ok bro all...... krn perbincangannya masih agak tercerai berai, ....gw coba kompilasi yaa....
dikit demi sedikit deeh.....tapi ini hanya buat rekan2 yg awam loh ya...kalau para pakar, dilarang baca!..
prologue:
biasanya, karena engine adlah produk massal, maka, dalam kondisi standar keluar dari pabrik dan lalu nyampe ke tangan kita...itu lobang2 pada manifold (intake maupun exhaust), tidak secara tepat bersesuaian dengan lobang2 pada kepala silinder.
demikian juga permukaan dinding "pipa" atau saluran manifold itu.... sdikit banyak pastilah ada bopeng, bisul, dan "bumpy" nya...pasti tidak lus-mulus.
.
Porting:
nah, porting adalah kegiatan "pengerokan/peng-kikir-an" bagian2 yg meleset itu, sehingga nantinya antar lobang2 itu menjadi tepat sesuai. klop.
.
Polishing:
adalah kegiatan "mengampelas" dinding2 saluran manipol itu, sehingga menjadi halus, mulus, licin.
Apa tujuan P&P ?...
adalah supaya aliran bahan bakar car-lancar, tanpa ada yg "nyangkut" maupun "tersendat".
demikian pula yg terjadi pada saluran buang asapnya (exhaust manifold).
nyangkut: krn lobang2 yg nggak tepat bersesuaian itu tadi, dan
tersendat: krn dinding saluran yg tidak mulus.
perlu diingat bahwa yg dimaksdu dengan bahan bakar disini, adalah bukan bahan bakar yg masih berbentuk cair dari tangki loh ya.
tapi bahan bakar yg sudah berbentuk emulsi/kabut, krn di-mixed dg udara (O2).
naaah, jadi bisa dimengerti kan.. apabila bahan bakar itu tidak tersendat oleh apapun, maka, alirannya ke ruang bakar akan menjadi sempurna,
thus, pembakaran akan menjadi jauh lebih sempurna pula.
pembakaran yg sempurna, berarti, akan ter-interface-kan kepada kita menjadi: hemat bahan bakar, dan power yg meningkat.