0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Sering ada yang nanya soal data performa 0-100km/h. Mungkin data ini relevan kalau mobil akan dipakai di sirkuit balap. Namun saya berpendapat bahwa data ini tidak relevan, tidak mencerminkan kemampuan mobil di jalan umum.
Misalkan jalan umum kita bagi dua. Jalan tol dan jalan luar kota.
Data 0-100 lebih dipengaruhi oleh tenaga di kisaran rpm yang sempit, 1/3 dari range rpm, hanya pada rpm tertinggi. Sementara itu performa di jalan tol lebih dipengaruhi tenaga di rpm menengah. Kemudian performa di jalan antar kota dipengaruhi tenaga 2/3 dari range rpm dari rendah ke menengah.
Di jalan tol seringnya orang pakai gigi tinggi. jarang sekali ada orang yang pakai gigi rendah. Seringnya jalan dengan rpm menengah. Kecuali sudah ada kesepakatan, maka adu cepat di jalan tol sering cuma mengandalkan gas pol, jarang ada yang shift down dulu ataupun main gigi. Jadi lumrah, normal, wajar bila kita bisa dengan mudah menyalip kendaraan lain bila kita kebetulan sedang pakai gigi yang memanfaatkan rpm tinggi. Data 0-100 di jalan tol sama sekali tidak berguna karena seringnya pakai rpm menengah.
Di jalan luar kota seringnya orang pakai rpm rendah juga, biar irit atau mesin enak didengar / nyantai. Jarang sekali yang pakai rpm sampai limit, jarang yang pakai mesin menderu di rpm tinggi. Ganti gigi juga seringnya nggak sampai mentok. Sehingga rpm yang sering dipakai dari 1500 sampai ke 2/3 maksimal. Sehingga untuk yang cara mengemudinya begini, data 0-100 tidak berguna, tidak relevan. Sehingga sering terlihat mobil yang diatas kertas harusnya cepat, yang di tes 0-100 mengerikan, saat dijalan umum nyalipnya lelet.
Tentu ada juga yang jago memanfaatkan tenaga mesin secara maksimal, kalau matik pakai teknik kickdown, kalau manual pakai shift down dulu dan shift upnya di rpm limit. tapi yang seperti ini sangat langka sekali. Walau yang knalpotnya sudah dimodif keras meraung sekalipun, jarang lihat yang pakainya maksimal. Sehingga sering terlihat cuma suaranya saja yang keras tapi akselerasinya lemot.
Bila alasan menyalip lambat itu untuk nyantai, maka saya menganggap itu membahayakan baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Suatu sikap yang reckless dan tidak bertanggung jawab. Bila ingin menyalip santai maka sebaiknya dilakukan kalau nggak ada kendaraan lain yang ikut menyalip. Kalau leletnya menyalip dilakukan saat mengekor kendaraan lain, maka kita bisa terjebak dalam situasi kritis, tidak bisa menghindar saat ada halangan di depan. Kalau leletnya dilakukan saat diikuti kendaraan lain, maka kita bisa membuat orang lain terjebak dalam situasi kritis.
Oleh karena itu, penting bagi itu untuk mengenali performa kendaraan di depan kita agar kita tidak celaka. Dan jangan sampai menyebabkan kendaraan di belakang menjadi terjebak, kalau merasa lambat, berikan jalan agar mereka duluan yang menyalip. Dalam melakukan pertimbangan, buang jauh jauh data 0-100, nggak berguna. Amati langsung saja dan bandingkan sendiri. Jangan berasumsi, tapi pastikan dengan memperhatikan kemampuan sesungguhnya.
Misalkan jalan umum kita bagi dua. Jalan tol dan jalan luar kota.
