Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by egibaio »

Jadi semalem ane jalan2 ke rancaupas pake FD1 ane, kebetulan lampunya udah diganti HID oleh owner sebelumnya. Foglampnya juga warnanya biru dan ane ga tau apakah foglampnya HID jg apa bukan. Nah lampu besar yg sebelah kanan kebetulan emg kadang suka redup dan kalau ane matiin trs nyalain lg biasanya baru sembuh itu lampu. Tapi tadi malem mati sama sekali, ane panik dong jalanan gelap nyaris ga ada lampu ditambah lagi HID sucks nembus kabut :big_dunno:

Nah ane minta saran suhu suhu SM sekalian apakah sebaiknya HID nya ane benerin? atau kembalikan ke standarnya? Lampu senja juga ane perhatikan udah diganti non std, warnanya putih possibly LED.

-Kalau balikin lampu ke standar, sebaiknya di beres apa toko aksesoris? Berapa kira2 biayanya? Apakah wiring HID cukup ribet untuk dibongkar? ane melihat ada berbagai kabel seliweran di atas aki ane entah itu nyambung ke foglamp atau HID nya

-Foglamp ane tiba2 mati dua duanya setelah lewat jalan jelek, apa itu socket doang yg longgar? Apa bisa foglamp ganti bohlamnya doang jd kuning? Wiring dan batoknya kan udah ada.

-Batok foglamp ane ada yg retak, bisa beli sebelah doang ga ya?

-Apa ada rekomendasi bengkel yang ahli di bandung? Pekerjaan rapi karena untuk urusan kelistrikan ane ga mau main main takut korslet

Terima kasih suhu suhu SM untuk bantuannya :big_smile]
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by Shonen »

Balikin aja ke standard.. klo g di posisi si om sih g bawa ke beres. Klo HID biasanya orang ganti melebihi watt standard akibatnya mika biasanya meleleh karena panas dari bohlam yang non standard.
Klo lampu senja berhubung si fd lampu senjanya sebatok bukan kaya njess yang titik kecil doank mending balikin juga ke std om. klo kabel seliweran harusnya itu kabel foglamp karena std fd1 ga ada foglamp. klo beli sebelah doank bisa lah di beres nego ama sa nya aja. kemaren jazz ge g kena spion retractnya g beli sebelah doank dan nego juga ama sa harga lebih murah jauh dari resmi. bayangin motor + ppn = makasih. mending g beli bekasan
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by batumakam »

Cmiiw kalo hid biasanya penyebab masalah diatas adalah ballast lampunya..
Bisa jadi cara penempatannya kurang tepat jadi kena air atau kepanasan karena terlampau dekat dengan engine.. Ganti saja atau copot sekalian balikin ke ori kalau gak suka kwkwk..
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by egibaio »

Shonen wrote:Balikin aja ke standard.. klo g di posisi si om sih g bawa ke beres. Klo HID biasanya orang ganti melebihi watt standard akibatnya mika biasanya meleleh karena panas dari bohlam yang non standard.
Klo lampu senja berhubung si fd lampu senjanya sebatok bukan kaya njess yang titik kecil doank mending balikin juga ke std om. klo kabel seliweran harusnya itu kabel foglamp karena std fd1 ga ada foglamp. klo beli sebelah doank bisa lah di beres nego ama sa nya aja. kemaren jazz ge g kena spion retractnya g beli sebelah doank dan nego juga ama sa harga lebih murah jauh dari resmi. bayangin motor + ppn = makasih. mending g beli bekasan
Iya sih om, kelistrikan agak serem makanya ane niatnya bawa ke beres tp takut mahal. Jadi kalau HID itu ngambil kabelnya tetep kayak std tapi tambah ballast doang ya om? Oiya foglamp ane ini warnanya biru, mau ganti kuning aja bisa ga ya tanpa ganti satu set?

