Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Hamburg - German
http://inhabitat.com/hamburg-announces- ... -20-years/
Hamburg Announces Plans to Become a Car-Free City Within 20 Years
Oslo - Norway :
http://fortune.com/2015/10/19/oslo-car-ban/
Oslo will be car-free by 2019
Konon yg masih semi semi ada :
- Madrid
- Paris
- Milan
- Helsinki
- Chengdu - suburb - kota barunya
http://www.fastcoexist.com/3040634/7-ci ... o-car-free
Duh saya seneng banget ngeliat kota yg bebas dari bising & asap, dimana kita bisa bersepeda dengan nyaman
saya selama ini sepedahan di sekitar Jkt biasanya pilih ke daerah perumahan yg populasi mobilnya masih sgt sedikit....enak rasanya
Pengen banget jadinya ke Oslo tahun 2019 / beyond, trus sewa sepeda either road bike / MTB yg frame ringan......gowes keliling kota
Andai sebuah kota modern yg sgt tertib & aman bisa sepedahan keliling kota, nempuh puluhan Km lebih circling around town dgn nyaman......benar2 hal yg luar biasa
Hamburg - German
http://inhabitat.com/hamburg-announces- ... -20-years/
Hamburg Announces Plans to Become a Car-Free City Within 20 Years
Oslo - Norway :
http://fortune.com/2015/10/19/oslo-car-ban/
Oslo will be car-free by 2019
Konon yg masih semi semi ada :
- Madrid
- Paris
- Milan
- Helsinki
- Chengdu - suburb - kota barunya
http://www.fastcoexist.com/3040634/7-ci ... o-car-free
Duh saya seneng banget ngeliat kota yg bebas dari bising & asap, dimana kita bisa bersepeda dengan nyaman
saya selama ini sepedahan di sekitar Jkt biasanya pilih ke daerah perumahan yg populasi mobilnya masih sgt sedikit....enak rasanya
Pengen banget jadinya ke Oslo tahun 2019 / beyond, trus sewa sepeda either road bike / MTB yg frame ringan......gowes keliling kota
Andai sebuah kota modern yg sgt tertib & aman bisa sepedahan keliling kota, nempuh puluhan Km lebih circling around town dgn nyaman......benar2 hal yg luar biasa
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Wah ... kira - kira kapan ya di Jakarta bisa terwujud... 

REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Sy ingat pertama x ikut car free day itu paris 1998 09 22 bkn krn sy environmentalist tapi cari bus n taxi tdk ada n adanya taxi tricycle dgn argometer yg lbh mahal n lbh pelan dr mobil
tapi paling suka car free day itu madrid krn mrk bgt byk org naik sepeda n segway n sepedalistrik...jauh lbh byk drpd kota manapun belanda
apalagi nudists di madrid berkeliaran spt textiles pd umumnya...byk dr mrk naik sepeda kalo pagi. ma'lum kalo pagi toko toko di madrid umumnya kasih 30% discount u 10 nudists pertama yg show up customers...mata tua sy bebas katarak
tapi paling suka car free day itu madrid krn mrk bgt byk org naik sepeda n segway n sepedalistrik...jauh lbh byk drpd kota manapun belanda
apalagi nudists di madrid berkeliaran spt textiles pd umumnya...byk dr mrk naik sepeda kalo pagi. ma'lum kalo pagi toko toko di madrid umumnya kasih 30% discount u 10 nudists pertama yg show up customers...mata tua sy bebas katarak
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
kalo di helsinki jgn lupa kalo mau naik sepeda bisa mampir ke uimarinpolku nomor sepuluh n disitulah wisma indo skaligus kediaman indo ambassador n tiap wni bisa makan tidur gratis disana skalian. . .Turboman wrote:Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
- Helsinki
...sewa sepeda either road bike / MTB yg frame ringan......gowes keliling kota
Andai sebuah kota modern yg sgt tertib & aman bisa sepedahan keliling kota, nempuh puluhan Km lebih circling around town dgn nyaman......benar2 hal yg luar biasa
pinjam sepeda gratis seharian tapi jgn dibawa pulang yg
yg namanya car free day jkt itu masih level lifestyle blm hal yg rutin dlm kehidupan manusia
ada langkah awal u ciptakan individual car-free yaitu pedestrian walk hrs nyaman n aman. bukan sekeddar ada. terus mobil n sepedamotor hrs dibuat tdk lg jadi barang mewah. mass transport hrs dibuat lbh nyaman n lbh aman drpd naik mobil naik sepedamotor
jgn ada lg bus dg leaf spring suspension...yg bgitu buat angkut tentara n pegawainegara sj
roadbike lbh recommended u city/onroad use n buat yg suka buang wang byk sy jamin piara sepeda bisa sama mahalnya dg piara mobil di jkt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
klo lihat tipe kota2 di Eropa sepertinya enak banget buat cycling maupun walking around, selain itu cuacanya juga mendukung asal ga pas summer aja 
klo disini debunya luar biasa, walau ga banyak mobil lewat tapi kena angin aja debu udah bikin kelilipan ...