Data 0-100 lebih dipengaruhi oleh tenaga di kisaran rpm yang sempit, 1/3 dari range rpm, hanya pada rpm tertinggi. Sementara itu performa di jalan tol lebih dipengaruhi tenaga di rpm menengah. Kemudian performa di jalan antar kota dipengaruhi tenaga 2/3 dari range rpm dari rendah ke menengah.
Di jalan tol seringnya orang pakai gigi tinggi. jarang sekali ada orang yang pakai gigi rendah. Seringnya jalan dengan rpm menengah. Kecuali sudah ada kesepakatan, maka adu cepat di jalan tol sering cuma mengandalkan gas pol, jarang ada yang shift down dulu ataupun main gigi. Jadi lumrah, normal, wajar bila kita bisa dengan mudah menyalip kendaraan lain bila kita kebetulan sedang pakai gigi yang memanfaatkan rpm tinggi. Data 0-100 di jalan tol sama sekali tidak berguna karena seringnya pakai rpm menengah.
Di jalan luar kota seringnya orang pakai rpm rendah juga, biar irit atau mesin enak didengar / nyantai. Jarang sekali yang pakai rpm sampai limit, jarang yang pakai mesin menderu di rpm tinggi. Ganti gigi juga seringnya nggak sampai mentok. Sehingga rpm yang sering dipakai dari 1500 sampai ke 2/3 maksimal. Sehingga untuk yang cara mengemudinya begini, data 0-100 tidak berguna, tidak relevan. Sehingga sering terlihat mobil yang diatas kertas harusnya cepat, yang di tes 0-100 mengerikan, saat dijalan umum nyalipnya lelet.
Tentu ada juga yang jago memanfaatkan tenaga mesin secara maksimal, kalau matik pakai teknik kickdown, kalau manual pakai shift down dulu dan shift upnya di rpm limit. tapi yang seperti ini sangat langka sekali. Walau yang knalpotnya sudah dimodif keras meraung sekalipun, jarang lihat yang pakainya maksimal. Sehingga sering terlihat cuma suaranya saja yang keras tapi akselerasinya lemot.
Bila alasan menyalip lambat itu untuk nyantai, maka saya menganggap itu membahayakan baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Suatu sikap yang reckless dan tidak bertanggung jawab. Bila ingin menyalip santai maka sebaiknya dilakukan kalau nggak ada kendaraan lain yang ikut menyalip. Kalau leletnya menyalip dilakukan saat mengekor kendaraan lain, maka kita bisa terjebak dalam situasi kritis, tidak bisa menghindar saat ada halangan di depan. Kalau leletnya dilakukan saat diikuti kendaraan lain, maka kita bisa membuat orang lain terjebak dalam situasi kritis.
Oleh karena itu, penting bagi itu untuk mengenali performa kendaraan di depan kita agar kita tidak celaka. Dan jangan sampai menyebabkan kendaraan di belakang menjadi terjebak, kalau merasa lambat, berikan jalan agar mereka duluan yang menyalip. Dalam melakukan pertimbangan, buang jauh jauh data 0-100, nggak berguna. Amati langsung saja dan bandingkan sendiri. Jangan berasumsi, tapi pastikan dengan memperhatikan kemampuan sesungguhnya.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Kalo utk daily drive yg kepake adalah akselerasi menengah :
60 - 90 kpj
80 - 120 kpj
60 - 90 kpj
80 - 120 kpj
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Sep 27, 2015 3:22
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
setuju om turbo
gelar tiker ah... calon rame nih hehehe

