ipOi78 wrote:
1. Apa yg menjadi kekurangan dan kelebihan mobil ini dibandingkan sedan sekelasnya ( Camry / Accord )
2. Any reliability issue utk M6 model ini? Apa saja yg harus menjadi perhatian khusus pada saat membeli M6 bekas, apalagi km > 60rb km
3. Setau saya sparemart mazda lebih mahal, benarkah ? Bgmana dgn ketersediaan sparepart fast moving di sentra sparepart dan brp estimasi biaya servis rutin 10k, 20k di beres mazda ?
4. Avg konsumsi fuel per liter brp dgn pertamax apakah cukup ? Krn mobil ini akan menjadi daily car setiap hari bs tempuh 150km pp
5. Dilihat dr design dashboard, head unit sdh built in, apakah bisa direplace dgn hu aftermarket tanpa mengurangi fungsi cruise audionya
6. Apa perbedaan selain di exterior utk m6 keluaran sebelum 2010 dan sesudahnya ? Khususnya diinterior dan engine, feature dll
Mohon input dan sarannya, maaf pertanyaannya banyak
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
thx thx
Halo, kebetulan newbie pakai mobil ini keluaran paling akhir (tahun 2012) warna putih. Newbie akan coba jawab pertanyaan-pertanyaanya:
1. Kelebihan:
a. Jelas, fitur keamanan paling tinggi.
b. Konstruksi teknis paling bagus.
c. Kualitas interior dibanding rival seumurannya paling tinggi
d. Enak untuk dibawa sendiri.
e. Paling irit dibanding rivalnya. (kebetulan ada satu titik dimana newbie menggunakan 3 mobil 1 kelas yaitu Mazda6 2.5 2nd gen, Camry V XV40. Accord VTI-L Full Sized)
kekurangan:
a. Cenderung keras suspensinya.
b. Ruang kaki dan headroom 2nd row kalah jauh ketimbang rivalnya.
c. Tempat penyimpanan dalam kabin sedikit walau bagasi lebih besar dari Camry XV40.
2. Tidak ada kekurangan berarti. Jika mau beli bekas wajib memperhatikan terutama di kaki-kaki depan keseluruhan komponennya dan juga steering rack. Kedua hal ini sejauh pengalamahn saya yang rentan rusak di Mazda6 2nd Gen.
3. Lebih mahal untuk slow moving tapi masih jauh dari harga european cars, untuk fast moving harganya sekelas Honda Accord, malah beberapa parts lebih murah. Di sentra spare parts kurang tersedia secara bebas, tapi di MGK kalau tidak salah ada beberapa yang jual parts Ford dan Mazda digabung dalam 1 toko (mereka sharing). Estimasi biaya 10-20k keduanya masing2 under 1 million, dari pengalaman saya yang bikin mahal adalah biaya jasa service nya, ada dealer yang biaya service nya hanya 400 ribuan ada yang 700 ribuan untuk kelas pekerjaan yang sama, so be smart. Dari pengalaman saya service Mazda juga, mostly SA nya akan menyarankan ganti parts padahal belum terlalu perlu untuk di ganti, lalu untuk oli harganya cukup tinggi di dealer (125k/ltr untuk Mazda GMO Gold Full Synt, yang kalau gak salah rebrand Mobil1 that you can get as low as 90k/ltr) saya sarankan kalau parts nya bisa beli diluar delaer, belilah diluar tapi dealer yang pasangkan. Biaya service overall 11-12 dengan Honda.
4. Untuk rute kombinasi suprisingly mobil ini cukup irit dengan eco driving, saya pernah share di grup SM Whatsapp kalau tidak salah dapat sekitar 12.5 km/l (konversi dari 8 ltr/100 km di MID Mazda6) dengan Total 95 (favorit saya, karena sugesti mesin Mazda6 saya kok rasanya geternya paling halus dan paling irit pakai Total 95).
5. Bisa bangeuts. Check review saya seacrh Mazda2 2012.
6. Di eksterior beda: Front-rear bumper, grill, velg, rear lamp, tires.
Di interior beda: steer, head unit, plastic panels (all), seat and trim leather (black changed to tan), and aluminium pedals.
Sekian semoga newbie membantu

Anda sudah TEST DRIVE belum?...