Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by kunaskun »

Pulang kampung, dapet pinjeman dari temen, mobil nganggur ga kepake, ex jatah pabrik.. hmm.. mau di foto luarnya kok ga napsuin ya secara penyok sana sini ga keurus... dipinjemin aja mikir, tar tiba2 mogok ga ya :big_think: ya sudah foto dikit dalemnya aja d :big_smoking: ya berikut review saya untuk jarak sejauh 300 km puter2 jakarta selama kurang lebih 4 hari, trayek pp jakbar - sunter - tangerang - bsd - harmoni.

Exterior
Sulit untuk bilang mobil ini jelek, well, daripada toyota urusan desain nampaknya memang honda masih lebih bisa diterima di mata ane, tapi ya ini subyektif ya :mky_03: Panjang total 4,5 meter, dengan lebar 1,695 meter dan tinggi hanya 1,59 meter emang bikin mobil ini rada ga umum dan sulit dicintai konsumen indo karena kesannya kaya wagon malah extremenya ada yang bilang: kaya mobil volvo yang buat bawa peti mati... :big_weee:

karena ini facelift terakhir jadi tampak luar sudah built in projector headlight with halogen lamp, plus foglamp (hal yang sempat menghilang di honda dan muncul lagi belakangan), grill sudah plastik transparan bikin tampangnya sampe sekarang masih relatif belum kelihatan tua, tampak samping biasa aja, tapi jendela besar2 bikin kesannya lega tentu, rear end view yang khas banget bahkan sampe sekarang cukup cantik hanya posisi lampu mundur mengapit plat nomor malah ga berguna pas mundur gelap2an karena kurang menyebar :big_cry: mana ga ada sensor parkir, jangan tanya kamera mundur ya :mky_03: Pelek sudah 15" dengan motiff palang tebal dengan ukuran ban 195 65 R15, antena aslinya pake model yang panjang kaya belalang or lele.

Engine
Ditenagai mesin 1700cc dari keluarga D17, SOHC VTEC, sungguh mesin canggih di jamannya. Speedometer bahkan angka 100 kph ada di posisi jam 11 bukan jam 12 seperti biasanya mobil jepang, dengan top speed 240 kph :mky_03: sungguh menggetarkan hati... Sudah dilengkapi dengan ABS + EBD, front discbrake only. Ketika dinyalakan hmm masih greng dan tokcer, masih relatif halus walau sudah banyak getar2an yang merintihkan dompet dan kuping tapi ya untuk ukuran odometer 170 ribu km saya pribadi bilang okelah, dan terlihat masiih sempat keurus sebelum dihibahkan dari pabrik :big_smile]

Interior
All fabric dengan penggunaan warna hitam campur aksen silver khas era tahun 2000an, interior lamp masih warna orange, mengingatkan dengan nissan sekarang atau audi circa 90an. AC depan sudah semi digital nampaknya karena puteran blower tidak hanya 3 atau 4 step tapi sampe 10 kalau tidak salah hitung, dan segala sirkulasi/heater menggunakan tombol, yang ga ada hanya fungsi heater dan tidak double blower. Audio menggunakan HU double din sejuta umat yg gaol banget di jamannya keluaran kenwood yang displaynya ada animasi lumba2 :mky_04:

Jok driver sudah ada arm rest, cocok buat leyeh2, sayang posisi rem tangan jauh dibawah banget macem tarik rem tangan minivan bukan mpv modern :big_slap: atau idealnya emang foot parking brake seperti di varian 2000cc. tapi tidak masalah karena by default saya sendiri takjub dengan ergonomis dan nyamannya posisi duduk, seandainya busa jok dan bahan pelapis masih fit mungkin terasa lebih mantap lagi. setelan steering wheel sudah bisa tilt (tapi tidak ada airbag). sudah ada all door power window dengan auto + lampu di sisi driver, electric mirror tanpa electric fold, manual dimmer rear view mirror, defogger, heater kaca depan,