klo disini debunya luar biasa, walau ga banyak mobil lewat tapi kena angin aja debu udah bikin kelilipan ...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Yup
Utk menciptakan permanent car free city, public transport harus dibuat bagus or in other word "mewah & sangat nyaman" tapi tarip tetap masuk akal
Trotoar2 lebar & didisain friendly utk sepeda, ada bagian melandai di area crossing / perempatan jalan, jadi naik sepeda juga enak
Kalo di Jkt trotoar lebar dan disain spt itu malah dimanfaatkan yg naik motor........perlu aturan tegas + hukuman keras bahwa motor ga boleh menginvasi area pejalan kaki
Utk menciptakan permanent car free city, public transport harus dibuat bagus or in other word "mewah & sangat nyaman" tapi tarip tetap masuk akal
Trotoar2 lebar & didisain friendly utk sepeda, ada bagian melandai di area crossing / perempatan jalan, jadi naik sepeda juga enak
Kalo di Jkt trotoar lebar dan disain spt itu malah dimanfaatkan yg naik motor........perlu aturan tegas + hukuman keras bahwa motor ga boleh menginvasi area pejalan kaki
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Saya pernah ada proyek di jakarta sebulan,Haagendasz wrote:klo lihat tipe kota2 di Eropa sepertinya enak banget buat cycling maupun walking around, selain itu cuacanya juga mendukung asal ga pas summer aja
klo disini debunya luar biasa, walau ga banyak mobil lewat tapi kena angin aja debu udah bikin kelilipan ...
2 minggu pertama batuk terus karena polusi dan debunya itu.
Untungnya gak diperpanjang.
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
debu itu mudah diatasi dg cara
jalanan tdk cuma di sapulidi tapi juga di sedot debu n pel basah. . .spt di lingkungan menteng jkt pusat pagi hari jam 5-6
hrs bgt byk tanaman penyerap debu n itu juga hrs dirawat dg disiram air rutin n dipotong bila sdh terlalu panjang. tanaman di jkt cuma u penutup kalo ada gembel buang air n cuma u org buang ludah n lempar sisa batang rokok
lbh murah merawat tanaman bgt drpd kasih tunjangan pejabat n manjakan mrk
sekarang ini import sepeda genjot (push bike) ke indo kena importduty 40% meski byk yg masuk disassembled sehingga lbh dikit yg dibayar...incentive u org naik sepeda hrs nya ada meski in-kind seperti...
tempat parkir sepeda spt di megaria/metropole jaman thn 70n & bkn spt di pim dua yg hanya u sepuluh slots. karcis parkir sepeda hrs tersedia dg pic sehingga tdk di colong n karcis bisa di tunjukkan u dpt discount nonton atau apapun
bus kota, mikrolet n taxi hrs sediakan bike carrier yg permanently attached spy biker bisa tetap biking ssdh klaar dgn public transport. bgt juga commuter train hrs sediakan space yg jadisatu dg px wagon
jalanan tdk cuma di sapulidi tapi juga di sedot debu n pel basah. . .spt di lingkungan menteng jkt pusat pagi hari jam 5-6
hrs bgt byk tanaman penyerap debu n itu juga hrs dirawat dg disiram air rutin n dipotong bila sdh terlalu panjang. tanaman di jkt cuma u penutup kalo ada gembel buang air n cuma u org buang ludah n lempar sisa batang rokok
lbh murah merawat tanaman bgt drpd kasih tunjangan pejabat n manjakan mrk
sekarang ini import sepeda genjot (push bike) ke indo kena importduty 40% meski byk yg masuk disassembled sehingga lbh dikit yg dibayar...incentive u org naik sepeda hrs nya ada meski in-kind seperti...
