DIY / Tips and Trik ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Jun 04, 2015 4:33
DIY / Tips and Trik ?
Siang penghuni Seraya, saya mau nanya dong atau masukkan, yang biasa dilakukan bisa DIY, atau tips and trik di dunia otomotif apa aja sih ? Saling share dong, siapa tahu bisa saling berbagi informasi dan saling bermanfaat.
Saya mulai duluan deh, biasanya untuk memudahkan penuangan oli jika darurat, bisa menggunakan obeng sebagai jalur penuangannya, atau menggunakan kertas / plastik agar tidak berantakan kemana-mana. Dan sisa oli biasanya bisa digunakan untuk lumasi engsel pintu rumah dll.
Terus pembersihan MAF sensor juga saya biasa lakukan sendiri, dengan menyemprotkan contact cleaner ke sensornya.
Apa ada lagi tips DIY yang mungkin bisa saling di share ?
Terima kasih !
Saya mulai duluan deh, biasanya untuk memudahkan penuangan oli jika darurat, bisa menggunakan obeng sebagai jalur penuangannya, atau menggunakan kertas / plastik agar tidak berantakan kemana-mana. Dan sisa oli biasanya bisa digunakan untuk lumasi engsel pintu rumah dll.
Terus pembersihan MAF sensor juga saya biasa lakukan sendiri, dengan menyemprotkan contact cleaner ke sensornya.
Apa ada lagi tips DIY yang mungkin bisa saling di share ?
Terima kasih !
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: DIY / Tips and Trik ?
MAF ada cleanernya sendiri sebenernya, maf sensor cleaner.
DIY agak banyak kebetulan saya bujet cekak jadi sebisa mungkin saya merjain sendiri. Kebanyakan saya post di kaskus atau forum BMW sebelah (masih baru). Kapan kapan dehbsaya juga pindahin ke sini. Secara umum, semua kegiatan tune up sd bongkar injektor saya kerjain di rumah.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
DIY agak banyak kebetulan saya bujet cekak jadi sebisa mungkin saya merjain sendiri. Kebanyakan saya post di kaskus atau forum BMW sebelah (masih baru). Kapan kapan dehbsaya juga pindahin ke sini. Secara umum, semua kegiatan tune up sd bongkar injektor saya kerjain di rumah.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: DIY / Tips and Trik ?
Wah sesepuh DIY om Unta_item lama gak nongol ya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: DIY / Tips and Trik ?
Wah ya banyak, semua tergantung tools yg kita miliki ajavaleera wrote:Siang penghuni Seraya, saya mau nanya dong atau masukkan, yang biasa dilakukan bisa DIY, atau tips and trik di dunia otomotif apa aja sih ? Saling share dong, siapa tahu bisa saling berbagi informasi dan saling bermanfaat.
Saya mulai duluan deh, biasanya untuk memudahkan penuangan oli jika darurat, bisa menggunakan obeng sebagai jalur penuangannya, atau menggunakan kertas / plastik agar tidak berantakan kemana-mana. Dan sisa oli biasanya bisa digunakan untuk lumasi engsel pintu rumah dll.
Terus pembersihan MAF sensor juga saya biasa lakukan sendiri, dengan menyemprotkan contact cleaner ke sensornya.
Apa ada lagi tips DIY yang mungkin bisa saling di share ?
Terima kasih !
bahkan saya pernah lihat 1 distro shockbreker di Jkt bisa bongkar pasang shock secara sendiri aja, karena tools dia komplit, punya obeng pneumatic / alat utk menekan per dan shock yg ada tuas tinggal dipompa dengan mudahnya (trus per dipasangin penahan), kemudian shock - strut spring dipasang
Tools tools sgt membantu pekerjaan, rata2 bengkel di sini lebh seneng sistem manual pake orang, tapi seiring naiknya UMR, harusnya lebih baik invest tools & jumlah karyawan gak perlu banyak2.