Makasih banyak infonya om
batumakam wrote:Cmiiw kalo hid biasanya penyebab masalah diatas adalah ballast lampunya..
Bisa jadi cara penempatannya kurang tepat jadi kena air atau kepanasan karena terlampau dekat dengan engine.. Ganti saja atau copot sekalian balikin ke ori kalau gak suka kwkwk..
Kalau ane lihat emang posisi ballast ane di belakang lampu bgt which is ya dkt banget engine, dan mesin R18 termasuk panas menurut ane soalnya CC ada di depan mesin lgsg. Iya om ane ga suka lampu HID begini wkwkwk, kecuali kalau emg bawaan mobilnya. Paling mau ane jual aja ini barang bekasannya




Oiya, lampu kabin ane jg yg tengah mati, tp pernah nyala lg kalau si saklarnya di posisi tertentu, berarti bukan bohlamnya yg rusak ya itu? pusing jg ane mobil kayak kena pemadaman PLN :big_bored:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by egibaio »

Oiya kalau ballast yang kena kira2 gantinya mahal ga ya?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by POS VETT »

Balikin ke format orisinilnya. HID yang dipasang di reflektor yang didesain bukan untuk HID jadinya bikin silau. Gak tau gw kalau yang kerjain begituan di Bandung, kalau hanya masalah simpel copotin HID dan balikin ke orisinil sih gampang dan bisa dikerjain sendiri.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Schweppes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Tue May 15, 2012 6:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by Schweppes »

Saya pernah pakai HID om selama 3,5 tahun. Selama pakai hampir tidak pernah bermasalah, waktu itu pakai 6000K utk headlamp dan 3000K utk foglamp. Puas banget, buat nembus kabut dan hujan masih bisa karena terbantu foglamp kuning. Setelah 3,5 tahun, tiba-tiba headlamp mati samsek dan tidak bisa nyala, untungnya masih ada foglamp. Besoknya suruh driver bawa ke tempat pasang HID, ternyata setelah dicek ada sambungan yg kendor. Diperbaiki dan bisa nyala lagi, tidak ada masalah dengan lampu dan ballast. Biasanya masalah HID itu ada di ballast atau connectornya. Ganti ballastnya aja bisa kok.

Tetapi saya akhirnya memutuskan mengembalikan dalam kondisi std aja, alasan saya adalah ribet aja ngeceknya kalau sampai mati lampunya. Std pakai OSRAM NBR Unlimited dan hasilnya juga memuaskan kok. Prosesi copot HID dan wiringnya juga cepet kok, tidak sampai 15 menit langsung kelar (dikerjakan di bengkel ya, bukan DIY). Saran saya sih, kalau memang masih mau menggunakan HIDnya tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ballast dan konektornya. Kalau mau nyaman dan aman serta gak ribet, kembalikan saja std dan gunakan bohlam seperti NBR Unlimited atau Phillips Diamond Vision. Minim perawatan dan tidak ribet.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by marmut »

kabel seliweran di atas aki, yang ngerjain pasti mekanik kelas kampung. maka dari itu ane kalo urusan kabel selalu kerjakan sendiri, dijamin rapih dan pasti puas.
mending ente kerjain aja sendiri broer, biar puas.
bohlam ganti standar, sambungan soket diperika jangan sampe ada yang kendor.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by egibaio »

POS VETT wrote:Balikin ke format orisinilnya. HID yang dipasang di reflektor yang didesain bukan untuk HID jadinya bikin silau. Gak tau gw kalau yang kerjain begituan di Bandung, kalau hanya masalah simpel copotin HID dan balikin ke orisinil sih gampang dan bisa dikerjain sendiri.
Betul, paling sebel papasan dengan mobil ber HID terutama SUV tinggi karena lgsg nusuk mata. Tapi, ane bingung kenapa kalau pabrikan bisa pasang xenon pada reflektor biasa tanpa projector tp masih adem untuk dilihat. Contohnya di vios, altis 2.0 dan FD2
Schweppes wrote:Saya pernah pakai HID om selama 3,5 tahun. Selama pakai hampir tidak pernah bermasalah, waktu itu pakai 6000K utk headlamp dan 3000K utk foglamp. Puas banget, buat nembus kabut dan hujan masih bisa karena terbantu foglamp kuning. Setelah 3,5 tahun, tiba-tiba headlamp mati samsek dan tidak bisa nyala, untungnya masih ada foglamp. Besoknya suruh driver bawa ke tempat pasang HID, ternyata setelah dicek ada sambungan yg kendor. Diperbaiki dan bisa nyala lagi, tidak ada masalah dengan lampu dan ballast. Biasanya masalah HID itu ada di ballast atau connectornya. Ganti ballastnya aja bisa kok.