Jok penumpang tengah bisa 3 seater, sudah ada arm rest. untuk jok belakang jelas hanya cocok untuk anak2 tapi enaknya bisa lipat rata lantai dan split folding, lumayan lah walau bagasi ga tinggi2 amat tapi okelah. penyimpanan realtif banyak, tiap baris dan pintu ada bottle holder, di sisi driver di bagian bawah AC ada cup holder, tapi anehnya ga ada console box diantara bangku depan jadi rada aneh, anehnya lagi di bawah shifter ga ada penyimpanan apa2 cuma ada laci gede yang pake lampu tapi malah itu asbak :mky_04:

posisi duduk, sedan like, naik turun pun mirip sedan tapi pintu ukuran besar jadi tidak masalah, di jalanan pun ternyata tidak terlalu terintimidasi seperti naik mobil "kutu" atau sedan kecil. mungkin karena dimensi yang setara innova lebih kurang. ground clearance rada rendah tapi trust me sulit untuk gesrot entah pake jimat apa :mky_03: oh ya saya suka dengan model spion yang nempel di pintu kaya gini, walau jadi kelewat menojol jadi bikin gampang ketabok motor serampangan tapi bikin pandangan lebih luas ke belakang apalagi spionnya cukup lebar walau tidak cukup tinggi buat liatin sisi bumper belakang. kaca depan ukuran super besar dengan bonus kaca segitiga di pilar A dan dashboard besar-besar bikin anti claustrophobia.

RIde Quality
Well memang terasa besar, apalagi radius putar termasuk gede kayanya setara innova 2004-2015, sayang sokbreker sudah bocor sana sini engkap dengan bunyi gluduk2 dan amblas jadi ya ga bisa komen banyak soal stability dll, hanya kata temen yang pernah punya emang rada keras walaupun sok baru dan fit sekalipun. Handling sendiri termasuk berat karena tentu penggunaan hydraulic power steering tapi menyenangkan karena u can feel the tyre grip. polda sendiri ga komen apa2 karena ruang depan lega dan nyaman. ukuran steering wheel entah kenapa terasa agak kelewat besar atau karena model jadul jadi terasa genggaman kurang tebel, juga itu pencetan klakson ga tau kenapa terasa lembek :mky_01:

Performance
0-100 saya yakin ga sampe 12 detik kalau fit, setidaknya sampai 80 kph masih bisa imbangi mobil city car 1500cc kebawah. pulling power terasa banget bahkan dari kondisi diam. dengan engine note yang entah berantakan karena mesin ga keurus atau peredaman sudah parah. mau coba bejek diatas 100 kph kok ga berani ya, jadii hanya berani sesekali saja, sisanya konstan di 80 kph terlebih pas habis hujan2an lihat ban belakang kanan kok merek BS, perasaan kemarin cek depan achiles dan ternyata bener belang satu ban lebih parah lagi ban kiri depan sudah botak... :big_chicken: untung ga kenapa2 :big_cry:

Shifter hanya ada posisi 2 dan L selain P, R, N, dan D. uniknya masih menggunakan gate type padahal seingat saya jaman itu sudah mulai geser ke i-line type. jadi pas nanjak agak2 nyebelin, karena harus kickdown untungnya entah karena torsi besar atau gear ratio bagus jadi jarang sekali butuh kickdown untuk nanjak.

transmisi masih sangat halus, masuk ke D dan rem pun tidak ada kendala apapun.. masih fit :big_exellent: perpindahan antar gigi pun tidak masalah, tidak ada gejala lemot2 bahkan saya yakin ketika dari baru pun tetap tidak beda banyak, enaknya tidak ada namanya slip terlalu besar kecuali dari N ke D tentunya, transmisi matik yang modern :big_exellent:

hanya untuk braking agak mengkhawatirkan, respon tidak telat tapi terasa agak under power untuk meredam keganasan body sebesar ini, bisa jadi karena ga keurus itu kampas sudah mengeras atau pake kampas asal2an atau ga pernah dibersihin, atau emang butuh rear disc brake? gejala nose dive tidak besar untungnya, tapi setidaknya sudah ada abs + ebd.

Fuel consumption
ketika trayek lancar jakarta dalkot campur toll full premium masih tembus 10 kpl, tapi pas macet2an terus2an drop ke 8 kpl. ya saya rasa cukup normal tidak sampai bikin jantungan. AC pun relatif dingin.

Overall
mobil yang sebenarnya masih layak dipelihara, bahkan daripada livina 1500cc (entah 1800cc) yang form factor mirip dan konon harga pasaran tahun mendekati pun saya masih preferr ini, luas kabin yang lebih unggul, dan tentu kehebatan mesin 1700cc + transmisi matik yang masih menakjubkan perforrmanya. Tapi kalau diadu dengan innova ini yang menjadi sulit karena innova untuk baris ketiga relatif lebih lega dan karena form factor lebih tinggi jadi bikin lebih "mantap" untuk jalanan indo.