Kalo nuang oli sih gampang, jika dari botol 2 L tuangnya bagian lubang botolnya di atas dulu, jadi oli keluarnya kecil dulu
Saya kalo tuang oli dr botol 1 atau 2L tuang lgs tanpa corong / alat apapun
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: DIY / Tips and Trik ?
tidak hanya dunia otomotif yang bisa DIY, asalkan ada kemauan pasti bisa dikerjakan.
untuk urusan permobilan sedari dulu saya selalu mengerjakan sendiri. pun saat harus turun mesin hanya dibantu maksimal 2 asisten untuk menurunkan dan menaikkan mesin. sisanya ya sendiri.
urusan wheel alignment-pun (spooring kalo kata orang awam) saya lakukan sendiri cukup bermodalkan tali rami kecil atau tali nylon, penggaris besi 20cm, serta kunci perkakas tentunya.
pengalaman saya pergi ke bengkel selalu berujung pada kecewa, mulai dari bengkel kelas teri sampai bengkel resmi.
untuk urusan permobilan sedari dulu saya selalu mengerjakan sendiri. pun saat harus turun mesin hanya dibantu maksimal 2 asisten untuk menurunkan dan menaikkan mesin. sisanya ya sendiri.
urusan wheel alignment-pun (spooring kalo kata orang awam) saya lakukan sendiri cukup bermodalkan tali rami kecil atau tali nylon, penggaris besi 20cm, serta kunci perkakas tentunya.
pengalaman saya pergi ke bengkel selalu berujung pada kecewa, mulai dari bengkel kelas teri sampai bengkel resmi.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: DIY / Tips and Trik ?
wah hebat bener spooring sendiri om marmut
Kalo spooring di Jkt sih sebetulnya di GBT / Start Tire menurut ane sgt qualified......kita spooring butuh alat bantu utk ukur derajat yg sangat kecil hingga menit - detik
Kalo spooring di Jkt sih sebetulnya di GBT / Start Tire menurut ane sgt qualified......kita spooring butuh alat bantu utk ukur derajat yg sangat kecil hingga menit - detik
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: DIY / Tips and Trik ?
kalo cuma stel toe in toe out gampang banget oom Turbo, apalagi mayoritas mobil yang toe in itu cuma in 2 mm maksimum 4 mm. kalo mau stel camber butuh plumb line, bisa beli di toko bangunan bilang aja "tali lot". harganya 15rb. atau bikin sendiri juga bisa.
kalo saya sih kurang ikhlas keluar duit untuk sesuatu yang sebetulnya bisa dikerjakan sendiri dan pada dasarnya mudah.
kalo saya sih kurang ikhlas keluar duit untuk sesuatu yang sebetulnya bisa dikerjakan sendiri dan pada dasarnya mudah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28
Re: DIY / Tips and Trik ?
Ane pernah bongkar kaki2 sendiri..gluduk2 bolak balik ke beres gak selesai2 penyakitnya..ternyata ada rubber gasket / mounting yang oblak..nyari2 gantinya gak ketemu..akhirnya disumpal pake bekas ban dalam motor..sampe sekarang alhamdlh awet, gak pernah bunyi2 lagi..
tapi kalo spooring sendiri..ntah kenapa ane kurang pede..wkkk
kalo diy turun mesin mobil belum pernah..tapi kalo motor (2 tak) boleh lah, ane dulu sering ngoprek satria 2 tak..sekarang dah insap
tapi kalo spooring sendiri..ntah kenapa ane kurang pede..wkkk
kalo diy turun mesin mobil belum pernah..tapi kalo motor (2 tak) boleh lah, ane dulu sering ngoprek satria 2 tak..sekarang dah insap
Ceban Me if I'm Wrong..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Jun 04, 2015 4:33
Re: DIY / Tips and Trik ?
Banyak juga ya yang sering DIY disini, dulu saya sih sering waktu jaman masih karbu, tune up sendiri buka throttle sendiri, sekarang-sekarang tune-up udah bingung apa yang mau dibongkar, jadi keusilan larinya ke detailing.
Ganti Per juga pernah manual, diiket pake kawat besi heheh.. bahaya sih, tapi penasaran aja ternyata bisa.