gelar tiker ah... calon rame nih hehehe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
saya titip jejak saja ah.. bakalan rame lagi.. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Ya jelas lah, pake Mirage di jalan umum pasti lebih mudah mencapai 100km/j daripada pake Camry, wong lebih mudah mencari ruang kosong.
Padahal di atas kertas sudah pasti Mirage kalah jauh performanya

Padahal di atas kertas sudah pasti Mirage kalah jauh performanya

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Iya deh iya percaya ayla nya kencang
*masih butuh pengakuan mungkin
*masih butuh pengakuan mungkin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
berarti jelas si neng alya paling bagus nih menurut TSTurboman wrote:Kalo utk daily drive yg kepake adalah akselerasi menengah :
60 - 90 kpj
80 - 120 kpj

gelar tiker ah


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Gigi tinggi dibejek ya ngelitik. Yang saya kenal sih hampir ga ada orang mau akselerasi di tol tanpa down shifting. Kecuali masih dalam range.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
tetap pakai benchmark itu ... drag performance ...jalanan di situ kan raceway
bisa juga bacanya dibalik dr kanan ke kiri a'la.org arab ... itu brake distance krn sering di depan ada macet
marketing juga perlu itu 0 - 100 ... ada brp mobil sejenis itu didepan ... popularity benchmark
krn itu ada mobil yg 0 - 100 cuma 1.1 krn dia mahal ... mobil murah 0 - 100 itu bs 14 point skian
bisa juga bacanya dibalik dr kanan ke kiri a'la.org arab ... itu brake distance krn sering di depan ada macet
marketing juga perlu itu 0 - 100 ... ada brp mobil sejenis itu didepan ... popularity benchmark
krn itu ada mobil yg 0 - 100 cuma 1.1 krn dia mahal ... mobil murah 0 - 100 itu bs 14 point skian
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sat Mar 15, 2014 9:36
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
data 0-100 nggak berguna? iya kagak berguna kalau yg mau disalip speednya sudah pada diatas 100 semua..



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6208
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
besok sebelom ngantor mampir sunter dulu ahhh.......
mau nyembah logo triple elips karena ud bikin mobil hebat macem alay dan gay eh salah maksud gw alya dan agya.......
mau nyembah logo triple elips karena ud bikin mobil hebat macem alay dan gay eh salah maksud gw alya dan agya.......

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Akhirnya sadar juga ni bocahb0ku wrote:besok sebelom ngantor mampir sunter dulu ahhh.......
mau nyembah logo triple elips karena ud bikin mobil hebat macem alay dan gay eh salah maksud gw alya dan agya.......

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
s emua mitos itu terpatahnya dengan adanya toyota innova d4d a/t 300hp ++ 

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
om sucahyo ada betulnya kalau dalam kota yg banyak main kan 20-60 saya rasa, tapi saya sih ga serta merta akselerasi 0-100 ini dibuang dr pertimbangan saya dlm melihat performa suatu mobil. pengalaman saya sih mobil dengan 0-100 di atas 13 detik umumnya lambat kalau dipake keluar kota, ini berdasarkan pengalaman saya aja loh ya.
mau mobil apapun kalau dibejek di luar powerband pasti hasilnya abysmal, makanya sblm beli test drive trs rasakan ini karakter engine cocok sama kebiasaan kita apa ngga
mau mobil apapun kalau dibejek di luar powerband pasti hasilnya abysmal, makanya sblm beli test drive trs rasakan ini karakter engine cocok sama kebiasaan kita apa ngga
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
naif banget pernyataan TS nya. Kalau nggak jadi ukuran, mungkin itu bus ya. Nggak perlu akselerasi, tapi nyali dan ukuran yang membuat orang lain minggir dan kasih jalan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6208
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
gak juga lah yaaaa......artoodetoo wrote:Akhirnya sadar juga ni bocahb0ku wrote:besok sebelom ngantor mampir sunter dulu ahhh.......
mau nyembah logo triple elips karena ud bikin mobil hebat macem alay dan gay eh salah maksud gw alya dan agya.......

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: RE: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Tergantung mobil om, misalkan mobil yg punya 4 gigi dan 8 gigi ya pasti berbeda range rpm yg dipakai.sucahyo wrote:Data 0-100 lebih dipengaruhi oleh tenaga di kisaran rpm yang sempit, 1/3 dari range rpm, hanya pada rpm tertinggi. Sementara itu performa di jalan tol lebih dipengaruhi tenaga di rpm menengah. Kemudian performa di jalan antar kota dipengaruhi tenaga 2/3 dari range rpm dari rendah ke menengah.
Sekali lagi IMHO tergantung mobil om, dan betul 0-100 "bisa" sedikit diabaikan karena mobil sudah bergerak bukan dari 0.sucahyo wrote:Di jalan tol seringnya orang pakai gigi tinggi. jarang sekali ada orang yang pakai gigi rendah. Seringnya jalan dengan rpm menengah. Kecuali sudah ada kesepakatan, maka adu cepat di jalan tol sering cuma mengandalkan gas pol, jarang ada yang shift down dulu ataupun main gigi. Jadi lumrah, normal, wajar bila kita bisa dengan mudah menyalip kendaraan lain bila kita kebetulan sedang pakai gigi yang memanfaatkan rpm tinggi. Data 0-100 di jalan tol sama sekali tidak berguna karena seringnya pakai rpm menengah.
Setuju untuk mengenai mengenali performa kendaraan.sucahyo wrote: Oleh karena itu, penting bagi itu untuk mengenali performa kendaraan di depan kita agar kita tidak celaka. Dan jangan sampai menyebabkan kendaraan di belakang menjadi terjebak, kalau merasa lambat, berikan jalan agar mereka duluan yang menyalip.
sucahyo wrote:Dalam melakukan pertimbangan, buang jauh jauh data 0-100, nggak berguna. Amati langsung saja dan bandingkan sendiri. Jangan berasumsi, tapi pastikan dengan memperhatikan kemampuan sesungguhnya.
IMHO konyol 0-100 dibuang om, benchmark performa mobil kalau tidak 0-100 lucu om di brosur pabrikan nulisnya kencang kencang dan kencang