Sayangnya karena mobil yang saya pake ga keurus jadi ada hal menyebalkan: central lock sering nyangkut jadi setelah unlock dari alarm bawaan pabrik bisa ngunci sendiri, di over ride dengan kunci manual eh malah bunyi, terus bonus penyakit umum honda untuk power window rada seret dan lamban, masih ketambahan lagi cylinder starter bermasalah jadi mesti pas banget masukin kunci baru bisa start :big_biglaugh: dan tentu bonus HU yang sudah penyakitan dimana2 display bisa blank sendiri :mky_03: tapi fitur keamanan sudah komplit memang lebih penting ABS daripada airbag kan :big_blushing:

kendaraan bagus di jamannya, sungguh sayang honda malah memutuskan mematikan merek stream, diganti freed yang tampaknya mau dimatikan juga, diganti mobilio :big_cry:

Image
Image
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by dieselman228 »

Wah ini salah satu dr 2 mobil cukup lawas yg sy demen sjk jaman smp..
Dulu bokap bingung antara beli ini atau ipah..bener kt om kunaskun masalah di ground clearence sama 3rd rownya yg akhirnya jatuh ke ipah..padahal kalau dulu jd beli ini bakal ane rawat sampe ga bs jalan lagi apalagi udah diskontinyu jd lebih keliatan elegant krn udah jarang bgt.

Anyway nice ripiu om :big_exellent:
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by amfibi »

Nice om :mky_02:

Penasaran foto luarnya, paling penasaran deh ane mobil2 yg kyk gini, kondisi seadanya tapi apakah masih jalan dengan lancar apa engga wkwk... Ternyata masih lumayan buat ukuran barang ga keurus :mky_02:

Kalo soal rem sih pasti bukan karakter bawaan mobilnya, rem stream pakem kok wkwk... harus serpis rem :ungg:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by egibaio »

nice review om :mky_02:

ini salah satu mobil yg ane penasaran gmn rasanya dan gmn rasanya mesin D17 secara satu2nya mesin D series yg ane pernah coba cuma D16 non vtec di genio. sayang honda ga masukin genersi selanjutnya yg menurut ane cukup ganteng untuk mobil keluarga
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by kunaskun »

dieselman228 wrote:Wah ini salah satu dr 2 mobil cukup lawas yg sy demen sjk jaman smp..
Dulu bokap bingung antara beli ini atau ipah..bener kt om kunaskun masalah di ground clearence sama 3rd rownya yg akhirnya jatuh ke ipah..padahal kalau dulu jd beli ini bakal ane rawat sampe ga bs jalan lagi apalagi udah diskontinyu jd lebih keliatan elegant krn udah jarang bgt.

Anyway nice ripiu om :big_exellent:
waktu itu alasan penjualan turun juga karena faktor ground cleareance terus di stop :big_slap:

thank you om :big_exellent:
amfibi wrote:Nice om :mky_02:

Penasaran foto luarnya, paling penasaran deh ane mobil2 yg kyk gini, kondisi seadanya tapi apakah masih jalan dengan lancar apa engga wkwk... Ternyata masih lumayan buat ukuran barang ga keurus :mky_02:

Kalo soal rem sih pasti bukan karakter bawaan mobilnya, rem stream pakem kok wkwk... harus serpis rem :ungg:
luarnya si memalukan om :mky_01: makanya ga tega di foto tapi memang ga sangka non toyota bisa lumayan :big_exellent:
egibaio wrote:nice review om :mky_02:

ini salah satu mobil yg ane penasaran gmn rasanya dan gmn rasanya mesin D17 secara satu2nya mesin D series yg ane pernah coba cuma D16 non vtec di genio. sayang honda ga masukin genersi selanjutnya yg menurut ane cukup ganteng untuk mobil keluarga
thank you om :big_exellent:
sebenernya karakternya menarik kalau katakanlah perawatan mesin oke, karena ga sangka ga ada gejala lack of torque di rpm rendah sekalipun, jadi menyenangkan untuk dalkot. bisa jadi juga faktor gear ratio?. :big_think:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by egibaio »

kunaskun wrote: /cut
egibaio wrote:nice review om :mky_02:

ini salah satu mobil yg ane penasaran gmn rasanya dan gmn rasanya mesin D17 secara satu2nya mesin D series yg ane pernah coba cuma D16 non vtec di genio. sayang honda ga masukin genersi selanjutnya yg menurut ane cukup ganteng untuk mobil keluarga
thank you om :big_exellent:
sebenernya karakternya menarik kalau katakanlah perawatan mesin oke, karena ga sangka ga ada gejala lack of torque di rpm rendah sekalipun, jadi menyenangkan untuk dalkot. bisa jadi juga faktor gear ratio?. :big_think:
kalo ane rasa sih karena response throttlenya + gear ratio om kunaskun, honda dulu kan di injek lgsg naik rpmnya dgn semangat 45. kalau honda skrg dengan DBW nya hmmm jgn ditanya deh, blm lg rasio gigi super panjang ngejar fuel economy.