Disini kadang kalo perempuan yang beli jadi sering dianggap remeh kaya ga ngerti apa-apa
Mau dong om, tau itu dimana ya yang bagus untuk balancing / alignment di daerah jakarta selatan ? Saya bingung agak getar roda setiap menyentuh 120km/h
Udah berkali-kali spooring / balancing tetep begitu juga masalahnya, apa harus pakai center ring ya, padahal ukuran velg ga terlalu besar
Boleh om, terima kasih jika mau dioper kesini untuk DIY tune up injector segala.
Ganti Per juga pernah manual, diiket pake kawat besi heheh.. bahaya sih, tapi penasaran aja ternyata bisa.
Disini kadang kalo perempuan yang beli jadi sering dianggap remeh kaya ga ngerti apa-apa

Turboman wrote:wah hebat bener spooring sendiri om marmut
Kalo spooring di Jkt sih sebetulnya di GBT / Start Tire menurut ane sgt qualified......kita spooring butuh alat bantu utk ukur derajat yg sangat kecil hingga menit - detik
Mau dong om, tau itu dimana ya yang bagus untuk balancing / alignment di daerah jakarta selatan ? Saya bingung agak getar roda setiap menyentuh 120km/h

Udah berkali-kali spooring / balancing tetep begitu juga masalahnya, apa harus pakai center ring ya, padahal ukuran velg ga terlalu besar

Selama ini sih aman om pake contact cleaner, saya pakai merk Rexco 18, waktu itu pas acara GIIAS lihat jadi tertarik akhirnya beli.octafiantos wrote:MAF ada cleanernya sendiri sebenernya, maf sensor cleaner.
DIY agak banyak kebetulan saya bujet cekak jadi sebisa mungkin saya merjain sendiri. Kebanyakan saya post di kaskus atau forum BMW sebelah (masih baru). Kapan kapan dehb saya juga pindahin ke sini. Secara umum, semua kegiatan tune up sd bongkar injektor saya kerjain di rumah.
Boleh om, terima kasih jika mau dioper kesini untuk DIY tune up injector segala.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: DIY / Tips and Trik ?
DIY ?? banyak koq om di forum ini... gugling2 aj...
ane sendiri jg termasuk doyan yg DIY sendiri sbisa mungkin... alesan nya sama ama om marmut... pengalaman dl waktu masi doyan ke bengkel, ga ad yg memuaskan, malah lebi sering kecewa bahkan ampe brantem ama yg punya bengkel atau montir nya... entah knapa tiap kl kebengkel, bahkan yg terkenal skalipun pasti ad aj selahnya... mungkin yahh krn bukan barang sendiri, jd ga mungkin montir nya bakal 100% care ama mobil kta, apalagi kl cuman kelas bengkel biasa...
btw bsa mampir ke tret ane, disitu ad beberapa DIY yg ane lakuin ke mobil ane
viewtopic.php?f=52&t=19204&hilit=tuning+ipah
servis paling berat yg ane lakuin sendiri, bongkar cover timing chain.... next project, libur natal ini kl sempet mau coba2 bongkar enjin head, seal klep ud pd rembes oli kayanya...
ane sendiri jg termasuk doyan yg DIY sendiri sbisa mungkin... alesan nya sama ama om marmut... pengalaman dl waktu masi doyan ke bengkel, ga ad yg memuaskan, malah lebi sering kecewa bahkan ampe brantem ama yg punya bengkel atau montir nya... entah knapa tiap kl kebengkel, bahkan yg terkenal skalipun pasti ad aj selahnya... mungkin yahh krn bukan barang sendiri, jd ga mungkin montir nya bakal 100% care ama mobil kta, apalagi kl cuman kelas bengkel biasa...
btw bsa mampir ke tret ane, disitu ad beberapa DIY yg ane lakuin ke mobil ane
viewtopic.php?f=52&t=19204&hilit=tuning+ipah
servis paling berat yg ane lakuin sendiri, bongkar cover timing chain.... next project, libur natal ini kl sempet mau coba2 bongkar enjin head, seal klep ud pd rembes oli kayanya...
numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
- Location: Kodya Tangerang
Re: DIY / Tips and Trik ?
sebenarnya kalau yakin, punya peralatan dan ketersediaan sparts, diy bisa dilakukan dgn baik. pengalaman ane diy sendirian :
1. waktu mau ganti saringan bensin tkijang kapsul 1.8fi, mur nepelnya sdh pada bunder dan nggak bisa dibuka pake kunci neple/tang jepit. akhirnya ane buka pake kunci pipa ledeng.