tempat parkir sepeda spt di megaria/metropole jaman thn 70n & bkn spt di pim dua yg hanya u sepuluh slots. karcis parkir sepeda hrs tersedia dg pic sehingga tdk di colong n karcis bisa di tunjukkan u dpt discount nonton atau apapun
bus kota, mikrolet n taxi hrs sediakan bike carrier yg permanently attached spy biker bisa tetap biking ssdh klaar dgn public transport. bgt juga commuter train hrs sediakan space yg jadisatu dg px wagon
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Tergelitik untuk kasi pendapat nih...kalau di kota-kota yang car free tsb mayoritasnya 4 musim jadi kita gak risih jalan karena gak panas, ya walopun klo summer ya ttp aja panas juga tapi kan cuman bbrp bulan aja..sedangkan jkt kota tercinta kita ini iklimnya tropis...ya emank bukannya ga bisa tapi lebih butuh banyak usaha supaya bisa terwujud semisal pohon2 kalo bisa yang gede2 kayak di menteng emank ga panas sih cuman kotornya itu lho, debunya sadis bgt dsini..ane klo kuar makan aja ke jalanan buset dah debunya ampun2, muka uda kaya minyak goreng mending suru ob aja beliin...
Anyway bisa nyontek spt di dubai, tu kota biar panas mobil banyak tapi ga sedebu kaya disini...crime rate juga 0% kalo dimari jalan malem2 takut dibegal kita..klo mengenai transport umum menurut ane yg sekarang aja ga bener bikinnya khususnya busway. waktu itu ada wacana dr salah satu pimpinan dki ini kata beliau "kita akan paksa orang yang naik mobil supaya mau naek kendaraan umum khususnya busway utk aktivitas dlm kota" sori bukannya ga mau tp fasilitas kaya begitu mending naek mobil sendiri...yg naek motor aja ogah disuru naek busway apalagi yang naek mbl...banyak keluhan dari g pribadi klo mau tu busway lebih laku berikut saran ane :
1. Ke halte aja musti naek turun jembatan penyebrangan yang naujubile jauhnya
2. Haltenya panas, bisnya jarang. nunggu uda kaya pepes ikan asin lagi dikeringin
3. waktunya ga jelas, klo uda macet sama aja kaya mobil nunggunya.
4. Crime rate tinggi di bis sekalipun bisa ada tukang copet
Macet sebenernya juga merupakan kegagalan pemerintah karena rakyatnya semua pada make alat transportasi sendiri akibat ga ada transport yang memadai. Sori pendapat pribadi dr g, klo bisa naik mobil sendiri ngedanain bensin sendiri ngapain harus pake transportasi umum yang "berbahaya" bagi ane. Drpd dicopet,begal,etc mending naik kendaraan sendiri. sori OOT curhat dr seorang warga yang kecewa sama alat transportasi di kota jakarta walopun skrg g sudah melihat banyak perubahan semenjak dipimpin oleh pemimpin yang sekarang. ya walopun ga sempurna tapi setidaknya ada upaya untuk memperbaiki apa yang tidak beres di kota megapolitan ini
Anyway kalo untuk bebas mobil di kota jakarta mungkin masih puluhan tahun lagi atau mungkin ratusan

Anyway bisa nyontek spt di dubai, tu kota biar panas mobil banyak tapi ga sedebu kaya disini...crime rate juga 0% kalo dimari jalan malem2 takut dibegal kita..klo mengenai transport umum menurut ane yg sekarang aja ga bener bikinnya khususnya busway. waktu itu ada wacana dr salah satu pimpinan dki ini kata beliau "kita akan paksa orang yang naik mobil supaya mau naek kendaraan umum khususnya busway utk aktivitas dlm kota" sori bukannya ga mau tp fasilitas kaya begitu mending naek mobil sendiri...yg naek motor aja ogah disuru naek busway apalagi yang naek mbl...banyak keluhan dari g pribadi klo mau tu busway lebih laku berikut saran ane :
1. Ke halte aja musti naek turun jembatan penyebrangan yang naujubile jauhnya
2. Haltenya panas, bisnya jarang. nunggu uda kaya pepes ikan asin lagi dikeringin
3. waktunya ga jelas, klo uda macet sama aja kaya mobil nunggunya.
