beli ngamprak yang eks taksi km sdh 300rb up. sedikit yg jual seri E. lagian daripada beli seri E, nambah 5jt udah dapet seri G. mobil seken harganya mirip2, utk itu selalu prefer ambil seri teratas
yg jelas ati2 jgn sampe beli vios taunya dapt limo (eks taksi) dgn harga sama, karena banyak diluaran limo di upgrade.
belum balik nama om, pajek ntr januari, sktr 2,2jt sy lihat. dulu plan B yaris, cm mslhnya yaris sm vios sekennya mahalan yaris. duit yg sama baru dapet yaris E, yang mana kelengkapannya standar. feature yg sama baru diperoleh pada yaris S dgn harga lebih mahal
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Vote sx4, chz n madcat bs jd refrensi utk lika liku rawat ni suzi
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 09, 2015 2:40
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Rush oke juga sih om macho banget secara kan suv. Tapi apa gak boros om? soalnya fc jadi pertimbangan juga. Kalo Mazda di tempat ane ga ada beresnya omricz wrote:Toyota rush gimana om? Ambil yg tipe S aja, uda stir kulit, retract mirror, dll...
GC tinggi, mesin badak karena mesinnya sama dgn avanza, kaki2 lumayan badak..
Cuma problemnya ya di bantingan yg agak keras ama agak boyo... Klo om gak masalah sih gpp ya...
Ato mazda2 juga boleh dipertimbangkan, sekennya lumayan jeblok...
haristk7 wrote: jawaban dari saya
Toyota Yaris, irit, reliable, perawatan nggak susah, sparepart banyak
ChZ wrote:SX4 lah...
...
...Regular maintenance nya cukup mudah dan relatif gak rewel, saya shock belakang ganti sudah jalan 77ribu.
Fuel cons kalau bisa jaga kaki 10 km/l dapet lah. Saya yang kakinya sembrono aja 9.7 km/l dapet padahal udah pakai piggyback.
Xous wrote:Vote sx4, chz n madcat bs jd refrensi utk lika liku rawat ni suzi
Terima kasih pencerahannya om, Lengkap banget infonya. Pilihannya jadi mengerucut jadi Yaris, SX-4 dan Vios. Tinggal nanti jodoh nya dapet yang mana, kayanya tiga pilihan ini yang paling masuk akal, sebenernya tertarik sama miras tapi mungkin udah beda kelas ya om... CMIIW
Oh iya om.. maaf, ada yang kelewatan tadi sy bacanya, kan udah dibilang sama om tadi di atas kalo tipe G yah.. hehee... Oiya om, bisa bagi tips nya untuk ngebedain limo eks user personal sama eks armada yang udah diupgrade.. Selaen dari odo, katanya odo juga bisa direset ya..new_shogun wrote: ...
betul om, di situs jual beli ngamprak yang eks taksi km sdh 300rb up. sedikit yg jual seri E. lagian daripada beli seri E, nambah 5jt udah dapet seri G. mobil seken harganya mirip2, utk itu selalu prefer ambil seri teratas
yg jelas ati2 jgn sampe beli vios taunya dapt limo (eks taksi) dgn harga sama, karena banyak diluaran limo di upgrade.
belum balik nama om, pajek ntr januari, sktr 2,2jt sy lihat. dulu plan B yaris, cm mslhnya yaris sm vios sekennya mahalan yaris. duit yg sama baru dapet yaris E, yang mana kelengkapannya standar. feature yg sama baru diperoleh pada yaris S dgn harga lebih mahal
Jadi harus ekstra hati2.. Rencana weekend ini sy mau coba cari di bursa tvri manyaran sekalian maen ke tempat sodara.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Gampang kok bedain vios jejadian alias limo ex taksi yg udah didandanin mirip ama vios asli.., liat aja bpkb nya, kalo jenis kendaraan tertulis toyota limo dan tangan pertama nya atas nama PT sebuah perusahaan taksi berarti itu udah pasti ex taksi yg odonya udah diatas 300rb km meskipun bisa direset jadi belasan / puluhan ribu km saja .
Kalo vios asli di bpkb jenis kendaraannya ertulis toyota vios dan tangan pertama perorangan bukan ex PT
Cmiiw
Kalo vios asli di bpkb jenis kendaraannya ertulis toyota vios dan tangan pertama perorangan bukan ex PT
Cmiiw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 657
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Sekedar sharing. Sy pernah melihara Next G 2003 yg pake mesin M15 sejenis ama SX4. Next G saya jual karena terjadi kebocoran di saluran pipa air radiatornya *bukan radiator lho ya*. Kebocorannya di berbagai titik. Saya minta di replace dng sparepart baru di Beres besar Ahmad Yani Surabaya. Ternyata itu sparepart gak ready stok. Okelah saya inden, ternyata di jakarta jg empty shg mereka nggak bs menjanjikan datang brgnya. Akhirnya mereka kasih solusi utk di tambal las kuningan.