Btw, HU nya omg berasa nostalgia dengan GD i-dsi ane dulu lihatnya jd kangen masa ababil :big_biglaugh:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by amfibi »

egibaio wrote:
kunaskun wrote: /cut
egibaio wrote:nice review om :mky_02:

ini salah satu mobil yg ane penasaran gmn rasanya dan gmn rasanya mesin D17 secara satu2nya mesin D series yg ane pernah coba cuma D16 non vtec di genio. sayang honda ga masukin genersi selanjutnya yg menurut ane cukup ganteng untuk mobil keluarga
thank you om :big_exellent:
sebenernya karakternya menarik kalau katakanlah perawatan mesin oke, karena ga sangka ga ada gejala lack of torque di rpm rendah sekalipun, jadi menyenangkan untuk dalkot. bisa jadi juga faktor gear ratio?. :big_think:
kalo ane rasa sih karena response throttlenya + gear ratio om kunaskun, honda dulu kan di injek lgsg naik rpmnya dgn semangat 45. kalau honda skrg dengan DBW nya hmmm jgn ditanya deh, blm lg rasio gigi super panjang ngejar fuel economy.

Btw, HU nya omg berasa nostalgia dengan GD i-dsi ane dulu lihatnya jd kangen masa ababil :big_biglaugh:
HU yg layarnya warna warni ya om :mky_03:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by kunaskun »

egibaio wrote: kalo ane rasa sih karena response throttlenya + gear ratio om kunaskun, honda dulu kan di injek lgsg naik rpmnya dgn semangat 45. kalau honda skrg dengan DBW nya hmmm jgn ditanya deh, blm lg rasio gigi super panjang ngejar fuel economy.

Btw, HU nya omg berasa nostalgia dengan GD i-dsi ane dulu lihatnya jd kangen masa ababil :big_biglaugh:
hmm bisa jadi ya om? keuntungan masih throttle by cable juga kali ya jadi instan. :mky_03:

iya HU sejuta umat honda jadul :mky_04:
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by g1ng2 »

egibaio wrote: kalo ane rasa sih karena response throttlenya + gear ratio om kunaskun, honda dulu kan di injek lgsg naik rpmnya dgn semangat 45. kalau honda skrg dengan DBW nya hmmm jgn ditanya deh, blm lg rasio gigi super panjang ngejar fuel economy.

Btw, HU nya omg berasa nostalgia dengan GD i-dsi ane dulu lihatnya jd kangen masa ababil :big_biglaugh:
gak tahu yang 1.7 ini sama atau nggak dengan punyanya gd, dulu saya pake yg 2.0 nya HU nya bentuknya mirip tapi udah bisa baca format MP3, 2006 udah berasa keren banget ya bisa dengerin mp3 di mobil :mky_01: :mky_01:
amfibi wrote: Kalo soal rem sih pasti bukan karakter bawaan mobilnya, rem stream pakem kok wkwk... harus serpis rem :ungg:
apalagi yang 2.0 udah 4 disc, pakem banget.
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by nyotnyet »

Emang yang paling berkesan dari stream ini ya posisi duduknya...nyaman banget...

Dulu awal2 keluar yg facelift, naksir abis yg 2000cc...bumper keren, tgl ganti velg ciamik deh...

Versi built upnya juga bagus...sayang musnah ini mobil ya...