4. Crime rate tinggi di bis sekalipun bisa ada tukang copet
Macet sebenernya juga merupakan kegagalan pemerintah karena rakyatnya semua pada make alat transportasi sendiri akibat ga ada transport yang memadai. Sori pendapat pribadi dr g, klo bisa naik mobil sendiri ngedanain bensin sendiri ngapain harus pake transportasi umum yang "berbahaya" bagi ane. Drpd dicopet,begal,etc mending naik kendaraan sendiri. sori OOT curhat dr seorang warga yang kecewa sama alat transportasi di kota jakarta walopun skrg g sudah melihat banyak perubahan semenjak dipimpin oleh pemimpin yang sekarang. ya walopun ga sempurna tapi setidaknya ada upaya untuk memperbaiki apa yang tidak beres di kota megapolitan ini
Anyway kalo untuk bebas mobil di kota jakarta mungkin masih puluhan tahun lagi atau mungkin ratusan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
nah itu yg sy heran jkt n lainnya di indo
macet tdk sembuh tapi kenapa lancar.lancar sj "polisi" lalulintas naik pangkat jadi jenderal ...sampai penuh itu uniform isinya tandajasa smua
mgkn kalo mrk masuk kali bisa tenggelam terlalu berat.
macet tdk sembuh tapi kenapa lancar.lancar sj "polisi" lalulintas naik pangkat jadi jenderal ...sampai penuh itu uniform isinya tandajasa smua
mgkn kalo mrk masuk kali bisa tenggelam terlalu berat.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
di suruh naik bus tapi wakil public dibagikan mobil baru ...jadi wakil siapa org org itu
pdhl mrk sdh dpt tunjangan transport ...memang miskin skali ya mrk? suruh sj mrk tinggal di panti sosial
pdhl mrk sdh dpt tunjangan transport ...memang miskin skali ya mrk? suruh sj mrk tinggal di panti sosial
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Jkt utk menjadi car free city mmg susah
paling zona2 tertentu aja mungkin bisa dibuat menjadi CF, asal public transport di zona tsb sgt baik
Program Car Free Day menurut saya sih harusnya gak setop hanya CFD aja, tapi harus dilanjut dgn program jangka panjang membuat kota dimana mobilitas penduduk bisa terlayani dgn public transport yg sangat bagus.......in other words : menjadi Car Free forever....not just in 1 day
paling zona2 tertentu aja mungkin bisa dibuat menjadi CF, asal public transport di zona tsb sgt baik
Program Car Free Day menurut saya sih harusnya gak setop hanya CFD aja, tapi harus dilanjut dgn program jangka panjang membuat kota dimana mobilitas penduduk bisa terlayani dgn public transport yg sangat bagus.......in other words : menjadi Car Free forever....not just in 1 day
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
pindah ke negara lain aja deh...
dah hilang kepercayaan gua kalau dibilang ini negara bisa berubah
- motornya jumlahnya banyak banget
- jalanan banyak yang sempit
- orang mau jalan kaki ganggu kendaraan lain, kendaraan kecil aja keganggu apalagi transportasi umum yang lebih gede
- debu gila
- suhu gila
- kelakuan orang ga bener, banyak orang gilanya
- peraturan lalu lintas ga bener
- kendaraan ngasih duid ke pengemis dan pak ogah
- markir kendaraan aja bayar duid tips
- sepeda? motor aja gila semua adu nyali lawan angkot / bus, apalagi sepeda, ntar yg disalahin busnya lagi kaya kasus transjakarta
kalau misalnya cuma 1 area atau 1 kelompok gapapa, kalau banyak hal dalam jumlah besar harus diubah? sudahlah lupakan aja
kalau sekedar area kecil sih gapapa
misal perumahan, pepohonan banyak jadi adem, trotoar pejalan kaki ada, jalanan lebar sepedaan juga nyaman dan aman, peraturan lalu lintas ditegakan karena ada pengawasnya, orang2 perumahan banyak yg waras, ga ada pengemis pak ogah atau pedagang halangin jalan, markir ga usah kasih uang tips
dah hilang kepercayaan gua kalau dibilang ini negara bisa berubah
- motornya jumlahnya banyak banget
- jalanan banyak yang sempit
- orang mau jalan kaki ganggu kendaraan lain, kendaraan kecil aja keganggu apalagi transportasi umum yang lebih gede
- debu gila
- suhu gila
- kelakuan orang ga bener, banyak orang gilanya
- peraturan lalu lintas ga bener
- kendaraan ngasih duid ke pengemis dan pak ogah