Tetapi saya akhirnya memutuskan mengembalikan dalam kondisi std aja, alasan saya adalah ribet aja ngeceknya kalau sampai mati lampunya. Std pakai OSRAM NBR Unlimited dan hasilnya juga memuaskan kok. Prosesi copot HID dan wiringnya juga cepet kok, tidak sampai 15 menit langsung kelar (dikerjakan di bengkel ya, bukan DIY). Saran saya sih, kalau memang masih mau menggunakan HIDnya tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ballast dan konektornya. Kalau mau nyaman dan aman serta gak ribet, kembalikan saja std dan gunakan bohlam seperti NBR Unlimited atau Phillips Diamond Vision. Minim perawatan dan tidak ribet.
Foglamp om pake HID jg? atau lampu besarnya aja? Kira2 kalau ganti di beres apa sebaiknya ane bawa sendiri bohlamnya ya?
marmut wrote:kabel seliweran di atas aki, yang ngerjain pasti mekanik kelas kampung. maka dari itu ane kalo urusan kabel selalu kerjakan sendiri, dijamin rapih dan pasti puas.
mending ente kerjain aja sendiri broer, biar puas.
bohlam ganti standar, sambungan soket diperika jangan sampe ada yang kendor.
wkwkwk yes i hate poorly executed mods apalagi bayar
User avatar
Schweppes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Tue May 15, 2012 6:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by Schweppes »

Headlamp dan Foglamp semua pakai HID om, maklum jaman abg ababil. Sebaiknya sih bawa ke bengkel yang memang pernah pasang HID om. Pasang sendiri sih bisa, tapi kalau mau rapih kayaknya sih kudu copot bemper depan karena untuk mencari penempatan ballast dan pemasangan kabel-kabel supaya rapih. Buat saya pribadi kombinasi 6000K dan 3000K cukup pas, dan ada bonusnya, kalau dijemput driver saya langsung ngenalin mobilnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by Turboman »

Kalo mau cek kabel2 / sambungan kabel2 / rapikan perkabelan bisa ke A Chien

0819 056 86669


*bukan sales bengkel*
* Bukan ajakan Beli *
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Help, HID ane mati dan masalah lampu lainnya

Post by kenop »

egibaio wrote:
Betul, paling sebel papasan dengan mobil ber HID terutama SUV tinggi karena lgsg nusuk mata. Tapi, ane bingung kenapa kalau pabrikan bisa pasang xenon pada reflektor biasa tanpa projector tp masih adem untuk dilihat. Contohnya di vios, altis 2.0 dan FD2
Jawabannya simple, yg kluar dari pabrik semua uda diitung sm yg bikin :big_grin:

Titik fokus, desain reflektor, penyebaran lampu, bahkan smp glare yg dibiarin "bocor" buat baca road sign pun uda diitung, makanya kaga silau walapun msh pake multi reflektor.. :mky_08:

Beda sama kl kita ganti sendiri pake hid kit yg dijual umum, andaikata titik fokus bulb hid nya sama persis, sepresisi buat bulb halogen (yg mana hampir pasti ga mgkn bs sama) ttp aja pasti silau krn glare yg sengaja dibuat bocor itu buat halogen, bukan buat intensitas hid yg 2-3x dr halogen, ya jd nya glare kemana2.. Ttp aja silau ujung2 nya