Karena takut kejadian air radiator habis di luar kota *which is saya kejadian 2x untungnya msh di dalam kota* maka saya jual itu Next G.
Nah, saya kurang tahu apakah SX4 sudah di upgrade kualitasnya atau belum..
SX4 pilihan tepat. Model Cross Over dan GC lumayan tinggi. Tp kalo saya mencoret pilihan itu berdasar pengalaman saya melihara Next G.
Pilihan lain adalah Livina 5 seater. Ini GC jg lumayan tinggi dan bagasi jg luas.
Pilihan yg badak adalah Yaris/Vios. Tp kelemahannya di Ground Clearance nya. Badak karena mesinnya sama kayak Limo. Sodara saya pny dan sampai skr no problem padahal kilometer sudah diatas 300rb. Tp ya itu td GCnya kurang tinggi.
Membedakan Vios gen.2 dng Limo gen.2 adalah di rem belakang dimana Limo gen.2 gak pake cakram. Oiya skd intermezo generasi awal limo gen.2 (thn 2007-2008) remnya pake ABS, setelah itu nggak pake. Selain rem belakang juga warna dasboardny. Kalo limo gen.2 item semua warnanya.
Nah kalo bedain vios gen.1 dengan limo gen.1 itu yg agak susah. Sangat tricky.
Jd kalo mau meminang vios seken, amannya pilih vios gen.2. Liat roda belakang, kalo pake cakram sudah pasti dia trully Vios.
Jd back to topik: Pilihannya Yaris, SX4, Livina.
Kalo ane, milihnya Livina 5 seater.
Karena takut kejadian air radiator habis di luar kota *which is saya kejadian 2x untungnya msh di dalam kota* maka saya jual itu Next G.
Nah, saya kurang tahu apakah SX4 sudah di upgrade kualitasnya atau belum..
SX4 pilihan tepat. Model Cross Over dan GC lumayan tinggi. Tp kalo saya mencoret pilihan itu berdasar pengalaman saya melihara Next G.
Pilihan lain adalah Livina 5 seater. Ini GC jg lumayan tinggi dan bagasi jg luas.
Pilihan yg badak adalah Yaris/Vios. Tp kelemahannya di Ground Clearance nya. Badak karena mesinnya sama kayak Limo. Sodara saya pny dan sampai skr no problem padahal kilometer sudah diatas 300rb. Tp ya itu td GCnya kurang tinggi.
Membedakan Vios gen.2 dng Limo gen.2 adalah di rem belakang dimana Limo gen.2 gak pake cakram. Oiya skd intermezo generasi awal limo gen.2 (thn 2007-2008) remnya pake ABS, setelah itu nggak pake. Selain rem belakang juga warna dasboardny. Kalo limo gen.2 item semua warnanya.
Nah kalo bedain vios gen.1 dengan limo gen.1 itu yg agak susah. Sangat tricky.
Jd kalo mau meminang vios seken, amannya pilih vios gen.2. Liat roda belakang, kalo pake cakram sudah pasti dia trully Vios.
Jd back to topik: Pilihannya Yaris, SX4, Livina.
Kalo ane, milihnya Livina 5 seater.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 657
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Mobil Pertama irit 5 seater
Sekedar sharing pengalaman saya ganti nama BPKB, itu buku totally new.FRD wrote:Gampang kok bedain vios jejadian alias limo ex taksi yg udah didandanin mirip ama vios asli.., liat aja bpkb nya, kalo jenis kendaraan tertulis toyota limo dan tangan pertama nya atas nama PT sebuah perusahaan taksi berarti itu udah pasti ex taksi yg odonya udah diatas 300rb km meskipun bisa direset jadi belasan / puluhan ribu km saja .
Kalo vios asli di bpkb jenis kendaraannya ertulis toyota vios dan tangan pertama perorangan bukan ex PT
Cmiiw
Jd misal mbl saya jual, org yg mau beli susah ng-trace tangan pertama nya siapa kalo sekedar liat buku BPKB yg sudah di balik namakan.
Bisa di trace tp harus ke samsat dimana BPKB yg lama tersimpan disana.
Tapi betul, vios limo itu di BPKB dan STNKnya tertulis toyota Limo, bukan Toyota Vios Limo apalagi Toyota Vios. Bener2 tertulis Toyota Limo