tanya cara baca daya maksimum

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by andy1800 »

prologue:
GTR wrote:bukan di clucth saja, tapi keseluruhan drivetrain.
efisiensi mobil sport manual sekitar 15%.
mobil manual umum sekitar 20%.
tentu saja bro2 udah pada paham, bahwa angka prosen yg dimaksud bro GTR itu adalah losses (of drivetrain).
maka bro GTR bermaksud menulis begini: Effisiensi = 100 % - Losses.

.............................
so, bro Moge,
losses drivetrain itu, nilai typicalnya brapa bro ?
** silakan digeneralisir, bisa per katagori...misalnya, spt yg dibilang bro GTR itu: sedan matic 18-23 % ...dsb dsb



jadi, bila faktor2 lain bisa diabaikan (krn nilainya kecil).
maka, bisakah langsung dilakukan pendekatan ini:
P(max) suatu mobil = Effisiensi Drivetrain (%) x P(max) engine ........?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

andy1800 wrote:prologue:
GTR wrote:bukan di clucth saja, tapi keseluruhan drivetrain.
efisiensi mobil sport manual sekitar 15%.
mobil manual umum sekitar 20%.
tentu saja bro2 udah pada paham, bahwa angka prosen yg dimaksud bro GTR itu adalah losses (of drivetrain).
maka bro GTR bermaksud menulis begini: Effisiensi = 100 % - Losses.

.............................
so, bro Moge,
losses drivetrain itu, nilai typicalnya brapa bro ?
** silakan digeneralisir, bisa per katagori...misalnya, spt yg dibilang bro GTR itu: sedan matic 18-23 % ...dsb dsb



jadi, bila faktor2 lain bisa diabaikan (krn nilainya kecil).
maka, bisakah langsung dilakukan pendekatan ini:
P(max) suatu mobil = Effisiensi Drivetrain (%) x P(max) engine ........?
bro Andy ,sya ngak punya data akurat tentang hal ini , takut 'misleading information'...kalau sya buat kategorynya karena saya sendiri juga ngak yakin........

Klau factor2 yg dianggap kecil diabaikan bisa dilakukan pendekatan itu secara teoritis empiris, cuma mobil secara keseluruhan bukan hanya dari engine sampai ke ban tapi juga ada body/chasisnya.
ada faktor yg dianggap/memang nol ketika ditest ,katakan saja pada "engine dyna test" dan "chasis dyna test". Tapi menjadi signifikan ketika berjalan dan menyebabkan power losses............can you figure it out?.....
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by andy1800 »

Mogeman wrote:mobil secara keseluruhan ...juga ada body/chasisnya.
ada faktor yg dianggap/memang nol ketika ditest. Tapi menjadi signifikan ketika berjalan dan menyebabkan power losses............can you figure it out?.....
ah, yup yup....got it bro :thanks:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by GTR »

makanya hasil(performance) akhirnya berbeda dari setiap produsen mobil walaupun power (flywheel) nya sama.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by andy1800 »

Omong2....
kenapa kalau AC dinyalain, itu bikin berat mesin ?

maksdu gw... itu engine kan dayanya ratusan HP....
sedangkan AC .... rumahan aja rata2 1 HP...jd gw misalkan AC mobil = 2-3 HP....
nah, kenapa engine mobil yg ratusan HP, trus "diminta" sebagian sangat kecil oleh AC itu... tp kita dah ngerasa power kita jd berat ?
gimana hubungannya.

coba kl mau nyalip....
kalau mobil terkini sih udah dilengkapi mekanisme cut-off AC secara otomatis.
nah, coba kl nyetir mobil2 lama... ada aja org yg kalau mau nyalip, tangan kirinya musti "sibuk" nge-off tombol AC ... :mrgreen:

selain itu, biasanya FC nya jg nanjak cukup drastis kalau full AC...misalnya, yg kl tanpa AC tu 1 lt :10 km ...dg AC bisa 1 : 8,5
jadi, BBM yg "dimakan" sama AC tuh dah 1.5 kilometer ndiri ya ? :o
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

andy1800 wrote:Omong2....
kenapa kalau AC dinyalain, itu bikin berat mesin ?

