Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Jadi semalem ane jalan2 ke rancaupas pake FD1 ane, kebetulan lampunya udah diganti HID oleh owner sebelumnya. Foglampnya juga warnanya biru dan ane ga tau apakah foglampnya HID jg apa bukan. Nah lampu besar yg sebelah kanan kebetulan emg kadang suka redup dan kalau ane matiin trs nyalain lg biasanya baru sembuh itu lampu. Tapi tadi malem mati sama sekali, ane panik dong jalanan gelap nyaris ga ada lampu ditambah lagi HID sucks nembus kabut
Nah ane minta saran suhu suhu SM sekalian apakah sebaiknya HID nya ane benerin? atau kembalikan ke standarnya? Lampu senja juga ane perhatikan udah diganti non std, warnanya putih possibly LED.
-Kalau balikin lampu ke standar, sebaiknya di beres apa toko aksesoris? Berapa kira2 biayanya? Apakah wiring HID cukup ribet untuk dibongkar? ane melihat ada berbagai kabel seliweran di atas aki ane entah itu nyambung ke foglamp atau HID nya
-Foglamp ane tiba2 mati dua duanya setelah lewat jalan jelek, apa itu socket doang yg longgar? Apa bisa foglamp ganti bohlamnya doang jd kuning? Wiring dan batoknya kan udah ada.
-Batok foglamp ane ada yg retak, bisa beli sebelah doang ga ya?
-Apa ada rekomendasi bengkel yang ahli di bandung? Pekerjaan rapi karena untuk urusan kelistrikan ane ga mau main main takut korslet
Terima kasih suhu suhu SM untuk bantuannya
Nah ane minta saran suhu suhu SM sekalian apakah sebaiknya HID nya ane benerin? atau kembalikan ke standarnya? Lampu senja juga ane perhatikan udah diganti non std, warnanya putih possibly LED.
-Kalau balikin lampu ke standar, sebaiknya di beres apa toko aksesoris? Berapa kira2 biayanya? Apakah wiring HID cukup ribet untuk dibongkar? ane melihat ada berbagai kabel seliweran di atas aki ane entah itu nyambung ke foglamp atau HID nya
-Foglamp ane tiba2 mati dua duanya setelah lewat jalan jelek, apa itu socket doang yg longgar? Apa bisa foglamp ganti bohlamnya doang jd kuning? Wiring dan batoknya kan udah ada.
-Batok foglamp ane ada yg retak, bisa beli sebelah doang ga ya?
-Apa ada rekomendasi bengkel yang ahli di bandung? Pekerjaan rapi karena untuk urusan kelistrikan ane ga mau main main takut korslet
Terima kasih suhu suhu SM untuk bantuannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 568
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Balikin aja ke standard.. klo g di posisi si om sih g bawa ke beres. Klo HID biasanya orang ganti melebihi watt standard akibatnya mika biasanya meleleh karena panas dari bohlam yang non standard.
Klo lampu senja berhubung si fd lampu senjanya sebatok bukan kaya njess yang titik kecil doank mending balikin juga ke std om. klo kabel seliweran harusnya itu kabel foglamp karena std fd1 ga ada foglamp. klo beli sebelah doank bisa lah di beres nego ama sa nya aja. kemaren jazz ge g kena spion retractnya g beli sebelah doank dan nego juga ama sa harga lebih murah jauh dari resmi. bayangin motor + ppn = makasih. mending g beli bekasan
Klo lampu senja berhubung si fd lampu senjanya sebatok bukan kaya njess yang titik kecil doank mending balikin juga ke std om. klo kabel seliweran harusnya itu kabel foglamp karena std fd1 ga ada foglamp. klo beli sebelah doank bisa lah di beres nego ama sa nya aja. kemaren jazz ge g kena spion retractnya g beli sebelah doank dan nego juga ama sa harga lebih murah jauh dari resmi. bayangin motor + ppn = makasih. mending g beli bekasan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Cmiiw kalo hid biasanya penyebab masalah diatas adalah ballast lampunya..
Bisa jadi cara penempatannya kurang tepat jadi kena air atau kepanasan karena terlampau dekat dengan engine.. Ganti saja atau copot sekalian balikin ke ori kalau gak suka kwkwk..
Bisa jadi cara penempatannya kurang tepat jadi kena air atau kepanasan karena terlampau dekat dengan engine.. Ganti saja atau copot sekalian balikin ke ori kalau gak suka kwkwk..
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Iya sih om, kelistrikan agak serem makanya ane niatnya bawa ke beres tp takut mahal. Jadi kalau HID itu ngambil kabelnya tetep kayak std tapi tambah ballast doang ya om? Oiya foglamp ane ini warnanya biru, mau ganti kuning aja bisa ga ya tanpa ganti satu set?Shonen wrote:Balikin aja ke standard.. klo g di posisi si om sih g bawa ke beres. Klo HID biasanya orang ganti melebihi watt standard akibatnya mika biasanya meleleh karena panas dari bohlam yang non standard.
