Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
om-om sekalian.. saya sering baca istilah Total Cost of Ownership (TOC) di thread2 review sebelum membeli mobil, baik mobil baru/bekas, mobil murah atau mobil mahal sekalipun, pasti ada perhitungan ini..
nah, yang ingin saya tanyakan, variabel/faktor apa saja sih yang termasuk dalam TOC itu sendiri, dan bagaimana cara om-om menghitungnya?
boleh sharing point of viewnya om-om master SM semuanya ya..
kalo utk mobil perusahaan paling ya dihitung harga beli, biaya konsumsi bahan bakar, asuransi, perawatan, dan pajak selama masa pakai, sama depresiasi.
kalo utk pribadi asal biaya2 tsb masih menyisakan saldo di rekening masih banyak, dan gak bikin stress pada waktu beli pakai dan jual, saya rasa ga perlu terlalu dipusingkan dengan cost of ownership.
Harga beli (total termasuk bunga leasing) + total maintenance cost + total insurance (include OR claims) + total fuel usage - resale value
Dalam 5 tahun kurang lebih 200 jt --> 4 jt sebulan kali ya... (kurang lebih)
Kalo rental bulanan kelas Livina gitu sekarang berapa ya?
-HP-
wah tekor dong kalo rentalan pake livina...
livina itu harga sewanya setara avanza atau diantara avanza-innova ( 250-300 rb per hari) ..
asumsi hari aktif 20 hari sebulan, cuma untung 1-2 juta/ mobil
kalo dari rumusnya, kemungkinan GL kalah dibagian Maintenance cost (mahal) dan resale value (lebih jeblok)
harga beli, sama insurance harusnya hampir sama buat kelas mobil ini
kalo dari rumusnya, kemungkinan GL kalah dibagian Maintenance cost (mahal) dan resale value (lebih jeblok)
harga beli, sama insurance harusnya hampir sama buat kelas mobil ini
Trims Om Alvin kasih untuk korelasi antara total ownership cost dengan rental profit. Saya tidak pernah mikir kesitu sebelumnya.
Setuju, resale value memang jeblok. BBM juga mahal karena pake octane 95 (baru setahun terakhir sebelum dijual, pake premium). Maintenance cost full di bengkel resmi kecuali ganti oli, karena ga bisa lagi kabur ke bengkel biasa setelah punya buntut...
Nah, mumpung ada thread ini saya coba hitung kasar yang lain. Blazer dapat di 75 juta dalam 5 tahun (2008 s/d 2013)... Cuma 1.25 jt sebulan... (30 k km dalam 5 tahun, ga ada asuransi)
Civic Nouva hitung kasar dapat 24 juta dalam 2 tahun... 1 jt sebulan (2006 s/d 2008)
Terbukti, beli mobil 2nd hand dengan kondisi bagus jauh lebih menguntungkan daripada beli mobil baru... terlepas dari faktor "peace of mind" ya
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
alexdonovan wrote:
Trims Om Alvin kasih untuk korelasi antara total ownership cost dengan rental profit. Saya tidak pernah mikir kesitu sebelumnya.
Setuju, resale value memang jeblok. BBM juga mahal karena pake octane 95 (baru setahun terakhir sebelum dijual, pake premium). Maintenance cost full di bengkel resmi kecuali ganti oli, karena ga bisa lagi kabur ke bengkel biasa setelah punya buntut...
Nah, mumpung ada thread ini saya coba hitung kasar yang lain. Blazer dapat di 75 juta dalam 5 tahun (2008 s/d 2013)... Cuma 1.25 jt sebulan... (30 k km dalam 5 tahun, ga ada asuransi)
Civic Nouva hitung kasar dapat 24 juta dalam 2 tahun... 1 jt sebulan (2006 s/d 2008)
Terbukti, beli mobil 2nd hand dengan kondisi bagus jauh lebih menguntungkan daripada beli mobil baru... terlepas dari faktor "peace of mind" ya
Ooh, iya sih, tapi itungan om, karena faktor pemakaian pribadi juga yah... BBM nya pilihan hehe...
mungkin kalo rental kan perawatan dan BBM nya ga serajin kita2 yang pakai pribadi, jadi masih bisa ditekan kali yah hehe...
alexdonovan wrote:
Trims Om Alvin kasih untuk korelasi antara total ownership cost dengan rental profit. Saya tidak pernah mikir kesitu sebelumnya.
Setuju, resale value memang jeblok. BBM juga mahal karena pake octane 95 (baru setahun terakhir sebelum dijual, pake premium). Maintenance cost full di bengkel resmi kecuali ganti oli, karena ga bisa lagi kabur ke bengkel biasa setelah punya buntut...
Nah, mumpung ada thread ini saya coba hitung kasar yang lain. Blazer dapat di 75 juta dalam 5 tahun (2008 s/d 2013)... Cuma 1.25 jt sebulan... (30 k km dalam 5 tahun, ga ada asuransi)
Civic Nouva hitung kasar dapat 24 juta dalam 2 tahun... 1 jt sebulan (2006 s/d 2008)
Terbukti, beli mobil 2nd hand dengan kondisi bagus jauh lebih menguntungkan daripada beli mobil baru... terlepas dari faktor "peace of mind" ya
alexdonovan wrote:metode saya waktu Livina dulu:
Harga beli (total termasuk bunga leasing) + total maintenance cost + total insurance (include OR claims) + total fuel usage - resale value
Dalam 5 tahun kurang lebih 200 jt --> 4 jt sebulan kali ya... (kurang lebih)
Kalo rental bulanan kelas Livina gitu sekarang berapa ya?
-HP-
apa di nouva & blazer, fuel cost, insurance sudah dihitung juga?
tapi bener, 2nd lebih menguntungkan, karena depresiasi mobil baru tahun pertama -kedua 20-10%
palagi nouva yang uda 25 tahun, jual malah bisa untung
Knp nda ada yg nhitung berdasar biaya per kilometer?
Misal beli innova 300 juta sudah termasuk bunga dan asuransi .. kemudoan mobil dipake hingga 200.000 km baru dijual
Harga penjualan innova tersebut katakanlah100 juta..
Maka didapat uang yg kita keluarkan 300jt-100jt = 200 juta kemudian di bagi kilometer rp.200.000.000 / 200.000 km
Maka per kilometer kita mengeluarkan rp.1000 ..
bensin juga ditambahkan misal harga bensin 10.000/ltr.. dan kons innova tersebut rata2 1:10 maka didapat rp.1000/ km
Jd total rp.2000 per / km
Dengan moda perhitungan sprt ini bisa didapat kesimpulan bahwa mobil yg jarang jalan ( kilometer nya sedikit) itungan nya "rugi" klo beli mobil 100 juta dipake cmn 10.000 km maka biaya km nya bisa bengkak ke 10.000 rp. /km ..tp klo dipake 100.000 km maka biaya per km nya hanya rp.1000..