maksdu gw... itu engine kan dayanya ratusan HP....
sedangkan AC .... rumahan aja rata2 1 HP...jd gw misalkan AC mobil = 2-3 HP....
nah, kenapa engine mobil yg ratusan HP, trus "diminta" sebagian sangat kecil oleh AC itu... tp kita dah ngerasa power kita jd berat ?
gimana hubungannya.
Image
umumnya "terasa" di rpm rendah/idle, see power vs rpm. plus mechanical losses.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by andy1800 »

seratus

:mrgreen: :thanks:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by poeticmind »

wah kalo nguji serius... ga bisa dalam semalam itu, data acquisition tools apa emang diperlukan ya? hehehe! saya rasa sih, lebih setuju secara perkiraan saja. :)
Image
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

poeticmind wrote:wah kalo nguji serius... ga bisa dalam semalam itu, data acquisition tools apa emang diperlukan ya? hehehe! saya rasa sih, lebih setuju secara perkiraan saja. :)
ah,ngak juga...khan sharing sama2.....
Perkiraan juga bisa dan boleh dengan mengandalkan pancaindra kita cuma kalo mau hasil acurate dan terukur kita pake "pancaindra" lain salah satunya DA. apalgi kalo mau katakanlah mau "fine tuning" engine, menurut saya rasanya sih musti pake.

Salah satu contoh yg paling real adalah misalnya di F1, dimana kondisi seluruh mobil balap dapat dimonitor, real time dan updated setiap saat baik oleh pembalap sendiri maupun supporting team...:)
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by poeticmind »

Mogeman wrote:
poeticmind wrote:wah kalo nguji serius... ga bisa dalam semalam itu, data acquisition tools apa emang diperlukan ya? hehehe! saya rasa sih, lebih setuju secara perkiraan saja. :)
ah,ngak juga...khan sharing sama2.....
Perkiraan juga bisa dan boleh dengan mengandalkan pancaindra kita cuma kalo mau hasil acurate dan terukur kita pake "pancaindra" lain salah satunya DA. apalgi kalo mau katakanlah mau "fine tuning" engine, menurut saya rasanya sih musti pake.

Salah satu contoh yg paling real adalah misalnya di F1, dimana kondisi seluruh mobil balap dapat dimonitor, real time dan updated setiap saat baik oleh pembalap sendiri maupun supporting team...:)
hahahaha bisa aja, bro moge... :D
wah kalo mau fine tuning... dipersilahkan, hanya biayanya berapa ya sekarang, bro? hehe.. pengen juga nih, secara eblum pernah ketemu ditest mesin macem2... kebanyakan seperti bro bilang, test feeling saja.
Image
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

poeticmind wrote:
hahahaha bisa aja, bro moge... :D
wah kalo mau fine tuning... dipersilahkan, hanya biayanya berapa ya sekarang, bro? hehe.. pengen juga nih, secara eblum pernah ketemu ditest mesin macem2... kebanyakan seperti bro bilang, test feeling saja.
Secara praktek sendiri sih belum pernah jadi ngak ada ide berapanya. baru teori aja itupun kalo liat realnya cuma dipabrik,tapi aplikasinya lebih kearah QC.
nah.... mumpung ketemu ahlinya, apa sih yg dimaksud istilah swap,mapping,PnP dll dikalangan modifikator.Kalo ngak keberatan penjelasan singkat aja......:)
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by poeticmind »

waduh... terus terang teori sih ada, tapi praktek swap mapping dan PnP belum pernah dikerjain sendiri. hehehe ! so sama2 aja deh bro bahasnya... :D
Image
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