2. waktu pasang baut mur+per down pipe k.innova diesel, baut+per nya ane tekan pake dongkrak botol hidrolik.
3. tanpa kendala al. ganti ball joint atas, tierod end/long, bearing rd dpn, karet bushing sayap atas (tk grand), bersihkan injector+intake manifold (tk kapsul), bongkar/bersihkan evaporator ac (vakum+isi freonnya di tukang ac) dll.
kalau bisa hindari kunci ring/sok yg bergerigi untuk buka/kencangkan mur karena bisa menyebabkan mur pada slek/bunder. sebaiknya pake kunci sok segi 6.
jadi sebelum dilakukan pastikan susah/mudahnya bongkar pasang, peralatan apa yg dipake dan kalau ada service manualnya lebih baik.
1. waktu mau ganti saringan bensin tkijang kapsul 1.8fi, mur nepelnya sdh pada bunder dan nggak bisa dibuka pake kunci neple/tang jepit. akhirnya ane buka pake kunci pipa ledeng.
2. waktu pasang baut mur+per down pipe k.innova diesel, baut+per nya ane tekan pake dongkrak botol hidrolik.
3. tanpa kendala al. ganti ball joint atas, tierod end/long, bearing rd dpn, karet bushing sayap atas (tk grand), bersihkan injector+intake manifold (tk kapsul), bongkar/bersihkan evaporator ac (vakum+isi freonnya di tukang ac) dll.
kalau bisa hindari kunci ring/sok yg bergerigi untuk buka/kencangkan mur karena bisa menyebabkan mur pada slek/bunder. sebaiknya pake kunci sok segi 6.
jadi sebelum dilakukan pastikan susah/mudahnya bongkar pasang, peralatan apa yg dipake dan kalau ada service manualnya lebih baik.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: DIY / Tips and Trik ?
SETUJU BANGET...amd wrote: kalau bisa hindari kunci ring/sok yg bergerigi untuk buka/kencangkan mur karena bisa menyebabkan mur pada slek/bunder. sebaiknya pake kunci sok segi 6.
kunci sok itu is a super must banget kl mau sering nge DIY.... cari yg merek bonafid... lupakan yg abal2....
btw mengenai tools, bsa mampir ke sini
viewtopic.php?f=34&t=9431&hilit=serba+tools
minimal set soket wrench 1/2, 3/8 harus ad kl mau ngoprek2 mobil atau motor... dan lupakan yg abal2 (termasuk krisbow2an nya ace, mending lgs yg aseli made in japan tp generik macam flag, atau skalian ke snap on atau faccomm... itung2 invest...

numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: DIY / Tips and Trik ?
@ valeera, getar di setir atau body? kalau di setir penyebab bisa dipastikan dari roda depan. kalo body yang getar, bisa jadi roda belakang atau (kalau mobilnya RWD) dari drive shaft tidak balance.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Jun 04, 2015 4:33
Re: DIY / Tips and Trik ?
Iya om Marmut, getarnya di roda + steer, tapi lebih getar di roda kerasa seperti lari kemana-mana. Dan di steernya sih tidak terlalu parah getarnya. Udah beberapa kali spooring + balancing masih belum benar juga. Kemana ya, ada yang bilang harus gunakan center ring, tapi tidak tau dimana yang bisa sekalian bikin dan pasang center ring.marmut wrote:@ valeera, getar di setir atau body? kalau di setir penyebab bisa dipastikan dari roda depan. kalo body yang getar, bisa jadi roda belakang atau (kalau mobilnya RWD) dari drive shaft tidak balance.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: DIY / Tips and Trik ?
Alat paling wajib klo bongkar head,... Torque wrench,...
Jgn sampe ulirnya jebol gr² ngencenginnya pake FRD powahh,....
Jgn sampe ulirnya jebol gr² ngencenginnya pake FRD powahh,....

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 