Sent from my Redmi Note 2 using Tapatalk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
jadi instinct dan feeling ya om sucahyo?sucahyo wrote:Dalam melakukan pertimbangan, buang jauh jauh data 0-100, nggak berguna. Amati langsung saja dan bandingkan sendiri. Jangan berasumsi, tapi pastikan dengan memperhatikan kemampuan sesungguhnya.
tapi gimana caranya memperhatikan kemampuan sesungguhnya kalo gak pake data? dan data rata-rata yg tersedia dari pabrikan adalah 0-100 atau maks hp/torque.
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
0-100 km/h gak penting dan dibuang saja ...?
Oh jadi pabrikan kayak Porsche, Ferrari, Lamborghini, McLaren yang selalu mencantumkan figur 0-100 di brosur itu.... ? Hmmm....
Lama lama lu bilang juga top speed gak penting... padahal pabrikan yang gw sebutin diatas selalu nyebut claim top speed. Gimana tuh?
Oh jadi pabrikan kayak Porsche, Ferrari, Lamborghini, McLaren yang selalu mencantumkan figur 0-100 di brosur itu.... ? Hmmm....
Lama lama lu bilang juga top speed gak penting... padahal pabrikan yang gw sebutin diatas selalu nyebut claim top speed. Gimana tuh?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Ahaaaaaayyyyyyyhtannis wrote:semua mitos itu terpatahnya dengan adanya toyota innova d4d a/t 300hp ++




-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Ya menurut pendapat newbie sih hasil detik 0-100 jadi patokan mudah buat ngukur seberapa kenceng mobil.
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Data 0-100 km/jam Fortie non VNT yg katanya 20an detik (baca di majalah) itu berlaku buat saya kok om, berasa ngeden di tol. Buat saya sih masih jd patokan ya, at least tau kemampuan mobil masing2 om.
Numpang ninggalin jejak di calon trit fenomenal
Numpang ninggalin jejak di calon trit fenomenal