nah.. justru itu minimal bro kasih teori dulu deh,bukan ngetest lho, ... takut salah persepsi tuh.....mungkin teori dasar udah tau tapi istilah kan juga penting... contoh kalo org bilang mobil saya di "swap" dong, sementara angapan saya bannya yg dituker2 tempat, gimana ?...
serius nih bro........ :e-pray:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by poeticmind »

swap engine maksudnya kan? wakakakaka! half cut or swap nih, bro moge? tergantung kebutuhan... menurut bro, mana yg paling cespleng? half or full swap? :D
Image
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

ya elah..... belon juga ngerti udah ditiban lagi ama "half" atw"full"....logika nih,kalo full kan jelas satu geluntung mesin (ama transmisi?) nah yg "half" ini pengertiannya gimana? apa sebagian aja yg diganti,misal header atw manifold? .kalo ya... apa udah boleh claim "half swap" gitu.....
Mapping itu ada hub dengan Manifold air pressure ?
PnP = Plug and Play ataw ada pengertian lain..
(apa kudu bayar private lesson nih.....:D)
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by mansetha »

wah banyak yang master nih, mumpung ini...

saya pernah ukur kompresi mesin setelah OH, didapat 12 kg/cm, itu kalo di konfersi ke berapa kira-kira HP dan torsinya bisa nggak... thanks...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by GTR »

PnP itu porting n polish deh...
half cut itu kan kita dapat setengah mobil, jadi selain mesin dan transmisi lengkap, bisa lebih lengkap lagi dengan dashboard, contoh : starlet GT, bisa sekalian comot speedometer turbo nya.
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

mansetha wrote:......saya pernah ukur kompresi mesin setelah OH, didapat 12 kg/cm, itu kalo di konfersi ke berapa kira-kira HP dan torsinya bisa nggak... thanks...
Yg anda ukurkan kompresi ruang bakar pada saat"mesin mati". sedangkan HP dan torsi yg dihasilkan adalah hasil pembakaran/ledakan bahan bakar,tentu nilainya jauh lebih besar dari yg anda ukur itu tadi. Untuk mengukur berapa besar IHP (HP secara teoritis) data tadi tdk cukup masih harus ada data2 lain yg lebih banyak....
GTR wrote:PnP itu porting n polish deh...
half cut itu kan kita dapat setengah mobil, jadi selain mesin dan transmisi lengkap, bisa lebih lengkap lagi dengan dashboard, contoh : starlet GT, bisa sekalian comot speedometer turbo nya.
maklum gen.jadul jadi kurang paham bahasa gaul midofikator..
agak bingung nih,nanya lagi ya?kalo half cut aja termsk mesn & trans,dashbrd spt yg disebut diatas berarti beda dgn yg "full" dimananya?.......btw, thanks ya infonya bro...:D
Kalo belon cape ngetik sekalian "mapping" dong.........hehehe
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by poeticmind »

PnP halfcut swap dan mapping ga ada batasan...

misal, PnP cenderung langsung vonis pasti utk daleman mesin... padahal, PnP hanya istilah saja... TB pun bisa di PnP, dan lain2...
sama halnya dengan halfcut, setengah mesin... setengah gearbox, setengah body dst.
Mapping... wait up, mapping apa ya? hehehe... mapping or re-mapping?

so, tergantung dari pembahasan nya... minggu lalu saya baru PnP sepeda saya, buat jalan2 pagi... , pulang nya saya langsung swap busi motor biar keren... (bukan kenceng...) :P

@Moge : justru gen jadul itu dasar teori modifikasi saat ini... coba bro moge iseng2 ke bengkel performance, saya yakin banyak senyum2 sendiri... :)
Image
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

poeticmind wrote:... minggu lalu saya baru PnP sepeda saya, buat jalan2 pagi... , pulang nya saya langsung swap busi motor biar keren... (bukan kenceng...) :P
wau..... sepeda apaan tuh !! pake busi..... mungkin maksud bro "busi" yg diatas sadel gitu??... :e-think:
poeticmind wrote: ... coba bro moge iseng2 ke bengkel performance, saya yakin banyak senyum2 sendiri... :)
jadi penasaran nih..... emang kaya mr.Bean semua ya?.......
btt,
poeticmind wrote:Mapping... wait up, mapping apa ya? hehehe... mapping or re-mapping?
yg mana ya?..... mana aja deh yg gampang jelasinnya bro....hehehe maklum, OKBKI
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by poeticmind »

bukan bro... PnP sepedah... itu cuma porting mekanik gearnya, sama polish laher nya... hehe kalo swap busi, itu busi mobil saya.