- markir kendaraan aja bayar duid tips
- sepeda? motor aja gila semua adu nyali lawan angkot / bus, apalagi sepeda, ntar yg disalahin busnya lagi kaya kasus transjakarta
kalau misalnya cuma 1 area atau 1 kelompok gapapa, kalau banyak hal dalam jumlah besar harus diubah? sudahlah lupakan aja
kalau sekedar area kecil sih gapapa
misal perumahan, pepohonan banyak jadi adem, trotoar pejalan kaki ada, jalanan lebar sepedaan juga nyaman dan aman, peraturan lalu lintas ditegakan karena ada pengawasnya, orang2 perumahan banyak yg waras, ga ada pengemis pak ogah atau pedagang halangin jalan, markir ga usah kasih uang tips
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
baru bahas tiba2 muncul berita gini di kompas
http://regional.kompas.com/read/2015/10 ... aign=Kknwp
Pinjam Sepeda Terlalu Lama, Bocah Ini Dipukul Pakai Batu Bata
http://regional.kompas.com/read/2015/10 ... aign=Kknwp
Pinjam Sepeda Terlalu Lama, Bocah Ini Dipukul Pakai Batu Bata
NUNUKAN, KOMPAS.com - Akibat terlalu lama meminjam sepeda membuat Ardy (14) menderita memar di kepala, punggung dan bibirnya.
Luka-luka itu dialami setelah dipukuli Yosep warga Jl Tien Soeharto, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara dengan menggunakan batu bata.
Yosep adalah pemilik rumah kontrakan tempat Ardy bersama bapaknya tinggal.
Kapolsek Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Iptu Eka Berlin mengatakan, pemicu penganiayaan dikarenakan Ardy terlalu lama meminjam sepeda milik Yosep.
”Kejadiannya Senin (19/10) ketika si korban pulang dari bermain mau minta kunci kontrakan karena bapaknya sedang pulang ke Sulawesi," kata Eka, Rabu (21/10/2015).
"Mungkin pelaku emosi karena korban main dengan sepeda miliknya terlalu lama. Tiba-tiba saja pelaku langsung memukul kepala korban dengan tangan kosong dilanjutkan dengan menggunakan batu bata memukul punggung korban,” tambah Eka.
Dianiaya seperti itu, Ardy kemudian lari ke kediaman ibunya yang sudah berpisah dengan bapaknya yang tak jauh rumah kontrakannya.
Mendapat pengaduan dari Ardy, ibunya langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek KSKP Tunon Taka Nunukan.
Kepolisian langsung melakukan visum kepada korban dan menahan pelaku penganaiayaan. “
'Kita sudah amankan pelaku dan kita juga sudah melakukan visum kepada korban untuk pendalaman kasusnya,” lanjut Eka.
Saat ini pelaku sudah ditahan di Mapolsek KSKP Tunon Taka Nunukan guna menjalani pemeriksaan. Polisi akan menjerat pelaku dengan Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014.
” Pasalnya 80 ayat 1 dengan hukuman minimal 3 tahun 6 bulan atau denda Rp 72 juta," pungkas Kapolsek.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
kekacauan indo itu krn
...negara tdk dikelola ...tapi di administrasikan.sj ...dari satu diktator omong kosong ke diktator jenderal ...trus tukang pesawat ....dropout clergy ... dictator's daughter ...cowardgeneral ...n ...carpenterguy ...sama sj u urusan ini
emas satu satu nya open pit habis sebentar lg ...pdhl itu satu satu nya open pit goldmine di planet ini... dijual murah hanya cukup bayar satu percent royalty. pdhl kalo tdk diapakan satu negara itu tdk akan mati
debu itu kalo natural ya dr dulu pasti sdh ada ...kalo skrg baru ada ya itu pollutant impact ...dr exhaust pipes yg improperly filtered ...bad qty fuel ...contaminated water yg kalo kering ya jadi debu
tikus (rat) makin lama makin byk tanpa ada upaya u bunuh itu smua ...n tdk ada yg anggap itu bencana ...pdhl makin hari makin byk ...apa krn ini nenekmoyang org indo
sampah itu masih dianggap useless disposal ...anak anak lbh diajar pancasila....bukan diajar cara pilah sampah sblm buang ... yg pungut sampah tdk pernah dididik bgmn handle sampah n lagilagi mrk cuma di administrasikan ...dikasih nrp.n dikasih wang n gerobak sampah pun mrk harus tebus ... seratus.lima puluh ribu per unit plus hrs kluar xtra wang krn masih perlu.reinforcement spy kuat dipakai lima thn (term.pembagian gerobak sampah berikut)
kalo debu tikus.n sampah bisa diatasi ...pasti enak.bersepeda ...