Klo lampu senja berhubung si fd lampu senjanya sebatok bukan kaya njess yang titik kecil doank mending balikin juga ke std om. klo kabel seliweran harusnya itu kabel foglamp karena std fd1 ga ada foglamp. klo beli sebelah doank bisa lah di beres nego ama sa nya aja. kemaren jazz ge g kena spion retractnya g beli sebelah doank dan nego juga ama sa harga lebih murah jauh dari resmi. bayangin motor + ppn = makasih. mending g beli bekasan
Makasih banyak infonya om
Kalau ane lihat emang posisi ballast ane di belakang lampu bgt which is ya dkt banget engine, dan mesin R18 termasuk panas menurut ane soalnya CC ada di depan mesin lgsg. Iya om ane ga suka lampu HID begini wkwkwk, kecuali kalau emg bawaan mobilnya. Paling mau ane jual aja ini barang bekasannyabatumakam wrote:Cmiiw kalo hid biasanya penyebab masalah diatas adalah ballast lampunya..
Bisa jadi cara penempatannya kurang tepat jadi kena air atau kepanasan karena terlampau dekat dengan engine.. Ganti saja atau copot sekalian balikin ke ori kalau gak suka kwkwk..
Oiya, lampu kabin ane jg yg tengah mati, tp pernah nyala lg kalau si saklarnya di posisi tertentu, berarti bukan bohlamnya yg rusak ya itu? pusing jg ane mobil kayak kena pemadaman PLN
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Oiya kalau ballast yang kena kira2 gantinya mahal ga ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Balikin ke format orisinilnya. HID yang dipasang di reflektor yang didesain bukan untuk HID jadinya bikin silau. Gak tau gw kalau yang kerjain begituan di Bandung, kalau hanya masalah simpel copotin HID dan balikin ke orisinil sih gampang dan bisa dikerjain sendiri.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Tue May 15, 2012 6:35
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Dahon Speed
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Saya pernah pakai HID om selama 3,5 tahun. Selama pakai hampir tidak pernah bermasalah, waktu itu pakai 6000K utk headlamp dan 3000K utk foglamp. Puas banget, buat nembus kabut dan hujan masih bisa karena terbantu foglamp kuning. Setelah 3,5 tahun, tiba-tiba headlamp mati samsek dan tidak bisa nyala, untungnya masih ada foglamp. Besoknya suruh driver bawa ke tempat pasang HID, ternyata setelah dicek ada sambungan yg kendor. Diperbaiki dan bisa nyala lagi, tidak ada masalah dengan lampu dan ballast. Biasanya masalah HID itu ada di ballast atau connectornya. Ganti ballastnya aja bisa kok.
Tetapi saya akhirnya memutuskan mengembalikan dalam kondisi std aja, alasan saya adalah ribet aja ngeceknya kalau sampai mati lampunya. Std pakai OSRAM NBR Unlimited dan hasilnya juga memuaskan kok. Prosesi copot HID dan wiringnya juga cepet kok, tidak sampai 15 menit langsung kelar (dikerjakan di bengkel ya, bukan DIY). Saran saya sih, kalau memang masih mau menggunakan HIDnya tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ballast dan konektornya. Kalau mau nyaman dan aman serta gak ribet, kembalikan saja std dan gunakan bohlam seperti NBR Unlimited atau Phillips Diamond Vision. Minim perawatan dan tidak ribet.
Tetapi saya akhirnya memutuskan mengembalikan dalam kondisi std aja, alasan saya adalah ribet aja ngeceknya kalau sampai mati lampunya. Std pakai OSRAM NBR Unlimited dan hasilnya juga memuaskan kok. Prosesi copot HID dan wiringnya juga cepet kok, tidak sampai 15 menit langsung kelar (dikerjakan di bengkel ya, bukan DIY). Saran saya sih, kalau memang masih mau menggunakan HIDnya tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ballast dan konektornya. Kalau mau nyaman dan aman serta gak ribet, kembalikan saja std dan gunakan bohlam seperti NBR Unlimited atau Phillips Diamond Vision. Minim perawatan dan tidak ribet.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11035
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
kabel seliweran di atas aki, yang ngerjain pasti mekanik kelas kampung. maka dari itu ane kalo urusan kabel selalu kerjakan sendiri, dijamin rapih dan pasti puas.
mending ente kerjain aja sendiri broer, biar puas.
bohlam ganti standar, sambungan soket diperika jangan sampe ada yang kendor.