saya bingung juga bro jelasin nya... mapping itu rata2 pake software, nah ini bagian ritual dari dynatest... nah... bro paham sekali tentang dyna-works, iHP/bHP, torque dll ... artinya mapping pun lebih mengerti dibanding saya yg belum pernah nyentuh mesin dyna... so, apa tidak terbalik ya bro...? :)
Image
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

kalo yg bro maksud dgn "mapping" adalah pemetaan performance mobil itu emang sebagian tugas dyna, tapi kalo "re-mapping" dalam artian merubah, dyna tdk bisa merubah performance mobil. Atau ini ada hubungannya dengan ECU?..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by poeticmind »

dyna hanya membaca, tapi re-mapping merubah setingan ECU agar pencapaian nilai yg diharapkan tercapai. bukan begitu? koreksi saya, bro...
Image
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by Mogeman »

itu kalo "re-mapping" versi tebakan sya, ngak tahu kalo re-mappng versi didunia persilatan modif...
sebab didunia saya itu istilahnya programming.jadi kalo:
poeticmind wrote:dyna hanya membaca, tapi re-mapping merubah setingan ECU agar pencapaian nilai yg diharapkan tercapai.
imo,brarti cuma beda istilah aja ya?...atau?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: tanya cara baca daya maksimum

Post by andy1800 »

ok bro all...... krn perbincangannya masih agak tercerai berai, ....gw coba kompilasi yaa....
dikit demi sedikit deeh.....tapi ini hanya buat rekan2 yg awam loh ya...kalau para pakar, dilarang baca!.. :mrgreen:

prologue:
biasanya, karena engine adlah produk massal, maka, dalam kondisi standar keluar dari pabrik dan lalu nyampe ke tangan kita...itu lobang2 pada manifold (intake maupun exhaust), tidak secara tepat bersesuaian dengan lobang2 pada kepala silinder.
demikian juga permukaan dinding "pipa" atau saluran manifold itu.... sdikit banyak pastilah ada bopeng, bisul, dan "bumpy" nya...pasti tidak lus-mulus.
.
Porting:
nah, porting adalah kegiatan "pengerokan/peng-kikir-an" bagian2 yg meleset itu, sehingga nantinya antar lobang2 itu menjadi tepat sesuai. klop.
.
Polishing:
adalah kegiatan "mengampelas" dinding2 saluran manipol itu, sehingga menjadi halus, mulus, licin.

Apa tujuan P&P ?...
adalah supaya aliran bahan bakar car-lancar, tanpa ada yg "nyangkut" maupun "tersendat".
demikian pula yg terjadi pada saluran buang asapnya (exhaust manifold).
nyangkut: krn lobang2 yg nggak tepat bersesuaian itu tadi, dan
tersendat: krn dinding saluran yg tidak mulus.

perlu diingat bahwa yg dimaksdu dengan bahan bakar disini, adalah bukan bahan bakar yg masih berbentuk cair dari tangki loh ya.
tapi bahan bakar yg sudah berbentuk emulsi/kabut, krn di-mixed dg udara (O2).

naaah, jadi bisa dimengerti kan.. apabila bahan bakar itu tidak tersendat oleh apapun, maka, alirannya ke ruang bakar akan menjadi sempurna,
thus, pembakaran akan menjadi jauh lebih sempurna pula.
pembakaran yg sempurna, berarti, akan ter-interface-kan kepada kita menjadi: hemat bahan bakar, dan power yg meningkat.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image