...negara tdk dikelola ...tapi di administrasikan.sj ...dari satu diktator omong kosong ke diktator jenderal ...trus tukang pesawat ....dropout clergy ... dictator's daughter ...cowardgeneral ...n ...carpenterguy ...sama sj u urusan ini
emas satu satu nya open pit habis sebentar lg ...pdhl itu satu satu nya open pit goldmine di planet ini... dijual murah hanya cukup bayar satu percent royalty. pdhl kalo tdk diapakan satu negara itu tdk akan mati
debu itu kalo natural ya dr dulu pasti sdh ada ...kalo skrg baru ada ya itu pollutant impact ...dr exhaust pipes yg improperly filtered ...bad qty fuel ...contaminated water yg kalo kering ya jadi debu
tikus (rat) makin lama makin byk tanpa ada upaya u bunuh itu smua ...n tdk ada yg anggap itu bencana ...pdhl makin hari makin byk ...apa krn ini nenekmoyang org indo
sampah itu masih dianggap useless disposal ...anak anak lbh diajar pancasila....bukan diajar cara pilah sampah sblm buang ... yg pungut sampah tdk pernah dididik bgmn handle sampah n lagilagi mrk cuma di administrasikan ...dikasih nrp.n dikasih wang n gerobak sampah pun mrk harus tebus ... seratus.lima puluh ribu per unit plus hrs kluar xtra wang krn masih perlu.reinforcement spy kuat dipakai lima thn (term.pembagian gerobak sampah berikut)
kalo debu tikus.n sampah bisa diatasi ...pasti enak.bersepeda ...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Cuman kota yg bakal nerapin bebas mobil ada kendala juga utk program city tour turis
Apakah nantinya di Oslo city tour akan naik kereta jadi walking tour ataukah ada kendaraan khusus spt mobil gandeng di PRJ misalnya
Juga bagaimana utk aktivitas bisnis semisal sekelompok perwakilan bisnis, mengadakan trip ke Oslo lalu menginap di hotel di tengah Oslo, lalu besoknya ada meeting dimana bawa barang2 utk prsentasi / sample / demo unit misalnya
Juga pengangkutan barang2 ke toko2 / supermarket / restoran misalnya.....kan gak mungkin ngerahin orang banyak suru dorong2 trolley / hand pallet truck.......mau gaji berapa
Gak mudah juga bikin kota murni car free 100%
Harus disediakan juga sarana transport utk angkut barang2....baik sedang maupun besar.....yg menggunakan energy listrik misalnya
Tapi itu urusan mereka lah.....mari kita lihat terobosan2 apa yg akan dilakukan Pemda Oslo.....akan sgt menarik
IMHO :
Sy pribadi percaya ke depannya kota2 bagus yg jadi car free city akan menjadi destinasi turis yg menarik
Udah gak zaman lagi kehebatan kota diukur dari banyaknya flyover dan aneka mobil mahal yg sliweran
Kota yg humanis.....kembali ke nature.....kita bisa jalan2 dgn jalan kaki / sepedah / segway / sepatu roda dgn nyaman.....adalah sebuah KEMEWAHAN tersendiri
Apakah nantinya di Oslo city tour akan naik kereta jadi walking tour ataukah ada kendaraan khusus spt mobil gandeng di PRJ misalnya
Juga bagaimana utk aktivitas bisnis semisal sekelompok perwakilan bisnis, mengadakan trip ke Oslo lalu menginap di hotel di tengah Oslo, lalu besoknya ada meeting dimana bawa barang2 utk prsentasi / sample / demo unit misalnya
Juga pengangkutan barang2 ke toko2 / supermarket / restoran misalnya.....kan gak mungkin ngerahin orang banyak suru dorong2 trolley / hand pallet truck.......mau gaji berapa
Gak mudah juga bikin kota murni car free 100%
Harus disediakan juga sarana transport utk angkut barang2....baik sedang maupun besar.....yg menggunakan energy listrik misalnya
Tapi itu urusan mereka lah.....mari kita lihat terobosan2 apa yg akan dilakukan Pemda Oslo.....akan sgt menarik
IMHO :