Penikmat roti tawar beroda
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Wait, sangat jarang orang pake rpm optimal? Data dari mana om?sucahyo wrote:Di jalan luar kota seringnya orang pakai rpm rendah juga, biar irit atau mesin enak didengar / nyantai. Jarang sekali yang pakai rpm sampai limit, jarang yang pakai mesin menderu di rpm tinggi. Ganti gigi juga seringnya nggak sampai mentok. Sehingga rpm yang sering dipakai dari 1500 sampai ke 2/3 maksimal. Sehingga untuk yang cara mengemudinya begini, data 0-100 tidak berguna, tidak relevan. Sehingga sering terlihat mobil yang diatas kertas harusnya cepat, yang di tes 0-100 mengerikan, saat dijalan umum nyalipnya lelet.
Tentu ada juga yang jago memanfaatkan tenaga mesin secara maksimal, kalau matik pakai teknik kickdown, kalau manual pakai shift down dulu dan shift upnya di rpm limit. tapi yang seperti ini sangat langka sekali. Walau yang knalpotnya sudah dimodif keras meraung sekalipun, jarang lihat yang pakainya maksimal. Sehingga sering terlihat cuma suaranya saja yang keras tapi akselerasinya lemot.
Bila alasan menyalip lambat itu untuk nyantai, maka saya menganggap itu membahayakan baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Suatu sikap yang reckless dan tidak bertanggung jawab. Bila ingin menyalip santai maka sebaiknya dilakukan kalau nggak ada kendaraan lain yang ikut menyalip. Kalau leletnya menyalip dilakukan saat mengekor kendaraan lain, maka kita bisa terjebak dalam situasi kritis, tidak bisa menghindar saat ada halangan di depan. Kalau leletnya dilakukan saat diikuti kendaraan lain, maka kita bisa membuat orang lain terjebak dalam situasi kritis.
Oleh karena itu, penting bagi itu untuk mengenali performa kendaraan di depan kita agar kita tidak celaka. Dan jangan sampai menyebabkan kendaraan di belakang menjadi terjebak, kalau merasa lambat, berikan jalan agar mereka duluan yang menyalip. Dalam melakukan pertimbangan, buang jauh jauh data 0-100, nggak berguna. Amati langsung saja dan bandingkan sendiri. Jangan berasumsi, tapi pastikan dengan memperhatikan kemampuan sesungguhnya.
Karena dari orang yg saya kenal, tidak ada yg ga downshift pas overtake.
Ane kalo keluar kota angkut penumpang, paling sering kepake 60-80 kmh di rpm menengah (2-3k rpm)
Kalo sendirian, 60-160 kmh lebih sering kepake, 5-6k rpm for matic, dan 6-8k rpm kalo lagi bawa manual high rev engine.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
- Location: Pagedangan
- Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
mksd lu gimana sih? matic lu gaspol ya otomatis ngedownshift sendiri lah, kalo manual selama ini setau gua org pasti main gigi kalo mau nyalip.. baik gua sendiri, temen2 gua, keluarga gua, ataupun supir2 rental ataupun supir pribadi gua dulu.. masa misal lu lagi cruising di gigi 6 terus mau nyelip main gaspol aja di gigi 6? yg ada bukannya lu nyelip malah diselip orang duluan..sucahyo wrote:.Di jalan tol seringnya orang pakai gigi tinggi. jarang sekali ada orang yang pakai gigi rendah. Seringnya jalan dengan rpm menengah. Kecuali sudah ada kesepakatan, maka adu cepat di jalan tol sering cuma mengandalkan gas pol, jarang ada yang shift down dulu ataupun main gigi. Jadi lumrah, normal, wajar bila kita bisa dengan mudah menyalip kendaraan lain bila kita kebetulan sedang pakai gigi yang memanfaatkan rpm tinggi. Data 0-100 di jalan tol sama sekali tidak berguna karena seringnya pakai rpm menengah.
lu jalan santai di pantura ya good bye my love aja dah..sucahyo wrote:Di jalan luar kota seringnya orang pakai rpm rendah juga, biar irit atau mesin enak didengar / nyantai. Jarang sekali yang pakai rpm sampai limit, jarang yang pakai mesin menderu di rpm tinggi. Ganti gigi juga seringnya nggak sampai mentok. Sehingga rpm yang sering dipakai dari 1500 sampai ke 2/3 maksimal. Sehingga untuk yang cara mengemudinya begini, data 0-100 tidak berguna, tidak relevan. Sehingga sering terlihat mobil yang diatas kertas harusnya cepat, yang di tes 0-100 mengerikan, saat dijalan umum nyalipnya lelet.
ooh ga berguna ya data 0-100? ape kate lu aja dah borr...sucahyo wrote:Oleh karena itu, penting bagi itu untuk mengenali performa kendaraan di depan kita agar kita tidak celaka. Dan jangan sampai menyebabkan kendaraan di belakang menjadi terjebak, kalau merasa lambat, berikan jalan agar mereka duluan yang menyalip. Dalam melakukan pertimbangan, buang jauh jauh data 0-100, nggak berguna. Amati langsung saja dan bandingkan sendiri. Jangan berasumsi, tapi pastikan dengan memperhatikan kemampuan sesungguhnya.
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sat May 11, 2013 12:01
Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum
Ah...ribet amat sih.Baca aja torque piro di rpm piro dah beres .Kalau masih susah juga...cc ngga pernah bohong