Soul Red zoom zoom
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by Izark »

mantan sesama pengguna stream 2006 (tapi 2.0 AT) absen dulu, :ngacir:

nice review n bikin kangen :frm_tumbright:
mau nulis apa ya...
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by hehe001 »

Thread lama dibangunkan ;)

Saya tertarik dengan yang satu ini, tahun 2007 ada yg jual 105jt di olx. Belum lihat fisiknya sih masih browsing.
Tahun 2007 ini keluaran terakhir, betul?
Karena uda uzur ni mobil, selain kaki kaki apalagi yang mesti diperhatikan?ac, mesin, dan apakah 20jt untuk jaga jaga cukup?
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by paidjho »

hehe001 wrote:Thread lama dibangunkan ;)

Saya tertarik dengan yang satu ini, tahun 2007 ada yg jual 105jt di olx. Belum lihat fisiknya sih masih browsing.
Tahun 2007 ini keluaran terakhir, betul?
Karena uda uzur ni mobil, selain kaki kaki apalagi yang mesti diperhatikan?ac, mesin, dan apakah 20jt untuk jaga jaga cukup?
Power steering pompa & rack nya Om...
Pompa di repair jarang sembuh, mending ganti baru.
Hose pw steering rembes juga. Ganti pas ada bocor doang.
Seal vtec sering rembes, tp murah.

Shock depan yg agak lumayan, 1.7 sepasang.
Ane adanya k20, mesin badak jg. Kasih premium gak ngelitik, tp letoy... Pertalite aja dah cukup.

Cari yg k20 aja Om...

Kok kulit di stir gampang kekupas/dadas ya? Emang gitu ya?
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: RE: Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by hehe001 »

paidjho wrote:
hehe001 wrote:Thread lama dibangunkan ;)

Saya tertarik dengan yang satu ini, tahun 2007 ada yg jual 105jt di olx. Belum lihat fisiknya sih masih browsing.
Tahun 2007 ini keluaran terakhir, betul?
Karena uda uzur ni mobil, selain kaki kaki apalagi yang mesti diperhatikan?ac, mesin, dan apakah 20jt untuk jaga jaga cukup?
Power steering pompa & rack nya Om...
Pompa di repair jarang sembuh, mending ganti baru.
Hose pw steering rembes juga. Ganti pas ada bocor doang.
Seal vtec sering rembes, tp murah.

Shock depan yg agak lumayan, 1.7 sepasang.
Ane adanya k20, mesin badak jg. Kasih premium gak ngelitik, tp letoy... Pertalite aja dah cukup.

Cari yg k20 aja Om...

Kok kulit di stir gampang kekupas/dadas ya? Emang gitu ya?
Maaf k20 itu apa ya, Pak?
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by PRBS »

stream ini racun modifikasi untuk bodynya banyak sekali loh..

kalau mau dibuat ala2 OEM JDMnya buanyak bgt yang bisa diubah.. pernak pernik asesoris dari ujung depan sampe belakang banyak sekali.. (bisa hunting di SG/batam)

tapi saya termasuk tidak setuju dengan keputusan honda men-stop si stream.. diganti freed sih tapi itu juga distop
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by Or4cle »

Saat ini low slung MPV sudah tidak tersisa
Dimulai dari Stream, Grandis dan terakhir GL 1.8 pun akhirnya berjatuhan satu demi satu.
Mungkin karena jalan indonesia raya yang terlalu unyu-unyu buat GC MPV, ditambah poldur yang terlalu afgan
inu83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Nov 08, 2015 2:46

Re: RE: Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by inu83 »

hehe001 wrote: Maaf k20 itu apa ya, Pak?
Kode mesin untuk versi 2000cc (k20) mesin sama seperti crv konde kalo yang 1700cc (f17) mesin sama seperti civic
Last edited by inu83 on Mon Nov 28, 2016 8:20, edited 1 time in total.
inu83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Nov 08, 2015 2:46

Re: RE: Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by inu83 »

paidjho wrote: Power steering pompa & rack nya Om...
Pompa di repair jarang sembuh, mending ganti baru.
Hose pw steering rembes juga. Ganti pas ada bocor doang.
Seal vtec sering rembes, tp murah.

Shock depan yg agak lumayan, 1.7 sepasang.
Ane adanya k20, mesin badak jg. Kasih premium gak ngelitik, tp letoy... Pertalite aja dah cukup.

Cari yg k20 aja Om...

Kok kulit di stir gampang kekupas/dadas ya? Emang gitu ya?
Betul seal vtec gampang bocor tp betulinnya gk mahal kok. Sensor ckp/cmp (terkait camshaft) kalo belum pernah diganti /usia pemakaian lebih dr 60rb siap2 ganti dan lumayan mahal 2jtaan klo gk salah.