Sy pribadi percaya ke depannya kota2 bagus yg jadi car free city akan menjadi destinasi turis yg menarik
Udah gak zaman lagi kehebatan kota diukur dari banyaknya flyover dan aneka mobil mahal yg sliweran
Kota yg humanis.....kembali ke nature.....kita bisa jalan2 dgn jalan kaki / sepedah / segway / sepatu roda dgn nyaman.....adalah sebuah KEMEWAHAN tersendiri
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
@All
Mari kita kembali fokus diskusi ttg car free city.....sesuai judul trit
Trims
Mari kita kembali fokus diskusi ttg car free city.....sesuai judul trit
Trims
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
Yang saya nggak tau malah bagaimana menangani urusan logistik untuk kawasan/kota Car Free ini ya., mindahin orang sih gampang kalo moda transportasi massalnya sudah bagus, orang bisa jalan sendiri or naik sepeda. Tapi barang-barang kan nggak bisa jalan sendiri.?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
hrsnya ada pedestrian tollroad ...gunakan long travellator a'la changi / hkia yg ditempatkan elevated airconditioned indoor berbentuk glass tubing
mirip escalators di CDG airport paris
dibuat inline.existing tollroad sehingga tdk ada land clearance cost
mirip escalators di CDG airport paris
dibuat inline.existing tollroad sehingga tdk ada land clearance cost
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
city tour dimanapun trmsk oslo bisa naik trem listrik ...cuma skitar € 5 skali naik end2end n bisa monthly subscribe jadi skitar € 3Turboman wrote:Cuman kota yg bakal nerapin bebas mobil ada kendala juga utk program city tour turis
Apakah nantinya di Oslo city tour akan naik kereta jadi walking tour ataukah ada kendaraan khusus spt mobil gandeng di PRJ misalnya
Juga bagaimana utk aktivitas bisnis semisal sekelompok perwakilan bisnis, mengadakan trip ke Oslo lalu menginap di hotel di tengah ...
Juga pengangkutan barang2 ke toko2 / supermarket / restoran misalnya...
Harus disediakan juga sarana transport utk angkut ...
IMHO :
Sy pribadi percaya ke depannya kota2 bagus yg jadi car free city akan menjadi destinasi turis yg menarik
Udah gak zaman lagi kehebatan kota diukur dari banyaknya flyover dan aneka mobil mahal yg sliweran
Kota yg humanis.....kembali ke nature.....kita bisa jalan2 dgn jalan kaki / sepedah / segway / sepatu roda dgn nyaman.....adalah sebuah KEMEWAHAN tersendiri
footwalk itu european culture n di eropa itu bgt byk shortcut yg mmg husus pedestrian n tiap duapuluh lima meters ada kursi taman lengkap dg trashbin yg ada trashbag didilmnya n ashtray disamping ...n ada pole u ikat anjing (bisa juga u ikat anggota dpr biar tdk kmn kmn saat kunjungan wisata eropa)
umumnya business (retail n wholesale) premises.eropa tdk jauh / ada di belakang railway track n yg tiap.malam cargotrain melintas n sebentar sebentar stop.seperti milik greencargo yg 100% listrik dr geothermal (disini tdk ada loco diesel )
retail logistics spt resto (sy ada bbrp kenalan dr southern thai n malay dissidents ...smua ex refugees n mrk buka resto n asian groceries) mrk pakai electric troleys u bawa supplies skitar 2 kms dr parkingzone ...cukup jauh u org indo tapi wajar u ukuran eropa
flyover byk disini meski lbh byk underpass ...tapi 80% u pedestrians ...the individual taxpayers ...mmg di indo (baca: jkt) bgt byk flyover tapi sy tdk liat byk mobil mewah sliweran ...mewah mnrt org negara miskin ya ...tapi 400juta penduduk EU tdk heran liat supirtaxi pergi pulang kerja dg benz s class atau tesla sedan tiap hr yg weekdays jadi taxi n weekend jadi mobil pribadi (on top taxi sign itu magnetic dg lithium battery n cordless connection ke argometer)