mending ente kerjain aja sendiri broer, biar puas.
bohlam ganti standar, sambungan soket diperika jangan sampe ada yang kendor.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Betul, paling sebel papasan dengan mobil ber HID terutama SUV tinggi karena lgsg nusuk mata. Tapi, ane bingung kenapa kalau pabrikan bisa pasang xenon pada reflektor biasa tanpa projector tp masih adem untuk dilihat. Contohnya di vios, altis 2.0 dan FD2POS VETT wrote:Balikin ke format orisinilnya. HID yang dipasang di reflektor yang didesain bukan untuk HID jadinya bikin silau. Gak tau gw kalau yang kerjain begituan di Bandung, kalau hanya masalah simpel copotin HID dan balikin ke orisinil sih gampang dan bisa dikerjain sendiri.
Foglamp om pake HID jg? atau lampu besarnya aja? Kira2 kalau ganti di beres apa sebaiknya ane bawa sendiri bohlamnya ya?Schweppes wrote:Saya pernah pakai HID om selama 3,5 tahun. Selama pakai hampir tidak pernah bermasalah, waktu itu pakai 6000K utk headlamp dan 3000K utk foglamp. Puas banget, buat nembus kabut dan hujan masih bisa karena terbantu foglamp kuning. Setelah 3,5 tahun, tiba-tiba headlamp mati samsek dan tidak bisa nyala, untungnya masih ada foglamp. Besoknya suruh driver bawa ke tempat pasang HID, ternyata setelah dicek ada sambungan yg kendor. Diperbaiki dan bisa nyala lagi, tidak ada masalah dengan lampu dan ballast. Biasanya masalah HID itu ada di ballast atau connectornya. Ganti ballastnya aja bisa kok.
Tetapi saya akhirnya memutuskan mengembalikan dalam kondisi std aja, alasan saya adalah ribet aja ngeceknya kalau sampai mati lampunya. Std pakai OSRAM NBR Unlimited dan hasilnya juga memuaskan kok. Prosesi copot HID dan wiringnya juga cepet kok, tidak sampai 15 menit langsung kelar (dikerjakan di bengkel ya, bukan DIY). Saran saya sih, kalau memang masih mau menggunakan HIDnya tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ballast dan konektornya. Kalau mau nyaman dan aman serta gak ribet, kembalikan saja std dan gunakan bohlam seperti NBR Unlimited atau Phillips Diamond Vision. Minim perawatan dan tidak ribet.
wkwkwk yes i hate poorly executed mods apalagi bayarmarmut wrote:kabel seliweran di atas aki, yang ngerjain pasti mekanik kelas kampung. maka dari itu ane kalo urusan kabel selalu kerjakan sendiri, dijamin rapih dan pasti puas.
mending ente kerjain aja sendiri broer, biar puas.
bohlam ganti standar, sambungan soket diperika jangan sampe ada yang kendor.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Tue May 15, 2012 6:35
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Dahon Speed
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Headlamp dan Foglamp semua pakai HID om, maklum jaman abg ababil. Sebaiknya sih bawa ke bengkel yang memang pernah pasang HID om. Pasang sendiri sih bisa, tapi kalau mau rapih kayaknya sih kudu copot bemper depan karena untuk mencari penempatan ballast dan pemasangan kabel-kabel supaya rapih. Buat saya pribadi kombinasi 6000K dan 3000K cukup pas, dan ada bonusnya, kalau dijemput driver saya langsung ngenalin mobilnya.
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Kalo mau cek kabel2 / sambungan kabel2 / rapikan perkabelan bisa ke A Chien
0819 056 86669
*bukan sales bengkel*
0819 056 86669
*bukan sales bengkel*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya
Jawabannya simple, yg kluar dari pabrik semua uda diitung sm yg bikinegibaio wrote:
Betul, paling sebel papasan dengan mobil ber HID terutama SUV tinggi karena lgsg nusuk mata. Tapi, ane bingung kenapa kalau pabrikan bisa pasang xenon pada reflektor biasa tanpa projector tp masih adem untuk dilihat. Contohnya di vios, altis 2.0 dan FD2
Titik fokus, desain reflektor, penyebaran lampu, bahkan smp glare yg dibiarin "bocor" buat baca road sign pun uda diitung, makanya kaga silau walapun msh pake multi reflektor..
Beda sama kl kita ganti sendiri pake hid kit yg dijual umum, andaikata titik fokus bulb hid nya sama persis, sepresisi buat bulb halogen (yg mana hampir pasti ga mgkn bs sama) ttp aja pasti silau krn glare yg sengaja dibuat bocor itu buat halogen, bukan buat intensitas hid yg 2-3x dr halogen, ya jd nya glare kemana2.. Ttp aja silau ujung2 nya