Setir yg sudah dull bisa diakali dengan wrapping ulang, di monza kelapa gading sekitar thn 2013 kena sekitar 400rbuan
inu83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Nov 08, 2015 2:46

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by inu83 »

hehe001 wrote:Thread lama dibangunkan ;)

Saya tertarik dengan yang satu ini, tahun 2007 ada yg jual 105jt di olx. Belum lihat fisiknya sih masih browsing.
Tahun 2007 ini keluaran terakhir, betul?
Karena uda uzur ni mobil, selain kaki kaki apalagi yang mesti diperhatikan?ac, mesin, dan apakah 20jt untuk jaga jaga cukup?
Yang jelas honda rentan di kaki2 dan komponen printilan banyak+mahal2...siap2 aja posting biaya terbesar disitu.
Untuk mesin+ac+kopling/matic selama pemakaian normal (tidak kena banjir)tidak perlu banyak khawatir. Hanya perlu flush cairan, ganti timing belt, service ac rutin
Oh ya denger kabar ac honda (sanden) sering rewel...tp saya pakai civic es sudah 15tahun masih ok sampai dijual

Kalo mesin+kaki2 sehat asik banget pake honda, nempel terus di aspal...hahaha
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: RE: Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by paidjho »

hehe001 wrote:
paidjho wrote:
hehe001 wrote:Thread lama dibangunkan ;)

Saya tertarik dengan yang satu ini, tahun 2007 ada yg jual 105jt di olx. Belum lihat fisiknya sih masih browsing.
Tahun 2007 ini keluaran terakhir, betul?
Karena uda uzur ni mobil, selain kaki kaki apalagi yang mesti diperhatikan?ac, mesin, dan apakah 20jt untuk jaga jaga cukup?
Power steering pompa & rack nya Om...
Pompa di repair jarang sembuh, mending ganti baru.
Hose pw steering rembes juga. Ganti pas ada bocor doang.
Seal vtec sering rembes, tp murah.

Shock depan yg agak lumayan, 1.7 sepasang.
Ane adanya k20, mesin badak jg. Kasih premium gak ngelitik, tp letoy... Pertalite aja dah cukup.

Cari yg k20 aja Om...

Kok kulit di stir gampang kekupas/dadas ya? Emang gitu ya?
Maaf k20 itu apa ya, Pak?
Nganu Om, yg 2000 cc.
Dalkot 1:8, toll 1:14.

Btw, ralat. Saya lupa shock breaker depan 1.7 tuh 1 atau sepasang... Maaf.
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by Or4cle »

inu83 wrote:
hehe001 wrote:Thread lama dibangunkan ;)

Saya tertarik dengan yang satu ini, tahun 2007 ada yg jual 105jt di olx. Belum lihat fisiknya sih masih browsing.
Tahun 2007 ini keluaran terakhir, betul?
Karena uda uzur ni mobil, selain kaki kaki apalagi yang mesti diperhatikan?ac, mesin, dan apakah 20jt untuk jaga jaga cukup?
Yang jelas honda rentan di kaki2 dan komponen printilan banyak+mahal2...siap2 aja posting biaya terbesar disitu.
Untuk mesin+ac+kopling/matic selama pemakaian normal (tidak kena banjir)tidak perlu banyak khawatir. Hanya perlu flush cairan, ganti timing belt, service ac rutin
Oh ya denger kabar ac honda (sanden) sering rewel...tp saya pakai civic es sudah 15tahun masih ok sampai dijual

Kalo mesin+kaki2 sehat asik banget pake honda, nempel terus di aspal...hahaha

Untuk beberapa type Honda yang memakai suspensi Double Wishbone (Ferio, FD, Stream, CRV, Odyssey RB) memang lebih banyak pritilan parts nya. Untuk maintance & perbaikan lumayan mahal, seimbang dengan handling yang didapat
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by hehe001 »

Jadi memang cocok minang ini mobil. Tuwir mantab. Sepadan peremajaannya jika nyaman. Body pun tidak terlalu ketinggalan jaman.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by Pboyz97 »

Nice review om

Stream ini memang salah satu jenis stream yang saya paling suka selain stream RSZ, sayang populasinya saat ini sudah terlihat jarang di jalanan & ga sebanyak dulu
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Short Test Drive: Honda Stream 2006 1.7 AT

Post by hehe001 »

Perihal low km...

Saya sempat TD tahun 2005 dengan milleage yg tertera di speedometer nya 95ribuan.

Apakah benar itu namanya low km, tahun 2005 uda 12 tahun *_*

Sent from my HTC One_E8 dual sim using Seraya Motor mobile app