tdk byk taxi milik perusahaan krn lbh byk milik koperasi dg system 4-5yr lease n supirtaxi lbh umum returnback on lease expiration to get new ones
humane city created from humane tax collection no matter how metropolitan it is ...sy tdk heran kalo ada org indo yg tdk percaya krn biasa diperlakukan inhumane trmsk oleh diri mrk sendiri (biasa mrk bilang ...percaya ...dgn bgt byk kata "tapi")
wajar sj indo kota kota jadi car-full careless krn tiap beli satu mobil hrs bayar sebesar satu mobil ke govt.hanya sekedar jadikan mobil yg dibeli itu onroad legal
footwalk ...carfreeday ...cycling ...pasti luxury n akan permanently luxury bila itu bukan (lagi) culture ...di indo daily footwalk itu nasip ...bukan pilihan idup ...krn itu lah indo disebut thirdworld**
(** firstworld = industrialized n wealthy ...secondworld = no longer exist, colonies of 1st world ...thirdworld = liberated secondworld in struggle to gain wealthy state )
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
andai di indo bisa car free sekalipun, masi ndak yakin cukup nyaman buat jalan.
kmarin saya pas lewat perkebunan di desa yang sangat minim kendaraan bermotor aja, pas musim panas suhunya ga enak banget di badan. belum lagi panasnya panas kering sampe tanah2 di area kebun pun mengering dan kalo ada orang jalan debu2nya beterbangan.
dulu jaman kecil kendaraan bermotor ga sebanyak sekarang dan tanah2 masih jadi sawah / kebun belum jadi perumahan seperti sekarang, kalo pas musim panas bersepeda beberapa km aja udah cukup melelahkan.
tapi untuk konsep car free city sangat setuju.
kmarin saya pas lewat perkebunan di desa yang sangat minim kendaraan bermotor aja, pas musim panas suhunya ga enak banget di badan. belum lagi panasnya panas kering sampe tanah2 di area kebun pun mengering dan kalo ada orang jalan debu2nya beterbangan.
dulu jaman kecil kendaraan bermotor ga sebanyak sekarang dan tanah2 masih jadi sawah / kebun belum jadi perumahan seperti sekarang, kalo pas musim panas bersepeda beberapa km aja udah cukup melelahkan.
tapi untuk konsep car free city sangat setuju.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
ya biar nyaman hrs dibuat infrastructure yg cukup u pedestrian ...minmal two way traffic tdk hrs senggol badan org (tar dikira mau ajak pukul pukul)
ssdh itu culture hrs reset ...minimal dlm satu neighborhood spt dulu ada tempat nyaman u jalan kaki di ujung fatmawati ..itu banjarsari nama subdistrict ...sy pernah hampir beli rumah disitu tapi krn indo assignment klaar ahirnya tdk jadi ...tdk cukup dg bikin taman sj ...
desa mgkn minim mobil tapi coba liat mgkn ada other pollutant factor spt fabriek besar yg tdk jauh dr situ atau ada jalan utama yg ramai atau posisi dia lower valley yg angin bertiup saat itu ke arah daerah itu dr polluted zone
ssdh itu culture hrs reset ...minimal dlm satu neighborhood spt dulu ada tempat nyaman u jalan kaki di ujung fatmawati ..itu banjarsari nama subdistrict ...sy pernah hampir beli rumah disitu tapi krn indo assignment klaar ahirnya tdk jadi ...tdk cukup dg bikin taman sj ...
desa mgkn minim mobil tapi coba liat mgkn ada other pollutant factor spt fabriek besar yg tdk jauh dr situ atau ada jalan utama yg ramai atau posisi dia lower valley yg angin bertiup saat itu ke arah daerah itu dr polluted zone
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Wacana kota bebas mobil di berbagai negara
polkis disuruh pake seatbelt sama helm aja susah apalagi ngarep ginian 
